Bahan Ajar Kuliah MO 1 Mata Kuliah : Manajemen Operasional Jumlah Pertemuan : 13 – 14 kali pertemuan Materi UTS : Materi Minggu

I s/d IX Materi UAS : Materi Minggu X s/d XIII Kelas : 3-EB04, 05, dan 06 Dosen : Dr. Aris Budi Setyawan Ruang Konsultasi : 1. Gd. 3 Lt 3 kampus E 2. Perpus Elektronik Gd. 1 Lt. 1 kampus D Buku Bacaan : a. Bunawan. Pengantar Manajemen Operasi: seri diktat kuliah , Gunadarma. Jakarta, Edisi terbaru b. Roger G Schroder. Managemen Operasi jilid 1 dan 2 , Erlangga Jakarta, Edisi terbaru c. Sofjan Assauri. Manajemen Produksi dan Operasi, lembaga Penerbit FEUI, Jakarta, Edisi terbaru d. T. Hani Handoko. Dasar dasar Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE, Yogyakarta, Edisi terbaru e. Pangetu Subagyo, Manajemen Operasi, BPFE, Edisi terbaru f. Eddy Herjanto, Manajemen Produksi dan Operasi, Grasindo, Edisi terbaru g. Buku lain yang berhubunngan Poin-poin Materi MO Minggu I Pendahuluan Minggu II Rancangan Produk Dan Operasi Jasa Minggu III Perencanaan Fasilitas ( Lokasi ) Minggu IV Perencanaan Fasilitas ( Layout ) Minggu V Perencanaan Proses Minggu VI Peramalan Permintaan Akan Produk Dan Jasa Minggu VII Pemeliharaan Fasilitas Dan Penanganan Bahan Minggu VIII Perencanaan Kapasitas Minggu IX Manajemen Persediaan Minggu X MRP dan Perencanaan Kebutuhan Bahan Manufaktur Just In Time Minggu XI Penjadwalan Dan Pengawasan Proyek

Minggu XII Perancangan Dan Pengelolaan Tenaga Kerja Minggu XIII Manajemen Mutu dan topik-topik lain yang relevan Bahan Ajar Kuliah MO 2 .

namun juga membahas proses produksi yang menghasilkan jasa dan atau tidak menghasilkan keuntungan. Manajemen Operasi : Penggunaan fungsi-fungsi manajemen ( Planing. and Controling ) sedemikian rupa dalam proses transformasi berbagai sumber daya perusahaan. Selanjutnya untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Sekalipun untuk dapat terus bertahan ( Going Concern ). pelayanan. diantaranya adalah : a. dsb. baik yang bergerak dalam manufaktur maupun jasa tentulah menyadari bahwa kelangsungan hidup perusaan lebih penting daripada sekedar laba yang besar. khususnya teknologi informasi. khususnya persediaan 2. saat telah banyak proses produksi dilakukan dengan bantuan aplikasi komputer. ). kualitas. Mengapa Manajemen Operasi penting ? a. dapat mendukung kelangsungan hidup perusahaan. Sebagian besar aktia perusahaan umumnya tertanam dalam aktivitas operasi/produksi. Lindo dan Lingo for Windows .PENDAHULUAN Bagi perusahaan jenis apapun. Salah satu ujung dari masalah ini adalah proses produksi yang harus baik dalam arti yang luas. QSB (Quantity System for Business) b. guna menambah dan menghasilkan output yang lebih baik dan optimal. Dengan demikian proses dan kegiatan produksi sebagai dapurnya perusahaan perlu dipelajari dengan seksama dan sungguh-sungguh sehingga sebuah perusahaan memiliki devisi produksi yang solid dan dapat dipercaya sebagai tulang punggung kelangsungan hidup perusahaan. agar output yang dihasilkan baik berupa barang atau jasa. Istilah manajemen operasi muncul untuk memperluas pemahaman yang lebih luas tentang proses produksi. dimana proses produksi yang dibahas tidak hanya yang menghasilkan barang dan menimbulakan keuntungan saja. Sebagian besar SDM.l. produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan konsumen ( harga. Di satu sisi setelah proses produksi dan kehidupan perusahaan berjalan yang dengan baik. Actuating. mengingat menjaga lebih sulit dari pada saat mendirikannya. karena : 1. berada dalam departemen operasi/produksi Seiring dengan perkembangan teknologi. perusahaan memerlukan keuntungan yang cukup. perusahaan perlu menjaganya dengan baik. Organizing.

SPSS for Windows f.c. dll Bahan Ajar Kuliah MO 3 . QM (Quantitative Method) for Windows. Visual MRP II e. Sazam d.

Jasa Umpan Balik Bahan Ajar Kuliah MO 4 Beberapa Pengertian dalam Manajemen Operasional Produksi Barang Kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru Output yang memiliki bentuk dan sifat kimia tertentu . Input 1. Mesin 6. Pelayanan 5. SDM 2. Barang 2. Penyimpanan 4. Penjualan. Merubah fisik 3.Proses Produksi =Transformasi : Input Proses Transformasi Output Umpan Balik Secara lebih detail proses transformasi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : Proses Transformasi 1. Modal 3. Menidahkan 2. dll. Keahlian 5. Informasi dari luar Output 1. Bahan baku 4.

Luas Produksi Luas Perusahaan . Berapa.Jasa Produktivitas Output yang tidak memiliki bentuk dan sifat kimia tertentu Perbandingan antara hasil yang sebenarnya dengan hasil yang seharusnya terjadi. metode serta teknik tertentu Apa. dan Bagaimana produk yang akan dibuat Apa. Produktivitas ini bukanlah monopoli perusahaan besar saja Cara. dibagi dalam Master Route Sheet dan Route Sheet Jadwal Produksi. dan Bagaimana produk segera yang akan dibuat pada periode yang akan datang Urut-urutan proses produksi. dibagi dalam Mater Sechedule Sheet dan Sechedule Sheet Perintah kerja Daftar dari seluruh bahan baku dan bahan lainnya yang diperlukan untuk memproduksi suatu produk ( apa dan berapa ) Hanya memproduksi atas dasar pesanan yang masuk Produksi untuk pasar/massa Kapasitas Terpakai / yang dipergunakan untuk produksi dalam periode tertentu ( fleksibel ) Kapasitas Terpasang untuk produksi dalam periode tertentu ( tetap ) Proses Perencanaan Produk Perencanaan Produksi Routing Skedul Produksi Dispacthing Bill of Material Job Lot Shop Mass Prod. Besar ukuran produktivitas ini antara 0 s/d 100 %. Berapa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful