OSTN 2010

OLIMPIADE SAINS TERAPAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT PROPINSI JAWA TENGAH KE II TAHUN 2010 SEMARANG 7 – 10 OKTOBER 2010

KISI-KISI MATERI LOMBA

Bidang Lomba
BIOLOGI TERAPAN, FISIKA TERAPAN, KIMIA TERAPAN, MATEMATIKA TEKNOLOGI, MATEMATIKA NON TEKNOLOGI DAN ICT

KERJASAMA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah

Page 1

DAFTAR ISI Halaman I. III. II. PENDAHULUAN TUJUAN PESERTA MATERI LOMBA Bidang Biologi Bidang Fisika Bidang Kimia Bidang Matematika Teknologi Bidang Matematika Non Teknologi ICT (Information Communication Technologi) 3 3 4 5 5 8 11 13 14 15 Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 2 . IV.

PENDAHULUAN Kegiatan Olimpiade Sains Terapan Tingkat Nasional (OSTN) merupakan media untuk mengapresiasi kemampuan siswa SMK dalam bidang sains terapan yang sangat berguna bagi mereka untuk beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan perkembangan ekonomi yang sangat cepat. siswa SMK tidak lagi membutuhkan matematika dan sains Fakta tersebut telah menggugah kesadaran dari Pemerintah dalam hal ini Direktorat Pembinan SMK untuk segera merevitalisasi pengajaran sains dan matematika di SMK untuk meningkatkan mutu dan daya saing lulusan SMK. Matematika dan sains adalah dua jenis mata pelajaran yang menjadi dasar bagi perkembangan kecerdasan anak. 2. kimia dan biologi Materi tersebut umumnya sudah dipelajari sejak masih duduk di SMP. Siswa SMK selain dbekali kemampuan produktif sesuai dengan program keahlian yang diikuti. 3. TUJUAN 1.I. biologi terapan. adaptif. MTS. Meningkatkan Citra Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui unjuk kemampuan dalam bidang sains terapan Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 3 . berkreasi. fisika terapan dan ICT (Pemrograman) II. Hanya saja. mata pelajaran matematika dan sains tersebut lebih lekat dengan siswa SMA. sisi lainnya untuk lebih mencerdaskan siswa SMK. dan memiliki keunggulan akademis yang dapat membuat mereka menjadi sumber daya manusia unggul. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai tempat pendidikan dan latihan yang berkualitas. dalam perkembangan selanjutnya. Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) ini merupakan bagian upaya pemerintah melalui Direktort Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan untuk mendorong dan merangsang siswa kejuruan untuk dapat berinovasi. Selain itu. fisika. dan kreatif. kimia terapan. matematika non teknologi. juga dibekali ilmu matematika. Itu sebabnya disisi lain penting untuk menunjang ketrampilan kerja. sehingga kesannya. OSTN juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi semangat belajar siswa dibidang sains sehingga dapat menjadi calon pekerja yang cerdas. Meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta didik SMK dalam penguasaan bidang Sains Terapan. OSTN Tingkat Propinsi Jawa Tengah ke III yang diadakan di FMIPA Undip Semarang dan melombakan bidang matematika teknologi.

PESERTA Peserta adalah siswa SMK dari seluruh Kabupaten dan Kota dengan kriteria sebagai berikut : 1. Setiap Kabupaten dan Kota hanya dapat diwakili oleh 2 (dua) orang peserta untuk tiap bidang lomba Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 4 .4. 5. III. Tercatat sebagai Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tahun pelajaran 2010/2011 . juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya. Mempererat tali persahabatan antar generasi muda Indonesia. dan menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya. Belum pernah menjadi Juara OSTN tahun sebelumnya 3. 2. 6. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif. Memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh provinsi dalam bidang Sains Teknologi sebagai sarana promosi kepada Du/Di sebagai calon pengguna tenaga kerja.

IV. indera). . transpirasi dan pertukaran gas.  transport melalui membran-membran.pencernaan dan nutrisi.imunitas Genetika [Bobot 15%]  materi genetik dan sintesa protein. . Page 5    Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah . mikroorganisme dan bioteknologi [Bobot 20%]  Struktur.  organel . .pertumbuhan dan perkembangan. mineral dan bahan lainnya.  mitosis dan meiosis. cara hidup dan peranan mikroorganisme Struktur dan fisiologi tumbuhan [Bobot 15%]  struktur dan fungsi jaringan & organ dalam proses-proses : .reproduksi (tumbuhan tak berpembuluh dan berpembuluh) Struktur dan fisiologi hewan & manusia [Bobot 25%]  struktur dan fungsi jaringan & organ dalam proses-proses : . MATERI LOMBA Kisi-kisi Materi Lomba OSTN SMK 2010 BIDANG BIOLOGI TERAPAN  Biologi sel.reproduksi dan perkembangan.pengaturan/koordinasi (saraf.  metabolisme sel.sirkulasi dan ekskresi. . fungsi dan komponen kimia sel. .pernafasan/respirasi. .organel sel. endokrin. . .  Prinsip dasar bioteknologi  Kultur jaringan dan rekayasa genetika  Struktur.transport air.fotosintesis.  Hereditas Mendel dan penyimpangannya.sistem gerak .

Jumlah 6 soal uraian .Setiap soal mempunyai nilai maksimum10 point Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 6 . dan pilihlah : A. C. Sistematika organisme [Bobot 10%]  Dasar-dasar klasifikasi dan tatanama makhluk hidup.5 jam) Soal pilihan ganda terdiri atas tiga jenis :  Multiple choice (A. Setiap soal pilihan ganda mempunyai nilai 1 (satu).  aliran energi dan siklus biogeokimia.  piramida ekologi dan jaring makanan.  variasi : mutasi dan modifikasi. D. Skor dan bobot penilaian:  Tes Teori I (30 %) jumlah soal 60 pilihan ganda dan 10 soal isian singkat waktu 90 menit (1. sifat dan peranan organisme. Jika hanya 4 yang benar E.Waktu 60 menit . Tidak ada sistem minus. B. pengelolaan limbah dan konservasi lingkungan.  Ciri umum.  Tes Teori II (30% ) .  Pilihan berganda.2 dan 3 benar B. Jika 1. Jika 2 dan 4 benar D. Jika 1 dan 3 benar C. Setiap soal isian singkat nilai 2 (dua). Dasar-dasar pemuliaan tanaman dan hewan  Ekologi [Bobot 15%]  komponen ekosistem.Aturan penilaian a. pilihlah hanya satu jawaban yang paling benar. c. cara pengelompokan.  produktivitas dalam ekosistem  biosfer dan manusia : pencemaran lingkungan.  1. b. dan E) . Jika semua jawaban benar .

 Tes praktikum (40 %) . prosedur kerja dan laporan.Aspek penilaian: ketrampilan.Waktu 3 jam (180 menit) . Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 7 .Terdiri tiga macam praktikum .Total skor 60 point .

Kekekalan Energi Mekanik .Fluida Dinamis 3.regangan.Arus AC .Fluida Statis .Termometri dan Kalorimetri .Jenis-jenis Gelombang .Hukum Termodinamika 5.Rambatan.Kisi-kisi Materi Lomba OSTN SMK 2010 BIDANG FISIKA TERAPAN I. Mekanika .modulus elastic) .Arus Listrik Searah . Ujian Teori ( 240 menit) Meliputi tes pengetahuan Fisika Terapan sebagai berikut : 1. Suhu.Magnet dan Induksi Magnet . Lingkup Lomba Jenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi : i. Elastisitas dan Fluida .Teori Kinetik Gas . Listrik dan Magnet .Deformasi Bahan (tegangan.Persamaan Gas Ideal .Alat-Alat Ukur Listrik 6.Frekuensi.Perpindahan Panas .Listrik Statik .Dinamika .Momentum dan Impuls . Getaran dan Gelombang .Dinamika Benda Tegar 2. Kisi-Kisi Materi Lomba a. Cahaya dan Optik Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 8 . Kalor dan Termodinamika .Efek Doppler 4. Getaran Gelombang dan Bunyi .Kinematika . Kecepatan dan panjang Gelombang .

Pelaksanaan prosedur percobaan (skor : 20) Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 9 .Cermin dan Lensa . Fisika Modern . Essay 8 soal ii. Ujian Teori : 1. Soal dinyatakan dalam bentuk a. E dan setiap soal memiliki skor 1 b. Ujian Eksperimen (Total 240 menit) Ujian ketrampilan terpadu dengan materi ujian : Mekanika dan Getaran Aspek penilaian untuk ujian eksperimen meliputi : o Pengambilan data o Pengolahan dan analisis data o Pembuatan Laporan Hasil Eksperimen b.D.Relativitas Khusus . Pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan 5 item pilihan A.Difraksi dan Interferensi .Alat-alat Optik 7.Teori Atom .Pemantulan dan Pembiasan .Radioaktivitas Dibagi dalam dua Sesi Ujian : 1. Sesi I : (Total 120 menit) a. Pilihan Ganda 50 soal b. Isian singkat sebanyak 10 soal c.. Aspek-aspek penilaian i. Jawaban salah tidak mengurangi skor ii.Gejala Kuantum . Essay sebanyak 8 soal 3.B. Penguasaan kognitif terhadap teori-teori fisika 2. Eksperimen : Total skor 200 o Pengambilan data (Total skor : 60) a.C. Sesi II : (Total 120 menit) a. Isian singkat 10 soal 2.

penggaris (min 40 cm) dan kalkulator. Kerapihan (skor : 10) Catatan : Peserta diharuskan membawa stopwatch standart. Keakuratan analisis data (skor : 60) o Pembuatan Laporan Hasil Eksperimen (Total skor : 60) a. Kelengkapan laporan (teori singkat. Kerapihan (skor : 10) o Pengolahan dan analisis data (Total skor : 80) a. Kelengkapan data percobaan (skor : 20) b. data. metode percobaan. Ketrampilan dan keakuratan pengambilan data (skor : 30) c.b. kurva/grafik. kesimpulan) (skor : 50) b. tujuan percobaan. Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 10 . analisis data.

Disediakan waktu 120 menit untuk sesi pertama. c. 35% untuk sesi kedua dan 30% untuk sesi ketiga. 120 menit untuk sesi kedua. Lingkup Lomba Materi yang dilombakan adalah materi yang diajarkan di SMK/MAK sesuai kurikulum yang berlaku. c. Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 11 . Nilai total maksimum adalah 300 yang terdiri dari 100 dari masing-masing sesi. hukum-2 dasar kimia  Konsep mol dan stoikiometri  Konsep reaksi kimia  Konsep larutan  Konsep larutan elektrolit dan elektrokimia  Perubahan entalpi dan termokimia  Kesetimbangan reaksi  Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi  Senyawa hidrokarbon  Kemanfaatan makromolekul  Koloid dan suspensi  Pemisahan dan analisis 2. dan sesi ketiga berupa praktikum di laboratorium. b. Oleh karena penilaian bersifat kumulatif. dan 150 menit untuk sesi ketiga. persamaan reaksi.Kisi-kisi Materi Lomba OSTN SMK 2010 BIDANG KIMIA TERAPAN 1. Aspek-Aspek Penilaian a. Bobot penilaian untuk masing-masing sesi adalah 35% untuk sesi pertama. Lomba akan dibagi menjadi 3 sesi. Materi soal tersebar dalam standar kompetensi pembelajaran Kimia SMK/MAK :  Konsep materi dan perubahannya  Identifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik  Ikatan kimia  Lambang unsur dan senyawa. Sesi pertama berupa soal pilihan sejumlah 50 soal. Penilaian akhir adalah total dari semua sesi. Skor dan Bobot Penilaian a. maka setiap peserta harus mengikuti semua sesi untuk dapat diikutkan dalam penilaian akhir. b. sesi kedua berupa soal isian dengan jawaban ringkas sejumlah 20 soal dan soal essay sejumlah 5 soal. 3. Sesi pertama dan kedua dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2010 dan sesi ketiga akan dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2010.

Skor maksimum di sesi III adalah 150. Skor maksimum di sesi II adalah 100. jawaban yang benar akan diberi skor 5. jawaban yang benar akan diberi skor 4. Pada jenis soal essay. Barisan dan Deret Geometri Dimensi 2 dan 3 Peluang dan Statistika Kalkulus Vektor Persentase 15% 15% 10% 15% 10% 15% 15% 5% Bobot Penilaian dan Skor Maksimum        Pada jenis soal pilihan ganda. Sesi I dan II terdiri atas 10 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat yang dikerjakan dalam waktu masing-masing 2 jam. Sesi III terdiri atas 10 soal isian singkat dan 10 soal essay yang dikerjakan dalam waktu 3 jam. Skor maksimum di sesi I adalah 90.Kisi-kisi Materi Lomba OSTN SMK 2010 BIDANG MATEMATIKA TEKNOLOGI Setiap peserta akan mengerjakan soal dalam tiga sesi. Adapun kisi-kisinya adalah sebagai berikut: Materi         Operasi Bilangan dan Aproksimasi Persamaan dan Pertidaksamaan Logika Matematika dan Trigonometri Fungsi. Skor total maksimum adalah 340. Pada jenis soal isian singkat. jawaban yang benar akan diberi skor maksimum 10. jawaban yang salah akan diberi skor -1 dan apabila tidak dijawab akan diberi skor 0. jawaban yang salah akan diberi skor -2 dan apabila tidak dijawab akan diberi skor 0. Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 12 .

Adapun kisi-kisinya adalah sebagai berikut: Materi           Operasi Bilangan dan Aljabar Persamaan. Skor maksimum di sesi III adalah 150. jawaban yang salah akan diberi skor -1 dan apabila tidak dijawab akan diberi skor 0. jawaban yang benar akan diberi skor maksimum 10. Pada jenis soal essay. Skor maksimum di sesi II adalah 100. jawaban yang benar akan diberi skor 5. Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 13 . Pertidaksamaan dan Matrik Logika Matematika Barisan dan Deret Geometri Dimensi 2 Peluang dan Statistika Kalkulus Vektor Trigonometri Matematika Keuangan Persentase 15% 17% 4% 13% 10% 23% 3% 3% 5% 7% Bobot Penilaian dan Skor Maksimum        Pada jenis soal pilihan ganda. Skor total maksimum adalah 350. Pada jenis soal isian singkat. jawaban yang benar akan diberi skor 5. Skor maksimum di sesi I adalah 100. jawaban yang salah akan diberi skor -2 dan apabila tidak dijawab akan diberi skor 0.Kisi-kisi Materi Lomba OSTN SMK 2010 BIDANG MATEMATIKA NON TEKNOLOGI Setiap peserta akan mengerjakan soal dalam tiga sesi. Sesi III terdiri atas 10 soal isian singkat dan 10 soal essay yang dikerjakan dalam waktu 3 jam. Sesi I dan II terdiri atas 10 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat yang dikerjakan dalam waktu masing-masing 2 jam.

Internet a. Interface 3. Matematika Diskret 2. Rangkaian perkalian iv. Materi lomba Materi yang diujikan dalam OSTN SMK 2010 adalah : 1. Matematika a. Transformasi Laplace dan Fourier c. Protokol f. Algoritma/Flowchart b.Kisi-kisi Materi Lomba OSTN SMK 2010BIDANG ICT (Information & Communication Technology) A. Pascal d. Struktur Data (Data Structure) c. Encapsulation iii. PostgreSQL Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 14 . Pemrograman tingkat tinggi i. RDBMS b. Rangkaian master-slave c. Rangkaian penjumlahan ii. Rangkaian Kombinasi i. Rangkaian pembagian v. C ii. Security 5. Inheritance ii. Aljabar Linier b. Sistem Digital a. C++ iii. MySQL c. Rangkaian pengurangan iii. Object-oriented Programming i. Klien e. Webpage c. Network b. Polymorphism iv. PHP v. Diagram Carnough 4. Database a. Server d. Pemrograman a. Logic b. ADSL g. Java iv.

jawaban salah bernilai -1 dan jawaban kosong bernilai 0. Skor maksimum tes ini adalah 100 Skor maksimum untuk keseluruhan tes adalah 450. Jenis Ujian Setiap peserta wajib mengikuti ujian yang terdiri dari .d. Skor maksimum tes ini adalah 100 - - - Tes Praktek Bobot untuk tiap soal dalam tes ini bervariasi dan akan tertulis pada tiap butir soal yang akan diketahui peserta pada saat ujian berlangsung setelah lembar soal dibagikan. Skor dan Bobot Penilaian Skor dan bobot penilaian untuk tiap-tiap tes adalah sebagai berikut : .Ujian teori (tanggal 8 oktober 2010) Sesi I : 120 menit Berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 50 soal Sesi II : 120 menit Berupa tes isian singkat yang berjumlah 10 soal dan tes uraian (essay) yang berjumlah 10 soal Ujian praktek (tanggal 9 Oktober 2010) Sesi III : 120 menit Berupa praktek pemrograman perangkat lunak yang terdiri dari 4 soal C. jadi skor maksimum adalah 50. Database Tuning B. Kisi-kisi OSTN 2010 Provinsi Jawa Tengah Page 15 . Oracle e. Tes Uraian Bobot untuk tiap soal dalam tes ini akan tertulis pada tiap butir soal yang akan diketahui peserta pada saat ujian berlangsung setelah lembar soal dibagikan.Tes pilihan ganda Untuk tiap soal jika jawaban benar bernilai 4. Skor maksimum untuk tes ini adalah 200. Tes isian singkat Untuk tiap soal berbobot 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful