Kerupuk Kulit, Tak Sekedar Street Food Belaka

Posted: May 29, 2009 by Sebuah Catatan Bulanan in Ada Barang Bagus

21

kerupuk kulit Kerupuk kulit tidak hanya sekedar street food atau jajanan saja. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kudapan ini. Dari segi bisnis hingga segi kesehatan. Kerupuk sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jajanan ini sering dikonsumsi untuk makanan selingan dan pelengkap makan nasi, bahkan tak sedikit orang menganggap kerupuk sebagai lauk sehari-hari. Ada dua jenis kerupuk yang dikenal masyarakat, yaitu kerupuk dengan bahan baku nabati dan kerupuk dengan tambahan bahan pangan hewani. Kerupuk bahan baku nabati seperti kerupuk singkong, kerupuk bawang, kerupuk pecel, kerupuk rambak, dan kerupuk mie. Sedangkan untuk kerupuk tambahan bahan pangan hewani seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, dan kerupuk rambak kulit. Untuk kerupuk rambak kulit masih belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kerupuk dengan bahan tambahan hewani yang banyak beredar di masyarakat saat ini mengunakan tambahan ikan dan udang. Bawang merah, bawang putih, dan garam umumnya digunakan produsen sebagai penyedap rasa alami. Agak Rumit. Konsumsi kerupuk rambak kulit yang rendah disebabkan juga karena belum banyak produsen yang menekuni usaha ini karena memang proses pembuatannya cukup rumit.Butuh ketekunan dan ketelitian dari pembuatnya. “Saya harus mencoba sampai lima kali, setelah itu baru bisa lancar membuat kerupuk rambak,” ujar Dalimin (66) yang sudah 22 tahun menggeluti usaha ini. Proses awal yang harus Anda lakukan untuk membuat kerupuk rambak yaitu kulit utuh sapi atau kerbau diiris menjadi empat. Disarankan memakai kulit kerbau karena akan memudahkan dalam pengelupasan bulunya. Kemudian dibuat lubang di salah satu sudutnya. Lalu direbus sekitar 15 menit hingga bulu dan kulit luar mudah dikelupas. Setelah direbus lalu didinginkan. Kemudian Anda kerok dengan menggunakan pisau sampai bersih. Langkah berikutnya, kulit tadi dipotong-potong segi empat kurang lebih 10 cm. Lalu di rebus kembali sampai matang. Proses selanjutnya adalah pendinginan dan pembersihan serta

“Pakai kayu bakar selain murah juga bisa mengatur suhu minyaknya. Dengan sedikitnya pesaing di usaha ini akan memudahkan Anda dalam proses pemasarannya. Sedangkan pemberian bumbu akan menentukan merata atau tidaknya bumbu. Dalimin bisa menjual kerupuk rambak hingga 300 kg per produksi jika lebaran tiba. “Harga 100 ribu per kilo tidak memberatkan pembeli kok. Di sini merupakan proses yang paling sulit. kalau lebaran Saya sampai kewalahan memenuhi permintaan pembeli. Harga yang dipatok Dalimin dalam menjual kerupuknya sebesar 100 ribu rupiah per kg. Keduanya dihaluskan hingga benar-benar halus. yaitu mengurangi jumlah kayu dan minyak kira-kira sampai setengahnya. Jika terjadi letupan. Saya harus mencari sampai Solo. Ada tips pemberian bumbu dari Dalimin. “Kalau di Purworejo sudah tidak ada kulit kerbau. selain membahayakan penggoreng juga bisa menyebabkan kerupuk menjadi rusak. Pemberian bumbu dilakukan saat kerupuk sudah mulai mengembang. Kemudian dipotong kecil-kecil sekitar 2 cm. Dua kulit sapi atau kerbau bisa menghasilkan 100 kg kerupuk rambak. pengusaha kerupuk kulit Peluang Bisnis. Penggorengan akan menentukan kerupuk yang mengembang dan renyah.” ujar pengrajin yang saat pertama kali usaha menjual kerupuknya seharga 12 ribu rupiah per kg ini. Lebih sulit mencari kulit kerbau daripada kulit sapi.” kata pengrajin asal Purworejo itu. Untuk penggorengan bisa memakan waktu hingga 8 jam. Belum banyaknya pengrajin yang menekuni usaha kerupuk rambak kulit. Ini supaya suhu tidak terlalu panas dan mengurangi letupan yang diakibatkan adanya garam dalam bumbu tadi.” ungkap Dalimin. Proses terakhir adalah proses penggorengan dan pemberian bumbu. padahal kulit kerbau lebih mudah dalam proses penglupasan bulunya. Kesulitan dalam usaha ini terletak pada pemenuhan bahan baku utamanya yaitu kulit. Dalimin. Bumbu untuk kerupuk rambak umumnya bawang putih dan garam. tentunya membuka peluang bisnis bagi Anda. Baru dijemur kurang lebih 2-3 hari. .pengambilan daging yang masih melekat di kulit. Dalam proses penggorengan disarankan menggunakan kayu bakar. Apabila tidak dijemur hingga kering bisa membuat kerupuk hancur pada saat penggorengan.

MSG. karbohidrat. punggung. Sesuai dengan Permenkes No.9 % protein. “Saya tak perlu menggunakan bahan pengawet. Efek samping tersebut seperti mual. penggunaan boraks pada makanan dilarang. fosfor. lemas. Tak hanya berpeluang bisnis. dan kedelai. Jajanan ini juga tak semuanya dibuat dengan bahan alami. Demi meraup keuntungan yang lebih. Saat ditanya berapa omzet per bulan. dengan proses pengeringan yang baik bisa bikin kerupuk lebih tahan lama kok. kerupuk kulit juga berpeluang menambah gizi untuk kesehatan tubuh.” ungkap Dalimin. Kerupuk kulit mengandung 82. dan lemak serta mineral terkandung didalamnya. menyimpulkan bahwa kerupuk kulit merupakan kerupuk yang paling bergizi dibandingkan dengan kerupuk tapioka. muntah-muntah. dan zat pewarna buatan. Terlalu banyak pemberian MSG tentunya tidak baik bagi kesehatan yaitu bisa menimbulkan Chinese Restaurant Syndrome (CRS). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI. dan besi terkandung sebanyak 0. pusing. Pengrajin nakal kadang menambahkan warna kuning agar penampilan kerupuk lebih menarik. pusing. denyut jantung lebih cepat. Dalimin hanya mengatakan mengambil keuntungan 5 ribu rupiah per kilogram dari kerupuk rambak yang dijualnya. Hal lain yaitu Anda merasa lemas. Berdasarkan hasil penelitian dari Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular. Untuk kerupuk sayur ini. Boraks umumnya digunakan pengrajin untuk bahan pengawet. sesak nafas dan perasaan tidak enak. Umumnya digunakan untuk sayur. Sedangkan mineral seperti kalsium. dan . depresi. pengrajin kadang mencampurkan bahan tambahan seperti boraks. Untuk kerupuk rambak tanpa zat pewarna mempunyai warna kuning kusam yang terciptakan secara alami dalam proses penggorengan.04%. Berbagai macam gizi seperti protein. Bergizi Tinggi. Ini dikarenakan akan menyebabkan efek samping negatif pada kesehatan tubuh. Anda tentunya harus berhati-hati dengan ketiga bahan tambahan tersebut. kerupuk-kerupuk gagal tersebut tetap bisa dijual. Proses membersihkan rambut Pemberian MSG pada kerupuk kulit biasanya untuk penyedap rasa. muka memerah.Diantara kerupuk rambak yang berhasil dalam penggorengan ada pula kerupuk yang gagal. Gejala pengidap CRS ini adalah perasaan kaku bagian tengkuk kemudian menyebar ke bagian tangan. 1168/Menkes/Per/X/1999. diare. Dalimin tetap menjual dengan harga 100 ribu per kg. terigu.

kram perut.com/2009/05/29/kerupuk-kulit-tak-sekedar-street-food-belaka/ Analisis kelayakan usaha pembuatan kerupuk rambak kulit sapi dan kulit kerbau (Studi kasus: usaha pembuatan kerupuk rambak di kecamatan Pegandon kabupaten Kendal Jawa Tengah) Show full item record Title: Analisis kelayakan usaha pembuatan kerupuk rambak kulit sapi dan kulit kerbau (Studi kasus: usaha pembuatan kerupuk rambak di kecamatan Pegandon kabupaten Kendal Jawa Tengah) Author: Oktafiyani. usaha kerupuk rambak dipengaruhi oleh bahan baku. Keunggulan UKM membuat Pemda Kabupaten Kendal memberdayakan UKM untuk membangun daerah. Roch Ika Sektor UKM merupakan sektor yang memiliki berbagai keunggulan. http://misteergalih. Namun. UKM juga memiliki laju pertumbuhan yang lebih baik jika dibandingkan dengan usaha besar. Permintaan kerupuk rambak meningkat namun permintaan ini tidak diimbangi oleh penawaran dari industri kerupuk rambak.48 persen dari total PDRB di Kabupaten Kendal. Makanan kecil. atau kudapan apapun. jika kita jeli maka akan mempunyai manfaat dan peluang yang besar. Kerupuk rambak merupakan salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari bahan baku kulit sapi dan Abstract: kerbau. Selain itu. perlu dilakukan analisis kelayakan usaha untuk menilai usaha pembuatan kerupuk rambak serta analisis bagaimana pengaruh penggunaan bahan baku kulit kerbau sebagai input produksi kerupuk rambak terhadap kelayakan usaha. Oleh karena itu. usaha pembuatan kerupuk rambak dianggap sebagai usaha tradisional yang tidak mendatangkan keuntungan.6 persen. . Pemda Kabupaten Kendal telah menetapkan wilayah-wilayah tertentu sebagai produsen makanan kecil.wordpress. Harga kulit kerbau lebih mahal jika dibandingkan dengan kulit sapi. Apabila terlalu sering menyantap makanan berboraks bisa menyebabkan efek samping yang lebih parah seperti kekejangan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi kelayakan pembuatan usaha kerupuk rambak dilihat dari aspek non finansial. dan koleps. 2) Menganalisis kelayakan finansial usaha pembuatan kerupuk rambak bahan baku kulit sapi dan kulit kerbau. Kontribusi industri pengolahan termasuk UKM sebesar 35. Keunggulan ini membuat kontribusi UKM terhadap perekonomian Indonesia pada tahun 2007 sebesar 53. Salah satu produk yang dikembangkan adalah kerupuk rambak dengan sentra pembuatannya adalah di Kecamatan Pegandon. Ketidakseimbangan permintaan dan penawaran ini mengindikasikan masih ada pangsa pasar yang masih dapat diraih oleh pelaku usaha. koma. makanan ringan.

30 tahun. Nilai IRR sebesar 67.48 persen. aspek manajemen. kenaikan harga kulit dan kenaikan harga lemak. Berdasarkan kriteria kelayakan investasi usaha kerupuk rambak kulit sapi layak diusahakan. Perhitungan laba rugi menunjukkan bahwa usaha pembuatan kerupuk rambak kulit sapi menghasilkan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan usaha yang menggunakan kulit kerbau.09. Nilai Net B/C sebesar 5.846. Berdasarkan kriteria kelayakan investasi usaha pembuatan kerupuk rambak yang menggunakan bahan baku kulit kerbau layak diusahakan. Internal Rate of Return (IRR).3) Menganalisis kepekaan usaha pembuatan kerupuk rambak kulit sapi dan kulit kerbau. sosial dan lingkungan dalam usaha pembuatan kerupuk rambak. dan aspek ekonomi. perubahan terhadap penurunan penjualan kerupuk rambak kedua jenis kemasan secara serentak dikatakan berpengaruh paling besar diantara kondisi lainnya terhadap kelayakan usaha. penurunan penjualan kemasan kecil. usaha pembuatan kerupuk rambak belum layak karena belum memiliki pembukuan atas penjualan yang dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi literatur. Analisis kualitatif dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang aspek pasar. usaha pembuatan kerupuk rambak yang menggunakan bahan baku kulit sapi merupakan usaha yang lebih layak diusahakan. Hal ini dapat dilihat dari kriteria kelayakan finansial dari usaha kerupuk rambak kulit sapi memiliki nilai yang lebih baik berdasarkan kriteria investasi dibandingkan usaha pembuatan kerupuk rambak menggunakan bahan baku kulit kerbau. Usaha pembuatan kerupuk rambak yang menggunakan bahan baku kulit kerbau memiliki kepekaan .883. perubahan terhadap penurunan penjualan kerupuk rambak kedua jenis kemasan secara serentak dikatakan berpengaruh paling besar diantara kondisi lainnya terhadap kelayakan usaha. Namun dari aspek manajemen. Sedangkan analisis kelayakan finansial kerupuk rambak kulit kerbau menunjukkan nilai NPV yaitu Rp 89. Perbandingan kelayakan finansial antar kedua usaha menunjukkan bahwa dari kedua jenis usaha. Berdasarkan hasil analisis switching value. Net benefit and Cost Ratio (Net B/C Ratio) dan analisis switching value.00. Keragaan usaha pembuatan kerupuk rambak jika dilihat dari aspek pasar. aspek hukum dan aspek sosial ekonomi dan lingkungan layak untuk diusahakan. Payback Period.81 persen. Hasil analisis finansial usaha pembuatan kerupuk rambak kulit sapi menunjukkan nilai NPV yaitu Rp 271. Variabel untuk analisis switching value adalah penurunan penjualan kemasan besar. Pengambilan data di lapang dilaksanakan pada bulan Desember 2008 sampai dengan Maret 2009.836. Payback Period (PBP) selama 5. usaha dinilai lebih layak menggunakan bahan baku kulit sapi karena ketersediaan kulit sapi yang lebih banyak di pasar.775. Dari aspek teknis. Pengambilan sampel menggunakan metode pengambilan contoh secara simple random sampling untuk responden pengusaha kerupuk rambak kulit sapi sedangkan untuk pengusaha kerupuk rambak kulit kerbau dilakukan secara purposive. Berdasarkan hasil analisis switching value. 4) Membandingkan kelayakan finansial usaha pembuatan kerupuk rambak dengan bahan baku kulit sapi dan kulit kerbau. Analisis kuantitatif dilakukan untuk menganalisis kelayakan aspek finansial menggunakan kriteria Net Present Value (NPV).16. Analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Lokasi penelitian dipilih secara purposive. Payback Period (PBP) selama 2. aspek teknis.00. penurunan penjualan kedua kemasan. Nilai Net B/C sebesar 2. Data diambil dari tiga responden pengusaha kerupuk rambak. Nilai IRR sebesar 27.83 tahun. aspek teknis.

id/handle/123456789/14241 Gurihnya Kerupuk Kulit Last Updated on Wednesday.ipb. 30 March 2011 13:06 Siapa yang tidak mengenal kerupuk kulit. renyah.ac. Dari warung kecil hingga restorant . tapi juga ada juga yang berbahan baku dari kerbau bahkan kambing. dan tidak berbau amis. Namun kerupuk kulit yang berbahan baku dari sapi lebih tipis. Kerupuk kulit begitu banyak diminati penggemar kuliner dan cemilan di Indonesia. muda. bahkan anakanak amat menggemari kerupuk kulit.yang lebih tinggi terhadap perubahan yang disebabkan oleh keempat variabel dibandingkan dengan usaha kerupuk rambak yang menggunakan bahan baku kulit sapi. tak heran menjadi yang paling digemari. Baik orang tua. Kerupuk kulit tidak hanya berbahan baku dari sapi. http://repository. Lidah orang Indonesia sangat klop dengan kerupuk yang kebanyakan terbuat dari bahan baku hewan sapi ini. 30 March 2011 13:29 Written by Administrator Wednesday. Kerupuk kulit cukup mudah ditemukan di Indonesia.

tidak dari kulitnya secara langsung. hingga kerupuk sapi berwarna coklat. Kelompok glutamat sebagai garam kalsium. Krupuk kulit biasa dijadikan cemilan oleh masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkan kerupuk rambak sapi yang garing dan gurih. besi dan mineral lainnya. lemak. bubur ayam. Hal ini sangat membantu bagi individu yang membutuhkannya. bahkan jangan asam pun turut ditemaninya. Kerupuk kulit cukup baik bagi tubuh lho! Karena kerupuk yang gurih dan renyah ini mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh. Bagaimanakah cara pembuatan kerupuk kulit? Pembuatan kerupuk kulit sapi cukup rumit. kerupuk kulit mengandung protein 82. Berdasarkan penelitian terbaru. gulai kambing. ataupun sebagai teman makan seperti soto. Proses terakhir yang dilakukan adalah adalah memotong kulit sapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. kerupuk kulit sapi harus digoreng dalam minyak yang panas dan banyak. Kerupuk kulit merupakan makanan legendaris Indonesia. diantaranya protein. maka tak heran di beberapa daerah kerupuk kulit memiliki cukup banyak sebutan. Karena . Proses pengeringan ini harus benarbenar sempurna. nasi padang. dan natrium glutamat.91%. dan Krecek. sate ayam. MSG ini adalah kelompok garam. fosfor. ditiriskan atau tidak. agar didapatkan kerupuk kulit sapi yang mengembang dengan baik. Sedang Natrium glutamat atau MSG. Kemudian bulu-bulu yang masih tersisa dihilangkan dengan cara dikerok menggunakan pisau.8 g – 5.3 g per 100 g kerupuk kulit dengan rata-rata 3. Kandungan mineral ini terdiri dari kalsium. Proses selanjutnya adalah pengeringan dengan cara dijemur.menyediakannya. Besarnya minat masyarakat Indonesia pada kerupuk kulit ini mendatangkan berkah bagi pelaku usaha kerupuk kulit. nasi pecel. Setelah di goreng. Setelah itu dilakukan proses perebusan untuk membersihkan kulit bagian luar dan lemak yang menempel pada kulit. Pertama-tama kulit sapi direndam dalam air kapur selama beberapa hari. efeknya hampir sama dengan garam dapur yang jika dikonsumsi banyak akan meninggikan tekanan darah. yang terkandung pada kerupuk kulit sebesar 0.05 g per 100 g. terutama industri rumahan atau industri rumah tangga (IRT). mineral. kandungan lemak meningkat menjadi 20-30 kali lipat tergantung pada bahan yang di gunakan dan cara menggorengnya. kalium dan natrium merupakan kelompok bahan tambahan makanan (BTM) yang berfungsi sebagai penguat rasa atau meningkatkan rasa enak. Lemak kerupuk kulit sapi yang mentah umumnya 3.04%. Kandungan mineral yang terdapat dalam kerupuk kulit sebesar 0. Kerupuk kulit dibuat dari lemak kulit sapi. Dari bentuk kecokelatan kecil kerupuk akan mengembang berwarna terang dengan bagian tengah berongga. Rambak. namun cukup merugikan bagi individu yang harus membatasi konsumsi minyak. seperti Karupuk Jangek. Apalagi isu cinta produk Indonesia makin gencar-gencarnya oleh pemerintah dan banyak kalangan masyarakat.84% per 100 g.

Sebab kulit sapi dan kulit babi ketika diproses menjadi kerupuk akan menghasilkan jenis kerupuk yang mirip. Oleh karena itu wajar jika kulit untuk keperluan kerupuk menjadi langka dan sulit didapatkan. seperti sepatu. Sedangkan. China. Bagi orang awam akan sulit membedakan antara kerupuk kulit sapi ataukah kulit babi. Tidak hanya karena alasan sulitnya mendapatkan kulit sapi lokal. Hingga tak heran. Perdagangan kulit impor ini terjadi secara sembunyi-sembunyi. kulit yang tidak jelas itu adalah kulit yang dari bangkai. menurutnya. selama ini tidak sedikit kerupuk kulit yang terbuat dari kulit tersebut. kandungan gizinya. Kore. selain untuk keperluan pangan. tidak bisa dilakukan di pasarpasar umum. ada hal penting lainnya yang perlu dibahas yaitu isu kehalalan kerupuk kulit yang mulai diragukan. fakta dilapangan produsen kerupuk kulit sulit mendapatkan bahan baku kulit sapi. tas. Berita buruknya. hingga dapat dipastikan proses penyembelihannya tidak sesuai syari‟. MenurutKyai Navis. namun harga yang ditawarkan daging dan kulit impor juga lebih murah hingga produsen kerupuk kulit lebih memilih kulit sapi impor. harganyapun melmbung tinggi. di Indonesiapun cukup banyak beredar yang setelah diteliti kerupuk kulit ini berbahan baku babi. Untuk mendapatkan bahan baku tersebut. Brunei Darussalam hingga ke Arab Saudi. Abdurrahman Navis mengatakan “Rambak (kerupuk kulit) haram dikonsumsi jika terbuat dari kulit yang tidak jelas kehalalannya”. kulit impor. cara pembuatannya serta fenomena produksinya. dan Thailand. dan jaket. makanan „kriuk-kriuk‟ ini telah di ekspor ke Malaysia. sedang produksinya „paspasan‟ mengakibatkan melambungnya harga kerupuk kulit dipasaran. Setelah kita membahas kegurihan dan kerenyahan kerupuk kulit. para pengusaha kerupuk tidak mampu mengimpor sendiri. hal ini disebabkan negeri pengimpor adalah negeri yang mayoritas penduduknya non Muslim. juga digunakan untuk kerajinan kulit. Ketua Bidang Fatwa MUI Jatim. Keraguan kehalalan kerupuk kulit ini berada pada ranah kebenaran kulit tersebut dari sapi atau dari babi? Cara penyembelihannya sesuai syari‟ atau tidak terutama kulit impor? Sedang apabila . Kulit-kulit tersebut. Kulit lokal yang bagus. Kulit impor dikhawatirkan menjadikan kerupuk kulit menjadi haram. Hal lain yang dipertanyakan adalah apakah benar itu kulit sapi bukan kulit babi. Maka ada adigium“kerupuk kulit adalah makanan favorit mahal” masyarakat menengah kebawah. Selandia baru. respon masyarakat. Berita baiknya.memang mayoritas produsen kerupuk kulit adalah pelaku usaha menengah kebawah atau industri rumahan. Bila ada. Mereka mendapatkan dari para pemasok dan pedagang besar yang mampu mengimpor secara langsung dari luar negeri. Bahkan pengusaha kerupuk yang tidak tahu informasi ini juga sulit mendapatkan bahan baku tersebut. ujarnya selain haram juga bisa mengakibatkan penyakit. Akhir-akhir ini produksi peternakan sapi lokal memang melemah. Untuk memenuhi kebutuhan kulit sapi guna memenuhi produksi kerupuk kulit. para produsen mengimpor dari luar negri diantaranya Australia. dengan banyaknya permintaan. dan kulit limbah. Tidak hanya kulit sapi impor yang terbukti adalah kulit babi. Amerika. KH.

dan berbagai jenis masakan lainnya.muzakki. Selandia Baru. karena minimnya pasokan dan banyaknya permintaan.com/index. Sedangkan kulit lokal yang bagus.php?option=com_content&view=article&id=192:gurihnya-kerupukkulit&catid=34:info-halal&Itemid=66 Kerupuk Kulit August 10th. Untuk memenuhi kebutuhan daging sapi. Kerupuk yang gurih dan renyah inipun cocok dipasangkan dengan makanan apa saja.memang kerupuk kulit ini terbuat dari bahan baku sapi atau sejenisnya (seperti kerbau) dengan proses pembuatan seperti biasanya kerupuk kulit. justru menunjukkan fakta yang sebaliknya. Jawa Timur. yang berasal dari berbagai kalangan. Tetapi melihat animo masyarakat yang begitu besar dan keberadaannya yang tersebar luas. Dalam beberapa tahun terakhir ini. Kesulitan bahan baku ini bahkan telah memaksa beberapa penghasil kerupuk kulit di Jember terpaksa harus menghentikan produksinya. Besarnya permintaan kerupuk kulit ini tentunya mendatangkan hikmah bagi industri kecil yang bergerak di bidang tersebut. baso. Kalaupun ada harganya sudah melambung sangat tinggi. Anda akan dengan mudah mendapatkannya di berbagai warung dan restoran. Bahkan dimakan sendirian pun enak juga. Beberapa industri yang skalanya masih industri rumah tangga (IRT) itu mengeluh tidak dapat berproduksi secara kontinyu. Penggemarnya sangat banyak. Daging tersebut didatangkan dalam bentuk daging beku tanpa tulang dan tanpa kulit. Konsumsi kerupuk kulit di Indonesia sangatlah besar. dan Amerika. Beberapa IRT tersebut mengaku sulit mendapatkan bahan baku kulit yang dibutuhkannya. produksi peternakan sapi lokal kita memang mengalami stagnansi. Ia bisa menemani soto. kita pantas menduga bahwa konsumsi kerupuk ini sangat besar. selain untuk . nasi padang. maka daging impor pun didatangkan dari negara-negara Australia. •(fh) http://www. Memang secara statistik belum didapatkan angka pasti mengenai jumlah kuantitatif konsumsi kerupuk kulit di Indonesia. Tetapi dari hasil pantauan kami terhadap beberapa industri kecil kerupuk kulit di Sidoarjo dan Jember. 2009 admin Kerupuk kulit memang sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari lidah konsumen orang Indonesia. bubur ayam. maka kerupuk kulit tersebut halal.

Bahkan pengusaha kerupuk yang tidak tahu informasi ini juga sulit mendapatkan bahan baku tersebut. akan mendatangkan masalah dan pertanyaan besar. kerupuk kulit yang beredar dan banyak dikonsumsi masyarakat itu berasal dari mana?Sebagaimana angka konsumsi. tim lppom mui (republika) http://www. meskipun data secara pastinya belum didapatkan. Secara fisik menggunakan pandangan mata biasa. akan sulit mendapatkan sapi yang disembelih secara Islam. Untuk mendapatkan bahan baku tersebut. Oleh karena itu wajar jika kulit untuk keperluan kerupuk menjadi langka dan sulit didapatkan. kita masih akan bertanya. seperti sepatu.halalguide. Namun sekedar tips kecil. akan sulit menentukan kehalalan kerupuk kulit tersebut. Perdagangan kulit impor ini terjadi secara sembunyi-sembunyi. Apalagi kebanyakan industri yang membuatnya adalah industri kecil atau industri rumah tangga yang sulit dipantau keberadaannya. Kalau demikian. Anda sebaiknya waspada terhadap kerupuk kulit yang warnanya lebih putih. tas. tidak bisa dilakukan di pasar-pasar umum. Kalaupun seandainya memang benar kulit sapi. kita masih bisa mempertanyakan. Lebih dari itu memang sebaiknya kita waspada terhadap makanan yang gurih dan renyah ini. Apalagi jika sudah disajikan secara rapi dan dikemas di dalam plastik. apakah hewan tersebut benar-benar sapi ataukah babi? Sebab kulit sapi dan kulit babi ketika diproses menjadi kerupuk akan menghasilkan jenis kerupuk yang mirip. 22 November 2010 PEMBUATAN KERUPUK KULIT .keperluan pangan. apakah kulit tersebut dijamin kehalalannya? Dari hewan yang menghasilkan kulitnya. Kulit sapi impor itu konon didatangkan dari Korea dan Cina. Lalu pertanyaannya. bagaimana status kehalalan kerupuk kulit yang setiap hari disajikan di warungwarung dan kita makan? Memang sulit menentukan status kehalalannya. para pengusaha kerupuk tidak mampu mengimpor sendiri. apalagi dari negara-negara non-Muslim. juga digunakan untuk kerajinan kulit. Jika benar kulit yang dipakai industri kerupuk tersebut didapatkan dari impor. apakah sapi tersebut disembelih secara halal ataukah tidak? Jika berasal dari negara seperti Korea dan Cina. penampakannya lebih halus. dan jaket. data produksi kerupuk kulit ini juga sulit didapatkan. Mereka mendapatkan dari para pemasok dan pedagang besar yang mampu mengimpor secara langsung dari luar negeri. Dari hasil penelusuran informasi kepada para pengusaha kerupuk kulit didapatkan fakta bahwa beberapa industri kerupuk kulit tersebut menggunakan bahan baku kulit impor. Bagi orang awam akan sulit membedakan antara kerupuk kulit sapi ataukah kulit babi.info/2009/08/10/kerupuk-kulit/ Senin. lebih empuk dan lubang udaranya kecil-kecil.

Semua itu dibutuhkan kemampuan dan belajar.6 Kata Pengantar Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah S. kami juga ingin mengajak kepada masyarakat luas agar kita bisa membuat kerupuk kulit atau membuat usaha seperti ini. kami menyusunnya dengan sistematis dan semenarik mungkin. dan Jadikanlah usaha seperti ini untuk mebuat lapangan pekerjaan yang baru dan bisa mengurangi tingkat pengangguran. Dan kerupuk kulit pun sudah berkembang luas di daerah Indonesia. .. Bekasi. Belajar dan usaha merupakan jalan agar seseorang bisa mencapai tujuannya.. yang telah memberikan kesehatan pada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini serta yang menciptakan alam semesta ini.. Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai macam jenis makanan daerah.2 Cara Pembuatan Kerupuk Kulit ………………………………………………………………3 Penutup …………………………………………………………………………………. Dengan makalah ini. November 2010 Penulis BAB I PENDAHULUAN 1.. Allah menciptakan manusia dengan akal dan pikiran untuk memenuhi kehidupannya serta dapat mengembangkan teknologi sehingga lebih maju.T. kami buat dengan materi-materi tentang cara dan langkah-langkah dalam pembuatan kerupuk kulit.. Oleh karena itu kami berusaha mencari tahu mengenai pembuatan atau produksi awal kerupuk kulit. mohon kritik dan sarannya demi kelengkapan makalah ini. Dalam makalah tentang cara pembuatan kerupuk kulit ini. Isi makalah ini cukup lengkap dari Langkah awal sampai selesainya proses pembuatan kerupuk kulit.Daftar Isi Kata Pengantar ………………………………………………………………………………1 Pendahuluan ………………………………………………………………………………….. Agar isi makalah ini dapat mudah di mengerti. Dari beberapa hasil pencarian kami ketahui bahwa kerupuk kulit berasal dari daerah jawa tengah yaitu Yogyakarta dan sering di pergunakan untuk makanan gudeg dan krecek.W.1 Latar Belakang Makalah ini kami buat di dasari karena rasa keingintahuan akan cara membuat kerupuk kulit. Akhirnya kami selaku penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfat bagi kita semua...

Namun dalam pembuatan bahan dasarnya tidak semua jenis sapi atau kerbau yang bisa diambil kulitnya untuk pembuatan kerupuk kulit . Dalam pembuatan kerupuk kulit juga diperlukan banyak pekerja untuk mendukung hasil produksi .1.2 Tujuan • Megetahui cara pembuatan kerupuk kulit • Mempelajari langkah awal dari pembuatan kerupuk kulit 1. . Setelah itu kulit sapi terpisah dari bulu-bulunya para pekerja melanjutkannya dengan mencuci kulit – kulit sapi kedalam sebuah wadah yang telah berisi air dan di cuci beberapa kali sampai bersih dan ditiriskan .karena selain mudah dalam penggolahanya kerupuk yang dihasilkan juga lebih bagus kualitasnya . Biasanya kulit dijemur dari pagi sampai sore. Setelah itu kulit sapi sebagai bahan dasar utama sampai dipabrik para pekerja bersama-sama bergotong-royong untuk membersihkan bulu-bulu yang ada pada kulit sapi dengan cara dipanggang dalam bara atau tungku pembakaran . Bahan – Bahan : Kulit sapi kupang dan bali Air mendidih sekitar 1 atau 2 bak Penggorengan besar dan oven Panjang Dan alat-alat tajam lainnya Langkah pertama kulit sapi atau kerbau dipesan dari luar daerah seperti kupang atau bali.Karena disini lebih diutamakan sapi atau kerbau yang berumur masih muda dan sapi atau kerbau yang paling bagus untuk bahan dasar pembuatan kerupuk kulit adalah sapi atau kerbau yang berasal dari kupang dan bali. Setelah matahari mulai terbenam kulit yang tadi dijemur siap di angkat kedalam pabrik kembali dan digoreng setengah matang dalam minyak yang telah dipanas kan sedikit demi sedikit dan kemudian ditiriskan.oleh karena itu kulit yang sapi atau kerbau untuk dasar pembutannya tidak boleh sembarangan agar hasilnya memuaskan konsumen apabila ia mengkonsumsinya . cara pembuatan kerupuk kulit tidak semudah yang kita bayangkan .kulit sapi yang telah dipotong diletakan dalam sebuah tempat segi empat memanjang dan siap untuk dijemur diluar pabrik tempatnya dilapangan yang telah disediakan . para pekerja sudah mempunyai tugasnya masing-masing. Setelah itu airnya mulai kering kulit pun mulai dipotong kotak-kotak kecil oleh 2 orang pekerja atau lebih untuk yang bertugas memegangi kulitnya agar mudah untuk dipotong.3 Manfaat • Menambah wawasan kita mengenai sebuah pembuatan kerupuk kulit BAB II CARA PEMBUATAN KERUPUK KULIT Kerupuk kulit merupakan salah satu jenis makanan yang berbahan dasar dari kulit sapi atau kerbau.

BAB III PENUTUP DAN KESIMPULAN Kekurangan dalam proses pembuatan kerupuk kulit : 1.yang ingin menikmati kerupuk kulit terlebih dahulu harus di goreng kembali. 3.blogspot.Namun bila tidak ada matahari di siang hari atau pada saat hujan. Para pekerjanya pun juga kurang memperhatikan kebersihan diri Karena para pekerja.html . Tempat pembuatan kerupuk kulit(pabrik) kurang diperhatikan kebersihan tempat dan pembuatanya . tapi kerupuk kulit yang dihasilkan oleh pabrik baru berbentuk kerupuk kulit setengah jadi . Manajemen yang digunakan masih sederhana . 2. http://dimasfahriza28.com/2010/11/daftar-isi-kata-pengantar-1-pendahuluan. bekerja dengan tanpa menggunakan baju. Bagi para pembeli . Setelah kulit terpisah dari minyak tadi dan didinginkan. Alat-alat yang digunakan masih manual . kulitpun dimasukan dalam karung yang berukuran 50 kg dan siap untuk dipasarkan. Biaya yang digunakan masih tebilang murah karena alat-alat yang digunakan cukup sederhana .biar bisa dikonsumsi oleh keluarga . Keuntungan dalam proses pembuatan kerupuk kulit : 1. 4. Pegganti dari pemanasan matahari yaitu dengan menggunakan pemanasan lewat oven yang sudah tersedia oleh pabrik atau produsennya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful