1. Pada IV admixture ada istilah LVP vehicle.

Apakah maksudnya, dan sebutkan 2 contoh larutan yang kompatibel untuk tujuan IV admixture. Jawab :
1. LVP merupakan larutan steril, bebas pirogen, 100 ml atau lebih diberikan secara

intavena. LVP digantungkan pda penggantung 36 inchi dar tempat tidur pasien, larutan IV kemudian dapat mengalir ke cateter yang ditempatkan pada vena pasien. Maksud dari LVP vehicle adalah LVP sebagai pembawa dan merupakan larutan LVP yang tidak mengandung obat. Produk LVP dapat terkandung satu atau lebih produk obat dalam suatu LVP vehicle. 2. Contoh larutan : larutan elektrolit, larutan obat-obatan dan nutrisi Apakah syarat obat yang bisa dilakukan IV admixture? Bisakah tablet ditambahkan ke IV admixture? Jawab : aplikasi obat dapat dibuat IV admixture sebesar 50cc atau lebih, dan hanya dalam situasi mendesak / kondisi yang muncul secara tiba-tiba atau pada situasi ketika obat memiliki stabilitas produk yang pendek sehingga tidak layak dilakukan IV admixture, kecuali untuk obat-obata tertentu yang dinyatakan lain. Sediaan bentuk tablet tidak bisa ditambahkan ke dalam IV admixture karena sediaan tablet didesain untuk penggunaan oral dimana terkandung bahan eksipien yang disesuaikan dengaan kondisi pH lambung sehingga bahan aktif obat dapat terabsorbsi baik, dan biasanya dosis yang dipakai pada penggunaan oral lebih besar dari pada jika digunakan untuk IV. Sehingga bila digunakan secara IV menurut dosis tablet oral maka akan terjadi over dosis karena sediaan IV langsung menuju pembuluh darah tanpa melalui absorbsi di saluran GI. Apakah fungsi ganda keuntungan iv admixture? Jawab : • • Memlihara atau menjaga keseimbangan cairan tubuh (elektrolit) Obat yang ada diharapkan dapat mempertahankan kadar terapi obat dalam plasma

Farmasis menguasai 3 hal terhadap problem yang jarang diketahui oleh nurse dalam iv admixture. Jelaskan secara singkat 3 problem tersebut. Jawab :

pH. langkah apa yang perlu dilakukan oleh farmasis? Jawab : ganti dengan sediaan obat lain yang memiliki stabilitas baik dan tidak terjadi inkompatibilitas bila dilakukan IV admixture Faktor‐faktor apakah yang berpengaruh pada problem interaksi: kecepatan proses reaksi kimia‐fisika? Jawab : Kecepatan proses reaksi kimia-fisika: tergantung suhu. terjadi endapan partikel halus. inkompatibiltas terpeutik sehingga dapat mengatasi jika problem itu muncul Stabilitas: farmasis tahu stabilitas obat Jika pada saat melakukan IV admixture terjadi hal berikut: Bentuk dan appearance (penampilan) sediaan infus menjadi keruh (cludness). elektrolit yang diberikan dengan ketidakstabilan larutan infus . sinar. terjadi perubahan warna.• • • Kontaminan : farmasisi tahu “cara kerja aseptis” yang diperlukan untuk iv admixture sehingga akan meminimalkan terjadinya kontaminasi Kompatibiltas: farmasis tahu problem-problema fisika. kimia. waktu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful