1.

Sumber Daya Alam yang tidak dapat di perbaharui (unrenewable resource)
Sumber daya alam ini terdapat dalam jumlah yang relative statis karena tidak ada penambahan / pembentukannya sangat lambat bila dibandingkan dengan umur manusia. Pembentukan memerlukan waktu ratusan bahkan jutaan tahun. Contoh : bahan mineral, batu bara, gas alam, dan sumber daya alam fosil lainnya. Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnya SDA ini dibedakan menjadi 2 yaitu : 1. SDA yang tidak cepat habis. Karena nilai konsumtifnya terhadap barang itu relative kecil. Disamping itu, SDA ini dapat dipakai secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habis. Contoh : intan, batu permata, dan emas. 2. SDA yang cepat habis. Karena nilai konsumtifnya akan barang itu relative tinggi. Manusia menggunakan dalam jumlah yang banyak, sehingga SDA ini akan cepat habis. Daur ulangnya sukar dilakukan. Contoh : bensin, gas alam, dan bahan baker lainnya. SDA yang tidak dapat diperbaharui kebanyakan di dapat dari bahan galian. Menurut cara terbentuknya, bahan galian dibedakan menjadi : 1. Bahan galian Magmatik, yaitu bahan galian yang terjadi dari magma dan bertempat di dalam / berhubungan dan dekat dengan magma. 2. Bahan galian Pematit, yaitu bahan galian yang terbentuk didalam diatrema dan dalam pembentukan instrusi (gang dan apofisa). 3. Bahan galian hasil pengendapan, yaitu bahan galian yang terkonsentrasi karena pengendapan di dasar sungai / genangan air melalui proses pelarutan atau pun tidak. 4. Bahan galian hasil pengayaan sekunder, yaitu bahan galian yang terkonsentrasi karena proses pelarutan pada batuan hasil pelapukan. 5. Bahan galian hasil metamorfosis kontak, yaitu batuan sekitar magma yang karena bersentuhan dengan magma berubah menjadi mineral ekonomik. 6. Bahan galian Hidrotermal, yaitu resapan magma cair yang membeku di celah-celah struktur lapisan bumi atau pada lapisan yang bersuhu relative rendah dibawah 500°C.

2. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui (renewable resorce).
Karena alam mampu menghasilkan pembentukan baru dalam waktu relative cepat. Pembaruan bisa terjadi dengan dua jalan : 1. Pembaruan dengan reproduksi. Pembaruan ini terjadi pada SDA hayati, karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah. 2. Pembaruan dengan adanya siklus. Beberapa SDA, misalnya air dan udara terjadi dalam proses yang melingkar membentuk siklus. Dengan demikian, selalu terjadi pembaruan. Aktifitas manusia dapat menurunkan kualitas dan kuantitas SDA seperti berikut : - Pencemaran udara akan menurunkan kualitas atmosfer bumi, serta - Penebangan hutan dapat menurunkan kualitas air tanah dan menimbulkan banjir.

Contohnya bijih besi. dan sumber tenaga (energi). Contoh logam murni adalah emas. Batu bara (kiri) dan bijih emas (kanan). kita tidak bisa memproduksinya lagi. pasir. timah. intan. 2000 Dua contoh bahan tambang mineral logam. Jika bahan tambang yang tersedia habis.  Bahan tambang mineral bukan logam Contoh bahan tambang bukan logam adalah batu kapur. Bahan campuran ini lebih tahan menghadapi proses perubahan. Sementara kabel listrik terbuat dari tembaga murni. emas. Bahan tambang logam tidak murni atau dipakai dalam keadaan dicampur. belerang. tembaga. asbes. mika. dan bijih bauksit. dan aluminium. timah. Misalnya. Biasanya kaleng minuman menggunakan aluminium murni. dan seng pada pembuatan kapal. mineral bukan logam. campuran tembaga. timah. Mari kita bahas satu per satu. nikel. . tanah liat.  Bahan tambang mineral logam Bahan tambang mineral logam adalah bahan tambang yang berwujud bijih. yaitu logam murni dan logam campuran. kaolin. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah bahan tambang. Mineral logam dibagi menjadi dua. seng. Bahan tambang dibagi dalam tiga kelompok. Logam murni digunakan dalam kondisi murni tanpa campuran. Ketiga kelompok itu adalah bahan tambang mineral logam.Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ialah sumber daya alam yang dapat habis. Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat Sumber: Pertambangan hingga Mineral.

bensin tiruan. ter.bensol. Batu bara dimanfaatkan untuk bahan bakar. karet tiruan. . Gas alam biasanya terdapat bersama minyak bumi. gas alam juga digunakan untuk bahan bakar kompor gas. Masing-masing produk pengolahan ini mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Apa itu Pertamina? Pertamina adalah perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi nasional. bensin. Gas alam digunakan sebagai bahan pembuat pupuk. Ada bermacammacam produk pengolahan minyak bumi. dan batu bara termasuk sumber tenaga yang paling banyak digunakan. Selain itu. Bahan tambang sumber tenaga (energi) Kompor apa yang digunakan ibumu untuk memasak? Kompor minyak tanah atau kompor gas? Minyak tanah dan gas adalah contoh bahan tambang sumber energi. dan pembangkit listrik menggunakan batu bara sebagai bahan bakar. Selain itu. dan ter. Kereta api. Minyak bumi. kapal laut. solar. Misalnya minyak tanah. Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan. gas alam. batu bara digunakan untuk membuat sutera tiruan. sabun.danaspal. pelumas. Pengusahaan minyak bumi di Indonesia dikuasai oleh Pertamina.

opera.com/2011/08/sumber-daya-alam-yang-tidak-dapat.http://my.com/karuniayeni/blog/show.scribd.com/doc/52040088/Sumber-daya-alam-yang-dapat-diperbarui http://www.duniabebaz.html .dml/9639491 http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful