MORFOLOGI GENUS KANTONG (Nepenthes) PAPER disusun sebagai prasyarat mengikuti ujian akhir semester Anatomi dan Morfologi

tumbuhan Disusun oleh : Kelompok 12
1. 2. 3. 4. 5.

Charolina Ayu Widyastuti Endah Syahriah Aziz Mayasari K. N. D Ajendra Anjar K. Erni Nur Widyastuti

(092210101053) (092210101054) (092210101055) (092210101056) (092210101057)

FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS JEMBER 2010

panen dilakukan pada saat sebagian besar buah telah masak. Pada kenaf He 48 panen pada saat 75% buah masak akan menghasilkan benih yang bermutu (Hartati et al. 1991). yaitu di daerah Sudan Barat (Wilson dan Menzel. Pertanaman kenaf selalu dibedakan. Tetap beberapa penulis lain mengatakan bahwa kenaf berasal dari India (Ochse et a/. dalam Sobhan. 1961. 1983). panen tidak perIu menunggu sampai tanaman berbuah. karena panen pada saat tersebut dapat menghasilkan benih bermutu (Ghosh.2 Rumusan Masalah . Klasifikasi suatu tanaman didasarkan dari berbagai sudut pandang.. anatomi. Tetapi morfologi dapat digunakan sebagai idntifikasi awal suatu tanaman... Kenaf dan rosella sama-sama dapat digunakan untuk memproduksi serat. suatu tanaman belum bisa diklasifikasikan karena ada beberapa tanaman yang memiliki morfologi sangat mirip.. 1978). salah satu kegunaan seratnya adalah sebagai bahan baku karung goni. dalam Sinha et aI. 1. Untuk produksi serat atau batang kering. tumbuhan yang memiliki kekerabatan dekat memiliki banyak persamaan. 1983). Panen dilakukan pada saat 50% dari keseluruban populasi di pertanaman sudah mulai berbunga. kenaf dan rosella berasal dari genus yang sama yaitu Hibiscus. Untuk menentukan kekerabatan terhadap tanaman lain. kandungan dan susunan genetiknya. Menurut sejarahnya tanaman kenaf sudah ada di Afrika sejak tahun 4000 SM. Dari fakta tersebut. suatu tanaman perlu diklasifikasi. Sedang untuk benih. seperti morfologi.1 Latar Belakang Hibiscus cannabinus atau yang di Barat dikenal sebagai Kenaf merupakan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan karena dapat menghasilkan serat yang bagus. Secara morfologi saja. Karena itu penting untuk mengetahui morfologi suatu tanaman sebelum mengembakbiakan maupun memanfaatkannya. untuk benih dan untuk produksi serat atau batang kering. Rakshit dan Kundu. Ternyata berdasarkan sistem klasifikasi.BAB I PENDAHULUAN 1.

Mengetahui lebih detail tentang kenaf b.Bertolak dari uraian dan latar belakang masalah diatas. Apa itu kenaf? b.3 Tujuan a. Bagaimana morfologi buah dan biji kenaf? 1. Mengetahui morfologi dari kenaf . Bagaimana morfologi batang kenaf? d. penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut : a. Bagaimana morfologi bunga kenaf? f. Bagaimana morfologi akar kenaf? e. Bagaimana morfologi daun kenaf? c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful