LAMPU OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PIR

Lampu otomatis menggunakan sensor PIR ini diterapkan pada rumah yang berfungsi untuk menghemat atau meminimalisir penggunaaan energi listrik dalam rumah. Pada alat ini komponen yang utama adalah mikrokontroler (AT89S51) dan sensor PIR (passive infrared). Mikrokontroler disini berfungsi sebagai pengendali dari alat ini, dimana pada mikrokontroler tersebut telah diisi program yang nantinya berfungsi untuk menjalankan alat yang dibantu oleh sensor PIR. Sensor PIR berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu tubuh manusia. Cara kerja lampu otomatis menggunakan sensor PIR Cara kerja lampu otomatis menggunakan sensor PIR ialah lampu akan menyala secara otmatis jika sensor PIR mendeteksi adanya perubahan suhu tubuh manusia dan sebaliknya lampu akan mati secara otomatis bila sensor PIR tidak mendeteksi adanya perubahan suhu tubuh manusia   Cara kerja sensor PIR sensor PIR dapat mendeteksi suhu tubuh manusia minimal 34 derajat Celcius dan panjang gelombang manusia berkisar antara 9 sampai 10 mikrometer di depan sensor. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa sensor PIR hanya bekerja baik pada manusia

Untuk lebih jelasnya. Sinar inframerah tersebut akan membangkitkan tegangan. cara kerja dari lampu otomatis ini dapat kita lihat pada blok diagram dan flowchart berikut ini: . Output dari amplifier ini kemudian akan dibandingkan dengan tegangan pemicu. Tegangan yang dibangkitkan oleh pyroelectric sensor ini dikuatkan oleh suatu amplifier.Pancaran inframerah dari tubuh manusia difokuskan oleh lensa Fresnel kemudian disaring oleh penyaring sinar infra merah.

ff ©ff¯½¯f¾¯ °––°ff°¾ °¾9fff¯½ff°¯ °ff¾ nff¯f¾©f ¾ °¾9¯ °  ¾f f°f½  ff°¾ ¯f°¾f f°¾ f°ff¯½ff°¯f¾ nff ¯f¾ f¾ °¾9 f¯ °  ¾f f°f½  ff°¾ ¯f°¾f  O.

ff ©f¾ °¾9 ¾ °¾ 9 f½f ¯ °  ¾ ¾   ¯f°¾f ¯°¯f  f©f .

n¾ f° ½f°©f°– – ¯ f°– ¯f°¾f ¾ff°ff¾f¯½f¯¯    ½f°¾ °¾ f½ °© f¾f°° f½f ¾¯½f° ff¾ °¾9f°f  ©f f½f f¯f°¾f          .

     9f°nff°°€f¯ f f ¯f°¾f €¾f°  °¾f ¾°  ¯ f° ¾f°–  ½ °f°–¾°f°€f¯ f °f°€f¯ f ¾ ff°¯ ¯ f°–f° –f°–f° @ –f°–f°f°–  f°–f° ½  nn¾ °¾° ff° ¾ff¯½€  ½ ff¯½€ °  ¯ f°ff°  f° °–f° °–f° –f°–f°½ ¯n   D° © f¾°f nff ©f ff¯½¯f¾° f½fff½f f  f–f¯ f°€nf °                  .

  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful