You are on page 1of 19

ekologi

Senin, 25 Oktober 2010
Laporan Study Lapangan: Ilmu Pengetahuan Lingkungan

INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH PT. SIER (SURABAYA INDUSTRIAL ESTATE RUNGKUT) LAPORAN STUDY LAPANGAN disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan pada semester II Disusun Oleh : 1. Kedawung Senja (080210193047) 2. Luh Titis Ayu A. (080210193020) 3. Tomi Utomo (080210193043) 4. Dwi Putri N. (080210193044) 5. Yunita Musyfika (080210193024) 6. Dewi Yulia R. (080210193031) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN UNIVERSITAS JEMBER 2009 BAB I PENDAHULUAN

2. Namun demikian. maka jumlah air limbah juga mengalami peningkatan. Industri primer pengolahan hasil hutan merupakan salah satu penyumbang limbah cair yang berbahaya bagi lingkungan. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut). Pada umumnya limbah cair dibuang ke dalam tanah.3 Tujuan 1.3. seperti industri pulp dan kertas. 1. karena telah tampak adanya gejala dan kecenderungan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh perbuatan manusia.1 Bagaimana proses pengolahan air limbah pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT. Limbah cair atau air limbah adalah air yang tidak terpakai lagi.2 Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari proses pengolahan .3. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut)? 1. penting bagi sektor industri untuk memahami dasar-dasar teknologi pengolahan limbah cair. Teknologi pengolahan air limbah adalah kunci dalam memelihara kelestarian lingkungan.1. Masalah itu timbul karena perubahan lingkungan yang menyebabkan lingkungan itu kurang sesuai lagi untuk mendukung kehidupan manusia. Jika jumlah air limbah yang dibuang melebihi kemampuan alam untuk menerima atau menampungnya. yang merupakan hasil dari berbagai kegiatan manusia sehari-hari. Misalnya pencemaran sumber daya air dan sungai sebagai akibat dari pembuangan limbah industri dan limbah rumah tangga serta banyak kasus lain yang sekarang sudah menjadi fenomena umum. teknologi pengolahan limbah cair yang dihasilkannya mungkin sudah memadai. Dengan semakin bertambah dan meningkatnya jumlah penduduk dengan segala kegiatannya.2. namun tidak demikian bagi industri kecil atau sedang. sungai danau dan laut. Bagi industriindustri besar. Laporan study lingkungan ini berusaha menguraikan tentang proses pengolahan air limbah pada Instalasi Pengolahan Air Limbah PT. Apapun macam teknologi pengolahan air limbah domestik maupun industri yang dibangun harus dapat dioperasikan dan dipelihara oleh masyarakat setempat. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut)? 1. mengingat penting dan besarnya dampak yang ditimbulkan limbah cair bagi lingkungan. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut).1 Untuk mengetahui proses pengolahan air limbah pada Industri Pengolahan Air Limbah PT.2 Bagaimana kelebihan dan kekurangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT. 1. Jadi teknologi pengolahan yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan teknologi masyarakat yang bersangkutan.1 Latar Belakang Masalah lingkungan yang dihadapi dewasa ini pada dasarnya adalah masalah ekologi manusia.2 Rumusan Masalah 1. Permasalahan lingkungan hidup dewasa ini banyak dibicarakan. maka akan terjadi kerusakan lingkungan.

Sedangkan faktoryang mempengaruhi kualitas limbah adalah: 1 Volume limbah. 3 Berdampak luas (penyebarannya). yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis atau bersifat merugikan. 2 Kandungan bahan pencemar.2 Bagi Pemerintah 1. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu. adalah benda-benda yang keberadaannya melebihi jumlah normal dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya (merugikan). limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. limbah terdiri dari bahan kimia organik dan anorganik. yaitu: 1 Limbah cair. yang lebih dikenal sebagai sampah). 3 Limbah gas dan partikel. terutama sterilisasi air limbah. baik dari proses industri maupun domestik (rumah tangga. 1.4. 1. limbah industri dapat digolongkan menjadi 4 bagian. dan 4 Berdampak jangka panjang (antar generasi). 1. yang merupakan hasil dari berbagai kegiatan manusia sehari-hari. terutama bagi kesehatan manusia.4 Manfaat Adapun manfaat yang diharapkan bisa dicapai dari study lapangan yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1.4. Ditinjau secara kimiawi. adalah gas dan partikel yang jumlah atau keberadaannya bersifat merugikan.4.1 Limbah Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi.air limbah PT. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Sier.4. Berdasarkan karakteristiknya. dan .2.1 Sebagai referensi untuk lebih memperhatikan dan memelihara lingkungan dengan melalui pengolahan air limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah. Limbah cair atau air limbah adalah air yang tidak terpakai lagi. 2 Limbah padat. Adapun karakteristik limbah adalah sebagai berikut: 1 Berukuran mikro. sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. 2 Dinamis.2 Sebagai acuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan. dan 3 Frekuensi pembuangan limbah.2.1 Bagi masyarakat Agar masyarakat memperoleh informasi dan manfaat tentang pengolahan air limbah.

Jumlahnya melebihi jumlah normal. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama. dan atau komponen lain ke dalam lingkungan. Contohnya. Berada pada waktu yang tidak tepat. 4 Tahun 1982). dan Zn serta zat kimia seperti pestisida. Limbah erat kaitannya dengan pencemaran. atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. dan tanah. yaitu pencemaran udara. 1. Cd. Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak. air. reactivity. macam bahan pencemarnya. adalah bahan sisa (limbah) suatu kegiatan proses produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) karena sifat (toxicity. atau membahayakan kesehatan manusia (BAPEDAL tahun 1995). karbon dioksida dengan kadar 0. Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. Cr. dan 2. tetapi bila lebih tinggi dari 0. mencemarkan lingkungan. dan corrosivity) serta konsentrasi atau jumlahnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak. sulfida. karena limbah inilah yang menjadi substansi pencemaran lingkungan. Suatu zat dapat disebut polutan apabila: 1. Fe. pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga. dan 3. Pb. Contohnya adalah sebagai . 2. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi. Sifat polutan adalah: 1.4 Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). maka diperlukan pengolahan dan penanganan limbah. Pencemaran udara Pencemar udara dapat berupa gas dan partikel. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. sianida. Cu. yaitu: 1 Pengolahan menurut tingkatan perlakuan 2 Pengolahan menurut karakteristik limbah Macam-macam Pencemaran Macam-macam pencemaran dapat dibedakan berdasarkan pada tempat terjadinya. Merusak dalam jangka waktu lama. dan tingkat pencemaran a. Contohnya adalah logam berat seperti Al. Hg. Menurut tempat terjadinya Menurut tempat terjadinya. Mn. Berada pada tempat yang tidak tepat.033% dapat rnemberikan efek merusak.033% di udara berfaedah bagi tumbuhan. Pada dasarnya pengolahan limbah dapat dibedakan menjadi dua. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. zat energi. flammability. Merusak untuk sementara. fenol dan sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh limbah tersebut.

Sulfur dioksida ber$ama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. hewan. c. terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pada manusia. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat. maupun tumbuhan. Pencemaran Air Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. gas C02 yang terlalu berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi panas. Gas CO dan COz. hewan. badai. Air limbah tersebut memiliki efek termal. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. minyak. b. nutrien dan padatan. tumbuhan. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah. perubahan morfologi pada daun. toksin organik. Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi. Bila melebihi toleransi dapat mengganggu pernapasan.03%. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau. materi radioaktif masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi. dalam taraf tertentu. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun. batang. dapat menyebabkan mutasi. Gas COZ dalam udara murni berjumlah 0. gempa bumi dan sebagainya juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air. dan benih. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem. misalnya bakteri.berikut: a. Selain itu. Tanpa air dunia akan menjadi sebuah planet yang tidak bernyawa. terdapat di kawasan gunung berapi. dan tepung sari juga dapat mengganggu kesehatan. Air merupakan sumber yang penting bagi kehidupan manusia. Misalnya gangguan pernapasan. Sumber polusi udara lain dapat berasal dari radiasi bahan radioaktif. 3/4 bahagian bumi diliputi oleh air dan lebih 2/3 daripada berat badan manusia adalah . dan bahkan kematian. Setelah peledakan nuklir. yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air. 2. dan juga pada manusia. Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. Partikel SOZ dan NO2. bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara. bersifat racun. Gas ini bersifat racun. virus. merupakan hash pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. air. jamur. misalnya. nuklir. d. e. membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan. Batu bara yang mengandung sulfur melalui pembakaran akan menghasilkan sulfur dioksida. Gas H2S. berbagai penyakit akibat kelainan gen. sungai. Pemanasan global di bumi akibat C02 disebut juga sebagai efek rumah kaca. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup. Partikel padat. hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. bulu.

koloid dan bahan terlarut Endapan. Air berwarna hijau Terdapat tumbuhan kecil yang dinamakan rumpair yang tumbuh di dalamnya. Bahan buangan organik c. seorang manusia menggunakan 1. dan pembuangan . Timbulnya bau pada air lingkungan merupakan indikasi kuat bahwa air telah tercemar. Bila kondisi air warnanya berubah maka hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa air telah tercemar. Mikroba yang hidup dalam air akan mengubah organik menjadi bahan yang mudah menguap dan berbau sehingga mengubah rasa.000 liter air setahun sebagai minuman. Limbah dengan pH asam / rendah bersifat korosif terhadap logam. Lapisan kuning jingga atau kemerahan di permukaan air Kilang membuang bahan pencemaran ke dalam anak sungai. Indikasi Pencemaran Air Indikasi pencemaran air dapat diketahui baik secara visual maupun pengujian. namun dapat diukur menjadi uji COD. Lapisan berkilau Berlaku tumpahan minyak di permukaan air Busa atau berbuih Kemungkinan sabun dari rumah atau kilang yang mengalir ke dalamnya. Berbau seperti telur busuk Terdapat kumbahan. Pembuangan limbah industri.5. akan mengubah pH air sungai dan dapat mengganggukehidupan organisme didalamnya. koloid dan bahan terlarut berasal dari adanya limbah industri yang berbentuk padat.air. Perubahan pH (tingkat keasaman / konsentrasi ion hidrogen) Air normal yang memenuhi syarat untuk suatu kehidupan memiliki pH netral dengan kisaran nilai 6. Adapun komponen pencemaran air pada umumnya terdiri dari : a. Bahan buangan anorganik Pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut: a. Air limbah industri yang belum terolah dan memiliki pH diluar nilai pH netral. bau dan rasa air normak dan air bersih tidak akan berwarna. Air berlumpur Terdapat kandungan kelodakan atau mendapan yang tinggi menyebabkan ikan sukar bernafas. Warna dan bau air dapat memberitahu kita apa yang sedang berlaku terhadapnya. Air yang bau dapat berasal dari limbah industri atau dari hasil degradasioleh mikroba. sisa insektisida. Pada umumnya. Hal ini akan semakin parahjika daya dukung lingkungan rendah serta debit air sungai rendah. dan yang larut sebagian akan menjadi koloid dan akan menghalangibahan-bahan organik yang sulit diukur melalui uji BOD karena sulit didegradasi melalui reaksi biokimia.5 – 7. Timbulnya endapan. Bahan buangan padat b. Limbah industri yang berbentuk padat. Perubahan warna. sehingga tampak bening / jernih. bila tidak larut sempurna akan mengendapdidsar sungai.

dan laut. Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan O2 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air. sisa detergen mencemari air. botol. Selain itu limbah rumah tangga terpenting adalah sampah. Bila terjadi pencemaran di air. Air buangan rumah tangga atau dikenal sebagai limbah domestik mengandung 95% sampai 99% air dan sisanya berupa limbah organik . kegiatan pertanian. Zn. mencuci. dan kaleng. Pada perairan yang dimasuki oleh limbah rumah tangga biasanya akan menyebabkan populasi ganggang menjadi meningkat pesat sebagai akibat banyaknya persediaan nutrien. Sampah dalam jumlah banyak seperti di kota-kota besar. Banyak organisme akuatik yang mati atau keracunan karenanya. Secara ekologis. Di sana dapat ditemukan Tubifex sp. maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. dapat terakumulasi dan bersifat racun. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar. b. Hg. pecahan kaca. Sebagian dari air buangan terdiri atas komponen nitrogen. Semakin ke hilir atau ke arah muara. berperan besar . Untuk membersihkan kawasan tercemar diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal. Buangan industri seperti Pb. Salah satu bahan pencemar di laut adalah tumpahan minyak bumi. air digunakan untuk minum. Bila terlambat penanggulangannya. a. Akibatnya. memasak. Sebaliknya. air tersebut mengalir ke sungai. dan CO. akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang sering terjadi. seperti urea dan asam urik yang kemudian akan terurai menjadi amoniak dan nitrit. danau.. air dibuang atau mengalir ke selokan. Fosfat hasil pembusukan bersama HO3 dan pupuk pertanian terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi. tanaman di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang. c. Pencemaran Tanah Pencemaran tanah berasal dari limbah rumah tangga. Hewan dan tumbuhan air dapat tumbuh dengan baik. dan berbagai keperluan lainnya. karet sintesis. persediaan oksigen dalam perairan tersebut semakin berkurang. kerugian manusia semakin banyak. serta detergen yang bersifat non bio degradable (secara alami sulit diuraikan). dapat mengganggu ekosistem laut. misalnya. yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga). Limbah Rumah Tangga Dalam rumah tangga. Selanjutnya. Sampahsampah plastik yang sukar hancur. Setelah digunakan.sampah domestik. limbah organik lebih terurai secara sempurna sehingga kandungan oksigen dalam air kembali normal. hewan air yang mampu hidup dengan baik di bawah kondisi defisiensi oksigen. dan pertambangan. 3.

biji-bijian yang telah mendapat perlakuan fungisida yang mengandung metal merkuri tidak pernah dimanfaatkan untuk bahan makanan. zat kimia pemberantas hama (pestisida. berkurang produksinya. dan herbisida dapat mencemari sungai karena zat-zat tersebut dapat terbawa air hujan atau erosi. Herbisida merupakan pestisida yang 40% produknya sudah digunakan di dunia. dan pemberantas tumbuhan pengganggu (herbisida) dapat mencemari tanah. Fungisida merupakan pestisida yang digunakan untuk mengontrol atau memberantas cendawan (fungi) yang dianggap sebagai wabah atau penyakit. Jenis pestisida ini sudah digunakan manusia sejak lama. Tanah yang tercemar pupuk kimiawi. Penggunaan bahan-bahan kimiawi secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan tekstur tanah. Pestisida dan herbisida memiliki sifat sulit terurai dan dapat bertahan lama di dalam tanah. Tanaman menjadi layu. warna. Limbah Pertanian Dalam kegiatan pertanian. dan udara. Percobaan pada kelinci dan kera menggunakan dosis herbisida diatas 25% menunjukkan bahwa pemberian makanan dan minuman yang dicampur herbisida dapat menyebabkan organ hati dan ginjal hewan tersebut mudah terkena tumor dan kanker. Insektisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membunuh serangga hama. . air. akhirnya mengendap di tanah. Senyawa organoklorin utama di dalam insektisida adalah DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) dapat membunuh mikroorganisme yang sangat penting bagi proses pembusukan. yang selanjutnya berpengaruh terhadap produktivitas tanaman. Air tanah yang menurun kualitasnya dapat terlihat dari perubahan fisiknya. misalnya bau. Fungisida dapat memberi dampak buruk terhadap lingkungan. Residu pestisida dan herbisida ini membahayakan kehidupan organisme tanah. misalnya insektisida). pestisida. Akan tetapi. Sisa-sisa penyemprotan tersebut akan terbawa oleh air hujan. dan air. Penggunaan pupuk buatan secara berlebihan menyebabkan tanah menjadi masam. b.dalam pencemaran tanah. penggunaan pupuk buatan. dan akan retak-retak pada musim kemarau. Pencemaran oleh mikroorganisme dan polutan lainnya dari sampah akan mengurangi kualitas air tanah. Tanah yang mengandung sampah di atasnya akan menjadi tempat hidup berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. dan akhirnya mati. sehingga kesuburan tanah terganggu. dan rasa. tanah mengeras. Penyemprotan fungisida dapat melindungi tanaman pertanian dari serangan cendawan parasit dan mencegah biji (benih) menjadi busuk di dalam tanah sebelum berkecambah. Para petani menggunakan herbisida untuk mengontrol atau mematikan sehingga tanaman pertanian dapat tumbuh dengan baik. bahkan terdapat lapisan minyak. sejak metal merkuri sangat beracun terhadap manusia. Pencemaran tanah oleh pestisida dan herbisida terjadi saat dilakukan penyemprotan.

As. Misalnya pencemaran nuklir.% di udara dapat mengakibatkan kematian. dan Salmonella thyposa. Ketika menghirup udara yang tercemar timah. Pb. Limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Cr dan Hi). Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan. Dampak tersebut antara lain menimbulkan hal-hal berikut: 1. 2. Pada penambangan emas. botol. polusi tanah terjadi akibat penggunaan merkuri (Hg) dalam proses pemisahan emas dari bijinya.c. Menurut Bahan Pencemar Macam bahan pencemar adalah sebagai berikut: 1. dan disentri. Limbah Pertambangan Aktivitas penambangan bahan galian juga dapat menimbulkan pencemaran tanah. Defisiensi oksigen dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang sakit kepala dan pusing.1. Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit yang kronis. 3. berupa mikroorganisme. logam (Hg. dan karet. Merkuri tergolong sebagai bahan berbahaya dan beracun yang dapat mematikan tumbuhan. jika orang tersebut terlambat ditolong dapat mengakibatkan kematian. berupa kaleng-kaleng. Fisik. Kimiawi. berupa zat radio aktif. Salah satu kegiatan penambangan yang memiliki pengaruh besar mencemarkan tanah adalah penambangan emas. plastik. 2. dan mengganggu kesehatan manusia. Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta telah menimbulkan kerusakan padaekosistem lain. Menurut Tingkat Pencemaran Menurut tingkat pencemaran Menurut WHO. pestisida. yaitu sebagai berikut : 1. pupuk anorganik. 4. kolera. Cd. 2. Polusi atau pencemaran berdampak negatif terhadap kesehatan manusia. Misalnya pencemaran Hg (air raksa) di Minamata Jepang yang menyebabkan kanker dan lahirnya bayi cacat. Udara yang tercemar gas karbon monoksida (CO) jika dihirup seseorang akan menimbulkan keracunan. Penipisan lapisan ozon dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit (terutama untuk orang yang berkulit putih) dan kerusakan mata (katarak). misalnya Escherichia coli. Entamoebacoli. Kandungan karbon monoksida yang mencapai 0. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3. dan . detergen dan minyak. b. ginjal. 3. maka timah dapat terabsorpsi kedalam darah dan terakumulasi di dalam hati. tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. 3. diantaranya ialah penyakit kulit. c. organisme tanah. Biologi. Misalnya gas buangan kendaraan bermotor yang menyebabkan mata pedih.

dan otak. biochemical oxygen demand . Untuk itu. Pengendalian dalam proses produksi bertujuan untuk meminimalkan volume limbah yang ditimbulkan. Dalam kegiatan industri. industri harus menerapkan prinsip pengendalian limbah secara cermat dan terpadu baik di dalam proses produksi (in-pipe pollution prevention) dan setelah proses produksi (end-pipe pollution prevention). Secara kimiawi. masalah air limbah tidak sesederhana yang dibayangkan. merupakan ukuran jumlah zat organik yang terdapat dalam limbah. blowdown. 75% dari sumber tersebut tidak memenuhi baku mutu air minum yang parameternya dinilai dari unsur nitrat. Beberapa parameter kualitas air limbah yang digunakan dalam pengolahan air limbah adalah sebagai berikut: a. chemical oxygen demand (COD). serta sanitary wastes. besi. pencucian dan pembilasan peralatan. air limbah akan mengandung zat-zat/kontaminan yang dihasilkan dari sisa bahan baku. pengolahan air limbah harus dilakukan dengan cermat. sehingga dapat menyebabkan manusia mengalami kehilangan sensasi. karena pengolahan air limbah memerlukan biaya investasi yang besar dan biaya operasi yang tidak sedikit.tulang yang akan mengganggu proses metabolisme tubuh. 6. pelaksanaan pembangunan fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Unit Pengolahan Limbah (UPL) yang benar. serta pengoperasian yang cermat. bahkan dapat menimbulkan kematian. Agar dapat memenuhi baku mutu. Terdapat sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa 285 sampel dari 636 titik sampel sumber air tanah telah tercemar oleh bakteri coli. hati. beberapa peralatan seperti kettle boiler dan sistem air pendingin. Sedangkan pengendalian setelah proses produksi dimaksudkan untuk menurunkan kadar bahan peencemar sehingga pada akhirnya air tersebut memenuhi baku mutu yang sudah ditetapkan. parameter organik. sisa pelarut atau bahan aditif. bahkan dapat menyebabkan cacat janin pada ibu hamil yang mengkonsumsi ikan tersebut. 2. produk terbuang atau gagal. Kadmium yang masuk ke tubuh manusia melalui udara (pernafasan) menyebabkan kerusakan ginjal dan meningkatnya tekanan darah (hipertensi). dimulai dari perencanaan yang teliti. menjadi buta yang berasal dari ikan yang dikonsumsi dari teluk Minamata di Jepang. Konsentrasi merkuri tertinggi terdapat di ginjal. Parameter ini terdiri dari total organic carbon (TOC). dan mangan. juga konsentrasi dan toksisitas kontaminannya. Namun demikian. 5. nitrit.2 Pengolahan Air Limbah Pembuangan air limbah baik yang bersumber dari kegiatan domestik (rumah tangga) maupun industri ke badan air dapat menyebabkan pencemaran lingkungan apabila kualitas air limbah tidak memenuhi baku mutu limbah.

b. Tahap pengolahan ini melibatkan proses fisik yang bertujuan untuk menghilangkan padatan tersuspensi dan minyak dalam aliran air limbah. Letak perbedaannya ialah pada proses yang berlangsung. 2 Pengolahan Tahap Pertama (Primary Treatment). maritim. incineration. 5 Pengolahan Lumpur (Sludge Treatment). vacuum filtration. yaitu akronim dari industri. padatan tersuspensi. Pada dasarnya. minyak dan lemak (O&G). serta oil separation. Teknologi Pengolahan Air Limbah Tujuan utama pengolahan air limbah ialah untuk mengurai kandungan bahan pencemar di dalam air terutama senyawa organik. dan senyawa organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang terdapat di alam. carbon adsorption. Proses-proses yang terlibat dalam pengolahan air limbah tahap ketiga ialah coagulation and sedimentation. 3 Pengolahan Tahap Kedua (Secondary Treatment). serta anaerobic contactor and filter. lagooning or drying bed. dapat dilihat dari parameter total suspended solids (TSS). Pengolahan air limbah tersebut dapat dibagi menjadi 5 (lima) tahap: 1 Pengolahan Awal (Pretreatment). rotating biological contactor. maka muncul suatu ide untuk mendirikan kawasan industri yang ditegaskan di dalam Surat Keputusan Walikotamadya Surabaya No. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut) Sehubungan dengan pengembangan industri di Surabaya dalam Masterplan tahun 2000 yang dikenal dengan nama Indramadi. dan c. filtration. aerated lagoon. Proses yang terjadi pada pengolahan tahap pertama ialah neutralization. dapat berupa senyawa organik atau inorganik. pengolahan tahap pertama ini masih memiliki tujuan yang sama dengan pengolahan awal. equalization and storage. ion exchange. stabilization basin. serta thickening gravity or flotation. pressure filtration. centrifugation. kontaminan spesifik. Peralatan pengolahan yang umum digunakan pada pengolahan tahap ini ialah activated sludge. atau landfill. Lumpur yang terbentuk sebagai hasil keempat tahap pengolahan sebelumnya kemudian diolah kembali melalui proses digestion or wet combustion.(BOD). Pengolahan tahap kedua dirancang untuk menghilangkan zat-zat terlarut dari air limbah yang tidak dapat dihilangkan dengan proses fisik biasa. chemical addition and coagulation. 4 Pengolahan Tahap Ketiga (Tertiary Treatment). anaerobic lagoon.3 PT. sedimentation. mikroba patogen. dan potensial reduksi. tricking filter. Beberapa proses pengolahan yang berlangsung pada tahap ini ialah screen and grit removal. 2. dan pendidikan. Pada tahun 1972 dilakukan study kelayakan oleh perusahaan konsultan . 6906/160 Tahun 1968. dan total petrolum hydrocarbons (TPH). dagang. bau. karakteristik fisik. dan filtration. temperatur. membrane separation. warna. flotation. pH.

5/341/18..000 orang. Gambar. Y.000 orang.200. 300.000. Kawasan Industri Rungkut Surabaya Gambar b. 1. Gambar a.000 lembar @ Rp. dilakukan perubahan atas Anggaran Dasar. Sier di kawasan ini memiliki 50 investor dengan jumlah pekerja sekitar 10. Kawasan industry Berbek Sidoarjo . Saat ini tinggal sekitar 2 Ha (yang belum terjual). yang terdiri dari saham Biasa 120.000.000. Gayungan.000. Sier (PERSERO) tanggal 23 Mei 1998 nomor 22 di hadapan notaris Abdurrazag Ashiblie. dan pemasaran. Maka terbentuklah PT.A.00. Kawasan Rungkut Surabaya Merupakan kawasan yang pertama didirikan dengan luas lahan 246 Ha (gambar b) terletak di Kecamatan Rungkut Surabaya (gambar a). Areal kawasan industri Rungkut Surabaya 2.000. 166 di hadapan notaris Abdul Latief.FGU-KORNBERG dari Jerman Barat. Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. PT. Perusahaan Konsultan ini mengusulkan daerah Rungkut sebagai alternatif terbaik untuk kawasan industri serta daerah Simo. dan Waai sebagai alternatif terbaik lainnya dengan kemungkinan tidak ada perluasan kawasan. Itulah sejarah singkat berdirinya PT.00.00 yang terdiri atas Saham Prioritas seri A sebesar Rp. Ini sesuai dengan akte tanggal 28 Februari 1974 No.000.000. mengembangkan dan mengelola kawasan industri. Modal dasar awal perusahaan adalah sebesar Rp. Sesuai dengan keputusan rapat PT. Sier. 4 Tahun 1974 tentang penyertaan modal Negara dan Usaha Industrial Estate. PT. Perusahaan ini memiliki tugas utama merencanakan. SH yang kemudian diubah pada tanggal 1 Agustus 1974 dan disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman tanggal 17 September 1974 No. 1. Sier memiliki tiga kawasan industri yang dikelola.000. geologi dan hidrologi.000. Kemudian BAPPENAS memberikan wewenang kepada PEMDA I Jawa Timur untuk melakukan kajian lebih mendalam di daerah Rungkut dengan melibatkan ahli ekonomi.000. dengan jumlah pekerja sekitar 50. 1. Kawasan inilah yang dijadikan objek study lapangan Ilmu Pengetahuan Lingkungan.500. teknik sipil. Saat ini telah terjual seluruhnya dan menampung 300 pabrik/industri. SH. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa modal dasar naik menjadi 120. yaitu sebagai berikut: 1. Kawasan Berbek Sidoarjo Kawasan ini merupakan areal perluasan kedua yang didirikan pada tahun 1985 dengan luas lahan 87 Ha.000.00 dan Saham biasa seri B sebesar Rp.

Sier merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan 3 kepemilikan saham. Sier adalah sebagaimana digambarkan dalam bagan berikut ini: Menurut keterangan dari Bapak Hery Purnomo.3. SPBU. Hal ini karena sistem IPAL yang diterapkan menggunakan prinsip fisika. 25 % Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sier menggunakan bahan dari asbes keton yang tahan korosi. serta service fasum dan WWTP. IPAL juga dimaksudkan untuk menarik investor. menurut keterangan dari Bapak Sumadi. Sier adalah penjualan tanah industri. Sier tergantung dari limbah pabrik yang bersangkutan. dan persewaan perkantoran. sebagian media dari IPAL PT. persewaan pabrik/gudang. Sier. Sier. Kabag Mekanik.1 Sistem Pengolahan Air Limbah Pada Instalasi Pengelolaan Air Limbah . Terkait dengan beban tarif pabrik ke PT. Jasa kontaktor. Beban polusi tersebut dapat diketahui dari hasil laboratorium PT. Sier menyediakan fasilitas IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).000 orang (setelah penuh semua). kepala Quality Control Laboratorium PT. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. sarana olah raga. yaitu bejana berhubungan. Sier ini adalah Poliklinik. BAB III PEMBAHASAN 3. PT. Bisnis utama dari PT. Kawasan Rembang Pasuruan Kawasan ini merupakan areal perluasan ketiga yang didirikan pada tahun 1989 dengan luas lahan 500 Ha (dikembangkan 300 Ha). PT. dengan pemanfaatan mikroorganisme sebagai pengurai limbah. Aktivitas sistem IPAL yang telah mengalami proses perkembangan sejak tahun 1985 itu tetap berlangsung secara kontinyu. Gambar. Kawasan ini memiliki 53 investor dengan jumlah pekerja sekitar 75. Sedangkan usaha pendukung PT. dan 25% sisanya merupakan saham atas Pemerintah Kota Surabaya. Kawasan industri Rembang Pasuruan Adapun tentang struktur organisasi PT. Selain itu. yaitu 50% milik NKRI.

Sier merupakan limbah dari berbagai aktivitas atau kebutuhan manusia. Proses aerasi dilakukan dengan menggunakan alat mammoth rotor/cage rotor dengan oxygenation capacity sebesar 30 kg O2/jam/rotor. SIER (Persero) menggunakan sistem pengolahan secara fisika-biologis. Adapun tahap-tahap pengolahan air limbah PT. dan selanjutnya endapan dari zat-zat tersebut setiap 1 – 2 bulan akan dibuang dan dikeringkan di bak pengering lumpur (10). volume limbah yang masuk IPAL PT. Sier adalah sebagai berikut: 1. Pengolahan Awal (Pretreatment) Air limbah dari pabrik (1) dan perkantoran (2) dialirkan ke dalam saluran air limbah/manhole (4). PT. 53/1989. 3. tapi dominan domestic waste. yang merupakan kewajiban dari setiap kawasan industry berdasarkan Keppres No. Pengolahan Tahap Pertama (Primary Treatment) Primary Treatment adalah proses pengendapan yang terjadi secara gravitasi pada bak equalisasi atau sumur pengumpul (6) dengan ketinggian 9 (sembilan) meter dari permukaan tanah dan diameter 5 (lima) meter yang juga berfungsi sebagai pengendap pertama. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut) Sebagai wujud kepedulian dalam melaksanakan Sistem managemen Lingkungan. dari ujung rambut hingga ujung kaki. yaitu secara overflow air limbah mengalir ke bak aerasi/oxidation ditch atau kolam oksidasi (7) untuk memulai proses aerasi (Biological Treatment) selama 20 – 24 jam secara kontinyu. PT. Sier menyediakan fasilitas IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Artinya. Limbah yang diolah oleh PT. SIER 7000-8000 m3/hari dari 350 industri. melalui bak kolektor/rumah pompa (5) sebagai tempat penampungan awal. yang operasi pompanya menggunakan automatic level control switch. IPAL tersebut juga merupakan fasilitas pendukung yang ditawarkan kepada investor. yang terpasang sepanjang jalan di dalam kawasan melalui bak control (3) yang berada di halaman depan setiap pabrik atau perkantoran.(IPAL) PT. Proses ini bertujuan untuk mengurangi jumlah padatan. 2. tanpa menggunakan atau menambahkan bahan kimia. Kemudian air limbah tersebut mengalir secara gravitasi menuju ke pusat Instalasi Pengolahan Air Limbah. Sistem pengolahan air limbah. Proses biologis yang terjadi bertujuan untuk mengurangi bahan-bahan organik melalui mikroorganisme yang ada di dalamnya. diperkirakan penurunan kadar BOD-COD sebesar 20% – 45 % (biasanya 45%) dan padatan 50 – 75% serta zat terapungnya mendekati 100% dengan waktu tinggal air limbah 2-5 jam yang berguna untuk memberi kesempatan zat-zat yang mudah mengendap. Pengolahan Tahap Kedua (Biological Treatment) Pengolahan kedua merupakan proses mengalirkan hasil dari pengolahan pertama. Pembuangan air limbah industri (waste water disposal) dialirkan melalui pipa dari pabrik ke saluran pipa bawah tanah yang dipasang sepanjang jalan di depan kavling pabrik yang terletak di Kawasan Industri Rungkut. mikroorganisme berperan aktif dalam dalam proses .

Dengan demikian penurunan kadar BOD-COD 90-95 % kadar mercurinya < 0.biodegradable pollutan menjadi senyawa yang lebih sederhana. Pada proses ini dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain jumlah air limbah. 4 – 6 gr/liter). dipisahkan antara air/effluent dan biological flocsnya sehingga air hasil proses yang telah netral dan memenuhi baku mutu air limbah menurut SK Menteri Lingkungan Hidup No. dan sebagian air hasil olahan masuk ke kolam indicator/control pond (12). bakteri diperlukan untuk mengurangi bahan organik yang ada dalam air limbah. Kemudian ke bak pembagi lumpur dengan waktu tinggal 4-5 jam. Bakteri ini akan berkembang biak apabila jumlah makanan yang terkandung di dalamnya cukup tersedia. 45 Tahun 2002 tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi industri atau kegiatan usaha lainnya di Jawa Timur. yaitu Open Channel Flow Monitor (16) yang berada di bak effluent (11). Pengolahan Tahap Keempat Dalam proses ini. lebar 10 meter dan tinggi 3 meter. cairan. Pengolahan Tahap Ketiga Penambahan oksigen pada proses pengolahan air limbah adalah salah salah satu usaha pengambilan zat pencemar dalam limbah sehingga konsentrasi zat pencemar akan berkurang atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali. 51/Men LH/10/1995. Pada bak oksidasi ini dengan panjang 40 meter. selanjutnya dibuang ke air badan air/ABA/perairan umum (17). Sehingga diperlukan jumlah bakteri yang cukup untuk menguraikan bahan-bahan tersebut. sedangkan biological flocs/sludge dikembalikan (70%–100%) ke oxidation ditch melalui bak penampung lumpur (9) sebagai lumpur aktif/activated sludge. Kemudian ke bak indicator untuk mengetahui mutu dan kualitas hasil pengolahan limbah. Zat yang dapat diambil berupa gas. melalui alat pencatat debit automatis. akan mengalir ke bak pengendap akhir/Clarifier (8) melalui bak pembagi lumpur/distribution box (9) untuk proses pengendapan. Kep. ion. koloid atau bahan tercampur. yang diperlukan untuk proses biologi lebih lanjut agar proses tetap berlangsung dengan baik. sehingga pertumbuhan bakteri dapat dipertahankan secara konstan. Lumpur yang biasanya dipergunakan untuk penambahan makanan ini disebut lumpur aktif dimana pemberiannya dilakukan sebelum memasuki bak aerasi dengan mengambil lumpur dari bak pengendapan kedua atau bak pengendapan lumpur terakhir. 4. pada kondisi tersebut mikroorganisme tumbuh dan berkembang. tingkat kekotoran dan jenis kotoran yang ada. dan Kep. Pada proses ini dilakukan penambahan lumpur yang baru sehingga pengolahan air limbah dapat terus berlangsung. 5. Gubernur Jawa Timur No. Air limbah yang sudah terproses dan terbentuk biological flocs. dengan waktu tinggal 16-24 jam. Dalam keadaan tertentu apabila kadar biological flocs dalam air sudah melebihi kadar optimal (Setting MLSS. membentuk biological flocs dan sering disebut Activated Sludge (lumpur aktif).1 ppm. maka biological flocs .

air tanah 2. 85 Tahun 1999 tentan Pengelolaan LB3). Air hujan. Sier adalah melarang membuang ke dalam sistem saluran air limbah Kawasan Industri PT Sier (Persero) sebagai berikut: 1. Realisasi pengiriman. melalui alat Dewatering Filter Press (14) yang disuplay dari alat Tickner (13). Cairan. 3/1991 dan SK Gubernur Jawa Timur No. Setiap limbah yang dapat menimbulkan pelapisan keras/endapan 9. Bahan radioaktif 8. Bahan pewarna yang tidak dapat diolah secara biologis 10. 18 Tahun 1999 dan PPRI No. Sedangkan air hasil proses yang telah memenuhi standar mutu air limbah. 414/1987 akan dialirkan melalui pipa dengan menggunakan sistem Drainage yang terletak di tiap kavling industri ke kali Tambak Oso. Sier (Surabaya Industrial Estate Rungkut) . Bahan atau hal lain yang karena kondisinya atau reaksi dengan limbah lain dapat menimbulkan gas. minyak mentah. sehingga saat ini (data 2006) PROPER PT. herbisida. Jawa Barat. Sier ini menggunakan parameter kimia dan fisika yang analisis dan ketentuannya dilakukan di laboratorium PT. fungisida. di Cileungsi – Bogor. BOD. Pestisida. rodentisida.harus segera dibuang. polysulfida 7. Limbah padat 3. Anion dan kation inilah yang menjadi parameter kimia dan fisika (Lampiran 1). uap dan atau bahan sejenis yang dapat membahayakan kehidupan manusia 6. fumigants 12. anion-kation dari tiap limbah air. ledakan atau menyebabkan kerusakan pada system saluran air limbah 5. zat padat. Sier (Persero) masuk dalam klasifikasi Biru. Standar dan ketentuan PT. Bahan yang mudah terbakar 4. Bahan yang dapat merusak mesin/peralatan pengolahan limbah 11. Dari hasil laboratorium tersebut akan diketahui pH. Calcium carbide 3. 04 Mei 2005 – sekarang. sebagian lainnya dikeringkan pada bak pengering lumpur (10). ter.2 Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) PT. Ragi. Sier (Laboratorium quality control). hydrosulfida. insectisida. aspal. carbon disulfida. Pengolahan limbah PT. Hasil dari pengolahan air limbah yang berupa lumpur akan dikembalikan ke Oxydation Ditch sebagai lumpur aktif yang diperlukan untuk proses biologis. dan dikeringkan di bawah sinar matahari (15). Laboratorium ini beropaerasi dari pagi hingga sore. Lumpur hasil pengolahan air limbah Sludge yang sudah kering kemudian dikirim ke PPLI (sesuai dengan PPRI No. menurut SK Menteri Negara KLH No. atau gas karena jumlahnya sudah cukup untuk dapat menimbulkan kebakaran.

Air tersebut berwarna hitam. Sier sudah tepat guna (menguntungkan). Adapun kelebihan dan kekurangan tersebut adalah sebagai berikut: 4. Air tersebut diduga luapan limbah PT. Sier yang meluberi perumahan penduduk di daerah Rungkut Lor. Sier. ketersediaan lahan yang sempit. yaitu sosial. Sier juga memiliki kelebihan dan kekurangan. PT. PT. Sier memiliki kelebihan. dan lingkungan. Kendala-kendala tersebut antara lain (persepsi tingginya) biaya yang harus ditanggung. sehingga aktivitas dari setiap media instalasi berlangsung secara kontinyu. Hal tersebut juga sejalan dengan paradigma pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang memiliki tiga pilar sekaligus. system IPAL PT.2 Kekurangan IPAL PT. Kendala tersebut di atas ternyata tidak menjadi kendala berarti bagi PT. Lokasi yang terbagi menjadi tiga kawasan industri tentunya mampu mengimbangi produksi air limbah yang semakin banyak akibat aktivitas manusia. air terbut merupakan luapan dari saluran drainase yang dibangun kurang layak dan dangkalnya saluran tersebut. SIER memiliki kelebihan dari segi pengolahan yang dilakukan dengan proses fisika-biologi. proses fisika yang berlangsung menggunakan prinsip bejana berhubungan.2. Pada tahun 2007 lalu. baik biaya pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) maupun biaya operasional.1 Kelebihan IPAL PT. berbuih dan berbau menyengat.Sebagaimana industri-industri pada umumnya. Menurut pengelola kawasan industry.1 Kesimpulan . Berbagai kendala masih menghadang pihak industri dalam upaya melakukan pengolahan air limbahnya agar sesuai dengan ketentuan baku mutu. terjadi luapan air jorok dari saluran drainase PT. Sier. SIER Persero Ketatnya peraturan dan kesadaran akan lingkungan mengharuskan pihak industri mencari upaya yang selalu lebih efektif dan efisien untuk mengolah air limbah. BAB VI PENUTUP 4. Sier juga memiliki kekurangan. Selain itu. Instalasi Pengelolaan Air Limbah PT. Sier tidak memanagemen pengolahan polusi udara. Hal ini karena belum terjadi pengolahan. Dalam sistem IPAL PT. Kekurangan tersebut adalah pada pengolahan limbah cair masih menimbulkan bau pada bak penampungan awal. Sistem ini tidak membutuhkan biaya operasional yang mahal karena pengolahannya terjadi secara alami dengan menggunakan bakteri dan gerak gravitasi dan hasil pengolahannya pun tidak membahayakan lingkungan karena dalam pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia. faktor sumber daya manusia (SDM) yang tidak mencukupi. Sebagai industry pengolahan air limbah. ekonomi. SIER Persero Meskipun teknologi IPAL yang dimiliki oleh PT. 4.2. dan sebagainya.

Sier tidak memanagemen untuk mengelola polusi udara sehingga masih menimbulkan bau yang berakibat pada pencemaran udara.gov.doe. 2008. Bogor: IPB Press. Polusi Air. 1992.3 Pengolahan limbah secara biologi-fisika merupakan pengolahan yang menguntungkan.1.D. Dampak Pencemaran Lingkungan. Sier hendaknya lebih memanagemen pengelolaan limbah industry khususnya yang terkait dengan bau. 4. 4.3 Pihak PT. Yogyakarta : Kanisius. M. 4. Wisnu Arya.my/wiraalam .2 Masyarakat dan pihak industry hendaknya lebih menjaga dan memelihara lingkungan dengan cara mensterilisasi limbah industry.Ph. Dr.unnes. Laporan Status Lingkungan Hidup Indonesia 2002. Senin. 16 April 2007.5 PT. 4. Subchan.org/wiki/Pencemaran_air http://www. MSP. Srikandi. SIER (Persero) menggunakan sistem pengolahan secara fisika-biologis. DAFTAR PUSTAKA Fardiaz.2 Saran 4. E. http://handerswirharja. 1997.Kementrian Lingkungan Hidup. sehingga aktivitasnya berlangsung kontinyu dengan berbagai tahap pengolahan.2. Soekmana.4 PT. --------. Jember: Universitas Jember.com [1 Mei 2009] Jawa Pos.digilib. http://id.ac.Adapun kesimpulan dari laporan study lapangan ini adalah sebagai berikut: 4. karena tidak membutuhkan biaya operasional yang tinggi dan tidak membahayakan lingkungan karena dalam pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia. Ilmu Lingkungan. Polusi Air dan Udara. Wahidin. 4.Eng. Yogyakarta: Andi.wikipedia.1 Pemerintah setempat atau pemerintah terkait hendaknya lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan yang dalam hal ini adalah pengelolaan limbah industri. sehingga relative mampu mengimbangi produksi limbah cair yang kian bertambah. Sier memiliki tiga kawasan industry. 4. Drs. R.blogspot. Soma.1.wikipedia.Utang Lingkungan.1. Soeriaatmadja.1. Dadan. Bandung: Penerbit ITB. Ilmu Pengetahuan Lingkungan. 2004. Wachju.2. tanpa menggunakan atau menambahkan bahan kimia.org/wiki/Limbah http://id. Sier menggunakan media dengan prinsip bejana berhubungan. 2005.2 Proses pengolahan limbah PT.1 Sistem pengolahan air limbah PT. 2005. Ir.1. 4.id http://www. M.wikipedia.S. Laboratorium Sumber Belajar Biologi. Wardhana.2.org/wiki/Limbah http://id.

legalitas.unud.html http://www.keslingmks.id http://www.wordpress.jatim.deptan.id http://www.com http://www.ac.ejournal.togarsilaban.com/2009/01/silase-dan-limbah-perikanan.com/teknologi-pengolahan-air-limbah http://minabahari.com http://www. http://www.com http://www.com.org/Keppres20-1993.wattpad.majarimagazine.http://www.htm .pikiran _rakyat.litbang.go.blogspot.