MAKALAH

Fungsi Manajemen dalam Perusahaan
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah

Teknik Membaca dan Menulis Kritis

Di susun oleh: KARINA NUR FITRI 110400251

PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA INSTITUT MANAJEMEN TELKOM BANDUNG

Fungsi Manajemen dalam perusahaan yaitu sebagai tahap perencanaan. Market). Karena manajemen yang menjalankan fungsi penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. sebagai tahap pengordinasian. Faktor produksi itu dikenal dengan 6M (Men. Ada banyak fungsi yang harus dijalankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankannya.bahan dan faktor produksi.dan terakhir adalah sebagai pengendali sebuah perusahaan. Setelah semua fungsi manajemen dijalankan dengan baik maka produk yang dihasilakan oleh perusahaan akan mampu memuaskan kebutuhan konsumen. Semua fungsi manajemen diterapkan pada kegiatan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa. sebagai pengarahan agar anggota organisasi melakukan kegiatan yang sudah ditentukan kearah tercapainya tujuan. Hal tersebut merupakan tujuan perusahaan dari proses manajemen. Money. Untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan memerlukan bahan . Materials. Methods. Sebagai pengkoordinasian.ABSTRAK Setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatannya memerlukan manajemen yang baik. 1 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Machines.

karena atas rahmat dan karunia-Nya berupa kesehatan dan daya kreativitas yang dianugerahkan-Nya kepada penulis. penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini antara lain : 1. Pada kesempatan ini. 4. penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan makalah ini. Bandung. September 2010 Penulis 2 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Kritik dan saran selalu penulis harapkan demi kemajuan dalam penulisan yang selanjutnya. Oleh sebab itu. Selaku pembimbing yang turut serta memberikan bantuan kepada penulis. penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Fungsi Manajemen dalam Perusahaan”. Allah SWT.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. karena atas izin dan rahmat-Nya. Kedua orang tua yang sangat mendukung penulis baik moriil maupun materiil dalam pembuatan makalah ini. Sekian kata pengantar dari penulis. Penulis sadar bahwa setiap manusia memiliki kekurangan. dengan harapan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. 3. 2. Teman-teman dan semua pihak yang turut membantu penulis dalam proses penulisan makalah ini.

5 Manfaat Penulisan Makalah............................…………………………………………………..................……………………………………………………...………………………….....……………………………………………………………….... 1.…………………………………………………….....5 Tujuan Perusahaan..........………………………………………….....……………………………………….. KATA PENGANTAR……………………………………………………………….………………………………......4 Faktor Produksi....................3 Batasan Masalah..... 2................……………………....... BAB I PENDAHULUAN 1.......DAFTAR ISI Hal............... 1.....……………. Saran………………………………….......................................................................... 2.....................................…………………………………………………………… 1..........................4 Metode Pengkajian Makalah……………................................... 10 11 11 6 6 7 8 9 4 4 5 5 5 5 1 2 3 3 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan ...... 1.............. ABSTRAK.....………………………………………………… 2........………..........................................4 Tujuan Penulisan Makalah...........................1 Latar Belakang Masalah…....... Daftar pustaka……………………………………………………………............……… DAFTAR ISI………....2 Rumusan Masalah…….......... 2....................... BAGIAN PENUTUPAN Kesimpulan……………………………………......3 Fungsi Manajemen................1 Pengertian Manajemen…………........2 Proses Manajemen dalam Perusahaan….... BAB II ISI DAN PEMBAHASAN 2....... 1........……………………………………….............

Apa pengertian dari manajemen dalam suatu perusahaan? 2. Menajemen yang tidak bisa menjalankan fungsi dan peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan. Apa saja fungsi manajemen dalam perusahaan ? 4. pengarahan. Bagaimana proses manajemen dalam perusahaan ? 3.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi. pengkoordinasian dan pengendalian yang dilakukan oleh manajer untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain. penulis akan mencoba memaparkan beberapa topik yang berhubungan dengan fungsi manajemen dalam perusahaan. Apa saja yang dibutuhkan perusahaan agar tercapainya tujuan perusahaan ? 5. penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu. 1. Dalam makalah ini. Apa saja tujuan perusahaan ? 4 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . 1. Setiap perusahaan memiliki manajemen yang menjalankan fungsi penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama.1 Latar Belakang Masalah Manajemen adalah suatu proses perencanaan. pengorganisasian. Ada banyak fungsi yang harus dijalankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankannya.BAB I Pendahuluan 1.

proses. 2. memerintah. mengordinasi. Adapun teknik yang dipergunakan adalah Studi Pustaka Pada metode ini.1.3 Batasan Masalah 1. 1.5 Manfaat Penulisan Makalah 1. 1. yaitu merancang. mengorganisir. Memaparkan tentang fungsi manajemen. Mendapatkan gambaran tentang keterlibatan manajemen dalam perusahaan menyangkut pengertian. 3.6 Metode Pengkajian Makalah Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan. 2.4 Tujuan Penulisan Makalah 1. Hal tersebut dilakukan sebagai informasi utama. dan fungsi manajemen sehingga tujuan perusahaan tercapai. penulis membaca buku-buku dan literature yang berhubungan dengan penulisan makalah serta yang berkaitan dengan manajemen dalam perusahaan. Mengetahui peranan manajemen yang tepat karena mampu membawa keberhasilan perusahaan. penulis mempergunakan metode kepustakaan. 1. sehingga diharapkan mampu mamahami dan menguasai. 5 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Teknik Membaca dan Menulis Kritis. serta menjadikannya arahan untuk menjalankan suatu perusahaan. ia menyebutkan lima fungsi manajemen. Sebagai informasi yang dapat diterapkan dalam proses manajemen dalam perusahaan. Ketika itu. Tujuan perusahaan dijelaskan secara umum. 2. dan mengendalikan. Fungsi manajemen berdasarkan pendapat seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20.

Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan. misalnya. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. pengorganisasian.1 Pengertian Manajemen Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement. Ricky W. terorganisir.BAB II Isi dan Pembahasan 2. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan. pengkoordinasian. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Mary Parker Follet.2 Proses Manajemen dalam Perusahaan 6 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar. dan sesuai dengan jadwal. mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. 2.

4 Pengkoordinasian Suatu perusahaan disusun untuk mencapai satu tujuan bersama. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan. 7 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan .3 Pengarahan Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.1 Perencanaan Fungsi Perencanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. 2. siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.3 Fungsi Manajemen dalam Perusahaan Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.3. 2. dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil. siapa yang harus mengerjakannya. Fungsi ini merupakan langkah awal daripada fungsi manajemen yang lain. 2.3. Oleh karena itu berbagai macam pendapat itu perlu dipadukan supaya harmonis dalam suatu tindakan koordinasi yang akan menuju ke suatu tujuan organisasi.2 Pengorganisasian Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.3. 2. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugastugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.2. Koordinasi adalah suatu proses pengintegrasian tujuan dan aktivitas unit-unit yang terpisah (departemen atau bidang fungsional) dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan. fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan. Dengan perencanaan ini semua kegiatan akan mempunyai suatu pedoman pelaksanaan kerja.3. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan.

Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. 8 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. (2) Mengukur prestasi kerja. Langkah-langkah dalam proses pengendalian : (1) Menetapkan standar dan metode untuk mengukur prestasi. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan.5 Pengendalian Fungsi terakhir dari manajemen yang harus dilaksanakan oleh manajer adalah fungsi pengendalian.Jadi dalam pengkoordinasian diupayakan adanya keselarasan aktivitas-aktivitas pada satuan perusahaan atau keselarasan diantara pejabatnya. faktor manusia adalah yang paling menentukan. Pengendalian berkaitan erat dengan perencanaan. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik.bahan dan faktor produksi. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.4 Faktor Produksi Semua fungsi manajemen diterapkan pada kegiatan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa. Machine atau mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. (4) Mengambil tindakan korektif. Oleh karena itu. Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. (3) Menentukan apakah prestasi kerja memenuhi standar. Dalam manajemen. Material adalah hal-hal berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam menjalankan perusahaan mereka. sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan atau materi-materi sebagai salah satu sarana. Faktor produksi itu dikenal dengan 6M. 2. manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.3. 2.Material terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi. Untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan memerlukan bahan .

Artinya. Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku. Market atau pasar adalah tempat di mana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya. d) Menampung tenaga kerja 9 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Dengan demikian. peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri. maka proses produksi barang akan berhenti. c) Mengejar pertumbuhan. Hal tersebut merupakan tujuan perusahaan dari proses manajemen. sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Oleh sebab itu. penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. tujuan perusahaan dapat berupa : a) Mencapai keuntungan maksimal. 2. b) Mempertahankan kelangsungan hidup. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. Perlu diingat meskipun metode baik.Metode adalah suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer. proses kerja tidak akan berlangsung. Sebuah metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas. Tetapi secara umum.5 Tujuan Perusahaan Setelah semua fungsi manajemen dijalankan dengan baik maka produk yang dihasilakan oleh perusahaan akan mampu memuaskan kebutuhan konsumen.

E. Untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan memerlukan bahan . Methods. Pengorganisasian Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. C. Pengendalian Fungsi terakhir dari manajemen yang harus dilaksanakan oleh manajer adalah fungsi pengendalian. Pengendalian berkaitan erat dengan perencanaan. Dengan perencanaan ini semua kegiatan akan mempunyai suatu pedoman pelaksanaan kerja. Perencanaan Fungsi Perencanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Materials. Faktor produksi itu dikenal dengan 6M (Men.BAGIAN PENUTUP Kesimpulan Manajemen adalah suatu proses yang menggunakan metode ilmu dan seni.bahan dan faktor produksi. Pengarahan Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha. Machines. Market). B. Fungsi ini merupakan langkah awal daripada fungsi manajemen yang lain. 10 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Adapun fungsi manajemen itu sendiri adalah : A. Money. Semua fungsi manajemen diterapkan pada kegiatan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa. Pengkoordinasian Koordinasi adalah suatu proses pengintegrasian tujuan dan aktivitas unit-unit yang terpisah (departemen atau bidang fungsional) dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. D. Melalui fungsi manajemen sebagai elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Tujuan perusahaan dari proses manajemen ialah untuk memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai tertentu.

R.Tetapi secara umum.html http://id.com/file/190494031/99187b1d/manajemenperusahaan.html 11 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan . Business. 8th Edition.wikipedia. c) Mengejar pertumbuhan.org/wiki/Manajemen http://organisasi.referenceforbusiness. 2006. http://www.com/management/Or-Pr/Pioneers-of-Management.org/macam-jenis-peranan-manajemen-peran-manajer-dalam-organisasiperusahaan-ekonomi-manajemen Griffin.4shared. b) Mempertahankan kelangsungan hidup. tujuan perusahaan dapat berupa : a) Mencapai keuntungan maksimal. Daftar Pustaka http://www. d) Menampung tenaga kerja Saran Salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan adalah seorang manajer yang mampu menjalankan semua fungsi dalam manajemen dengan tepat dan baik. NJ: Prentice Hall.

13 |Fungsi Manajemen dalam Perusahaan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful