IMPLIKASI FARMAKOLOGI KEPERAWATAN 1

RINA ANGGRAINI INDAH SETYAWATI PSIK FK UNLAM 2010

PERAN
PERAN : tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai dengan kedudukan dalam sistem, dapat dipengaruhi oleh keadaan sosial dari profesi perawat maupun dari luar profesi keperawatan yang bersifat konstan (Hidayat, A.A ,2007)

Penyimpanan Obat Pemberian Obat: Persiapan dan Pelaksanaan (12 Benar) Evaluasi . 2. 2.Peran perawat dalam pemberian obat 1. Independen Interdependen Dependen Peneliti PENATALAKSANAAN OBAT 1. 3. 4. 3.

Benar reaksi dengan obat lain . Hak klien untuk menolak 9. Klien yang benar Obat yang benar Dosis yang benar Waktu yang benar Rute yang benar Benar pendidikan kesehatan perihal medikasi klien Pemberian Obat 12 benar 7.Pemberian Obat 12 benar 1. 3. 2. 5. 4. 6. Benar dokumentasi 8. Benar pengkajian 10. Benar reaksi terhadap makanan 12. Benar evaluasi 11.

2. 2. Periksa apakah perintah pengobatan lengkap dan sah Ketahui alasan mengapa klien menerima obat tersebut Periksa label sebanyak 3 kali sebelum memberikan obat-obatan: nama obat.Klien yang benar 1. tgl kadaluarsa . 3. Memastikan klien dengan memeriksa gelang identifikasi Membedakan klien dengan dua nama yang sama Obat yang benar 1.

Dosis yang benar 1. Hitung dosis obat dengan benar. 2. Obatobatan dapat diberikan setengah jam sebelum atau sesudah waktu yang tertulis dalam resep Berikan obat-obat. seperti Kalium dan aspirin yang dapat mengiritasi mukosa lambung bersama-sama dengan makanan . Berikan obat pada saat yang khusus. Jika ragu-ragu. 2. dosis obat harus dihitung kembali dan diperiksa oleh perawat lain Lihat batas yang direkomendasikan bagi dosis obat tertentu Waktu yang benar 1.

Pergunakan teknik aseptik sewaktu memberikan obat.Tetaplah bersama klien sampai obat-obat oral telah ditelan .Berikan obat-obat pada tempat yang sesuai . seperti tes darah puasa yang merupakan kontraindikasi pemeriksaan obat Rute yang benar Implikasi dalam perawatan: . Teknik steril digunakan dalam rute parenteral .Nilai kemampuan klien untuk menelan sebelum memberikan obat-obat peroral .Adalah tanggung jawab perawat untuk memeriksa apakah klien telah dijadualkan untuk pemeriksaan diagnostik.

tablet atau kapsul Sublingual (di bawah lidah untuk absorbsi vena) Bukal (antara gusi dan pipi) Topikal (pada kulit) Inhalasi (semprot aerosol) Instilasi (pada hidung. telinga. mata. vagina) Parenteral (SC. suspensi. pil. IC. IM. IV) Benar reaksi dengan obat lain Pada penggunaan obat seperti chloramphenicol berikan dengan omeprazol pada penggunaan kronis .Rute yang sering digunakan dalam pemberian obat: - - - Oral (melalui mulut) : cairan. rektum.

Misal: tetrasiklin Sebaliknya ada obat yang harus diminum setelah makan.Benar reaksi terhadap makanan Obat memiliki efektivitas jika diberikan pada waktu yang tepat. Jika obat itu harus diminum sebelum makan (ante cimum atau a.c) untuk memperoleh kadar yang diperlukan harus diberi satu jam sebelum makan. indometasin Hak klien menolak Benar pengkajian (memeriksa ttv sblm obat diberikan) Benar evaluasi (melihat efek kerja dari obat yang diberikan) .

keluarga dan masyarakat luas terutama yang berkaitan dengan obat seperti manfaat obat secara umum .Dokumentasi yang benar 1. Catat informasi yang sesuai mengenai obat yang telah diberikan Respon klien terhadap pengobatan Memberikan Pendidikan Kesehatan Perawat mempunyai tanggung jawab dalam melakukan pendidikan kesehatan pada pasien. 2.

psikomotor pemberian insulin . Peragaan proses belajar.Pendidikan kesehatan dalam terapi obat kepada klien Riwayat obat dan kesehatan yang menyeluruh Alasan terapi obat Hasil yang diharapkan Efek samping dan reaksi yang merugikan Interaksi obat-obat dan obat-makanan Perubahan-perubahan yang diperlukan dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful