HAKIKAT PROFESI KEPENDIDIKAN

Posted: 10 April 2010 by BAKTI WALUYO in Semester 4

1
HAKIKAT PROFESI KEPENDIDIKAN

1.

Hakikat Profesi Secara umum yang dimaksud dengan tenaga kependidikan adalah orang-orang yang berkecimpung dengan peserta didik dan peduli dengan masalah-masalah kependidikan serta meiliki tugas dan wewenang tertentu dibidang kependidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Peraturan pemerintah No.38/1992 tentang tenaga kependidikan banyak diatur tentang jenis, jenjang, wewenang, pengadaan, penugasan dan pemberhentian, pembinaan dan pengembangan, kesejahteraan, kedudukan dan penghargaan, dan ikatan profesi tenaga kependidikan.

1.

Harapan dan Tantangan Profesi Tenaga Kependidikan Salah satu ciri profesi adalah kontrol yang ketat atas para anggotanya. Suatu profesi ada dan diakui masyarakat karena ada usaha dari orangorangnya untuk menghimpun diri. Lewat organisasi itu, profesi dilindungi dan kemungkinan penyalahgunaan yang bisa membahayakan keutuhan dan wibawa profesi itu. Kode etik pun disusun dan disepakati oleh para anggotanya.

Bagaimana dengan profesi mengajar atau keguruan? Profesi ini termasuk yang bernasib kurang baik. Ada yang ngotot menyebutnya profesi. Ada juga yang menganggapnya bukan. Ada yang mengambil jalan tengah dengan menyebut mengajar/keguruan sebagai “semi profesional”. Kriteria profesi boleh saja diurutkan satu persatu, tetapi percuma. Keguruan tetap saja begini, dianggap profesi antara ada dan tiada. Disebut ada, memang ada, terbukti dari adanya kegiatan belajar mengajar dan ada jutaan guru. Dikatakan tiada, bisa juga, karena profesi ini tidak jelas defenisinya.

Profesi dalam dirinya mengandung pengertian penyerahan, pengabdian penuh pada suatu jenis pekerjaan yang mengimplikasikan tanggung jawab pada diri sendiri, orang lain dan profesi. Seorang profesional bukan hannya berkerja, melainkan ia tahu mengapa dan untuk apa ia berkerja serta tanggung jawab apa yang melekat dalam pekerjaannya. Jadi ia tidak boleh semaunya dalam berkerja.

Guru pada jenjang kebawahlah sering menjadi sorotan. Pada mereka, mengajar sebagai suatu kegiatan profesional masih dipertanyakan kebenarannya. Kini situasinya memang sudah lebih baik sehubungan dilakukannya secara ketat sertifikat mengajar yang hanya membolehkan orang-orang berwenang untuk berdiri di muka kelas.

1.

Pengertian Profesi Profesi pada hakikatnya adalah suatu pernyataan atau suatu janji terbuka yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu. Istilah profesi, menurut Everest Hughes

7. Ciri-ciri Profesi Kesadaran akan perlunya peningkatan profesionalisme berlangsung dalam berbagai bidang pekerjaan. 1994) merupakan simbol dari suatu pekerjaan dan selanjutnya menjadi pekerjaan itu sendiri. Sosialisasi nilai-nilai profesional. suatu profesi merupakan suatu pekerjaan yang memiliki fungsi dan signifikansi sosial yang benar. 6. 3. 9. banyak kendala yang dihadapi. komitmennya dan seluruh jasa yang diberikan kepada klien. dalam memberikan pelayanan kepada client. mulai pengertian profesionalisme itu sendiri sampai pada cara untuk meningkatkan profesionalisme itu. Proses pemrolehan ketrampilan tersebut bukan hanya dilakukan secara rutin. Tanggung jawab profesi harus diabdikan kepada mereka. Masa pendidikan. (dalam Dedi supriadi. Setiap pelanggaran terhadap kode etik dapat dikenakan sanksi. Tetapi begitu dijabarkan secara operasional kedalam langkah-langkahyang nyata dalam apa dan bagaimananya. dan kondisi kita yaitu: 1. melainkan sifat pemecahan masalah atau penanganan situasi krisis yang menuntut pemecahan. 4. upaya mempelajari dan menguasai batang tubuh ilmu dan keterampilan-keterampilan tersebut membutuhkan masa latihan yang sama. tidak gampang. Batang tubuh ilmu. sulit seseorang mewujudkan profesionalismenya . dan tidak cukup hanya beberapa minggu atau bulan. 1. Hal ini dilakukan sampai tingkat perguruan tinggi. Kebebasan untuk memberikan judgment-nya. 1. sistematis dan ekplisit. anggota suatu profesi mempunyai suatu kebebasan untuk menetapkan judgment-nya sendiri dalam menghadapi atau memecahkan sesuatu dalam lingkup kerjanya. 1997) merupakan salah satu versi tentang ciri-ciri pkok suatu profesi walaupun tidak sepenuhnya dapat sesuai dengan kebutuhan. dan tanpa ketiga hal ini dimiliki. Tanggung jawab profesional dan otonomi. Sebagai imbalan dari pendidikan dan latihan yang lama. maka seorang profesional mempunyai prestise yang tinggi dimata masyarakat dan imbalan yang layak. 8. komitmen suatu profesi adalah klien dan masyarakat. yaitu: keahlian. Banyak orang menganggap begitu pentingnya profesionalisme. 2. Ketiga hal itu pertama-tama dikembangkan melalui pendidikan pra- . Oleh karena itu. Dalam bidang apapun. bertahun-tahun. Hoyle. Kode etik. seorang profesional berpegang teguh kepada kode etik yang pelaksanaannya dikontrol oleh organisasi profesi. proses pendidikan tersebut juga merupakan wahana untuk sosialisasi nilai-nilai profesional dikalangan para siswa/mahasiswa. praktek profesional itu otonom dari campur tangan pihak luar.(dalam Piet A Sahartian. Fungsi signifikan sosial. untuk mewujudkan fungsi ini dituntut derajat keterampilan tertentu. komitmen dan skiil yang relevan. suatu profesi didasarkan pada suatu disiplin ilmu yang jelas. profesionalisme seseorang ditunjang oleh tiga hal. 5. Keterampilan.

Karena keahliannya yang tinggi. Dalam proses ini. pembinaan dari organisasi profesi dan tempat kerja. dan belajar dari pengalamannya. pendidikan dalam masa jabatan termasuk penataran. peningkatakn kualitas calon guru. seorang guru dituntut untuk memiliki lima hal. Secara bersama-sama menentukan pengembangan profesionalisme seseorang termasuk guru. keempat. Menurut jurnal (dalam Dedi Supriadi. Jika demikian. 1. Ketiga. imbalan. guru menguasai secara mendalam bahan/mata pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada siswanya. mulai cara pengamatan dalam prilaku murid sampai tes hasil belajar. dan selanjutnya ditingkatkan melalui pengalaman dan pendidikan/latihan dalam jabatan. Suatu hal lagi yang menentukan penampilan profesional guru adalah sejauh manakah ia menguasai prinsip-prinsip pedagogi secara umum mau pun didaktik-metodik secara khusus yang berlaku pada setiap mata pelajaran. penghargaan masyarakat terhadap profesi keguruan. guru mempu bersifir sistematis tentang apa yang dilakukannya. guru bertanggung jawab memantau hasil belajar murid melalui berbagai teknik evaluasi. Penegakan kode etik profesi.jabatan. maka seorang profesional dibayar tinggi. Ini berarti bahwa komitmen guru adalah kepada kepentingan siswanya. Kelima. instansi yang membina guru (dalam hal ini Dinas Pendidikan atau Yayasan swasta). dll. pendidikan prajabatan. . PGRI. 1998) untuk menjadi profesional. Kedua. Jenis Profesi Kependidikan Profesionalisasi guru Usaha-usaha apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru? Meningkatkan kualifikasi dan pelatihan mereka adalah penting. guru mempunyai komitmen pada murid dan proses belajarnya. Pertama. guru seyogyanya merupakan bagian dari masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya. maka usaha peningkatan profesionalisme guru merupakan tanggung jawab bersama antara LPTK sebagai penghasil guru. sertifikasi. Segi lain yang perlu dicatat adalah profesionalisasi harus dipandang sebagaiproses yang terus menerus. dan masyarakat. 1. melalui pendidikan pra-jabatan maupun dalam jabatan.

melainkan untuk pengabdian kepada masyarakat. Suatu profesi mengandung unsur pengabdian (Oemar Hamalik. (c) adanya pengawasan dari suatu organisasi profesi seperti IDI. adanya persepsi masyarakat bahwa kelompok-kelompok profesional mengatur dirinya dan lebih lanjut diatur oleh masyarakat berdasarkan minat dan kepentingan masyarakat. tinggi). A Hoyle profession (1969 performa an : esential 80-85) social Ciri-Ciri mengemukakah service (suatu profesi enam ciri suatu profesi. dan (b) sikap dan komitmen anggota profesi untuk bekerja berdasarkan standar yang paling ideal dari kode etik profesinya. layanan). Erik a. tinggi. persepsi yang melahirkan kepercayaan masyarakat itu ialah anggota-anggota suatu profesi memiliki motivasi untuk memberikan layanan kepada orang-orang dengan siapa mereka bekerja. c. Public Trust atau kepercayaan masyarakat (Bigs dan Blocher. 1984 : 3) menurutnya. 1999). PGRI dan IPBI. kepercayaan masyarakat terjadi dengan adanya suatu persepsi tentang kompetensi. Profesionalisasi menunjuk pada proses menjadikan seseorang sebagai profesional. profession gengerat (suatu berkembang profession pemberian Menurut Sutan Zanti dan Syahmiar Syahrun (1992 : 133) suatu jabatan profesional harus mempunyai beberapa ciri pokok yaitu : (a) pekerjaan itu dipersiapkan melalui proses pendidikan dan latihan secara formal. Ketiga. Profesionalitas menunjuk pada kualitas atau sikap pribadi individu terhadap suatu pekerjaan. tanggung jawab. Kepercayaan masyarakat yang menjadi penopang suatu profesi didasari oleh tiga perangkat keyakinan. Oemar Hamalik (1984 : 2) sampai pada suatu kesimpulan bahwa hakikat profesi adalah suatu pernyataan atau suatu janji yang terbuka. 1. (d) mempunyai kode etik sebagai landasan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab profesi tersebut. 1998 : 95). etik).Hakikat. dan profesionalisme (Abin Syamsuddin Makmun. Kedua. 1986 : 7). Pertama. Profesi menunjuk pada suatu pelayanan atau jabatan yang menuntut keahlian. Fungsi dan Tujuan Organisasi Profesi Kependidikan A. A A A profession dalam has a has in light a service periode degree code growth of waktu autonomy of (suatu ethics profesi (suatu yang profesi memiliki profesi dalam cukup otonomi memliki proses yang kode lama). profesional. yaitu : profesi. rendah sedang. profesionalitas. profesionalisasi. suatu profesi bukanlah dimaksudkan untuk mencari keuntungan materi belaka. f. (b) pekerjaan itu mendapat pengakuan dari masyarakat. Profesional menunjuk pada penampilan seseorang yang sesuai dengan tuntutan yang seharusnya dan menunjuk pada orangnya itu sendiri. A profession is founded up on a systematic body of knowledge (suatu profesi didasari oleh tubuh keilmuan yang sistematis). Hakikat Profesi Profesi melibatkan beberapa istilah yang berkaitan. e. pelayanan Profesi yaitu: sosial) menunjukkan b. . Pengabdian seorang profesional menunjuk pada pengutamaan kepentingan orang banyak daripada kepentingan diri sendiri. Profesionalisme menunjuk pada (a) derajat penampilan seseorang sebagai profesional. A profession requires a lengthy periode of academic and practical Training (suatu profesi memerlukan suatu pendidikan dan latihan d. dan kesetiaan terhadapnya (Dedi Supriadi.

kemampuan. dan memiliki fungsi peningkatan kemampuan profesional profesi ini. Profesi ini juga memiliki kode etik dan organisasi profesinya. profesi menuntut keterampilan tertentu yang diperoleh lewat pendidikan dan latihan yang “lama” dan intensif serta dilakukan dalam lembaga tertentu yang secara sosial dapat dipertanggungjawabkan. kesejahteraan ayat 4 tenaga dinyatakan kependidikan. para profesional terdorong oleh keinginannya mendapat kehidupan yang layak. . 38 tahun 1992. Pertama. yaitu motif intrinsik dan ekstrinsik. 2. dan falsafah tentang sistem nilai. 1999 : 95. 1. FKIP di pelbagai universitas dan sekolah tinggi serta LPTK lainnya. Profesi keguruan didukung oleh suatu disiplin ilmu. ada yang bersifat sosial. bahwa : Tenaga kependidikan berkewajiban untuk berusaha mengembangkan kemampuan profesionalnya sesuai dengan perkembangan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan bangsa. Kelima. Secara ekstrinsik mereka terdorong oleh tuntutan masyarakat pengguna jasa suatu profesi yang semakin hari semakin kompleks. tahun 1989. Pekerjaan sebagai guru muncul dari kepercayaan masyarakat dan mengabdikan diri pada masyarakat. ada kode etik yang menjadi pedoman perilaku anggotanya beserta sanksi yang jelas dan tegas terhadap pelanggar kode etik. Fungsi Organisasi Profesi kependidikan Organisasi profesi kependidikan berfungsi sebagai pemersatu seluruh anggota profesi dalam kiprahnya menjalankan tugas keprofesiannya. serta dilakukan dalam lembaga tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan. Fungsi Peningkatan Kemampuan Profesional Fungsi kedua dari organisasi kependidikan adalah meningkatkan kemampuan profesional pengemban profesi kependidikan ini. 1999 : 95). Fungsi Pemersatu Abin Syamsuddin. dapatlah diterima bahwa jabatan kependidikan / keguruan merupakan suatu profesi. Organisasi Profesi Kependidikan Sesuai dengan hakikat profesi dan ciri-cirinya. Intrinsik. Bahkan dalam kewenangan UUSPN profesional. politik ekonomi. kultural. yaitu ilmu keguruan dan ilmu pendidikan. pasal dan 31 . martabat. Fungsi ini secara jelas tertuang dalam PP No. Seperti IKIP.Dedi Supriadi 91998 : 96) mengemukakah lima ciri suatu profesi. Pekerjaan itu menuntut keterampilan tertentu yang dipersiapkan melalui proses pendidikan dan latihan yang relatif lama. Abin Syamsuddin. Ketiga. pekerjaan itu mempunyai fungsi dan signifikansi sosial karena diperlukan mengabdi kaepada masyarakat. yaitu dorongan yang menggerakkan para profesional untuk membentuk suatu organisasi keprofesian. Motif tersebut begitu bervariasi. sesuai dengan tugas profesi yang diembannya. B. pasal 61 yang berbunyi: Tenaga kependidikan dapat membentuk ikatan profesi sebagai wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan karier. sebagai konsekuensi profesi secara perorangan ataupun kelompok memperoleh imbalan finansial atau materiil. Dari pekerjaan ini seroang guru memperoleh imbalan finansial dari masyarakat sebagai konsekuensi dari layanan yang diberikannya. profesi didukung oleh suatu disiplin ilmu. 2. Kedua. Keempat.

38 tahun 1992. d. Tujuan Organisasi Profesi Kependidikan Sebagaimana dijelaskan dalam PP No. ada lima misi dan tujuan organisasi kependidikan. Menurut Johnson (Abin Syamsuddin (1999 : 72) kompetensi dibangun oleh 6 perangkat kompetensi berikut ini. yaitu program terstruktur dan tidak terstruktur. 3.Abin Syamsuddin (1999 : 70) dijelaskan bahwa kompetensi merupakan kecakapan atau kemampuan mengerjakan kependidikan. mempunyai bahan dan produk kegiatan belajar yang dapat diakreditasikan secara akademik dalam jumlah SKS tertentu. d. Terlingkup dalam program tidak terstruktur ini adalah a. c. Sedangkan visinya secara umum ialah terwujudnya tenaga kependidikan yang profesional. Pembinaan Pembinaan dan dan pengembangan pengembangan Penataran tingkat : nasional Supervisi sejawat individual C. Performence Subject Professional Process Adjustment Attidudes component component component component component component Kurikulum 1994 dapat dilakukan melalui dua program. anggota. pasal 61. a. Meningkatkan Meningkatkan Meningkatkan Meningkatkan dan dan dan dan / / atau atau mengembangkan / atau mengembangkan mengembangkan kewenangan mengembangkan karier kemampuan profesional martabat anggota anggota. 1. 4. 5. yaitu : meningkatkan dan/atau mengembangkan. anggota. 2. b. b. c. Program terstruktur adalah program yang dibuat dan dilaksanakan sedemikian rupa. e. Meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan . Program tidak terstruktur adalah program pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan yang dibuka berdasarkan kebutuhan tertentu sesuai dengan tuntutan waktu dan lingkungan yang ada. f.

. 050393.3 574808 -0. 80. 429203 :7: .. ..9.2 -.7.  0/:. 05.357410843.79 -..  :7: 2025:3.. 429203 5.8..3 93  2./.  3 -07.3 :7: /9:39:9 :39: 202 2.3./    :39: 203..3 /.  :7: 203:./-..  !079..3  .2. 203/../ 57410843.793  03:7:9 :73. 0./.2 0/ $:57. 8047./.-. 2:7/ /.703. .3.9..33.3 88.  8047. /..2 .73.

3 -07.9.32.3 -0. -078...9907.:7: /.9.38.7.8.207:5. :2:2 2..3 /.32.3 .3   !7410843.25.-.1.72:7/20.8.820:7:207:5.9.!%80-..3 57.9.23:3.7..8:7: 389.  09.257. 50393 20..8!03//..9.9  :7: 2025: -07817 88902.  :7: 804.32.25./..3 2070..2. 57385 57385 50/. 8.33.3 57410843.9..3/.3  2.2. 203...7:8 /5..3202-3.7...-..2.503..3 9072..7.3 . . :8..7/.: 2.3:.3-.55741080:7:.3503.: 5..9.9.3 80-.3.38./..357410843.3 57410843.7 47.2.3  $0 .:-07-..:.5. !# /.:./.3:39: 2033.33. .34/009574108 80791.3 $:. 203039:.39.3.7..3:3.8-0..8 -0. 50...38.9..:7:.3 9025.3 /  $0.8..8:7: &8..9 .3..-202.98 9039.2 574808 3  503//..9 2094/ 80.:503//..8 .503.9. .357.:2:7/8.8.8 574108 /.2.2.:.9-0.8.3/.-. 203:...:.72..  02.4 80.33.3 507: /.3 50.908 .8..2.3 /.9.3 /..: 5:3 //.9          .8 5033./.5.7 /.. 8079.43:7: 2-..3 907:8 20307:8  . .3 9072.7.5.7.8.3 50302-.3 !030.3.. 50.33.80.7.9 07.3  502-3.3 3./.357410843. .7  0025..2 2.9.8: :7:  .574808 .  :7: -079.39. .:5:3/.  503.. /02.7 503. 88.35741083. :8.--078.39.  /.9:. 05.7.3/.8.89..9030./.    038!741080503//.5 2.9. :8:8 ..7..9.3 /...8 2:.7.820 808047.7.9.8.820 :7:033.:.8: 503. 809..3/.9.7.2.7... 5033.8/.7.3203039:..3 .-..3. 57410843.9 /.3  503//..3:..3:3.

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

2.3 ..3 0503//. 4/0 09 ./...3.. /.2..7.7.3 /507400.5./507:.-/.8 !74108 0503//.7 8:. /.3 390381 8079.3 831.390.3 9: 2025:3.3 .3 .5.38. -.3 .9.3 203.25. 1:38 /.39079039:..3 .38 848..3.: . 8.7 4/0 09  02.:. 4380:038 574108 80./ 50/42. /03. 80-./.05..9.-08079.  574108 //::3 40 8:. .  /.703. 9079039: .9 503//.3:3.8.3 /.9: /853 2:  0025. .9.30.3 /./.3 13.907  $08:.349.-.3 50747.73.3. 2.3 80.8 /.8907.3 .  5007./     20302:.7.9 /5079.: 2..3 .9: 574108  !079. ..9 0/:.-.3 507.9 574108 /. 0/ $:57. 848.:5:3 04254 20250740 2-.2.9  ..3203. /9072.38 ..38.5 50.9.  /.    7.3  09.7 .9..2 02-. 574108203:39:90907.

 8:.3 &&$! 57410843.3.32. 808:.85741083.3 :39: -07:8.3  -.3 .302.3:3. 57410843.3 207:5.3  .3 /.38.938079.7 .3 /. /03.7. 203. 9039.3 .2 %03.  549 04342  :9:7.3  491 90780-:9 -09: -07.3 /-07.202-.8 0574108.: 574808 503//.5.3 .8 574108 .25.3 9:.8 !74108 0503//..3 .3/.3 57410843.5..-. /.3 20.25:.3 /..1.3.8.38.9  903.3.7./.3 . 0503//.25:..3.3 02.3 1.8.9 202-039: . 502-.9 848.  /.3203. :39: 2033.-/.33.3 5..3 20307.907/4743 40 033.8  .3 47.3 02 .907.357410843.     :38 !02078.3 02.3804.3 -071:38 80-.38..7.3 88902 3.3 2: 503//...9: 574108  !007.28://3      .3 70.  !74108 0:7:. 502 078..3 .25:.2.8.3.3    :38 !033.7.  /./.3:3.747.3.3 . /03.9: 574108 .8.3 -07-:3 %03. 089738 2070.3..  $0. 574108 3  -3 $..7.3 8:.33.8/.3 /.8 574108 0503//.9: 2: 0:7:.38.  8079.28://3   .. 0.3 42508  :380/:.  .38.. .  .3 //::3 40 8:..9 80-. .313..:.: /.3.  9. 2.3 -0781.707  02.3 57410843..3 4380:038 /.8.9/.8.9: 47.35741080503//..380-. 2./.-.33  :38 3 80...3 574108 80-..33.7 5007..3.3 9: 203:39:9 0907.8 9079:.8..3 2: 50309.9.3 089738 39738 5.9: 2491 39738/.3 /.... 0503//. 20302-../.7...7.3 $05079! !/50-. -3$.-.    :38 7. 203/..3 9:.3 9:39:9.7.3 .9.8.3 !7410843.33.5. !% .5.3 9079039: .  808:.3 :7:20250740 2-..9.91 .2 57..9/5079./.:.9 0/:5.3 /5078.3 90344 8079.3 /. 0:7:.0789.3 /02-.3/7 5.3   080.3 50702-.:3   5.3 3 8074.7 802.  7.3 -.:3./. /.9..9079039:. 574108 /.9: /4743.80503//.2 !! 4   9..79.9.25:.9: 80:7: .349.9: /853 2:  ..2033.3 0503//.9  5.70507..3 202 1:38 5033..  .38. 907/4743 40 9:39:9.:3   2.9 !007.9: /. /3.57410843.3 .9..3  !74108 3 :.9 503:3.38..72.50302-. :39: 202-039: 8:.:7: 2:3. .9.7.33.3 003... 2024/0 09 /.3 802 .25:.3 -070.3 /.8 0574108.3 20302-.

:3   5.3 -0..3 /-:.8.3 ..3 50302-.: /:.8.2.2 :2../.42543039 .3 0503//.088 /:892039 99/:/08 .3 9079039: 808:..3 /.9 /.3 /.42543039 . 28 /.2 9/.9 !74108843.3 47.28://3     42509038 /-./. 5747..3 !02-3.9.3 .3 0.3 903..2 . ./:.8.3.0 $:-0.3 50302-.25:.3.3 7:5.843.2 907897:9:7 .38.3  .2 907897:9:7 /.8.7 ... 5747. !74..8 0503//./.3 9:39:9.. 2.3 !03.42543039 .8.9:  2033../02 /.7.28://3     /0.3:3 40  507. .: 02.  /  0  1   :7::2  /.3 3:3.9 /.42543039 .   .3.38..9: /.9: 5747.3 /-:../.. 907897:9:7  !747.2 9/.9 42509038 -07:9 3  ..  %073:5 /. 907897:9:7 3 .7. /0./.3 574/: 0..9.9..2 !! 4   9.42543039 $0-.-3 $..3 /.:. $:507.8. 80.9 3/.2  .3 .  -  .3 93.3 7.3 -.3 .3 50302-.  /     %::.42543039 .3 9/.. 42509038 207:5..8 !74108 0503//.3 /.9. $$ 9079039:  !07147203.3  03:7:9 43843 -3 $.3 0-:9:.3 .3 20. -..2 5747.3 /.3 !02-3.2 502-3.  2025:3.3.9 /.3.7. 0503//.3 80/02.3 /.5. 907897:9:7 ..3.70/9.3  !747. 5747. /03.9  3.8 80.5. -07/.3 20307.  -  .3 /.3.3 /.3 9::.5.

3..3 .9.7.83.3 033.3 .3 /.9.. 907::/3.3 /.9.9. 903.9.3 033.3  $0/.: 20302-.3 033.3 57410843.3 /.3 /.3 .. 80.3. :2:2 ..          033. 0503//.

 .

3 .9.: .: 20302-.3. .9.

 .707 02. .9 .3 20302-.3080.3.907.3/.3 57410843.3.3    .3.3 003.   033.9.349.  .349. 2.3.  .: 20302-..-.25:.3.3 .349.79.349.320302-.3 20302-.9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful