http://wwwani5bekti.blogspot.com/2009_07_01_archive.

html Pemerintah mulai menyadari, untuk melawan terorisme di Indonesia, tidak selalu harus menggunakan kekerasan. Perlu diupayakan cara-cara yang persuasif. Oleh karena itu, bisa dimengerti mengapa Wapres Jusuf Kalla pasca tertembaknya Doktor Azahari, mengumpulkan sejumlah pemuka agama Islam di kantornya. Para pemuka agama Islam itu diajak menyaksikan tayangan VCD berisi pengakuan para teroris yang melakukan pemboman di Bali pada tanggal 1 Oktober 2005 lalu.

Selanjutnya, para pemuka agama itu diamanahi tugas untuk mensosialisasikan makna jihad yang sebenarnya, terutama kepada kalangan pesantren, dengan maksud agar para santri tidak terpengaruh oleh pemahaman jihad versi teroris. Selain itu, pemerintah melalui Menteri Agama telah membentuk Tim Penanggulangan Terorisme yang diketuai oleh KH Ma’ruf Amin. Juga, dibentuk kelompok kerja yang tugasnya antara lain menyensor buku-buku yang berisi seruan jihad yang tidak benar. Kita berharap para pemuka Islam itu berhasil mengemban tugas menasihati para teroris dan calon teroris. Kalau toh ada yang meragukan keberhasilan upaya ini, penyebabnya adalah sikap para pemuka agama Islam itu yang terkesan tidak kritis. Baca Artikelnya Pertama, mereka sama sekali tidak menanyakan asal-usul tayangan VCD yang konon ditemukan di Vila Nova. Padahal, ketika itu tidak hanya tubuh Arman yang hancur, tetapi juga bangunan yang mereka tinggali runtuh. Tentu merupakan suatu ‘keajaiban’ bila keberadaan kepingan VCD itu dalam keadaan utuh. Kedua, tidak ada upaya dari para tokoh agama (Islam) itu untuk melakukan uji-sahih terhadap VCD tersebut, misalnya dengan meminta pakar telematika Roy Suryo membedah segala sesuatu yang berkenaan dengan VCD tersebut: kapan dibuatnya, menggunakan handycam jenis apa, adakah rekayasa atau tidak?

24/07/2009

1

17/03/2011

http://wwwani5bekti.blogspot.com/2009_07_01_archive.html Sebab, bukan tidak mustahil, sesuatu yang aslinya tidak begitu menyeramkan akan menjadi sangat menyeramkan setelah melalui proses editing (potong dan sambung), sebagaimana lazim dilakukan para pekerja film. Semua orang yakin, sosialisasi pemahaman jihad yang benar kepada masyarakat awam akan sangat berhasil, karena pada dasarnya orang awam memang takut mati, dan pasti menolak bila disuruh melakukan bom bunuh diri. Sedangkan bila sosialisasi itu ditujukan kepada para calon teroris yang sudah kontrak mati dan berani mati, rasanya belum tentu berhasil. Apalagi, bila para pemuka Islam yang ditugaskan itu tergolong gatek (gagap teknologi), sedangkan para calon terorisnya akrab dengan dunia TI (Teknologi Informasi). Pasti hanya akan jadi bahan tertawaan. Selain gatek para pemuka tadi cenderung tampil bak saudagar (pengusaha) atau bagaikan seorang pejabat (birokrat), lihatlah cara mereka berbusana, selalu naik mobil yang dikendarai supir, dan setiap bulannya menerima ‘honor’ yang lumayan. Bandingkan dengan para teroris yang tampil qana’ah, bersahaja, dan memilih jadi teroris bukan karena kesulitan ekonomi, tetapi karena mereka menyadari bahwa “melawan teror dan kezaliman versi Amerika dan sekutunya tidak cukup dengan katakata (lisan), tetapi harus dengan teror juga seperti peledakan bom.” Masalahnya, mereka tidak tepat sasaran. Korban yang jatuh seringkali dari kalangan rakyat biasa dan beragama Islam juga. Kalau aksi peledakan yang mereka lakukan menimbulkan korban seperti Bush, Howard, Blair, Lee Kwan Yeuw, Liem Sioe Liong, Aburizal Bakrie, Gories Mere, Da’i Bachtiar, Tommy Winata, Yapto, Yorris, Ulil dan sebagainya, rasanya rakyat akan mendukung, paling tidak menyetujui dalam hati. Selain tidak tepat sasaran, mereka juga ‘sampai hati’ mengorbankan anak buahnya untuk melakukan bom bunuh diri, padahal hasilnya ‘amat sangat tidak memuaskan’. Bom Bali II yang mengorbankan tiga anak buahnya, ‘hanya’ menewaskan puluhan orang. Berbeda dengan Bom Bali I yang menewaskan ratusan orang (asing) tanpa mengorbankan satu pun anak buah mereka.

24/07/2009

2

17/03/2011

Energi Jihad Sebenarnya yang ditakutkan AS dan sekutunya bukanlah pemboman yang dilakukan oleh para teroris kelas teri itu. Yang penting. kita tidak usahlah ikut-ikutan mengutuk. dan komitmen yang tinggi terhadap Islam dan ummat Islam. yaitu sebagai ulama su’ (ulama jahat). para pemuka agama (ulama) tadi. Selain pasti kalah melawan teroris paus. biasanya bangga duduk di singgasana mewah dan senang dihormati orang. mereka juga dikutuki ummat Islam sendiri. bunuh diri adalah haram. Apalagi para teroris paus ini punya kekuasaan sejagad. Soal apakah mereka teroris atau mujahid. Mereka sesungguhnya adalah orang-orang yang punya keberpihakan. biar Allah saja yang memutuskan. namun jarang yang mau turun ke jalan menyejukkan hati ummat.com/2009_07_01_archive. maksud mereka adalah menjaga martabat ummat akibat diinjak-injak setan Amerika dan sekutunya. sehingga teror yang sangat besar yang mereka lakukan bersama-sama sekutunya justru disebut sebagai perjuangan. kecewa dan sebagainya. Mereka juga tak terlalu risau dengan jumlah korban yang akan atau sudah menimpa warga mereka. Soal. Teror yang dirancang Azahari adalah teror kelas ikan teri. kesadaran. Tentu saja kalah. yang 24/07/2009 17/03/2011 3 . Yang jelas. tidaklah dilandasi atau didorong oleh kekecawaan di dalam mengarungi hidup. apakah yang mereka lakukan adalah bom bunuh diri atau bom syahid. Pada kasus WTC 11 September 2001. Apalagi. Sedangkan bom ‘bunuh diri’ yang dilakukan anak buah Azahari.html Para teroris seperti Azahari. bukan karena putus asa apalagi putus cinta. biasanya didorong oleh rasa putus asa. Imam Samudra dan sebagainya. Sehingga kata-kata dan nasihatnya tidak akan diikuti.blogspot. Dengan melihat penampilan mereka yang seperti itu. namun harus menghadapi teror kelas paus. maka para teroris pun tidak percaya bahwa mereka adalah ulama pewaris Nabi. yang bisa membalikkan fakta dan opini. sudah punya penilaian sendiri terhadap orang-orang yang disebut sebagai pemuka Islam tadi. Dan bunuh diri yang haram ini. biar Allah saja yang memutuskan.http://wwwani5bekti. Padahal.

Jadi. warga Australia yang gagal menyelundupkan 4 kilogram lebih mariyuana ke Indonesia. AS dan sekutunya sudah berhasil membukukan jumlah yang lebih banyak dengan membantai warga Afghanistan dan Iraq. 24/07/2009 4 17/03/2011 . Dan yang perlu dipertanyakan lagi. Turun dari pesawat.http://wwwani5bekti. Berapa banyak ABG kita yang mereka sodomi dengan imbalan uang recehan sepuluh ribu rupiah? Berapa banyak bunga yang baru mekar mereka petik dengan imbalan sangat murah? Kita membiarkan perbuatan aniaya mereka itu demi dolar. juga diperas oleh ‘oknum’ birokrasi. Apalagi. Tidak hanya narkoba. Para TKI diperlakukan buruk di negerinya sendiri. Jika lolos. tetapi harus keluar dari bandara melalui pintu ‘khusus’ TKI. sekitar 80 lebih adalah warga Australia. adalah berapa banyak makhluk sejenis Corby yang tidak tertangkap dan berhasil meloloskan narkoba ke seluruh Indonesia. bahkan dibius untuk dirampas hartanya. mereka tidak boleh berbaur dengan warga lainnya yang justru baru pulang dari luar negeri untuk berfoya-foya (menghamburhamburkan devisa). Bahkan gedung kembar WTC yang runtuh itu. Ini belum seberapa.com/2009_07_01_archive. Sementara kita sama sekali tidak menghargai devisa yang dibawa para TKI. sebagai balasannya. demi devisa. Sebelum berangkat mereka diperas oleh calo (dan pengusaha) PJTKI. mereka pada dasarnya bisa dan telah melakukan kerusakan yang lebih dahsyat lagi. mereka juga membunuh masa depan ABG kita dengan ‘mengirimkan’ laki-laki yang mengidap pedofilia sebagai turis. Untung tertangkap. mereka juga tidak lepas dari ancaman penipuan. Pada kasus Bom Bali I. sebenarnya juga gedung lama yang usianya sudah 30 tahun. tidak hanya di Afghanistan dan di Iraq tetapi di seluruh dunia. Bandingkan dengan betapa besar potensi pembunuhan yang dilakukan oleh seorang Schapelle Corby. bahkan kemungkinan mereka justru bersyukur karena tidak perlu keluar biaya meruntuhkan gedung tua tadi. dari 200-an warga asing yang tewas.blogspot. AS (dan sekutunya) tidak rugi betul. Sesungguhnya kerusakan yang mereka buat jauh lebih dahsyat. berapa banyak generasi muda kita yang berhasil dibunuhnya.html konon menewaskan 3000 orang. pemerasan ‘oknum’ birokrat. kemudian diperlakukan buruk di negeri tempatnya bekerja. Ketika pulang membawa devisa.

Rakyat yang selama ini berjasa membangun pilar ekonomi kerakyatan jutru dimajinalkan. Bukan berarti pemerintah (orde baru) tidak punya kesadaran untuk membangun ekonomi rakyat (pribumi). Begitu pula dengan sales network-nya. Kini habis. dan mini market lainnya (kapitalis lokal). ada Carrefour dan sejenisnya (kapitalis asing). IGGI dan sebagainya. melalui Golkar. militer. kita bisa melihat energi jihad. Tapi yang mereka bina adalah teman-temannya Soeharto. Alfa. saudara-saudaranya Soeharto. anak-cucunya Soeharto berikut teman dan saudara mereka.blogspot. yang pada umumnya dijalankan oleh WNI keturunan Arab yang Muslim. Misalnya di Majalaya.html Sesungguhnya yang ditakutkan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya adalah energi jihad yang –Subhanallah– ternyata demikian besar terdapat pada anak-anak muda kita. Di sektor ekonomi. dan sebagainya. Industri tekstil kita juga pernah berjaya. identik dengan komunitas pesantren. bahkan ada Indo Grosir. teknologi. oleh bangsa kita sendiri. dihabisi oleh orde baru. Saat ini.com/2009_07_01_archive. Pemerintah sama sekali tidak membina mereka. industri batik terutama di Pekalongan dan sekitar Jawa Tengah lainnya. insya Allah mampu membuat kita menjadi bangsa yang mandiri dan punya harga diri. 24/07/2009 5 17/03/2011 . dengan peralatan modern dan dengan suntikan dana segar dari bank pemerintah. Energi jihad seperti ini kalau disalurkan ke sektor ekonomi. Indomart.http://wwwani5bekti. Kemudian dihancurkan oleh pemerintah kita sendiri. Dulu. dulu terkenal sebagai sentra industri tekstil yang kesohor hingga ke Asia Tenggara bahkan Asia. melalui ‘bantuan’ IMF. malahan membangun sistem ekonomi konglomerasi yang mematikan industri rakyat. para pemilik warung kelontong dan para pedagang di pasar tradisional harus berhadapan dengan realitas berupa banyaknya hipermarket. Begitu juga dengan industri genteng. Muncul pemain baru yang dibina orde baru (Golkar). Hal ini sudah dibangun umat Islam sejak pra kemerdekaan.

Hal ini membuat hati ummat terbakar.com/2009_07_01_archive. kalau energi jihad itu tidak bisa disalurkan ke sektor ekonomi dan sebagainya. Kehadiran mereka belum tentu menguntungkan rakyat kebanyakan. yang diuntungkan dengan isu “pri non pri” ini adalah orang-orang seperti Aburizal Bakrie dan M Jusuf Kalla. dikhawatirkan “jangan-jangan nanti mereka justru berontak untuk mendirikan negara Islam. kemudian mencari bentuk penyaluran seperti yang terjadi sekarang. jangankan punya rumah. Mereka tidak punya energi jihad. termasuk mengkhianati bangsanya sendiri.blogspot. selain tidak punya energi jihad. take home pay per bulannya saja kecil-kecil. Padahal.html Bersamaan dengan itu dihembuskan dikhotomi pri dan nonpri. Terbukti. Selama ini memang ada kekhawatiran. mereka gampang diajak berkonspirasi. gampang diajak berkhianat. Antara lain lahir istilah pengusaha pri dan nonpri.” Bila mereka dibiarkan masuk militer. Aburizal dan Jusuf Kalla punya rumah seharga ratusan miliar. sehingga lahir berbagai kasus radikal. seumpama kasus Priok dan peledakan BCA pada tahun 1984. Orang seperti inilah yang disenangi AS dan sekutunya. dan sebagainya. hingga kini. “jangan-jangan keuntungannya digunakan untuk mengongkosi pendirian negara Islam.http://wwwani5bekti. Mereka diposisikan sebagai pengusaha pribumi yang perlu dibina dan dibesarkan bisnisnya. tapi lihatlah kesejahteraan karyawan mereka. Padahal. mereka hanya mampu merumuskan kebijakan yang merugikan rakyat pribumi. siapa yang mau disalahkan? Diposkan oleh anis di 21:55 0 komentar Link ke posting ini radikalisme 24/07/2009 6 17/03/2011 . ketika para saudagar karbitan anak papi ini memimpin negeri. mereka hanya dijadikan mesin uang bagi kepentingan politik Golkar.” Lantas. bila orang-orang yang punya energi jihad ini dibina dan dikembangkan kegiatan eknominya.

“Siapa pun perlu menyadari bahwa sebutan teroris memang tidak terkait dengan ajaran suatu agama. dan melihat persoalan sampai ke akar-akarnya. Dalam hal ini Frans Magnis Suseno (Jawa Pos. 2002:1) menyatakan. Menurut Ermaya (2004:1) radikalisme adalah paham atau aliran radikal dalam kehidupan politik. dan sosial yang sedang berlaku.html Radikalisme agama menjadi pembicaraan yang tidak pernah berhenti selama satu dekade ini। Bentuk-bentuk radikalisme yang berujung pada anarkisme. Adanya pertentangan yang tajam itu menyebabkan konsep radikalisme selalu dikaitkan dengan sikap dan tindakan yang radikal. antara lain.http://wwwani5bekti. Ada beberapa sebab yang memunculkan radikalisme dalam bidang agama. Istilah radikalisme berasal dari radix yang berarti akar. Ada juga menyatakan bahwa radikalisme adalah suatu paham liberalisme yang sangat maju (Far Advanced Liberalism) dan ada pula yang menginterpretasikan radikalisme sama dengan ekstremisme /fundamentalisme. radikalisme berhubungan dengan cita-cita yang diperjuangkan. dan pengertian ini dekat dengan fundamental yang berarti dasar.blogspot. tetapi menyangkut prilaku keras oleh person atau kelompok. berhubungan dengan cita-cita yang diperjuangkan. politis. (1) pemahaman yang keliru atau sempit tentang ajaran agama yang dianutnya. dan kembali ke azas atau dasar dari suatu ajaran. Demikian juga halnya dengan fundamentalisme. Karena itu. Pendeta Djaka Sutapa (2004:1) menyatakan bahwa radikalisme agama merupakan suatu gerakan dalam agama yang berupaya untuk merombak secara total suatu tatanan sosial /tatanan politis yang ada dengan menggemakan kekerasan. Secara umum dan dalam ilmu politik. Radikal merupakan perubahan secara mendasar dan prinsip. kekerasan dan bahkan terorisme memberi stigma kepada agama-agama yang dipeluk oleh terorisme. tetapi secara essensial adanya pertentangan yang tajam antara nilai-nilai yang diperjuangkan oleh kelompok agama tertentu di satu pihak dengan tatanan nilai yang berlaku saat itu. dan mendasar tanpa memperhitungkan adanya peraturan-peraturan /ketentuan-ketentuan konstitusional. Dengan demikian. radikalisme berarti suatu konsep atau semangat yang berupaya mengadakan perubahan kehidupan politik secara menyeluruh. cap teroris hanya bisa terhapus dengan prilaku nyata yang penuh toleran”.com/2009_07_01_archive. Terminologi “radikalisme” memang dapat saja beragam. (2) 24/07/2009 7 17/03/2011 . yang kemudian dikonotasikan dengan kekerasan secara fisik.

Di dalam Hindu munculnya radikalisme tampak sebagai respon ketika Mogul Emperor menaklukkan India.html ketidak adilan sosial. Dr.com/2009_07_01_archive.blogspot. masih terdapat faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan kelompok-kelompok radikal. misalnya kesenjangan ekonomi dan ketidakmampuan sebagian anggota masyarakat untuk memahami perubahan yang demikian cepat terjadi. Afif Muhammad.http://wwwani5bekti. Rashtriya Svayam Sevak (RSS) dan sebagainya. karena mentasbihkan mereka yang termarginalisasi (kaum Paria yang menurut Mahatma Gandhi disebut Harijan/pengikut atau putra-putra Tuhan) dan sudah pernah beralih agama kembali menjadi Hindu dan bagi mereka yang mau mempelajari kitab suci Veda dan melaksanakan ritual Veda (seperti Agnihotra) diinisiasi menjadi Brahmana (dengan memberi kalungan benang Upavita). (3) kemiskinan. Respon itu antara lain dalam gerakan radikal adalah munculnya Bajrangdal. (4) dendam politik dengan menjadikan ajaran agama sebagai satu motivasi untuk membenarkan tindakannya. di samping juga ketika penjajahan Inggris menguasai India yang diikuti oleh konversi dari Hindu ke Kristen yang dilakukan oleh para misionaris saat itu. Pembagian masyarakat profesional (anatomi masyarakat) ini sifatnya abadi dan tidak berdasarkan kelahiran atau diwariskan secara turun temurun. Di samping faktor tersebut. MA (2004:25) menyatakan bahwa munculnya kelompok-kelompok radikal (dalam Islam) akibat perkembangan sosio-politik yang membuat termarginalisasi. Prof. dan selanjutnya mengalami kekecewaan. Svami Dayananda Sarasvati melakukan terobosan dengan mengembalikan kepada ajaran suci Veda tentang penggolongan masyarakat atas tugas dan kewajibannya yang disebut varna (pilihan profesi) dan bukan istilah kasta sebagai bentuk penyimpangan varna tersebut. Radikalisme agama terjadi pada semua agama yang ada. Svami Dayananda Sarasvati di kalangan umat Hindu dipahami juga sebagai seorang yang radikal. melainkan atas dasar bakat (guna) dan pekerjaannya (karma). 24/07/2009 17/03/2011 8 . sesuai dengan karakter pemimpinnya muncul usaha untuk mengantisipasi gerakan konversi dengan lahirnya organisasi keagamaan yang satu di antaranya populer sampai saat ini adalah Arya Samaj (himpunan masyarakat mulia) yang didirikan oleh Svami Dayananda Sarasvati (1875) dengan pengikutnya yang tersebar di seluruh pelosok India. dan (5) kesenjangan sosial atau irihati atas keberhasilan orang lain. tetapi perkembangan sosial-politik tersebut bukan satu-satunya faktor. H. Di samping gerakan yang bersifat radikal.

demikian pula ditembaknya Indira Gandhi oleh pasukan pengawalnya dari pengikut Sikh.2004:22) sebagai berikut.Kata ‘teroris’ (pelaku) dan ‘terorisme’ (aksi) berasal dari bahasa Latin ‘terrere’ yang berarti membuat gemetar atau menggetarkan. et. Seperti telah disebutkan di atas. Dilema Gandhi sama dengan dilema Yudhisthira. namun santun dalam tindakan yang pemahamannya terhadap agama Hindu sangat mendalam dan mampu merealisasikannya.html Tindakan Svami Dayananda Sarasvati ini ditentang oleh kelompok ortodok yang hanya berpegangan kepada tradisi dan bertentangan dengan kitab suci. tiga hari setelah bom Bali 1 (Wahid. tetapi juga umat manusia di seluruh dunia. 24/07/2009 17/03/2011 9 . yakni terbunuhnya Mahatma Gandhi yang ditembak oleh orang dari kelompok Rashtriya Sevayam Sevak (RSS). Kata ‘teror’ juga berarti bisa menimbulkan kengerian. Tokoh-tokoh lainnya sebagai pembaharu Hindu adalah Aurobindo. yakni seorang yang sangat radikal dalam tata pikir. Walaupun demikian. Zaehner (1993:206) mempersamakan Gandhi dengan Yudhisthira. Radikalismenya Svami Dayananda Sarasvati tidak sampai berbentuk anarkis.http://wwwani5bekti. Tokoh radikal lainnya adalah Mahatma Gandhi.. Pengertian atau batasan tentang teror dan teroris diuraikan di dalam surat kabar Kompas 15 Oktober 2002. walaupun motivasinya tidak murni dan bahkan tidak terkait dengan ajaran agama Hindu. beberapa pembaharu Hindu dipandang juga sebagai seorang radikal dalam arti radikal dalam tata pikir dan lembut dalam tata laku.blogspot. Bahkan R.C. apalagi sampai mengarah kepada perbuatan teroris.al.com/2009_07_01_archive. Pada dasarnya istilah ‘terorisme’ merupakan sebuah konsep yang memiliki konotasi yang sangat sensitif karena terorisme menyebabkan terjadinya pembunuhan dan penyengsaraan terhadap orang-orang yang tidak berdosa. Tentu saja kengerian di hati dan dalam pikiran korbannya. Mahatma Gandhi sangat menekankan Ahimsa (nir kekerasan). radikalisme yang berujung pada anarkisme dan terorisme terjadi juga di kalangan umat Hindu di India. Vivekananda dan lain-lain yang memberi pencerahan tidak hanya kepada umat Hindu. dan terakhir terbunuhnya Rajiv Gandhi melalui bom bunuh diri yang diduga dari kelompok Tamil Eelam menunjukkan terorisme terjadi juga di kalangan umat Hindu.

teknologi. Ahimsa dan Serangan Teroris (2005: 52) menyatakan. nyawa. seorang pejuang besar untuk bertempur. dalam tulisannya Bagaimana Hindu Menjawab Terorisme? Yoga. Sementara beberapa orang akan mengatakan bahwa peperangan luar ini (peperangan jasmani.html Lebih jauh di dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dinyatakan bahwa. fasilitas umum. sehingga terjadi kehancuran terhadap objek-objek vital yang strategis. kebudayaan. sadhu. harta benda. atau fasilitas internasional. Yang kedua adalah Ahimsa sebagai salah satu prinsip politik. diajarkan di medan pertempuran. David Frawley) seorang intelektual Hindu yang bermukim di Amerika Serikat. perekonomian. Pandit Vamadeva Shastri (ketika belum diinisiasi bernama Dr. yang diikuti oleh para yogi. Ahimsa dari para pejuang atau Ksatriya. Terorisme adalah perbuatan melawan hukum secara sistematis dengan maksud untuk menghancurkan kedaulatan bangsa dan negara dengan membahayakan bagi badan. dan sannyasi yang meliputi non kekerasan pada semua level.http://wwwani5bekti. moral. yang diijinkan untuk 17/03/2011 melawan kekuatan10 . selama perang saudara. yang diikuti oleh mereka yang 24/07/2009 memerintah dan melindungi masyarakat.Yang pertama adalah Ahimsa sebagai satu prinsip spiritual. outer battle) adalah sebuah metaphora bagi satu perjuangan di dalam (pergulatan batin). kebutuhan pokok rakyat. pendidikan. bikhu.blogspot. yang benar bahwa peperangan luar juga sungguh-sungguh terjadi adalah jelas dan banyak catatan bukti-bukti sejarah India Kuno. dan kemerdekaan orang atau menimbulkan kerusakan umum atau suasana teror atau rasa takut terhadap orang secara meluas. Jalan Ksatriya sebagaimana diamanatkan di dalam kitab suci Bhagavagita yang mengajarkan aspek spiritual dari Yoga secara sangat rinci. Terorisme di Indonesia sering dan selalu mengatas namakan agama seperti pengakuan pelaku bom Bali 1 dan 2 yang sudah sangat banyak memakan korban yang memilukan semua orang. Mengapa Krishna mendorong Arjuna untuk bertempur? Ada dua hal yang utama dari Ahimsa di dalam tradisi Yoga. perindustrian. sang mahaguru Yoga mendorong muridnya Arjuna. sekali pun Arjuna enggan dan ingin mengikuti jalan non kekerasan.com/2009_07_01_archive. Krishna.

Begini. Ia anggota 24/07/2009 17/03/2011 11 . Ia gagal mengambil kesimpulan atas sebuah rangkaian premis yang sederhana. sementara sebuah jawaban keras kepada terorisme mungkin perlu dalam jangka pendek. tetapi kemiskinan. Lebih jauh Pandit Vamadeva Shastri (2005:54) menambahkan. kekurangan pendidikan. Jawa Barat.com/2009_07_01_archive. satu reorientasi dharma yang lebih besar dari masyarakat kita adalah satu-satunya solusi jangka panjang. termasuk melindungi orang-orang spiritual yang sering tidak dapat membela diri mereka sendiri dan menjadi target manusia keduniawian.blogspot. Tapi. Mengapa menyedihkan? Ia jelas-jelas gagal menggunakan logika yang paling ringan. Itu berarti menyelesaikan masalahmasalah global yang lebih besar yang meliputi tidak hanya terorisme dan fundamentalisme agama. tetapi mengadopsi satu cara hidup yang lebih bertanggung jawab dan kembali kepada kepada satu keselarasan yang lebih besar dengan alam maupun kemanusiaan. kelebihan penduduk. ia tak menunjukkan kapasitas yang tepat untuk pangkat dan jabatannya. penghancuran lingkungan alam. pesantren adalah sumber terorisme. Ia tersangka kasus terorisme. tentang pesantren. kira-kira. Diposkan oleh anis di 21:34 0 komentar Link ke posting ini terorisme Dari Mana Asal Teroris? Sedih rasanya mendengar cara berpikir seorang kepala polisi di Cimahi. jelas. Ia berpangkat perwira menengah. Hal ini merupakan tradisi India yang sangat tua. Maka. Krishna menganjurkan Ksatriya Ahimsa ini kepada Arjuna bagi kepentingan generasi yang akan datang.http://wwwani5bekti. pikiran dia: Di Indonesia ada beberapa teroris. Luar biasa. Ia dengan gagah hendak mengambil sidik jari para santri dan pengasuh pondok pesantren di wilayah kerjanya.html kekuatan jahat di dunia ini. Beberapa di antara mereka ternyata berpendidikan pesantren. Saya tak bisa membayangkan kalau silogisme sesat semacam itu diterapkan pada kasus seorang brigadir prajurit kepala di Maluku Tengah. Ini mensyaratkan tidak hanya mengalahkan teroris. Ia beralasan langkah itu untuk mempermudah penanganan jaringan terorisme. seperti Rishi Visvamitra yang mengajar Rama dan Laksamana untuk menghancurkan kekuatan-kekuatan jahat yang mengganggu dan membunuh orangorang spiritual.

Inilah yang dikenal masyarakat sebagai wawasan. Dengan modal itulah kita bisa menangkap kebenaran informasi. Kita bisa merasakan kejanggalannya kalau kita mengenali fenomenanya. Jika kita hanya mengetahui bahwa desa itu pernah didatangi sejumlah teroris. atau menjadi entrepreneur. memberi penilaian secara tepat. Seseorang dengan wawasan luas akan mengenali dunia kehidupan. Apakah universitas di Inggris adalah sumber terorisme? Tentu bukan. maka ia takkan gegabah merancang gerakan mengumpulkan sidik jari para santri dan pejabat negara tak gegabah pula melindungi tindakannya. Kita tidak mengenalinya karena struktur persoalannya memang rumit. atau xenophobia.html Polri. jika kita tahu bahwa latihan perang itu berlangsung saat desa itu kerap menjadi sasaran serangan kelompok lain. Mereka adalah orang-orang yang harus diberi tahu bahwa Dr Azahari Husin adalah lulusan sekolah sains yang sekuler di Inggris. Tapi. Kita akhirnya kerap secara perlahan masuk dalam sebuah pemikiran yang sebenarnya merupakan bagian dari konflik itu.blogspot. Termasuk Wakil Presiden. Anda yang di pesantren tentu tahu tidak ada pelajaran tentang dasar-dasar terorisme. dengan lebih lengkap dan benar.http://wwwani5bekti. kebencian. Maka. Apakah orang yang berkacamata dan berkumis seperti Azahari adalah teroris? Tentu bukan! Dalam bayangan saya. bukan pesantren di kota kecil macam Cimahi. kunci mengenali persoalan adalah dengan membuka seluas mungkin perspektif tentang suatu fenomena. Katakanlah tentang latihan perang di sebuah desa di Maluku. Arus kecenderungan global muncul dalam bentuk yang samar dan tidak kita sadari benar. dan bertindak secara benar.com/2009_07_01_archive. maka kita akan memahami latihan itu sebagai sebuah upaya bertahan pada situasi perang. bisa jadi jumlahnya kian banyak.. bisa jadi kita akan mengatakan desa itu tempat latihan teroris. bukan cuma sang kapolres yang punya cara berpikir seperti itu.. Para santri di Gontor akan bercerita bahwa di pesantren mereka belajar agama sekuat belajar membuat koran. Bagaimanapun. Apakah iklim Malaysia negeri asal Azahari merangsang kelahiran teroris? Tentu bukan. bahkan dunia yang tak pernah ia jalani secara langsung. Andai sang kapolres mengenali fenomena itu. Jadi. 24/07/2009 17/03/2011 12 . Sebagian dari kita. ini adalah bagian dari sebuah situasi konflik dunia. (maaf. menjadi penyiar radio. Saya sedih tapi berat untuk marah. pun mulai berpikir-pikir ke arah itu. Polri adalah. saya tak kuasa meneruskan jalan pikiran yang sesat ini).

Radikal bukanlah istilah yang buruk. penemu besar. belum tentu kita sendirian. Meski belakangan bercitra buruk. Di sini sebenarnya sisi radikal menjadi penolong. Kita hanya perlu menjaga keradikalan itu agar tidak larut sebagai isme yang dogmatis dan kaku. Sebagian menyebut sikap ini sebagai `'perlawanan orang tertindas''. namun kita kokoh bagai karang meski ombak menghantam. Ia adalah modal sikap kritis untuk tidak berpikir atau bertindak linear.kalyara@yahoo. Untuk itu kita perlu menyegarkan kembali ingatan tentang situasi Afghanistan saat dijajah Uni Sovyet dan umat Islam dari berbagai penjuru dunia dengan sukarela membantu rakyat Afghanistan untuk merebut kedaulatan.com/2009_07_01_archive.html Berikut ini beberapa teknik brainwashing yang biasa dilakukan Testimoni 20/07/2009 23/03/2011 13 . Dengan radikal. sikap radikal akan membantu kita menghadapi dunia yang kian sulit terbaca. dan pemecah rekor dunia.blogspot. Sikap radikal adalah modal untuk kreativitas. alias hanyut dalam ekstremitas.com (Arys Hilman ) 24/07/2009 17/03/2011 http://wwwani5bekti. Mereka justru mungkin akan menjadi pahlawan bangsa. Santri yang radikal bukanlah calon teroris. Kita yang kesepian cenderung menjadi konformis. karena orang yang sependapat dengan kita sebenarnya banyak. Sepanjang tidak melampaui proporsi.html Kecermatan konteks ini pula yang sekarang mengendor saat mendapat informasi terusmenerus bahwa para teroris adalah alumni Afghanistan. Kita juga cenderung tak berdaya jika merasa kian banyak di sekeliling kita yang punya pendapat tertentu.com/2009_07_01_archive. Inilah sisi yang dimiliki semua kalangan. Padahal.blogspot. namun diam. ia sebenarnya netral. seperti halnya mahasiswa jurusan teknik atau olahragawan yang radikal. Ia harus tetap kreatif.http://wwwani5bekti. sebagian lagi menyebutnya sebagai `'perlawanan dalam kepatuhan''. namun tak semua menggunakannya. Kita terkadang hanyut saat menerima informasi tertentu secara konsisten dan terus-menerus. kita mungkin tetap berada dalam lingkaran diam. Apakah mempertahankan kedaulatan bangsa merupakan ladang terorisme? Tentu tidak.

suatu.semangat.dan..mabuk atau yang lainnya.html Tujuan dari teknik ini adalah membentuk spirit komunitas yang pada akhirnya bisa mendorong individu yang ikut di dalamnya. Salah satu contohnya adalah teknik yang biasa dipakai dalam pemilu… 20/07/2009 14 23/03/2011 .dan nada suara tertentu bisa mempengaruhi seseorang sehingga dia merasa ngantuk. Permainan Suara biasanya teknik ini digunakan oleh hypnosis.takut.juri.perasaan.mempengaruhi.jadi idenya adalah bagaimana caranya menyibukan otak kiri sehingga kita bisa mengakses bagian otak.lhoo… Teknik persuasive sebetulnya teknik ini tidak bisa benar2 disebut teknik brainwashing .menanamkan.blogspot. Tekniknya banyak sekali dan beragam.http://wwwani5bekti. Setelah sejumlah cerita mengalir dan didengar. Teknik ini biasanya dilakukan oleh grupgrup tertentu semisal grup penyembuhan ketergantungan narkoba.Keadaan ini memberikan manipulasi psikologis pada semua peserta. Biasanya seseorang dari audiens berdiri dan menceritakan kisahnya sampai dia sembuh.bahkan seolah2 tangannya menghilang.dalam diri anggota grup tersebut akan muncul keyakinan bahwa dirinya bisa sembuh.sedangkan otak kanan kita mengolah sisi kreatif dan imajinasi.kita bisa lihat bagaimana seorang hypnosis dengan artikulasi kata tertentu.contohnya dalam sulap.kanan. Katanya . Biasanya kalimat seperti “saya dulu pemabuk berat dan sekarang berhenti” atau “saya dulu terkena kanker dan sekarang sembuh”.bersalah.Ruangan pun penuh dengan.ataupun.namun pada intinya sama yaitu bagaimana mengakses otak kanan seseorang dan menyuntikan sesuatu hal kesana.com/2009_07_01_archive.tehnik ini juga dilakukan oleh pengacara-pengacara di barat untuk.alcohol.keputusan. biasa keluar dalam pertemuannya.pikiran. Bagian otak kiri kita mengolah bagian rasio dan analisis. teknik ini lebih pada manipulasi pikiran oleh seseorang oleh individu lain.rasa.atau trauma..berhenri merokok.harapan.disana.

melihat sekeliling ruangan terus berkata “ bisa ga anda bayangkan rumah yang nyaman ini terbakar habis.namun begitu pendengarnya bisa diyakinkan akan kebenaran statement tersebut.bahkan pendengar tersebut bisa saja tidak sadar saat dia menganggukan kepalanya.Dalam.mereka berada dalam pengaruh sang politikus.. sebaliknya dalam dunia agama justru untuk merusak ALU. Contoh lainnya yang biasa dilakukan sales asuransi : dalam presentasinya biasanya dia berhenti sejenak.tersebut. dalam setiap pendidikan di-negara2 maju sekarang ini diajarkan ilmu komputer dimana lebih dulu dijelaskan hardware-nya sebagai komponen2 terpisah yang bisa menghasilkan input dan output yang ingin dicapainya.com/2009_07_01_archive. dunia periklanan dan dunia entertainment. dan begitu dia memaksa anda untuk membayangkannya ana akan lebih mudah untuk dimanipulasi untuk mengambil polis asuransinya. Itulah sebabnya. Bisa dikatakan in adalah komunikasi otak kanan.Merusak.blogspot. Misalnya dalam dunia pendidikan bertujuan untuk mempertajam ALU.Ajaran. Tehnik Brainwash itu tanpa disadari anda sebenarnya bukan Cuma digunakan dalam agama Islam saja tapi juga agama lainnya bahkan digunakan juga dalam dunia pendidikan.langkah selanjutnya adalah menyuntikan sugesti yang merupakan tujuan utama politikus. Kemudian politikus tersebut memberikan suatu statement yang bisa diperdebatkan. Otak manusia secara organic bisa di analogi-kan sebagai motherboard sebuah computer yang memiliki CPU (=Central Processing Unit) untuk menerima input dan untuk 15 20/07/2009 23/03/2011 .http://wwwani5bekti. Bukan cuma Islam.Islam. maka hasilnya juga tidak sama.?” tentu saja anda bisa! Hal terxebut merupakan salah satu ketakutan terbesar anda yang tidak disadari.dari. jihad Brainwashing.ALU.html Jika anda perhatikan pidato politikus.CPU. biasanya pada awalnya dia mengutarakan suatu statemen yang disetujui oleh pendengarnya. Namun karena beda dalam cara dan tujuannya. tapi semua agama dan ideology pada hakekatnya sama2 menggunakan tehnik brainwash untuk merusak ALU yang merupakan bagian yang penting dari semua proses berpikir baik dari otak manusia maupun dari CPU computer.

Sebaliknya brainwashing memperbesar kapasitas Memory dengan memperkecil kapasitas ALU karena bagian fungsi ALU diubah menjadi storage untuk kebutuhan fungsi Memory.blogspot. dari telinga sebagai pendengaran. Otak manusia secara analogi bisa disamakan dengan motherboard sebuah komputer yang terdiri dari CPU. dari mouse.http://wwwani5bekti. dilain pihak latihan logik akan memperbesar kapasitas ALU. Dan apabila anda memperbesar kapasitas ALU maka kapasitas Memory itu tidak mengecil bahkan bertambah besar karena karena ALU itu sendiri dalam proses fungsinya juga menjadi storage Memory.html mengeluarkan output. potong kepala. dari keyboard. dan lain2nya. dan hokum rajam di aplikasikan kepada si pelaku dalam memasukkan isi pendidikan yang diingininya itu. Demikianlah. Karena kapasitas otak itu fixed maka apabila anda memperbesar kapasitas Memory akan berakibat mengecilnya kapasitas ALU. dan juga dari berbagai reseptor sensorik lainnya yang ada diseluruh tubuh kita. kenapa hanya agama Islam dan bukan agama lainnya ??? Jawabnya karena hanya agama Islam yang menanamkan ajarannya melalui brainwashing sedangkan agama lainnya tidak menggunakan teknik brainwashing dalam mendidik agama kepada umatnya. dan segala bentuk ketakutan ancaman fisik berupa potong tangan. Demikian pula otak manusia juga bisa menerima input dari persepsi pancaindera seperti dari hidung sebagai penciuman. Namun semua proses input yang masuk kedalam sebuah CPU akan diproses dulu oleh ALU (=Arithmetic Logic Unit) sebelum selanjutnya disimpan dalam Memori untuk dikirim ke output. Akibat cara2 inilah sipelaku tidak lagi dibolehkan menggunakan bagian ALU tetapi harus merusak bagian ALU ini untuk menyimpan data2 ancaman2 itu dalam mengatasi depressinya dalam bentuk "defense mechanism". Demikianlah. Computer bisa menerima input dari berbagai media seperti dari monitor. Brainwashing itu sendiri juga merupakan bagian dari pendidikan. Bedanya dalam pendidikan ilmu pengetahuan kita mempertajam dan memperluas kapasitas kemampuan fungsi ALU. Latihan fisik akan agama Islam justru mengembangkan kapasitas otot2 menjadi besar dan kuat. juga merupakan bagian dari pelatihan otak. ALU.com/2009_07_01_archive. maka brainwashing justru merusak atau memperkecil kemampuan fungsi ALU. dari mata sebagai visual. dan Memory. Dalam brainwashing si pelaku ditekan jiwanya dalam depressi ketakutan seperti takut akan Allah. dalam dunia entertainment fungsi ALU tidak dirusak meskipun kapasitas 20/07/2009 16 23/03/2011 . takut akan hukum neraka. Lalu ada yang bertanya.

semua agama2 diluar Islam menanamkan ajarannya seperti apa yang dilakukan dunia entertainment dan dunia pendidikan yaitu tidak menggunakan stress mental sama sekali sehingga setiap pelaku tidak lagi stress ketakutan sehingga seorang Kristen boleh tidak percaya Yesus dan tetap akan diakui sebagai umat Kristen oleh dunia Kristen itu sendiri. maka teknik brainwashing dilarang. auditorial. auditorial maupun olfactorial dari Pancainderanya tidak mampu lagi membedakan antara "real" dan "imagination". Kondisi inilah yang merupakan symptom dimana penderita kehilangan kemampuan membedakan antara "realitas" dan "imagination". Dalam kasus yang lebih parah si penderita akan mengalami hallucination baik visual. Sebaliknya seorang umat Islam dianggap lingkungannya sebagai orang murtad yang tidak boleh berada dalam lingkungan Islam lagi dengan cara membunuhnya. dan "Pembunuhan2".blogspot.http://wwwani5bekti. karena ingin mengejar pengembangan ilmu pengetahuan. auditorial maupun olfactorial. Secara singkat. Namun dizaman sekarang atau dalam kemajuan dunia yang sekarang. Malapetaka akibat kepercayaan agama akan terjadi apabila kepercayaan ini keluar dari angan2. DELUSIONAL adalah suatu symptom atau kumpulan gejala dimana penderita kehilangan kemampuannya untuk membedakan "realitas" dan "imagination" 20/07/2009 17 23/03/2011 . Pada tingkat "Delusional" inilah sang penderita mampu melakukan berbagai pelanggaran2 HAM seperti "Jihad". Itulah susahnya. Islam dan Komunisme adalah ideology yang masih menggunakan teknik brainwashing dalam memaksakan ajarannya meskipun dulu2nya hampir semua ajaran agama menggunakan teknik brainwashing. Angan2 merupakan konsumsi bagian dari otak kita yang aksesnya bisa melalui persepsi pancaindera seperti visual. DELUSION merupakan penyakit akibat brainwash dimana "angan2" dipaksa untuk digerakkan atau di-"exercise" keluar menjadi realitas. Agama sebagai angan2 adalah juga sama sebagai hiburan karena semua hiburan yang kita ciptakan sekarang ini justru untuk konsumsi angan2 seperti halnya filem2 cerita dari "Snow White" hingga "Superman".html memory yang dibutuhkan bisa secara sementara memanfaatkan fungsi ALU sebagai storage sementara. sang umat menjadi rusak bagian central persepsi otaknya sehingga kemampuan visual. Akibatnya. "Pemerkosaan". banyak umat Islam menyangkal kalo saya katakan bahwa Allah dan agama Islam itu hanyalah angan2 dan harus diberlakukan sebagai angan2 dan tidak boleh keluar dari angan2 agar tidak menimbulkan malapetaka.com/2009_07_01_archive. dan olfactorial. Akibatnya.

http://wwwani5bekti. Sejumlah media baik elektronik maupun cetak terus saja menyuguhkan sajian berita tentang serangkaian peledakan bom dan pembunuhan yang berlangsung di sejumlah ruas wilayah Indonesia.obat2an.html sehingga menimbulkan response reaktive motoric normal dari "defense mechanisme". peristiwa mutakhir di Legian Kuta Bali yang telah menewaskan seratus delapan puluh empat anak manusia tak bersalah.reality". Dan terror2 yang dilakukan para pelakunya merupakan symptom dari "defense mechanism". dan juga bisa bersifat non-organic brain syndrome.diobati.dengan. yaitu: 1. 3.panas. Gangguan ini bisa berasal dari penyakit2 yang bersifat Organic Brain Syndrome.com/2009_07_01_archive.blogspot.“sarang teroris”. seperti yang dilansir The Strait Times beberapa bulan yang lalu-. 2. Hallusinasi: yaitu gangguan persepsi visual.filem. 24 Juli 2009 18 23/03/2011 . Delusional: yaitu gangguan persepsi yang persistent akibat gangguan persepsi visual. Para fanaticus Islam mengalami Delusional state akibat brainwashing hingga mengalami hal yang dinamakan "Delusional State of Non-organic Brain Syndrome" akibat terjadinya "conflict. dan olfactorial yang tidak bisa diobati. Kejahatan kemanusiaan ini seakan telah menggenapi sebutan Indonesia sebagai--meminjam bahasa Lee Kuan Yew.of. Telah santer diopinikan. islam Genta terorisme di Indonesia semakin gaduh. bahwa kelompok fundamentalis Islam Indonesia adalah induk semang yang tegak dibalik serangkaian aksi teror di Indonesia. Opini itu selanjutnya mendapatkan pembenarannya tatkala tokoh fundamentalis Islam papan atas Indonesia 20/07/2009 Jumat. Ada tiga tingkat gangguan perception yang harus bisa kita sadari. auditorial. Lihatlah. auditorial. maupun olfactorial yang tidak normal yang dialami penderita penyakit2 yang menyebabkan panas tinggi yang masih mudah.penurun. Illustrasi: yaitu merupakan gangguan persepsi visual normal pada orang yang sedang nonton.

hal mana kalau ajaran itu termuat dalam kitab suci dekat dengan skripturalisme. dengan sangat mengenaskan. kalau fundamentalisme harus dipahami sebagai akar bagi terorisme dalam Islam. bisa saja menjadi warga masyarakat yang damai dan santun. Ba`asyir yang terbaring sakit diciduk secara paksa oleh aparat kepolisian dari RS Muhamadiyah Surakarta beberapa hari lalu. Disebut musykil. adalah serangkaian aksi yang bertujuan pada upaya penebaran kepanikan. baik dalam Islam maupun yang lainnya. dan kerusakan di dalam masyarakat. apakah seorang teroris mesti juga seorang fundamentalis dalam agamanya? Dan bagaimana kita harus memposisikan Islam di tengah haru biru terorisme sekarang ini? Ke arah penjawaban pertanyaan itulah kiranya tulisan ini sedang menuju.http://wwwani5bekti. itu jelas sesuatu yang musykil. menurut Ikram Azzam (1999).blogspot. Seorang fundamentalis. tanpa perlu menjadi teroris. Bahaya Fundamentalisme-Militanisme Per definisi. Sementara terorisme. Frans Magnis-Suseno (2002) memahami fundamentalisme sebagai sebuah pandangan teologis atau penghayatan keagamaan di mana seseorang mendasarkan seluruh pandangan-pandangan dunianya. Pertanyaannya kemudian.com/2009_07_01_archive. Bagaimana tidak musykil. Mencoba bersetuju pada pengertian yang diberikan oleh dua tokoh di atas. karena kalau seorang Muslim benar-benar menjadi fundamentalis. terorisme tidak selalu identik dengan fundamentalisme.html ditangkap satu persatu. apakah seorang fundamentalis memang berpotensi menjadi seorang teroris? Sebaliknya. al-Qur`an sendiri sebagai panduan hidup secara verbatim harafiah telah lantang menyuarakan pengingkaran dan penolakan terhadap kekerasan apalagi terorisme. intimidasi. nilai-nilai hidupnya. maka seorang fundamentalis dapat memegang kuat teologi dan penghayatan agamanya. Bahkan. Oleh karena itu. mulai dari Ja’far Umar Thalib yang kemudian dilepas kembali. hingga Abu Bakar Ba`ayir. Artinya. maka ia akan mengalami kesulitan besar untuk melakukan terorisme. demikian Suseno. yang dalam operasinya bisa saja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang biasanya mengambil posisi oposan terhadap negara. 20/07/2009 23/03/2011 19 . Habib Riziq. pada ajaran eksplisit agamanya.

Islam menegaskan bahwa pembasmian suatu jenis kemungkaran tidak boleh dilakukan dengan kemungkaran pula (al-nahyu ‘an al-munkar bi ghair al-munkar). Kita tahu bahwa militansi keberagamaan Islam meniscayakan dua penyikapan secara sekaligus. Dengan demikian.html Problemnya kemudian. seorang militan akan bertindak positif bahwa kelompoknya adalah kawan dan teman seperjuangan yang harus dibela. maka perbedaan yang seharusnya menjadi sumber kekayaan dan harmoni. bahkan ketakutan dari kelompok dan umat agama-agama lain. Inilah bahaya fundamentalisme-militanisme Islam yang seringkali mengundang kewaspadaan. termasuk tujuan yang baik sekalipun. 20/07/2009 20 23/03/2011 . Tidak ada alasan etik dan moral secuilpun yang bisa membenarkan suatu tindakan kekerasan terlebih teror. Sementara. ia akan bersikap negatif dengan memandang kelompok lain sebagai musuh dan ancaman yang harus diserang. yang dilakukan oleh kelompok fundamentalis-militan ini. ke luar. Ke dalam. daftar panjang tindak kekerasan dan serangkaian teror baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri. melainkan terus berlanjut pada sikap militan dalam beragama. Lebih jauh. sekali lagi. kekawatiran. kalau ada tindakan-tindakan teror yang dilakukan oleh kelompok Islam tertentu. Islam Rahmat. melainkan karena agenda-agenda lain yang bersembunyi di balik tempurung tindakan tersebut. Lihatlah.blogspot. Pampang sejarah menyebutkan bahwa orang yang menjadi teroris “hampir selalu” diawali dengan sikap keberagamaan militan yang ghalibnya mengikatkan diri pada organisasi-organisasi agama yang militan dengan tokohnya yang militan pula. Dengan langgam seperti itu. Sebuah kaidah ushul dalam Islam menegaskan al-ghayah la tubarrir al-wasilah (tujuan tidak bisa menghalalkan segala cara).http://wwwani5bekti. sebagian kelompok fundamentalis itu memang tidak berhenti pada penghayatan teologi skripturalistiknya semata. di pangkuan kaum fundamentalis-militan ini berubah menjadi disharmoni. maka sudah pasti alasannya bukan karena ajaran etik-moral Islam.com/2009_07_01_archive. Keputusan Final Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. jelas menolak dan melarang pemakaian kekerasan demi untuk mencapai tujuan-tujuan (al-ghayat). positif dan negatif.

gerakan kelompok fundamentalis-militan Islam yang seringkali menggunakan cara-cara kekerasan dalam menjalankan tafsir agamanya adalah iklan buruk bagi Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Bahkan.com/2009_07_01_archive. Islam sudah sering dijadikan sebagai pembenar bagi tindakan penghancuran komunitas lain. Model ini yang diperankan oleh kalangan. Islam tidak boleh lagi menjadi ruang yang eksklusif-primordial. sehingga tidak boleh ada kekuatan apapun.id/page. menyeruak pula agama-agama.or.html Sekarang.Lia. memilih tetap berpegang teguh pada tradisinya berarti terjebak pada eksklusivisme pemikiran. apalagi menghancurkan eksistensinya. menistakan.http://wwwani5bekti. ada arus liberalisme Islam seayun dengan kebangkitan fundamentalisme dan puritanisme Islam. 16/04/2009 21 23/03/2011 . Gelombang pemikiran dan gerakan baru keagamaan itu tampil dengan paradigma berbeda. Islam telah cukup lama “dibajak” oleh sejumlah kelompok untuk menuai target-target politik kekuasaan. Di garda depan.radikalisme.fundamentalisme. Pasalnya. melainkan harus menjadi tenda dan payung penyungkup bagi seluruh umat manusia.nu.Eden. Sungguh. terjadi babak baru erupsi bagi kebangkitan etno-religius.php?lang=id&menu=news_view&news_id=27072 Gerak-gerik pemikiran dan gerakan Islam di negeri kita belakangan ini menarik diamati. Semenjak reformasi yang telah mengubah wajah negeri ini bergulir.blogspot. 20/07/2009 23/03/2011 http://www. Ke depan.baru. Problem mendasar yang menggelayuti umat Islam tampaknya masih saja berkutat pada problem transformasi global dan situasi lokal yang tidak menentu akibat transisi pascareformasi.dan. kelompok maupun institusi-kelembagaan. baik perseorangan.Islam. yang diperkenan untuk mengamandemen. Problem krusial inilah yang menyentakkan kesadaran mengenai cara menyikapi hidup di zaman modern ini.seperti. kita sedang membutuhkan upaya yang lebih serius ke arah pembersihan Islam dari sejarahnya yang kelam dan kelabu. Islam yang rahmatan lil ‘alamin adalah keputusan final dan tuntas.

Sembari pula. Mencairkan.Ghazali dan al-Junaidi dalam bidang tasawuf.dan.blogspot.. tidak hanya bertumpu pada pemahaman yang puritan dan antikritik. selayaknya perlu upaya progresif. Model ini. seperangkat pemikiran yang terbuka dan kritis.pijakan. Dalam mempertahankan dan mengembangkan konsep Aswaja.kosmopolitan. Sejarah telah membuktikan bahwa cara berpikir model Aswaja mampu menjadi jalan tengah dalam pergolakan pemikiran Islam kala itu yang kemudian pernah mengalami.sepatutnya.http://wwwani5bekti. Moderatisme Aswaja memang telah diletakkan secara mendasar oleh tokoh-tokoh pemikir kampiun seperti Syafi ’i. Artinya. Akan tetapi. sudah waktunya untuk 16/04/2009 22 23/03/2011 . diperagakan oleh modernisme dan liberalisme Islam.menjadi. Sejatinya. Tokoh-tokoh tersebut telah menjadi acuan utama (marji al-’ala) bagi prinsip dan tata nilai Aswaja yang telah sukses menunjukkan jalan bagaimana umat Islam harus senantiasa berada pada sikap jalan tengah. sikap Aswaja telah mencairkan dua kutub ekstrem pemikiran.. Lebih dari itu. misalnya.. yang sangat penting adalah penguatan secara kontinu sikap-sikap. Aswaja penting dalam kerangka memperkukuh kembali basis moderatisme. baik terhadap tradisi maupun modernitas.kebuntuan.moderat. antara Mu’tazilah dan Qadariyah dengan kubu Khawarij dan Jabariyah. atau al-Asy’ari dan al-Maturidi dalam bidang teologi.Pengutuban Di sinilah pentingnya mengudar kembali nilai-nilai Aswaja (ahlussunnah wal jamaah). yaitu ekstrem liberalis dan ekstrem fundamentalis. Memang ini bukan perkara mudah.com/2009_07_01_archive.toleran. serta oleh al. yakni hidup secara modern tetapi tetap berpangku pada akar tradisinya secara kuat. Aswaja merupakan metode berpikir sekaligus metode gerakan yang sangat penting bagi perumusan sikap umat Islam. Maliki. Dalam konteks kekinian. yang berimbang adalah menerima keduaduanya. merengkuh modernitas secara buta akan membuat umat Islam tercerabut dari akar tradisinya. Kala itu. Hanafi dan Hambali dalam bidang fi kih. upaya pemberdayaan pemikiran Aswaja diharapkan bisa menengahi perseteruan dua gerakan Islam kontemporer yang juga sama-sama ekstrem.mendasar.html Di sisi lain.

umat Islam tidak terjebak pada cara berpikir yang kaku dan eksklusif. Berpangkal dari prinsip-prinsip Aswaja ini pula. baik ekstrem liberal maupun radikal (tatharruf). umat Islam tidak akan mudah mengafirkan atau menyesatkan orang lain hanya karena perbedaan semisal dalam babagan ibadah (furu’iyyah) seperti soal tahlilan. 16/04/2009 23/03/2011 23 . umat Islam tidak akan gampang menuduh sesat terhadap mereka yang berseberangan yang hanya menguras energi secara sia-sia serta hanya mengulang sejarah kelam umat Islam terdahulu.http://wwwani5bekti. Aswaja akan bisa menjadi jalan tengah untuk menetralisasi dua ekstremitas pemikiran. Sikap jalan tengah ini jelas masih relevan jika dikaitkan dengan munculnya berbagai persoalan yang menderas dewasa ini. Pada masyarakat seperti inilah lahir konservativisme peradaban Islam. Dengan prinsip Aswaja. Meminjam istilah Muhammad Abid alJabiri.Islam. baik ekstrem kanan maupun kiri. Atau menukil pandangan Nashr Hamid Abu Zayd. Melalui jalan tengah inilah prinsip-prinsip pemikiran Aswaja menetaskan sikap tawassuth (moderat) dan tasamuh (toleran). Dalam ungkapan lebih tandas.html berikhtiar menjauhi sikap sakralisasi pemikiran keagamaan yang hanya akan menghasilkan eksklusivisme keberagamaan. umat Islam dapat menerima modernitas sembari tetap menghargai tradisinya secara kokoh. istighasah dan lainnya yang saat ini tengah menjadi bahan persitegangan kembali antara kelompok Salafi -Wahabi dan NU. Inilah yang dikenal dengan kaidah al muhafazhah ‘ala al qadim al shalih wa al akhdz bi al jadid al ashlah.membawa. juga tidak terjebak pada pemikiran liberalisme yang kebablasan. seperti lahirnya model keberagamaan baru yang sama-sama ekstrem. munculnya Aswaja hakikatnya merupakan respons atas perkembangan pemikiran umat Islam yang cenderung ekstrem.blogspot.com/2009_07_01_archive. sakralisasi akan melahirkan masyarakat dengan peradaban teks. yakni masyarakat yang cara berpikirnya dimulai dari teks.“tradisionalisme”. shalawatan. Seperti dipahami. yakni mempertahankan tradisi atau pemikiran lama yang baik dan mengadopsi tradisi atau pemikiran baru yang lebih baik. dan berakhir pada teks.pada. sakralisasi terhadap tradisi akan. melalui teks. Tegasnya.

baik dalam ranah sosial-politik maupun sosial-keagamaan. dan melakukan hal yang terkadang bertentangan dengan arus utama. yang lebih memihak kalangan nasionalis sekuler ketimbang umat Islam itu sendiri.blogspot.php?id=A5307_0_3_0_M Gejala radikalisme di duniaIslam bukan fenomena baru. ekonomi. ada jaminan umat Islam Indonesia akan mampu mempertahankan sikap moderat sekaligus tampil di barisan terdepan dalam turut serta menebar kedamaian dunia.cara.or. Mereka merasa aspirasinya tidak terakomodasi dengan baik karena sistem politik yang dikembangkan adalah sistem kafir. Hanya dengan itu. Di altar lain. Dia lahir dalam situasi politik.com/2009_07_01_archive.segala. 24 Juli 2009 24 23/03/2011 .(ibahiyyah). dan pendapat orang lain keliru tapi mungkin saja benar). umat Islam selalu berpegang teguh pada prinsip ra’yuna shawab yahtamil alkhata wa ra’yu ghairina khatha yahtamil alshawab (pendapat kami benar meski mungkin keliru.cmm. prinsip-prinsip Aswaja sudah seharusnya terus dikembangkan sebagai basis moderatisme umat Islam dalam berselancar meningkahi perjalanan sejarahnya dari masa ke masa. Tuntutan pembaruan dan keharusan berpijak di atas tradisi dan modernitas secara simultan saat ini kian niscaya untuk senantiasa dijadikan acuan sikap umat Islam Indonesia yang hidup di alam multikultural ini.http://wwwani5bekti.html Idealnya. penganut radikalisme cenderung merasa paling benar dalam memahami sesuatu. sistem yang ada membuat umat Islam tidak diuntungkan dan merasa diperlakukan tidak adil. akibatnya. prinsip Aswaja akan berfungsi pula menjadi rujukan dalam memagari pemahaman yang serba menghalalkan. 27/01/2011 Jumat. Kalangan ini merasa bangga karena mereka memaknainya sebagai sebuah ketaatan yang paling mendekati kesempurnaan ajaranTuhan dan pemahaman tekstual terhadap kitab suci adalah paling benar. Walhasil. Secara politik. 16/04/2009 23/03/2011 http://www. Karena itu. dan sosial-budaya yang oleh pendukung gerakan Islam radikal dianggap sangat memojokkan umat Islam.id/cmm-ind_more.

Mereka sekelompok masyarakat yang memiliki pandangan revivalis atau bisa fundamentalis. tak mengherankan jika. M Luthfi Zuhdi. Kelompok ini dari tahun ke tahun melalui berbagai jalan berusaha mengambil alih kekuasaan yang sekarang ini dikuasai oleh kelompok pertama. pengamat Islam dan Timur Tengah yang juga sebagai Dewan Pakar Pusat Kajian Timur Tengah Universitas Indonesia. Biasanya kelompok ini didukung oleh para gerakan pemikiran keislaman. Bagaimana sebaiknya dunia Islam menyikapi pernyataan Osama tersebut? 27/01/2011 25 23/03/2011 .php?id=A5307_0_3_0_M Dari kondisi demikian. Pertama. misalnya.cmm. yang sulit diwujudkan atau bisa dikatakan hampir sulit diwujudkan. Kelmpok yang terakhir inilah yang sekarang banyak melakukan serangan terbuka di beberapa negara Arab seperti Saudi dan Mesir. Kelompok ini bukan mayoritas.or. belum lama ini mengatakan bahwa terkait isu terorisme. Tim Sindikasi Media CMM mewawancarai Dr. secara umum bisa dibagi menjadi dua kelompok. Untuk mengurai persoalan ini. tapi suara mereka nampak nyaring dan memiliki militansi tinggi sehingga gerakan mereka terasa adanya bahkan terasa kuat. Apa yang diungkapkan merupakan sebuah pendapat yang idealis. sejumlah negara Arab dan juga Indonesia termasuk negara yang sesat. Tujuan yang paling akhir ini banyak didukung oleh para mantan sukarelawan atau pejuang di Afghanistan atau di Irak. Kelompok kedua adalah kelompok yang seide dengan ungkapan Osama. kelompok yang menghendaki perubahan yang nyata pada pemerintahan yang ada menuju ke sistem atau masyarakat yang lebih islami.id/cmm-ind_more. Osama tidak seide dengan mereka. terutama dari kalangan muda. dan menganggap berlebihan. yang seirama dengan perspektif para penguasa di negara-negara Arab.http://www. Tuntutan yang mereka inginkan bertingkat. Berikut petikannya: Bagaimana tanggapan dunia Arab terhadap isu tersebut? Dunia Arab menyikapi pernyataan-pernyataan Osama beragam. Osama bin Laden melalui rekaman video. mulai yang paling sederhana hingga yang paling tinggi. Kelompok ini mewakili kelompok mapan dan konservatif.

Tentu waktu juga menentukan apakah perlawanan bersenjata diperlukan atau tidak sehingga perlawanan senjata Pangeran Diponegoro pun mendapatkan momennya.id/cmm-ind_more. Bagaimana pendapat Bapak terhadap dakwah yang dilakukan dengan kekerasan seperti mengadakan pemboman? 27/01/2011 23/03/2011 26 . namun setelah itu Osama telah menjadi permainan bagi pihak-pihak yang bisa memanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu. yang bisa mengatakan bahwa Indonesia sesat atau tidak adalah bangsa Indonesia sendiri. Sulit bagi umat Islam untuk mengamati secara akurat tentang keberadaannya (kalau masih hidup). sulit dibedakan mana ucapan Osama yang benar dan yang rekayasa. memang agak sulit menggambarkan seberapa besar kekuatan kelompok ini. Untuk Masyarakat Muslim di Indonesia. atau juga sulit menilai kebenaran ucapannya. Karena di dunia Global kini. Sunan Kalijaga.or. sebagaimana yang terjadi di Amerika tahun 1999. Sebuah perbuatan yang perlu didukung sepenuhnya. karena bisa tiba-tiba muncul gerakan mereka tanpa diduga. Apakah gaya perjuangan Al Qaeda akan menguntungkan dakwah Islam ? Fenomena sosok Osama pada awalnya adalah pejuang untuk membebaskan manusia dari ketindasan. jangan mau didekte orang lain. Seberapa besar pengaruh Al Qaeda terhadap gerakan terorisme di Indonesia dan di dunia? Saya melihat jaringan kelompok Osama terputus-putus. sebagaimana yang ditempuh para dai awal. tidak ada yang dapat pastikan karena banyak kepentingan di belakang masalah Osama ini. di Afghanistan. seperti Maulana Malik Ibrahim. karena sangat sulit untuk mengurai jaringan yang bisa saja menginduk ke berbagai kelompok teror maupun kepentingan.http://www. Ekstremitas perjuangan Islam akan berpengaruh negatif bagi Dakwah Islam khususnya di Indonesia. Apakah Osama masih hidup atau sudah meninggal.php?id=A5307_0_3_0_M Masyarakat Islam. Tapi tidak bisa dijamin bahwa kejadian terorisme di banyak tempat merupakan kerja jaringan Osama.cmm. ketika melawan Belanda. bahkan melalui jalur budaya. Apalagi jika dilihat Indonesia menjadi negara Islam terbesar di Dunia telah melalui jalur damai. perlu hati-hati menyikapi ucapan Osama.

musuh jelas. Tapi untuk di negara lain. agar Islam tidak dicap sebagai teroris lagi? Perlunya saringan informasi. namun yang perlu ditegaskan adalah perlunya keadilan yang lebih ditekankan lagi. Musuhnya siapa? Orang Indonesia 87 persen Muslim. dilakukan di wilayah perang Palestina. Aiman Al Zawahiri.php?id=A5307_0_3_0_M Hamas melakukan Bom Syahadah (bom bunuh diri) dengan alasan. karena hukum Islam telah menjadi bagian hukum tetap di Indonesia. Kedewasaan dalam berdemokrasi diperlukan untuk membuahkan tatanan bernegara yang lebih baik. jika tidak dikatakan negara Islam.http://www. salah satu pengadilan perdata yang diakui di Indonesia adalah Pengadian Islam. dan memang bukan tapi juga bukan negara kafir. seperti Indonesia dua alasan tersebut tidak terpenuhi. Solusi apa yang seharusnya diterapkan agar sebagian umat tidak melakukan terorisme dalam mencapai tujuannya? Perlunya kesadaran para pelaku politik di negeri kita dan juga para pendakwah bahwa yang namanya kekerasan tidak akan menghasilkan produk yang baik. karena hanya akan menghasilkan kekerasan yang lain. yaitu bangsa Zionis Yahudi. tapi yang perlu disadari bersama adalah bahwa rakyat masing-masing negara tersebutlah yang bisa menyelesaikaan problem yang dihadapainya. sedangkan negaranya. Juga sistem perbankan di Indonesia sudah banyak yang pakai sitem Islami dan beberapa alasan lainnya. Apa himbauan Bapak terhadap saudara-saudara kita yang ‘mendukung’ cara dakwah dengan kekerasan? Mereka yang menghalalkan cara kekerasan di tanah Indonesia karena beranggapan wilayah Indonesia adalah wilayah kufur dikelola oleh sistem kufur. Bagaimana sebaiknya dunia Islam bekerjasama menghentikan. Pada awal wancara sudah saya katakan bahwa negara Indonesia telah menerapkan sebagian hukum Islam 27/01/2011 Jumat. 24 Juli 2009 27 23/03/2011 .id/cmm-ind_more. agar kesejahteraan bisa sampai ke rakyat bukan hanya terhenti pada sekelompok masyarakat saja.cmm. dan kesadaran masyarakat bahwa dunia Islam memiliki problem yang berbeda dan tantangan yang tidak sama. kalau boleh disebut gaya ‘terorisme’ Osama bin Laden. dan lain-lain.or.

dan pemerintahannya juga pemerintahan bukan kufur.php?id=A5307_0_3_0_M meski belum sepenuhnya. sehingga meskipun tidak bisa disebut sebagai negara Islam tapi bukan negara kufur.cmm. karena sebagian mereka mewakili partai Islam. atau lebih tepatnya “Negara Salam”. 27/01/2011 23/03/2011 28 .http://www.id/cmm-ind_more.or.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful