Alkali

Dalam kimia , alkali (pengucapan Inggris: / ælkəlaɪ / , dari bahasa Arab : Al-QALY halada )‫ال ق لي, ال قال ي‬dasar , ionik garam dari logam alkali atau logam alkali tanah elemen . Beberapa penulis juga mendefinisikan alkali sebagai dasar yang larut dalam air . Sebuah solusi dari larut basa memiliki pH lebih dari 7. Para sifat alkali umumnya digunakan dalam bahasa Inggris sebagai sinonim untuk dasar, terutama untuk larut basa. Penggunaan luas dari istilah ini cenderung memiliki terjadi karena basa adalah basis pertama yang diketahui mematuhi Arrhenius definisi dasar dan masih antara dasar yang lebih umum.

Hidrogen
Hidrogen ( / h d r aɪ ɵ dʒ ɨ n / HY-DRƏ-JIN ) [4] adalah unsur kimia dengan nomor atom 1. Hal ini diwakili oleh simbol H. Dengan rata-rata berat atom dari 1,007 9 4 u (1,007 8 25 u untuk Hidrogen-1 ), hidrogen adalah yang paling ringan dan paling berlimpah unsur kimia, yang merupakan sekitar 75% dari alam semesta massa kimia unsur. [5] Bintang di deret utama terutama terdiri dari hidrogen dalam nya plasma negara. Unsur alami hidrogen relatif langka di Bumi. Yang paling umum isotop hidrogen protium (nama jarang digunakan, simbol 1 H) dengan satu proton dan tidak ada neutron . Pada senyawa ionik dapat mengambil muatan negatif ( anion dikenal sebagai hidrida dan ditulis sebagai H -), atau sebagai bermuatan positif spesies H +. Yang terakhir kation ditulis seolah-olah terdiri dari sebuah proton telanjang, tetapi dalam kenyataannya, hidrogen kation dalam senyawa ionik selalu terjadi sebagai spesies yang lebih kompleks. Hidrogen membentuk senyawa dengan kebanyakan unsur dan hadir dalam air dan sebagian besar senyawa organik . Hal ini memainkan peran yang sangat penting dalam kimia asam basa dengan banyak reaksi pertukaran proton antar molekul terlarut. Sebagai atom paling sederhana diketahui, atom hidrogen telah digunakan teoritis. Misalnya, sebagai atom hanya netral dengan solusi analitis untuk persamaan Schrödinger , studi tentang energetika dan ikatan atom hidrogen memainkan peran kunci dalam pengembangan mekanika kuantum .

Litium
Litium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Li dan nomor atom 3. Unsur ini termasuk dalam logam alkali dengan warna putih perak. Dalam keadaan standar, litium adalah logam paling ringan sekaligus unsur dengan densitas paling kecil. Seperti logam-logam alkali lainnya, litium sangat reaktif dan terkorosi dengan cepat dan menjadi hitam di udara lembab. Oleh karena itu, logam litium biasanya disimpan dengan dilapisi minyak.

logam litium didapatkan dengan elektrolisis dari campuran litium klorida dan kalium klorida. Sekelumit litium terdapat dalam samudera dan pada beberapa organisme walaupun unsur ini tidak berguna pada fungsi biologis manusia. kalium ditemukan sebagai . Walaupun demikian. sehingga harus disimpan dalam minyak. Litium juga memiliki tempat yang penting dalam fisika nuklir. Natrium Natrium atau sodium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Na dan nomor atom 11. Natrium adalah logam reaktif yang lunak.[1] namun oleh karena reaktivitasnya yang sangat tinggi membuat unsur ini hanya bisa ditemukan di alam dalam keadaan bersenyawa dengan unsur lain. Dia sangat reaktif. yang termasuk ke logam alkali yang banyak terdapat dalam senyawa alam (terutama halite). litium (kebanyakan 7Li) adalah salah satu dari sedikit unsur yang disintesis dalam kejadian Dentuman Besar walaupun kelimpahannya sudah jauh berkurang. Natrium juga bila dalam keadaan berikatan dengan ion OH. Jika digerus menjadi bubuk. apinya berwarna kuning. menguraikannya menjadi gas hidrogen dan ion hidroksida. Secara alami. Kalium Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. beroksidasi dalam udara. dan bereaksi kuat dengan air. dan putih keperakan. natrium adalah unsur reaktif yang lunak. Namun. Litium adalah unsur ke33 paling melimpah di bumi. Pada skala komersial. biasanya ia tidak meledak di udarabersuhu di bawah 388 K. Natrium mengapung di air. aloi dengan rasio kekuatan berbanding berat yang tinggi untuk pesawat terbang.Menurut teorinya. ringan. natrium akan meledak dalam air secara spontan. dan seperti lilin. Karena sangat reaktif. yang tak pernah berwujud sebagai unsur murni di alam. keperakan. efek neurologi dari ion litium Li+ membuat garam litium sangat berguna sebagai obat penstabilan suasana hati. Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golongan alkali tanah. natrium hampir tidak pernah ditemukan dalam bentuk unsur murni. Litium dan senyawa-senyawanya mempunyai beberapa aplikasi komersial. Litium ditemukan di beberapa mineral pegmatit. dan baterai litium. Sebab-sebab menghilangnya litium dan proses pembentukan litium yang baru menjadi topik penting dalam astronomi.maka akan membentuk basa kuat yaitu NaOH. Sifat utama Seperti logam alkali lainnya. namun juga bisa didapatkan dari air asin dan lempung. meliputi keramik dan gelas tahan panas.

Robert Bunsen dan Gustav Kirchhoff . Skala kecil pertama aplikasi untuk cesium telah sebagai " pengambil "dalam tabung vakum . adalah radioaktif dan memiliki paruh dari 49 miliar tahun-lebih dari tiga kali lebih lama dari yang diperkirakan usia alam semesta . Ini adalah lembut. Rubidium Rubidium ( / r ʉ b ɪ d i ə m / ROO-TAWARAN-EE-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol dan Rb nomor atom 37. yang menyusun hampir 28% dari rubidium alami. Isotop 87 Rb. terutama cesium-137 .4678. Elemental rubidium sangat reaktif. Ini adalah yang paling elektronegatif unsur yang memiliki isotop stabil. sehingga target sering untuk Laser manipulasi atom . Rubidium hanya memiliki satu isotop stabil. caesium-133. Dalam bahasa Inggris. dengan sifat mirip dengan unsur-unsur lain dalam kelompok 1 . Jerman kimiawan Robert Bunsen dan Gustav Kirchhoff pada tahun 1861 ditemukan rubidium dengan metode baru dikembangkan spektroskopi nyala . Logam ini sangat reaktif dan piroforik . Rubidium logam mudah menguap dan memiliki jangkauan spektral serapan nyaman. Rubidium adalah lembut. Cesium ditambang sebagian besar dari pollucite . sangat reaktif terutama dalam air. Berat atom adalah 85. sebuah produk fisi .senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara. 85 Rb. yang diambil dari limbah yang dihasilkan oleh reaktor nuklir . perak-emas logam alkali dengan titik leleh 28 ° C (82 ° F). seperti caesium . Kalium sering disebut Potassium. Namun. ditemukan caesium tahun 1860 dengan metode baru dikembangkan spektroskopi nyala . seperti yang sangat cepat oksidasi di udara . dari yang hanya memiliki satu. Senyawanya memiliki aplikasi kimia dan elektronik. Dua ahli kimia Jerman. putih keperakan logam unsur logam alkali kelompok. sementara radioisotop . Rubidium tidak diketahui diperlukan untuk setiap organisme hidup. bereaksi dengan air bahkan pada -116 ° C (-177 ° F). [catatan 2] Cesium adalah suatu logam alkali dan memiliki sifat fisik dan kimia mirip dengan rubidium dan kalium . dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. ion-ion rubidium ditangani oleh organisme hidup dalam cara yang mirip dengan kalium ion: mereka secara aktif diambil oleh tanaman dan hidup sel-sel hewan . yang menjadikannya salah satu dari hanya lima unsur logam yang cair pada (atau dekat) suhu ruangan . Cesium Cesium atau cesium [catatan 1] ( / s i ː z i ə m / MELIHAT-ZEE-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol dan Cs nomor atom 55.

penerapan elemen terbesar adalah sebagai format cesium untuk cairan pengeboran . . dan merupakan kedua paling langka unsur alami yang terjadi (setelah astatin ). Sejak itu. Ini adalah elemen terakhir yang ditemukan di alam . Fransium adalah sangat radioaktif logam yang meluruh menjadi astatin. radium . Sebelumnya. tidak pernah memperlihatkan perilaku sebanding dengan logam alkali tanah) Kelompok ini terletak pada. Ia memiliki berbagai aplikasi dalam produksi listrik.dari tabel periodik. caesium telah banyak digunakan dalam jam atom . dengan jumlah jejak ditemukan di uranium dan thorium bijih. frekuensi tertentu dari spektrum emisi dari caesium-133 dipilih untuk digunakan dalam definisi kedua oleh Sistem Internasional Satuan . mereka disebut Kelompok IIA elemen (diucapkan "kelompok dua A". di mana isotop fransium-223 terus bentuk dan meluruh. Dalam modern IUPAC nomenklatur.cesium dan aktinium K. sebagai "II" di sini adalah angka Romawi ). dan radon . Pada tahun 1967. dan dalam kimia. Fransium Fransium ( / f r n s i æ ə m / FRAN-LIHAT-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol Fr dan nomor atom 87. Hal itu sebelumnya dikenal sebagai eka . fransium sangat jarang. [catatan 2] Di luar laboratorium. dalam elektronik. Sejak 1990-an. Jumlah terbesar yang dihasilkan di laboratorium adalah sekelompok atom lebih dari 300. Logam alkali tanah kadangkadang dianggap sebagai kelompok 2 elemen. Fransium ditemukan oleh Marguerite Perey di Perancis (dari mana elemen mengambil nama) pada tahun 1939. itu adalah bahan berbahaya sebagai logam dan radioisotop yang menyajikan risiko kesehatan tinggi dalam kasus kebocoran radiasi. Meskipun unsur ini hanya sedikit beracun. misalnya. dalam tabel periodik diperpanjang dan tabel periodik Janet . Sebagai logam alkali . Sesedikit 20-30 g (satu ons) ada pada waktu tertentu sepanjang kerak bumi . [Catatan 1] Ini memiliki terendah elektronegativitas dari semua unsur yang dikenal. [1] Logam alkali tanah Logam alkali tanah adalah kelompok dalam tabel periodik . isotop lainnya sepenuhnya sintetik. logam alkali tanah disebut kelompok 2 elemen. blok s. pengukur industri. bukan oleh sintesis.000. memiliki satu elektron valensi . dan hidrologi. Isotop radioaktif cesium-137 memiliki waktu paruh sekitar 30 tahun dan digunakan dalam aplikasi medis.dan dalam sel fotolistrik .

Ini adalah divalen elemen yang terjadi secara alami hanya dalam kombinasi dengan elemen lain dalam mineral . karena itu. Sejauh ini. Dalam aplikasi struktural. Penggunaan komersial dari logam berilium menyajikan tantangan teknis karena toksisitas (khususnya oleh inhalasi) dari berilium yang mengandung debu. berilium relatif transparan untuk sinar-X dan bentuk lain dari radiasi pengion . Sebagai unsur bebas itu adalah abu-abu baja. Oksida ini mencair pada suhu tinggi seperti yang mereka tetap padatan ("bumi") dalam kebakaran. kuat.85 kali dari air) membuat berilium kualitas kedirgantaraan bahan untuk kecepatan tinggi pesawat . Hal ini juga mungkin bahwa ununhexium (Uuh). rudal . dan berbagi sifat yang sama: mereka semua agak reaktif logam pada kondisi standar. Logam alkali tanah memberikan contoh yang baik dari tren kelompok dalam properti di tabel periodik. dan dapat menyebabkan penyakit kronis yang mengancam jiwa alergi disebut berylliosis pada beberapa orang.Ini kelompok tertentu dalam tabel periodik berutang nama menjadi oksida mereka yang hanya memberikan solusi alkali dasar. karena unbinilium adalah yang kedua unsur periode 8 dan hanya elemen kedua pada tabel periodik yang memiliki belum ditemukan. percobaan telah dilakukan untuk upaya sintesis dari anggota berikutnya kelompok. unbinilium (Ubn). kemungkinan akan ditemukan dalam waktu dekat. oranye untuk kalsium . yang terjadi secara alami (lihat kelimpahan unsur kimia untuk referensi). Berilium korosif terhadap jaringan. Semua logam alkali tanah ditemukan. ringan dan rapuh logam alkali tanah . dengan baik-ditandai homolog perilaku bawah kelompok. adalah logam alkali tanah berikutnya. terutama tembaga berilium . merah terang untuk strontium . Namun. adalah bahan jendela yang paling umum untuk X-ray peralatan dan dalam eksperimen fisika partikel . pada 2011. konduktivitas termal dan rendah kepadatan (1. tinggi kekakuan lentur . Konduktivitas termal tinggi dan berilium oksida berilium telah menyebabkan penggunaannya dalam transportasi panas dan panas tenggelam aplikasi. Berilium digunakan terutama sebagai agen pengerasan di paduan . stabilitas termal . Berilium Berilium ( / b ə l r i ɪ ə m / BƏ-RIL-EE-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol Be dan nomor atom 4. Batu permata yang mengandung berilium Terkemuka termasuk beryl ( aquamarine . Dengan pengecualian dari berilium dan magnesium . Karena tidak disintesis dalam bintang. berilium adalah elemen yang relatif langka di kedua . yang telah disintesis di 2002 . zamrud ) dan chrysoberyl . kendaraan ruang angkasa dan satelit komunikasi . logam memiliki warna nyala dibedakan. tetapi ini memiliki semua bertemu dengan kegagalan. hijau untuk barium dan merah merah untuk radium . Karena kepadatan yang rendah dan massa atom .

Kalsium Kalsium ( / k æ l s i ə m / KAL-LIHAT-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol dan Ca nomor atom 20. dan bilangan oksidasi yang umum 2.Bumi dan alam semesta. [6] senyawa Magnesium digunakan medicinally sebagai umum pencahar . Magnesium juga ion logam di pusat klorofil . Ini adalah logam alkali tanah dan yang paling kedelapan elemen berlimpah dalam kerak bumi . [5] Magnesium adalah elemen yang paling melimpah 11 oleh massa dalam tubuh manusia . susu magnesium ). membuatnya menjadi bahan berguna dalam flare. untuk mengobati eklampsia ). Karena ion magnesium tinggi kelarutan dalam air. dan merupakan unsur kelima paling berlimpah-massa di bumi 's kerak . karena sangat reaktif (walaupun sekali diproduksi. di mana mereka memainkan peran utama dalam memanipulasi penting biologi polifosfat senyawa seperti ATP . Karena magnesium kurang padat dari aluminium. kadangkadang disebut " magnalium "atau" magnelium ". dilapisi lapisan tipis oksida [lihat passivasi ]. ion yang sangat penting untuk semua kehidupan sel . Magnesium Magnesium ( / m æ ɡ n i ː z i ə m / MAG-NEE-ZEE-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol Mg. [3] [4] Hal ini dominan magnesium berkaitan dengan fakta bahwa itu adalah mudah dibangun di supernova bintang dari tambahan yang berurutan dari tiga inti helium ke karbon (yang pada gilirannya terbuat dari tiga inti helium). Komersial. dan dalam sejumlah situasi dimana stabilisasi abnormal saraf eksitasi dan spasme pembuluh darah diperlukan (misalnya. dan dengan demikian aditif umum untuk pupuk . DNA . Para logam bebas membakar dengan cahaya putih cemerlang karakteristik.078 Amu. dan RNA . Ini memiliki massa atom 40. Logam ini sekarang terutama diperoleh dengan elektrolisis garam magnesium yang diperoleh dari air garam . yang sebagian masker reaktivitas ini). [2] dan kesembilan di dikenal semesta secara keseluruhan. penggunaan utama untuk logam adalah sebagai paduan agen untuk membuat aluminium -magnesium paduan. di mana ia merupakan sekitar 2% massa. Ratusan enzim sehingga membutuhkan ion magnesium untuk berfungsi. antasida (misalnya. paduan ini berharga untuk ringan dan kekuatan relatif mereka. Unsur ini tidak diketahui perlu atau berguna untuk kehidupan baik tumbuhan atau hewan. dan dalam konsentrasi rendah membantu untuk menanamkan kegetiran segar alami untuk air mineral . Ion magnesium asam untuk mencicipi. nomor atom 12. Kalsium adalah abu-abu lembut logam alkali tanah . Kalsium juga ion kelima paling berlimpah . Unsur bebas (logam) tidak ditemukan secara alami di Bumi. itu adalah elemen yang paling berlimpah ketiga dilarutkan dalam air laut .

Barium Barium ( / b ɛər i ə m / BAIR-EE-ƏM ) adalah unsur kimia dengan simbol dan Ba nomor atom 56. Mineral alami yang paling umum adalah barium sulfat sangat larut. yang berarti "berat". setelah natrium . Barium tidak pernah ditemukan di alam dalam bentuk murni karena mereka reaktivitas dengan udara . Barium memiliki beberapa aplikasi industri. menggambarkan kepadatan tinggi dari beberapa yang umum yang mengandung barium bijih. Senyawa barium memberikan warna hijau untuk api dan telah digunakan dalam kembang api.90 tahun. namun logam telah historis digunakan untuk mengais-ngais udara dalam tabung vakum . Sebuah logam alkali tanah . Stronsium Strontium ( / s t r n t i ɒ ə m / ) adalah unsur kimia dengan simbol dan Sr nomor atom 38. dan karbonat barium . Senyawa barium larut beracun akibat pelepasan ion barium larut. sebuah keperakan lembut logam logam alkali tanah . Penggunaan baru untuk barium terus dicari. Ini adalah unsur kelima di Grup 2. dan sulfat .terlarut dalam air laut oleh kedua molaritas dan massa. dan electroceramics. sebuah desa di Skotlandia dekat mana mineral pertama kali ditemukan. terpecahkannya. dan dalam bentuk murni. Hal ini terjadi secara alami dalam mineral Celestine dan strontianite . di mana pergerakan ion kalsium Ca 2 + ke dalam dan keluar dari sitoplasma berfungsi sebagai sinyal untuk banyak proses seluler. Baco 3 ( witherite ). klorida . dan X-ray opacity. dan telah digunakan sebagai rodentisida. . Sebagai bahan utama yang digunakan dalam mineralisasi tulang dan kerang. Hal ini digunakan sebagai berat lumpur-larut seperti pasta saat pengeboran sumur minyak. [2] Kalsium sangat penting untuk hidup organisme . Ini adalah komponen dari beberapa "suhu tinggi" YBCO superkonduktor . sulfat barium digunakan untuk densitas. Barium nama yang berasal dari Yunani barys )βαρύς). Logam berubah menjadi kuning saat terkena udara. Baso 4 ( barit ). Kedua strontium dan strontianite dinamai Strontian . sebagai sinar-X agen radiocontrast untuk pencitraan saluran pencernaan manusia. sintetik 90 Sr isotop hadir dalam radioaktif kejatuhan dan memiliki paruh dari 28. Oksida adalah historis dikenal sebagai baryta tetapi bereaksi dengan air dan karbon dioksida dan tidak ditemukan sebagai mineral. magnesium . Sementara strontium alam stabil. strontium adalah unsur logam lunak perak-putih atau kekuningan yang sangat reaktif secara kimiawi. khususnya di sel fisiologi . kalsium adalah yang paling berlimpah logam oleh massa di banyak hewan .

bersinar biru samar. yang memiliki paruh dari 1601 tahun dan meluruh menjadi radon gas. dalam bentuk klorida radium . Radium adalah hampir murni putih logam alkali tanah . Semua isotop radium sangat radioaktif . Mereka diekstraksi senyawa radium dari uraninite dan diterbitkan penemuan di Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis lima hari kemudian. dengan paling stabil isotop yang radium226 . Sejak penemuannya. dan efek kesehatan yang merugikan yang mungkin bila dimasukkan ke dalam proses biokimia karena radioaktivitas dan reaktivitas kimia. telah memberikan nama-nama seperti radium A dan radium C 2 untuk isotop beberapa elemen lain yang pembusukan produk radium-226. 88 diwakili oleh simbol Ra. menjadi berwarna hitam. .Radium Radium ( / r d i eɪ ə m / RAY-DEE-ƏM ) adalah unsur kimia dengan nomor atom . Karena ketidakstabilan tersebut. Radium. Radium tidak diperlukan bagi organisme hidup. radium adalah bercahaya . radium ditemukan dalam uranium bijih dalam jumlah jejak sekecil ketujuh gram per ton uraninite . Radium diisolasi dalam nya logam negara oleh Marie Curie dan André-Louis Debierne melalui elektrolisis radium klorida pada tahun 1910. Di alam. tetapi mudah mengoksidasi saat terkena udara. yang ditemukan oleh Marie SklodowskaCurie dan Pierre Curie pada tahun 1898.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful