The Hidden Business Secret

The Hidden Business Secret…

PENGANTAR (HUKUM JUAL BELI DALAM ISLAM & HARAMNYA MLM SERTA KETERKAITANNYA DENGAN THE HIDDEN BUSINESS SECRET SYSTEM)

Secret-Body.Com = Bisnis-Online-Syariah.Com

1

www.Bisnis-Online-Syariah.Com

The Hidden Business Secret

“Jangan ada yang bertransaksi di pasar kami kecuali orang yang telah paham agama.” <HR. Tirmidzi>

Tulisan berikut adalah keyakinan penulis yang diperoleh dari dalil dan nash Alquran & Assunnah dan juga tidak ketinggalan adanya FATWA ULAMA.

Jika Anda adalah non-muslim silakan untuk melangkah pada materi inti dan TIDAK HARUS untuk membaca materi ini, Bagi Anda yang muslim, Saya sangat menyarankan untuk membaca keseluruhan dari materi yang sedang Anda baca ini baru kemudian melangkah pada materi inti.

Penulis tidak akan memaksakan pemikiran, pendapat, dan keyakinan kepada pembaca, Silahkan nilai dan pertimbangkan sendiri, Nasehat penulis adalah Jangan memutuskan sesuatu dan mengambil kesimpulan dengan cara mengedepankan Nafsu dan Akal belaka karena Akal Manusia adalah terbatas, Utamakanlah untuk bersandar pada dalil yang merupakan kebenaran MUTLAK.

Penulis juga memberikan contoh kasus dari system The Hidden Business Secret yang terkait dengan poin yang ada pada materi, pembahasannya akan ditulis dengan cetak miring dan berwarna merah tua

Apakah Anda yakin bahwa bisnis online/offline yang Anda jalani saat ini sudah sesuai dengan Tuntunan Nabi? Sesuai Syariah dan Jauh dari hukum Keharaman dan Syubhat (Samar/meragukan). Jika Anda sudah Yakin dengan keHalalannya, Dapatkah Anda menyesuaikannya dengan dalil dan kaidah-kaidah Jual-Beli yang dimiliki bisnis Online Anda?

2

www.Bisnis-Online-Syariah.Com

The Hidden Business Secret

Apakah Anda juga mengetahui bahwa sebagian besar bisnis MLM adalah HARAM jika ditinjau dari kacamata Islam?

Ok… Untuk mengetahui dan memahaminya Anda harus mengetahui dan memahami Hal-hal yang akan disampaikan pada materi berikut ini. Mari kita Simak!

Diriwayatkan oleh umar bin Khattab, beliau mengatakan :

“Jangan ada yang bertransaksi di pasar kami kecuali orang yang telah paham agama.”
(Dikeluarkan oleh At-Tirmidzy dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albany)

Maksud dari ucapan ‘Umar adalah bahwa seorang pedagang muslim hendaknya mengetahui hukum-hukum syariat tentang aturan berdagang atau transaksi dan mengetahui bentukbentuk jual-beli yang terlarang dalam agama. Dangkalnya pengetahuan tentang hal ini akan menyebabkan seseorang jatuh dalam kesalahan dan dosa. Sebagaimana telah kita saksikan tersebarnya praktek riba, memakan harta manusia dengan cara yang batil, merusak harga pasaran dan sebagainya dari bentuk-bentuk kerusakan yang merugikan masyarakat, bahkan merugikan negara.

Maka pada tulisan ini, kami akan menampilkan fatwa ulama terkemuka di masa ini. Mereka yang telah di kenal dengan keilmuan, ketakwaan dan semangat dalam membimbing dan memperbaiki umat.

Demikianlah seharusnya, Kita wajib mengetahui yang manakah system transaksi, cara dan barang yang boleh diambil dan yang dibuang, mengetahui yang Halal dan yang Haram, tidak merusak transaksi jual beli yang disebabkan oleh perbuatan dusta dan kebathilan dan supaya riba tidak bisa masuk kedalam transaksi mereka dari arah yang tidak disadari. Pendek Kata, Supaya perniagaan bisa menjadi perniagaan yang Islami, benar, bersih, diterima oleh kaum muslim dan NON Muslim, jauh dari unsur perniagaan maka kita dituntut untuk memiliki ILMU yang berkaitan dengan hukum-hukum agama sehingga transaksi kita menjadi sah dan hasil yang diterima HALAL dan penuh BAROKAH

3

www.Bisnis-Online-Syariah.Com

Qiyas dan ijma’ ulama. tempat tinggal. dan karena butuhnya manusia kepada makanan yang dengannya akan menguatkan tubuh. maka akan diberikan 4 www. 1) Allah telah menjelaskan dalam kitab-Nya yang mulia demikian pula Nabi shalallahu 'alaihi wasallam dalam sunnahnya yang suci beberapa hukum muamalah. maka jika keduanya saling jujur dalam jual beli dan menerangkan keadaan barang-barangnya (dari aib dan cacat). kendaraan dan sebagainya dari berbagai kepentingan hidup serta kesempurnaanya. Dalil dari Al-Qur’an diantaranya adalah dalam Surat Al-Baqarah: 275 “Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. karena butuhnya manusia akan hal itu.Bisnis-Online-Syariah. Hukum Jual Beli Hukum asal jual beli adalah halal dan boleh sampai ada dalil yang menjelaskan keharamannya. diantaranya adalah sabda Rasulullah : “Sesungguhnya jual beli itu dengan sama-sama ridha.” Allah Ta'ala berfirman :”tidaklah dosa bagi kalian untuk mencari keutaman (rizki) dari Rabbmu” (Al Baqarah : 198. 2185 dengan sanad Shahih. Dalil kebolehannya adalah Al-Qur’an. hadits. ayat ini berkaitan dengan jual beli di musim haji) Sedangkan hadits. Ibnu Majah no.The Hidden Business Secret Hukum Jual Beli dalam Islam HUKUM JUAL BELI Pengertian Jual Beli Secara Syariat definisi terbaik menurut para Fuqaha (ahli fiqh) yaitu pertukaran kepemilikan harta dengan harta berdasarkan saling ridha melalui cara yang syar’I (Syarah Buyu’. hal. lihat Al-Irwa` 1283) Dan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda ”Dua orang yang saling berjual beli punya hak untuk saling memilih selama mereka tidak saling berpisah.Com .. demikian pula butuhnya kepada pakaian.” (HR.

5 www. Dan kadang bentuk akad terdiri dari ucapan dan perbuatan sekaligus : Berkata Syaikh Taqiyuddin Ibnu Taimiyah rahimahullah : jual beli Muathoh ada beberapa gambaran : 1. dan apabila keduanya saling berdusta dan saling menyembunyikan aibnya maka akan dicabut barokah jual beli dari keduanya” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Nasa'i. 2886) Dan para ulama telah ijma (sepakat) atas perkara (bolehnya) jual beli. demikian pula kalau harga itu dengan sesuatu tertentu seperti mengucapkan ”ambilah baju ini dengan bajumu". dan shahihkan oleh Syaikh Al Bany dalam shahih Jami no.Com . Akad Jual Beli : Akad jual beli bisa dengan bentuk perkataan maupun perbuatan :  Bentuk perkataan terdiri dari Ijab yaitu kata yang keluar dari penjual seperti ucapan ”saya jual” dan Qobul yaitu ucapan yang keluar dari pembeli dengan ucapan ”saya beli”  Bentuk perbuatan yaitu muaathoh (saling memberi) yang terdiri dari perbuatan mengambil dan memberi seperti penjual memberikan barang dagangan kepadanya (pembeli) dan (pembeli) memberikan harga yang wajar (telah ditentukan). Penjual hanya melakukan ijab lafadz saja. karena kebutuhan manusia berkaitan dengan apa yang ada pada orang lain baik berupa harga atau sesuatu yang dihargai (barang dan jasa) dan dia tidak dapat mendapatkannya kecuali dengan menggantinya dengan sesuatu yang lain.The Hidden Business Secret barokah jual beli bagi keduanya. adapun qiyas yaitu dari satu sisi bahwa kebutuhan manusia mendorong kepada perkara jual beli. maka kemudian dia mengambilnya. maka jelaslah hikmah itu menuntut dibolehkannya jual beli untuk sampai kepada tujuan yang dikehendaki.Bisnis-Online-Syariah. dan pembeli mengambilnya seperti ucapan ”ambilah baju ini dengan satu dinar”. maka kemudian diambil.

Yang beraqad memiliki penuh atas barang yang diaqadkan atau menempati posisi sebagai orang yang memiliki (mewakili). bodoh. maka tidak sah jual beli dari anak kecil. Ibnu Majah. Yang beraqad adalah orang yang diperkenankan (secara syariat) untuk melakukan transaksi.The Hidden Business Secret 2.(dihutangkan) 3. sama saja apakah harga barang tersebut sudah pasti atau dalam bentuk suatu jaminan dalam perjanjian. maka meskipun itu terpaksa maka sah jual belinya. Syarat Sah Jual Beli Sahnya suatu jual beli bila ada dua unsur pokok yaitu bagi yang beraqad dan (barang) yang diaqadi. maka sah jual belinya. ini berdasarkan pendapat sebagian dari para ulama pent) 3. Adapun syarat tersebut adalah sbb : Bagi yang beraqad : 1. hamba sahaya dengan tanpa izin tuannya. bahkan ada kebiasaan yaitu meletakkan uang (suatu harga) dan mengambil sesuatu yang telah dihargai. Keduanya tidak mengucapkan lapadz apapun. berdasarkan sabda Nabi kepada Hakim bin 6 www. Pembeli mengucapkan suatu lafadz sedang dari penjual hanya memberi. gila. dan selain keduanya). apabila salah satu dari syarat tersebut hilang atau gugur maka tidak sah jual belinya. dan Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda ”hanya saja jual beli itu terjadi dengan asas keridhan”(HR. adapun apabila keterpaksaan itu adalah perkara yang haq (dibenarkan syariah). kendaraan dsb. Adanya saling ridha keduanya (penjual dan pembeli). (catatan : jual beli yang tidak boleh anak kecil melakukannya transaksi adalah jual beli yang biasa dilakukan oleh orang dewasa seperti jual beli rumah. bukan jual beli yang sifatnya sepele seperti jual beli jajanan anak kecil. yaitu orang yang merdeka. mukallaf dan orang yang sehat akalnya. Ibnu Hiban.Bisnis-Online-Syariah. 2. Sebagaimana seandainya seorang hakim memaksa seseorang untuk menjual barangnya guna membayar hutangnya.Com . tidak sah bagi suatu jual beli apabila salah satu dari keduanya ada unsur terpaksa tanpa haq (sesuatu yang diperbolehkan) berdasarkan firman Allah Ta'ala ”kecuali jika jual beli yang saling ridha diantara kalian”.

mengharamkan babi dan harganya". Dalam riwayat Abu Dawud dikatakan ”mengharamkan khomer dan harganya. maka tidak sah jual belinya. maka beliau berkata. “tidak karena sesungguhnya itu adalah haram"  Yang diaqadi baik berupa harga atau sesuatu yang dihargai mampu untuk didapatkan (dikuasai). mengharamkan bangkai dan harganya. atau tidak mampu untuk mengambilnya dari pencuri karena yang menguasai barang curian adalah pencurinya sendiri 7 www. maka jual beli ini bathil Bagi (Barang) yang diaqadi  Barang tersebut adalah sesuatu yang boleh diambil manfaatnya secara mutlaq. sesungguhnya lemak itu dipakai untuk memoles perahu. maka tidak sah menjual sesuatu yang diharamkan mengambil manfaatnya seperti khomer. dan seekor burung yang terbang di udara.The Hidden Business Secret Hazam ”Janganlah kau jual apa yang bukan milikmu” (diriwayatkan oleh Ibnu Majah. bangkai berdasarkan sabda Nabi shalallahu 'alaihi wasallam ”Sesungguhnya Allah mengharamkan menjual bangkai. dan di dalam hadits mutafaq alaihi: disebutkan ”bagaimana pendapat engkau tentang lemak bangkai. khomer.Bisnis-Online-Syariah. dan tidak sah juga membeli barang curian dari orang yang bukan pencurinya. berdasarkan sabda Nabi ”Sesungguhnya Allah jika mengharamkan sesuatu (barang) mengharamkan juga harganya". dan patung” (Mutafaq alaihi). Tidak sah pula menjual minyak najis atau yang terkena najis. seperti tidak sah membeli seorang hamba yang melarikan diri. meminyaki (menyamak kulit) dan untuk dijadikan penerangan".Com . seekor unta yang kabur. Artinya jangan engkau menjual seseuatu yang tidak ada dalam kepemilikanmu. Berkata Al Wazir Ibnu Mughirah Mereka (para ulama) telah sepakat bahwa tidak boleh menjual sesuatu yang bukan miliknya. alat-alat musik. kemudian setelah dijual dia beli barang yang lain lagi (yang semisal) dan diberikan kepada pemiliknya. karena sesuatu yang tidak dapat didapatkan (dikuasai) menyerupai sesuatu yang tidak ada. Tirmidzi dan dishahihkan olehnya). dan tidak juga dalam kekuasaannya.

karena ketidaktahuan terhadap barang tersebut merupakan suatu bentuk penipuan. maka apabila mengenai suatu baju. atau dia melihatnya akan tetapi dia tidak mengetahui (hakikat) nya. sedangkan penipuan terlarang. Khiyar (memilih) dalam Jual Beli Oleh Syaikh Shalih bin Fauzan Abdullah Alu Fauzan Sesungguhnya agama Islam adalah agama yang penuh kemudahan dan syamil (menyeluruh) meliputi segenap aspek kehidupan. Dan tidak sah juga membeli sesuatu yang hanya sebab menyentuh seperti mengatakan ”pakaian mana yang telah engkau pegang. Dan tidak sah menjual dengan mengundi (dengan krikil) seperti ucapan ”lemparkan (kerikil) undian ini.Bisnis-Online-Syariah. selalu memperhatikan berbagai maslahat dan keadaan. 8 www. keterkaitan yang lainnya sudah jelas. maka tidak sah membeli sesuatu yang dia tidak melihatnya. maka bagimu harganya adalah sekian” Sumber : Mulakhos Fiqhy Syaikh Sholeh bin Fauzan AL Fauzan Penerbit Dar Ibnul Jauzi Saudi Arabia Keterkaitan : Pada website secret-body. Hal ini berdasarkan hadits Abu Hurairah radiallahu anhu bahwa Nabi shalallahu 'alaihi wasallam melarang jual beli dengan hasil memegang dan melempar (mutafaq alaihi). susu dalam kantongnya. Tidak ada unsur paksaan dan produk yang dijual jelas yaitu paket system berupa informasi dan jasa yang bisa diambil manfaatnya. Dengan demikian tidak boleh membeli unta yang masih dalam perut.com pengelola menyediakan halaman pendaftaran yang terdapat akad dan ketentuan yang diketahui pembeli beserta syarat-syaratnya. maka itu harganya sekian”.Com .The Hidden Business Secret  Barang yang diaqadi tersebut diketahui ketika terjadi aqad oleh yang beraqad. maka itu harus engkau beli dengan (harga) sekian” Dan tidak boleh juga membeli dengan melempar seperti mengatakan ”pakaian mana yang engaku lemparkan kepadaku.

Khiyar Masjlis (pilihan majelis) Yaitu tempat berlangsungnya jual beli. (karena khiyar itu merupakan hak dari orang yang bertransaksi maka hak itu hilang jika yang punya hak membatalkannya- 9 www. Khiyar terdiri dari delapan macam : 1. Kalau keduanya meniadakan khiyar (hanya asas kepercayaan) yaitu saling berjual beli dengan syarat tidak ada khiyar. dalam shahihul Jami : 422) Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata : Dalam penetapan adanya khiyar majelis dalam jual beli oleh Allah dan Rasul-Nya ada hikmah dan maslahat bagi keduanya.Com . “Jika dua orang saling berjual beli. Dalilnya adalah sabda Rasulullah shlallalahu ‘alalihi wasaallam.The Hidden Business Secret mengangkat dan menghilangkan segala beban umat.Bisnis-Online-Syariah. Maka kebaikankebaikan syariat yang sempurna ini mengharuskan adanya sebuah aturan berupa khiyar supaya masing-masing penjual dan pembeli melakukannya dalam keadaan puas dan melihat kembali transaksi itu (maslahat dan mandaratnya). Maka masing-masing punya hak untuk memilh sesuai dengan hadits ”selama keduanya tidak berpisah dari tempat jual beli”. Maksudnya bagi yang berjual beli mempunyai hak untuk memilih selama keduanya ada di dalam majelis. maka masing-masing punya hak untuk memilih selama belum berpisah dan keduanya ada di dalam majelis” (Shahih. supaya dia puas dalam urusannya dan dia bisa melihat maslahat dan madharat yang ada dari sebab akad tersebut sehingga dia bisa mendapatkan yang diharapkan dari pilihannya atau membatalkan jual belinya apabila dia melihat tidak ada maslahat padanya. Termasuk dalam maslahat tersebut adalah sesuatu yang Allah syariatkan dalam jual beli berupa hak memilih bagi orang yang bertransaksi. atau salah seorang keduanya merelakan tidak ingin khiyar maka ketika itu harus terjadi jual beli pada keduanya atau terhadap orang yang mengugurkan hak khiyarnya hanya dengan sebatas akad saja. yaitu agar terwujud kesempurnaan ridha yang disyaratkan oleh Allah ta’ala dalam jual beli melalui firman-Nya ”Kecuali saling keridhaan di atara kalian”(An Nisa :29) karena sesungguhnya akad jual beli itu sering terjadi dengan tiba-tiba tanpa berfikir panjang dan melihat harga. Pengertian Khiyar Khiyar (memilih) dalam jual beli maknanya adalah memilih yang terbaik dari dua perkara untuk melangsungkan atau membatalkan akad jual beli.

Khiyar Ghobn. dalam Shahih Al Jami’: 422). maka seorang yang tertipu dia diberi pilihan apakah akan melangsungkan transaksinya atau membatalkannya.). maka tidak ada khiyar baginya. maka selama keduanya ridho berarti hal itu boleh. Dan orang yang tertipu tidak akan lapang jiwanya denga penipuan. (Hasan.The Hidden Business Secret pent).Bisnis-Online-Syariah. Dalilnya sabda rasul ”Tidak ada madharat dan tidak ada memadharati” (Silsilah As Shahihah : 250) dan sabdanya ”Tidaklah halal harta seorang muslim kecuali dengan kelapangan darinya (dalam menjualnya)” (Irwaul Ghalil : 1761) . Dan diharamkan bagi salah satu dari keduanya untuk memisahkan saudaranya dengan tujuan untuk menggugurkan hak khiyarnya berdasarkan hadits Amr bin Syu’aib yang padanya terdapat perkataan Nabi : “Tidak halal baginya untuk memisahkannya karena khawatir dia akan menerima hak khiyar (menggagalkan jual belinya)”.Com . Khiyar Syarat. Yaitu masing-masing dari keduanya mensyaratkan adanya khiyar ketika melakukan akad atau setelahnya selama khiyar majelis dalam waktu tertenu. berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam ”orang-orang muslim itu berada di atas syarat-syarat mereka” dan juga karena keumuman firman Allah Ta’ala ”Hai orang-orang yang beriman tunaikanlah janji- janji itu” (Al Maidah :1. Yaitu jika seorang tertipu dalam jual beli dengan penipuan yang keluar dari kebiasaan. dalam Irwaul Ghalil : 1211) 2. Sebagaimana sabda rasulullah ”Selama keduanya belum berpisah atau pilihan salah seorang dari keduanya terhadap yang lain” (Shahih. kecuali kalau penipuan tersebut adalah penipuan ringan yang sudah biasa terjadi. 3. 10 www. Dua orang yang bertransaksi sah untuk mensyaratkan khiyar terhadap salah seorang dari keduanya karena khiyar merupakan hak dari keduanya.

jika kemudian mereka datang ke pasar (ternyata dia mengetahui harganya) maka dia berhak untuk khiyar” (HR. maka dia teranggap tidak tahu terhadap harga-harga yang semestinya sehingga dengan demikian pembeli telah menipunya. Orang-orang kota menyambut orang-orang yang datang dari pelosok yang datang untuk mengambil (memberikan) barang dagangan mereka di kota. karena padanya ada unsur penipuan”. Adapun tentang adanya khiyar dalam kodisi tertipu tidak ada pertentangan di kalangan para ulama karena penjual yang datang ke kota jika dia tidak tahu harga. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasalam melarang untuk menyambut mereka di luar pasar yang didalamnya terdapat jual beli barang. Demikian pula jika penjual menjual sesuatu kepada pembeli maka bagi pembeli berhak untuk khiyar jika dia masuk pasar dan merasa tertipu dengan penipuan yang keluar dari kebiasaan.The Hidden Business Secret Gambaran Khiyar Ghabn 1. oleh karena itu Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasalam menetapkan hak khiyar bagi penjual setelah dia memasuki pasar. Muslim). jika orang-orang kota menyambutnya kemudian membeli dari mereka dalam keadaan jelas orangorang yang datang dari pelosok itu tertipu dengan penipuan yang besar. dan beliau memerintahkan jika penjual itu datang ke pasar sehingga dia mengetahui harga-harga barang maka penjual tersebut berhak untuk melanjutkan jual beli atau membatalkannya.Bisnis-Online-Syariah. Ibnul Qoyim menjelaskan ”Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasalam melarang darinya (melakukan penyambutan untuik membeli. sehingga orang-orang di kota membeli darinya dengan harga minim. 11 www. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata ”Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasalam menetapkan khiyar bagi pendatang jika dia bertemu dengan pembeli (dari kota). -pent) karena adanya penipuan terhadap penjual yaitu penjual tidak tahu harga. maka mereka berhak untuk memilih (khiyar) karena sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam ”Jangan kalian sambut orang-orang yang datang itu. maka barang siapa yang menyambutnya dan membeli barangnya.Com .

Gambaran lain dari najasy yang diharamkan adalah pemilik barang mengatakan ”Tidaklah aku menjual barang ini kecuali dengan harga sekian atau seharga sekian”. Al Albany) . karena pada perbuatan ini ada unsur penipuan terhadap pembeli dan ini termasuk ke dalam makna Ghisy. Dan beberapa perkara yang diharamkan dan sering terjadi di pasar-pasar kaum muslimin seperti sebagian orang ketika membawa barang dagangan ke pasar. Termasuk ke dalam Najasy yang diharamkan adalah yaitu pemilik barang mengatakan ”aku berikan kepada orang lain dengan harga sekian”padahal dia dusta”. Nabi Shallahllahu ‘alaihi Wasallam telah melarang dengan sabdanya ”Janganlah kalian saling berbuat nasjasy” (Shahih dalam Shahih Abu Dawud No 2922. dan lemah dalam Dhaiful Jami : 2908. Najasy yaitu orang yang memberikan tambahan terhadap barang dagangan sedangkan dia sendiri tidak berniat untuk membelinya melainkan hanya sekedar untuk menaikan harga barang terhadap pembeli.Bisnis-Online-Syariah. Ghabn Mustarsil. apabila pembeli tidak ada yang bersedia menambah harta pembelian. Penipuan yang disebabkan oleh adanya tambahan harga oleh najasy.The Hidden Business Secret 2. atau mengatakan ”aku tidak akan menjualnya kecuali dengan harga sekian padahal dia dusta. Mustarsil adalah orang yang tidak tahu harga dan tidak bisa menawar bahkan dia percaya sepenuhnya kepada penjual. jika ternyata dia ditipu dengan penipuan yang besar maka dia punya hak untuk khiyar Ghabn adalah diharamkan karena padanya mengandung unsur penipuan terhadap pembeli. Maka ini adalah amalan yang diharamkan. maka akhirnya 12 www. Shahih Tirmidzi No 1050 dll). dengan tujuan supaya pembeli membelinya dengan harga minimal yang dia sebutkan seperti mengatakan terhadap suatu barang ”harga barang ini lima ribu saya jual dengan harga sepuluh ribu” dengan tujuan pembeli membelinya dengan harga yang mendekati nilai sepuluh ribu (padahal dia dusta. Shahih Ibnu Majah 1767. -pent) 3. Ibnul Qoyim berkata dalam hadits disebutkan ”Menipu orang yang mustasrsil adalah riba” (Hadits Bathil dalam Silsilah Ad Dhaifah : 668. Orang-orang pasar sepkat untuk tidak menawar barang (dengan harga tinggi).Com .

Diantara contoh-contoh tadlis yang ada adalah menahan air susu kambing. Dan bagi yang mengetahui hal ini wajib baginya untuk mengingkari orang yang berbuat seperti ini dan menyampaikan kepada pihak yang berwenang untuk ditindak. maka apabila dia tetap menjualnya maka bagi pembeli berhak untuk khiyar dari dua pilihan apakah dia akan melangsungkan membeli atau mengembalikannya dengan satu sha kurma”. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ”janganlah kalian membiarkan air susu unta dan kambing (sehingga tampak banyak air susunya). menghiasi mobil-mobil sampai nampak seperti belum pernah dipakai 13 www. karena dia merasa tertipu dengan membelanjakan hartanya terhadap barang yang ditunjukan oleh penjual dan kalau dia tahu barang yang dibeli itu tidak sesuai dengan harga yang dia berikan maka syariat memperbolehkan bagi pembeli untuk mengembalikan barang pembeliannya. Tadlis yaitu menampakan barang yang aib (cacat) dalam bentuk yang bagus seakan-akan tidak ada cacat. sehingga pembeli mengira ternak itu selalu banyak air susunya. Apabila pemilik barang mengetahui bahwa dia telah ditipu maka boleh baginya untuk khiyar dan mengambil kembali barangnya. Maka wajib bagi yang melakukan penipuan seperti ini untuk meninggalkan perbuatan ini dan bertaubat darinya. (Shahih dalam Shahihul Jami :7347. 4.Bisnis-Online-Syariah.The Hidden Business Secret penjual terpaksa menjualnya dengan harta murah. Dan ini ada dua macam Pertama : menyembunyian cacat barang Kedua : Menghiasi dan memperindahnya dengan sesuatu yang menyebabkan harganya bertambah. Maka ini adalah Ghabn (penipuan) yang dzalim dan diharamkan. Tadlis ini haram. Al Albany) Contoh lain adalah menghiasi rumah yang cacat untuk menipu pembeli atau penyewa. sapi dan unta ketika hendak dipajang untuk dijual.Com . Khiyar Tadlis. Yaitu khiyar yang disebabkan oleh adanya tadlis. Kata tadlis diambil dari kata addalah dengan makna ad dzulmah (gelap) yaitu seolah-olah penjual menunjukan barang kepada pembeli yang bagus di kegelapan sehingga barang tersebut tidak terlihat secara sempurna.

Adapun landasan untuk mengetahui hal ini kembali kepada bentuk perniagaan yang sudah terpandang. sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ”Dua orang penjual dan pembeli berhak untuk khiyar selama keduanya tidak berpisah. Maka wajib bagi seorang muslim untuk berlaku jujur serta menjelaskan hakikat dari barang-barang yang akan dijual. maka terhapuslah berkah jual belinya. 5. dan kalau mereka tidak menganggapnya sebagai suatu aib yang dengannya dapat mengurangi nilai barang atau harga barang itu sendiri maka tidak teranggap adanya khiyar. Atau boleh baginya untuk membatalkan pembelian dengan mengembalikan barang dan meminta kembali uang yang telah dia berikan. maka baginya berhak khiyar untuk melanjutkan membeli dan mengambil ganti rugi seukuran perbedaan antara harga barang yang baik dengan yang terdapat aib.. akan tetapi jelas aib itu ada dalam barang dagangan sebelum dijual. atau mengurangi harga barang itu sendri..Com . Apabila keduanya jujur dan menjelaskan (hakikat dari barang-barangnya).The Hidden Business Secret dengan maksud untuk menipu pembeli serta contoh-contoh lainnya dari bentuk penipuan. dan sebaliknya banyak akan tetapi disertai dengan kedustaan maka hal itu akan mengapuskan berkah dan tidak ada kebaikan padanya. Adapun ketentuan aib yang memperbolehkan menyebabkan nilai barang berkurang.“ (Shahihdalam Shahihul Jami’ :2897. Maka harga (nilai uang) meskipun sedikit apabila disertai dengan kejujuran maka Allah akan memberikan berkah padanya.Bisnis-Online-Syariah. Akan tetapi apabila keduanya dusta dan menyembunyikan aib barangnya. Al Albany) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun mengabarkan bahwa ”Jujur dalam menjual dan membeli adalah dari sebab berkah. Khiyar Aib Yaitu khiyar bagi pembeli yang disebabkan adanya aib dalam suatu barang yang tidak disebutkan oleh penjual atau tidak diketahui olehnya.. Apabila pembeli mengetahui aib setelah akad.. kalau mereka menganggapnya sebagai aib maka boleh adanya khiyar. dan sesungguhnya dusta adalah penyebab hilangnya berkah“. maka berkah bagi keduanya dalam jual beli. adanya khiyar adalah dengan adanya aib itu biasanya 14 www.

sedang tambahan itu akan jatuh darinya (tidak bermakna). atau dia berkata ”Aku sertakan engkau dengan modalku di dalam barang ini” atau dia mengatakan ”Aku jual kepadamu barang ini dengan laba sekian dari modalku” atau dia mengatakan ”Aku jual barang ini kepadamu kurang sekian dari harga yang aku beli”. maka bagi pembeli boleh untuk memilih antara tetap membeli atau mengembalikannya menurut pendapat suatu madzhab. seperti harga itu lebih banyak atau lebih sedikit dari yang dia sebutkan. Wallahu a’lam 15 www. Wallahu a’lam 7. atau ukurannya. kemudian ternyata dia mendapati adanya perubahan sifat barang tersebut. Dari keempat gambaran ini jika ternyata modalnya lebih dari yang dia khabarkan . Khiyar Takhbir Bitsaman Menjual barang dengan harga pembelian. dan hukum berlaku bagi harga yang hakiki. Menurut pendapat yang kedua dalam kondisi seperti ini tidak ada khiyar bagi pembeli. Khiyar ru’yah Khiyar bagi pembeli jika dia membeli sesuatu barang berdasarkan penglihatan sebelumnya. kemudian dia mengkhabarkan kadar barang tersebut yang ternyata tidak sesuai dengan hakikat dari barang tersebut. seperti berselisih dalam kadar harga atau dalam barang itu sendiri. Ketika kedunya saling berbeda terhadap apa yang diinginkan maka keduanya boleh untuk membatalkan jika dia tidak ridha dengan perkataan yang lainnya 8. atau berselisih dalam keadaan tidak ada kejelasan dari keduanya. maka ketika itu baginya berhak untuk memilih antara melanjutkan pembelian atau membatalkannya.Bisnis-Online-Syariah.The Hidden Business Secret 6.Com . Khiyar bisababi takhaluf Khiyar yang terjadi apabila penjual dan pembeli berselisih dalam sebagian perkara. maka ketika itu terjadi perselisihan.

Ibnu Majah 2224) 16 www. Ghoror (Adanya Spekulasi yang tinggi) dan jahalah (adanya sesuatu yang tidak jelas). Abu Dawud 3435. “Dari Abu Hurairah radhiallhu anhu berkata : “Rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam melarang jual beli ghoror”. ternyata beliau tertipu. Penipuan Dari Abu Hurairah radhiallhu anhu berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam melewati seseorang yang menjual makanan. Muslim 1513) 3. Muslim 1/99/102. maka beliau memasukkan tangannya pada makanan tersebut. Ahmad 15/69/230. Maka beliau bersabda: “Bukan termasuk golongan kami orang yang menipu”.Com . Pengelola memberikan garansi penuh uang kembali jika tidak ada perubahan yang berarti dalam hal keuangan Anda JIKA Anda sudah menjalankan keseluruhan system dari produk The Hidden Business Secret JUAL BELI YANG TERLARANG Adapun hal-hal yang bisa membuat sebuah transaksi bisnis menjadi haram adalah : 1.Bisnis-Online-Syariah.The Hidden Business Secret Keterkaitan : Pembeli dalam hal ini adalah member memiliki pilihan untuk terus menggunakan produk atau mengembalikannya (mengundurkan diri) Jika produk yang diberikan tidak sesuai dengan criteria yang dijanjikan. yang paling ringan adalah semacam dosa seseorang yang berzina dengan ibunya sendiri” (HR. (HR. lihat Shahihul Jami 3375) 2. Riba Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu berkata : “Rasulullah shalallahu‘alahi wasallam bersabda: “Riba itu memiliki tujuh puluh tiga pintu. (HR.

baik bagi pemilik langsung. Abu dawud 3477. mengundi nasib. Yang dijual adalah barang haram Dari Ibnu ‘Abbas radhiallhu anhuma berkata :”Rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah apabila mengharamkan atas suatu kaum untuk memakan sesuatu. atau yang dikenal dengan istilah shafqatain fi shafqah. Akad pertama adalah akad jual-beli (bay’). terutama 2 poin terakhir (7 & 8) pasti dimiliki oleh hampir seluruh sistem MLM yang ada didunia ini. 3. atau tidak. Adanya dua akad dalam satu transaksi.The Hidden Business Secret 4. Poin 1. 5. 8. atau samsarah ‘ala samsarah. Up line adalah simsar (makelar). yang kemudian memakelari down line di bawahnya. Baihaqi 6/12 dengan sanad shahih) (Lihat Majmu’ Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Al-Wajiz Syaikh Abdul Adlim al-Badawi hal:332). berkorban untuk berhala. Taudlihul Ahkam Syaikh Abdullah Al-Bassam 2/233. atau bay’atayn fi bay’ah. Anda dapat membaca penjelasan tentang hal ini pada bagian khusus MLM 17 www. 4. Ar-Roudloh An-Nadiyah 2/345. adalah perbuatan syaithan maka jauhilah. Zadul Ma’ad Imam Ibnul Qayyim 5/746.Bisnis-Online-Syariah. 2. 7 & 8 ini adalah kekhasan yang dimiliki oleh bisnis MLM baik itu konvensional maupun Online. (HR. Kedhaliman Sebagaimana firman Allah: “Wahai orang-orang yang beriman. dan selanjutnya down line di bawahnya menjadi makelar bagi down line di bawahnya lagi. Terjadinya pemakelaran atas pemakelaran (makelar berantai). sedangkan akad kedua akad samsarah (pemakelaran). berjudi. Perjudian atau adu nasib Firman Allah Ta’ala: “Hai orang-orang beriman. Al-Maaidah: 90) 5. An-Nisaa:29) 6. sesungguhnya meminum khamr.” (QS.Com . 7. maka Dia pasti mengharamkan harganya”. janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil…” (QS.

Larangan ini menunjukan makna pengharaman dan tidak sahnya jual beli. Demikian juga shalat fardhu lainnya. melakukan kesibukan dengan perkara selain jual beli sehingga mengabaikan shalat Jumat adalah juga perkara yang diharamkan. maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Allah melarang jual beli agar tidak menjadikannya sebagai kesibukan yang menghalanginya untuk melakukan Shalat Jum’at. Kemudian Allah mengatakan ”dzalikum” (yang demikian itu). Maka.The Hidden Business Secret Allah Ta’ala membolehkan jual beli bagi hamba-Nya selama tidak melalaikan dari perkara yang lebih penting dan bermanfaat. yakni yang Aku telah sebutkan kepadamu dari perkara meninggalkan jual beli dan menghadiri Shalat Jum’at adalah lebih baik bagimu. (Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberi balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. Seperti melalaikannya dari ibadah yang wajib atau membuat madharat terhadap kewajiban lainnya. Mereka takut pada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. Yaitu setelah terdengar panggilan adzan yang kedua. pada waktu pagi dan waktu petang. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. dan supaya Allah 18 www. tidak boleh disibukkan dengan aktivitas jual beli ataupun yang lainnya setelah ada panggilan untuk menghadirinya. apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at.Com . Al Jumu’ah : 9). mendirikan shalat. berdasarkan Firman Allah Ta’ala : “Hai orang-orang yang beriman. dan membayarkan zakat. Jual Beli Ketika Panggilan Adzan Jual beli tidak sah dilakukan bila telah masuk kewajiban untuk melakukan shalat Jum’at. laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah. jika kamu mengetahui akan maslahatnya. “(QS.Bisnis-Online-Syariah. Allah mengkhususkan melarang jual beli karena ini adalah perkara terpenting yang (sering) menyebabkan kesibukan seseorang. Allah Ta’ala berfirman ”Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya.

Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala ”Janganlah kalian tolong- menolong dalam perbuatuan dosa dan permusuhan (Ai Maidah : 2)” Demikian juga tidak boleh menjual persenjataan serta peralatan perang lainnya di waktu terjadi fitnah (peperangan) antar kaum muslimin supaya tidak menjadi penyebab adanya pembunuhan. Demikian pula bagi yang menjualnya untuk memerangi kaum muslimin atau memutuskan jalan perjuangan kaum muslimin maka dia telah tolong menolong untuk kemaksiatan. Maka persenjataan yang dijual seseorang akan bernilai haram atau batil manakala diketahui maksud pembelian tersebut adalah untuk membunuh seorang Muslim.The Hidden Business Secret menambah karunia-Nya kepada mereka. Apabila menjualnya kepada orang yang dikenal bahwa dia adalah Mujahid fi sabilillah maka ini adalah keta’atan dan qurbah.Com . Jual Beli Untuk Kejahatan Demikian juga Allah melarang kita menjual sesuatu yang dapat membantu terwujudnya kemaksiatan dan dipergunakan kepada yang diharamkan Allah. Karena hal tesebut berarti telah membantu terwujudnya dosa dan permusuhan. “ Menjual Budak Muslim kepada Non Muslim Allah melarang menjual hamba sahaya muslim kepada seorang kafir jika dia tidak membebaskannya. Allah ta’ala telah berfirman ”Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman. 19 www. 24:36-37-38). “(QS. Karena itu.Bisnis-Online-Syariah. “(QS. Dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendakiNya tanpa batas. tidak boleh menjual sirup yang dijadikan untuk membuat khamer karena hal tersebut akan membantu terwujudnya permusuhan. 4:141). Allah dan Rasul-Nya telah melarang dari yang demikian. Karena hal tersebut akan menjadikan budak tersebut hina dan rendah di hadapan orang kafir. Ibnul Qoyim berkata "Telah jelas dari dalil-dalil syara’ bahwa maksud dari akad jual beli akan menentukan sah atau rusaknya akad tersebut.

begitupun sebaliknya. Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam 20 www. Maka wajib bagi kita untuk menjauhinya dan melarang manusia dari pebuatan seperti tersebut serta mengingkari segenap pelakunya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam :“Tidak boleh seorang yang hadir (tinggal di kota) menjualkan barang terhadap orang yang baadi (orang kampung lain yang datang ke kota)” Ibnu Abbas Radhiallahu anhu berkata: ”Tidak boleh menjadi Samsar baginya” (yaitu penunjuk jalan yang jadi perantara penjual dan pemberi). (yaitu seorang penduduk kota menghadang orang yang datang dari tempat lain (luar kota). Atau perkataan ”Aku akan memberimu lebih baik dari itu dengan harga yang lebih baik pula”.. seperti seseorang berkata kepada orang yang hendak membeli barang seharga sepuluh.The Hidden Business Secret Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : ”Islam itu tinggi dan tidak akan pernah ditinggikan atasnya”(shahih dalam Al Irwa’ : 1268. “Aku akan memberimu barang yang seperti itu dengan harga sembilan”. “(Mutafaq alaihi).Bisnis-Online-Syariah.Com . pent). Samsaran Termasuk jual beli yang diharamkan adalah jual belinya orang yang bertindak sebagai samsaran. Seperti mengatakan terhadap orang yang menjual dengan harga sembilan : ”Saya beli dengan harga sepuluh” Kini betapa banyak contoh-contoh muamalah yang diharamkan seperti ini terjadi di pasarpasar kaum muslimin. Juga sabdanya: ”Tidaklah seorang menjual di atas jualan saudaranya (Mutfaq ‘alaih)”. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah sebagian diantara kalian diperkenankan untuk menjual (barang) atas (penjualan) sebagian lainnya. Demikian juga diharamkan membeli barang di atas pembelian saudaranya. kemudian orang itu meminta kepadanya untuk menjadi perantara dalam jual belinya. Shahih Al Jami’ : 2778) Jual Beli di atas Jual Beli Saudaranya Diharamkan menjual barang di atas penjualan saudaranya.

sehingga kalian meninggalkan jihad. Kemudian (setelah dijual) dia membelinya lagi dengan harga Rp 15.Bisnis-Online-Syariah. “(Silsilah As Shahihah : 11. Adapun harga Rp 20. 977. dan (Dia) tidak akan mengangkat kehinaan dari kalian. yaitu menjual sebuah barang kepada seseorang dengan harga kredit. Sedangkan harga barang itu hanya sekedar tipu daya saja (hilah). Misalnya. maka ini tidak dilarang” Jual Beli dengan ‘Inah Diantara jual beli yang juga terlarang adalah jual beli dengan cara ‘inah. kemudian dia membelinya lagi dengan harga kontan akan tetapi lebih rendah dari harga kredit. padahal intinya adalah riba. Maka ini adalah perbuatan yang diharamkan karena termasuk bentuk tipu daya yang bisa mengantarkan kepada riba. sampai kalian kembail kepada agama kalian.000 tetap dalam hitungan hutang si pembeli sampai batas waktu yang ditentukan. (Shahih Tirmidzi. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Jika kalian telah berjual beli dengan cara ‘inah’ dan telah sibuk dengan ekor-ekor sapi (sibuk denngan bercocok tanam).Com . seseorang menjual barang seharga Rp 20. Shahih Al Jami’ 8603” Begitu pula tidak boleh bagi orang yang mukim untuk membelikan barang bagi seorang pendatang. Kecuali bila pendatang itu meminta kepada penduduk kota (yang mukim) untuk membelikan atau menjualkan barang miliknya.The Hidden Business Secret bersabda ”Biarkanlah manusia berusaha sebagian mereka terhadap sebagian yang lain untuk mendapatkan rizki Allah. maka Allah akan timpakan kepada kalian kehinaan. Shahih Abu Dawud : 2956) dan juga sabdanya ”Akan datang pada manusia suatu masa yang mereka menghalalkan riba dengan jual beli” (Hadits Dha’if . Seolah-olah dia menjual dirham-dirham yang dikreditkan dengan dirham-dirham yang kontan bersamaan dengan adanya perbedaan (selisih).000 kontan. dilemahkan oleh Al Albany dalam Ghayatul Maram : 13) Wallahu a’lam 21 www. Seperti seorang penduduk kota (mukim) pergi menemui penduduk kampung (pendatang) dan berkata ”Saya akan membelikan barang untukmu atau menjualkan“.000 dengan cara kredit.

d.Bisnis-Online-Syariah. Dalam hal ini. 8. atau tidak langsung. Inti dari bisnis MLM ini digerakkan dengan jaringan ini. yang biasa dikenal dengan istilah Upline (tingkat atas) dan Downline (tingakt bawah). Hukum Syara MLM oleh hafidl Abdur Rohman. (Lihat All About MLM oleh Benny Santoso hal: 28. perolehan point menjadi sangat penting. disertai dengan pembelian produk tertentu agar member tersebut mempunyai point. Point tersebut bisa dihitung berdasarkan pembelian langsung. kadangkala membership tersebut dilakukan dengan mengisi formulir membership dengan membayar sejumlah uang pendaftaran. kemudian ada istilah bonus jaringan. Dari sini. baik yang bersifat vertikal atas bawah maupun horizontal kiri kanan ataupun gabungan antara keduanya. karena kadangkala suatu perusahaan multilevel marketing menjadi point sebagai ukuran besar kecilnya bonus yang diperoleh. biasanya bisnis multilevel marketing ini diminati 22 www. orang akan disebut Upline jika mempunyai downline.Com . MA) Untuk masuk dalam jaringan bisnis pemasaran seperti ini. dan kadang tanpa pembelian produk. Pembelian langsung biasanya dilakukan oleh masing-masing member.The Hidden Business Secret Keterkaitan : Dalam transaksi dan produk yang ditawarkan tidak ada yang masuk kedalam kategori transaksi yang menjadikannya HARAM seperti yang diterangkan dalam poin 1 s. Karena dua kelebihan inilah. biasanya setiap orang harus menjadi member (anggota jaringan) – ada juga yang diistilahkan dengan sebutan distributor -. Jadi sudah jelas SEPUTAR KEHARAMAN MLM BESERTA FATWA & DALILNYA Hukum Syara’ Multilevel Marketing SEKILAS TENTANG MLM Pengertian MLM Secara umum Multi Level Marketing adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan). sedangkan pembelian tidak langsung biasanya dilakukan oleh jaringan member tersebut.

dengan kata lain. Begitu seterusnya up line “harus” membimbing down line-nya untuk mensponsori orang lain lagi dan membentuk jaringan.Bisnis-Online-Syariah. Seorang member/distributor harus menseponsori orang lain agar menjadi member/distributor dan orang ini menjadi down line dari orang yang mensponsorinya (up line-nya). karena mereka melebih-lebihkan peran dari makanan tersebut. ada juga point yang menentukan bonus member ditentukan bukan oleh pembelian baik langsung maupun tidak. Rehnborg berkata “Kamu yang menjualnya kepada teman-teman kamu dan saya akan memberikan komisi padamu”. Namun. Tatkala mereka ingin agar dia menjualnya pada mereka. Inilah praktek awal MLM yang singkat cerita selanjutnya perusahaan Rehnborg ini yang sudah bisa merekrut 15. Ditambah dengan potongan harga yang tidak diberikan kepada orang yang tidak menjadi member. vertikal atau 23 www. Sekalipun tidak ditentukan formasi jaringan horizontal maupun vertikalnya. (Lihat All About MLM hal:23) Fakta Umum Multilevel Marketing Dari paparan di atas. Konsep ini dimulai pada tahun 1930 oleh Carl Rehnborg. Yang mana hal ini membuat Rich DeVos dan Jay Van Andel Distributor utama produk nutrilite tersebut yang sudah mengorganisasi lebih dari 2000 distributor mendirikan American Way Association yang akhirnya berganti nama menjadi Amway.The Hidden Business Secret banyak kalangan. Kilas Balik Sejarah MLM Akar dari MLM tidak bisa dilepaskan dari berdirinya Amway Corporation dan produknya nutrilite yang berupa makanan suplemen bagi diet agar tetap sehat. Setelah 7 tahun melakukan eksperimen akhirnya dia berhasil menemukan makanan suplemen tersebut dan memberikan hasil temuannya kepda teman-temannya. bisa top-down (atas-bawah) atau left-right (kiri-kanan). jelas menunjukkan bahwa multilevel marketing – sebagai bisnis pemasaran --.tersebut adalah bisnis yang dibangun berdasarkan formasi jaringan tertentu. agar orang tersebut menjadi member dan include di dalamnya pembelian produk.000 tenaga penjualan dari rumah kerumah dilarang beroperasi oleh pengadilan pada tahun 1951. seorang pengusaha Amerika yang tinggal di Cina pada tahun 1917-1927. Sehingga orang yang menjadi up line akan mendapat bonus jaringan atau komisi kepemimpinan. melainkan oleh referee (pemakelaran) – sebagaimana istilah mereka – yang dilakukan terhadap orang lain.Com .

bisa berupa (1) potongan harga. yang berupa bonus. (2) bonus pembelian langsung. atau kedua-duanya sekaligus: 24 www.Com . atau perpaduan antara keduanya. perusahaan (pemakelaran) .Bisnis-Online-Syariah. tersebut tidak menyebutkan secara langsung dengan istilah referee Tujuan berkesinambungan. Sementara bonus jaringan adalah bonus yang diberikan karena faktor jasa masing-masing member dalam membangun formasi jaringannya. bisa salah satunya. Yang mana ini akan menguntungkan anggota yang berada pada level atas (Upline) sedangkan level bawah (downline) selalu memberikan nilai point pada yang berada dilevel atas mereka Berdasarkan ini semua. karena telah berjasa menjualkan produk perusahaan secara tidak langsung. Meski. Dari ketiga jenis bonus tersebut.The Hidden Business Secret horizontal. (3) bonus jaringan – istilah lainnya komisi kepemimpinan -. jenis bonus ketigalah yang diterapkan di hampir semua bisnis multilevel marketing. bisa disimpulkan bahwa praktek multilevel marketing tersebut tidak bisa dilepaskan dari dua hukum. Ini adalah penipuan dan manipulasi terhadap anggota 2. Produk ini hanya bertujuan untuk mendapat izin dalam undang-undang dan hukum syar’i 4. Produk MLM ini bukanlah tujuan yang sebenarnya. Banyak dari kalangan pakar ekonom dunia sampai pun orang-orang non muslim meyakini bahwa jaringan piramida ini adalah sebuah permainan dan penipuan. Adanya Ghoror (spekulasi) Jahalah (sesuatu yang tidak jelas). Hukum Syara’ Seputar Dua Akad dan Makelar Dari fakta-fakta umum yang telah dikemukakan di atas. oleh karena itu mereka melarangnya karena bisa membahayakan perekonomian nasional baik bagi kalangan individu maupun bagi masyarakat umum. promotor – namun pada dasarnya bonus jaringan seperti ini juga merupakan referee (pemakelaran). bonus ini diberikan kepada member yang bersangkutan. perjudian dan adu nasib 3. Bentuknya. Dengan kata lain. baik yang secara langsung menamakan dirinya bisnis MLM ataupun tidak. jika tidak ada benefit (keuntungan). maka sistem bisnis semacam ini tidak diragukan lagi kebathilannya karena beberapa sebab yaitu : perusahaan adalah membangun jaringan personil secara estafet dan 1. Namun formasi seperti ini tidak akan hidup dan berjalan.istilah lainnya sponsor.

dari Ibnu Mas’ud yang menyatakan : É‫ ﺣﺪ‬æ ‫ﺳﻠﻢ ﻋ ﺻ ﻘﺘ ﻦ ﻓ ﺻ ﻘﺔ‬æ ‫ﻠﻪ ﻋﻠ ﻪ‬ ò ó ö Çó ò ó ú‫ﻔ‬ó ‫ﻲ‬ö ö ú‫ﯿ‬ó ó ú‫ﻔ‬ó ú‫ﻦ‬ó ó ‫ ﱠ‬ó ó ö ú‫ﯿ‬ó ó õ ‫ﻟ ﱠ‬Ç ‫ ﱠﻰ‬ó ö ‫ﻟ ﱠ‬Ç õ ‫ﻮ‬õ ó ‫ﻰ‬ó ó ‫ ﻠﻪ ﺻﻠ‬á ‫ﺳ‬Ñ ‫ﻧﮭ‬ Rasululllah SAW telah melarang dua kesepakatan (aqad) dalam satu kesepakatan (aqad).Com .The Hidden Business Secret  Hukum dua akad dalam satu transaksi.Bisnis-Online-Syariah. atau bay’atayn fi bay’ah. masing-masing dinyatakan sebagai ketentuan yang mengikat satu sama lain. Hadits dari al-Bazzar dan Ahmad. sehingga terjadilah dua transaksi tersebut include dalam satu aqad. Artinya. baik bagi pemilik (malik) langsung. dengan menyatakan: Jika seseorang mengatakan : Saya jual budak ini kepada anda dengan harga 1000. sebagai berikut: 1. maksud dari bay’atayn fi bay’ah adalah melakukan dua akad dalam satu transaksi. an Nasa’i dan at Tirmidzi. Namun. as Syafi’i memberikan keterangan (syarh) terhadap maksud bay’atayn fi bay’ah (dua pembelian dalam satu pembelian). atau samsarah ‘ala samsarah. sedangkan akad kedua akad samsarah (pemakelaran). antara lain. Yang menyatakan : ‫ﺳﻠﻢ ﻋ ﺑ ﻌﺘ ﻦ ﻓ ﺑ ﻌﺔ‬æ ‫ﻠﻪ ﻋﻠ ﻪ‬ ò ó ú‫ﯿ‬ó ‫ﻲ‬ö ö ú‫ﯿ‬ó ó ú‫ﯿ‬ó ú‫ﻦ‬ó ó ‫ ﱠ‬ó ó ö ú‫ﯿ‬ó ó õ ‫ﻟ ﱠ‬Ç ‫ ﱠﻰ‬ó ö ‫ﻟ ﱠ‬Ç õ ‫ﻮ‬õ ó ‫ﻰ‬ó ó ‫ ﻠﻪ ﺻﻠ‬á ‫ﺳ‬Ñ ‫ﻧﮭ‬ “Nabi SAW. dengan catatan anda menjual rumah anda kepada saya dengan harga segini. 2. yang kemudian memakelari down line di bawahnya. atau tidak. dan selanjutnya down line di bawahnya menjadi makelar bagi down line di bawahnya lagi.3 25 www. dari Abu Hurairah ra. sayapun menetapkan milik saya menjadi milik anda. Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad. akad yang pertama adalah akad jual beli budak. adalah simsar (makelar). Up line atau TCO atau apalah namanya.1 Dalam hal ini.  Hukum pemakelaran atas pemakelaran. telah melarang dua pembelian dalam satu pembelian”. telah banyak dinyatakan dalam hadits Nabis SAW. Mengenai kasus shafqatayn fi shafqah.2 Dalam konteks ini. atau bay’atayn fi bay’ah. jika anda menetapkan milik anda menjadi milik saya. sedangkan yang kedua adalah akad jual-beli rumah. atau yang dikenal dengan istilah shafqatain fi shafqah. Akad pertama adalah akad jual-beli (bay’).

dan tidak dihalalkan dua syarat dalam satu transaksi jual-beli. Untuk mempertegas konteks hadits yang terakhir ini.5 Hadits ini menegaskan larangan dalam dua konteks hadits sebelumnya. dari ‫ ﻓ ﺑ ﻊ‬ä ‫ﻟ ﺷ ﻃ‬æ ‫ﺑ ﻊ‬æ ‫ ﻳﺤﻞ ﺳﻠﻒ‬á ò ú‫ﯿ‬ó ‫ﻲ‬ö ö ‫ﺎ‬ó ú‫ﺮ‬ó ‫ﺎ‬ó ó ñ ú‫ﯿ‬ó ó ñ ó ó ‫ ﱡ‬ö ó Çó Tidak dihalalkan salaf (akad pemesanan barang) dengan jual-beli. Ini mengenai dalil dan hukum yang berkaitan dengan dua transaksi dalam satu akad. yaitu akad salaf. kakeknya. 3. Beliau juga menjelaskan.7 26 www. dari bapaknya. maupun laa tahillu/yahillu (tidak dihalalkan) menunjukkan. atau semacam inden barang. atau akad pemesanan barang dengan pembayaran di depan. baik yang menggunakan lafadz: naha (melarang). Rasulullah SAW. dengan redaksi: Hadits Ibn Majah. dengan redaksi sebagai berikut: ‫ ﻓﻲ ﺻﻔﻘﺔ‬ä‫ﻻ ﺗﺤﻞ ﺻﻔﻘﺘﺎ‬ Tidaklah dihalalkan dua kesepakatan (aqad) dalam satu kesepakatan (aqad).Com . bahwa hukum muamalah yang disebutkan dalam hadits tersebut jelas haram. al Hakim dan Ibn Hibban dari ‘Amr bin Syuyb. dengan disertai contoh kasus.The Hidden Business Secret Hadits yang senada dikemukan oleh at Thabrani dalam kitabnya. dengan akad jual-beli dalam satu transaksi.4 Maksud hadits ini sama dengan hadits yang telah dinyatakan dalam point 1 di atas. penjelasan as-Sarakhsi – penganut mazhab Hanafi – bisa digunakan. dengan tegas melarang praktek dua akad (kesepakatan) dalam satu aqad (kesepakatan). al-Awsath. serta manath hukumnya. bahwa melakukan transaksi jual-beli dengan ijarah (kontrak jasa) dalam satu akad juga termasuk larangan dalam hadits tersebut. atau akad. dengan dampak yang ditetapkan pada tempatnya. seperti: la tahillu/yahillu. Mengenai akad (shafqah)-nya para ulama’ mendefinisikannya sebagai : Akad merupakan hubungan antara ijab dan qabul dalam bentuk yang disyariatkan. ada lafadz dengan jelas menunjukkan keharamannya. Dalam hal ini.6 Dari dalalah yang ada.Bisnis-Online-Syariah. Sebab.

Misalnya. hukumnya adalah boleh berdasarkan hadits Qays bin Abi Ghurzah al-Kinani. al-Mutalli’. jika ada ijab (penawaran) dan qabul (penerimaan). akad syirkah dan jual beli adalah akad yang dilakukan terhadap zat (barang atau benda). yang perlu dipahami adalah fakta pemakelaran yang dinyatakan dalam hadits Rasulullah SAW sebagaimana yang dijelaskan oleh as Sarakhsi ketika mengemukakan hadits ini adalah: Simsar adalah sebutan untuk orang yang bekerja untuk orang lain dengan kompensasi (upah atau bonus). Ijab dan qabul ini juga harus dilakukan secara syar’i. seorang penjual barang menyatakan : Saya jual rumah saya ini kepada anda dengan harga 50 juta. maka ketika si pembeli menyakan : Saya beli rumah anda dengan harga 50 juta. yang menyatakan: Kami biasa membeli beberapa wasaq di Madinah. kemudian Rasulullah SAW. adalah penerimaan (qabul). sesungguhnya jual-beli itu selalu dihinggapi kelalaian dan sesumpah. Islam telah menetapkan bahwa akad harus dilakukan terhadap salah satu dari dua perkara.8 www.9 Ulama penganut Hambali. makelar).Com Hanya. zat (barang atau benda) atau jasa (manfaat). Selain terhadap dua hal ini. pedagang).Bisnis-Online-Syariah. Dampak ijab-qabul ini adalah masing-masing pihak mendapatkan hasil dari akadnya. sedangkan qabul (penerimaan) dari pihak kedua. atau dalal tersebut. yang dalam fiqih dikenal dengan samsarah. sehingga dampaknya juga halal bagi masing-masing pihak. si penjual berhak mendapatkan uang si pembeli sebesar Rp. sedangkan si pembeli berhak mendapatkan rumah si penjual tadi. Baik untuk menjual maupun membeli. 50 juta. seraya menyakan: 27 . Adapun praktek pemakelaran secara umum. Beliau menyatakan: Wahai para tujjar (bentuk plural dari tajir. dan menyebut kami dengan nama yang lebih baik daripada sebutan kami.The Hidden Business Secret Maka. adalah bentuk penawaran (ijab). suatu tasharruf qawli (tindakan lisan) dikatakan sebagai akad. telah meyatakan definisi tentang pemakelaran. Misalnya. Inilah bentuk akad yang diperbolehkan oleh syara’. dan biasa menyebut diri kami dengan samasirah (bentuk plural dari simsar. Muhammad bin Abi al-Fath. dalam kitabnya. ijab (penawaran) dari pihak pertama. maka akad tersebut statusnya batil. sedangkan akad ijarah adah akad yang dilakukan terhadap jasa (manfaat). Keluar menghampiri kami. Di samping itu. maka bersihkan dengan sedekah.

maka orang itu adalah simsar (makelar) antara keduanya (pembeli dan penjual). atau bay’atayn fi bay’ah. dalam hal ini. Dan gugurlah kedudukannya sebagai penengah. jelar termasuk dalam kategori hadits : shafqatayn fi shafqah. untuk itu orang tersebut tetap harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi Ada MLM yang membuka pendaftaran member. menjadi member tersebut harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi Ada MLM yang membuka pendaftaran member. Atau orang yang mempertemukan (muslih) dua kepentingan yang berbeda. memakelari makelar atau samsarah ‘ala samsarah tidak diperbolehkan. maka praktek MLM seperti ini. atau makelar. atau dululat(an) – jika anda menunjukkan kepadanya.10 Dari batasan-batasan tentang pemakelaran di atas. Inilah fakta makelar dan pemakelaran. Hukum Dua Akad dan Makelar dalam Praktek MLM Mengenai status MLM. dan dilalat(an). dalul(an). maka statusnya tidak lagi sebagai penengah. apakah membeli posisi ataupun yang lain – disertai membeli produk. bahwa pemakelaran itu dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain. kedudukan makelar adalah sebagai orang tengah (mutawassith).The Hidden Business Secret Jika (seseorang) menunjukkan dalam transaksi jual-beli. yang berstatus sebagai pemilik (maalik). Jika dia menjadi penengah orang tengah (mutawwith al mutawwith). meski 28 www.Com . Dilihat dari aspek shafqatayn fi shafqah. yang untuk itu orang yang akan member – apapun istilahnya. dikatakan: saya telah menunjukkan anda pada sesuatu – dengan difathah dal-nya. dan juga disebut dalal. kepentingan penjual dan pembeli. Bukan dilakukan oleh seseorang terhadap sesama makelar yang lain. Sebab. dalalat(an). bisa disimpulkan. Karena itu. maka dalam hal ini perlu diklasifikasikan berdasarkan fakta masing-masing. Sebab. Maka. serta didahmmah dalnya. yaitu jika seorang pembeli menunjukkan kepadanya. orang tersebut telah melakukan transaksi jual-beli dengan pemakelaran secara bersamasama dalam satu akad. Pada waktu yang sama. maka bisa disimpulkan: 1. dia menjadi referee (makelar) bagi perusahaan dengan cara merekrut orang. praktek seperti ini jelas diharamkan sebagaimana hadits di atas. tanpa harus membeli produk.Bisnis-Online-Syariah. atau bay’atayn fi bay’ah. 2.

semua MLM hampir dipastikan mempraktekkan samsarah ‘ala samsarah (pemakelarah terhadap pemakelaran). prakteknya jelas telah menyimpang dari syariat islam. MLM tersebut membuka membership tanpa disertai ketentuan multilevel marketing. yang bisa digunakan sebagai alat untuk mendapatkan diskon dalam pembelian selanjutnya. tetapi akad jual beli terhadap barang. ketentuan dalam membership tadi menetapkan bahwa orang tersebut berhak mendapatkan bonus. bisa dikatakan MLM yang ada saat ini tidak ada yang terlepas dari praktek ini. Bahkan ia akan mendapat bonus (point) karena ia telah mensponsori orang lain untuk menjadi member. jika jaringan di bawahnya aktif. atau bay’atayn fi bay’ah. Maka. Ini dilihat dari aspek shafqatayn fi shafqah. maka praktek ini juga termasuk dalam kategori shafqatayn fi shafqah. dengan membayar polis asuransi untuk mendapatkan jaminan P. 29 www.T. Dampaknya. Sebab. membership tersebut merupakan bentuk akad. atau bay’atayn fi bay’ah. ketika pada suatu hari dia membeli produk – meski pada saat mendaftar menjadi member tidak melakukan pembelian – dia akan mendapatkan bonus langsung. baik dari pembelian yang dilakukannya di kemudian hari maupun dari jaringan di bawahnya.The Hidden Business Secret member. Pada saat yang sama. 3. zat dan jasa. Pada waktu yang sama membership (keanggotaan) tersebut mempunyai dampak diperolehnya bonus (point). dia mendapatkan kartu diskon bukan karena akad untuk mendapatkan jaminan. akad untuk mendapad jaminan menerima bonus. yang mempunyai dampak tertentu. maka bisa disimpulkan. kemudian mendapatkan bonus langsung berupa kartu diskon. Karena justru inilah yang menjadi kunci bisnis Pada saat yang sama. meski pada awalnya belum.Bisnis-Online-Syariah. yang jelas hukumnya haram. Dengan demikian hukumnya haram. Karena itu. Dari akad jual beli itulah. Sebab. sehingga hukumnya tetap haram. Adapun dilihat dari aspek samsarah ‘ala samsarah. Tetapi.Com . dari aspek yang kedua ini. jika di kemudian hari membeli barang. Dengan demikian pada saat itu ia menandatangani dua akad yaitu akad membership dan akad samsarah (pemakelaran). Padahal. harus membeli produk. Asuransi. Berbeda dengan orang yang membeli produk dalam jumlah tertentu. dilihat dari aspek samsarah ‘ala samsarah. praktek samsarah ‘ala samsarah jelas bertentangan dengan praktek samsarah dalam Islam. Kasus ini. maka akad membership seperti ini justru merupakan akad yang tidak dilakukan terhadap salah satu dari dua perkara. MLM seperti ini juga telah melanggar ketentuan akad syar’i. sebagaimana yang dijelaskan di atas. MLM yang ada saat ini. persis seperti orang yang mendaftar sebagai anggota asuransi. Dan karenanya. dia baru mendapatkan bonus.

tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya” (QS Al-Baqarah:219) Tatkala bahaya dari khamr dan perjudian itu lebih banyak daripada manfaatnya. bagian soal jawab) bentuk spekulasi dan spekulasi adalah bentuk perjudian” Fatwa Tentang MLM www. bisnis ini adalah memakan harta manusia dengan cara yang bathil. 30 .Bisnis-Online-Syariah. oleh karena itu sistem bisnis semacam ini adalah haram dalam pandangan syar’I. Kesimpulannya. Kalau ada yang bertanya : “Bahwasanya bisnis ini bermanfaat bagi sebagian orang” Jawabannya : “Adanya manfaat pada sebagian orang tidak bisa menghilangkan keharamannya. ketakwaan dan semangat dalam membimbing dan memperbaiki umat. kami akan menampilkan fatwa ulama terkemuka di masa ini. juga merupakan (http://www.alhelaly. Katakanlah : Pada keduanya itu terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia.The Hidden Business Secret Berdasarkan ini semua. maka perubahan nama sesuatu yang haram akan semakin menambah bahayanya karena ini berarti terjadi penipuan terhadap Allah dan Rasul-Nya. Mereka yang telah di kenal dengan keilmuan. tatkala kita mengetahui bahwa hukum syari didasarkan pada maksud dan hakekatnya serta bukan sekedar polesan luarnya. sebagaimana firman Allah Ta’ala: “Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. maka keduanya dengan sangat tegas diharamkan.Com Pada tulisan ini.com.

[1] Dua. yaitu syaikh ‘Ali bin Hasan Al-Halaby. bertepatan dengan tanggal 17 Juni 2003M pada majelis no. tapi datangnya hanya dari sebagian para ulama yang dikabarkan kepada mereka sistem MLM dengan penggambaran yang tidak benarsebagaimana dalam Fatwa Majma’ Al-Fiqh Al-Islamy-atau sebagian orang yang sebenarnya tidak pantas berbicara dalam masalah seperti ini.” Fatwa Majma’ Al-Fiqh Al-Islamy Sudan di atas dan pembahasan bersamanya telah dibukukan dan diberi catatan tambahan oleh seorang penuntut ilmu di Yordan. kesimpulan dari fatwa mereka dalam dua poin-sebagaimana yang disampaikan oleh Amin ‘Am Majma Al-Fiqh Al-Islamy Sudan. Akhirulkalam. Sistem perusahaan Biznas dan yang semisal dengannya dari perusahaan-perusaha an berjejaring (MLM) tidak ada hubungannya dengan akad samsarah[2]-sebagaimana yang disangka perusahaan (Biznas) itu dan sebagaimana mereka mengesankan itu kepada ahlul ilmi yang memberi fatwa boleh dengan alasan itu sebagai samsarah di sela-sela pertanyaan yang mereka ajukan kepada ahlul ilmi tersebut dan telah digambarkan kepada mereka perkara yang tidak sebenarnya-. sesungguhnya bergabung dengan perusahaan Biznas dan yang semisal dengannya dari perusahaan-perusaha an pemasaran berjejaring (MLM) tidak boleh secara syar’i karena hal tersebut adalah qimar. Ahmad Khalid Bakar-sebagai berikut: “Satu. Wallahula’lam 31 www.The Hidden Business Secret Fatwa Majma’ Al-Fiqh Al-Islamy Sudan Dikeluarkan pada tanggal 17 Rabi’ul Akhir 1424 H.Com . Sepanjang yang kami ketahui. Memang ada sebagian dari tulisan orang-orang yang memberi kemungkinan bolehnya hal tersebut. 3/24. belum ada dari para ulama yang membolehkan sistem Multi Level Marketing ini.Bisnis-Online-Syariah. DR. semoga apa yang tertuang dalam tulisan ini ada manfaatnya untuk seluruh pembaca dan membawa kebaikan untuk kita. Prof.

maka dia adalah haram karena beberapa alasan: 32 www.The Hidden Business Secret Fatwa Lajnah Da’imah pada tanggal 14/3/1425 dengan nomor (22935) Telah sampai pertanyaan-pertanya an yang sangat banyak kepada Al-Lajnah Ad-Da’imah Li Al-Buhuts Al-Ilmiyah wa Al-Ifta[3] tentang aktifitas perusahaan-perusaha an pemasaran berpiramida atau berjejaring (MLM)[4] seperti Biznas dan hibah Al-Jazirah. Kesimpulan aktifitas mereka adalah meyakinkan seseorang untuk membeli sebuah barang atau produk agar dia (juga) mampu meyakinkan orang-orang lain untuk membeli produk tersebut (dan) agar orang-orang itu juga meyakinkan yang lainnya untuk membeli. akan mendapatkan komisi-komisi yang sangat besar yang mungkin dia dapatkan sepanjang berhasil merekrut anggota-anggota baru setelahnya ke dalam daftar para anggota. maka orang yang pertama akan mendapatkan komisi yang besar yang mencapai ribuan real. Inilah yang dinamakan dengan pemasaran berpiramida atau berjejaring (MLM). Seorang yang berakal ketika dihadapkan di antara dua pilihan. Hal tersebut karena tujuan dari transaksi itu adalah komisi dan bukan produk. sandaran perusahaan-perusahaan ini dalam memasarkan dan mempromosikan produk-produk mereka adalah menampakkan jumlah komisi yang besar yang mungkin didapatkan oleh anggota dan mengiming-imingi mereka dengan keuntungan yang melampaui batas sebagai imbalan dari modal yang kecil yaitu harga produk. Karena itu. Setiap kali bertambah tingkatan anggota dibawahnya (downline).Bisnis-Online-Syariah. JAWAB: Alhamdullilah. niscaya ia akan memilih komisi. Tatkala ini adalah hakikat dari transaksi di atas. demikian seterusnya. Lajnah menjawab pertanyaan diatas sebagai berikut: Sesungguhnya transaksi sejenis ini adalah haram. Maka produk yang dipasarkan oleh perusahaanperusaha an ini hanya sekedar label dan pengantar untuk mendapatkan komisi dan keuntungan. Terkadang komisi dapat mencapai puluhan ribu sedangkan harga produk tidaklah melebihi sekian ratus. Setiap anggota yang dapat meyakinkan orang-orang setelahnya (downline-nya) untuk bergabung.Com .

Dan dari sisi. apakah dia berada di tingkatan teratas sehingga ia beruntung atau berada di tingkatan bawah sehingga ia merugi? Dan kenyataannya. Dan bagaimanapun pemasaran berjejaring atau piramida itu berlanjut.Bisnis-Online-Syariah. mereka 33 www. Sedangkan anggota tidak tahu ketika bergabung didalam piramida. yang paling mendominasi antara keduanya adalah yang dikhawatirkan. kebanyakan anggota piramida merugi kecuali sangat sedikit di tingkatan atas. dan pasti akan mencapai batas akhir yang akan berhenti padanya. Produk yang dijual oleh perusahaan kepada konsumen tiada lain hanya sebagai kedok untuk barter uang tersebut dan bukan menjadi tujuan anggota (untuk mendapatkan keuntungan dari pemasarannya). apa yang terkandung dalam transaksi ini berupa memakan harta manusia dengan kebatilan. Dan ini adalah hakikat gharar. pengkaburan dan penyamaran terhadap manusia.Com . sehingga (keberadaan produk) tidak berpengaruh dalam hukum (transaksi ini). transaksi tersebut mengandung riba dengan dua macam jenisnya. yaitu ketidakjelasan antara dua perkara. dimana tidak ada yang mengambil keuntungan dari akad (transaksi) ini selain perusahaan dan para anggota yang ditentukan oleh perusahaan dengan tujuan menipu anggota lainnya. karena anggota tidak mengetahui apakah dia akan berhasil mendapatkan jumlah anggota yang cukup atau tidak?. Dan ini adalah riba yang diharamkan menurut nash dan kesepakatan[7]. apa yang terkandung dalam transaksi ini berupa penipuan. Kedua. ia termasuk gharar[8] yang diharamkan menurut syari’at. Maka ia adalah barter uang dengan bentuk tafadhul (ada selisih nilai) dan ta’khir (tidak cash). riba fadhl[5] dan riba nasi’ah[6]. Dan hal inilah yang datang nash pengharamannya dengan firman (Allah) Ta’ala.The Hidden Business Secret Pertama. Kalau begitu yang mendominasi adalah kerugian. Anggota membayar sejumlah kecil dari hartanya untuk mendapatkan jumlah yang lebih besar darinya. “Hai orang-orang yang beriman. janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil” [An-Nisa’:29] Empat. padahal kenyataanya adalah menyelisihi itu. Tiga. Dan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam telah melarang dari gharar sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dalam shahihnya. dari sisi penampakan produk seakan-akan itulah tujuan dalam transaksi.

“Sesungguhnya engkau berada di suatu tempat yang riba tersebar padanya. Berbeda dengan samsarah. Adapun pendapat bahwa komisi-komisi tersebut masuk dalam kategori hibah (pemberian). sepikul gandum atau sepikul tumbuhan maka ia adalah riba. niscaya akan dicabut keberkahan transaksinya. niscaya akan diberkati transaksinya. Dan ini terhitung dari penipuan yang diharamkan.” [Dikeluarkan oleh AlBukhary dalam Ash-Shahih] Dan (hukum) hibah dilihat dari sebab terwujudnya hibah tersebut. Maka jika engkau memiliki hak pada seseorang kemudian dia menghadiahkan kepadamu sepikul jerami. maka itu tidak benar. maka tidak semua bentuk hibah itu boleh menurut syari’at. “Ini untuk kalian.The Hidden Business Secret mengiming-imingi komisi besar yang seringnya tidak terwujud.Bisnis-Online-Syariah. jika keduanya saling jujur dan transparan. “Tidakkah sepantasnya engkau duduk di rumah ayahmu atau ibumu. maksud sebenarnya adalah pemasaran komisi dan bukan (pemasaran) produk. Karena itu orang yang bergabung (dalam MLM) memasarkan kepada orang yang akan memasarkan dan seterusnya[10]. berbeda dengan pemasaran berjejaring (MLM). Abdullah bin Salam berkata kepada Abu Burdah radhiyallahu’anhuma. (dimana) pihak perantara benar-benar memasarkan kepada calon pembeli barang. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda. andaikata (pendapat itu) diterima. Karena itu. Dan jika keduanya saling dusta dan tertutup.Com . Sebagaimana maksud hakikat dari samsarah adalah memasarkan barang. “Siapa yang menipu maka ia bukan dari saya” [Dikeluarkan Muslim dalam shahihnya] Dan beliau juga bersabda. Adapun pemasaran berjejaring (MLM). Perbedaan diantara dua transaksi adalah jelas.” [Muttafaqun’Alaihi] Adapun pendapat bahwa transaksi ini tergolong samsarah[9]. “Dua orang yang bertransaksi jual beli berhak menentukan pilihannya (khiyar) selama belum berpisah. maka ini tidak benar. lalu engkau menunggu apakah dihadiahkan kepadamu atau tidak?” [Muttafaqun’Alaih] 34 www. Karena samsarah adalah transaksi (dimana) pihak pertama mendapatkan imbalan atas usahanya mempertemukan barang (dengan pembelinya). anggotanya-lah yang mengeluarkan biaya untuk memasarkan produk tersebut. Karena itu beliau ‘alaihish shalatu wa sallam bersabda kepada pekerjanya yang datang lalu berkata. dan ini dihadiahkan kepada saya.” Beliau ‘alaihish shalatu wa sallam bersabda. (Sebagaimana) hibah yang terkait dengan suatu pinjaman adalah riba.

Syaikh Shalih AlFauzan. (Penerjemah) [4] Kadang disebut dengan istilah Pyramid Scheme. (Penerjemah) [5] Riba fadhl adalah penambahan pada salah satu dari dua barang ribawy (yaitu barang yang berlaku pada hukum riba) yang sejenis dengan transaksi yang kontan (Penerjemah) [6] Riba nasi’ah adalah transaksi antara dua jenis barang ribawy yang sama sebab ribanya dengan tidak secara kontan. hal. (Penerjemah) [7] Maksudnya menurut nash Al-Qur’an dan As-Sunnah serta kesepakatan para ulama. Dan hukumnya sama dengan perusahaan-perusaha an yang telah berlalu penyebutannya.The Hidden Business Secret Dan komisi-komisi ini hanyalah diperoleh karena bergabung dalam sistem pemasaran berjejaring. Syaikh Ahmad Sair AlMubaraky dan Syaikh Abdullah Al-Mutlaq] Dikutip dari majalah An-Nashihah volume 14. (Penerjemah) 35 www. network marketing atau multi level marketing (MLM). maka hal tersebut sama sekali tidak mengubah hakikat dan hukumnya. Syaikh Abdullah Al-Ghudayyan. hibah atau selainnya. Beranggotakan ulama-ulama terkemuka di Saudi Arabia bahkan menjadi rujukan kaum muslimin di berbagai belahan bumi. Dan (juga) hal yang patut disebut disana ada beberapa perusahaan yang muncul di pasar bursa dengan sistem pemasaran berjejaring atau berpiramida (MLM) dalam transaksi mereka. baik itu hadiah. Syaikh Abdullah Ar-Rukban. seperti Smart Way. Gold Quest dan Seven Diamond.Bisnis-Online-Syariah. Maka apapun namanya. Walaupun sebagiannya berbeda dengan yang lainnya pada produk-produk yang mereka perdagangkan.Com . Wabillahi taufiq wa shalallahu ‘ala Nabiyina Muhammad wa aalihi wa shohbihi. 12-14 Catatan Kaki : [1] Qimar adalah seseorang mengeluarkan biaya dalam sebuah transaksi yang ada kemungkinan dia beruntung dan ada kemungkinan dua merugi (Penerjemah) [2] Yaitu jasa sebagai perantara atau makelar [3] Yaitu komisi khusus bidang riset ilmah dan fatwa. [Fatwa diatas ditanda-tangani oleh Syaikh ‘Abdul ‘Azis Asy-Syaikh (ketua).

(Penerjemah) [9] Maksudnya jasa sebagai perantara atau makelar. Yang mana karena dia telah mempromosikan sistem bisnis ini maka kemudian pihak perusahaan akan memberikan uang dalam jumlah tertentu yang terus bertambah sesuai dengan hasil penjualan produk dan perekrutan anggota baru. Berikut teks fatwa mereka. Wallahu Al-Muwaffiq Amman al-Balqo’ Yordania 26 Sya’ban 1424H 36 www.Bisnis-Online-Syariah. Ini adalah murni sebuah bentuk perjudian berdasarkan kaedah para ulama’. Yang mana bisnis ini secara umum dijalankan dengan cara menjual produk tertentu serta membayar uang dalam jumlah tertentu tiap tahun untuk bisa tetap menjadi anggotanya. (Penerjemah) [10] Pengguna barang tersebut adalah anggota MLM. Salim bin ‘Id Al.The Hidden Business Secret [8] Gharar adalah apa yang belum diketahui akan diperoleh atau tidak. dari sisi hakikat dan kadarnya. yaitu Syaikh Muhammad bin Musa Alu Nashr. (editor) fatwa Markaz Imam Al-albani bertanggal 26 Sya’ban 1424H Berikut ini adalah teks yang ditanda tangani oleh para masyaikh Yordania murid-murid Imam Al-Albani.Com . Ali bin Hasan Al-Halabi. Masyhur bin Hasan Alu Salman. hal ini dikenal dengan istilah user 100%. karena seorang anggota jelas-jelas telah membayar uang tertentu demi memperoleh uang yang masih belum jelas dalam jumlah yang lebih besar. Jawab: Bergabung menjadi anggota PT. Banyak pertanyaan yang datang kepada kami dari berbagai penjuru tentang hukum bergabung dengan PT.Hilali. Semacam ini untuk mempromosikannya yang selalu terkait dengan pembayaran uang dengan menunggu bisa merekrut anggota baru serta masuk dalam sistem bisnis piramida ini hukumnya HARAM. yang mana sebenarnya tidak mampu diusahakan oleh sianggota tersebut. Dan ini tidak bisa diperoleh melainkan secara kebetulan ia sedang bernasib baik. Bisnis dan perusahaan modern semisalnya yang menggunakan sistem piramida.

yang dengannya semua bonus dan point yang dijanjikan adalah impian belaka. pandangan ulama’ terhadap fakta dalil serta status tahqiq al-manath hukum MLM. Dan perlu dicermati bahwa dimanapun Downline akan selalu lebih banyak daripada Upline. dan anggaplah semuanya tergabung dalam MLM pastilah dalam banyak PT. Dan ini sepertinya sesuatu yang jauh sekali . yang dikembangkan dalam bisnis MLM secara umum. sedangkan Downline akan selalu dirugikan adalah bahwa bentuk piramida ini akan berhenti pada level tertentu yang mana mereka tidak mungkin bisa mencari anggota baru lagi. Jika hukum MLM dirumuskan dengan hanya melihat atau berpijak pada produknya – apakah halal ataukah haram – maka hal itu justru meninggalkan realita 37 www. Jangan ada yang berkata bahwa bisa saja hukum ini adalah kesimpulan Syaikh Salim Al. Dengan dalil bahwa gambaran syaikh tentang MLM sama dengan yang ada di Indonesia. bukan produk barangnya. Bukti bahwa yang diuntungkan dengan sistem MLM adalah Upline. 2. MLM dan bukan pada salah satu saja. karena dua hal :  Ini adalah jawaban beliau atas pertanyaan seputar bisnis MLM yang datang dari seantero penjuru dunia  Bahwa MLM semuanya dan dimana saja berawal dari Amway yang pada intinya adalah pemasaran produk perusahaan dengan sistem berantai yang membentuk piramida. dalil-dalil.Com . maka pada level sebelas seorang anggota tidak mungkin lagi mencari anggota baru di kota Surabaya. Yang ini semua mengharuskan orang pada level delapan atau sembilan tidak bisa lagi mencari anggota baru. Analisis ini berpijak kepada fakta aktivitasnya. Coba Anda renungkan Jika satu saja terdapat penyimpangan atau pelanggaran dari dalil diatas maka tak pelak lagi akan keharamannya apalagi penyimpangan yang terjadi dalam MLM tersebut lebih dari satu.Hilali dari MLM yang ada di Yordania yang berarti tidak mencakup MLM yang ada di Indonesia.The Hidden Business Secret catatan: 1. karena tidak semua orang ingin mengikuti program MLM. dilihat dari aspek muamalahnya. Kesimpulan Inilah fakta. Jika penduduk kota Surabaya berjumlah empat juta orang dan semua penduduk tergabung dalam satu saja perusahaan MLM.Bisnis-Online-Syariah.

Dengan melihat analisis di atas maka sekalipun produk yang diperjual-belikan adalah halal.com Mulakhos Fiqhy Syaikh Sholeh bin Fauzan AL Fauzan Penerbit Dar Ibnul Jauzi . baik akad (transaksi) maupun produknya.darussalaf.The Hidden Business Secret pokoknya. Sebab. maka MLM yang demikian hukumnya adalah haram. Adapun dari aspek produknya. maka akadnya batil dan kepemilikannya juga tidak sah. pada kondisi lain tidak memenuhi ketentuan akad karena yang ada adalah akad terhadap jaminan mendapat diskon dan bonus (point) dari pembelian langsung. Mengenai akad (transaksi yang ada dalam MLM telah dijelaskan dalam paparan di atas. Edisi 11 th III/ Jumadi tsani 1425 hal: 30-35 Majalah As.php?id=1375 Tulisan Ahmad Sabiq bin Abdul Latif Abu Yusuf 38 www.Saudi Arabia al Ustadz Qomar Su'aidi. jika akad tersebut dilakukan secara syar’i. tidak melanggar shafqatayn fi shafqah (dua akad dalam satu transaksi) atau samsarah ‘ala samsarah (pemakelaran atas pemakelaran). jika produk yang halal tersebut diperoleh dengan cara yang tidak syar’i. majalah Al-Furqon.or. baik dari aspek muamalahnya. Meski demikian.Com . Oleh karenanya hukum MLM harus dirumuskan dengan menganalisis keduanya. akan tetapi akad yang terjadi dalam bisnis MLM adalah akad yang melanggar ketentuan syara’ baik dari sisi shafqatayn fi shafqah (dua akad dalam satu transaksi) atau samsarah ‘ala samsarah (pemakelaran atas pemakelaran). Masalahnya adakah MLM yang demikian?! Sumber : Team Zisonline. jika ada MLM yang produknya halal. dan dijalankan sesuai dengan syariat Islam. Lc. karena MLM adalah bentuk transaksi (akad) muamalah.Bisnis-Online-Syariah. Izin syara’ dalam kasus ini diperoleh. kepemilikan itu merupakan izin yang diberikan oleh pembuat syariat (idzn asy-syari’) untuk memanfaatkan zat atau jasa tertentu. Serta ketentuan hukum syara’ yang lain. maupun barangnya. memang ada yang halal dan haram. Namun. Mengenai akad (transaksi) maupun produknya.Syari'ah http://www.id/stories. maka tentu diperbolehkan.

1973. Dar al-Jil.The Hidden Business Secret Tulisan Drs. maka pengelola menyediakan form pendaftaran beserta akadnya dan terpisah dengan akad pembelian produk  Bagi member yang ingin menjadi affiliate juga diberikan website replika untuk berpromosi dan member harus mengisikan data banknya untuk menjadi seorang affiliate Demikianlah Materi ini diberikan kepada Anda semua selaku member The Hidden Business. Amiin. Beirut.Com .. Wassalamualaikum. Pengelola The Hidden Business Secret Yudi Saputra. mudah-mudahan kita semua mendapatkan limpahan rezeki dari Allah yang halal dan penuh barokah. hal 248.Bisnis-Online-Syariah. Nayl al-Awthar. Juz V. --------------------------------------------------- Keterkaitan :  Untuk menghindari terjadinya 2 transaksi dalam satu akad. Hafidz Abdurrahman. SE 39 www. MA Lihat. Bagi yang menginginkan untuk menjadi affiliate (makelar) tanpa harus membeli produk. as-Syawkani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful