Panduan Akbid BNM Pariaman

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Berdirinya Akademi Kebidanan Bina
Nusantara Mandiri Pariaman Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin. Salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai derajat kesehatan yang tinggi dengan mutu kehidupan yang tinggi pula, serta mempunyai kejiwaan yang menopang dan mendorong kreatifitas. Pelayanan kesehatan yang berkualitas akan terwujud bila dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang berkualitas dari berbagai jenis. Salah satu jenis tenaga kesehatan yang diperlukan sesuai dengan masalah tersebut di atas adalah tenaga bidan professional yang diperoleh melalui pendidikan formal. Berdasarkan kenyataan tersebut, sebagai perwujudan dari peran serta dalam meningkatkan derajat kesehatan, khususnya penurunan angka kematian ibu melahirkan, maka Yayasan Bina Mandiri Pariaman mendirikan Akademi Kebidanan di Kota Pariaman Propinsi Sumatera Barat. Cita-cita ini terwujud dengan dikeluarkan izin pendirian Program Diploma III Akademi Kebidanan Bina Nusantara Mandiri Pariaman melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 277/D/0/2006 tanggal 22 Desember 2006.

1

Panduan Akbid BNM Pariaman

B.

VISI Menjadikan Akbid BNM Pariaman menjadi akademi terkemuka di kawasan regional, terdepan dalam pendidikan riset dan pengabdian pada masyarakat khususnya di bidang kebidanan C. MISI 1. Membentuk Bidan Profesional yang Unggul dan Tangguh, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdedikasi tinggi terhadap bidang kesehatan. 2. Menyelenggarakan riset yang sesuai dengan kebutuhan prioritas pembangunan di bidang kesehatan dan menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat 3. Tersedianya sarana dan prasarana yang handal untuk mendukung proses pembelajaran. D. TUJUAN PENDIDIKAN Institusi Pendidikan Akademi Kebidanan Bina Nusantara Mandiri Pariaman mempunyai tujuan : 1. Menghasilkan tenaga Ahli Madya Kebidanan yang berilmu amaliah, berilmu ilmiah, terampil, cerdas, kritis, kreatif, bertanggung jawab, bersikap demokratis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. . 2. Menciptakan bidan yang bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan secara arif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

2

Panduan Akbid BNM Pariaman

3.

Terselenggaranya

Manajemen

Pendidikan

Tinggi yang transparan dan berstandar nasional

3

Satu tahun akademik terdiri dari 2 (dua) semester regular. dengan diikuti evaluasi pada akhir semester. Semester Pendek dimaksud untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai melalui program pengayaan (remedial). b) Besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa. 2. d) besarnya usaha penyelenggaraan program pendidikan tenaga pengajar. Satu semester setara dengan kegiatan pembelajaran sekitar 16-19 minggu efektif.Panduan Akbid BNM Pariaman BAB II SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN A. baik program semesteran maupun program lengkap. Satuan Kredit Semester Satuan kredit semester (SKS) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan : a) Besarnya beban studi mahasiswa. Sistem Kredit Semester Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya program dalam suatu jenjang pendidikan. Semester pendek tidak diperkenankan untuk mengambil kredit mata kuliah baru. PROGRAM SEMESTER 1. c) Besarnya usaha yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program. 4 . yaitu semester ganjil dan semester genap.

Praktikum dan Klinik 60 SKS (54. diskusi.4%). yang terdiri dari kegiatankegiatan : 1 jam kegiatan perkuliahan. 4 jam kerja lapangan. Pengertian 1 SKS masing-masing metode pembelajaran adalah : 1. yang terdiri dari Teori 50 SKS (46. Pengertian 1 (sat) jam adalah pelaksanaan pembelajaran selama 50 menit.Panduan Akbid BNM Pariaman Harga satu satuan SKS ditetapkan setara dengan beban studi tiap minggu selama satu semester. seminar. dan penugasan.5%). Beban Studi dan Waktu Studi Kumulatif Waktu studi kumulatif program Diploma III Kebidanan adalah 3 tahun atau 6 semester dengan beban studi sebanyak 110 SKS. baik di kampus maupun di lahan praktik untuk melatih keterampilan yang berfokus pada integritas ilmu dan teknologi Klinik/PKL adalah kegiatan proses pembelajaran di lahan praktik baik di pelayanan institusi maupun masyarakat. 3. Praktikum adalah kegiatan proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. 2 jam Praktikum. Klinik (K)/PKL : 1 sks = 1 jam pertemuan / minggu : 1 sks = 2 jam pertemuan / minggu : 1 sks = 4 jam pertemuan / minggu Teori adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode ceramah. 5 . laboratorium. Praktikum (P) 3. Teori (T) 2.

yang dapat ditetapkan sama atau berbeda untuk setiap mata 6 . Tugas (PR. dan lain-lain Masing-masing mata kuliah perlu diberi bobot penilaian. Ujian Tengah Semester (UTS) Laporan hasil praktikum. 1. Evaluasi hasil belajar dalam suatu mata Kuiz/ulangan harian (baik yang kuliah dapat meliputi dipersiapkan maupun tidak terjadual.Panduan Akbid BNM Pariaman B. Ujian Akhir Semester (UAS) Bobot Penilaian terjemah. Pembuatan makalah. Ujian Praktikum/praktik. a. EVALUASI HASIL BELAJAR Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana tujuan pendidikan telah dapat dicapai atau dikuasi oleh peserta didik dalam bentuk hasil belajar yang diperlihatkannya setelah peserta didik menempuh perjalanan belajar (proses pembelajaran). partisipasi. 1) 2) 3) 4) 5) 6) b. Jenis Evaluasi. Disamping itu juga untuk mengetahui keefektifan pengalaman belajar dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan demikian evalusi hasil belajar diarahkan untuk mengetahui pencapaian kompetensi professional bidang kesehatan sesuai yang dipersyaratkan dalam kurikulum. dan lain-lain) kerja lapangan.

D atau E) 2) Dosen pengasuh mata kuliah bertanggungjawab atas kebenaran nilai akhir (huruf mutu) yang ditulis pada Kartu Hasil Studi (KHS) 3) Nilai akhir yang telah diumumkan tidak dapat diganti lagi dengan alasan apapun. tergantung pada bobot soal/tugas yang diberikan oleh dosen pengasuh mata kuliah. sebagai berikut : 1) 2) 3) Terdaftar sebagai mahasiswa pada Memenuhi Memenuhi semua persyaratan persyaratan kehadiran semester yang bersangkutan. Alasan Ujian Akhir Semester (UAS) Mahasiswa diperkenankan ikut UAS bila memenuhi syarat 7 . C.Panduan Akbid BNM Pariaman kuliahnya. administrasi yang ditetapkan institusi pendidikan. B. Nilai akhir yang diberikan oleh dosen pengasuh mata kuliah harus merupakan huruf mutu yang pasti (A. d. sekurang-kurangnya 75 % kegiatan kuliah yang secara riil diselenggarakan pada semester berjalan. Pertimbangan bobot ini ditetapkan oleh dosen pengasuh mata kuliah yang bersangkutan dan harus diberitahukan kepada mahasiswa pada awal kuliah. 1) Nilai Akhir. c.

Nilai ini berasal dari dosen pengajar mata kuliah tunggal atau dari penilaian beberapa dosen pengajar kelompok team teaching. tes lisan. Cara penilaian adalah menggunakan sestem penilaian standar mutlak atau Penilaian Acuan Patokan (PAP) yaitu penilaian yang diacukan kepada tujuan instruksional yang harus dikuasai oleh peserta didik. psikomotorik maupun efektif. b. kerja klinik. kerja lapangan. 8 . dari nilai kuis. Nilai Nilai Absolut adalah nilai murni (nilai mutlak) yang dikelompokkan dalam bentuk angka pemecahan dengan rentang skor antara 0 – 100. Mengikuti seluruh kegiatan (100 %) praktikum laboratorium. baik bersifat kognitif. Dengan demikian derajat keberhasilan peserta didik dibandingkan dengan tujuan yang seharusnya dicapai. dan tes perbuatan. Bentuk tes untuk penilaian berupa tes tertulis. Cara Penilaian Penilaian diberikan bertahap pada penguasaan materi mahasiswa. a. Penilaian Hasil Belajar. bukan dibandingkan dengan rata-rata kelompoknya. seminar atau kegiatan lain yang sejenis. 2.Panduan Akbid BNM Pariaman ketidakhadiran ketentuan 4) yang hanya dibenarkan di jika memenuhi Akademi berlaku lingkungan Kebidanan BNM Pariaman.

Nilai akhir mata kuliah dianggap sah apabila : a.00 – 4. Nilai Akhir Nilai akhir suatu mata kuliah diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk huruf mutu dan angka mutu. 9 . Tabel Konversi Nilai No 1 2 3 4 5 Nilai Absolut 80– 100 65 – 79 55 – 64 40 – 54 0 – 39 Angka Mutu 3.00 3. dan UAS.50 2.Panduan Akbid BNM Pariaman penugasan. Lambang atau huruf mutu adalah nilai yang berasal dari angka nilai mutu yang dikelompokkan dalam bentuk huruf. ujian praktikum/praktik. laporan hasil praktikum/kerja lapangan. Nilai Angka Mutu adalah nilai yang berasal dari nilai absolut yang dikelompokkan dalam bentuk angka decimal yang menunjukkan nilai mutu antara 0. B. Mahasiswa dan jenis mata kuliah terdaftar Semua nilai akhir mata kuliah atau dalam KRS pada semester yang bersangkutan evaluasi akhir suatu mata kuliah yang tidak memenuhi persyaratan (butir a) dinyatakan tidak berlaku (gugur). UTS.00 – 3.75 – 4. D dan E. dengan peringkat seperti pada tabel konversi diatas. b.00. A.50 1 0 Huruf Mutu A B C D E 3. C.00 – 2.

10 . Mata kuliah dengan nilai E diulang dengan persyaratan wajib mengikuti seluruh proses pembelajaran pada semester dimana mata kuliah tersebut disajikan. Keberhasilan studi semester ditentukan melalui rapat dosen yang hasilnya dibuat dalam Kartu Hasil Studi (KHS) untuk seluruh mahasiswa. misalnya tidak/belum mengikuti UTS/UAS. atau belum melengkapi tugas-tugas yang diberikan dosen dengan alasan yang dapat diterima. Bila seorang mahasiswa belum mencapai nilai batas lulus pada suatu mata kuliah maka mahasiswa tersebut diberi kesempatan untuk memperbaiki. Mata kuliah dengan nilai D diberi kewajiban melaksanakan penugasan.Panduan Akbid BNM Pariaman Batas lulus untuk setiap mata kuliah minimal C dengan angka mutu 2. mengikuti ujian tengah semester atau ujian akhir semester sesuai dengan rencana dosen pengasuh mata kuliah yang bersangkutan pada semester dimana mata kuliah tersebut disajikan dengan nilai maximal C yang didaftarkan dalam Kartu Rencana Studi (KRS). Selain huruf-huruf A-E terdapat huruf BL dalam system pemberian mutu.00. Huruf BL (Belum Lengkap) Diberikan kepada mahasiswa dengan ketentuan a. Belum memenuhi sebagian evaluasi yang ditetapkan.

Dalam perhitungan IP nilai dan SKS mata kuliah yang bernilai BL tidak diperhitungkan c. IPK merupakan angka yang menunjukkan prestasi atau kemajuan belajar mahasiswa secara kumulatif mulai dari semester pertama sampai semester paling akhir yang ditempuh. Indeks Prestasi (IP) Indeks Prestasi (IP) adalah angka yang menunjukkan prestasi atau kemajuan belajar mahasiswa dalam satu semester dan dihitung setiap akhir semester 2. 4. 1. Rumus perhitungannya IPK = Jumlah = Jumlah (AMxSKS) seluruh semester Jumlah SKS seluruh semester 11 . dan dihitung diakhir setiap semester 2. Nilai BL tersebut akan ditukar dengan E bila mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat menyelesaikan nilai 1 bulan setelah nilai diumumkan. Indeks Prestasi Mahasiswa a.Panduan Akbid BNM Pariaman b. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 1. IP = Jumlah = Rumus perhitungannya : (AMxSKS) Jumlah SKS AM = Angka mutu b.

menganalisa data/informasi serta menginterprestasikan hasilnya pada saat intervensi kepada masyarakat. Telah menyelesaikan seluruh kewajiban administratif seperti telah membayar uang kuliah.Panduan Akbid BNM Pariaman 3. Mahasiswa memperoleh pembimbingan sebelum pelaksanaan PKL (Pembimbingan dengan kehadiran 100 %) D. PRAKTIK KERJA LAPANGAN Praktik kerja lapangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada saat proses belajar mengajar Praktik kerja lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar dan keterampilan kepada mahasiswa agar memperoleh hasil efisien.00. Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan adalah sebagai berikut : a. Indeks Prestasi Kumulatif untuk kelulusan/kenaikan tiingkat minimal ≥ 2. C. mengolah. dan optimal dalam mencari. efektif. PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) 12 . Mahasiswa diperbolehkan mengikuti praktik kerja lapangan apabila telah lulus mata kuliah yang menjadi prasyarat praktik kerja lapangan b. mengisi mata kuliah PKL pada KRS dan lain sebagainya c.

Panduan Akbid BNM Pariaman Pada akhir studi mahasiswa diwajibkan melakukan penyusunan dan penulisan laporan tugas akhir dengan ketentuan : 1. Apabila laporan tugas akhir tidak dapat diselesaikan dalam 2 (dua) semester bertutur-turut maka diberi huruf E. penulisan laporan/tugas pada KRS. 4. 3. menyelesaikan dipersyaratkan b. Telah menyelesaikan semua mata kuliah prasyarat untuk menyusun dan penulisan laporan tugas akhir 2. E. Mahasiswa diharuskan menempuh kembali kegiatan penyusunan dan penulisan laporan tugas akhir. Huruf mutu laporan tugas akhir sekurang-kurangnya adalah C. Mahasiswa a. UJIAN AKHIR PROGRAM (UAP) Peserta ujian akhir program adalah peserta didik yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut : akhir tersebut diselesaikan pada semester berikutnya. dengan mencantumkan kembali mata kuliah KTI Mahasiswa 85 % dapat studi mulai menyusun yang makalah/karya tulis akhir apabila sekurang-kurangnya telah beban kumulatif 13 . Apabila laporan tugas akhir studi tidak dapat diselesaikan dalam semester yang bersangkutan.

Masih Telah F. Memilik Tidak Mempu nyai nilai D tidak lebih dari 1 (satu) mata kuliah. i IPK sekurang-kurangnya ≥ 2. memenuhi persyaratan administrasi e. Apabila mahasiswa telah sampai pada batas masa studi yang diperkenankan. dan masa terpanjang 10 (sepuluh) semester. Kepadanya hanya diberikan surat keterangan pernah mengikuti pendidikan program diploma. Mahasiswa dapat menghentikan studi untuk sementara dengan ketentuan sebagai berikut : 14 . BATAS MASA STUDI Batas masa program pendidikan Diploma III Kebidanan diperhitungkan sejak yang bersangkutan terdaftar sebagai mahasiswa semester I. maka ia dinyatakan putus studi (Droupped Out/DO). tidak berlaku untuk kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dan Mata Kuliah Keahlian Berkarya MKB) d. terdapat huruf mutu E c.Panduan Akbid BNM Pariaman a. dalam batas studi terpanjang.00 b. namun belum dapat menyelesaikan program studinya.

semester bersangkutan telah mengikuti minimal 2 (dua) semester 4. Mahasiswa penghentian studi sementara berkewajiban melapor ke bagian Menghentikan studi tanpa izin dikenakan sanksi pemutusan studi G. akademik 9. Diperhitungkan dalam masa studi mahasiswa Hanya dapat diberikan apabila mahasiswa yang Diberikan dalam jangka waktu maksimal 2 (dua) Dengan kondisi kesehatan yang lebih dari 1 (satu) Mahasiswa yang bersangkutan mengajukan surat yang bersangkutan 2. PEMBIMBING AKADEMIK 15 . 5. 3. bulan harus mendapat rekomendasi dari dokter pemerintah permohonan kepada PUDIR I yang diketahui oleh Dosen Walinya selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum dimulai penghentian studi sementara 6.Panduan Akbid BNM Pariaman 1. 7. studi akademik PUDIR I akan menerbitkan Surat Keputusan yang Setiap mahasiswa yang mengajukan penghentian sementara berkewajiban yang melaksanakan telah selesai registrasi menjalani diketahui oleh Direktur 8.

Merujuk ke dosen mata kuliah tertentu apabila mahasiswa yang dibimbinganya mempunyai hambatan dalam penyerapan/ pemahaman mata kuliah tersebut 4. Merujuk ke dosen bimbingan dan konseling apabila dosen wali/PA tidak dapat mengatasi kesulitan pribadi mahasiswa 5. dan akhir semester atau sesuai tata cara pembimbingan. ditetapkan dosen wali atau pembimbing akademik (PA) yang ditugaskan membimbing mahasiswa dalam kegiatan akademik selama mahasiswa tersebut mengikuti pendidikan. Tugas pembimbing akademik. Menjalin hubungan pembimbing dengan mahasiswa secara periodik misalnya pada awal. mengolah dan menganalisa data perkembangan akademik mahasiswa yang dibimbingnya 2. Mengevaluasi keberhasilan dan kegunaan program bimbingan. Memantau kemajuan studi. 1. 16 .Panduan Akbid BNM Pariaman Untuk membantu kelancaran belajar mahasiswa. pertengahan. mengumpulkan. 3.

administrasi dilakukan sebagai syarat registrasi mahasiswa dan untuk memperoleh kartu mahasiswa. 3. PENDAFTARAN ADMINISTRASI Pendaftaran 1.Panduan Akbid BNM Pariaman BAB III ADMINISTRASI AKADEMIK B. SMU. yaitu pemeriksaan yang dapat mengganggu pelaksanaan tugasnya. Matematika. Mata Uji Tulis Mata uji tulis adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). uji tulis dan uji kesehatan. PENERIMAAN MAHASISWA 1. Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. • • SMK (exacta) • • 2. Persyaratan Warga Negara Indonesia Lulusan SMA. a. dilakukan kelengkapan persyaratan pendaftaran. Madrasah Aliyah. Seleksi Berbadan sehat dan tidak cacat fisik Tinggi Badan minimal 150 cm Cara Seleksi melalui 3 tahap. Ketentuan registrasi bagi mahasiswa baru : Lulus ujian sipensimaru dan menyerahkan kartu tanda ujian 17 . C.

yar Sumbangan Pengembangan Akademik Memba (SPA). harus mengajukan surat izin cuti tersebut. Sumbangan Pendidikan (SPP) dan biaya perlengkapan untuk semester yang berlaku. Memper Ketentuan registrasi bagi mahasiswa lama : Memba yar SPP uang praktikum dan uang administrasi lain pada 18 . semester yang berlaku. Surat permohonan tersebut diajukan kepada Direktur selambat-lambatnya 1 bulan sebelum pendaftaran dimulai d. Registrasi dilakukan dibagian administrasi akademik dan kemahasiswaan dengan menyerahkan berkas registrasi yang dipersyaratkan. mahasiswa akan mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) 2. lihatkan Kartu Tanda Mahasiswa c. b. Bagi mahasiswa yang menghentikan studi untuk sementara tanpa izin harus mengajukan permohonan kembali sebagai mahasiswa. Sebagai bukti telah melakukan registrasi. Bagi mahasiswa yang menghentikan studi untuk sementara (cuti akademik) dengan izin direktur.Panduan Akbid BNM Pariaman b. a.

Dalam pendaftaran akademik. an merah untuk Pembimbing Akademik c. PENDAFTARAN AKADEMIK 1. Bagi mahasiswa pindahan dari institusi pendidikan lain. Formulir KRS diisi rangkap 3 (tiga) : a. Lembar Lembar Lembar an kuning untuk Sub Bag. Kemahasiswaan b. mengisi dan menandatanganinya bersama pembimbing akademik lalu menyerahkan kembali kebagian administrasi akademik dan kemahasiswaan. Registrasi dilakukan dibagian administrasi akademik dan kemahasiswaan dan selanjutnya mendapat blanko Kartu Rencana Studi D. Kelalaian dalam melakukan pendaftaran akademik berakibatkan tidak diizinkannya mahasiswa mengikuti perkuliahan dalam semester yang berlaku. harus menunjukkan surat direktur yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan diterima di Akademi Kebidanan BNM Pariaman. mahasiswa diwajibkan mengambil KRS. an putih untuk mahasiswa yang bersangkutan 2.Administrasi Akademik dan 19 .Panduan Akbid BNM Pariaman e.

Tri Darma Perguruan Tinggi Ceramah dan diskusi pada materi inti. terdiri dari peranan dan tanggung jawab profesi. CUTI AKADEMIK Cuti Akademik adalah masa istirahat dari kegiatan akademik/proses pembelajaran pada waktu tertentu selama mahasiswa mengikuti pendidikan. terdiri dari pengembangan minat dan bakat dibidang seni budaya. olah raga dan karya serta keterampilan.Panduan Akbid BNM Pariaman E. karya bhakti sosial. Kegiatan penunjang. F. pembinaan mental spiritual. norma etika dan sistem pendidikan di Indonesia. PENGENALAN PROGRAM STUDI (PPS) Pengenalan Program Studi (PPS) adalah suatu kegiatan terencana yang diselenggarakan pada awal tahun ajaran dan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari penyelenggaraan pendidikan. c. pokok-pokok program pendidikan. Pokok-pokok kegiatan PPS meliputi : a. Diberikan kepada mahasiswa yang telah Cuti Akademik diberikan maksimal sepanjang mengikuti pendidikan sekurang-kurangnya 1 (satu) semester 2 semester secara berurutan atau tidak 20 . dengan ketentuan : 1. Mahasiswa yang tidak mengikuti atau dinyatakan belum lulus PPS diwajibkan untuk mengikuti tahun berikutnya. d. b. 2. khususnya bagi mahasiswa baru dalam rangka mempersiapkan diri terlibat ke dalam kehidupan dan lingkungan kampus. Kebijaksanaan pemerintah dibidang kesehatan.

Sakit hingga lebih dari satu bulan yang diperkuat dengan 21 . kecuali cuti akademik karena tugas Negara 4.Panduan Akbid BNM Pariaman 3. Tugas Hamil Negara. Hal ini perlu didukung dengan Cuti Akademik diberikan dengan alasan . dan surat tugas tersebut mendapat persetujuan direktur dan atau melahirkan. Jangka waktu cuti akademik diperhitungkan dalam batas waktu studi mahasiswa yang bersangkutan. Surat persetujuan cuti akademi disiapkan oleh bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan dan ditandatangani oleh direktur Setelah dibuatkan menjalankan surat cuti akademi kuliah mahasiswa kembali. a. a. berkewajiban Surat tersebut melaporkan kembali secara tertulis kepada direktur untuk selanjutnya persetujuan selanjutnya digunakan untuk registrasi akademik. Prosedur : Mahasis wa yang bersangkutan mengajukan permohonan tertulis kepada direktur yang diketahui oleh dosen PA selambat – lambatnya 2 (dua) bulan sebelum dimulainya cuti akademik b. rekomendasi dari dokter 5. c. rekomendasi dokter b.

PINDAH PENDIDIKAN Perpindahan mahasiswa dari satu institusi ke institusi lainnya diperkenankan asalkan yang dituju/penerima dapat berbeda status kepemilikan dan atau berbeda strata akreditasi dari institusi asal/pengirim. Mendapat izin dari institusi asal dan memenuhi ketentuan yang berlaku pada institusi penerima misalnya dapat tampung. minimal berada pada semester II dan maksimal semester V (perpindahan tidak diperkenankan berlangsung di semester I dan VI) 4. Perpindahan bukan karena putus sekolah Masih mengikuti pendidikan. Hal yang perlu diperhatikan dalam perpindahan mahasiswa adalah sebagai berikut : 1. 3. Mengikuti tes penempatan (placement test) di institusi penerima sebagai langkah awal pembinaan/bimbingan mahasiswa yang bersangkutan (placement test bukan untuk mengukur/menilai diterima atau tidaknya seseorang mahasiswa pindahan) 6.Panduan Akbid BNM Pariaman G. Surat keputusan mahasiswa baru asal mahasiswa pindahan ditetapkan oleh Direktur penerima yang 22 . anggaran dan sebagainya 5. Perpindahan terjadi karena alasan mengikuti kepindahan orang tua/wali atau kepindahan keluarga bagi mahasiswa tugas belajar 2.

Secara rinci ketentuan lulus sebagai berikut : a. Dinas Kesehatan Propinsi institusi asal/pengirim. i IPK sekurang-kurangnya ≥ 2.Panduan Akbid BNM Pariaman ditembuskan kepada Kopertis Wilayah X. YUDISIUM DAN WISUDA 1. Yudisium Yudisium adalah penetapan hasil studi mahasiswa pada suatu program tertentu. terdapat huruf mutu E c. IJAZAH DAN TRANSKRIP Ijazah merupakan surat berharga yang diterima oleh mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan Diploma III Kebidanan di Akademi Kebidanan BNM Pariaman. pihak-pihak lain yang terkait. tidak berlaku untuk kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Tidak Memilik 23 . Ijazah tersebut sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan atau penyelesaian pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh institusi Akbid BNM Pariaman. H.00 b. Mempu nyai nilai D tidak lebih dari satu mata kuliah. I. Transkrip atau salinan nilai mahasiwa yang diperoleh selama mengikuti pendidikan dikeluarkan oleh institusi Akbid BNM Pariaman dengan ditandatangani oleh direktur institusi.

75 – 3. serta memperoleh nilai ≥ 2. Memuaskan. Wisuda diadakan 1 (satu) kali setahun yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah di yudisium.50 – 4.Panduan Akbid BNM Pariaman d.75 Yudisium diumumkan oleh panitia ujian yang ditetapkan dengan surat keputusan direktur dalam sidang resmi dengan ketentuan predikat kelulusan sebagai berikut : 1. memiliki IPK 2.49 tanpa adanya nilai D. memiliki IPK 3. 2. Dengan Pujian.00 – 2.00 tanpa adanya nilai C. Telah menyusun dan menulis laporan tugas akhir dan atau sejenisnya yang dipersyaratkan dan telah diuji. 3. Gelar dan Sebutan Profesional Ketentuan pemberian sebutan professional sesuai dengan pedoman Administrasi penyelenggaraan program diploma III Kesehatan yang menyatakan : 24 . memiliki IPK 2. Wisuda merupakan pengakuan Akademik terhadap para lulusan yang telah menyelesaikan pendidikannya.74 2. Sangat Memuaskan. 3.

DISTRIBUSI DAN URAIAN SINGKAT MATA KULIAH A. Mahasiswa yang telah memenuhi ketentuan seperti tersebut diatas berhak menyandang gelah Akademik sebagai AHLI MADYA KEBIDANAN “ A.Keb ” BAB IV STRUKTUR. administrasi dan Telah menyelesaikan kewajiban keuangan yang berkenaan dengan pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Akademi Kebidanan BNM Pariaman Telah dinyatakan lulus dari Pendidikan di Akademi Kebidanan BNM Pariaman. STRUKTUR PROGRAM PENDIDIKAN DIPLOMA III KEBIDANAN 25 .Panduan Akbid BNM Pariaman - Telah menyelesaikan semua kewajiban dan atau tugas yang dibebankan dalam mengikuti pendidikan di Akademi Kebidanan BNM Pariaman.Md.

MPK merupakan (Mata Kuliah bahan Pengembangan kajian dan Kepribadian) untuk kelompok pelajaran pengembangan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur.MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran ynag ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.Panduan Akbid BNM Pariaman 1. berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemayarakatan dan kebangsaan. Mata kuliah ini terdiri dari : N O 1 2 KO DE MK 201 202 Anatomi Fisiologi MKK BOBOT SKS 2 2 26 . Mata kuliah ini terdiri dari : N O 1 2 3 4 KO DE MK 101 102 103 104 BOBOT SKS 2 2 2 2 8 MPK Pendidikan Pancasila Pendidikan Agama Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Inggris Jumlah 2.

Panduan Akbid BNM Pariaman 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 1 5 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 Biologi Reproduksi Biokimia Fisika Kesehatan Farmakologi Mikrobiologi Keterampilan Dasar Klinik Obstetri Ginekologi Ilmu Kesehatan Anak Gizi dalam Reproduksi Psikologi Epidemiologi Biostatistik Jumlah Kesehatan Praktek 3 2 2 3 2 3 2 2 2 2 2 2 2 33 Berkarya) adalah 3.MKB (Mata Kuliah Keahlian kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan 27 .

Bayi dan Anak Balita Kesehatan Reproduksi Pelayanan KB Dokumentasi Kebidanan Praktek Klinik Kebidanan Jumlah BOBOT SKS 4 4 2 5 4 4 3 3 2 15 46 4. Mata kuliah ini terdiri dari : NO Kode MK MPB BOBOT SKS T P K 28 . Mata kuliah ini terdiri dari : KO DE MK 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 N O 1 2 3.Panduan Akbid BNM Pariaman tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai. 4 5 6 7 8 9 1 0 MKB Askeb I (Kehamilan) Askeb II (Persalinan) Askeb III (Nifas) Askeb IV (Patologi) Askeb V (Komunitas) Asuhan Neonatus.MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

5 Ilmu Kesehatan 01 Masyarakat Bd.5 Ilmu Sosial dan 02 Budaya Dasar Bd.MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.4 Mutu Layanan 04 Kebidanan Bd.4 Komunikasi dan 03 Konseling dalam Praktik Kebidanan Bd.Panduan Akbid BNM Pariaman 1 2 3 Bd.4 Etika Profesi dan 02 Hukum Kesehatan Bd. Mata kuliah ini terdiri dari : NO 1 2 3 Kode MK MBB BOBOT SKS 2 2 2 T 1 2 1 P 1 1 1 K Bd.4 Metoda Penelitian 05 Bd.5 Promosi 29 .4 Konsep Kebidanan 01 Bd.4 KTI 06 Jumlah 4 2 2 2 1 1 2 1 1 4 5 6 2 2 3 15 1 1 1 1 3 6 9 5.

5 Organisasi dan 04 Manajemen Pelayanan Kesehatan Jumlah 8 5 3 Total Teori : 50 SKS = 45. DALAM SEMESTER 1. Semester I No Kode MK MATA KULIAH BOBO T T SKS 2 2 2 2 2 2 P K Tahun I DISTRIBUSI MATA KULIAH 1 2 3 Bd.5% Total Pratikum dan Klinik : 60 SKS = 54.5% Total SKS : 110 SKS B.Panduan Akbid BNM Pariaman 03 4 Kesehatan 2 1 1 Bd. a.1 Pendidikan 01 Pancasila Bd.1 Pendidikan 03 Kewargaegaraan 30 .1 Pendidikan 02 Agama Bd.

Semester II No Kode MATA KULIAH MK Bd.Panduan Akbid BNM Pariaman 4 5 6 7 8 Bd.2 Mikrobiologi 07 Bd.2 Fisiologi 02 Bd.2 Anatomi 01 Bd.2 Biologi 03 Reproduksi BOBO T T SKS 3 2 P 1 K - 1 31 .1 Bahasa Inggris 04 Bd.2 Keterampilan 08 Dasar Praktek Klinik Bd.4 Konsep 01 Kebidanan Bd.5 Ilmu Sosial dan 02 Budaya Dasar Jumlah 2 2 2 2 3 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 - 9 10 4 2 23 2 2 15 2 8 - b.

Panduan Akbid BNM Pariaman 2 3 4 5 6 7 8 9 Bd.duksi Bd.2 Psikologi 13 Bd.2 Gizi dalam 12 Kes.2 Obstetri 09 Bd.3 Askeb I 01 (Kehamilan) Bd.4 Komunikasi dan 03 Konseling dan Praktek Kebidanan 2 2 2 2 2 4 3 2 1 1 2 2 1 2 2 1 1 1 1 2 1 1 - 10 Mulo Keterampilan k Dasar Praktek Klinik Jumlah 2 - 2 24 12 10 2 32 .3 Kesehatan 07 Reproduksi Bd.Repro.2 Fisika Kesehatan 05 Bd.2 Biokimia 04 Bd.

Panduan Akbid BNM Pariaman 2.4 Etika Profesi dan 02 Hukum Kesehatan Bd.3 Askeb III (Nifas) 03 Bd.3 Ilmu Kesehatan 11 Anak Bd.3 Asuhan 06 Neonatus. a.2 Ginekologi 10 Bd.3 Askeb II 02 (Persalinan) Bd.5 Promosi 03 Kesehatan BOBO T T SKS 3 2 2 4 2 4 2 2 2 2 1 2 P 1 2 1 2 K - 7 8 2 2 1 2 1 - - 9 2 2 - - 33 .3 Dokumentasi 09 Kebidanan Bd.2 Farmakologi 06 Bd. Semester III Tahun II Kode MATA KULIAH MK 1 2 3 4 5 6 Bd. Bayi dan Anak Balita Bd.

3 Pelayanan KB 08 Bd.3 Askeb V 05 (Kebidanan Komunitas) Bd. Tahun III 34 .3 Praktek Klinik 10 Kebidanan Bd.Panduan Akbid BNM Pariaman Jumlah b.5 Ilmu Kesehatan 01 Masyarakat Mulo Bahasa Inggris k 3 Jumlah 23 16 7 - BOBO T T SKS 2 2 1 1 P 1 1 K - 1 2 3 4 2 2 - 4 5 6 7 3 4 2 2 1 1 1 2 1 1 4 - 19 7 8 4 3.3 Askeb IV 04 (Patologi Kebidanan) Bd. Semester IV No Kode MATA KULIAH MK Bd.2 Epidemiologi 14 Bd.

Panduan Akbid BNM Pariaman a.5 Organisasi dan 04 Manajemen Pelayanan Kesehatan Mulo Ilmu Penyakit k Umum Jumlah BOBO T T SKS 2 3 1 2 P 1 1 K - 2 3 4 5 6 7 5 2 2 2 1 1 1 1 1 1 5 - 8 2 18 2 7 6 5 b.2 Biostatistik 15 Bd. Semester V No Kode MATA KULIAH MK Bd.4 Mutu Pelayanan 04 Kebidanan Bd.4 Metode 05 Penelitian Bd. Semester VI No Kode MATA KULIAH BOBO T MK T P K 35 .3 Askeb IV 04 (Patologi Kebidanan) Bd.3 Praktek Klinik 10 Kebidanan Bd.

agama dengan hubungannya dengan kesehatan. hubungan agama dengan moral dan etika. Kaitan Pancasila dengan UUD 1945 dan pembangunan serta penghayatan dan pengamalan Pancasila yang berhubungan dengan kesehatan.Panduan Akbid BNM Pariaman SKS 1 2 Bd. 36 . 1. falsafah bangsa. terutama kesehatan ibu dan anak. tugas bidan dalam kaitannya dengan ajaran agama. 2. dan landasan Idiil pembangunan bangsa.4 KTI 06 Jumlah Keterangan : • • • C. T P = Teori = Praktek 6 3 9 6 3 9 K = Klinik URAIAN SINGKAT MATA KULIAH Pendidikan Pancasila (BD 101) Mata kuliah ini membahas tentang Pancasila sebagai dasar negara.3 Praktek Klinik 10 Kebidanan Bd. Pendidikan Agama Islam (BD 102) Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip agama yang diakui di Indonesia. terutama yang berkaitan dengan kebidanan.

endokrinologi. Biologi Reproduksi (BD 203) Mata kuliah ini membahas tentang struktur sel dan fungsinya. (BD 103) Pendidikan Kewarganegaraan Mata kuliah ini membahas tentang wawasan nusantara. 6.Panduan Akbid BNM Pariaman 3. dan sistem Hankamrata yang memungkinan peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan kesadaran dan motifasi kesadaran untuk berjuang menjaga kelestarian kehidupan bangsa Indonesia yang aman. Bio Kimia (BD 202) Anatomi (201) dan Fisiologi (BD 37 . embriologi. ketahanan nasional. juga membahas tentang adaptasi tubuh secara fisiologis keseimbangan cairan dan elektrolik. 202) Mata kuliah ini membahas tentang struktur. bentuk dan fungsi masing-masing sistem tubuh. 4. Bahasa Inggris (BD 104) Mata kuliah ini membahas tentang bahasa Inggris dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan kebidanan. imunologi genetic dan bioteknologi dalam reproduksi yang terintegrasi dalam ilmu dan praktek kebidanan 7. strategi nasional Hankamnas. 5. kuat bersatu dan tentram.

Klinik (KDPK) (BD 208) Keterampilan Dasar Praktek 38 . obat dan factor-faktor yang mempengaruhi khasiat obat. 8. teori bunyi dan meliputi gelombang dan kecepatan serta sifat-sifat bunyi ultrasonic dalam pelayanan 9. obat-obat yang lazim digunakan dalam pelayanan kebidanan yang meliputi jenis. Farmakologi (BD 206) Mata kuliah ini membahas materi tentang farmakologi yang meliputi farmakodinamika.Panduan Akbid BNM Pariaman Mata kuliah ini membahas tentang aspek kimia dalam tubuh manusia. farmikokenetik dan kefarmasian. aspek biokimia yang berkaitan dengan kesehatan ibu. tata cara pemberian dan pengelolaan obat. yang mempengaruhi Mikrobiologi (BD 207) kesehatan dan konsep-konsep yang Mata kuliah ini membahas tentang mikro organisme dan parasit berhubungan dengan pencegahan dan pengendalian infeksi 11. gaya dan analisa gaya. konsep dan prinsip laboratorium klinik teknik-teknik pemeriksaannya. bayi dan anak. Fisika Kesehatan (BD 201) dan Mata kuliah ini membahas tentang hubungan fisika sebagai ilmu dasar dengan ilmu kebidanan sebagai ilmu terapan hukum-hukum thermodinamika dan penerapannya. khasiat efek samping. 10.

Panduan Akbid BNM Pariaman

Mata kuliah ini membahas tentang keterampilan dasar asuhan kebidanan yang meliputi personel hygiene, pemeriksaan fisik, pemeriksaan diagnostic, tindakan untuk pengobatan yang berhubungan dengan asuhan kebidanan dan pencegahan infeksi. 12. Obstetri (BD 209)

Mata kuliah ini membahas tentang patologi kebidanan yang meliputi patologi kehamilan, persalinan, nifas, resiko tinggi dalam kebidanan, kedaruratan kebidanan dan tindakan operatif kebidanan 13. Ginekologi (BD 210)

Mata kuliah ini membahas tentang penyakit kandungan dan permasalahan pada wanita dalam siklus kehidupannya. 14. Kesehatan Anak (BD 211)

Mata kuliah ini membahas tentang keadaan bayi dan anak balita di Indonesia, tumbuh kembang anak, baik yang sehat dan sakit serta upaya penanggulangannya.

15.

Gizi Ibu dan Anak (BD 212)

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar ilmu gizi serta membahas tentang kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan anak balita, masa sekolah, dewasa dan permasalahannya. 16. Psikologi Ibu dan Anak (BD 213)

39

Panduan Akbid BNM Pariaman

Mata kuliah ini membahas tentang psikologi umum, psikologi ibu dan anak dalam perubahan psikologis pada setiap fase kehidupan, faktor-faktor yang mempengaruhi penanggulangannya 17. Epidemiologi (BD 213)

Mata kuliah ini membahas tentang definisi dan ruang lingkup epidemiologi, konsep dasar timbulnya penyakit epidemiologi deskriptif, cara pengukuran angka kesakitan dan angka kematian, penyelidikan “Screening” 18. Statistik Kesehatan (BD 214) wabah, penemuan penyakit dengan cara

Mata kuliah ini membahas tentang statistik umum yang meliputi konsep dasar statistik, penyajian, data, nilai rata-rata dan penyebaran sampel, metode sampling, jenis-jenis uji statistik dan cara-cara perhitungan, dan statistik kesehatan yang menguraikan tentang vital statistik kelahiran, kesakitan dan kematian.

19.

ASKEB I (BD 301)

Mata kuliah ini membahas tentang Asuhan Kebidanan pada ibu hamil dengan pendekatan manajemen kebidanan pada setiap tahap kehamilan meliputi : konsep dasar asuhan kehamilan pra konsepsi, proses konsepsi, proses adaptasi psikologi ibu hamil,

40

Panduan Akbid BNM Pariaman

pemeriksaan kehamilan, kebutuhan ibuh hamil, deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin. Asuhan kehamilan pada kunjungan awal dan ulangan serta system dokumentasi asuhan. 20. ASKEB II (BD 302)

Mata Kuliah ini membahas tentang asuhan kebidanan dalam persalinan dengan pendekatan manajemen kebidanan, meliputi : Konsep dasar persalinan faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan, proses adaptasi psikologi dalam persalinan, kebutuhan dasar pada ibu dalam proses persalinan, memimpin persalinan, deteksi dini komlikasi persalinan, asuhan pada bayi baru lahir, pendokumentasian dan sistem rujukan. 21. ASKEB III (BD 303)

Mata kuliah ini membahas tentang asuhan kebidanan pada ibu pasca persalinan normal yang meliputi : Konsep dasar nifas, respon orang tua terhadap BBL, proses adaptasi fisiologi dan psikologi dalam masa nifas, kebutuhan ibu dalam masa nifas, senam nifas, asuhan pada BBL, tindak lanjut asuhan pasca klinik dan pendokumentasian.

22.

ASKEB IV (BD 304)

Mata kuliah ini membahas tentang asuhan kebidanan pada ibu dengan kelainan atau komplikasi yang meliputi : Patologi obstetric, penyakit-penyakit penyerta kehamilan, persalinan dan

41

rujukan dan pendokumentasiannya. 42 . prinsip dasar. bayi dan anak balita normal dan abnormal. Kesehatan Reproduksi (BD 307) Asuhan Neonatus. strategi pelayanan kebidanan di masyarakat. keluarga termasuk neonatus. kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah. psikologis dan social spiritual. 25. bayi dan Anak Mata kuliah ini membahas tentang teori dan konsep kesehatan reproduksi secara umum. 23. 24.Panduan Akbid BNM Pariaman nifas. perkembangan wanita dalam aspek biologis. kesehatan reproduksi dalam perspektif gender. immunisasi serta pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak balita. perlindungan hukum bidan di masyarakat dan pendokumentasian. yang berfokus pada manajemen laktasi. ASKEB V (BD 305) Mata kuliah ini membahas tentang asuhan kebidanan komunitas yang meliputi : Konsep. Balita (BD 306) Mata kuliah ini membahas tentang asuhan pada neonatus. serta lingkup asuhan pada neonatus. pendokumentasian dan sistem rujukan. bayi dan anak balita. (bayi baru lahir s/d 28 hari) bayi dan anak balita. upaya-upaya promotif dan preventif terhadap kesehatan wanita sepanjang siklus reproduksinya. permasalahannya serta indicator status kesehatan wanita. prinsip-prinsip asuhan dalam penangannya.

serta merujuk dengan tepat dalam manajemen kasus di semua tatanan pelayanan kesehatan baik di institusi kesehatan maupun di komunitas. 310) Mata kuliah ini merupakan praktek asuhan kebidanan. KIE dan pelayanan kontrasepsi. 308) Pelayanan Kebidanan KB (BD Mata kuliah ini membahas tentang asuhan kebidanan pada calon akseptor yang bermasalah dan tidak bermasalah serta cara penanggulanginya. dirancang untuk memberikan pengalaman yang komprensif sehingga peserta didik dapat lebih siap dan percaya diri dalam melakukan peran kemandirian.Panduan Akbid BNM Pariaman 26. perkembangan profesi 43 . metodologi asuhan kebidanan. Konsep Kebidanan (BD 401) Praktik Klinik Kebidanan (BD Mata kuliah ini membahas tentang konsep kebidanan yang meliputi : Fisiologi dan konseptual kebidanan. lingkup dan jenis dokumentasi. Dokumentasi Kebidanan (BD 309) Mata kuliah ini membahas tentang konsep pendokumentasian dalam pengelolaan asuhan kebidanan. paradigma asuhan kebidanan. kolaborasi. 29. system informasi melalui computer dan system penyimpanan dokumen dan akses untuk memperoleh rekam medik 28. 27.

Kesehatan (BD 402) Mata kuliah ini membahas tentang prinsip etika moral dan isu legal kebidanan untuk membentuk prilaku professional dalam berkarya dipelayanan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan baik kepada individu. kesempatan meliputi untuk : Bimbingan. komunikasi dalam interpersonal dan konseling. dan strategi penilaian mutu sebagai dasar untuk dapat memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan kebidanan. keluarga dan masyarakat. pelayanan kebidanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional. 32. 404) Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar mutu pelayanan kesehatan khususnya kebidanan. Mutu Layanan Kebidanan (BD Komunikasi dan Konseling (BD Etika Profesi dan Hukum 44 .Panduan Akbid BNM Pariaman bidan. pengembangan karir dan system penghargaan bagi bidan. 30. 403) Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip dasar komunikasi dan konseling yang diaplikasikan dalam pelayanan asuhan diberi kebidanan. 31. standar mutu. Dalam proses belajar. faktor yang mempengaruhi. peserta didik melatih keterampilan menerapkan berbagai metoda komunikasi dan konseling untuk menumbuhkan profesionalisme.

Karya Tulis Ilmiah (BD 406) Mata kuliah ini membahas tentang prinsip. peran serta masyarakat dalam konteks peningkatan status kesehatan wanita. Metode Penelitian (BD 405) Mata kuliah ini membahas tentang konsep penelitian. pendekatan keluarga dalam kesehatan masyarakat. sistematika atau langkah-langkah penelitian dan membuat proposal penelitian 34. serta pengaruh social Ilmu Sosial Budaya Dasar (BD Ilmu Kesehatan Masyarakat (BD 45 . penulisan karya tulis ilmiah berdasarkan minat peserta didik dibidang kebidanan melalui dukungan dan arahan dari dosen pembimbing. 502) Mata kuliah ini membahas tentang konsep ilmu-ilmu Sosial dan Budaya Dasar dalam memahami Sosial Budaya Masyarakat Indonesia yang majemuk dan kompleks. 501) Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar ilmu kesehatan masyarakat yang mencakup : Pengantar kesehatan masyarakat. masalah kesehatan kesehatan masyarakat. 36. indicator kesehatan dalam kaitan pelayanan kebidanan komunitas.Panduan Akbid BNM Pariaman 33. kepemimpinan kesuma. 35.

Promosi Kesehatan (BD 503) Mata kuliah ini membahas tentang konsep. peran bidan dalam promosi kesehatan. manajemen dan kepemimpinan dalam pelayanan kesehatan sebagai pedoman dalam menjalankan peran pengelola pelayanan kesehatan. indicator dan system monitoring evaluasi. 46 . Organisasi dan Manajemen dalam Pelayanan Kesehatan (BD 504) Mata kuliah ini membahas tentang organisasi dan manajemen dalam pelayanan kebidanan yang mencakup : Konsep organisasi. pendekatan promosi kesehatan. upaya promosi kesehatan. prinsip dan ruang lingkup promosi kesehatan. model dan nilai etik dalam promosi.Panduan Akbid BNM Pariaman budaya dalam pelayanan kebidanan dan cara-cara pendekatan social budaya dalam praktek kebidanan di masyarakat 37. 38.

3. laboratorium dan praktik lapangan. SERAGAM Pakaian seragam wajib dikenakan oleh mahasiswa dalam mengikuti dan menjalankan kegiatan pembelajaran khususnya di kelas. 2. Jas Almamater dipakai pada saat Pakaian seragam kuliah terdiri acara resmi atau acara lain yang menandakan institusi. jambu Pakaian laboratorium klinik terdiri dari baju berlengan ¾ dan celana panjang warna merah PENGGUNAAN PAKAIAN 47 .Panduan Akbid BNM Pariaman BAB V TATA TERTIB A. Pakaian seragam praktek klinik terdiri dari baju putih lengan panjang dan celana panjang berwarna putih ( + jilbab putih ) disertai sepatu warna putih. Ketentuan pemakaiannya adalah : 1. dari baju warna putih lengan panjang dan celana panjang warna biru langit + jilbab putih disertai sepatu warna hitam. 4.

tidak dibenarkan mengikuti B. Bagi mahasiswa yang tidak mengenakan pakaian seragam. ASKEB II. Setiap mahasiswa wajib hadir di kelas 5 menit sebelum perkuliahan/praktek dimulai. maka tidak boleh mengambil mata kuliah Askeb II . ASKEB III. Mahasiswa f. ASKEB IV dan ASKEB V dengan ketentuan sbb : • Apabila tidak lulus ASKEB I. IV dan V • Apabila tidak lulus ASKEB II. perkuliahan/praktek. c.. d. e. PERATURAN PERKULIHAN/PRAKTEK Setiap mahasiswa harus berpakaianan seragam rapi dengan ketentuan sebagai berikut : a. Rambut didalam jilbab tidak boleh digerai. III. mengambil Mata Kuliah berikutnya antara lain : ASKEB I. maka tidak bisa mengambil Askeb IV dan Askeb V dilarang meninggalkan ruang perkuliahan/ praktek tanpa izin dosen yang bersangkutan Mata Kuliah yang merupakan Persyaratan untuk 48 . Memakai PIN dan Papan Nama b. Pakaian seragam kuliah terdiri dari baju warna putih lengan panjang dan celana panjang warna biru langit + jilbab putih disertai sepatu warna hitam.Panduan Akbid BNM Pariaman 5.

Praktek klinik bisa diikuti apabila telah lulus ujian tulis dan ujian praktek di Laboratorium h. C. harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Dokter. Jika mahasiswa sakit dengan pemberitahuan dianggap ¾ hadir. k. Selama perkuliahan / praktek. HP dinon aktifkan.Panduan Akbid BNM Pariaman g. PERATURAN PERPUSTAKAAN 1. Peminjaman dan Pengembalian a. Syarat keanggotaan • • Mengisi formulir menjadi keanggotaan perpustakaan yang telah disediakan Pas foto sebanyak 3 buah ukuran 2 x 3 2. Pemberitahuan sakit lebih dari 1 hari. j. Untuk dapat mengikuti ujian semester. Peminjaman 1) 2) Setiap Tidak peminjaman diperkenankan harus menggunakan memperlihatkan kartu anggota kartu anggota orang lain 49 . bila izin dengan pemberitahuan dianggal ½ hadir dan jika izin karena melerkukan kegiatan akademik dianggap hadir. kehadiran perkuliahan setiap mata kuliah minimal 75 % dan praktek 100 % i.

harus mengganti buku yang sama atau mengganti dengan uang seharga buku tersebut untuk buku produksi dalam negeri. makanan. mengobrol atau berbicara didalam ruangan b. Bagi yang mengembalikan melebihi waktu yang sudah ditentukan dikenankan dendan Rp. PERATURAN LABORATORIUM 1.-/buku/hari keterlambatan 2) Bagi peminjam yang telah menghilangkan buku yang dipinjam. Setiap mahasiswa harus memakai seragam yang telah ditentukan 2. 2 kali lipat harga untuk buku produksi luar negeri. Setiap mahasiswa harus hadir dilaboratorium 5 menit sebelum praktek dimulai 50 . Setiap mahasiswa tidak dibenarkan makan dan minum dalam laboratorium 3.Panduan Akbid BNM Pariaman 3) buku 4) 5) Perpustakaan 6) perpustakaan.500. Pengembalian 1) Pengembalian buku sesuai dengan tanggal kembalinya. Jumlah buku pinjaman : mak 3 buah Lama Pinjaman : 3 hari Wajib menjaga kebersihan Buku dan Dilarang membawa tas/kantong. D.

Alat-alat yang dipinjam. SANKSI AKADEMIK Jenis sanksi yang dikenakan kepada mahasiswa yang melanggar peraturan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berupa : 1. kuliah (teori/praktek) Pelanggaran atau perbuatan yang menyebabkan mahasiswa tidak dipernankan mengikuti kegiatan pembelajaran antara lain : a. Setiap peralatan/bahan laboratorium yang hilang. dikembalikan dalam keadaan baik. Setiap mahasiswa harus merapikan kembali laboratoium sebelum dan setelah digunakan. c. E. KRS pada waktu yang telah ditetapkan b. bersih dan kering. seragam yang telah ditentukan.Panduan Akbid BNM Pariaman 4. Setiap peminjaman dan pengembalian alat harus diketahui petugas penanggung jawab laboratorium 5. kegiatan pembelajaran. pecah atau rusak harus diganti sesuai dengan aslinya 6. Tidak membawa perlengkapan yang ditentukan saat mengikuti Pada waktu perkuliahan/pembelajaran tidak mengenakan pakaian Tidak menyelesaikan dan atau tidak memiliki kartu registrasi dan Tidak diperkenankan mengikuti 51 . 7.

Berlaku kurang/tidak sopan terhadap tenaga pendidik. teguran lisan dan tertulis Mahasiswa yang melakukan pelanggaran atau perbuatan yang menyebabkan mahasiswa mendapat teguran lisan. 2. Teguran lisan diberikan oleh tenaga pendidi/kependidikan atau tenaga (struktural/fungsional institusi pendidikan) langsung kepada mahasiswa yang melanggar. pegawai.: a. Hal tersebut diinformasikan kebagian administrasi akademik dan kemahasiswaan untuk dibuatkan catatan/arsip. sesama mahasiswa atau orang lain misalnya tamu institusi c.Panduan Akbid BNM Pariaman Tenaga pendidik mempunyai kewenangan untuk menyatakan seseorang mahasiswa boleh atau tidak dipernankan mengikuti kegiatan pembelajaran. Melanggar peraturan dan tata tertib. Pelanggaran atau perbuatan yang menyebabkan mahasiswa mendapat teguran tertulis I hingga ke III antara lain : Peringatan akademik berupa 52 . Tidak menjaga dan memelihara kebersihan dan kerapihan lingkungan b. Mengganggu kelancaran dan ketertiban proses belajar mengajar d. antara lain.

Memiliki nilai IP kurang dari atau dengan 2.25 ) pada akhir semester dan atau nilai b. d. Teguran tertulis dikeluarkan oleh Direktur yang ditujukan kepada mahasiswa yang bersangkutan dan ditembuskan kepada orang tua/wali. Memiliki nilai IP dibawah 2. sama ( ≤ 2. Melanggar tata tertib setelah mendapat 3 (tiga) kali teguran lisan. Jumlah jam ketidakhadiran tanpa keterangan lebih dari 25 % jam kuliah c. Melalaikan semester berjalan.25 IPK dibawah 2. e. Jumlah jam ketidakhadiran tanpa keterangan mencapai maksimal 50 % jam kuliah Pemberhentian sementara untuk kewajiban administrasi pada 53 .25.25 setelah mendapat teguran tertulis II b.Panduan Akbid BNM Pariaman a. jangka waktu tertentu (skorsing) Skorsing diberikan kepada mahasiswa yang melakukan pelanggaran antara lain : a. dan dicatat dibagian administrasi akademik dan kemahasiswaan 3. Sanksi teguran tertulis bersifat akumulatif dan berlaku untuk kurang waktu 1 (satu) semester.25 pada akhir semester dan atau nilai IPK dibawah 2.

Berdasarkan kemahasiswaan menetapkan berita lamanya acara masa tersebut dengan skorsing. Dalam pertemuan penjelasan atas pemanggilan tersebut dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh Pudir bidang kemahasiswaan dan mahasiswa yang bersangkutan.Panduan Akbid BNM Pariaman c. Sebelum dikeluarkan surat skorsing terlebih dahulu dilakukan pemanggilan terhadap mahasiswa yang bersangkutan. Pudir Direktur Surat bidang dalam skorsing berkoordinasi Melakukan pelanggaran etika moral dan profesi seperti terbukti membawa/menyimpan CD/kasen audia/video seperti penyalahgunaan narkotika (Pemakai/Pengedar). Melalaikan kewajiban administrasi pada semester berjalan (kumulatif) d. terlarang g. Melanggar tata tertib setelah mendapat teguran tertulis III e. Melakukan pelanggaran etika akademik seperti misalnya terbukti mengerjakan soal ujian mahasiswa yang tidak hadir. h. disaksikan oleh bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan dan tenaga kependidikan/PA terkait. miras (mabuk diarea kampus) dan dikeluarkan oleh Direktur yang ditujukan kepada mahasiswa 54 . Melakukan pelanggaran hukum dan atau tidak pidana sejenisnya f.

Pergi ke PUB/ Night Club. Pemutusan studi dapat pula diberikan apabila : a. Melakukan pelanggaran Etika. Pemberhentian tetap/pemutusan studi (Drop Out) Apabila setelah skorsing tidak ada tanggapan. 4. Telah diperkenankan. Melalaikan kewajiban administrasi selam 2 (dua) semester berturut-turut atau semester berlainan e. Dengan IPK yang telah didapat dari semester I s/d III diprediksi tidak mampu menyelesaikan pendidikan dalam 10 semester (telah melewati semester I dan II dengan IPK dibawah 2. melampaui batas masa studi yang 55 .Panduan Akbid BNM Pariaman yang bersangkutan dan ditembuskan kepada orang tua/wali dan diarsipkan di bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan. melakukan/ikut dalam pergaulan bebas. moral dan profesi seperti terbukti : .00) b. d. Tidak mengikuti kegiatan pembelajaran tanpa alasan yang dapat dibenarkan pada semester I dan II atau 2 (dua) semester berturut-turut. maka dapat dikeluakan sanksi berupa pemberhentian tetap/pemutusan studi. Tingkat kelulusan semester I dan II kurang dari 60 % mata kuliah semester tersebut c. f.

F. Selanjutnya dikeluarkan surat keputusan pemutusan studi oleh direktur untuk disampaikan kepada orang tua/wali.Panduan Akbid BNM Pariaman g. Melakukan pelanggaran hukum dan atau tindak pidana seperti : Penyalahguanaan Narkotika (Pemakai/Pengedar) Miras Melakukan perkelahian baik dilingkungan maupun diluar kampus dan tindakan yang mencemarkan diri atau merusak cintra isntitusi Merokok baik dikampus atau diluar kampus Melakukan plagiat makalah/laporan/tugas akhir dan sebagainya. Dalam proses penerbitan Surat Keputusan pemutusan studi. Hasil pemanggilan dibuatkan berita acara pemeriksaan yang disaksikan struktural institusi (bagian atau administrasi akademik dan dan kemahasiswaan) tenaga kependidikan/PA ditandatangani oleh seluruh yang hadir. Pusat Diknakes dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. PENGHARGAAN Setiap mahasiswa yang berprestasi pada setiap kegiatan baik yang diselenggarakan oleh Institusi maupun institusi/lembaga lain. 56 . hadiah benda/uang. perlu diberikan penghargaan berupa piagam. Dinas Kesehatan Propinsi. terlebih dahulu dilakukan pemanggilan kepada mahasiswa oleh Pudir bagian kemahasiswaan melalui surat panggilan.

Dengan demikian setiap kegiatan HIMA harus berkoordinasi dengan Pudir III (Kemahasiswaan). Seksi Keagamaan 57 . Tugas pokok HIMA ini adalah melaksanakan peningkatan kepemimpinan. oleh dan untuk mahasiswa. kegemaran dan kesejahteraan mahasiwa. Bentuk unit kegiatan kemahasiswaan Akbid BNM Pariaman adalah : 1. ORGANISASI MAHASISWA Himpunan Mahasiswa (HIMA) merupakan organisasi kelembagaan mahasiwa di tingkat Akademi Kebidanan Bina Nusantara Mandiri Pariaman. Dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan HIMA ini tetap berpedoman pada aturan yang belaku di Akademik yang telah ditetapkan oleh Akademi Kebidanan Bina Nusantara Mandiri Pariaman.Panduan Akbid BNM Pariaman bebas SPP dan prioritas untuk mendapatkan beasiswa dan fasilitas lainnya BAB VI KEMAHASISWAAN A. Masa kerja kepengurusan HIMA adalah 1 (satu) tahun dan pengukuhannya melalui SK Direktur Akademi Kebidanan Bina Nusantara Mandiri Pariaman. HIMA ini diselenggarakan dari. minat.

B.Panduan Akbid BNM Pariaman Merupakan sarana pengembangan dan pembinaan mahasiswa dalam rangka perluasan wawasan dan peningkatan IMTAQ sesuai dengan agama yang dianut. 2. teknologi maupun seni yang mendapat bimbingan. disamping itu juga melakukan pembinaan bagi mahasiswa – mahasiswa baru dalam bidang seni dan olah raga. 4. Seksi Humas Seksi humas berfungsi membina hubungan baik dengan masyarakat dengan menampung. Seksi Diklat Seksi pendidikan dan latihan berfungsi menampung. baik langsung 58 . menyalurkan potensi mahasiswa dalam bidang kesenian dan olahraga. 3. Diharapkan melalui kegiatan dalam seksi ini akan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap mental yang berhubungan dengan profesinya nanti. Seksi Kesenian dan Olahraga Seksi kesenian dan olahraga berfungsi menampung. menyalurkan potensi mahasiswa dalam bidang pendidikan dan bela negara. membina dan menyalurkan kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan sosial. KEGIATAN KURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER a. Kegiatan Kurikuler Yang dimaksud dengan kegiatan kurikuler adalah kegiatan pendidikan terstruktur dalam bidang ilmu pengetahuan.

Kegiatan Ekstra Kurikuler Kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan mahasiswa di luar kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan potensi mahasiswa. Semua kegiatan ekstra kurikuler ini akan dikelola oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Akbid BNM Pariaman melalui divisi – divisi yang ada. mahasiswa dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang administrasi yang dilaksanakan oleh petugas 59 . Kegiatan yang termasuk kegiatan kurikuler adalah keseluruhan kegiatan sejak mulai mendaftar pertama kali di Akbid BNM Pariaman. dalam rangka pembentukan pribadi mandiri. kreatif dan profesional yang pada akhirnya akan menjadi lulusan yang berkualitas sebagai pimpinan di masa depan. dinamis. Setelah semua rangkaian proses pendaftaran selesai. dimana pelayanan ini baru berupa pelayanan administrasi.Panduan Akbid BNM Pariaman maupun tidak langsung dalam ruangan kuliah. Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut diatas. labor maupun di lapangan dalam rangka kerja praktek. b. selanjutnya mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan dosen – dosen diruangan/lokal/labor dan workshop sesuai dengan kuliah yang telah terjadwal sampai nantinya mengikuti ujian semester.

Panduan Akbid BNM Pariaman tersedia dan memperoleh bantuan dari Akbid Bina Nusantara Mandiri Pariaman sesuai dengan ketentuan yang ada 60 .

Panduan Akbid BNM Pariaman 61 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful