Efesus Pendahuluan Kitab Penulis,tempat dan tanggal penulisan • Penulisnya ialah Paulus.

Hal ini jelas terlihar dari penggunaan kata salam pembuka yang hampir sama dengan pembukaan pada surat Kolose. Sepertinya surat ini merupakan surat edaran, yang ditujukan untuk gereja-gereja lain yang ada di daerah asia kecil,salah satunya efesus. Kemungkinan Paulus menulis surat ini bersamaan dengan ditulisnya surat Kolose. Paulus menulisnya sekitar tahun 62-63 M. Ketika Paulus dipenjara di Roma,ia bertemu epafras dan Onesimus dan mendengar berita tentang gereja di Kolose (Kol 1:7, 4:9). Pada waktu yang bersamaan, Paulus menulis banyak surat dan mengirimnya kepada Gereja2 di Asia. Walaupun saat itu Paulus dipenjara, dorongan spiritualnya terus berkobar, dalam kondisi itupun ia menulis surat kpd beberapa jemaat yang dikenal dengan kumpulan surat “surat Penjara”.

Kota Efesus  Efesus merupakan kota yang paling penting di Asia Kecil bagian barat,sekarang terkenal dengan TURKI.  Punya pelabuhan yang disaat yang sama menuju sungai Cayster, yang alirannya berakhir ke lautan Aegean. Karena merupakan sebuah jalur persinggahan dari banyak rute, maka kota efesus menjadi sebuah kota yang komersial.terlebih lagi kota ini begitu membanggakan penyembahan berhala terlebih dewi mereka yaitu Dewi Diana (Artemis). Paulus menjadikan efesus sebagai pusat penginjilan selama hampir 3 tahun (Roma 19:10), dan gereja disana tampaknya tumbuh berkembang dengan baik, namun pada akhirnya membutuhkan sebuah peringatan juga seperti yang tampak pada Wahyu 2:1-7.  Gereja di efesus memiliki hubungan persekutuan yang erat dengan beberapa pelayan ALLAH diantaranya Paulus, Yohanes, Markus, Timotius, Priskila dan Akuila. Timotius telah tinggal di gereja efesus atas permintaan Paulus dan memuridkan kawan-kawannya dengan Firman ( 1 TIM 1:3)  Awalnya gereja efesus ialah tempat Paulus menginjili baik bangsa Yahudi maupun Non-yahudi.  Hubungan antara orang2 kudus di efesus dan Paulus dimulai ketika Paulus berhenti di Efesus dan menginjili selama perjalanannya yang kedua (Roma 18:19). Pada saat itu walaupun Paulus meninggalkan efesus setelah penginjilan hanya sesaat saja, kelanjutan pekerjaan pelayanannya dilanjutkan oleh priskila dan akuila.  Setelah ini, Paulus berhenti kembali di efesus selama perjalanannya misinya yang ketiga dan melayani di gereja Efesus selama 3 tahun (Roma 19:1, 20:17-35).  Paulus mempertruhkan hidupnya untuk pelayanan ini selama tiga tahun, sebuah pelayanan yang ditandai dan dilalui dengan tangisan dan doa (Roma 20:31). Setelah ini, akhir dari perjalanan Paulus yang ketiga, dalam perjalanannya kembali ke Yerusalem, Paulus bertemu dengan orang2 tua di gereja Efesus di Miletus, dan darisana mereka sharing dengan tangisan (Roma 20:17, 36-38). Inilah yang menjadi pertemuan terakhir antara paulus dan gereja efesus selama yang direkan kitab Roma.

Memiliki pemahaman akan sebuah tujuan ALLAH yang besar untuk kesatuan gereja. 3. sehingga mereka mengerti lebih lagi pengertian Tujuan Kekal ALLAH dan anugerah dan mau datang untuk menghargai dan menerima tujuan Allah yang mulia yang ditujukan untuk gerejaNYA. Membukakan bahwa pergaulan yang salah dapat membawa murka Tuhan. ALLAH telah memperdamaikan orang2 yang telah diselamatkan ini dengan orang lain pula. Tetapi ALLAH telah melakukan sesuatu : IA telah mempersatukan orang2 yang telah diperdamaikan ini dalam satu tubuh. Tujuan tertinggi ALLAH. seharusnya kita hidup sebagai anak-anak terang. dan tujuan. tidak berkompromi dengan dosa. Inilah misteri yang tidak diketahui dengan baik sampai ketika Paulus menyatakannya (3:1-6). Sekarang Paulus mampu menyatakan dengan lebih jelas lagi apa yang Allah tekankan untuk gerejaNYA. Pertama. Surat ini dibuka dengan sebuah pernyataan tentang berkat Allah. Tidak seperti surat Paulus yang lain. Yang kedua. Sangat penting mengetahui bahwa umat kristen harus menyadari hal ini. 2:6. Membukakan kepada jemaat bahwa kita percaya kepada Kristus. Allah telah memperdamaikan kita dengan diriNYA sebagai sebuah anugerah (2:1-10). yang diselingi dengan sebuah keragaman eksperi yang luar biasa yang menggambarkan perhatian kepada hikmat ALLAH. 6:12) bahwa keberadaan orang2 percaya bukan hanya ada di bumi ini. rasul Paulus menuliskan bagaimana Allah Bapa telah merencanakan keselamatan kita didalam Yesus Kristus sebelum dunia dijadikan. dan Paulus berdoa untuk pemahaman ini. yaitu artinya dia menunjukkan bermacam-macam pengetahuan kepada penguasa dan pemilik kerajaan surga (3:713). Sangat jelas terlihat dalam beberapa pengulangan “kerajaan surga” ( 1:3.Surat Efesus ditulis di penjara di Roma. 2. 20. Keseluruhan surat Efesus. untuk dipersatukan didalam Kristus. namun juga untuk memberikan pujian dan kemuliaan untuk ALLAH. Pendekatan Perikop per ayat Ayat 1 dan ayat 2 Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah. • • • • Pendekatan Kitab Efesus 5:1-21 Tujuan PA : 1. Umumnya tujuan kitab ini yaitu Paulus ingin menjelaskan kemuarahan hatiNYA yang sangat besar akan keselamatan. Membukakan kepada jemaat bahwa Tuhan menginginkan hidup kita adalah hidup yang benar2 kudus. pemikiran masa depan. Paulus menekankan bahwa kita telah diselamatkan. 3:10. surat ini tidak menyebutkan rekan sekerja Paulus. Paulus memiliki langkah-langkah untuk menunjukkan mengubah kearah kesatuan. yaitu gereja. dan bagaimana DIA telah menyempurnakan penyelamatan ini melalui Firman dan Roh Kudus. Kristus telah mematahkan jarak melalui kematianNYA (2:11-22). bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri. PESAN • Paulus menulis dengan tujuan untuk meluaskan pandangan pembaca. seperti anak-anak yang kekasih .

yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah . Be imitators of God. which are out of place. Ayat 5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal. yang kosong atau yang sembrono—karena hal-hal ini tidak pantas—tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur. Cara kita meniru ALLAH untuk bertindak “Sebagaimana ALLAH didalam Kristus telah mengampuni kamu”. therefore. or of greed.Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah. seperti anak-anak yang kekasih Ef 5:2 dan hiduplah di dalam kasih. foolish talk or coarse joking. persembahan korban menyenangkan Allah yang digambarkan dengan sebuah “persembahan aroma” (Kejadian 8:21. Hal inipun termasuk kepada hawa nafsu seksual namun menunjuk pada hal lain yang diinginkan dengan sangat berlebihan. Orang-orang kudus : orang-orang percya. Keluaran 29:18. because these are improper for God’s holy people Paulus menjelaskan dengan cara berpindah dari dosa seksual yang secara spesifik kepada dosa yang lebih umum seperti keserakahan. kita dapat menggantikan pemikiran iblis dan kata-kata yang sia-sia. Ayat 4 Demikian juga perkataan yang kotor. sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. Eph 5:2 “Be Imitator” maksudnya ialah seorang yang mengikuti satu jalannya ALLAH. Karya penyelamatan Tuhan Yesus yang menggambarkan kasihNYA pada kita bukan hanya berarti karya keselamatan namun juga sebuah contoh cara hidup kita untuk kepentingan orang lain. just as Christ loved us and gave himself up for us as a fragrant offering and sacrifice to God. orang cemar atau orang serakah. sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. “Persembahan dan korban yang harum” : Dalam perjanjian lama. as dearly loved children and live a life of love. artinya penyembah berhala. “Ucapkanlah syukur” : dengan bersyukur untuk semua yang Allah berikan.dll) Ayat 3 Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu. but rather thanksgiving “Perkataan yang kosong dan sembrono” : konteks dan kata perkataan kotor atau percabulan menngindikasikan bahwa hal tersebut bukan humor seperti candaan kotor dan rasa kesukaan yang terlalu. But among you there must not be even a hint of sexual immorality. or of any kind of impurity. salah satu jalan mengikutiNYA ialah untuk memiliki sebuah roh dan semangat memaafkan (4:32). Nor should there be obscenity.

Have nothing to do with the fruitless deeds of darkness. Let no one deceive you with empty words. Ef 5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan For you were once darkness. Terang itu merupakan produktif (lihat efek cahaya pada pertumbuhan tanaman). righteousness and truth) and find out what pleases the Lord. dan siapa saja yang hidup didalam terang ALLAH menghasilkan buah moral dan karakter yang bersusila ( Galatia 5:22-23). dan salah satunya melakukan penyembahan berhala. “orang serakah” : orang yang menginginkan hal yang lebih dari ia menginginkan Allah. dan menaruh sesuatu ditempat yang seharusnya diisi oleh Allah. but rather expose them. namun memiliki arti yang sangat jelas. seperti yang Krsitus lakukan. Secara kontras menunjukkan apa arti dosa sesungguhnya. Karena terang sesungguhnya akan menampakan apa yang terlihat/kelihatannya gelap. Ayat 11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa.mereka tidak berprtisipasi dalam kehidupan penuh dosa orang2 yang tidak percaya. sehingga IA pun akan mengeluarkan kita dari kerajaanNYA ( 1 kor 6:9) Ayat 6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa. but now you are light in the Lord.For of this you can be sure: No immoral.keadilan dan kebenaran” : sebuah metafora campuran. for because of such things God’s wrath comes on those who are disobedient. Live as children of light (for the fruit of the light consists in all goodness. Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu . sedangkan yang hidup dalam kegelapan tidak. “mendapat bagian dalam kerajaan Allah” : orang –orang yang terus melakukan dosa seksual dan dosa keserakahan yang lain telah secara tidak langsung mengeluarkan Allah dalam diri mereka. Ef 5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran. tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan.14 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang. karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka. Ayat 8-10 Memang dahulu kamu adalah kegelapan. Walaupun orang2 kristen hidup di kehidupan sosial yang normal. Ayat 12 . “Terang hanya berbuahkan kebaikan. impure or greedy person—such a man is an idolater—has any inheritance in the kingdom of Christ and of God. Ayat 7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.

Ayat 15-16 Karena itu. dua gambaran yang digunakan Paulus ialah kebijaksanaan dan kebodohan. Berulangkali. Eph 5:14 for it is light that makes everything visible... Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. Eph 5:18 Do not get drunk on wine. ia memiliki masalah yang lebih dasar lagi. “seperti orang bebal tetapi arif” : dua gambaran kontras antara terang dan gelap." For it is shameful even to mention what the disobedient do in secret. karena hari-hari ini adalah jahat. bagaimana kamu hidup. This is why it is said: “Wake up. Instead. Ef 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur. tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Eph 5:19 Speak to one another with psalms.and Christ will shine on you.menjadi nampak. Orang orang yang bodoh tidak memiliki strategi untuk menjalani hidupnya dan kehilangan kesempatan untuk hidup bagi ALLAH dalam lingkungan yang jahat.. Therefore do not be foolish. perhatikanlah dengan saksama. kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Eph 5:16 Be very careful. then.” “semua yang nampak” pengulangan yang dilakukan Paulus dalam perikop ini. O sleeper.rise from the dead. seperti keadaan yang dibutuhkan. hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu. making the most of every opportunity. But everything exposed by the light becomes visible. Ia tidak mengerti maksud tujuan Allah untuk umat manusia dan untuk orang percaya. sebab semua yang nampak adalah terang. hymns and spiritual songs. Ef 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada.19 Sebab itu janganlah kamu bodoh. karena anggur menimbulkan hawa nafsu. Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah. “itulah sebabnya dikatakan” : mungkin sebuah pujian pada jaman dahulu kala (Kolose 3:16). Ayat 17 . be filled with the Spirit. Maksud dan tujuan Allah merupakan tema dasar di efesus ( pasal 1) Jangan mabuk oleh anggur : Bahasa yunani presen tense digunakan untuk mengindikasikan bahwa dipenuhi oleh Roh Kudus bukanlah pengalaman satu kali untuk semuanya. tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. “Hai kamu yang tidur. Ef 5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur. because the days are evil. but understand what the Lord’s will is. which leads to debauchery. how you live—not as unwise but as wise. Paulus menekankan sifat Terang Allah yang dapat meresap dan efeknya yang tak dpaat dihindarkan. ROH memberi • . Sing and make music in your heart to the Lord • Karena orang-orang bodoh bukan hanya kehilangan kesempatan untuk menggunakan waktu dengan bijak. tetapi seperti orang arif. janganlah seperti orang bebal.orang mati” : dua gambar yang menggambarkan seorang berdosa.

. Tetapi ada sesuatu yang umum yang memungkinkan Paulus untuk mengkontraskannya. baik anggur ataupun Roh. melayani dan bersaksi. yaitu. Efek dari kontrol inilah sama dalam kedua pasal : sebuah semangat memuji ALLAH bersama-sama. dan sebuah hubungan bersama-sama dengan oranglain secara “sehat”. Kolose 3:15 – 4:1 sama dengan Efesus 5: 18-6:9. Perbandingan antara dipenuhi dengan anggur dan dengan Roh jelas jelas berbeda. kita dapat menganggap bahwa Paulus bermaksud untuk menyatakan sebuah pemikiran dasar yang hampir sama dalam kalimat pembukaan untuk tiap pasal. Ketika ia berbicara untuk dipenuhi oleh Roh Kudus dan ketika ia berbicara di jemaat Kolose untuk terus berada didalam Kristus. seseorang dapat berada dalam pengaruh yang mempengaruhinya.pengaruh atau kuasa untuk memuji. maksudnya ialah berada dalam kontrolnya ALLAH.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful