You are on page 1of 10

TUGAS MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS NIM : 08520102 08510051 E-COMMERCE TRENDS E-Commerce telah merubah cara perusahaan melakukan

bisnis baik internal dan eksternal dengan customer mereka, suppliers dan bisnis partner yang lainnya. E-Commerce applications fokus pada tujuan penting yaitu : menarik potensial pembeli, pelayaan yang baik dan membangun loyaliti/keseriaan customer. Application dari e-commerce dalam dunia bisnis ada yang disebut B2C (Business-to-Consumer) dan B2B (Business-to-Business). B2C (Business-to-Consumer) dimulai dari Web Storefront & e-catalog merupakan shortterm projects dengan waktu implementasi dan nilai bisnis yang rendah/low. Web storefront melalui via catalog elektronik dan transaksi penjualan secara online. Dimana dalam catalog elektonik terdapat daftar produk yang dijual beserta harga produk tersebut. Kemudian ada Interactive marketing dimana interactive marketing ini menyediakan kapabilitas personalized pengalaman berbelanja untuk pelanggan atau customer. Dimana pada tahap ini pelanggan dapat melihat kapabilitas personal yang sudah ada sebelumnya, sehingga pelanggan atau customer dapat melihat personalized shopping experience. Lalu menuju ke Integrated Web Store, dimana integrated web store yang mendukung variasi dari pengalaman pelanggan/customer berbelanja. Kemudian Self-Service Web Sales, dalam self service model ini customer dapat mengatur dan memilih produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Self-Service Web Sales ini dibantu oleh configuration software dan online customer support sesuai dengan kebutuhan. Dan akan menuju ke portal dimana akan mencapai e-Business Empowerment. Sedangkan pada B2B (Business-to-Business) dimulai dari Customer Self-Service untuk mengatur kapabilitas dan extranets connecting trading partners. B2B juga menggunakan ecommerce portal yang menyediakan catalog, exchange atau pertukaran (misalnya pertukaran produk antar perusahaan), dan auction atau lelang untuk bisnis customer yang ada dalam suatu industri.

Dari kedua trends e-commerce yang ada yakni B2B dan B2C harus saling berhubungan, dan dihubungkan oleh kapabilitas e-business yaitu customer relationship management dan supply chain management. Dimana fokusnya kepada customer dan inter-networked supply chain. Dan saling bekrjasama agar dapat mencapai e-Business empowerment.

E-COMMERCE SUCCESS FACTORS Dalam menjalankan bisnis retailing di Internet, persaingan yang ada sangatlah ketat. Customer bisa mengakses berbagai situs e-commerce hanya dengan click pada mouse. Untuk mencapai kesuksesan dalam bidang e-commerce, maka perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti membangun hubungan yang baik dengan customer, dengan memberikan kepuasan kepada customer sehingga akan terbentuk loyalitas dari customer tersebut terhadap situs retailer perusahaan. Ada beberapa faktor yang penting dalam menentukan kesuksesan bisnis retailer, yaitu Selection and Value, Performance and Service, Look and Feel, Advertising and Incentives, Personal Attention, Community Relationships, dan Security and Reliability. • Selection and Value Suatu bisnis retailer harus dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan yang menarik dengan harga yang terjangkau serta berkualitas. Harga yang terjangkau dalam hal ini bukan berarti harga yang paling murah di Internet, tetapi dengan harga yang terjangkau, dapat memberikan produk yang berkualitas tinggi, serta tingkat kepuasan yang tinggi. Selain itu, situs retailer harus dapat membantu customer memilih produk yang ingin dibelinya dan kalau perlu diberikan money-back guarantee jika produk tidak memuaskan. • Performance and Service Dalam melakukan akses pada situs bisnis retailer dalam melakukan pembelian produk, customer menginginkan pemprosesan transaksi yang cepat. Situs retailer yang lambat prosesnya tidak disukai oleh customer. Oleh karena itu, situs retailer harus didesain sedemikian rupa agar mudah diakses oleh customer dalam melakukan transaksi, serta

kemampuan jaringan dari situs tersebut harus kuat agar dapat menampung sedemikian banyak transaksi yang terjadi sehingga tidak akan memperlambat situs dalam proses transaksi. • Look and Feel Situs e-commerce B2C (Business-to-Customer) harus dapat menarik customer dengan tampilan website yang menarik, misalnya adanya shopping areas, dan multimedia product catalog. Tampilan website bisa dilengkapi dengan konten-konten multimedia seperti audio dan video, serta tampilan grafis yang menarik dan membuat customer merasa nyaman. Contohnya beberapa situs menggunakan virtual shopping cart untuk produkproduk yang siap dibeli, serta virtual checkout station saat akan membayar tagihan. • Advertising and Incentives Faktor kesuksesan bisnis retailer di Internet yaitu dengan menggunakan Advertising (iklan) yang disebarkan di internet. Iklan tersebut bisa berupa banner ads, atau tampilan pada situs-situs lain, atau promosi melalui e-mail. Selain itu, ditawarkan juga incentives berupa kupon, diskon, tawaran special, serta voucher untuk berbagai Web Services. • Personal Attention Untuk menarik customer, perusahaan dapat menggunakan e-commerce software untuk merekam aktivitas yang dilakukan oleh customer pada situs retailernya. Dengan melakukan hal tersebut, maka perusahaan dapat mengetahui kesukaan atau ketertarikan akan suatu jenis produk yang mungkin berhubungan dengan hobi, pekerjaan, dsb. Dengan begitu, perusahaan dapat menawarkan produk yang spesifik dengan hobi atau pekerjaannya itu agar dapat membangun hubungan yang baik dengan customer. Ini bisa juga menggunakan formulir web mengenai profil customer. • Community Relationship Untuk membangun loyalty dan memberikan nilai tersendiri bagi customer, maka perusahaan bisa menggunakan suatu virtual community atau grup sehingga customer dapat merasa nyaman karena berada dalam suatu kumpulan komunitas yang unik dan tertarik pada suatu bidang. Komunitas ini bisa terdiri atas customer, supplier, utusan perusahaan, dll. Komunitas ini bisa berkomunikasi melalui forum, chat room, message board system, dll. • Security and Reliabiity

Suatu situs retailer yang sukses merupakan situs yang dapat memberikan kepercayaan kepada customernya akan keamanan dalam berbelanja di situs tersebut. Dengan memberikan pelayanan yang terpercaya, transaksi yang aman, produk yang dipesan sampai tepat waktu, maka akan memberikan kepercayaan kepada dipercaya sehingga dapat menambah customer baru. customer akan keamanan dalam berbelanja di situs tersebut. Dengan begitu, situs retailer tersebut akan

WEBSITE E-COMMERCE • OnSale

Website : http://store.onsale.com OnSale, Inc. merupakan salah satu bagian dari perusahaan PC Mall, Inc. didirikan pada tahun 1987. Dengan penjualan tahunan $ 1.37 milyar. OnSale menawarkan berbagai pilihan produk yaitu : Notebook, Desktop computer, Software, Aksesoris, Peripherals seperti storage devices, Monitor, Router, Berbagai produk elektronik lainnya.

Semua produk yang ditawarkan dijamin kualitasnya oleh authorized manufacturer produk tersebut. Onsale telah mencapai technical certification dengan level tertinggi serta sales authorization dari perusahaan teknologi besar seperti HP, Apple, Cisco, Microsoft, dll.

OnSale dikaitkan dengan trends of e-commerce • Web storefront Tampilan awal web store dari OnSale, menampilkan menu-menu produk yang dijual oleh OnSale dari berbagai merk. OnSale juga menyertakan search engine untuk memudahkan customer mencari produk yang diinginkannya. • Interactive Marketing OnSale memasarkan produknya dengan berbagai jenis iklan seperti hyperlink gambar yang menarik dengan informasi diskon dan sebagainya, sehingga customer akan tertarik untuk click pada gambar tersebut.

Integrated Web Store Web Store OnSale memasarkan produknya secara terintegrasi sehingga customer mudah dalam memilih produk yang diinginkannya. Produk dari OnSale dipasarkan dari berbagai merk seperti HP, Microsoft, Apple, Cisco, dll.

Self-Service Web Sales OnSale sudah menerapkan self-service untuk customer, yaitu dengan adanya menu-menu produk serta search engine untuk memudahkan customer dalam melayani kebutuhannya untuk membeli produk yang diinginkan sendiri.

B2C Portal OnSale sudah menerapkan B2C Portal dimana situs OnSale telah menerapkan aspekaspek B2C sehingga dapat memuaskan customer yang membeli produk di situs tersebut. Dengan adanya B2C Portal, maka customer dapat puas dengan pelayanan di situs tersebut sehingga dapat menguntungkan perusahaan.

E-Business Empowerment Situs OnSale yang merupakan milik OnSale, Inc dapat meningkatkan produktifitas dari e-business yang dijalankan oleh pemilik OnSale, PC Mall, Inc. Dengan adanya situs retailer OnSale, maka dapat meningkatkan penjualan produk sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan, buktinya perusahaan ini mempunyai penghasilan $1.37 per tahun.

Fogdog

Website : http://www.fogdog.com/home Fogdog Sports didirikan pada tahun 1998. Fogdog sports menyediakan peralatan olahraga seperti basketball, golf, soccer, exercise equipment, dan juga baju atau sepatu olahraga, dan lainlain. Fogdog juga menjual electronics/optics seperti GPS & navigation, camera, cellular phone & accessories, audio & video, optics, dan lainnya. • Web Storefront &e-catalog Tampilan awal web dari Fogdog, menampilkan menu-menu atau daftar barang/produk yang dijual dalam Fogdog.

Interactive Marketing Dalam interactive marketing Fogdog memberikan iklan-iklan bagi para pembeli/customer yang ingin membeli produk dari fogdog.

Integrated web Store Fogdog menyediakan produk secara terintegrasi sehingga para pembeli atau customer dapat lebih mudah dalam membeli suatu produk dari bebagai jenis merek dan kategori.

Self service web sales Dalam Fogdog, customer atau pembeli dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer yaitu dengan adanya menu-menu atau daftar barang yang tersedia maka customer dapat memilihnya sesuai keinginan.

B2C Portal Fogdog sudah menerapkan B2C portal dimana situs Fogdog telah menerapkan aspek B2C sehingga dapat memuaskan customernya yang membeli produk disitus tersebut. Dengan adanya B2C portal, maka customer dapat puas dengan pelayanan dari fogdog.

E-Business Empowerment Fogdog dapat meningkatkan produktifitas dari e-business yang dijalankan oleh fogodog. Dengan adanya situs retailer Fogdog, maka dapat meningkatkan penjualan produk sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sumber : http://store.onsale.com http://store.onsale.com/n/Company/navLinks-16 http://www.fogdog.com/home/index.jsp http://venturebeatprofiles.com/company/profile/fogdog-sports