Gelombang Mekanis

Adiwarsito.wordpress.com

SUMBER-SUMBER BUNYI
GETARAN BUNYI Sehelai dawai ditegangkan dengan beban variabel. Jika dawai dipetik di tengahtengahnya, maka seluruh dawai akan bergetar membentuk setengah panjang gelombang. Gelombang yang terjadi adalah gelombang stasioner, pada bagian ujung terjadi simpul
1 dan di bagain tengah terjadi perut. jadi panjang kawat L = 2 atau = λo = 2L. Nada yang

ditimbulkan adalah nada dasar, Jika frekwensinya dilambangkan dengan fo maka : fo . λo = fo . 2L = v fo =
v 2L

Jika tepat ditengah dawai dijepit, kemudian senar digetarkan maka getaran yang terjadi dalam senar digambar sebagai berikut :

1 Senar digetarkan pada jarak 4 L dari salah satu ujung senar. Gelombang yang terjadi

menunjukkan bahwa pada seluruh panjang tali erjadi 1 gelombang. Jadi L = λ1 dan nada yang ditimbulkannya merupakan nada atas pertama., dengan frekwensi f1. Maka f1 . λ1 = f1 . L = v f1 =
v 2v = L 2L

Dawai juga dapat digetarkan sedemikian sehingga antara kedua ujungnya terdapat dua buah simpul, yaitu dengan cara pada jarak 1 panjang dawai dari salah satu ujungnya 3 dijepit dengan penumpu dan dawai digetarkan pada jarak 1 L, maka pola gelombang 6 yang terjadi dapat digambar sebagai berikut :

1 Seluruh panjang dawai akan menggetar dengan membentuk 1 2 gelombang. 1 Jadi L = 1 2 λ2 Nada yang ditimbulkan adalah nada atas kedua dengan frekwensi f2.

Jadi :
3 L = 2 λ2 atau λ2 = 2 L 3

maka F  n + 1 fn =    2L  ρ . Frekwensi nada dasar dawai berbanding terbalik dengan panjang dawai. 2 L = v 3 f2 = 3v 2L dari data di atas dapat disimpulkan : fo : f1 : f2 : . Frekwensi nada dasar dawai berbanding lurus ( berbanding senilai ) dengan akar kuadrat tegangan tali. 3.wordpress. . 2. 4. Rumus umum dari pada frekwensi nada-nada tersebut di atas adalah :  n + 1 fn =  v  2L  λn = 2L n +1 karena v adalah kecepatan rambat gelombang transversal. . A dari persamaan di atas dapat disimpulkan dalam hukum Mersenne berikut ini : 1. Frekwensi nada dasar dawai berbanding terbalik dengan akar kudrat penampang dawai. = 1 : 2 : 3 : . Frekwensi nada dasar dawai berbanding terbalik dengan akar kuadrat masa jenis bahan dawai.com f2 . . Pada nada atas ke-n terdapat ( n+2 ) simpul dan ( n+1 ) perut. .Gelombang Mekanis Adiwarsito. λ2 = f2 . . Yang disebut nada selaras (nada harmonis) atau juga dinamakan nada flageolet.

Ini berarti pipa organa bergetar dengan nada terendah yang disebut nada dasar organa. Pada pola tersebut sepanjang kolom udara dalam pipa terjadi 1 gelombang.wordpress. Kolom udara dapat beresonansi. Kenyataan ini digunakan pada alat musik yang dinamakan Organa. sehingga menyebabkan bibir B bergetar. Jadi : λ1 = L f1 .Gelombang Mekanis Adiwarsito. sehingga fo= . maka udarapun bergetar. sehingga terjadilah interferensi. Frekwensi nada dasar v 1 dilambangkan fo.com GETARAN KOLOM UDARA PIPA ORGANA TERBUKA. λ1 = f1 . Maka dalam kolom udara dalam pipa organa timbul pola gelombang longitudinal stasioner. jadi L = 2 λ o atau λ o = 2L. 2L Pada gambar (c) memperlihatkan dua simpul dan satu perut diantara kedua perut. maka tekanan udara di empat tersebut tentulah sama dan sama dengan tekanan udara luar. Jika Udara dihembuskan kuat-kuat melalui lobang A dan diarahkan ke celah C. L = v f1 = v 2v = L 2L . Karena bagian atas pipa terbuka. baik organa dengan pipa tertutup maupun pipa terbuka. demikian pula celah C. jadi tekanan di tempat tersebut timbulah perut. Gelombang getaran udara merambat ke atas dan oleh lubang sebelah atas gelombang bunyi dipantulkan ke bawah dan bertemu dengan gelombang bunyi yang datang dari bawah berikutnya. artinya dapat bergetar. dikatakan udara dalam pipa organa bergetar dengan nada atas pertama dan dilambangkan dengan f1. Dibawah ini adalah gambar penampang pipa organa terbuka. Pada gambar (b) di atas terlihat 1 simpul diantara 2 perut.

dan bunyi yang ditimbulkan merupakan nada atas kedua dilambangkan f2. λ2 = f2 . = 1 : 2 : 3 : 4 : . . .wordpress. .com Pada gambar (d) memperlihatkan 3 simpul dan dua perut di antara kedua perut. . jadi : 3 L = 2 λ2 atau λ2 = 2 L 3 f2 .Gelombang Mekanis Adiwarsito. PIPA ORGANA TERTUTUP Apabila pada ujung atas pipa organa tertutup. 2 L = v 3 f2 = 3v 2L Secara berturut-turut peristiwa di atas dapat kita amati sebagai berikut : v 2L 2v f1 = 2L 3v f2 = 2L 4v f3 = 2L f0 = ( 2 perut dan 1 simpul ) ( 3 perut dan 2 simpul ) ( 4 perut dan 2 simpul ) ( 5 perut dan 4 simpul ) Pada nada atas ke-n terdapat : ( n+2 ) perut dan ( n+1 ) simpul sehingga secara umum dapat dirumuskan sebagai :  n + 1 fn =  v  2L  λn = 2L n +1 Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa : fo : f1 : f2 : f3 : . Ungkapan tersebut dinamakan Hukum Bernoulli ke I. maka dinamakan pipa organa tertutup. yaitu : Frekwensi nada-nada yang dihasilkan oleh pipa organa terbuka berbanding sebagai bilangan asli. sehingga gelombang longitudinal stasioner yang terjadi pada bagian ujung tertutup merupakan simpul dan pada bagian ujung terbuka terjadi perut. Pada pola tersebut 1 dalam pipa organa terbuka tersebut terjadi 1 2 gelombang. .

sehingga panjang pipa = 4 panjang gelombang. Pada panjang kolom udara L terjadi 1/4 gelombang. sehinga panjang pipa = 4 panjang gelombang. λ2 = f2 . λ0 = f0. Jadi : 3 L = 4 λ 1 atau λ 1 = 4 L 3 f1 . λ1 = f1 .wordpress. 4 L = v 3 f1 = 3v 4L Pada pola ( c ) memberikan nada atas kedua dengan dengan frekwensi f2 pada panjang 5 kolom udara pipa organa tertutup terjadi 3 simpul dan 3 perut.Gelombang Mekanis Adiwarsito. Sepanjang kolom 3 udara pipa organa tertutup terjadi 2 simpul dan 2 perut. karena hanya terdapat 1 simpul dan 1 perut. Jadi : 5 L = 4 λ2 atau λ2 = 4 L 5 f2 . 4 L = v 5 . λ o = 4L f0 . Pada (a) memberikan nada dasar dengan frekwensi fo.com Gambar berikut menunjukkan berbagi pola getaran yang terjadi pada pipa organa tertutup. 4L = v f0 = v 4L Pada pola ( b ) memberikan nada atas pertama dengan Frekwensi f1. Jadi : 1 L = 2 λ o .

com f2 = 5v 4L Dari keterangan di atas dapat disimpulkan : Pada nada atas ke-n terdapat ( n+1 ) simpul dan ( n+1 ) perut. Layangan adalah interferensi dua getaran harmonis yang sama arah getarnya. Syarat : frekwensinya sama. Misalnya dua getaran A dan N berturutturut mempunyai frekwensi f1 = 4 Hz dan f2 = 6 Hz Mula-mula kedua sumber getar bergetar dengan fase sama. fo : f1 : f2 : f3 : . Setelah beberapa saat getaran B mendahului . . h = ½ v. Resonansi. INTERFERENSI 2 GELOMBANG BERFREKWENSI BERBEDA SEDIKIT MENIMBULKAN LAYANGAN . = 1 : 3 : 5 : 7 : . 3 …… resonansi ke-1  n = 1 dan seterusnya. jadi superposisi gelombang saling memperkuat atau terjadi penguatan. . tpp ( tpp = waktu pergi-pulang) 2. Kolom udara ln ln = (2n – 1) ¼ λ n mulai 1. tetapi mempunyai perbedaan frekwensi sedikit sekali. . Secara umum dirumuskan :  2n + 1 fn =  v  4L  Sehingga untuk panjang gelombangnya : λn = 4L 2n + 1 SIFAT-SIFAT GELOMBANG. Sifat ini digunakan untuk mengukur kedalaman laut.wordpress. 3. Ungkapan ini dinamakan Hukum Bernoulli ke II : Frekwensi nada pipa organa tertutup berbanding sebagai bilangan-bilangan ganjil. Pemantulan. 1. 2. Yaitu ikut bergetarnya suatu benda. .Gelombang Mekanis Adiwarsito.

Bilangan ini ternyata sama dengan selisih frekwensi antara sumber bunyi yang menimbulkannya. berarti frekwensinya lebih besar dan sebaliknya ketika bis menjauhi anda. Dari grafik di atas terlihat bahwa amplitudo dari superposisi adalah y = y 1 + y2 yang harganya bertambah besar dari nol sampai maksimum dan kemudian menjadi kecil lagi dari maksimum sampai nol.lemah. Jika untuk terjadi satu layangan diperlukan waktu 1 detik.com 1 getaran dari pada A. maka akan terdengar suara yang lebih tinggi. Peristiwa ini dinamakan Effek Doppler. karena frekwensi bunyi yang didengar berkurang.lemah . Beberapa saat kemudian B bergetar satu getaran lebih dahulu dari A.keras atau lemah . maka dalam satu detik terjadi n layangan. Akan tetapi tidaklah selalu demikian antara frekwensi sumber bunyi dengan frekwensi bunyi yang kita dengar. Jadi : δ = / f1 .keras . Yang dimaksud dengan satu layangan ialah bunyi yang terdengar keras. jadi saat ini superposisi saling 2 menghapus. maka frekwensi sumber bunyi dan frekwensi bunyi yang didengar oleh seseorang adalah sama. ternyata antara frekwensi sumber bunyi dan frekwensi bunyi yang didengar tidaklah sama.wordpress. . Akan tetapi jika antara sumber bunyi dan si pendengar ada gerak relatif. Suatu contoh misalnya ketika anda naik bis dan berpapasan dengan bis lain yang sedeang membunyikan klakson.Gelombang Mekanis Adiwarsito. maka interferensi mencapai terkuat atau terjadi penguatan dan pada saat amplitudo minimum terjadi interferensi pelemahan. Apabila antara sumber bunyi dan pendengar tidak ada gerakan relatif. bahwa frekwensi bunyi sama dengan frekwensi sumbernya. f1 dan f2 adalah frekwensi-frekwensi yang menimbulkan layangan. Berinterferensi. bunyi klakson terdengar lebih rendah. atau si pendengar bergerak mendekati sumber bunyi. atau keduanya bergerak saling mendekati atau menjauhi. artinya terjadi terjadi penguatan lagi dan seterusnya. Pada saat terjadi amplitudo maksimum. misalnya sumber bunyi bergerak mendekati si pendengar. sehingga fasenya berlawanan.f 2 / δ = jumlah layangan. seperti yang terlihat pada grafik. Interferensi ini dibuktikan dengan Pipa Qiunke. maka saat ini fase A dan B sama lagi dan terjadi superposisi saling memperkuat lagi. 4. Beda fase interferensi kuat dan lemah adalah ½ EFFEK DOPPLER Memang benar jika dikatakan.

fS adalah frekwensi yang dipancarkan oleh sumber bunyi. Intensitas bunyi di titik yang jaraknya R dari S adalah : . sedangkan rambatan gelombang adalah salah satu bentuk rambatan energi. fP = Tanda + untuk vP dipakai bila pendengar bergerak mendekati sumber bunyi. Yang dimaksud dengan intensitas bunyi ialah : Besar energi bunyi tiap satuan waktu tiap satuan luas yang datang tegak lurus. 1. Tanda + untuk vS dipakai bila sumber bunyi bergerak menjauhi pendengar. v adalah kecepatan bunyi di udara.untuk vP dipakai bila pendengar bergerak menjauhi sumber bunyi.untuk vS dipakai bila sumber bunyi bergerak mendekati penengar.Gelombang Mekanis Adiwarsito. Jika terdapat angin dengan kecepatan va dan menuju pendengar maka v menjadi (v+va) Jika angin menjauhi pendengar maka v menjadi (v-va) 2. Bila S merupakan sumber bunyi yang berdaya P watt dan energi bunyi merambat ke segala arah sama rata. Oleh Doppler dirumuskan sebagai : v ± vP .wordpress. INTENSITAS BUNYI. Tanda . vP adalah kecepatan pendengar. SETIAP GELOMBANG MERAMBATKAN ENERGI Rambatan bunyi adalah ramabatan gelombang. Tanda . Dapat dirumuskan sebagai : I = P A I = Intensitas bunyi dalam watt/m2 atau watt/cm2 A = Luas bidang bola dalam m2 atau cm2 P = Daya bunyi dalam J/det atau watt.com Jadi Effek Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekwensi bunyi yang diterima oleh pendengar (P) dari frekwensi suatu sumbner bunyi (S) apabila terjadi gerakan relatif antara P dan S. Makin besar energi bunyi yang diterima makin nyaring suara yang kita dengar. fS v ± vS fP adalah frekwensi yang didengar oleh pendengar. vS adalah kecepatan sumber bunyi.

LATIHAN SOAL LATIHAN SOAL GELOMBANG BUNYI. besarnya 10-12 watt/m2. Jarak antara puncak dan lembah yang berdekatan ternyata dari hasil pengamatannya adalah 1. 4. Sebuah batu dilempar ke tengah kolam sejauh 20 m dari tepi kolam. sehingga terjadi gelombang permukaan air yang sampai ke tepi setelah 4 detik. T I = log I I0 TI taraf intensitas bunyi dalam : Bel. maka tentukan cepat rambat gelombang pada permukaan air tersebut. Dan dalam waktu 15 detik dirambatkan . ( TI ) Intensitas bunyi terkecil yang masi merangsang pendengaran disebut harga ambang pendengaran. tentukan panjang gelombang permukaan air tersebut. Bila sebuah gabus bergerak 4 gelombang tiap detik.wordpress. Seseorang ditugaskan mengamati permukaan gelombang yang terjadi pada sebuah sungai. I adalah intensitas bunyi. Sebuah sumber getar menimbulkan gelombang transversal pada permukaan air dengan periode ¼ detik.05 meter. Io adalah harga ambang pendengaran. Intensitas bunyi terbesar yang masih dapat didengar tanpa menimbulkan rasa sakit pada telinga sebesar 1 watt/m2. Bila jarak antara dua bukit adalah 25 cm. Bila satuan TI dalam Decibel ( dB ) hubungan di atas menjadi : T I = log I I0 1 Bel = 10 dB . (Jawab : 1 m/det). (Jawab : 1. 2. Logaritma perbandingan intensitas bunyi dengan harga ambang pendengaran disebut Taraf Intensitas Bunyi. Berapa jarak antara dua rapatan ? (Jawab : 5 meter). 1.com I= I1 : I 2 = P 4π R 2 1 1 : 2 2 R1 R2 Kesimpulan : Intensitas bunyi berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.Gelombang Mekanis Adiwarsito. TARAF INTENSITAS BUNYI. 3. Suatu sumber getaran menimbulkan gelombang longitudinal dengan periode 1/286 detik dan merambat dengan kecepatan 1430 m/det.25 m).

Gelombang merambat dalam medium udara. maka tentukan frekwensinya. Seutas tali dengan penampang 1 mm2 mempunyai massa jenis 8 gram/cm3. Tentukan besar cepat rambat gelombang transversal yang merambat melalui tali tersebut. Berapa massa tali tersebut apabila gaya tegangan tali = 2 Newton ? (Jawab : 0. Dawai yang massanya 0. (Jawab : 250 Hz). apabila g = 980 cm/det2. Bila tali tersebut ditegangkan dengan gaya 8 N. c.8 m/det).000 dyne).6 m/det).4.5 newton). (Jawab : 331 m/det). Cepat rambat gelombang pada tali. 11. 8.293 Kg/m3. (Jawab : 10. tentukanlah : a. R = 8. Frekwensi yang ditimbulkannya adalah 365 Hz. Cepat rambat gelombang transversal dalam seutas tali yang panjangnya 30 meter adalah 40 m/det. tudara = 270 dan Mudara = 29 (Jawab : 1. . = 13. salah satu ujungnya diikatkan pada sebuah garpu tala yang memberikan frekwensi 250 Hz. b. 10. Gelombang merambat dalam medium air dengan cepat rambat 1450 m/det. (Jawab : 2.31 x 107. (Jawab : 2. (Jawab : 31. Massa jenis udara pada keadaan STP 1. Hitung cepat rambat gelombang transversal yang terjadi pada kawat (Jawab : 250 m/det). Tentukan cepat rambat gelombang pada tali tersebut. Berapa tegangan yang harus diberikan agar jarak antara dua simpul yang berturutan menjadi 5 cm. Bila amplitudo cukup besar.  udara = 1.25 cm). telinga orang dapat mendengar bunyi dengan frekwensi antara 20 Hz dan 20. Hitunglah modulus kenyal air. Sepotong kawat yang massanya 0. (Jawab : 147. (Jawab : 7. Pada percobaan Melde digunakan garpu tala sebagai sumber getarnya. Maka tentukan cepat rambat riak gelombang permukaan air tersebut.  1. b. 6. 109 newton/m2).com 17 puncak gelombang.25 . a. (Jawab : 2920 cm/det).38 m/det). b. Hitung kecepatan gelombang bunyi yang merambat di udara dalam keadaan STP (Tekanan dan suhu standard).5 gram dan panjangnya 50 cm mengalami tegangan 62. Tali yang dihubungkan dengannya direntangkan dengan beban 96 gram. Hitung panjang gelombang pada frekwensi-frekwensi tersebut apabila : a. Berapa tegangan tali yang harus diberikan agar tali tidak menggetar dengan empat paruhan gelombang.73 cm). 12. Bila kedua ujung kawat dijepit dan tidak terdapat simpul lagi di antara kedua ujung kawat tersebut.40. (Jawab : 8. Berat dari 1 cm tali tersebut. Cepat rambat gelombang longitudinal dalam air 1500 m/det. Apabila jarak antara dua simpul yang berturutan = 4 cm. 5.wordpress.2 gram dan panjangnya 80 cm.0375 kg). dengan massa 900 gram mengalami tegangan 220 newton.000 Hz.5 newton. Seutas tali yang panjangnya 32 meter.Gelombang Mekanis Adiwarsito. 9. 7.81 dyne). (Jawab : 2.

com 14. maka tentukan panjang pipa organa tersebut. berapa frekwensi nada dasarnya ? (Jawab : 50 Hz).34 m). 18.2 newton kemudian dawai dipetik dan memberikan nada dasar. (Jawab : 4 : 3 → Kwart). Tentukan interval yang dihasilkan. (Jawab : 0. jika konstanta Laplace kedua gas tersebut sama ? (Jawab : 90 m/det) b. 17. 21. Cepat rambat bunyi dalam zat padat adalah 1450 m/det. frekwensi nada atas pertama dan nada atas kedua. a. tentukanlah cepat rambat bunyi dalam gas hidrogen tersebut. Sepotong dawai yang panjangnya 120 cm dan sepotong dawai lain yang panjangnya 160 cm masing-masing menimbulkan nada dasar. (Jawab : 297 Hz.1. Cepat rambat bunyi dalam gas H2 pada suhu 270 C adalah 360 m/det. . Cepat rambat gelombang longitudinal dalam Helium dan Argon pada suhu 0 0 C berturut-turut adalah 970 m/det dan 310 m/det.40. Cepat rambat gelombang transversal dalam dawai (Jawab : 297 m/s) b.m2 ). 594 Hz. (Jawab : 341 m/det). Sepotong dawai tembaga dengan massa jenis 9 x 103 kg/m3 yang panjangnya 2 m dan berpenampang 10-6 m2 mendapat tegangan oleh suatu gaya sebesar 360 N. jika massa jenisnya 104 kg m-3. Pada suhu 200 C cepat rambat bunyi di udara 330 m/det. Berapa berat atom argon bila berat atom helium = 4. Ditentukan massa jenis gas hidrogen pada suhu 00 dan tekanan 1 atmosfir adalah : 9. 22. Berapa cepat rambat bunyi dalam gas O2 pada suhu yang sama. (Jawab : 2. Cepat rambat bunyi dalam gas hidrogen pada suhu 150 C = 1200 m/s. (Jawab : 1255 m/det).5 gram dan panjangnya 50 cm diberi tegangan 88. 19. 891 Hz).Gelombang Mekanis Adiwarsito. 20. Bila cepat rambat suara di udara = 340 m/s. (Jawab : 2 Hz). Tentukan cepat rambat bunyi di udara pada suhu 400 C. (Jawab : 39. 23.1010 N. jika tetapan Laplace kedua gas sama sedangkan M H 2 = 2 gram/mol dan MO 2 = 32 gram/mol. Berapa laju rambat bunyi dalam Oksigen pada suhu 1190 C. Berapa cepat rambat bunyi dalam O2 pada suhu 470 C (Jawab : 93 m/det). 15. 24. Sebuah pipa organa terbuka menghasilkan nada dasarnya dengan frekwensi 500 Hz. Tentukan frekwensi dasar dari getaran sepotong tali yang panjangnya 6 meter dan massanya 2 kg yang ditegangkan dengan gaya 192 N.wordpress.2). Tentukan modulus young zat padat. Sehelai dawai dengan massa 0. Tentukanlah : a. Jika dawai dipetik.10-5 gram/cm3 dan konstanta Laplace gas hidrogen adalah 1. (Jawab : 350 m/s). Argon dan Helium adalah gas monoatomik. Frekwensi nada dasarnya. 16.

(Jawab : 90 dB). jika banyak lubang pada lempeng sirine = 15 dan melakukan putaran 1500 rpm. Tentukan intensitas bunyi pada jarak 20 m dari pusat ledakan. . maka tentukan taraf intensitasnya. Pada jarak 2 m dari pusat ledakan intensitas bunyinya = 10-4 watt/m2. (Jawab : 9 cm). Jika dengan deret lubang yang terdalam nada tunggal yang ditimbulkan memberikan interval nada kwint. (Jawab : 300 Hz). 32. Bila dalam ruang tersebut terdapat 10 orang bayi yang menangis bersamaan dengan kekuatan yang sama. Deret lubang bagian luar = 20 buah.wordpress. (Jawab : 60 cm . a. Dawai sekarang diperpendek menjadi 48 cm dengan gaya tegangan tetap lalu dipetik bersama-sama dengan hembusan pipa organa tersebut. (Jawab : kwart). Tentukan modulus elastisnya. Bila cepat rambat bunyi pada waktu itu = 336 m/det. Cepat rambat bunyi dalam rel yang dibuat dari bahan tersebut. Dalam suatu ruang periksa di PUSKESMAS ada seorang bayi menangis dengan taraf intensitas 80 dB. Interval antara nada-nada atas pertama kedua pipa organa tersebut. (Jawab : 10-6 watt/m2). (Jawab : 555 Hz). maka hitunglah : a. massanya 24 gram. Sepotong kawat yang panjangnya 3 meter dengan luas penampang 1 mm2. Dengan diusahakan agar tegangan dawai tetap seperti semula. maka berapa banyak lubang pada deret bagian dalam ? (Jawab : 30 lubang). (Jawab : 2 x 1011 N/m2) b. Berapa layangan yang terjadi ? (Jawab : 3 Hz). 28. Pipa organa tertutup memberikan nada atas pertama yang kwint terhadap nada dasar pipa organa terbuka. Pada sirine terdapat dua deret lubang. 30. b. Bila senar dipotong 30 cm dihasilkan nada dasar baru yang kwint terhadap nada dasar semula. Sebuah petasan diledakkan di suatu tempat. Bila kawat diberi beban 10 Newton. 33. Panjang pipa organa masing-masing. maka tentukan frekwensi bunyi yang didengar oleh pengendara mobil kedua. (Jawab : 5000 m/det). 27. 60 cm). maka harus dipotong berapa senar sonometer tersebut agar dihasilkan nada dasar baru yang terts terhadap nada dasar semula. Frekwensi nada atas pertama pipa organa terbuka = 560 Hz. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s.Gelombang Mekanis Adiwarsito. Pipa organa dihembus lebih kuat sehingga dihasilkan nada atas pertamanya. Sebuah pipa organa terbuka menghasilkan nada dasar dengan frekwensi 249 cps.15 mm. Tentukan frekwensi nada tunggal yang ditimbulkan oleh sirine. maka kawat bertambah panjang 0. Sehelai dawai yang panjangnya 54 cm dengan gaya tegangannya menghasilkan nada dasar dengan frekwensi 440 cps. Sebuah mobil melaju dengan kelajuan 72 km/jam dan membunyikan klakson dengan frekwensi 480 Hz berpapasan dengan mobil lain yang berkecepatan 108 km/jam. 26.com 25. 29. 31. Dawai sebuah sonometer menghasilkan nada dasar.

com 34.625 meter. (Jawab : 340 m/s). Tabung gelombang berisi udara. (Jawab : 5.Gelombang Mekanis Adiwarsito.100 m/s) 35. Tabung Kundt digunakan untuk menghitung cepat rambat bunyi dalam baja. maka batang getar dibuat dari baja yang panjangnya 75 cm dan dijepit di bagian tengahnya. Sebuah pipa kundt mempunyai batang penggetar dari gelas yang panjangnya 0. Batang baja digetarkan longitudinal.085 meter. tentukan cepat rambat bunyi dalam batang baja. sehingga jarak antara dua simpul berturutan dari gelombang stasioner yang timbul dalam kolom udara di dalam tabung gelombang adalah 5 cm.wordpress. . Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 340 m/s. dan jika jarak antara dua simpul berturutan dalam tabung adalah 0. Cepat rambat bunyi dalam gelas sebesar 2500 m/s. Tentukan cepat rambat bunyi di udara. dijepit di tengah-tengahnya. Untuk keperluan tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful