Dibuat oleh : Albert Antonio Setya Bernardino Pralada Benedict Andrew Jason Nataprawira Nathanael Brian

8-1/1 8-1/2 8-1/4 8-1/6 8-1/22 8-1/28

Apa sebenarnya itu kemiskinan? 2. Bagaimana keadaan kemiskinan di luar sana? Makalah ini akan terbagi menjadi 4 bab. dengan ketentuan : Bab 1 membahas mengenai penjelasan kemiskinan Bab 2 membahas mengenai kaitannya dengan pelajaran sekolah Bab 3 membahas mengenai bagaimana keadaan kemiskinan di sekitar lingkungan sekolah Bab 4 membahas mengenai kesimpulan dan solusi tentang kemiskinan . Kami akan mengulas tentang kemiskinan yang ada di sekitar kita. Bagaimana kaitan kemiskinan dengan pelajaran di sekolah? 3. Kami mengucapkan mohon maaf bila dalam makalah ini. makalah ini dapat terbitkan.PENDAHULUAN Kata Pengantar Puji Tuhan kami panjatkan kepada Tuhan karena dengan penyertaannya. Kemiskinan adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. kami akan mengulasnya di dalam makalah ini. Terima Kasih dan Selamat Membaca. Tim Penyusun Rumusan dalam makalah Inilah rumusan yang akan kami pakai : 1. Di Indonesia masih banyak rakyat yang menderita dalam kemiskinan. kurang sempurna atau banyak kesalahan. Oleh karena itu.

Menurut Bank Dunia. namun masyarakat Indonesia sangat tergantung pada beras. kami merangkumnya menjadi 3 masalah utama di Indonesia. kemiskinan dibedakan menjadi 3. sedangkan untuk kategori ´miskin sedangµ jika penghasilannya adalah USD 2/hari.BAB 1 ² Pengertian Kemiskinan Kemiskinan adalah keadaan dimana seseorang dalam hidupnya. Kemiskinan Relatif Seseorang dikategorikan ´miskin relatifµ bila penghasilan seharinya sudah diatas garis kemiskinan. namun ia masih lebih kurang mampu daripada masyarakat di sekitarnya. Kemiskinan Absolut Seseorang masuk ke dalam ´miskin absolutµ jika penghasilan seharinya dibawah garis kemiskinan 2. dan kurangnya dukungan pemerintah bagi petani untuk memproduksi beras.000. Indonesia menetapkan garis kemiskinan berada pada angka Rp 6. (+ Rp 10. Ada beberapa masalah besar di Indonesia yang menyebabkan masyarakatnya menjadi miskin. Permasalahan kecukupan pangan .000). pemerintah Indonesia mau Indonesia itu sedikit yang miskin di mata negara lain. Kemiskinan Kultural Orang ini tidak ada usaha untuk bangkit dari kemiskinan. sekalipun ada orang disekitarnya yang ingin membantunya. apalagi dengan harga sembako yang terus naik. Dari berbagai sudut pandang. seseorang masuk ke dalam kategori ´sangat miskinµ jika penghasilannya adalah USD 1/hari (Ini adalah garis kemiskinan). jauh dibawah garis kemiskinan yang ditetapkan oleh Bank Dunia. yaitu : 1. Namun. tersedianya pangan yang tidak merata. Ternyata. ada maksud tersendiri dari ini. yaitu : 1. Terbatasnya Kecukupan dan Mutu Pangan Hal ini berkaitan dengan rendahnya daya beli. Namun. pemerintah Indonesia tidak mengikuti aturan ini. tidak memiliki harta benda mewah atau dalam hidupnya. Kata ´kemiskinanµ diambil dari kata dasar ´miskinµ yang artinya tidak berharta benda atau serba kekurangan. Angka tersebut tidak manusiawi. 3. Tetapi. ia tidak dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

Terbatasnya dan Rendahnya Mutu Layanan Pendidikan Hal ini disebabkan oleh tingginya biaya pendidikan. Pendidikan formal belum dapat menjangkau secara merata seluruh lapisan masyarakat sehingga terjadi perbedaan antara penduduk kaya dan penduduk miskin dalam masalah pendidikan. Salah satu indikator dari terbatasnya akses layanan kesehatan adalah angka kematian bayi.000 kelahiran hidup. Rendahnya minat masyarakat miskin untuk berjuang mencapai haknya karena mereka kurang mendapat pengetahuan mengenai pentingnya memliki pendidikan tinggi dan kesehatan yang baik. Kurangnya dukungan pemerintah dalam memberikan keahlian agar masyarakat miskin dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan yang layak. dan ibu. dan terbatasnya jumlah sekolah yang layak untuk proses belajar-mengajar.antara lain terlihat dari rendahnya asupan kalori penduduk miskin dan buruknya gizi bayi. terbatasnya jumlah guru bermutu di daerah. dan rendahnya kesehatan para ibu. Hal ini menyebabkan terjadi perbedaan masalah kesehatan. terbatasnya kemampuan anak dari keluarga untuk tumbuh dan berkembang. antara lain : 1. 3. 4. Kurangnya dukungan pemerintah sehingga keluarga miskin tidak dapat menjalani dan mendapatkan haknya atas pendidikan dan kesehatan yang layak dikarenakan biaya yang tinggi 3. tanah yang dapat dikelola untuk bertani. mutu pangan dan pendidikan antara wilayah perkotaan dengan wilayah yang tertinggal jauh dari perkotaan. Data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) menunjukan bahwa angka kematian bayi pada kelompok pengeluaran terendah masih di atas 50 per 1. 2. 2. . Kurang tersedianya sarana yang dapat dipakai keluarga miskin secara layak misalnya puskesmas. anak balita. Ada beberapa faktor yang membuat masyarakat Indonesia menjadi miskin. 5. Terbatasnya dan Rendahnya Mutu Layanan Kesehatan Hal ini mengakibatkan rendahnya daya tahan tubuh dan kesehatan masyarakat miskin untuk bekerja dan mencari nafkah. terbatasnya kesediaan sarana pendidikan. sekolah.Wilayah Indonesia yang sangat luas sehingga sulit bagi pemerintah untuk menjangkau seluruh wilayah dengan perhatian yang sama.

maka mau tidak mau menjadi TKI untuk bekerja di luar negeri. tak sedikit rakyat yang pengangguran. kami akan membahas bagaimana kaitannya pelajaran sekolah dengan kemiskinan yang ada di Indonesia . Untuk mencukupi kebutuhan hidup. Sebagai orang yang berkecukupan kita dapat meringankan beban mereka dengan cara memberi sedekah. banyak yang akan jatuh miskin.2 Pkn Kita ambil contoh kasus Ceriyati yang disiksa oleh majikannya di Malaysia. Juga lebih banyaknya lahan pekerjaan di kota-kota besar seperti di Jakarta. Juga agar memfasilitasi mereka dengan bantuan-bantuan seperti tempat tinggal dan pendidikan. Kita sebagai orang yang berkecukupan harusnya bersyukur dapat menikmati kebutuhan hidup dengan layak. lebih rendah dibandingkan tenaga kerja dari negara lain. Berbagai cara dapat kita lakukan untuk memberi sedekah kepada rakyat miskin. Ini membuktikan bahwa Yesus mengasihi rakyat miskin. Untuk itu solusi yang baik adalah Indonesia membuka lapangan pekerjaan di kota-kota kecil maupun besar. Tetapi kita lihat mereka dapat ditunjuk menjadi murid Yesus. Antara lain dengan menyumbangkan ke LSM atau dalam bentuk APP dalam masa prapaskah. Disebabkan oleh kurangnya lahan pekerjaan. kita juga berbuat untuk Tuhan. 2. Bukti yang konkret adalah gaji yang diterima oleh para TKI.BAB 2 ² Pengkaitan Kemiskinan dengan Pelajaran di Sekolah Pada bab ini. Mereka yang miskin sangat berharap agar dapat mencukupi kebutuhan hidup seperti kita. Dengan memberi mereka sedekah. 2.3 PLKJ . Karena jika tidak bekerja. 2. Mengapa Ceriyati harus menjadi TKI ke luar negeri? Di Indonesia. Di luar negeri kadang-kadang Indonesia dianggap sebagai negara yang kurang atau bisa dibilang kualitas tenaganya kurang bagus dibandingkan negara lain. Yesus juga mengajarkan kepada kita sebagai orang yang berkecukupan tidak perlu menjauhi rakyat miskin. Mereka hanya seorang nelayan.1 Pelajaran Agama Katolik Dalam Injil kita melihat contoh bahwa murid-murid Yesus tidaklah kaya.

Harga sembako mulai meningkat. alangkah baiknya apabila pemerintah dan masyarakat member penyuluhan kepada warga yang terkena adiksi rokok dan narkoba serta dibawa ke tempat-tempat rehabilitasi. Karena akan lebih banyak pada daerah-daerah yang kurang bersih. diare. banyak sekali bantaran-bantaran sungai yg dibangun oleh rumah oleh penduduk yg miskin. banyak sekali orang-orang miskin di kota ini yang menggunakan atau memakai rokok dan narkoba (narkotika dan obat-obatan berbahaya). Lingkungan juga menjadi pendukung kesehatan masyarakat. walaupun ada sebagian orang miskin yang tidak terpengaruh karena kebutuhan gizi yang kurang. kesehatan mereka akan terganggu dan biaya pengobatannya saja mahal.Dalam pelajaran PLKJ. Di Jakarta. Dari segi aktivitas warga Jakarta. kita bisa mengenal berbagai macam kondisi di lingkungan Jakarta. mereka menjadi sering sakit. muntaber. 2. Pemerintah seharusnya tidak saja diam. . Kesehatan bagi rakyat miskin sangat lemah. keturunan akan mendapat kesehatan yang kurang baik.kemiskinan itu dapat menyangkut tentang kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. ‡Keturunan : karena kebutuhan makanan yang kurang dan kesehatan yang kurang. Penyakit ² ini misalnya. karena : ‡Nutrisi (makanan) : makanan yang di dapat rakyat miskin biasanya kurang sehat atau mereka juga kekurangan makanan untuk satu hari mungkin juga waktu yang cukup panjang. Padahal. ‡Penghasilan pangan : sekarang ini jumlah pangan mulai berkurang. flu burung. Mereka membangun rumah liar di bantaran sungai karena mereka tidak mempunyai cukup uang untuk membeli tanah dan membangun rumah yg pantas. dan lainnya. karena lahanlahan pertanian mulai menjadi pemukiman. untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja blom tentu cukup ditambah dengan menggunakan barang-barang berbahaya tersebut. Lingkungan yang kumuh atau kotor dapat menyebabkan : ‡Tingkat penyakit penyakit penyakit kebersihan berkurang : menyebabkan kesehatan berkurang.4 Biologi Menurut pelajaran biologi. penyakit kulit. karena mudah terserang penyakit. Salah satu cara untuk menanggulanginya yaitu dengan membangun rumah susun sederhana dan layak ditinggali untuk orang-orang miskin. Karena kekurangan makanan ini tingkat gizi orang miskin menjadi lemah. Oleh karena itu. dan menyebabkan rakyat miskin menjadi kekurangan makanan.

Maka. bisa pula musim kemarau lebih panjang. Di A mendistribusikan beras. harga dapat turun sewaktu-waktu karena adanya pasokan berlebihan. petanipun kaya dengan hanya menanam padi dan menjualnya di pasar.‡Timbul penyakit berbahaya : seperti demam berdarah. Pasti pula panennya akan sama. sehingga berbagai tanamanpun dapat tumbuh di Indonesia. diperlukan saluran distribusi yang baik. Bila Indonesia adalah negara agraris. dan harga pun akan menjadi turun dengan sendirinya. Oleh karena itu bagi masyarakat miskin dapat lebih mudah terserang penyakit karena didukung dengan lingkungan yang kotor. TBC. Stok akan berlimpah di toko.5 IPS Indonesia adalah negara agraris. Selain itu. B. maka tanah pertaniannya cukup subur untuk ditanami. begini. Di daerah A. peternakan ataupun perikanan. Inilah beberapa kaitan antara kemiskinan dengan pelajaran di sekolah. menanam padi serempak. agar produk sendiri pun tidak kalah dengan produk luar/impor. Pemerintah pun harusnya juga menghimbau masyarakat agar lebih memilih produk lokal daripada produk impor. Seharusnya. Kadang-kadang. Cara penanggulangan semua ini denga ncara memberika fasilitas dan pangan yang memadai bagi rakyat miskin agar kesehatan mereka lebih terjaga. 2. Bila petani gagal panen terus. untuk sampai dapat dikonsumsi masyarakat. Ini membuat petani menjadi sering gagal panen. maka penduduknya sebagian besar bekerja di bidang pertanian. Misalnya. mengapa. Petani juga dapat merugi karena ia tidak mempunyai saluran distribusi ke pasar. Maaf bila kami tidak bisa menulis semua pelajaran yang ada di sekolah. C juga dan D akan mengirikan beras pula. . Padahal. mayoritas petani menjadi miskin? Musim akhir-akhir ini tidak menentu. Indonesia pun memiliki musim yang cocok untuk hamper semua jenis tanaman. seharusnya pemerintah lebih memperhatikan petani-petani Indonesia agar tetap dapat menjaga stabilitas produksi dan kualitasnya. karena terbatasnya kemampuan kami. misalnya beras. Namun. B pula. Tetanus adalah penyakit yang berbahaya karena dapat menimbulkan kematian. musim penghujan lebih lama. maka petani tersebut semakin merugi dan akhirnya menjadi semakin miskin. C dan D. Penyakit ini harus langsung di obati agar tidak menjadi bertambah parah dan tidak membuat penderita mengalami kematian.

kami membuat kesimpulan bahwa kami belajar untuk tidak korupsi. Harapannya pada pemerintah. namun ia masih terlihat gagah.BAB 3 ² Laporan Observasi Saat itu siang hari di hari Jumat 12 Agustus 2011. Pak Yana Pak Yana berprofesi sebagai seorang reparasi jam. Ia pernah berprofesi sebagai pelaut. kami menarik kesimpulan bahwa ternyata masih banyak rakyat miskin di sekitar kita. agar mau membantu rakyat berkekurangan. Ia mengakui pendapatannya mencukupi kebutuhannya dan keluarganya. selain itu kami juga belajar untuk mengasihi sesama yang berkekurangan. Tokonya terlihat cukup ramai. berikut adalah orang-orangnya. terdapat toko makanan yang terlihat sepi karena bulan puasa. dan juga membuat Indonesia semakin makmur. jalan terlihat cukup ramai karena ada acara Sholat Jumat. Pak Agus Mulyono Ia adalah seorang pedagang Soto Madura yang cukup sukses. Kami merasa terharu mendengar cerita Pak Abraham. Banyak cara juga dapat kita lakukan untuk . 1. Ia berharap agar pemerintah mau adil. Ia mengakui bahwa profesi tersebut dapat menghidupi dirinya dan keluarganya. 2. menjadi seorang pengamen yang dibiarkan dan tidak diperhatikan. namun sekarang ia ditelantarkan dan menjadi seorang penyanyi pinggir jalan alias pengamen. seseorang yang pernah berjasa. 3. BAB 4 ² Kesimpulan dan Solusi Setelah membuat makalah ini. Dari beberapa oranng yang kami ingin wawancarai. Pak Abraham Bapak Abraham berumur sekitar 60 tahun. hanya 3 orang yang mau. Terdapat pula banyak pedagang yang berjualan barang pernak-pernik yang terlihat ramai. Inilah pemerintah Indonesia. Tokonya kecil. Jalanannya sedikit kotor. Dimulai dari toko gerobak berjalan hingga memiliki sebuah toko. namun terlihat terdapat jam-jam yang sedang ia perbaiki. Namun tujuan kami adalah mewawancarai orang-orang tentang kemiskinan. Ia telah menggeluti profesi itu selama 29 tahun. Ia mengawali karir sekitar 12 tahun yang lalu. karena ia pernah bekerja sebagai seorang pelaut. Dari observasi yang kami lakukan.

Sumber : . tunggu apalagi? Segera-lah kita bantu meringankan beban rakyat miskin.wikipedia.membantu mereka mulai dari hal yang kecil.co. Dan menurut kami. Jadi . Membuka lapangan pekerjaan di Indonesia 3.doc%3Fkey%3Dimnis%3Ajournal% 3A9%26nmid%3D96869950&rct=j&q=Faktor%20Kemiskinan%20di%20indonesia&ei=DUBH TozFJoqyrAeO862MBA&usg=AFQjCNGOnyyZK_M0DZ4TnBvkcCdwKpNKPQ . Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca makalah ini. Membantu mereka dengan memberikan bantuan dalam bentuk apapun Semoga makalah ini berguna bagi para pembaca.http://id.id/url?sa=t&source=web&cd=1&sqi=2&ved=0CBUQFjAA&url=htt p%3A%2F%2Fimages. Pelajaran-pelajaran yang kita pelajari juga berkaitan dengan hal kemiskinan.imnis.multiply. Mengurangi pengiriman TKI ke luar negeri dengan cara : 2. solusi untuk menangani kemiskinan adalah : 1.multiplycontent.com%2Fattachment%2F0%2FSDH88 woKCt8AAF8LARk1%2FBagian%2520III%2520Kemiskinan.org/wiki/Kemiskinan http://www. Membuka fasilitas gratis seperti BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) 4.google.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful