.

.

Cara menyikat gigi yang baik dan benar .

juga akan menyebabkan perlekatan papila gusi (gusi yg terletak di antar gigi2) lama2 lepas sehingga akar gigi lama2 terbuka hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan rasa linu meski gigi masih sehat. akibat resopsi tulang alveolar. Sikat seluruh permukaan yang menghadap bibir dan pipi serta permukaan dalam dan luar gigi dengan cara tersebut. tapi tidak bertahan lama sampe tua.. gerakan horisontal selain tidak mengangkat sisa makanan yg terletak di sela2 gigi.1. Gerakan sikat dari arah gusi ke atas untuk gigi rahang bawah 4. letakkan posisi sikat 45 derajat terhadap gusi 2. Gerakan sikat dari arah gusi kebawah untuk gigi Rahang Atas (seperti mencungkil) 3. Sikat permukaan kunyah gigi dari arah belakang ke depan. 5. Bahan SMP Bahaya rokok bagi kesehatan . Mengapa menggunakan cara vertikal tersebut? Karena tujuan menyikat gigi adalah mengangkat sisa makanan yang biasanya menumpuk di leher gusi.

dengan mudah kanker akan menyebar ke jaringan tubuh sekelilingnya seperti hati.tetapi posisi paru-paru dalam sistem peredaran darah yang membuat kanker mudah menyebar ke seluruh tubuh.tulang belakang.Bahaya merokok : -Kanker Paru Kanker paru merupakan kanker penyebab kematian tertinggi. Kematian umumnya bukan terjadi akibat kesulitan bernapas karena membesarnya kanker.Zat-zat radioaktif juga bisa menyebabkan kanker.Penyebab utama kanker paru adalah asap rokok. dan otak melalui pembuluh darah.Hampir 90 % pengidap kanker paru tidak bisa diselamatkan karena jika sudah akut.namun jumlah kasusnya relatif sedikit.Penyebaran metastase .

empisema. Opioid Bahan opioid adalah saripati bunga opium.kanker lambung. padat. Zat yang termasuk kelompok opioid antara lain: ○ ○ ○ ○ 2.90 % penderita meninggal dalam 3 tahun setelah diagnosis. Ganja (Cannabis /Cimeng) Ganja merupakan tumbuhan penghasil serat.impoten Reproduksi perempuan : kanker leher rahim. Shabu-shabu (methamphetamine). 3. Heroin.mulut.vinyl chloride. Akan tetapi. Adapun zat lain yang memiliki dampak yang sama bahayanya dengan narkotika jika disalahgunakan. lalu digulung menjadi rokok. daun-daun.pankreas dan usus besar. ada yang berbentuk cair.meningkatkan risiko serangan jantung Dada : kanker esofagus Paru-paru : kanker. sama dengan codein biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan bening Putaw Kokain Kokain merupakan alkaloid yang berasal dari tanaman Erythroxylon coca. BK. Semua bagian tanaman ganja mengandung kanaboid psikoaktif. Asap ganja mengandung tiga kali lebih banyak karbonmonoksida daripada rokok biasa. disebut juga diamorfin (INN) bisa ditemukan dalam bentuk pil. dan lain sebagainya.(kanker) ke arah otak dan bagian kritis lainnya menjadi penyebab kematian.Diantaranya yang memicu kanker adalah : Benzo pyrenes. yaitu psikotropika. biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan bening Comerol.perubahan kimia otak Mulut dan tenggorokan : kanker bibir. serbuk.pelebaran pembuluh nadi perut Ginjal dan kandung kemih : kanker Reproduksi pria : kerusakan sperma. dikeringkan. tumbuhan ini lebih dikenal karena kandungan narkotikanya. Di bawah ini diuraikan sedikit mengenai macam-macam narkotika. Zat ini berasal dari Peru dan Bolivia.Narkoba Macam-macam narkotika Narkotika banyak sekali macamnya. dan Benzodiazepin (Pil Nipam. yaitu: 1. depresi berat apatis rasa lelah berlebihan malas bergerak banyak tidur . dan cairan.penyakit paru obstruktif kronis Hati : kanker Perut : tukak lambung.nitroso-nor-nicotine Ancaman Utama Rokok Otak : stroke. Jenis-jenis yang termasuk zat ini antara lain: ○ ○ ○ 4. Jenis tanamannya berbentuk belukar.dan laring Jantung : melemahkan arteri.tenggorokan. yaitu tetrahidrokanabinol (THC). Opioid: ○ ○ ○ ○ ○ Ectasy (ineks). Gejala Batuk terus menerus atau batuk kronis Napas pendek-pendek Sakit pada dada Bronkitis Rasa lelah Berat badan turun Suara serak Sulit menelan makanan atau cairan Ada 4000 bahan kimia di dalam asap rokok. Codein. dan Magadon).asma. serbuk. Cara menggunakan ganja biasanya dipotong. dipotong kecil-kecil.mandul Kaki : gangren akibat penggumpalan darah 2.

Ectasy gugup gelisah selalu merasa curiga denyut jantung bertambah cepat rasa gembira berlebihan banyak bicara namun cadel rasa harga diri meningkat kejang-kejang pupil mata mengecil tekanan darah meningkat berkeringat dingin mual hingga muntah luka pada sekat rongga hidung kehilangan nafsu makan turunnya berat badan denyut jantung bertambah cepat gelisah rasa gembira berlebihan rasa harga diri meningkat banyak bicara kejang-kejang pupil mata melebar berkeringat dingin mual hingga muntah mudah berkelahi pendarahan pada otak penyumbatan pembuluh darah pergerakan mata tidak terkendali kekakuan otot leher mata sembab kantung mata terlihat bengkak.○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ 5. Ganja ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ 7. Kokain ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ 6. merah. dan berair sering melamun pendengaran terganggu selalu tertawa terkadang cepat marah tidak bergairah gelisah dehidrasi tulang gigi keropos liver saraf otak dan saraf mata rusak skizofrenia .

○ ○ ○ ○ ○ enerjik tapi matanya sayu dan wajahnya pucat. terutama saraf pengendali pernafasan hingga merasa sesak nafas banyak bicara denyut jantung bertambah cepat pendarahan otak shock pada pembuluh darah jantung yang akan berujung pada kematian. berkeringat sulit tidur kerusakan saraf otak dehidrasi gangguan liver tulang dan gigi keropos tidak nafsu makan saraf mata rusak enerjik paranoid sulit tidur sulit berfikir kerusakan saraf otak.○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ 8. ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ 9. berjalan sempoyongan wajah kemerahan banyak bicara tapi cadel mudah marah konsentrasi terganggu Shabu-shabu: Benzodiazepin: Pemakaian heroin dan ganja .

yaitu : 1. HIV terdapat dalam cairan tubuh seseorang seperti darah. Namun pada kelompok rawan mempunyai risiko besar tertular HIV penyebab AIDS. 3. AIDS mulai berkembang dan menunjukkan tanda-tanda atau gejala-gejala. 4. Setelah itu. 3. Jarum suntik/tindik/tato yang tidak steril dan dipakai bergantian(seperti pecandu Narkoba) Mendapatkan transfusi darah yang mengandung virus HIV Ibu penderita HIV Positif kepada bayinya ketika dalam kandungan.Bahan SMA Kesehatan reproduksi (HIV AIDS) HIV adalah virus penyebab AIDS. tetapi proporsi penderita HIV perempuan cenderung meningkat. seorang pengidap HIV tidak menunjukkan gejala-gejala klinis tertular HIV. 3. 4.Tanda-tanda klinis penderita AIDS : 1. 5. Berat badan menurun lebih dari 10 % dalam 1 bulan Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan Demam berkepanjangan lebih dari1 bulan Penurunan kesadaran dan gangguan-gangguan neurologis Dimensia/HIV ensefalopati Batuk menetap lebih dari 1 bulan Dermatitis generalisata yang gatal Adanya Herpes zoster multisegmental dan berulang Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita Gejala minor : HIV dan AIDS dapat menyerang siapa saja. 2. cairan kelamin (air mani atau cairan vagina yang telah terinfeksi) dan air susu ibu. Sedangkan AIDS adalah sindrom menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV. Hingga beberapa tahun. 2. Orang yang mengidap AIDS amat mudah tertular oleh berbagai macam penyakit karena sistem kekebalan tubuh penderita telah menurun. 1. Infeksi pada bayi dan anak. 2. saat melahirkan atau melalui air susu ibu (ASI) Lebih dari 80% infeksi HIV diderita oleh kelompok usia produktif terutama laki-laki. 90 % terjadi dari Ibu pengidap HIV. namun demikian orang tersebut dapat menularkan kepada orang lain. 4.HIV dapat menular ke orang lain melalui : • • • • Hubungan seksual (anal. Orang yang berperilaku seksual dengan berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom Pengguna narkoba suntik yang menggunakan jarum suntik secara bersama-sama Pasangan seksual pengguna narkoba suntik Bayi yang ibunya positif HIV . vaginal) yang tidak terlindungi (tanpa kondom) dengan orang yang telah terinfeksi HIV. oral.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful