EVAPORATOR

A. IDENTITAS ALAT  Arti Kode Alat  Spesifikasi Alat  Letak Penyimpanan

B. PRINSIP KERJA Mesin Evaporator Vakum (vacuum evaporator) adalah mesin yang digunakan untuk menguapkan air pada suhu dan tekanan rendah sehingga dapat mengurangi kadar air suatu bahan. Evaporator Vakum biasa digunakan untuk produk yang bersifat cair seperti madu, sari buah, minyak nilam, minyak VCO atau gula cair.MANFAAT/KEGUNAAN

C. PROSEDUR PENGGUNAAN  Mula – mula periksa air yang ada dalam styroform,kemudian masukkan aerator dan es batu ke dalamnya,  setelah itu isi air dalam water bath.

ekstrak yang terdapat di dalam labu diambil dengan cara dikerik dan hasilnya dimasukkan ke dalam botol ekstrak. dan pompa vacum yang berhubungan dengan evaporator.  Jika penggunaan telah selesai. labu ekstrak dibersihkan dengan dicuci sampai bersih dan disimpan di tempat yang aman untuk menghindari kerusakan alat.pelindung mata jika diperlukan. dan cabut kabel aerator.kemudian tekan alat sehingga labu pelarut menyentuh air dalam water bath. matikan tombol speed. labu pelarut.dan sepatu tertutup E.pelindung tangan / sarung tangan.  Setelah semua kabel terpasang proses ekstraksi dapat berlangsung.  Nyalakan aerator dalam styroform.  Proses ekstraksi akan selesai jika semua pelarut menguap dan diperoleh ekstrak murni dalam labu ekstrak. water bath dan pompa vacum dengan menancapkan masing-masing kabel ke stop kontak. labu pelarut. water bath. setelah mengekstrak suatu bahan maka alat dibersihkan dengan cara mengevaporasi akuades agar kondisi evaporator bersih kembali.  Untuk pemeliharaannya.  Setelah itu. PETUNJUK KESELAMATAN Menggunakan perlengkapan pribadi seperti jas laboratorium. Pasang labu ekstrak dan labu pelarut . . PROSEDUR PENYIMPANAN  Jika penggunaan alat telah selesai. D.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful