http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail.

com

1

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Sistem jaringan komputer berkembang dengan sangat pesat, hampir setiap perusahaan terhubung dangan internet. Jaringan komputer yang terhubung ke internet tersebut menggunakan berbagai media penghubung, antara lain koneksi dial up, leased line atau koneksi kecepatan tinggi (satelit). Sistem jaringan komputer merupakan kebutuhan yang mutlak dalam sebuah instansi, perusahaan maupun lembaga lainnya untuk mempercepat komunikasi dan berbagi informasi antar fungsi bisnis dalam perusahaan. Wireless Internet dengan toknologi High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) merupakan salah satu media transmisi nirkabel yang menggunakan media gelombang radio/ gelombang elektromagnetik, yang merupakan

perkembangan dari teknologi Third Generation (3G). Teknologi ini mendukung akses data yang berupa multimedia seperti vidoe call, video conference atau web cam, video streaming dan lain-lain, di mana akses data tersebut membutuhkan bandwidth yang sangat besar sehingga berakibat lamanya waktu pengaksesan. Teknologi HSDPA bekerja pada frekuensi 2100 Mhz yang memberikan keuntungan troughtput yang lebih besar karena frekuensi 2100 Mzh memiliki panjang gelombang yang pendek, dan memiliki kecepatan transfer data 5x lebih tinggi dari teknologi 3G. HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps. Kemudian menyusul fase 2 berkapasitas 11 Mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga

1

http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail.com

2

mencapai 14 Mbit/s. Teknologi ini dikembangkan dari W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access) sama seperti EV-DO (Evolution-Data Optimized) mengembangkan CDMA2000. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang memungkinkan untuk penggunaan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun). HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer lebih tinggi. HSDPA mendefinisikan sebuah saluran W-CDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HSDSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam. Kecepatan unduh data HSPDA sebagai berikut: • Di lingkungan perumahan teknologi ini dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps. • Dalam keadaan bergerak seseorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps. • Di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 300 Kbps. Kelebihan HSDPA adalah mengurangi tertundanya pengunduhan data (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet

http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail.com

3

kecepatan tinggi untuk penggunaan fasilitas permainan atau mengunduh audio dan video. Kelebihan lain dari HSDPA adalah meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.

1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalahnya adalah: • • Bagaimana sistem kerja dari Teknologi HSDPA? Bagaimana arsitektur transmiter (pemancar) dan receiver (penerima) dalam jaringan wireless internet HSDPA? • Mengetahui bagaimana teknologi HSDPA dapat meningkatkan kinerja wireless internet?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan Tujuan dan manfaat dari penyusunan tugas khusus ini dapat dijelaskan sebagai berikut : • Tujuan Pokok • Mempelajari sistem kerja Wireless Internet dengan teknologi HSDPA • Mengetahui infrastruktur pendukung Wireless Internet dengan teknologi HSDPA

hingga kemungkinan pengembangan secara umum dan secara khusus dari jaringan wireless internet dalam interkoneksi internet.net yusdas@gmail. Sehingga pengguna wireless internet akan lebih selektif lagi dalam pemilihan sebelum menggunakan wireless internet.http://www. • Pembaca Untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang jaringan Wireless Internet dengan teknologi HSDPA. • Manfaat • Penulis Memperoleh pengetahuan baru tentang teknologi wireless Mengetahui perkembangan dan perbedaan teknologi yang lama sampai dengan teknologi yang baru.com 4 • Mengenal lebih jauh lagi tentang Wireless Internet dengan teknologi HSDPA • Tujuan Institusional Untuk memenuhi persyaratan kelulusan Tugas Khusus di Sekolah Tiggi Informatika dan Komputer Indonesia. Baik prinsip kerjanya.yusdalicious. • STIKI Bisa dijadikan sebuah referensi perbandingan sebelum memilih dan menggunakan wireless internet .

standar wireless.net yusdas@gmail. yang sebagian besar didapatkan dari situs-situs di internet dan untuk selanjutnya digunakan dalam perumusan dan ide pembahasan. keunggulan dan kelemahan wireless serta tipe jaringan wireless. dan sistematika penulisan. definisi wireless networking. rumusan masalah. ataupun bahan yang relevan dengan literatur-literatur yang ada.http://www. tujuan dan manfaat. perbedaan wired network dengan wireless network. 1. jenis-jenis jaringan komputer. BAB II: LANDASAN TEORI Berisi tentang latar belakang berdirinya Wireless Network. dengan mempelajari buku. 1. batasan masalah. pengiriman sinyal wireless.com 5 - Sebagai tambahan koleksi di perpustakaan STIKI yang dapat digunakan sebagai bahan bacaan maupun referensi tugas kampus untuk mahasiswa STIKI.5 Sistematika Penulisan Adapun sistematika penulisan tugas khusus ini adalah: BAB I: PENDAHULUAN Berisikan latar belakang penulisan.4 Metodologi Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan laporan tugas khusus ini dengan study pustaka. metodologi penelitian.yusdalicious. frekuensi. .

net yusdas@gmail.yusdalicious.com 6 BAB III PEMBAHASAN TEKNOLOGI HSDPA Berisi tentang seluk-beluk wireless internet dengan teknologi HSDPA.http://www. . perbedaan dan perkembangan teknologi wireless internet. BAB IV SETUP DAN SETTING Berisi tentang setup dan setting konfigurasi pada produk Sierra 881U Wireless Modem yang mengusung teknologi HSDPA BAB V PENUTUP Pada bab ini merupakan penutup yang berisikan kesimpulan dan saran. sistem kerja teknologi HSDPA. solusi dari perangkat HSDPA. pengalamatan pada layer network dan pengenalan produk wireless Modem dengan teknologi HSDPA.

Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas komputasi organisasi telah digantikan oleh sekumpulan 7 . maka informasi harus selalu dijaga kualitasnya. Penggabungan teknologi komputer dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap bentuk organisasi sistem komputer. 2.com 7 BAB II LANDASAN TEORI Bab ini akan mengungkapkan teori-teori yang digunakan sebagai landasan dalam memecahkan masalah yang dibahas. Beberapa faktor yang menjadi penentu kualitas informasi adalah akurasi.net yusdas@gmail.yusdalicious. relevansi dan juga kemudahan untuk memperolehnya. perusahaan ataupun penyedia jasa layanan informasi selain dituntut mampu menyediakan sumber daya informasi seperti perangkat keras dan perangkat lunak. persepsi dan landasan untuk menentukan solusi terhadap permasalahan yang akan dibahas. Informasi merupakan hasil pengolahan data yang disajikan sedemikian rupa sehingga mempunyai arti tertentu kepada para penerimanya.http://www. Maksud dari landasan teori ini adalah untuk memberikan arah. juga dituntut untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam bidang tersebut. Oleh karena ketergantungan manuasia terhadap informasi sangat besar.1 Latar Belakang Berdirinya Wireless Memasuki era Teknologi Informasi (TI). waktu.

telah mengilhami para ahli teknologi informasi untuk menciptakan wireless network.1 Keunggulan dan kelemahan Jaringan Wireless Jaringan wireless memiliki keunggulan dan kelemahan sebagai berikut : Keunggulannya yaitu Biaya pemeliharannya murah (hanya mencakup stasiun sel bukan seperti pada jaringan kabel yang mencakup keseluruhan kabel).yusdalicious. Mudah dikembangkan Mudah & murah untuk direlokasi. disamping pertimbangan harga. Teknologi jaringan komputer tidak hanya bermanfaat untk mengalirkan informasi ke seluruh bagian perusahaan. Hampir semua jaringan komputer saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung. Mendukung portabelitas. Sistem ini disebut sebagai jaringan komputer.net yusdas@gmail. .http://www.1. tetapi juga untuk membangun gairah usaha karena dapat dilakukan penghematan investasi baik pada perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Pembangunannya cepat. Jangkauan kabel yang terbatas.com 8 komputer yang saling berhubungan guna melaksanakan tugasnya. Dengan menggunakan teknologi ini maka daya jangkau jaringan dapat diperluas lagi. kecepatan instalasi dan kemudahan perawatannya. 2.

(kelemahan ini dapat dihilangkan dengan mengembangkan dan memproduksi teknologi komponen elektronika sehingga dapat menekan biaya jaringan). terpantul dan banyak sumber Interferensi.4Ghz) Bersifat broadcast akibat pola radiasinya yang memancar ke segala arah. sehingga semua terminal dapat menerima sinyal dari pengirim. Kapasitas jaringan menghadapi keterbatas spektrum (pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien dengan bantuan bermacam-macam teknik seperti spread spectrum/ DS-CDMA).yusdalicious.com 9 Kelemahannya yaitu : Beberapa peralatan wireless masih tergolong mahal. Adanya masalah propagasi radio seperti terhalang. Ciri-ciri penggunaan media transmisi wireless adalah : Sinyalnya terputus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh adanya interferensi dari sinyal lain (gejala ini sangat terasa pada komunikasi wireless lan 2.http://www. Sinyal pada media radio sangat komplek untuk dipresentasikan kerena sinyalnya memiliki pola radiasi dan memiliki polarisasi.net yusdas@gmail. . Keamanan data (kerahasian) kurang terjamin (kelemahan ini dapat diatasi dengan teknik enkripsi). Delay yang besar.

2.net yusdas@gmail. peralatan-peralatan mobile seperti laptop.com 10 2. WLAN (Wireless Local Area Network) c.1 WPAN ( Wireless Personal Area Network) Jaringan ini digunakan sebagai jaringan personal dalam ruangan kecil. yaitu sekitar 20 meter bahkan ada yang hingga 100 meter.1.yusdalicious. yaitu : a. Jelas jaringan ini sangat praktis dari pada menggunakan peralatan kabel sebagai pengoneksiannya.2 Tipe Jaringan Wireless Tipe jaringan wireless ada 4.http://www. Jaringan ini mempunyai cakupan area yang sempit. Pemanfaatan jaringan personal ini sudah cukup luas. WPAN (Wireless Personal Area Network) b. Contoh media WPAN yaitu : 1. yang sering digunakan untuk tukar menukar data. WWAN (Wireless Wide Area Network) 2. diantaranya. Salah satu kelebihannya yaitu bebas dari interferensi sinyal radio. IrDA (Infrared Data Accociation) IrDA (Infrered Data Accociation) merupakan cara transfer data dengan menggunakan sinar infra merah. . sellular phone.1. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) d. Cakupan areanya hanya sekitar 1 meter saja. PDA phone.

5 G.com 11 2.net yusdas@gmail.2. 2G. WLAN adalah sistem komunikasi data yang fleksibel sebagai tambahan atau alternatif dari LAN antar gedung atau kampus. Tabel 2. Jangkauan bluetooth mencapai 100 meter.http://www.16. WIMAX Fixed Wireless Metode Pengganti kabel 2. WLAN memungkinkan pengguna komputer portable dan piranti nirkabel mobile seperti .15. 3 G – Next G Mobile Tinggi 802. 2. salah satu kelebihan menggunakan bluetooth yaitu jangkauannya yang lebih luas dari pada menggunakan IrDA.1. WI-FI Ekstensi dari jaringan kabel WMAN Antar kota/kawasan WWAN Antar Negara/Dunia Rendah Cellular 1G.2 WLAN (Wireless Local Area Network) Wireless Local Area Network (WLAN) adalah teknologi akses jaringan yang menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi untuk berkomunikasi dan mengirim data antar piranti. 802.11.yusdalicious.1 Perbandingan jaringan Wireless Tipe WPAN Cakupan Perorangan Performa Sedang Standar Bluetooth. Bluetooth Teknologi bluetooth merupakan hasil pengembangan dari IrDA. IrDA WLAN Antar Gedung Tinggi 802.

11a/b/g. namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks .net yusdas@gmail. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan local area network (LAN).yusdalicious. spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. seperti 802. Wi-Fi Wi-Fi "Wireless Fidelity". Standar terbaru dari spesifikasi 802.http://www. Wi-Fi terkoneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. atau biasa disebut WiMAX saat ini sedang dalam penyusunan. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer/ laptop atau personal digital assistant (PDA) yang memiliki wireless card dapat terhubung ke jaringan internet dengan menggunakan hotspot terdekat.11.com 12 handphone dan pda (personal digital assisten) untuk mengakses jaringan tanpa kabel. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada . Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet. 1. baik di kantor atau sarana publik (Access Zone publik atau biasa disebut "hot spots") seperti bandara dan hotel.WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.16.

Anda .yusdalicious. Bagi pengguna yang komputer atau PDA . Windows XP akan dengan sendirinya mendeteksi area disekitar Anda dan mencari jaringan Wi-Fi yang terdekat dengan Anda. sehingga tidak perlu lagi menambahkan nya untuk dapat mengakses hotpots. ada yang menawarkan akses secara gratis seperti halnya di executive lounge Bandara. dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Apapun pilihan Anda untuk cara mengakses Wi-Fi.http://www.net yusdas@gmail. Layanan Wi-Fi yang ditawarkan oleh masing-masing “Hot Spot” pun beragam. Jadi pemakai Wi-Fi tidak lagi harus berada di dalam ruang kantor untuk bekerja.com 13 pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting. perangkat-perangkat mobile seperti laptop/ notebook. Tapi Wi-Fi hanya dapat di akses dengan komputer. pemakai dapat menginstall Wi-Fi PC Cards yang berbentuk kartu di PCMCIA Slot yang telah tersedia. PDA atau Cellphone yang telah dikonfigurasi dengan Wi-Fi certified Radio. yang terpenting adalah dengan adanya Wi-Fi. hanya dengan memasangkan kartu ke slot yang tersedia. ada yang mengharuskan pemakainya untuk menjadi pelanggan salah satu ISP yang menawarkan fasilitas Wi-Fi dan ada juga yang menawarkan kartu pra-bayar. pemakai dapat menginstall Compact Flash format Wi-Fi radio di slot yang telah tersedia. Untuk Laptop. Untuk PDA.nya menggunakan Windows XP. Satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kecepatannya yang beberapa kali lebih cepat dari modem kabel biasa. laptop. pda dan cellphone sudah include WiFi/ WLAN Card. Namun sekarang ini. kampus. kamar hotel.

4. 5.432 MHz.11g.447 MHz. Channel 4 .11.422 MHz.442 MHz.2.400 MHz sampai 2.11.net yusdas@gmail. Spesifikasi Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802. 6.427 MHz.412 MHz. berpusat di frekuensi berikut: 1. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.2. 2.2. Channel 8 .com 14 dapat bekerja dimana saja dan kapan saja hingga Anda tidak perlu harus selalu terkurung di ruang kerja Anda untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. 802. Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802. 8. Channel 5 .yusdalicious. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11a. 7.2. Channel 7 . yaitu: 802.2.50 MHz. . Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi.483. 3. Channel 3 .2.http://www. and 802. 802. Channel 1 .11b.437 MHz. Channel 6 .2.11n. 2. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz).417 MHz. Channel 2 .2.11b/g) beroperasi pada 2.

2.2.462 MHz. Channel 9 . Channel 11 .452 MHz.net yusdas@gmail. n .4 GHz b 802. Channel 13 .com 15 9.475 Mhz.http://www.2. 13.4 GHz b.472 Mhz.2 Spesifikasi WIFI Spesifikasi Wi-Fi Spesifikasi Kecepatan Frekuensi Band Cocok dengan 802.2.2.yusdalicious.467 Mhz.457 MHz.4 GHz b. g 802. g.11a 54 Mb/s 5 GHz a 802. Tabel 2.11b 11 Mb/s 2.11g 54 Mb/s 2. 12.2. 14. 11. Channel 10 . Channel 12 . Channel 14 . 10.11n 100 Mb/s 2.

kemudahan akses. Konsekuensinya. .16.yusdalicious.Karena perangkat dengan standar teknis 802. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN. Wi-Fi adalah nama dagang (certification) yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (Internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas interoperability yang dipersyaratkan.http://www. Teknologi Internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b diperuntukkan bagi perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2.11b. Tingginya animo masyarakat --khususnya di kalangan komunitas Internet-. Dengan kata lain. Scientific dan Medical). tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN). Artinya. cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot. 802. pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet.net yusdas@gmail. para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.11a dan 802.menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor.com 16 Secara teknis operasional. Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Pertama.4 GHz atau yang lazim disebut frekuensi ISM (Industrial.

Koneksi jaringan . dimana panggilan telepon diteruskan melalui jaringan WLAN. Aplikasi tersebut dinamai VoWi-FI (Voice over Wi-Fi). penggunaan Internet berbasis Wi-Fi sudah mulai menggejala di beberapa kota besar. Misalnya. dan secara ekonomis hal itu berimplikasi positif bagi perekonomian nasional suatu negara. Fenomena yang sama terlihat diberbagai kafe. Beberapa waktu lalu. mulai dari kamera digital sampai console video game Berdasarkan paparan di atas. dimana pengunjung dapat membuka Internet untuk melihat berita politik atau gosip terbaru.http://www. para maniak Internet yang sedang surfing sambil menunggu pesawat take off di ruang tunggu bandara.1. Bahkan diprediksi. standar teknis hasil kreasi terbaru IEEE telah mampu mendukung pengoperasian layanan video streaming. sudah bukan merupakan hal yang asing.yaitu Jaringan yang mempunyai cakupan yang relatif luas dibanding dengan WLAN. dapat disimpulkan bahwa bisnis dan kuantitas pengguna teknologi Wi-Fi cenderung meningkat.2.net yusdas@gmail. 2.3 WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) WMAN(Wireless Metropolitan Area Network). Dewasa ini. Perkembangan Wi-Fi Di Indonesia sendiri.com 17 3. nantinya dapat dibuat kartu (card) berbasis teknologi Wi-Fi yang dapat disisipkan ke dalam peralatan eletronik.yusdalicious. bisnis telepon berbasis VoIP (Voice over Internet Protocol) juga telah menggunakan teknologi Wi-Fi.

Jika dibandingkan dengan fixedline biaya instalasi jaringan WiMAX jauh lebih murah. akses broadband untuk bisnis atau perumahan masih cenderung mengandalkan kabel untuk penyaluran datanya. pebisnis maupun pengguna internet di dunia.1.http://www. WMAN tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar jika dibanding dengan jaringan menggunakan kabel.net yusdas@gmail.yusdalicious. Ketika telepon dan jaringan lokal mulai beranjak ke sistem nirkabel. Teknologi ini mampu memberikan layanan data berkecepatan hingga 70 Mbps dalam radius 50 km. impian akan layanan informasi data yang murah dengan kecepatan tinggi akan segera terwujud dengan kualitas yang jauh lebih baik.4 WiMAX Teknologi yang digunakan WMAN adalah WiMAX yang merupakan singkatan Worldwide Interoperability for Microwave Access. Jelas hal ini merugikan operator sekaligus konsumen yang ada di luar jangkauan kabel tersebut. 2. . WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) hadir sebagai solusi keterbatasan akses pada Wi-Fi yang notabene memang dirancang untuk pemakaian dalam ruang. Radius yang cukup untuk menjadikan WiMAX sebagai jaringan telekomunikasi broadband menggantikan teknologi fixedline. Dengan teknologi WiMAX.2. WiMAX datang untuk menjawab permasalahan yang ada di sektor broadband. Ini merupakan salah satu bentuk teknologi nirkabel yang sedang menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi.com 18 ini menggunakan outdoor dalam kawasan antar gedung.

Versi IEEE 802. Kompatibel dengan digital switch yang ada (ATM.1 Karakteristik WiMAX Karakteristik utama yang dimiliki WiMAX antara lain: Pada versi awal IEEE 802.16e.16 ini dapat digunakan untuk hubungan nonline outsite (NLOS).2. . atau layanan di daerah berpenduduk padat di perkotaan untuk jarak 1. 2. yaitu memungkinkan ponsel mengirim dan menerima data. lebih terkait dengan industri seluler. Digunakan untuk aplikasi mobile access.dll) dengan optimal data rate per user antara 300 kbps – 2 Mbps dan rangenya 5 – 8 km untuk maksimal throughput.16e kini juga sedang dikembangkan. yaitu 802.1. Fungsinya. digunakan untuk mendukung mobilitas (Handover.net yusdas@gmail.16a bekerja di frekuensi 10 – 66 GHz. Untuk versi IEEE 802.4 km. sehingga cocok digunakan untuk teknologi point to point. Dikonfigurasikan untuk layanan di pedesaan sampai radius maksimal 50 km.yusdalicious.16X2004 disetujui dunia industri.4. sehingga pembuatan dan penjualan perangkatnya yang murah bisa lebih dipercepat.http://www. Standar WiMAX lainnya. roaming) pada sistem selular sampai 120 km/jam dan bekerja dalam NLOS. Standar WiMAX. yaitu 802.com 19 Baru-baru ini WiMAX juga maju selangkah meninggalkan teknologi broadband nirkabel lainnya yang masih dalam tahap pengembangan. dengan data rate sampai 75 MB/s.

com 20 Dapat dibayangkan dengan teknologi ini.16e bekerja khusus untuk standar mobilitas dan men-support kekuatan terminal SS.yusdalicious. Sistem ini mendukung teknologi video streaming. last-mile access dan solusi backhaul yang memungkinakan melengkapi. misalnya jika dibandingkan dengan AT&T Wireless membayar milyaran dollar ke pemerintah AS untuk menggunakan secara eksklusif gelombang radio frekuensi tertentu. tayangan diam maupun bergerak.2.1. Kunci keberhasilan WiMAX ini ada pada frekuensi yang tidak memerlukan ijin dan biaya. yang memungkinkan perusahaan ini memberikan jasa layanan mobile-phone atau ponsel pada pelanggannya tanpa gangguan. Antena ini meng-cover daerah cakupannya.16 menggunakan antenna di site SS. peralatan wireless pointto-multipoint. memperluas. none-line-of-sight (NLOS).2 Komponen WiMAX Komponen utama WiMAX sistem adalah Subscriber Station (SS) atau yang dikenal dengan nama CPE dan Base Station (BS).4. broadband. 2. Web browsing. Perlengkapan seperti Adaptive Antenna Sistem (AAS) dan sub-kanal juga didukung oleh standar untuk perencanaan link budget untuk instalasi indoor. bahkan menggantikan infrastruktur jaringan pakai kabel. .net yusdas@gmail. dan layanan berbasis lokasi. ecommerce. VoIP telephony. Sistem 802. tapi membatasi pesaingnya menggunakan frekuensi yang sama. IEEE 802. e-mail.http://www.

Switched Multimegabit Service (SMDS). Di bumi user dapat menggunakan antena parabola untuk dapat menerima sinyal dan melakukan retransmisi sinyal. menggunakan sepasang antena directional.1. X25. Contoh bentuk komunikasi WWAN yaitu Sistem telepon.2.net yusdas@gmail. ISDN (Interated Service Digital Network). untuk meningkatkan range yang efektif dengan sistem yang relative untuk mendukung mode P2MP.yusdalicious. .http://www. Sistem WWAN menggunakan base station satelit yang ada di orbit yang berupa repeater yang diorbitkan di luar angkasa. Paling tidak. Keuntungan dari WWAN adalah cakupannya yang sangat luas sehingga secara ekonomi sangat efektif.com 21 BS umumnya menggunakan antenna sector directional atau omnidirectional. 2. praktisnya radius minimal sel mencakup kurang lebih 5 mile. Frame Realy. ATM (Asynchrous Transfer Mode). Multiple BS dapat dikonfigurasi untuk membentuk jaringan selular wireless. Ketika Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) digunakan.5 WWAN (Wireless Wide Area Network) Jaringan WWAN dengan cakupan paling luas yaitu antar negara bahkan dunia. Peralatan outdoor berupa base station yang berbentuk tower. radius sel mencakup 30 mile. Standar 802.16 juga dapat digunakan pada point-to-point (P2P) atau topologi Mesh. Fixed SS umumnya menggunakan antena directional sedangkan mobile atau portable SS umumnya menggunakan antena omnidirectional.

http://www.2 Definisi Wireless Networking Istilah jaringan komputer tanpa kabel merupakan terjemahan dari istilah wireless networking yang berarti komunikasi data dalam sebuah jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi. Teknologi wireless network ini mulai dikembangkan untuk mengatasi hambatan dimana pemasangan kabel sudah tidak dapat dilakukan lagi karena kondisi medan atau karena instalasi kabel sudah tidak mungkin ditambah lagi. Jaringan ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisinya. Cost: Pertimbangan biaya dalam instalasi dan perwatan 2. Attenuation: Bagaimana media transmisi tersebut mengurangi kekuatan sebuah sinyal dengan bertambahnya jarak.net yusdas@gmail. Disamping itu teknologi ini juga digunakan untuk menjawab kebutuhan pemakai jaringan yang memiliki mobilitas tinggi yang membutuhkan fasilitas untuk memungkinkan mereka mengakses data setiap saat dimanapun mereka berada. 4. Bandwith: Jangkauan frekwensi yang dapat ditampung oleh media transmisi tersebut. Teknologi wireless dapat diterapkan pada bangunan yang sudah jadi tetapi .com 22 Beberapa karakteristik yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media transmisi antara lain : 1. 3.yusdalicious. Resistance: Ketahanan terhadap Electrical Magnetic Interference (EMI) 2.

dengan diameternya antara 6 sampai 8 kaki (1.2. Mobile Satelite Communications.yusdalicious. yang sering digunakan oleh masyarakat umum ataupun juga oleh pemerintah. karena waktu yang butuhkan untuk pemasangannya sangat singkat dan tidak bersifat permanen juga seperti teknologi: Mobile Radio.http://www. 2.net yusdas@gmail. 2.2.2 Microwave Microwave adalah gelombang frekuensi tinggi yang digunakan untuk pointto-point audio dan sinyal data.com 23 tidak atau belum dilengkapi jalur jaringan kabel.4 meter). Radio mobile terdapat sebuah sentral sebagai pusat dari komunikasi dan frekuensi yang telah ditentukan. yang dapat .1 Mobile Radio Mobile Radio adalah suatu teknologi yang memanfaatkan gelombang radio sebagai transmisinya. VSAT. dan juga dapat digunakan sementara waktu seperti dipameran.8 sampai 2. Contoh: Access Point. Frekuensi microwave memerlukan garis arah langsung antara pengirim dan penerima stasiun untuk beroperasi. untuk pembangunan infrastruktur jaringan komputer terpadu antar gedung atau kawasan yang terpisah oleh jarak dan kondisi medan yang tidak memungkinkan untuk ditarik kabel. Microwave. sebagai contoh HT (Hand Talk). wifi.3 VSAT (Very Small Aperture Terminal) VSAT (Very Small Aperture Terminal) merupakan bagian dari satelit. FM Squared dan FM Sideband. 2.2.

topologi yang digunakan adalah star. Setiap user saling berhubungan dengan stasiun hub via satelit. Satelit menerima dan mengirimkan sinyal dari stasiun bumi yang lain.4 Mobile Satellite Communications Mobile Satellite Communications adalah salah satu perangkat komunikasi yang menggunakan teknologi wireless. suara dan sinyal video. 2. Dari satu user ke user yang lain bila berkomunikasi harus melalui satelit terlebih dahulu untuk dipancarkan ke user yang lain. transmiter ditempatkan diluar gedung yang mengarah dalam garis lurus kearah satelit. data dan sinyal video. sebagai contoh adalah HP (Hand Phone) yang di khususkan untuk berkomunikasi melalui sebuah pemancar yang berada di bumi dan kemudian diteruskan menuju satelit untuk dipancarkan ke stasiun bumi yang lain dan diteruskan ke user yang dituju. Hub mengontrol keselurahan operasi dalam jaringan tersebut.2. VSAT memancarkan selebar luas area dengan penyiarannya menuju ke satelit. tidak termasuk siaran televisi.2. Pada stasiun bumi digunakan dalam komunikasi satelit dari data.5 FM Squared FM Squared adalah metode yang lebih tua dari pengiriman sinyal analog menjadi sinyal digital.http://www. VSAT terdiri dari dua bagian.yusdalicious. Metode FM squared tidaklah murah karena (wideband) lebar jalur yang dibutuhkan sangatlah . dalam hal ini satelit sebagai hub dari sistem.net yusdas@gmail.com 24 mengirim dan menerima suara. VSAT mampu menangani sampai dengan 56 Kbps. sinyal ini biasanya digunakan untuk video. 2.

Sebagai contoh stasiun TV yang memancarkan gelombangnya menuju satelit untuk di pancarkan kembali ke user yang berada di bumi. 2. Dari segi biaya.net yusdas@gmail.http://www.yusdalicious. Ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Penggunanya ditarik biaya dalam kaitannya dengan banyaknya byte .6kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM.2. Dengan teknologi ini jangkauan dapat dioptimalkan. seperti untuk ke luar kota atau bahkan untuk antar negara sekalipun. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9.3 GPRS GPRS (General Packet Radio Service) merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'.6 FM Sideband FM Sideband adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dengan frekuensi tertentu yang hanya untuk menerima suara. seperti pada pemancar radio yang memancarkan gelombang radio untuk user yang hanya berada di kawasan tertentu dengan frekuensi yang khusus.com 25 besar dan dibutuhkan penyaring gambar TV yang mempunyai kualitas yang baik. pentarifan diharapkan hanya mengacu pada volume penggunaan. 2. Kanalkanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dan kanal yang sama dapat pula digunakan secara berbagi ('sharing') di antara beberapa pengguna sehingga menjadi sangat efisien.

Kondisi ini dimungkinkan karena ledakan penggunaan internet melalui jaringan kabel (telepon) dapat pula dilakukan melalui jaringan bergerak. berita olah raga sampai ke informasi seperti berita-berita penting harian. GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data dengan laju bit yang lebih tinggi dengan tarif rendah .yusdalicious. yakni layanan internet. dalam implementasinya. Sebagai gambaran kecil. Namun. hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut: • • • Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS Software yang dipergunakan Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan . sehingga memungkinkan akses internet. notebook dan handheld computer. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps. layanan bergerak yang kini menjadi sukses di pasar (bagi operator di manca negara) misalnya adalah. Para operator jaringan komunikasi bergerak di luar negeri kini melihat GPRS sebagai kunci untuk mengembangkan pasar komunikasi bergerak menjadi pesaing baru di lahan yang pernah menjadi milik jaringan kabel.net yusdas@gmail. dengan demikian dimungkinkan GPRS akan menjadi lebih cenderung dipilih oleh pelanggan untuk mengaksesnya daripada layanan-layanan IP. tanpa memperdulikan panggilan.com 26 yang dikirim atau diterima.http://www. pemesanan makanan. pengiriman data multimedia ke komputer. laporan cuaca.sehingga membuat layanan data menjadi menarik bagi pasar massal.

net yusdas@gmail. address mapping. • SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS.2 Cara Kerja GPRS SGSN bertugas : 1.3. 2. • PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS 2. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data Network).http://www. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS. bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9.3. user screening.yusdalicious. information routing.6 kbps. network screening. update pelanggan ke HLR. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area 2. registrasi pelanggan baru.1 Komponen Utama GPRS Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah : • GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam suatu area servis yang menjadi tanggungjawabnya (location management) . Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profile data pelanggan GPRS (management mobility) 3.com 27 Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat.

Sebagai interface ke jaringan IP external seperti : public internet atau mobile service provider 2. Packet switch adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. lebih murah daripada biaya akses CSD. Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan coding scheme (CS) yang berbeda dari GSM.com 28 4.http://www. . Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone. GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Meng-update informasi routing dari PDU ( Protokol Data Units ) ke SGSN.yusdalicious. secara teori. SGSN dihubungkan ke BSS pada GSM dengan koneksi Frame Relay melalui PCU (Packet Control Unit) di dalam BSC GGSN bertugas : 1. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS.net yusdas@gmail. GPRS didesain untuk menyediakan layanan transfer packet data pada jaringan GSM dengan kecepatan yang lebih baik dari GSM. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detik.

efesiensi spektrum. sedangkan di GPRS hanya ada 4 skema pengkodean. SGSN.com 29 2.yusdalicious. Hal ini dimungkinkan karena pada EDGE digunakan teknik modulasi (EDGE menggunakan 8PSK.1 Teknologi EDGE Sebagai Teknologi Data Transfer Tingkat Advance Pada GPRS menawarkan kecepatan data sebesar 115 kbps. . dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasistas. 2. dan secara teori dapat mencapai 160 kbps. ataupun GGSN.6 kbps. dan secara teori dapat mencapai 473. Jadi tidak ada berubahan di sisi jaringan inti seperti MSC. EDGE juga menggunakan coding scheme yang berbeda dengan GPRS. Tujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Sedangkan pada EDGE kecepatan datanya sbesar 384 kbps. Pengaplikasian EDGE pada jaringan GSM fase 2+ seperti GPRS dan HSCSD dilakukan dengan penambahan lapisan fisik baru pada sisi Radio Access Network (RAN).4. dan juga mekanisme adaptasi pranala yang diperbaiki.GPRS menggunakan GMSK) dan metode toleransi kesalahan yang berbeda dengan GPRS.net yusdas@gmail.http://www. Dalam EDGE dikenal 9 macam skema pengkodean. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS.4 EDGE EDGE atau Enhanced Data for Global Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136.

karena dalam 8PSK ada 8 simbol sedengkan pada GMSK hanya ada 2 simbol. Pada kondisi sinyal radio yang cukup baik. Makin pendek jarak antar simbol mengakibatkan besar tingkat sinyal antar satu simbol dengan simbol lainnya lebih sulit untuk dibedakan. maka diperlukan penambahan ekstra bit yang akan digunakan sebagai sebagai koreksi kesalahan. Sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan lebih besar. sebuah simbol dikodekan dengan menggunakan 3 bit. Berdasarkan penjelasan di atas. sehingga data yang salah diterima dapat diperbaiki.yusdalicious. Dengan menggunakan modulasi 8PSK. EDGE menggunakan teknik modulasi yang berbeda dengan GPRS yaitu 8PSK (8-Phase Shif Keying). sedangkan pada GMSK sebuah simbol dikodekan dengan 1 bit.4. yaitu sebesar 270 kb/s.http://www.net yusdas@gmail. Pada saat kondisi sinyal radio yang buruk.2 Modulasi Pada EDGE Untuk mendapatkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dari GPRS yang menggunakan modulasi GMSK (Gausian Minimum Shift Keying). Sehingga kualitas data pada EDGE tidak kalah dengan . maka secara keseluruhan tingkat modulasi pada 8PSK akan menjadi 3 kali lebih besar daripada GMSK.com 30 2. jarak antar simbol pada 8PSK adalah lebih pendek daripada jarak antar simbol pada GMSK. Gambar dibawah ini menunjukan visualisasi dari modulasi GMSK pada GPRS dan 8PSSK pada EDGE yang digambarkan pasa sebuah diagram I/Q. Karena GMSK dan 8PSK mempunyai simbol tingkat yang sama. perbedaan jarak antar simbol ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas data yang dikirim. dimana I adalah sumbu real dan Q adalah sumbu imajiner. yaitu sebesar 810 kb/s.

yaitu CS (coding Scheme) 1 sampai dengan SC4. Lagi pula. Baik pada GPRS ataupun EDGE. Artinya. Sedangkan pada GPRS hanya digunakan 4 buah teknik pengkodean. yaitu MCS (Modulation Coding Scheme ) 1 sampai dengan MCS9. dalam EDGE juga digunakan modulasi MPSK yang digunakan pada CS1 sampai dengan CS4 . Hal ini karena adanya .yusdalicious.net yusdas@gmail. maka makin mudah paket data itu mengalami kesalahan dalam pengirimannya. maka ketahanannya terhadap kesalahan makin rendah. 2.3 Teknik Pengkodean Pada EDGE Pada EDGE dikenal 9 macam teknik pengkodean. makin tinggi tingkatan skema pengkodeannya.com 31 kualitas data pada GPRS yang menggunakan MPSK. makin tingggi tingkatan skema pengkodeannya. MCS1 sampai dengan MCS4. menggunakan modulasi GMSK. tetapi keduanya memiliki kecepatan yang berbeda.4. Hal ini karena. Sedangkan 5 teknik pengkodean lainnya. maka tingkatan mekanisme “koreksi kesalahan” yang digunakan makin rendah. Empat teknik pengkodean pertama pada EDGE. menggunakan modulasi 8PSK.nya. Walaupun MCS1 sampai dengan MCS4 pada EGDE sama-sama menggunakan modulasi GMSK seperti CS1 sampai dengan CS4 pada GPRS.http://www. tingkatan skema pengkodean yang lebih tinggi menawarkan kecepatan data yang lebih tinggi pula tapi di samping itu. makin tinggi kecepatan paket data. MCS5 sampai dengan MCS9. sama seperti yang digunakan pada GPRS. dan juga dalam EDGE ada proses “penyesuaian paket” yang dapat merubah jenis CS yang digunakan bila terjadi kesalahan pada data yang dikirim.

skema pengkodean yang digunakan dapat diganti dan disesuaikan dengan kondisi antarmuka radio. koreksi kesalahan kurang) dan data tidak diterima dengan baik pada sisi penerima. Dengan demikian dapat dicapai keseimbangan antara kecepatan transfer dan kualitas data yang ditransfer.data tetap akan dikirim dengan menggunakan skema pengkodean yang sama. yang memiliki mekanisme koreksi kesalahan yang lebih baik. Sehingga diharapkan pada pengiriman kedua ini data dapat diterima dengan baik di sisi penerima. pada pengiriman selanjutnya. paket data akan dikirimkan dengan menggunakan skema pengkodean yang lebih rendah. Berbeda dengan GPRS. Maka walaupun data diterima salah di sisi penerima. Artinya. Setelah dilakukan permintaan pengiriman ulang (retransmisi) paket data yang salah terima itu.yusdalicious. pada pengiriman selanjutnya. resegmentasi paket data ini tidak dapat dilakukan. pada saat pengiriman berikutnya.net yusdas@gmail.com 32 penggunaan header yang berbeda.http://www. . Sehingga apabila suatu paket data telah dikirim dengan menggunakan suatu skema pengkodean tertentu. Pada EDGE. Sehingga kemungkinan paket data itu salah diterima di sisi penerima masih sama besar dengan sewaktu pengiriman pertama. paket datanya mengandung header yang memungkinkan dilakukannya resegmentasi paket data. Artinya. apabila suatu paket data dikirimkan dengan menggunakan tingkat skema pengkodean yang tinggi (kecepatan lebih tinggi.

http://www. Selain mendapatkan pita lebar yang lebih besar. banyak ditemui kegagalan. Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi 3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network element nya sudah didesain untuk ke arah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless). Negara Jepang dan Korea Selatan adalah contoh dimana layanan 3G berhasil. yaitu dari sisi GSM (Global System for Mobile Communication) yang dipelopori oleh 3G Partnership Project dan CDMA (Code Division Multiple Access) yang dipelopori oleh 3G Partnership Project 2 (3GPP2).net yusdas@gmail.com 33 2. Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh faktor: Dukungan pemerintah. Pemerintah Jepang tidak mengenakan biaya di muka (upfront fee) atas penggunaan lisensi spektrum 3G atas operator-operator di . Jaringan 3G tidak merupakan upgrade dari 2G. Layanan 3G juga telah digembar-gemborkan namun pada kenyataannya. operator 2G yang berafiliasi dengan 3GPP perlu untuk mengganti banyak komponen untuk bisa memberikan layanan 3G. Kedua teknologi ini tidak kompatibel dan sesungguhnya saling berkompetisi.5 Third Generation Technology (3G) Pada saat ini ada dua cabang dari pengembangan 3G. layanan berbasis spektrum tersebar jauh lebih aman daripada timeslot dan/atau frequency slot. Salah satu alasan mengapa layanan 3G dapat memberikan throughput yang lebih besar adalah karena penggunaan teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan data masukan yang hendak ditransimisikan disebar di seluruh spektrum frekuensi.yusdalicious.

http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail.com

34

Jepang (ada tiga operator: NTT Docomo, KDDI dan Vodafone). Sedangkan pemerintah Korea Selatan, walau pun mengenakan biaya di muka, memberikan insentif dan bantuan dalam pengembangan nirkabel pita lebar (Korea Selatan adalah negara yang menggunakan Cisco Gigabit Switch Router terbanyak di dunia) sebagai bagian dalam strategi pengembangan infrastruktur. Kultur masyarakatnya. Layanan video call, yang diramal menjadi killer application tidak terlalu banyak digunakan di kedua negara tersebut. Namun, layanan seperti download music dan akses Internet sangat digemari. Operator seperti NTT Docomo (Jepang) memberikan layanan Chaku Uta untuk download music. Sedangkan di Korea, layanan web presence seperti Cyworld yang diberikan oleh SK Tel, sangat digemari. Dengan layanan ini, pelanggan bisa mengambil foto dari handset dan langsung memuatnya ke web portal miliknya di Cyworld. Layanan ini kemudian ditiru oleh Flickr dengan handset N73. Keragaman layanan konten. Docomo dan SKTel tidak menggunakan WAP standar sebagai layanan konten nya. Docomo mengembangkan aplikasi browser yang disebut iMode, sedangkan SKTel mempunyai June dan Nate.

2.5.1 Evolusi Menuju 3G Jaringan telepon telekomunikasi selular telah meningkat menuju penggunaan layanan 3G dari 1999 hingga 2010. Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G di Jepang sudah dicapai pada tahun 2006. Setelah itu Korea menjadi pengadopsi jaringan 3G

http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail.com

35

pertama dan transisi telah dicapai pada awal tahun 2004, memimpin dunia dalam bidang telekomunikasi. Operator dan jaringan UMTS Pada tahun 2005, evolusi jaringan 3G sedang dijalankan untuk beberapa tahun dikarenakan kapasitas yang terbatas dari jaringan 2G yang ada. Jaringan 2G diciptakan dengan tujuan utama adalah data suara dan transmisi yang lambat. Dikarenakan cepatnya arus perubahan pada permintaan pengguna, kebutuhan akan nirkabel mereka tidak terpenuhi. 2.5G (Dan juga 2,75G) adalah teknologi seperti pelayanan data i-mode, telepon berkamera, pertukaran rangkaian data berkecepatan tinggi (atau disebut juga High-Speed Circuit-Switched Data atau disingkat HSCSD) dan Pelayanan paket radio umum (atau dikenal dengan General Packet Radio Service atau GPRS)diciptakan untuk menyediakan beberapa fungsi utama seperti jaringan 3G, tapi tanpa transisi penuh ke jaringan 3G. Pelayanan-Pelayanan ini diciptakan untuk memperkenalkan kemungkinan dari penerapan teknologi nirkabel untuk pengguna dan penigkatan permintaan untuk pelayanan 3G.

2.6 Frekuensi Frekuensi adalah siklus lengkap perdetik dalam arah arus bolak-balik. Satuan standard frekuensi adalah hertz, yang disingkat dengan Hz. Jika terdapat arus yang melengkapi siklus dalam 1 detik maka frekuensinya adalah 1 Hz.

http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail.com

36

Frekuensi terbagi atas beberapa macam, yaitu: Kilohertz (kHz) Kilohertz (kHz) adalah frekuensi yang berjalan diatas kecepatan 1.000 hertz/detik. Megahertz (MHz) Megahertz (MHz) adalah frekuensi yang berjalan diatas kecepatan 10.000 hertz/detik. Gigahertz (GHz) Gigahertz (MHz) adalah frekuensi yang berjalan diatas kecepatan 100.000 hertz/detik. Terahertz (THz) Terahertz (THz) adalah frekuensi yang berjalan diatas kecepatan 1.000.000 hertz/detik. Spektrum frekuensi adalah panjang gelombang yang dikirimkan dari frekuensi, spektrum dibagi kedalam berbagai macam kelompok, atau band dan perbedaan band ditempatkan untuk penggunaan yang beraneka ragam. Sebagai contoh sinyal frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dikembalikan lagi ke bumi oleh bagian tertentu dari atmosfer bumi yang lebarnya antara 50 dan 200 mil. Hal ini memungkinkan sinyal yang dipancarkan ke atmosfer akan lebih besar dan lebih jauh jaraknya dari pada beberapa mil sinyal yang dipancarkan secara rata dengan bumi bisa disebut juga dengan “light of sight”, frekuensi MF dan HF akan dibiarkan dan diijinkan untuk digunakan dalam komunikasi yang luas (word wide), lihat (Tabel 2.3 dibawah).

frekuensi UHF mempunyai gelombang yang sangat pendek.net yusdas@gmail. lihat (Gambar .3 Spektrum frekuensi. Panjang Keterangan Singkatan Frekuensi Gelombang Frekuensi sangat rendah Frekuensi rendah Frekuensi sedang Frekuensi tinggi Frekuensi sangat tinggi Frekuensi teramat sangat UHF tinggi Frekuensi sangat hebat Frekuensi luar biasa SHF EHF 3 gHz – 30 gHz 30 gHz – 300 gHz 100 mm – 10 mm 10 mm – 1mm 300 mHz – 3 gHz 1 m – 100 mm VLF LF MF HF VHF 9 kHz – 30 kHz 30 kHz – 300 kHz 300 kHz – 3 mHz 3 mHz – 30mHz 30 mHz – 300mHz 33 km – 10 km 10 km – 1 km 1 km – 100 m 100 m – 10 m 10 m – 1 m Sebagai pembanding.yusdalicious. yang cenderung akan menembus lapisan atmosfir. dan mengambil persisnya 24 jam untuk berputar.1).300 mil diatas permukaa bumi 2.com 37 Tabel 2. Posisi dari satelit berada pada 22. Oleh karena itu frekuensi UHF tidak bisa digunakan secara langsung untuk berkomunikasi tanpa menggunakan perantara satelit.http://www.

Sebagai contoh . dengan begitu akan berada diatas permukaan yang telah ditentukan.yusdalicious. Jika satelit berada pada garis edar yang benar (kira-kira 22. maka hal ini sering juga disebut juga dengan garis edar yang tetap (geostationary orbit).net yusdas@gmail.http://www. pantulan (reflection) c.com 38 Gambar 2. 2.7.1 Penyerapan (Absorption) Absorption (penyerapan) berarti penyerapan yang terjadi pada gelombang radio/ sinyal. yaitu : a. Dalam hal ini satelit bersifat geometis dan akan berputar bersama-sama bumi dalam 24 jam. penyerapan (absorption) b.1: Satelit sebagai pemantul dari gelombang. baik melalui media hampa udara maupun udara.7 Pengiriman sinyal Terdapat 3 hal untuk pengiriman sinyal frekuensi. satelit berputar dengan bumi sama perisnya ketika per 24 jam. kekacuan (noise) 2.300 mil).

sedang maupun gelombang elektromagnetik yang tinggi.com 39 gelombang UHF terserap bila melalui uap air yang terdapat pada udara. Untuk frekuensi yang rendah. Gelombang yang pendek akan membutuhkan reflektor atau pantulan dari bahan yang terbuat dari baja agar pemantulannya sempurna. Gelombang LF digunakan untuk berkomunikasi oleh kapal selam sebab energi gelombang LF dapat menembus air pada jangkuan beberapa ratus meter. Selama panjang gelombang dapat dipantulkan dari permukaan yang relatif kasar. dan kekuatan gelombang akan hilang sebagian ketika melewati hujan atau kelembapan tertentu. karena gelombang yang jauh memiliki spektrum yang kecil. seperti lapisan atmosfir yang dapat memantulkan frekuensi gelombang. seperti VLF dan LF tidak akan diserap oleh kelembapan ataupun yang lain. Gelombang elektromagnetik dapat dipantulkan oleh permukaan logam atau permukaan yang bukan logam.2 Pantulan (Reflection) Reflection (pantulan) hal ini berarti pantulan dari gelombang yang dipancarkan dari sesuatu permukaan yang padat atau permukaan yang setengah padat. .http://www.net yusdas@gmail. baik gelombang yang rendah. sama halnya dengan cermin yang memantulkan cahaya dan gelombang. Permukaan yang kasar tidak cukup baik dalam pemantulan gelombang. 2. Pemantulan terjadi tergantung dari besar sinyal dan panjang gelombang yang melalui struktur fisik dari reflektor.yusdalicious.7.

3 Kekacauan (Noise) Noise berarti suatu sinyal elektrik yang tidak diinginkan berada pada lapisan atas sinyal elektrik yang kita gunakan. Diameter Fresnel zone berbantung pada panjang dari gelombang. 2. terutama untuk frekuensi VHF dan frekuensi yang lebih tinggi.7.8 Fresnel Zone Merupakan suatu daerah bebas yang diperuntukkan untuk suatu pancaran gelombang elektromagnetik. Noise dari luar angkasa pada umunya sangat penting. Terdapat berbagai sumber noise yang berbeda-beda jumlahnya pada banyak bagian spektrum elektromagnetik. Sumber noise akan mempengaruhi sinyal yang kita gunakan dan akan merusak sinyal tersebut sehingga sinyal yang diperoleh tidak dapat berjalan dengan baik. merupakan yang disarankan.yusdalicious. Desis suara tingkat rendah yang tetap dari suatu peralatan yang menggunakan listrik juga dapat membuat noise.http://www. dan jarak dari gelombang itu sendiri. sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih untuk melakukan pengiriman ulang. Untuk jarak minimun fresnel zone berkisar antara 0. . Noise termasuk listrik statik dari pusat listrik dalam atmosfir.com 40 2. Sebagai contoh noise dari keluaran dari elektrik lebih mempengaruhi frekuensi menengah dan rendah.net yusdas@gmail. seperti kilat tapi lebih kecil arusnya. seperti motor. generator dan radio. juga kejadian lain dari obyek luar angkasa. Noise lebih dari suatu gangguan yang utama.6F1 + 3 meter. karena noise dapat mempengaruhi pesan yang dikimkan bahkan dapat merusak data yang sedang dikirim.

3: Fresnel zone yang tidak disarankan. .2: Fresnel zone.com 41 Site A d1 Site B d2 Gambar 2.yusdalicious.http://www.net yusdas@gmail. Gambar 2.

Satu tahun terakhir ini. Cara lain untuk meningkatkannya adalah dengan menggunakan skema modulasi komplek yang lebih banyak.http://www. routing. sebuah teknologi muncul dan dikenal dengan nama 3G (Third Generation technology) yang salah satu teknologinya adalah UMTS (Univesral Mobile Telecommunication System). UMTS Terrestial Network (UTRAN).com 42 BAB III PEMBAHASAN 3. Akan tetapi pendekatan ini kurang efektif karena frekuensi spectrum sangat mahal dan transmitter channel bandwidth ditentukan oleh pengaturan standar.1 Munculnya Teknologi Baru Wireless Saat ini banyak tuntutan mengenai peningkatan kecepatan maksimal dan cakupan yang luas tentang jaringan nirkabel.yusdalicious. dan transit untuk trafik user. Teknologi UMTS yang diterapkan di Indonesia disebut teknologi generasi ketiga dalam teknologi komunikasi seluler. Fungsi utama dari CN adalah memberikan fungsi switching. Core Network (CN). Core network juga mempunyai database dan fungsi network management. Indonesia telah 42 . Jaringan UMTS terdiri dari 3 bagian yang saling berhubungan. salah satu teknologi yang menjanjikan untuk meningkatkan kecepatan transfer data. salah satu pendekatannya adalah dengan meningkatkan channel bandwidth dimana sinyal radio ditransmisikan. Untuk mengetahui tuntutan yang sangat besar ini. dan Network Management System.net yusdas@gmail. Sebelum UMTS. Untuk meningkatkan kompleksitas sistem radio.

com 43 menerapkan teknologi GSM sebagai generasi kedua. Home Location Register/Authentication Center/Equipment Identity Center (HLR/AuC/EIR). Untuk menerapkan UMTS di Indonesia yang juga merupakan perkembangan teknologi GSM tidak akan dilakukan secara independent tanpa mempertimbangkan teknologi GSM yang telah diterapkan.http://www. MSC Server (MSS). Core Network (CN). routing. dan Network Management System. harus dilakukan studi tentang jaringan eksisting GSM dan kemudian harus dilakukan perencanaan yang matang meliputi jaringan akses dan jaringan core dari UMTS. 3. Bagian tersebut adalah NodeB (sering disebut base station).1 Diagram blok jaringan UMTS Jaringan UMTS terdiri dari 3 bagian yang saling berhubungan. Serving GPRS Support Node (SGSN).1 Arsitektur UMTS Diagram blok jaringan UMTS memberikan gambaran tentang bagian-bagian jaringan serta interface-nya. serta Gateway GPRS Support Node (GGSN). dan . Radio Network Controller (RNC). Media Gateway (MGW).1.UMTS Terrestial Network (UTRAN). Untuk itu. Gambar 3.net yusdas@gmail.yusdalicious. Fungsi utama dari CN adalah memberikan fungsi switching.

Network Analysis Pada tahap network analysis. Adapun proses perencanaan core network meliputi: 1. jumlah pelanggan. Data dari jaringan eksisting memberikan informasi tentang jumlah . 3.2 Core Network UMTS Yang termasuk bagian packet switched adalah Serving GPRS Support Node (SGSN).com 44 transit untuk trafik user. Yang termasuk bagian circuit switched adalah MSC Server (MSS).http://www. Media Gateway (MGW). AuC. Dan yang termasuk dalam domain keduanya adalah Home Location Register (HLR). Core network juga mempunyai database dan fungsi network management. Visitor Location Register (VLR).2 Core Network UMTS Core network dibagi menjadi dua bagian. dilakukan pengumpulan data pelanggan.1. dan data trafik. EIR. Gateway GPRS Support Node (GGSN). informasi demografi.net yusdas@gmail.yusdalicious. circuit switched dan packet switched. Gambar 3. informasi topografi.

dan juga performansi. sub-destination. circuit group.http://www.yusdalicious. Detail Planning Detail planning pada core network secara umum terdiri dari signalling plan. Dimensioning akan meliputi network element dan network interface.net yusdas@gmail. Pada tahap ini routing harus ditetapkan termasuk destination. 2. routing plans. 3. Trafik total berasal dari trafik yang berasal dari jaringan itu sendiri maupun dari jaringan luar. Routing plan Jenis routing sebenarnya sudah diputuskan pada tahap analysis dan dimensioning. segi teknikal. Informasi yang dikumpulkan pada tahap network analysis akan sangat berguna pada tahap ini. Distribusi trafik ini akan sangat membantu dalam perencanaan dan optimasi jaringan core. numbering dan charging plan. Output utama dari detailed core network plan adalah : a. Network Dimensioning Dimensioning merupakan tahap perencanaan jaringan yang bertujuan untuk menghitung kebutuhan jaringan sehingga didapatkan jaringan yang efektif dilihat dari segi biaya. . dan lain-lain yang menyangkut routing. Data pelanggan akan dijadikan input dalam tahap dimensioning.com 45 site dan trafik yang yang sebaiknya di-generate.

Penentuan jumlah signaling link dan signalling link set juga harus diselesaikan. 3. Tujuan utamanya adalah meningkatkan standar througput melalui konsep multiple input multple output (MIMO) atau dengan teknik antena array.yusdalicious. Numbering Pada tahap ini harus diselesaikan numbering group yang digunakan oleh setiap switched. . yang artinya juga meningkatkan persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan. Teknologi tersebut memiliki kesamaan bahwa sama-sama menggunakan layanan lewat jalur IP (internet protokol). signalling point code. EDGE dan UMTS. Proses kerja cell menggunakan alokasi asymetrics spectrum frekuensi dalam multi carries cell. c. Untuk mempermudah proses numbering group biasanya didasarkan pada lokasi geografi.2 Sistem kerja HSDPA Pada dasarnya layanan HSDPA tidak beda jauh dengan layanan yang diberikan oleh generasi sebelumnya yaitu: GPRS. signalling end point. CDMA.http://www. HSDPA diperkenalkan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) release 5 standar. Signalling plan Pada tahap ini didefinisikan signalling point. signalling transfer point. Efisiensi dari sistem menjadi dua kali lipat.com 46 b.net yusdas@gmail.

hybrid automatic repestreQuest (HARQ).3. Jaringan HSDPA secara fisik memiliki 3 kanal. Sedangkan untuk proses uplink. retransmission protokol and fast cell selection (FCS).net yusdas@gmail. Penambahan kanal berupa implementasi adaptive modulation and coding (AMC). HS-PDSCH mengadopsi adaptive modulation QPSK (quadrature phase shift keying) atau algoritma fase modulasi yang sudah ada. dan 16 QAM (quadrative amplitude modulation) yakni empat aplitude dan empat fase yang memungkinkan pengunaan data rate tinggi dibawah kondisi jaringan radio yang bermacammacam.1 Sistem Kerja MIMO Sistem standar 802. yang dikendalikan medium access control (MAC) di node yang berkemampuan 3G. HS-DSCH difungsikan untuk proses downlink data ponsel. .2.http://www. kemampuan HSDPA tak bisa sebesar downlinknya. fast packet schedulling.com 47 HSDPA menggunakan kanal baru yang dimiliki oleh 3G yaitu high speed downlink shared channel (HS-DSCH). high speed shared control channel (HS-SCCH) dan high speed dedicated physical control channel (HS-DPCCH).11a/b/g menggunakan satu antena transmit dan satu penerima sinyal pada radio link seperti ditunjukkan pada gambar 3. 3. yakni high speed data physich downlink shared channel (HS-PDSC). yang secara teori hanya mampu sampai 2 Mbit/s. Kanal tersebut beroperasi berbeda dengan jalur 3G yang ada.yusdalicious.

com 48 Gambar 3. Dengan teknologi beam-forming. masing-masing user dapat juga dibedakan oleh lokasi. Melalui fase yang tertinggal dari path ini.net yusdas@gmail. waktu atau kode. Sistem MIMO menggunakan teknologi smart antenna untuk mengurangi efek multipath dan untuk meningkatkan kualitas radio link dan cakupan radio.11 a/b/g sinyal radio dari transmitter yang melintasi udara mungkin menampilkan objek dan diterima oleh penerima melalui multiplepath. sinyal radio end user yang berbeda dipisahkan oleh frekuensi. Hal ini menyebabkan kekuatan sinyal yang diterima menjadi turun naik atau hilang.http://www.3 single antenna standar 802. Penerima terlihat oleh kombinasi vector dari sinyal radio.yusdalicious. sinyal ini kadang-kadang berkurang dan dapat membatalkan pengiriman ke antenna penerima. . Pada sistem MIMO.

net yusdas@gmail. kedua sinyal digabungkan menggunakan sinyal prosesing untuk solusi mendapatkan sinyal . Sistem MIMO sebenarnya menggunakan cakupan multiple transmitter dan multiple receiver.4. antenna pencari didesain menggunakan tradisional matrik dari teori antenna dengan teknologi beam-forming.http://www. Disini. Paket data cocok dengan standar 802. Teknologi Smart antenna dapat digunakan dengan adanya 802. teknologi smart antenna menggunakan antenna adaptive yang menyediakan perbedaan hubungan dari penyebaran channel dan signal-processing algorithms untuk mencari arah penerima. dua antenna penerima bebas digunakan untuk menerima sinyal yang sama.4 smart antenna Pada gambar 3.11a/b/g.yusdalicious.11a/b/g yang mempunyai efisiensi spectral yang sama. single data stream ditransmitkan melalui komunikasi link. Cara lain untuk meningkatkan jarak jangkauan adalah menggunakan kombinasi ratio maksimum pada sisi penerima.5. Seperti pada gambar 3.com 49 gambar 3. . Smart antenna digunakan untuk menentukan arah rute yang ditransmit dengan mengontrol secara hati-hati frekuensi sinyal pada masing-masing elemen dari susunan antenna penerima.

5 smart antenna dengan teknologi MIMO masing-masing transmitter mengirimkan data independent [Tx1.. Pada akhir penerimaan. Pada praktek aplikasi... … Txn] dari antenna transmit yang berbeda secara bersama-sama dan menggunakan channel radio yang sama. Path yang berbeda secara matematika digambarkan sebagai berikut: TX1 h21 h12 TX2 h11 RX1 RX2 h22 Gambar 3. … Rxm] dimana n dan m menampilkan kembali masing-masing receiver dan transmitter. masing-masing antenna menerima gabungan sinyal dari seluruh transmitter yang ditampilkan lagi oleh [Rx1.http://www. hmnTxn . h2nTxn :: Rxm = hm1Tx1 +hm2Tx2+. m dan n merupakan tipe yang kurang dari 4. Tx2.net yusdas@gmail... h1nTxn Rx2 = h21Tx1 +h22Tx2+.com 50 gambar 3.. Rx2...6 algoritma Rx1 = h11Tx1 +h12Tx2+..yusdalicious.

Pada sistem radio tradisional. Hal ini penting untuk diperhatikan bahwa tidak seperti metode tradisional untuk meningkatkan troughput dengan meningkatkan bandwidth. Sekali dibatasi oleh [H] yang diproduksi.http://www. sepadan untuk menyelesaikan bentuk N yang tidak dikenal dengan N linear equations. proses ini. kita dapat menutup independent transmitted datastreams yang bermacam-macam.net yusdas@gmail. sinyal multipath menurun pada interference co-channel atau kanal ( ganguan yang berada di dalam ). MIMO sistem ij decoder harus terlebih dahulu membatasi koefisien transfer channel individual hij untuk menguraikan channel transfer matrix [H] selama awalan paket MIMO. Dan dapat digambarkan seperti [Tx] = [H]-1[Rx] Pada prinsipnya.com 51 Atau dalam bentuk matrik: [Rx] = [H][Tx]. Untuk menutup transmitted datastream [Tx] pada [Rx]. Untuk memastikan bahwa channel matrik dibalikkan. H pada persamaannya menggambarkan transfer matrik channel MIMO. sistem MIMO mengandalkan penindasan pada implementasi deteksi datastream dan kemudian memisahkan individual transmitted stream. Dengan hati-hati mendesain paket MIMO dengan menggunakan teknik digital signal processing (DSP) pada decoder MIMO. sistem MIMO memerlukan lingkungan yang cukup untuk multipath. transmitted datastream [Tx] dapat dibentuk kembali oleh vector [Rx] dengan kebalikan transfer matrix [H]-1.yusdalicious. Hal ini . Dengan kata lain.

2 Sistem D-MIMO Sistem Distributed Multiple Input Multiple Output (D-MIMO) atau yang dapat disebut dengan sistem MIMO terdistribusi merupakan system komunikasi yang menggunakan beberapa antena pada satu sisi (dalam hal ini sisi pemancar) secara terdistribusi diantara port-port yang terpisah secara lebar. Perbedaan utama antara sistem D-MIMO dan CMIMO adalah terletak pada banyaknya antena yang berada pada satu sisi (pada kasus ini pada sisipemancar) yang letaknya terdistribusi diantara port-port yang terpisah secara lebar (multiple widely separated radio ports) dan fading yang terjadi berupa fading skala kecil dan besar akan diukur pada masing-masing link antara port-port radio tersebut.net yusdas@gmail. . Hal ini berarti dengan menggunakan sistem MIMO.com 52 diselesaikan pada sistem MIMO dengan mengarahkan seluruh dimensi ruang dan meningkatkan sinyal path diantara transmitter dan receiver.http://www. maka akan diperoleh troughput atau kecepatan transfer yang maksimal dan jarak cakupan yang lebih luas.yusdalicious.2. troughput data meningkat secara linear dengan sepasang antenna Rx dan Tx ditambahkan pada sistem MIMO. 3. Dimana setiap port yang ada saling mengirimkan informasi ke satu penerima dengan cara tertentu. Karena masing-masing independent datastream ( aliran data bebas ) ditransmitkan secara parallel untuk memisahkan antenna.

net yusdas@gmail. Faktor penting yang mempengaruhi kapasitas sistem MIMO adalah jumlah kondisi kanal ĸ dengan nilai ĸ bergantung pada perbandingan: Untuk MIMO konvensional atau dikenal sebagai Colocated MIMO (C MIMO) terdapat beberapa kasus khusus yang terjadi yaitu a.com 53 Gambar 3.yusdalicious. kanal berada pada lingkungan penuh dengan scattering. dengan teori central limit matriks kanal yang mempunyi tipe full rank dan dalam keadaan baik dapat ditulis sebagai berikut : H=ΦHw . Kanal C MIMO ideal Ketika fading tidak berkorelasi pada kedua sisi pemancar dan penerima dan terdapat sejumlah besar jalur independent antara keduanya ( L→∞).7 Sistem D-MIMO Pada model kanal realistis.http://www.

Gambar 3. Dengan memperkenalkan HSDPA.http://www. dilakukan penambahan MAC sub-layer pada Node-B yang dikenal dengan MAC-hs (Medium Access Control – high speed). Dalam radio interface protokol UMTS.8 Arsitektur HSDPA .yusdalicious. jarak antena atau sebaran sudut. tetapi masih dalam keadaan L→∞.3 Arsitektur HSDPA HSDPA memperkenalkan semua efisiensi sistem dengan meminimalkan pengubahan yang telah ada pada arsitektur jaringan UMTS.net yusdas@gmail.com 54 b. Ketika fading berkorelasi pada kedua sisi yang berkaitan dengan ketidak sesuaian scattering. 3. Korelasi Fading. 2 layer protokol yang sangat penting yang diimplementasikan pada Node B adalah MAC (Medium Access Control) dan physical layer.

HS-DSCH merupakan transport channel arah downlink pada HSDPA yang dapat digunakan untuk mengirim paket data oleh beberapa user dalam satu cell.9 kanal HSDPA HS-DSCH merupakan kanal transport yang mirip dengan DSCH pada UMTS (rel.com 55 Struktur Kanal Pisik HSDPA.99). High speed Dedicated Physical Control Channel (HS-DPCCH) Gambar 3. HS-DPCCH merupakan kanal pada arah uplink dengan bandwidth yang rendah yang digunakan untuk membawa informasi signaling ACK/NACK. HS-SCCH merupakan kanal laju data yang tetap yang digunakan untuk signaling pada arah downlink antara Node B dan UE sebelum memulai penjadwalan TTI. High Speed downlink Shared Channel (HS-DSCH) b. berikut ini merupakan penambahan tiga kanal baru pada sistem HSDPA : a.http://www. High Speed Shared Control Channel (HS-SCCH) c.yusdalicious.net yusdas@gmail. dan memberikan UE perubahan parameter dengan cepat yang diperlukan untuk penerimaan HS-DSCH. Kanal . Kanal ini memberitahu UE bila ada data pada HS-DSCH yang dialamatkan ke UE tertentu.

Gambar 3. Setiap UE dapat terdiri dari lebih dari satu aliran data dengan aplikasi jaringan multi-tasking. . Gambar berikut merupakan element-element yang dibangun pada sisi UE MAChs. Arsitektur Medium Access Control – High Speed (MAC-hs) bertanggung jawab untuk keputusan Scheduling yang sebelumnya diberikan pada RNC. Konfigurasi dari protokol HARQ disediakan oleh RRC.http://www. Permintaan ulang penambahan berikutnya mengatur blok data yang diterima berdasarkan kelas prioritasnya.10 Element-Element UE MAC-hs Satu proses HARQ yang muncul untuk setiap UE per TTI yang mengatur tugas yang disediakan untuk level retransmisi RLC.yusdalicious. Block data yang sukses yang diterima diantrikan sesuai Transmission Sequence Number (TSN) dalam permintaan ulang penambahan distribusi antrian.net yusdas@gmail.com 56 ini akan memberitahukan apakah hubungan transmisi pada arah downlink telah sukses didokodekan dan CQI (Channel Quality Indicator) yang digunakan telah sesuai dengan link adaptation.

Flow control disediakan secara tersendiri oleh prioritas kelas untuk masing-masing aliran MAC-d. RLC mengatur segmentasi dan retransmisi untuk kedua user dan control data. round-trip delay dan packet loss pada handoff. Unacknowledged mode contohnya digunakan pada aplikasi VoIP yang tidak memerlukan retransmisi pada RLC. Unackowledged Mode. Sebuah penambahan Radio Link Control (RLC) pada unacknowledged mode didefinisikan seperti tidak memiliki arah karena tidak ada kesepakatan antara arah uplink dan downlink yang diperlukan.com 57 Penambahan de-assembly kemudian membangkitkan pendekatan MAC-d PDUs dari urutan blok data yang tersedia pada antrian permintaan ulang. mekanisme flow control menjamin bahwa panjang buffer MAC-hs dijaga serendah mungkin agar mengurangi memory space yang diperlukan.http://www. Transparant mode. Layer protokol RLC (Radio Link Control) diimplementasikan pada RNC. tidak ada retransmisi protokol yang digunakan dan data yang dikirim tidak dijamin. RLC dapat dibedakan dalam 3 mode : 1.net yusdas@gmail. Error yang diterima juga tidak diberi tanda error atau dibuang pada konfigurasinya.yusdalicious. Lebih dari itu. . 2. ketika tidak ada overhead yang ditambahkan dalam layer RLC. Penambahan flow control antara RNC dan Node B meyakinkan bahwa buffer pada MAC-hs berisi cukup paket data untuk memaksimalkan throughput sistem saat menghindari paket loss yang seharusnya pada buffer overflow.

concatenation. HARQ meningkatkan performansi dan menambah ketahanan terhadap error pada link adaptation.4 Keistimewaan Teknologi HSDPA Adaptive Modulation and Coding (AMC). Segmentation. Modulasi pada HS-DSCH dilakukan secara adaptif dengan pemilihan modulasi QPSK (Quadrature Phase Shift Keying) atau 16 QAM (Quadrature Amplitude Modulation). padding dan duplicate detection disediakan oleh bagian header yang ditambahkan pada data.5 time slot dari akhir TTI HS-DSCH. Hybrid Automatic Repeat dan reQuest (HARQ).yusdalicious. AMC merupakan teknologi utama pada HSDPA dimana feedback dari UE digunakan untuk menentukan skema coding dan modulasi yang akan digunakan berdasarkan CQI (Channel Quality Indicator). pada mode ini digunakan mekanisme HARQ untuk koreksi error. Acknowledged Mode. Fast Scheduling Pendjawalan merupakan element dasar pada teknologi HSDPA. 3.http://www. Pada masing- . karena scheduler dapat mempengaruhi karakteristik dari performansinya.com 58 3.net yusdas@gmail. Penerima akan mengirim NACK melalui HS-DPCCH ketika mendeteksi error pada paket data yang diterima setelah 7. Teknologi HARQ mengkombinasikan FEC (Forward Error Correction) dan ARQ untuk menyelamatkan informasi dari kegagalan transmisi sebelumnya untuk keperluan decoding pada UE. Proses ini dilakukan untuk setiap TTI dengan tujuan untuk memaksimalkan data rate dari UE dengan kondisi kanal yang baik.

http://www. Round Robin Algoritma Round Robin mengalokasikan kanal kepada user dalam suatu urutan berputar yang menawarkan suatu fair time resource sharing antara user. Karena algoritma ini mengabaikan kondisi kanal.yusdalicious. BTS melakukan tracking kualitas kanal terhadap masing-masing user dengan mengukur SIR (Signal to Interference Ratio) pada kanal CPICH (Common Pilot Indicator Channel) dan mengalokasikan HS-DSCH lebih pada user yang mempunyai SIR terbaik. statistik tidak simetris karena user-user bisa jadi lebih dekat dengan BTS dengan rata-rata SIR lebih baik. stationary atau bergerak dengan kecepatan tinggi.com 59 masing TTI. user yang memiliki SIR lebih . maka algoritma tidak memberikan throughput yang adil antara user. algoritma ini dapat memaksimalkan throughput tiap-tiap user. atau user-user berada pada tepian sel yang relatif memiliki kondisi lebih buruk. Dalam kondisi ideal ketika kondisi kanal dari user-user menampilkan statistik yang sama.net yusdas@gmail. Hal ini menyebabkan algoritma ini memberikan throughput pada sel rendah. yang mengarahkan laju datanya. Dan juga algoritma ini tidak memberikan adaptasi penjadwalan terhadap perubahan kondisi kanal yang singkat menyebabkan mengabaikan metode adaptasi cepat yang dikenalkan oleh sistem HSDPA. Dalam realitanya. dalam lingkungan yang kaya dengan scatering atau tanpa terjadi scatering pada lingkungan. scheduler menentukan ke arah mana terminal HS-DSCH akan ditransimisikan dan bersamaan dengan AMC. Oleh karena itu dengan menggunakan Maximum C/I. Keuntungan dari metode ini adalah sederhana dalam penerapannya. Scheduler HSDPA terletak pada Node B. Dalam Algoritma ini.

Kemudian dinormalisasikan dengan standar deviasi. Sehingga level transmisi dari semua user pertama-tama diterjemahkan berdasarkan variasi shadow fading dan/atau multipath yang diterima.5G.5 Solusi Perangkat HSDPA High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3.net yusdas@gmail.com 60 baik diberikan skema modulasi yang lebih tinggi (yakni. Penjadwalan FCDS berdasarkan pada relative power.http://www. 3. Teknologi ini .yusdalicious. Karena itulah FCDS dapat dikatakan sebagai trade-off antara 2 metode scheduling tersebut. Meski algoritma ini dapat memaksimalkan throughput pada sel akan tetapi memunculkan masalah fairness antara user terutama user berada ditepian sel. laju transmisi yang lebih tinggi) dan user yang memiliki SIR buruk yakni user yang berada ditepian sel akan menderita dikarenakan alokasi kanal HS-DSCH lebih sedikit. Gambar 3. FCDS menggunakan beragam kondisi kanal radio untuk meningkatkan kapasitas sistem pada saat diimplementasikan pada degree of fairness.11 FCDS (Fair Channel-Dependent Scheduling) FCDS merupakan scheduler yang lebih praktis yang menggabungkan metode Round Robin dan metode Maximum C/I.

Nama jaringan biasanya tidak tergantung pada lokasi dan tetap . yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14.http://www.5G yang menyempurnakan teknologi 3G yang sudah ada sebelumnya. Inilah bukti berkembangnya teknologi 3.6 Pengalamatan pada Layer Network Hubungan antara alamat network dan peralatannya hanyalah merupakan logical. • Alamat dan Nama Peralatan jaringan biasanya mempunyai nama dan alamat yang saling berasosiasi.net yusdas@gmail.4 Mbit/detik download). Beberapa vendor telepon seluler sudah menyediakan fasilitas HSDPA pada handphone yang sudah dapat dijangkau dengan harga yang relatif murah.com 61 dikembangkan dari WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. 3. End sistem membutuhkan satu alamat network per koneksi jaringan koneksi jaringan fisiknya pada setiap protocol layer jaringan yang didukungnya. yang didasarkan pada karakteristik jaringan fisik atau hanya berdasarkan grup tanpa dasar fisik. HSDPA mendefinisikan sebuah saluran W-CDMA yang baru.yusdalicious. tetapi hanya digunakan dalam komunikasi download menuju telepon genggam.

Peralatan yang menggunakan metode pengalamatan ini biasanya mempunyai alamat yang berlainan setiap kali melakukan koneksi ke jaringan. Alamat statis tidak berubah hingga administrator jaringan tersebut melakukan perubahan secara manual. yang dapat diberikan oleh administrator sistem local maupun organisasi yang berwenang.com 62 terasosiasi dengan peralatan jaringan tersebut walaupun berpindah. diperoleh saat peralatan ini melakukan penggabungan dalam sebuah jaringan.yusdalicious. . • Pemberian Alamat Alamat akan diberikan pada peralatan jaringan dengan tipe.net yusdas@gmail. Pengalamatan ini dilakukan oleh protocol khusus melalui proses otomatisasi dalam pemberian alamatnya. yaitu alamat statis. Alamat statis. Nama dan alamat ini mewakili identitas logika. Alamat dinamis.http://www. Alamat antar jaringan ini biasanya tergantung pada lokasi dan berubah saat peralatan tersebut berpindah. diberikan oleh administrator jaringan yang sebelumnya telah melakukan perencanaan dalam pembangunan jaringan. dinamis.

Dan akan lebih maksimal jika berada dalam coverage area HSDPA. minimal harus tercakup sinyal GPRS. Untuk mendapatkan koneksi internet. Gambar 4.1 Mengetahui Alur Modem Sierra 881U • Data Light: lampu data yg akan menyala jika terjadi proses pengiriman data baik upload maupun download. software pendukungnya pun juga harus sudah terinstall. akan diambil contoh pada modem Sierra 881U dan software 3G Watcher.http://www. 4. pastikan pula berada dalam coverage area sinyal GSM. Selain harus menyiapkan modemnya. Selain hardware dan software yang telah disiapkan.com 63 BAB IV SETUP & KONFIGURASI Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan setup dan konfigurasi.1 Data Light 63 .net yusdas@gmail.yusdalicious. Untuk melakukan setup dan konfigurasi.

http://www.com 64 • Power Light: lampu power atau daya yang akan menyala jika USB modem dihidupkan/ dipasangkan pada PC atau laptop.2 Power Light • SIM Card Cover: pelindung/ penutup simcard Gambar 4.3 Cover SIM Card .yusdalicious.net yusdas@gmail. Gambar 4.

Kompetibel pada jaringan HSDPA.yusdalicious.2. .http://www.2 Spesifikasi Teknis dan Fiture Modem Sierra 881U 4.1 Spesifikasi Teknis • • • 850/1900/2100MHz WCDMA.2 Mbps untuk downlink dan 2. Power class 3 (+24dBm) 850/900MHz GSM/GPRS/EDGE.net yusdas@gmail. • • Familiar USB connection. EDGE. pada jaringan HSPA. GSM Power class 4/EDGE E2 1800/1900 MHz GSM/GPRS/EDGE.4 Tempat SIM card 4. UMTS. GSM Power Class 1/EDGE E2 4.com 65 • Pemasangan SIM Card Gambar 4.2.0 Mbps untuk uplink. GPRS dan GSM.2 Fiture • Transfer wireless data sampai dengan 7.

0) Disk drive: CD Rom Memori: 32Mb 4. 2000.http://www.1 or 2.5 Instalasi Program 3G Watcher .yusdalicious. XP. and Mac OS X Internal battery.4 Instalasi Program 3G Watcher • Proses instalasi program 3G Watcher Gambar 4.3 Sistem yang Diminta untul Instalasi Sistem minimal yang diminta untuk melakukan instalasi adalah: • • • USB Port: 1 USB Type A slot (USB 1. 4.net yusdas@gmail.com 66 • • Mendukung OS: Windows® Vista.

http://www.net yusdas@gmail.com 67 • Persetujuan lisensi Gambar 4.6 Instalasi Program 3G Watcher • Instalasi Gambar 4.7 Instalasi Program 3G Watcher .yusdalicious.

harus dibuat sebuah profile SIM Card yang digunakan.yusdalicious.8 Instalasi Program 3G Watcher 4.http://www. Gambar 4. maka akan muncul sebuah jendela awal driver modem. . Setelah instalasi. Untuk membuat profile cukup masuk ke menu tool.net yusdas@gmail. kemudian pilih option.9 Connection Manager 2.com 68 • Selesai Gambar 4.5 Setup dan Konfigurasi 1. Sebelum melakukan koneksi.

yusdalicious. Kemudian tekan tombol Add New Profile Gambar 4. Kemudian akan muncul sebuah window baru yang berisi option-option yang bisa digunakan. Gambar 4. Untuk membuat profile.10 Connection Manager 3. pilih profile.12 Pembuatan Profile Baru .11 User Option 4.http://www.com 69 Gambar 4.net yusdas@gmail.

14 Pembuatan Profile Baru 7. .http://www.yusdalicious.com 70 5. tergantung dari kartu yang digunakan untuk koneksi internet. Gambar 4.13 Pembuatan Profile Baru 6. Pada PoP Up yang muncul. Kemudian isikan nama Profile yang akan digunakan beserta nama APNnya. tekan tombol Apply kemudian tekan tombol OK dan window akan kembali pada tampilan awal. Setelah semua field yang dibutuhkan telah diisi. pilih Dial Up Profile Gambar 4.net yusdas@gmail.

http://www.12 Connetion Manager 8. Gambar 4.yusdalicious. Untuk koneksi ke internet cukup pilih nama Profile yang telah dibuat tadi.net yusdas@gmail.com 71 Gambar 4.12 Status Sudah Tersambung . kemudian tekan tombol Connect dan komputer telah terhubung dengan internet.

hal ini dikarenakan semakin beragamnya data yang ingin diakses oleh user. sehingga dapat meningkatkan kinerja dan komunikasi menjadi lebih cepat dan pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.com 72 BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan Penggunaan wireless internet sangat dibutuhkan oleh user yang miliki tingkat mobilitas tinggi.yusdalicious. adalah salah satu nilai tambah yang dimiliki perangkat ini. Sehingga sangat praktis dan mendukung untuk digunakan pada user yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.net yusdas@gmail. 850/900MHz pada GSM/GPRS/EDGE. Perangkat ini digunakan dengan memanfaatkan sambungandari port USB. Dimana perangkat ini dapat bekerja pada jaringan 850/1900/2100MHz pada WCDMA. 72 . Tuntutan akan kecepatan wireless internet pun semakin tahun semakin meningkat.http://www. 1800/1900 MHz pada GSM/GPRS/EDGE hingga 2100MHz pada UMTS dan HSDPA. Beroperasi pada banyak jaringan. Perangkat ini mampu melalukan data maksimal sampai dengan 7 Mbps pada downlink dan 2 Mbps pada uplink. Karena itu dengan taknologi ini dapat meningkatkan troughtput. Salah satu solusi untuk meningkatkan bandwidth dengan menggunakan perangkat adalah dengan menggunakan perangkat baru wireless modem dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).

antara lain: 1.2 Saran Adapun beberapa hal yang dijadikan bahan pertimbangan untuk pengembangan Tugas Khusus ini. Pembahasan yang lebih mendetail mengenai infrastruktur teknologi HSDPA.com 73 5.http://www.yusdalicious.net yusdas@gmail. .

ac. http://arsip.indoskripsi.com/judul-skripsi/teknik-elektro/lapisan-fisis-highspeed-downlink-packet-acces-hsdpa-physical-layer 4.ac.0 6.com/2009/02/evolusi-wcdma-dengan-hsdpawujudkan.amikom.blogspot.asp?Berita=Seluler&id=106980 3. http://www. http://one. http://andi.com 74 DAFTAR PUSTAKA 1. 2007 .com/berita/index.net yusdas@gmail. Modul SCeN (Stiki Computer Networking) Bab Network Fundamental 9. Studi Kajian Wireless Lan (WLAN) dengan Teknologi SRX (SPEED RANGE EXPANSION) dalam Interkoneksi Network. Vikki. http://chyprueteror. Modul SCeN (Stiki Computer Networking) Bab Protokol dan Service 10. Frinanda. http://hadysoemarno.yusdalicious. Modul SCeN (Stiki Computer Networking) Bab Media Transmisi 8.id/blog/index.php?s=hsdpa&submit=Search 7. Tugas Khusus.html 5.id/forum_unnes/index.http://www.multiply.com/journal/item/12 2.php?topic=561.pontianakpost.unnes.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful