PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA

PENGANTAR

Buku panduan standar sarana dan prasarana ini dibuat dengan maksud dan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sarana fisik pembelajaran di STTR Cepu. Sehingga kebutuhan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di jurusan teknik mesin, sipil dan elektro dapat dipenuhi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh sistem penjaminan mutu STTR Cepu. Buku panduan ini digunakan sebagai acuan atau rambu-rambu dalam pelaksanaan pemenuhan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di jurusan teknik mesin, sipil dan elektro.

Cepu, Tim penyusun

3
Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU

Ruang Laboratorium/Bengkel ......... Olah raga............ BAB IV Lampiran SK Penetapan Panduan Standar Sarana dan Prasarana Borang Standar Sarana dan Prasarana PENUTUP ...................... 1 2 3 4 4 4 6 8 19 25 L......................................... F........................ Latar Belakang ............ Lahan ................................................................... Buku dan Sumber Belajar ....... Perlengkapan Lain Untuk menunjang Proses Pembelajaran M...............................................................PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA DAFTAR ISI HALAMAN COVER ............. Peralatan Laboratorium/Studio ...... BAB I PENDAHULUAN ............. PENGANTAR . E.......... DAFTAR ISI ............... I..................... B.......... Peralatan Ruang Kuliah ............................................................... BAB II STANDARSARANA DAN PRASARANA A.................................. Ruang Perpustakaan .................................... Tata Usaha dan Kantin ......... J.............................. Maksud dan Tujuan .............................. Ruang Pimpinan...... dan Berkreasi ......................................... Dosen................ Ruang Lain Untuk Menunjang Proses Pembelajaran H..... B..................... A....... Tempat Ibadah.............. G.................................................. K.......................... Peralatan Ruang Kantor . D............ C..................................... 31 4 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU ............... Peralatan Pendidikan ........................... Ruang Kuliah ..........

2) rencana mutu keluaran dan perkiraan outcomes. Untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi diperlukan 1) tujuan yang jelas. Pokok pikiran pengelolaan prasarana dan sarana dalam proses pendidikan dapat memberi inspirasi juga dalam konteks penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan komponen tri dharma perguruan tinggi. Maksud dan Tujuan Maksud dari penyusunan pedoman standar sarana dan prasarana adalah suatu peta pemikiran yang menggambarkan manajemen pembelajaran secara lengkap. terlihat bahwa prasarana dan sarana memiliki posisi unik dalam peta pikiran manajemen pembelajaran. sedangkan input merupakan salah satu sub sistem dari sistem penjaminan mutu berkelanjutan (SPMB). Prasarana dan sarana adalah salah satu bagian input.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA BAB I PENDAHULUAN A. B. Latar Belakang Penjaminan mutu pendidikan tinggi sangat penting agar lulusan pendidikan tinggi dapat menyelesaikan permasalahan individu dan bangsa. dan 6) prasarana dan sarana. 4) input. sehingga dapat ditentukan dan dipilih secara 5 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . Uraian dalam buku ini ditekankan pada penjaminan mutu prasarana dan sarana dalam proses pendidikan. Dalam manajemen pembelajaran secara lengkap itu. 5) sumber daya. Sistem Penjaminan Mutu Berkelanjutan Prasarana dan Sarana (SPMB-PS) perlu dilakukan oleh perguruan tinggi (PT) baik oleh perguruan tinggi yang masih berkapasitas rendah maupun perguruan tinggi yang sudah berkapasitas pada tataran dunia. Oleh karena itu diperlukan cara pengaturan prasarana dan sarana untuk masing-masing kondisi. 3) proses pendidikan.

mencakup infrastruktur perguruan tinggi. harus memenuhi persyaratan teknis dan peraturan bangunan. Standar prasarana dan sarana bangunan serta kesehatan lingkungan. dipilah dan disinkronkan dengan tujuan pembelajaran. Standar prasarana dan sarana sumber belajar terdiri atas peralatan. sesuai dengan jenis laboratorium masing-masing program studi. serta kemungkinan penambahan prasarana dan sarana yang baru. lembar informasi. perawatan dan perbaikan alat serta standar prasarana umum berupa air. sumber belajar. pengoperasian. pengadaan. perawatan dan perbaikan alat sangat diperlukan agar peralatan dapat dioperasikan dengan baik untuk itu diperlukan perawatan dan apabila terjadi kerusakan dapat diperbaiki dengan cepat sehingga mengurangi down time peralatan tersebut. internet dan intranet dan CD Room. sehingga dihasilkan optimalisasi pemanfaatan prasarana dan sarana yang ada. Sumber belajar harus diseleksi. dan dengan memperhatikan pertumbuhan akademik. majalah. listrik dan telepon. pengoperasian. Standar pengadaan. Standar prasarana dan sarana laboratorium mencakup peralatan laboratorium. Tujuan dari penyusunan pedoman standar prasarana dan sarana adalah terciptanya pedoman yang baku yang dapat digunakan dalam 6 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . Untuk menentukan prasarana dan sarana yang terbaik. Standar prasarana dan sarana fasilitas pembelajaran mencakup ruang kelas lengkap dengan sarana dan cukup untuk melaksanakan kurikulum. serta kesehatan lingkngan. jurnal.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA decesive dan confidence kelengkapan prasarana dan sarana yang dianggap terbaik. bahan dan teknologi informasi. Sumber belajar utama terdiri atas buku-buku teks. fasilitas pembelajaran. perlu dibicarakan bersama pihak-pihak yang terkait dengan mengakomodasikan peta pemikiran yang telah dimiliki. Standar prasarana dan sarana terdiri atas: standar Prasarana dan Sarana bangunan serta kesehatan lingkungan.

PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA menunjang pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan STTR Cepu. perpustakaan. laboratorium. penghapusan. tempat berolahraga. tempat berkreasi dan berekreasi. 2) Sarana dan prasarana STTR Cepu adalah unsur penunjang dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. pemanfaatan. serta sumber belajar lain. yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. yang mencakup bangunan. Pengertian-Pengertian Dalam Peraturan Standar Sarana dan Prasarana STTR Cepu ini yang dimaksud dengan : 1) Standar sarana dan prasarana STTR Cepu adalah standar pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar. C. serta pemutahiran semua sarana dan 7 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . tempat beribadah. termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. tempat bermain. misi atau tujuannya maka STTR Cepu membutuhkan pengembangan suatu sistem pengelolaan yang mencakup prasarana. peralatan (perangkat keras dan lunak) dan sistem pengamanan aset dan kampus. pengadaan. Sesuai dengan visi. perencanaan. pemeliharaan. perabotan. pendataan. bengkel kerja.

7. 5. Pembagian luas lahan untuk berbagai sarana kegiatan harus mempertimbangkan kenyamanan. Standar letak lahan satuan pendidikan mempertimbangkan letak lahan satuan pendidikan di dalam klaster satuan pendidikan sejenis dan sejenjang. kenyamanan.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA BAB II STANDAR SARANA DAN PRASARANA A. keindahan dan lingkungan hidup. dan lahan pertamanan untuk menjadikan satuan pendidikan sebagai suatu lingkungan yang secara ekologis nyaman dan sehat. Standar letak lahan satuan pendidikan mempertimbangkan jarak tempuh maksimal yang harus dilalui oleh peserta didik untuk menjangkau satuan pendidikan tersebut. Letak lahan kegiatan pendidikan harus mempertimbangkan keamanan. lahan untuk prasarana penunjang. Lahan tersebut terdiri atas lahan untuk bangunan satuan pendidikan. 4. Lahan untuk kegiatan pendidikan harus sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku sesuai dengan bidang pendidikan. Lahan 1. 3. Standar letak lahan satuan pendidikan mempertimbangkan keamanan. dan kesehatan lingkungan. Ruang Kuliah 8 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . lahan praktek. dan kesehatan lingkungan. serta letak lahan satuan pendidikan di dalam klaster satuan pendidikan yang menjadi pengumpan masukan peserta didik. Standar lahan satuan pendidikan dinyatakan dalam rasio luas lahan per peserta didik. B. kenyamanan. 6. 2.

5. Standar kualitas bangunan satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (3). dan peralatan pembelajaran lain pada satuan pendidikan dinyatakan dalam daftar yang berisi jenis minimal peralatan yang harus tersedia. Standar keragaman jenis peralatan laboratorium teknik mesin. (4). Pengadaan peralatan dan perlengkapan lain ruang kuliah dan ruang lain untuk menunjang proses pembelajaran harus mempertimbangkan kebutuhan dan keefektifan penggunaanya serta kemampuan keuangan. Gedung perpustakaan harus memberikan kenyamanan. 9. Ruang Perpustakaan 1. Standar rasio luas bangunan ruang kelas per peserta didik dirumuskan oleh BSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri (0. 1. 3. bangunan satuan pendidikan harus memenuhi ketentuan standar bangunan tahan gempa. 9 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . C. 7. kenyamanan. 8. 2. laboratorium komputer. dan (5) mengacu pada ketetapan menteri yang menangani urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum. laboratorium bahasa. keamanan. serta kemampuan keuangan. Standar kualitas bangunan minimal pada satuan pendidikan tinggi adalah kelas A. Pada daerah rawan gempa bumi atau tanahnya labil.5 M2). ketenangan.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA Pembangunan gedung untuk setiap kegiatan pendidikan harus mempertimbangkan kekuatan. Ruang kuliah dan ruang lain untuk menunjang proses pembelajaran harus memberikan kenyamanan kepada pengguna. dan kedekatan dengan ruang perkuliahan. 6. teknik sipil. 4. Standar jumlah peralatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan dalam rasio minimal jumlah peralatan per peserta didik. teknik elektro. Rasio ruang kuliah harus sesuai dengan Peraturan Departemen Pendidikan Nasional RI (setiap lokal berukuran 7 x 9 meter).

3. 4.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA 2. Pengadaan peralatan laboratorium harus mempertimbangkan kemampuan keuangan. ketenangan. 6. Standar buku perpustakaan dinyatakan dalam jumlah judul dan jenis buku di perpustakaan satuan pendidikan. bahasa. 8. Standar sumber belajar lainnya untuk setiap satuan pendidikan dinyatakan dalam rasio jumlah sumber belajar terhadap peserta didik sesuai dengan jenis sumber belajar dan karakteristik satuan pendidikan. 5. Pengadaan peralatan laboratorium harus mempertimbangkan kebutuhan dan keefektifan penggunaanya. E. Tata Usaha dan Kantin 1. 10 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . Ruang Pimpinan. Pengadaan buku dan peralatan perpustakaan harus mempertimbangkan kemampuan keuangan. Tata Usaha dan Kantin harus memberikan kenyaman. 7. 2. penyajian. Rasio ruang laboratorium harus sesuai dengan Peraturan Departemen Pendidikan Nasional RI 3. Pengadaan peralatan perpustakaan harus mempertimbangkan kebutuhan dan keefektifan penggunaanya. Dosen. Ruang Laboratorium/Bengkel 1. Kelayakan isi. dan kegrafikaan buku teks pelajaran dinilai oleh BSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri. Pengadaan buku perpustakaan harus sesuai dengan visi dan misi STTR Cepu dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan. Ruang laboratorium/Bengkel Kerja/Work shop harus memberikan kenyamanan. Standar jumlah buku teks pelajaran di perpustakaan dinyatakan dalam rasio minimal jumlah buku teks pelajaran untuk masing-masing mata pelajaran di perpustakaan satuan pendidikan untuk setiap peserta didik. 4. Ruang perkantoran untuk Pimpinan. D. Dosen. dan ketenangan.

H. olah raga dan fasilitas mahasiswa harus mempertimbangkan kebutuhan dan keefektifan penggunaanya.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA 2. meja dan kursi mahasiswa. LCD. Ruang Lain Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Ruang internet dan hot spot area. 3. olah raga dan fasilitas mahasiswa harus Mempertimbangkan keamanan. spidol. peralatan laboratorium. Letak lahan untuk tempat ibadah. papan tulis. Tempat Ibadah. dan Berkreasi 1. Rasio ruang perkantoran harus sesuai dengan Peraturan Menteri Departemen Pendidikan Nasional RI. komputer. tools 11 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . F. meja dan kursi dosen. penghapus. Olah raga. Pengadaan peralatan tempat ibadah. Peralatan Ruang Kuliah Standar Peralatan ruang kuliah meliputi papan tulis/white board. pengahpus. olah raga dan fasilitas mahasiswa harus harus mempertimbangkan kemampuan keuangan. dan fan. spidol. Pengadaan peralatan tempat ibadah. kursi mahasiswa. Peralatan Laboratorium/Studio Standar peralatan laboratorium meliputi. 2. Pengadaan peralatan perkantoran harus mempertimbangkan kemampuan keuangan. G. lemari alat. I. dan kesehatan lingkungan. 3. Pengadaan peralatan perkantoran harus mempertimbangkan kebutuhan dan keefektifan penggunaanya 4. kenyamanan.

jurnal. 2. Perlengkapan Lain Untuk menunjang Proses Pembelajaran Standar perlengkapan lain untuk menunjang proses pembelajaran adalah penggunaan internet dengan sistem hot spot area. dan kedekatan dengan ruang perkuliahan. meja. majalah ilmiah. kalkulator minimal masing-masing 1 buah. komputer. Pengadaan peralatan perpustakaan harus mempertimbangkan kebutuhan dan keefektifan penggunaanya. N.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA J. M. teks book. kursi. Ruang Perpustakaan Dan Peralatan Perpustakaan 1. 3. Peralatan Ruang Kantor Standar peralatan ruang kantor meliputi. Buku dan Sumber Belajar Buku dan sumber belajar terdiri atas buku referensi. printer. mesin ketik. ketenangan. 12 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . L. Peralatan Pendidikan K. Gedung perpustakaan harus memberikan kenyamanan. Pengadaan peralatan perpustakaan harus mempertimbangkan kemampuan keuangan.

agar masing-masing yang terlibat dapat memahami fungsi dan tugasnya. Pedoman pelaksanaan Sarana dan Prasarana memuat aturan-aturan dan tugas struktural.PANDUAN P2M STANDAR SARANA DAN PRASARANA BAB IV PENUTUP Pedoman pelaksanaan standar sarana dan prasarana ini berdasar pada hasil pengamatan yang dilaksanakan STTR Cepu. Sehingga proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan. fungsional tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga STTR Cepu. 13 Program Penjaminan Mutu SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU . serta dari buku pengembangan meteri dan proses pembelajaran yang diterbitkan oleh Dikti. Panduan Program Penjaminan Mutu Standar Sarana dan Prasarana harus ditinjau ulang setiap 5 tahun sekali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful