PERKEMBANGAN KOGNITIF MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN DIRI PADA USIA REMAJA

MATA KULIAH: BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DOSEN PENGAMPU: Bapak Agus Basuki, M.Pd.

Disusun Oleh:

Anisa Handayani
08104241009

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN

PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA B. RUMUSAN MASLAH BAB II ISI MAKALAH A. LATAR BELAKANG B.FAKULTAS ILMU PEDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2009 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL DAFTAR ISI KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN A. PERKEMBANGAN DIRI USIA REMAJA BAB III PENUTUP A. KESIMPULAN KOGNITIF MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN . METODE PENULISAN MAKALAH C.

Yogyakarta.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya . Untuk itu sangat terbuka saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini. 08 Mei 2009 Penulis . Makalah ini disusun sebagai salah satu pemenuhan tugas dari mata kuliah Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial semester 2 tahun 2009. penyajian dan pembahasannya. sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dengan judul “Perkembangan Kognitif mempengaruhi Pengembangan Diri pada Usia Remaja” ini dengan tepat waktu. penulis berharap semoga makalah yang sederhana ini dapat berguna bagi yang membutuhkan khususnya mahasiswa yang mempelajari atau menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dan mahasiswa yang ingin mengkaji akan Perkembangan Kognitif pada umumnya. Penulis menyadari kemungkinan masih adanya kekurangan pada penulisan makalah ini baik dari segi materi.

perkembangan kognitif dengan pengembangan diri pada usia remajanya. LATAR BELAKANG Perkembangan yang dialami oleh setiap Individu bersifat multidimensional yaitu mengarah pada perkembangan individu terdiri dari berbagai macam dimensi atau ranah perkembangan seperti factor fisik. yang diatas dipaparkan sebagai salah satu dimensi dalam perkembangan. Dari Oleh statement diatas penulis menemukan titik hubungan yang saling berpengaruh antara karena itu dalam makalah pemenuhan tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. serta moral. intelektual yang menyangkut perkembangan kognitif dan bahasa. social. emosi. . mengapa ada kaitan dan terjadinya pengaruh pada pengembangan diri ataupun tingkah laku intelegensi. Dan ketika berbicara akan psikologi kognitif. kita harus berpedoman pada teori Jean Piaget (Pelopor Psikologi Kognitif) bahwa Hubungan Intelektual dengan tingkah laku inteleginsi atau pengembangan diri menurut piaget merupakan pernyataan dari tingkah laku adaptif yang terarah pada kontak dengan lingkungan dan kepada penyusunan pemikiran seseorang. yang didalam makalah ini juga mencoba memaparkan secara terperinci perkembangan kognitif. Penulis mencoba membahas tentang “perkembangan kognitif mempengaruhi pengembangan diri pada usia remaja”.BAB I PENDAHULUAN A.

Apakah kecerdasan kognitif yang baik akan Bagaimana dengan permasalahan anak yang tidak Pengembangan diri yang seperti apa yang mempengaruhi pengembangan diri yang maksimal? bisa mengembangkan diri secara optimal? dipengaruhi oleh factor kognitif? Pengembangan diri di usia remaja berupa apa? . C. RUMUSAN MASALAH a.B. penulis menggunakan metode pengumpulan data dari buku-buku penunjang matakuliah ini serta buku-buku yang relevan dengan topik yang disajikan. d. c. b. METODE PENULISAN MAKALAH • Kepustakaan Yaitu dalam pemaparan permasalahan yang diangkat dalam makalah.

Puncak perkembangan dicapai pada penghujung masa remaja akhir (usia sekitar 20). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perkembangan kognitif manusia terdiri dari 4 tahap yaitu . Dari pengadaan penelitian secara longitudinal terhadap anak sampai berusia 17 tahun oleh Bloom dkk. terjadilah masa plateau. usia 4 tahun berkembang sampai 50%. Interaksi dengan teman sebaya lebih bermanfaat disbanding interaksi dengan orang dewasa. Kecerdasan (kognisi) juga mengalami perkembangan baik secara kuantitatif intelegensi berkembang semenjak bayi masih berada dalam kandungan. Laju perkembangannya berlangsung sangat pesat mulai usia 3 tahun sampai dengan masa remaja awal. dimana anak adalah lone scientist: kognitifnya berkembang apabila akan dibiarkan bereksperimen sendiri/memanipulasi benda secara langsung. usia 8 tahun berkembang 80%. Serta menurut pendekatan longitudinal Jean Piaget menyimpulkan bahwa. perkembangan kognitif bersifat tahapan. PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA Kecerdasan adalah factor bawaan. berarti manusia dalam proses menjalani kehidupan merupakan usaha mengembangkan kecerdasan dari pengalamanpengalaman terdahulu (Empiris). urutan tahapan berlaku secara universal tapi batasan waktu berbeda-beda tergantung budaya.BAB II ISI MAKALAH A. usia 13 tahun berkembang 92% dan usia 13 tahun ke atas tinggal penyempurnaan. sesudah itu sampai usia 60tahun perkembangannya lambat. Hasilnya bahwa sampai usia 1 tahun kecerdasan berkembang sampai 20 %. yang selanjutnya akan terjadi penurunan. Dimana laju perkembangan tersebut relative stabil dan proposional.

menggambarkan teorinya tentang kognitif sebagai berikut: Batas kemampuan potensial Batas kemampuan aktual The Zone of Proximal Development The Zone of Proximal Development Adalah daerah tentang antara tingkat perkembangan aktual dengan tingkat perkembangan potensial yang lebih tinggi (antara apa yang dapat dilakukan secara mandiri dengan apa yang dapat dilakukan dengan bimbingan orang dewasa atau dalam kolaborasinya dengan teman sebaya yang lebih mampu. Elementary: masa preverbal. yang mengatakan bahwa perkembangan mental anak tergantung pada proses sosialnya. Vygotsky membedakan proses mental menjadi dua yaitu: a. yaitu bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Teori lain yang mencoba mengungkap tentang perkembangan kognisi dikemukakan oleh Vygotsky. pada saat itu anak berhubungan dengan lingkungan menggunakan bahasa tubuhnya. Higher: masa setelah anak dapat berbicara pada masa ini anak akan berhubungan dengan lingkungan secara verbal.sensorimotor. concrete operatioanal. dan formal operational. yang selanjutnya dikenal dengan tahapan perkembangan kognitif. . Lingkungan social yang menguntungkan akan adalah orang dewasa atau anak yang lebih mampu yang dapat memberi penjelasan tentang segala sesuatu sesuai dengan nilai kebudayaan. Vygotsky. b. preoperational. yaitu: selama anak belum menguasai verbal.

cenderung pada lingkungan sosialnya. serta dari perkembangan kognitif berfikir yang tidak kaku atau fleksibel berdasarkan kepentingan. eksternal. PERKEMBANGAN KOGNITIF MEMPENGARIHI PENGEMBANGAN DIRI USIA REMAJA Kesimpulan teori perkembangan yang dikemukakan oleh pelopor psikologi kognitif yaitu Jean Piaget adalah hasil gabungan dari kedewasaan otak dan sistem saraf. c. b. pole berpikir yang orang Adaptasi: Asimilasi: Akomodasi: Equilibration: proses menyesuaikan pemikiran dengan memasukkan berarti memperoleh informasi baru dan memasukkannya meliputi penyesuaian pada informasi baru dengan didefinisikan sebagai kompensasi untuk gangguan gunakan untuk mengatasi situasi tertentu dilingkungan. egosentris hipocrsty (hipokrit: kepura-puraan) dan kesadaran diri . berfikir logis (pengembangan diri untuk menimbang hal-hal yang penting dan pengembangan diri untuk mengambil kesimpulan). Sehingga atas dasar tersebut tahap perkembangan tersebut maka cirri berfikir remaja adalah idealisme. informasi baru ked lam pemikiran individu. Ia menggunakan lima istilah untuk menggambarkan dinamika perkembangan kognitif tersebut: a.B. menciptakan skema yang baru ketika skema lama tidak berhasil. kedalam skema sekarang dalam respon terhadap stimulus lingkungna yang baru. Skema: hal ini menunjukkan struktur mental. serta adaptasi pada lingkungan kita. Hal ini pengaruh pentingnya bagi pengembangan diri usia remaja adalah Pengembangan diri remaja telah memiliki kemampuan introspeksi (pengembangan diri untuk berfikir kritis tentang dirinya). e. d. pengembangan diri juga mempengaruhi kognitif untuk menerjemahkan symbol-symbol yang ada disekeliling kita.

Sebagai contoh. mengikuti kondisi saat itu. Ranah-ranah perkembangan dari berbagai macam dimensi atau ranah prkembangan. budaya serta institusi social. keluarga. g. kematangan. c. Perkembangan bersifat multidisipliner. Hal ini berarti perkembangan Perkembangan selalu melekat dengan sejarah. f. Berbagai macam ahli dan peneliti Perkembangan bersifat kontekstual. seperti sekolah sangat berpengaruh dalam remaja tersebut. Perkembangan individu terdiri Perkembangan adalah multidireksional. . a. Perkembangan bersifat multidimensional. sosiologi. b. Bagaimanapun berbagai macam ranah dapat distimulasi untuk berkembang secara maksimal. KESIMPULAN Tujuh karakteristik dasar harus dipahami untuk melihat perkembangan manusia yang dapat mempengaruhi pengoptimalan pengembangan diri. Perkembangan individu menyangkut berbagai macam perubahan dari hasil interaksi factor-faktor seperti yang telah disebutkan akan berlangsung secara berkesinambungan sepanjang siklus kehidupan. perkembangan individu tidak dapat lepas dengan keadaan di sekitarnya. peran perkembangan kognitif sebelum tahap oprasional. Perkembangan bersifat lentur (plastis). antropologi. e. perkembangan fisik remaja yang tumbuh dengan pesat. dll. Hal ini berarti bahwa perkembangan dari disiplin ilmu psikologi. BAB III Penutup A. d.akan konformis jika dilihat dari factor yang mempengaruhi pengembangan diri remaja maka lingkungan social. Perkembangan adalah seumur hidup. mengalami perubahan dengan arah tertentu.

2008 Buku Psikologi Kognitif Buku Psikologi Remaja .DAFTAR ISI Buku Perkembangan Peserta Didik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful