Zaman Prasejarah di Indonesia

Pengertian Zaman Prasejarah dan Zaman Sejarah
Zaman prasejarah adalah zaman ketika manusia belum mengenal atau menggunakan tulisan. Sedangkan zaman sejarah adalah zaman ketika manusia mengenal dan menggunakan tulisan. Zaman sebelum manusia mengenal tulisan disebut zaman prasejarah. Pra berarti sebelum, sedangkan sejarah adalah cerita atau kisah manusia pada masa silam yang belum ada bukti tertulis. Zaman prasejarah juga biasa disebut zaman praaksara, pra artinya tulisan dan aksara artinya tulisan. Juga dikenal zaman nirleka (nir : tidak, leka : tulisan), jadi nirleka adalah zaman tanpa tulisan. Setiap daerah memasuki zaman sejarah berbeda-beda, cepat tidaknya suatu bangsa memasuki zaman sejarah tergantung dari tinngi rendahnya tingkat kebudayaan yang sudah mereka miliki dan sudah adanya bukti tertulisnya. Contohnya Indonesia, diperkirakan memasuki zaman sejarah pada abad ke-4 Masehi (sekitar tahun 400-an) dengan diketemukannya sebuah sumber tertulis dari kerajaan Kutai, di Kalimantan Timur, yang berupa Yupa (tugu batu pengikat hewan kurban) sebanyak 7 buah yang berisi cerita tentang kerajaan Kutai dengan menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Akan tetapi, di Mesir mereka sudah memasuki zaman sejarah jauh lebih dulu, yakni sekitar 4000 SM.

para ahli membaginya berdasarka dua hal. Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari hasil-hasil kebendaan dari kebudayaan-kebudayaan yang sudah silam. mencari dan mengolah makanan. yaitu : 1) Dimulai kurang lebih pada tahun 590. 2) Peralatan yang digunakan masyarakatnya masih menggunakan bahan dari batu. walaupun ditemukan pula beberapa alat dari tulang atau tanduk hewan. periode ini disebut masa food gathering (mengumpulkan makanan) dan manusianya masih hidup secara nomaden (berpindah-pindah). tidak diasah atau dipolis. Kebudayaan Ngandong.Pembabakan Zaman Prasejarah di Indonesia Pembabakan (pembagian) zaman prasejarah di Indonesia. Apabila dilihat dari sudut mata pencariannya. Zaman Batu Tua Zaman batu tua (palaeolitikum) disebut demikian sebab alat-alat batu buatan manusia masih dikerjakan secara kasar.000 SM. Terdapat dua kebudayaan yang merupakan patokan zaman ini. Ciri-ciri zaman batu. Secara arkeologi Maka masa ini dibagi dua. yakni secara arkeologi dan secara geologi. Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa dan Flakes dari batu Chalcedon (untuk mengupas makanan) . tetapi tidak ada bekasnya karena lapuk dan tidak tahan lama. 5) Pola pikir manusia masih sangat sederhana Zaman batu terbagi lagi atas 4 periode: a. 4) Selain batu. Zaman Batu Zaman ini disebut zaman batu karena alat-alat yang ditemukan pada umumnya masih terbuat dari batu. yaitu: 1. Kebudayaan Pacitan (Pithecanthropus) 2. 3) Alat dari batu ini digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan binatang buas. Blora (Homo Wajakinensis dan Homo Soloensis) Alat-alat yang dihasilkan antara lain: kapak genggam/perimbas (golongan chopper/pemotong). yakni sebagai berikut: 1. digunakan juga peralatan dari kayu.

Zaman Batu Tengah  Ciri zaman Mesolithikum: a. Kalimantan. kapak persegi dan alat-alat dari tulang. Flores. pipisan. d. Jawa Timur yang disebut Abris Sous Roche antara lain: Flakes (Alat serpih). Alat-alat yang dihasilkan nyaris sama dengan zaman palaeolithikum yakni masih merupakan alat-alat batu kasar. Sulawesi. Alat-alat diatas banyak ditemukan di daerah Sumatera. Nomaden dan masih melakukan food gathering (mengumpulkan makanan) b. Alat-alat zaman mesolithikum antara lain: Kapak genggam (Pebble). Kapak pendek (hache Courte) Pipisan (batu-batu penggiling) dan kapak-kapak dari batu kali yang dibelah. Jawa. Bone-Culture (alat kebudayaan dari Tulang) c. Ditemukannya bukit-bukit kerang di pinggir pantai yang disebut Kjoken Mondinger (sampah dapur). c.b. f. Alat-alat kebudayaan Mesolithikum yang ditemukan di gua Lawa Sampung. Flakes Culture (kebudayaan alat serpih dari Abris Saus Roche)  Manusia pendukung kebudayaan Mesolithikum adalah bangsa Papua—Melanosoid . Pebble-Culture (alat kebudayaan kapak genggam dari Kjoken Mondinger) b.  Tiga bagian penting kebudayaan Mesolithikum: a. e.ujung mata panah.

Melolo (Sunda) Manusia pendukung Neolithikum adalah Austronesia (Austria). 2. Perhiasan (gelang dan kalung dari batu indah) ditemukan di Jawa.c. Zaman Batu Muda Ciri utama pada zaman batu Muda (neolithikum ) adalah alat-alat batu buatan manusia sudah diasah atau dipolis sehingga halus dan indah. Tembikar (periuk belaga) ditemukan di Sumatera. Alat-alat yang dihasilkan antara lain: 1. Sulawesi. Kapak persegi. misalnya beliung. Kalimantan. Bali. Maluku. Jawa. Kapak batu (kapak persegi berleher) dari Minahasa. Austro-Asia KhamerIndocina. Pakaian dari kulit kayu 5. 3. dan torah yang banyak terdapat di Sumatera. 4. . Jawa. Nusa Tenggara. pacul.

antara lain: 1. 2.d. Hasil kebudayaan Megalithikum. Kubur batu: peti mati yang terbuat dari batu besar yang dapat dibuka-tutup 6. Zaman Batu Besar Zaman ini disebut juga sebagai zaman megalithikum. Arca/patung batu: simbol untuk mengungkapkan kepercayaan mereka . Dolmen: meja batu tempat meletakkan sesaji untuk upacara pemujaan roh nenek moyang 3. Sarchopagus/keranda atau peti mati (berbentuk lesung bertutup) 4. Punden berundak: tempat pemujaan bertingkat 5. Menhir: tugu batu yang dibangun untuk pemujaan terhadap arwah-arwah nenek moyang.

sedangkan pada zaman Holosen bentuk fisik manusia purba mirip dengan bentuk fisik manusia zaman sekarang Hasil Kebudayaan Zaman Logam Kebuadayaan manusia purba pada zaman logam sudah jauh lebih tinggi atau lebih maju . sedangkan monyet dan kera mulai bertambah. sudah mulai ada tanda-tanda kehidupan seperti mikro-organisme. Menurut geologi. Tabel : Pembabakan masa prasejarah berdasarkan ilmu geologi Zaman Kurun Waktu Ciri Khas Kehidupan Arkaikum Berlangsung 2. Neozoikum Berlangsung 60 juta tahun yang lalu sampai kini Terbagi atas dua zaman. Zaman Logam Pada zaman ini kemampuan manusia prasejarah dalam membuat barang-barang mengalami peningkatan. keadaanbumi belum stabil dan dalam prose pembentukan. Zaman Kuarter yang terbagi atas : • Pleistosen (Dilluvium) • Holosen (Alluvium) Pada zaman Pleistosen hidup manusia purba atau lebih dikenal manusia-kera. yang menunjukan mereka telah memiliki kemampuan untuk mengolah bijih besi. amfibi. Mesozoikum Berlangsung 140 juta tahun yang lalu Jenis ikan dan reptil sudah mulai banyak. 2. yaitu ilmu yang mempelajari kulit bumi membagi zaman prasejarah seperti dalam tabel berikut.2. Zaman tersier yang terbagi atas : • Palaeosen • Eosen • Oligosen • Miosen • Pliosen Pada zaman ini binatang berukuran besar sudah mulai Berkurang. perunggu. belum ada tanda-tanda mahluk hidup Palaeozoikum Berlangsung 340 juta tahun yang lalu Bumi sudah terbentuk. Terbukti dengan ditemukannya alat-alat dari logam. Dinosaurus diperkitakan hidup pada zaman ini.500juta tahun yang lalu Kulit bumi masih panas. dan reptil yang bentuknya kecil dan jumlahnya belum begitu banyak. yaitu : 1. Zaman logam terbagi atas zaman tembaga. ikan. dan besi.

Pulau Sumbawa. Kebudayaan zaman logam dapat dibagi menjadi tiga zaman yaitu zaman perunggu. sehingga apabila pemiliknya meninggal. Di Indonesia nekara hanya dipergunakan waktu upacara-upacara saja. Terbuat dari perunggu yang berpinggang di bagian tengahnya. Pulau Jawa. Gambar Nekara & Moko. dan zaman besi. antara lain ditabuh untuk memanggil roh nenek moyang. zaman tembaga. dan sisi atasnya tertutup. Daerah penemuan nekara di Indonesia antara lain. dan dipakai sebagai alat memanggil hujan. biasanya beraneka ragam sehingga melalui hiasan-hiasan tersebut dapat diketahui gambaran kehidupan dan kebudayaan yang ada pada masyarakat prasejarah. Adapun alat-alat dari zaman perunggu antara lain nekara. dan manik-manik. Nekara Nekara dapat juga disebut Genderang Nobat atau Genderang Ketel karena bentuknya semacam berumbung.60 meter. Zaman perunggu Di Indonesia tradisi logam dimulai beberapa abad sebelum masehi. dibuatlah nekara tiruan yang kecil yang dipakai sebagai bekal kubur.org b. . Sumber: www. Contoh nekara yang ditemukan di Desa Intaran daerah Pejeng Bali. 1.jika dibandingkan dengan kebudayaan manusia purba pada zaman batu. Di daerah asalnya. Dongson. Dalam bahasa Bali sasih artinya bulan.86 meter dengan garis tengahnya 1. moko. Pulau Roti. Nekara-nekara yang ditemukan di Indonesia. Pulau Bali. Pulau Sangean. Moko Merupakan genderang kecil yang terbuat dari perunggu. Nekara yang ditemukan di Indonesia ukurannya besar-besar. arca atau patung perunggu. Daerah penemuan moko ini adalah di Alor. maka nekara tersebut dinamakan nekara Bulan Pejeng.wikipedia. perhiasan perunggu. Pada zaman logam manusia purba sudah memiliki kemampuan melebur logam untuk membuat alatalat yang dibutuhkan. kapak corong. dipakai sebagai genderang perang. a. nekara dianggap sesuatu yang suci. Tradisi membuat alat-alat dari perunggu merupakan ciri khas pada masa perundagian. dan Pulau Kei serta Pulau Selayar. Bangunan ini berguna untuk alat upacara atau sebagai mas kawin. Bagi masyarakat prasejarah. Nekara tersebut dianggap suci sehingga ditempatkan di Pure Penataran Sasih. pemilikan nekara merupakan simbol status. memiliki ketinggian 1. Pulau Sumatra.

hanya bagian tangkainya yang berbentuk corong. bentuknya seperti periuk tetapi langsing dan gepeng. Sumber: www. Untuk itu. g. Gambar Berbagai bentuk Candrasa. Bentuk kapak corong sangat beragam jenisnya. Adapun fungsi dari cincin tersebut sebagai alat untuk menggantungkan arca itu sehingga tidak mustahil arca perunggu yang kecil dipergunakan sebagai bandul kalung. bahkan lebih kecil dari lingkaran jari anak-anak.wikipedia. Corong tersebut dipakai untuk tempat tangkai kayu. Daerah penemuan arca perunggu di Indonesia adalah Palembang Sumsel. Salah satunya ada yang panjang satu sisinya yang disebut dengan candrosa.Sumber: www. Bali. bentuknya sangat indah dan dilengkapi dengan hiasan. ada yang berbentuk manusia. Bejana perunggu Bejana perunggu ditemukan di tepi Danau Kerinci Sumatra dan Madura. dan Bogor. bandul kalung dan cincin. arca perunggu bentuknya kecil-kecil dan dilengkapi cincin pada bagian atasnya. Gambar Bejana Perunggu dari Kerinci (Sumatra). Arca-arca perunggu Arca perunggu yang berkembang pada zaman logam memiliki bentuk bervariasi. Perhiasan perunggu ditemukan di Malang. Kedua bejana yang ditemukan mempunyai hiasan yang serupa dan sangat indah berupa gambar-gambar geometri dan pilin-pilin yang mirip huruf J.org d.wikipedia. ada juga yang berbentuk binatang. yaitu seperti kalung.org e. Di antara bentuk perhiasan tersebut terdapat cincin yang ukurannya kecil sekali. gelang tangan dan kaki.c. Kapak Corong Kapak corong disebut juga kapak sepatu karena seolah-olah kapak disamakan dengan sepatu dan tangkai kayunya disamakan dengan kaki. dan Bangkinang Riau. Perhiasan perunggu Perhiasan dari perunggu yang ditemukan sangat beragam bentuknya. Bentuk bagian tajamnya kapak corong tidak jauh berbeda dengan kapak batu. para ahli menduga fungsinya sebagai alat tukar. Limbangan Bogor. f. Pada umumnya. Manik-manik .

dibakar sehingga lilin yang terbungkus dengan tanah akan mencair. . mata pisau.Manik-manik yang berasal dari zaman perunggu ditemukan dalam jumlah yang besar sebagai bekal kubur sehingga memberikan corak istimewa pada zaman perunggu. Daerah ditemukannya alat-alat ini adalah Bogor. caranya yaitu membuat bentuk benda yang dikehendaki dengan lilin. Ponorogo. Zaman besi Zaman besi adalah zaman ketika orang telah dapat melebur besi dari bijihnya untuk dituang menjadi alat-alat yang diperlukan. Setelah itu. Teknik pembuatan alat yang terbuat dari logam dapat dikategorikan menjadi dua cara sebagai berikut. dan Besuki. caranya yaitu menggunakan cetakan yang ditungkupkan dan dapat dibuka. Hal ini terlihat dari tidak diketemukannya barang-barang peninggalan yang terbuat dari tembaga. 3. mata pedang. cetakan tersebut biasanya terbuat dari batu atau kayu. dan dibuat lubang dari atas dan bawah. cetakan tersebut dipecah sehingga keluarlah benda yang dikehendaki. Oleh karena membutuhkan suhu yang sangat panas untuk melebur bijih besi. cangkul. Zaman tembaga Di Indonesia tidak mengalami zaman tembaga. Setelah membuat model dari lilin. sehingga setelah dingin cetakan tersebut dapat dibuka. Kemungkinan alat-alat tersebut dikubur bersma dengan orang atau pemiliknya yang telah meninggal. dan apabila sudah dingin. Lubang bagian atas dimasukkan cairan perunggu. 2. 1) A cire perdue atau cetakan lilin. Benda-benda yang diketemukan dimasa ini tidak begitu banyak karena mungkin alatalat tersebut telah berkarat sehingga hancur. maka ditutup dengan menggunakan tanah. dan keluar melalui lubang bagian bawah. mata sabit. Adapun alat-alat dari tradisi besi yang banyak diketemukan antara lain. 2) Bivalve atau setangkup. mata kapak. Wanasari. maka keluarlah benda yang dikehendaki. tongkat dan gelang besi. Zaman besi menandakan zaman terakhir dari zaman prasejarah. maka alat-alat yang dihasilkan pun lebih sempurna.

Von Koenigswald di tempat yang sama menemukan fosil yang diberi nama Pithecantropus Robustus. dan Franz Wedenreich. Para peneliti itu antara lain: Eugene Dubois. Pithecanthropus Mojokertensis (Manusia kera dari Mojo) Pada 1936. 2. Jenis manusia ini menurut para ahli kemampuan berpikirnya masih rendah karena volume otaknya 900 cc. Diperkirakan jenis manusia ini hidup antara 1 juta-600. Kemudian kalau dibandingkan dengan kera. tak jauh dari Ngawi (Madiun). Pithecanthropus Erectus diambil dari kata pithekos = kera. Homo Soloensis (Manusia dari Solo) Hampir bersamaan dengan penemuan Meganthropus palaeojavanicus. Fosil ini dinamakan Pithecanthropus Mojokertensis. Dari gigi tengkorak diperkirakan usia fosil ini belum melebihi usia 5 tahun. volume otak kera tertinggi 600 cc. Diperkirakan fosil ini merupakan anak Pithecantropus Erectus. Penelitian tentang manusia purba di Indonesia telah lama dilakukan.H. Gerahamgerahamnya menunjukkan corak-corak kemanusiaan.R Von Koenigswald pada tahun 1936 di dekat Mojokerto. Manusia Prasejarah di Indonesia 1. karena bentuk tubuhnya yang lebih besar. von Koenigswald di daerah Mojokerto menemukan fosil tengkorak anakanak yang diperkirakan belum melewati usia 5 tahun. Jadi. Pithecanthropus erectus (Manusia kera yang berjalan tegak) Jenis manusia ini ditemukan oleh seorang dokter dari Belanda bernama Eugene Dubois pada tahun 1890 di dekat Trinil. Mahluk ini ia beri nama Meganthropuis Paleojavanicus (mega = besar). khususnya di Jawa.H. Kemungkinan tengkorak tersebut anak dari Pithecanthropus Erectus dan von Koenigswald menyebutnya dengan nama Pithecantropus Mojokertensis. Bahkan Indonesia dapat dikatakan mewakili penemuan manusia purba di daratan Asia. sedangkan volume otak manusia modern lebih dari 1000cc. G. Fosil sejenis Pithecantropus lainnya ditemukan oleh G. 5. Von Koeningwald menganggap mahluk ini lebih tua daripada Pithecanthropus. hampir sama dengan penemuan manusia purba di negara-negara lainnya di dunia.JENIS-JENIS MANUSIA PRASEJARAH Jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia memiliki usia yang sudah tua.R Von Koenigswald. Diperkirakan hidup pada 2 juta sampai satu juta tahun yang lalu. anthropus = manusia. von Koeningwald di daerah menemukan sebagian tulang rahang bawah yang jauh lebih besar dan kuat dari rahang Pithecanthropus. Pithecanthropus Soloensis(Manusia kera dari Solo) Sebelum menemukan Meganthropus palaeojavanicus. pada tahun 1931 Von Koenigswald juga berhasil menemukan tengkorak dan tulang kering yang mirip dengan Pithecanthropus erectus temuan Dubois. Daerah penemuan manusia purba di Indonesia tersebar di be¬berapa tempat. sebuah desa di pinggir Bengawan Solo. erectus = berjalan tegak. Berikut ini jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia. jenis manusia purba ini belum mencapai taraf ukuran otak manusia modern. 3. Fosil tersebut kemudian diberi nama Pithecanthropus soloensis berarti manusia kera dari Solo yang ditemukan di Sambungmacan dan Sangiran. A.000 tahun yang lalu atau pada zaman paleolithikum (zaman batu tua). tetapi banyak pula sifat keranya. Jadi Pithecanthropus Erectus artinya manusia-kera yang berjalan tegak. Von . 4. Meganthropus Paleojavanicus (manusia besar dari zaman Batu di Jawa) Pada tahun 1941.

Tetapi ketika bahan makanan mulai menipis dan tidak ada lagi. timbulah kemampuan manusia untuk mengolahnya. Campur Darat. fosil ini diberi nama Homo soloensis yang artinya manusia dari Solo. untuk saling melindungi diri dari binatang buas. Berikut ini tahapan kehidupan manusia pada masa prasejarah di Indonesia. Fosil ini ditemukan oleh Von Rietschoten pada tahun 1889. Tabel kehidupan zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana. Cara hidup mereka yang masih mengumpulkan makanan dikenal dengan sebutan food gathering. Mereka tidak lagi hidup berpindah-pindah (nomaden). Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana Ciri-ciri zaman bebruru dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana : Manusia pada masa ini memiliki pikiran dan kecakapan yang sangat terbatas. akan berpengaruh kepada kehidupan manusia. Homo Sapiens yang terdapat di Indonesia sudah ada pada zaman Mesolithikum dan mereka sudah mengenal tempat tinggal secara menetap serta mengumpulkan makanan dan menangkap ikan. Alat-alat yang digunakan masih sangat sederhana. Homo Sapiens (Manusia Cerdas) Homo Sapiens merupakan manusia yang paling maju dan paling cerdik. tetapi mulai pada kehidupan yang menetap. 6. terbuat dari potongan batu. PERKEMBANGAN KEHIDUPAN PADA ZAMAN PRASEJARAH Pada saat makanan (tumbuhan dan binatang) yang disediakan alam itu berlimpah maka tingkat kehidupan manusia pada waktu itu cukup berburu dan mengumpulkan makanan. Cara hidup yang sudah mampu menghasilkan makanan sendirin misalnya dengan cara berladang dikenal dengan sebutan food producing. Karena itu. Fosil tersebut kemudian diteliti oleh Eugene Dubois dan diberi nama Homo wajakensis. Struktur tengkorak manusia ini tidak mirip dengan kera. A. artinya manusia yang cerdas. Mereka hidup didatran rendah yang terdapat sumber air dan makanan. artinya manusia dari Wajak. . Kebudayaannya disebut kebudayaan Mesolithikum yang mendapat pengaruh dari kebudayaan Bacson-Hoabinh dari Indo-Cina (Vietnam). Vonn Rietschotten pada tahun 1889. Kegiatan mata pencaharian mereka adalah berburu dan mengumpulkan makanan. Hidup secara berkelompok dalam jumlah yang kecil. Kondisi Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana Keadaan alam Kondisi bumi masih belum stabil (zaman tersier). Tuluanggung. kayu yang tidak dibentuk. 7.D. di Desa Wajak.Koenigswald menemukan pula sebuah tengkorak manusia yang memiliki volume otak lebih besar dari manusia-manusia jenis Pithecanthropus. Homo Sapiens. Perubahan yang terjadi pada alam ini. Homo Wajakensis (manusia dari Wajak) Fosil tengkorak manusia yang mirip dengan penemuan Von Koenigswald pernah pula ditemukan sebelumnya oleh seorang penambang batu marmer bernama B. Homo Sapiens hidup pada masa Holosen dan memiliki bentuk fisik yang yang hampir sama dengan manusia zaman sekarang. Jawa Timur. tulang. Hidup nomaden. yaitu berpindah-pindah tempat. apabila sumber makan berkurang atau habis.

Zaman bercocok tanam Ciri-ciri zaman bercocok tanam : Pola hidupnya mulai menetap di dataran rendah secara berkelompok dan sudah memilih pemimpin. buah-buahan. umbi-umbian. bercocok tanam secara sederhana Alat-alat kehidupan Alat terbuat dari batu. Mereka mulai menguasai cara menyimpan makanan dan mengawetkan makanan secara sederhana. Alat-alat yang digunakan masih berbentuk kasar. tetapi mencakup daerah lainnya. C. Hidup berpindah tempat dilakukan jika sumber makanan berkurang. Tabel Zaman bercocok tanam. dan sebagainya. tongkat. Mereke mengenal sistem kepercayaan terhadap roh nenek moyang dan kekuatan alam. Proses mengumpulkan makanan tidak hanya dilakukan di sekitar tempat tinggalnya. buah-buahan. Alat-alat yang digunakan terbuat dari batu. dan sayuran Kehidupan masyarakat Berburu. sudah mengenal cara bercocok tanam. Alat-alat kehidupan Kapak perimbas. bertempat tinggal di gua-gua. food gathering. kapak genggam. gajah. kera. sudah mengenal sistem religi. B. bercocok tanam (food producing). Perburuan ini bisa menjangkau daerah yang cukup jauh. kerang. kerbau. Sistem kepercayaan ini ditunjukan melalui simbol-simbol gambar berwarna. nomaden. dan sayu-sayuran Fauna Lembu. megolah tanah. Kondisi Zaman bercocok tanam Keadaan alam Bumi sudah stabil Flora Hampir sama dengan keadaan saat ini Fauna Hampir sama dengan keadaan saat ini Kehidupan masyarakat Sudah mulai menetap. Tabel Kehidupan zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut. Zaman bebruru dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut Ciri-ciri zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut : Manusia pada masa berburu dengan menggunakan alat berupa kapak batu. siput (ukurannya lebih besar dibandingkan saat ini) Flora Umbi-umbian. kijang. nomaden. dan bahan lainnya yang bentuknya sudah diasah. tulang. dan harimau Kehidupan masyarakat Didominasi jenis Pithecanthropus erectus. alat-alat serpih. dan memelihara hewan. dan tombak kayu. dan arca yang terbuat dari batu besar. Manusia pada masa ini. banteng. bangunan. sudah . Ikan. Tempat tinggalnya di gua-gua.Flora Pohon salam dan rasamala. belum mengenal sistem religi. dan tanduk yang lebih tajam dan runcing. tanduk (masih berbentuk kasar) dan Sudip sebagai alat berburu yang terbuat dari tulang. terbuat dari batu. tulang. Kondisi Zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut Keadaan alam Perubahan iklim dari musim dingin ke musim panas (pasca-pleistosen) Fauna Biawak.

Kepercayaan mereka adalah animisme dan dinamisme. perunggu. Tempat-tempat ibadah digunakan untuk memuja roh nenek moyang. Adanya status keanggotaan masyarakat yang didasarkan pada tingkat kekayaan. gerabah. sistem barter (pertukaran barang). Mereka sudah membuat perhiasan dari emas. senjata. perhiasan D. dan peralatan kerja yang digunakan dibuat dari tembaga. sehingga alat-alat upacara. Zaman perundagian Ciri-ciri zaman perundagian : Sudah terbentuk kelompok-kelompok kerja dalam bidang pertukangan.mengenal memelihara hewan. Beliung persegi. sistem kepercayaan. terbuat dari batubatu besar. . alat pemukul kulit kayu. animisme dan dinamisme Alat-alatkehidupan Terbuat dari batu dan sudah diasah. kapak lonjong. Sudah mengenal teknik pengolahan logam. dan besi.

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

.07.3:8.393.3-07-:7:/.3 07...33.30:.07.8:/.33-8.3-0-7:7:/....8..3.2 0..3.8.3 .3-07-:7:/..9/.2 !4.3703/.3 -:..2 .203.73..49..8.2.9  /. :2- :2-.5.2./03. 202502253  .3203.3-07-:7:/.30-9.3:9 7 .7-.3:8.2  43/8.20325.3203:25:.3.9:-08.3907-:.9/423.20303.8 .4.80.2/.93  47.2.9: 9:.49.7.3-07.-0704254/.32.3.9.3:9  43/8.393.393.9025.3-07:7..3-07.8 5.2.38..32.3.3 8:/../03 -0:220303.2 204.38..574303024. 342.3907-:..3.39/.32.39.2.:3.2.  %.2.3 /.98075    ..  070020303.37.7.9-07-:7:..5.8.79:..3/:3.3.9.3:3./.:5/.33.9073  342..3..8-07-039:. . -:. -:.3.09.03.9/.-07-:7:/03.:.2  $89020507.3..:7.3.3.32.32.7/-.30..49.393.89.33...280. /.3.2 144/574/:.4.2:.3 80.993.2.49.- 47.9 .9 ./..32.5072-.9$:/.3 85:9 ::7.3.3-039:3..3/.3..49.3..3..  909.3:9 0.2578.9 .32/.7  .9:8 144/.9: /.8.3 8:/..20309.3203:3.3    .32.9/..32..7.3203:25:.9907-:.3.32.3.3-07. 50894803  .02-: .7..: !07-:7:.49. /../.38. 20303..3 9.8.7 /.7-.3.320./.-00/:5..7-07.3.2.2/.7 907-:.:  !74808203:25:.: 8..-.93 .5.3..:/..8.7.3/3.3.4.32.-0.3 2020.2-.8:2-072.3-.2.3.993..9.3-07.3203:25:.3 /.4.7-.9 ./03 8:/. -.79025.3 0/:5.9 ..3  /.80/07.203:.90/:5.3907-:.9./03.47..2..3907.2578...8.. . -...3/809.9-07:5.7.93 0/:5...5.8038!90..30.9.0.2:.0--08.993./:53.2 7 .9/./.-07.49...20309.2.9: 9:.907-:7: -079025.4.7..3:9 .: 0/:5.8890270  .3203:25:.5203./:.:.38.72:82/3302:825.5.8-07-039:..3.3 $:/580-.9: 943.3 /.2:.4.3942-.8.3/: 2.8.9/.3  .37:3.3/: .3.:82-4 82-4.: .2.9/. /.3903 07-.72.3.2:28:/.3.3.!4438.3  %.7-..3/..:7./...5//.38.380-.32.. .8.7./.39745:8070.9.  /:5-0753/..33/9:3:.5 -07.90/:5.3 /..2!07:-..:3..:3.3..80/07.3.38:/.3.3.889020507./.9.3.3  070. :.3.7..9.9.4.7.3/:3..7.7.::5.7.8890270 -07.  %025.3./:..3 -:. 07.&2- :2-.. :.

90/:5.3 907-:.8:/. 803.../:3.9:80./.3//....32820/.32070.: 507.9/..3 88902-./.7-.9/.7907 5079:....7.9 ....8..3-.2820 .3 507.2 803..38:/.9: -.7.8..9/.3/3.20303.2020.74303024.7.8.9.3 7 .3   ./.3 $:/.89.702..7..4343  07.2820    .8  %025.3/.35../..202-:.9035034.3/3.3  .3%07-:.9507.3  $:/.2.7902-.5.3/:3./.2-/.9 9025. 507:3: /.7.32.9:5.7...8.9:/.90..3 889020507.307.93.9502:::9.3507:3/.20303.9.3..2..9:-08.. 0:350780 .349.9 . /..35079:..3.3:39:202:.3507:3/.34..32820/.7  0507.3/-:.9-.0.9.7-.3  /.907-039:04254 0425407.7. .8..-.3-08  070.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful