SATUAN ACARA PENYULUHAN Pokok Bahasan Hari/tanggal Tempat Waktu A.

Tujuan Umum Setelah diberikan penyuluhan diharapkan peserta atau ibu dapat melakukan cara menyusui dengan benar sesuai dengan apa yang telah disuluhkan B. Tujuan Khusus Setelah diberikan penyuluhan ibu diharapkan mampu: a. b. c. d. e. Menyebutkan Pengertian Cara Menyusui yang Benar. Menyebutkan Manfaat dari Cara Menyusui yang Benar. Menyebutkan Cara Menyusui yang Benar. Menyebutkan Tanda-tanda Bayi menyusu dengan benar Menyebutkan Akibat Apabila Bayi tidak menyusu dengan benar C. Sasaran Ibu Nifas dan keluarga yang berada di ruang III Nifas RSNU Tuban D. Komunikator Mahasiswa Program studi S-1 Keperawatan STIKES NU Tuban Tingkat III Semester VI gelombang 2 E. Materi a. Pengertian Cara Menyusui yang Benar. b. Manfaat dari Cara Menyusui yang Benar. c. Cara Menyusui yang Benar. d. Tanda-tanda Bayi Menyusu dengan Benar e. Akibat Apabila Bayi tidak menyusu dengan Benar. F. Metode  Ceramah  Tanya jawab  Demonstrasi : Cara Menyusui yang Benar : Kamis, 11 Agustus 2011 : Ruang Nifas RSNU Tuban : 1 x 40 Menit

 Menyebutkan materi penyuluhan 2 15 Menit yang akan diberikan Penyajian Materi :  Mengkaji pengetahuan awal ibu tentang topik yang disampaikan  Menjelaskan tentang Pengertian Cara Menyusui yang Benar  Memberikan kesempatan pada ibu untuk bertanya  Menjelaskan tentang Manfaat dari Cara Menyusui yang Benar.  Memberikan kesempatan pada ibu untuk bertanya  Menjelaskan tentang Cara menyusui yang benar  Memberikan kesempatan pada ibu untuk bertanya  Menjelaskan tentang Tanda Mendengarkan & menjawab  Mendengarkan dan memperhatikan  Bertanya dan menjawab pertanyaan yg diajukan  Mendengarkan dan memperhatikan  Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan  Mendengarkan dan memperhatikan  Bertanya dan menjawab pertanyaan yg di ajukan  Mendengarkan dan  Mendengarkan  Mendengarkan PESERTA  Menyambut salam dan mendengarkan  Mendengarkan .G. Media  Leaflet  Pantom Bayi H. Kegiatan penyuluhan NO 1 WAKTU 5 Menit KEGIATAN PEMBICARA Pembukaan:  Memberi salam & Memperkenalkan diri  Menjelaskan tujuan dari penyuluhan.  Melakukan kontrak waktu.

Proses a. Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan sebelumnya (Satuan Acara Penyuluhan) 2. Ubaidillah Faqih Pembimbing : Hamidatus Daris. Masing-masing anggota tim bekerja sesuai dengan . Evaluasi 1. Struktural a.. Pengorganisasia 1. Penyelenggaraan penyuluhan dilakukan di Ruang III Nifas RSNU Tuban c. S.tanda Bayi menyusu dengan benar  Memberi kesempatan pada ibu bertanya.Kep. 3. Ibu hadir ditempat penyuluhan Fasilitator :  memperhatikan  Bertanya dan menjawab pertanyaan yg di ajukan  Mendengarkan dan memperhatikan  Bertanya dan menjawab pertanyaan yg di ajukan  Menjawab dan menjelaskan pertanyaan Mendengarkan dan membalas salam : Moh. J. Penyaji Mahmudah Lisdiyaningsih 2.  Menjelaskan Akibat Apabila Bayi tidak menyusu dengan benar  Memberi kesempatan pada ibu bertanya. Ns. 3 10 Menit Evaluasi :  Menanyakan pada ibu tentang materi yang diberikan dan reinforcement kepada ibu bila dapat menjawab & menjelaskan 4 5 Menit kem bali pertanyaan/materi Penutup :  Menyimpulkan  Mengucapkan salam I. b.

Cara Menyusui yang Benar. 3.tugas b. Tanda-tanda Bayi Menyusu dengan Benar 5. Bila peserta tidak aktif dalam kegiatan (tidak ada pertanyaan) fasilitator dapat menstimulasi dengan cara berdialog dengan pemberi materi dalam membahas materi yang sedang diberikan 2. Hasil Peserta mengerti dan memahami penjelasan yang diberikan oleh penyuluh yaitu sesuai dengan tujuan khusus peserta dapat menyebutkan: 1. serta peserta aktif dalam penyuluhan 50% dari yang hadir K. Akibat Apabila Bayi tidak menyusu dengan Benar. Peserta antusias terhadap materi penyuluhan. Pengertian Cara Menyusui yang Benar. Pertanyaan yang sekiranya tidak dapat dijawab oleh kelompok penyaji hendaknya dilakukan konfirmasi pada pembimbing klinik yang mendampingi . Antisipasi Masalah 1. 4. Manfaat dari Cara Menyusui yang Benar. 2. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful