You are on page 1of 8

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KEGIATAN I

Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar. Sekolah Kelas / Semester Tahun : SMK GANESA SATRIA 4 KEDU :X :2009-2010 : Cara belajar yang efektif : Bimbingan belajar : Informasi / pembelajaran : Pemahaman : Penyesuaian diri pada siswa terhadap pola kegiatan belajar dan kegiatan lain Hal yang ingin dicapai E. Sasaran layanan 1. 2. efektif G. Metode H. Tempat penyelenggara I. Waktu dan tanggal J. Bisa belajar secara benar dan efektif : Ceramah : Ruang kelas : 1 x 45 menit : Siswa Memahami apa belajar itu Memahami apa saja pendorong untuk bisa belajar dengan Guru pembimbing Menjelaskan tentang pengertian belajar dan faktor-faktor Memberi penjelasan bagaimana cara belajar yang efektif. yang mempengaruhi : Agar siswa bisa memahami bagaimana cara-cara belajar yang benar dan efektif. : Kelas X F. Uraian kegiatan dan materi layanan :

Topik permasalahan / bahasan A. Bidang bimbingan B. Jenis layanan C. Fungsi layanan D. Tujuan layanan

Pihak yang disertakan / peran

K.Laijapen : Memberi konseling individu / kelompok :- Mengetahui. Penyelenggaraan Pelayanan: Rina Khikmawati.Alat-alat tulis : .Laiseg .Psi L. Catatan khusus : .Psi SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KEGIATAN II . S. Rencana penilaian N. Kepala SMK Ganesa Satria 4 Kedu Drs Edi supriyanto Konselor RINA KHIKMAWATI. Rencana tidak lanjut O. Alat dan perlengkapan yang digunakan M. S.Sumber buku yang relevan .

Memiliki pemantapan pemahaman tentang manfaat hubungan teman sebaya dalam mengembangkan perencanaan karir Sekolah Kelas : SMK Ganesa Satria 4 Kedu :XI : Kecenderungan memilih karir : Bimbingan karir : Informasi : Pemahaman dan pengentasan : Membantu siswa untuk memilih karir sesuai dengan bakat yang dimiliki Hal yang ingin dicapai F. Jenis layanan D. kemampuan dan minat : Siswa Kelas X G. Rencana tidak lanjut : Alat-alat tulis Kertas HVS Laiseg Laijapen : Memberi konseling individu . Penyelenggaraan Pelayanan: Rina Khikmawati. Metode I. Rencana penilaian O. Alat dan perlengkapan yang digunakan : : Sumber buku yang relevan N. Tempat penyelenggara J. Memberi tes dalam bentuk membuat gambar (graffish). Topik permasalahan / bahasan B. : Agar siswa bisa memilih karir sesuai dengan bakat. S. Pihak yang disertakan / peran : L. Tujuan layanan K. H. Waktu dan tanggal Siswa Membuat gambar dituangkan dalam kertas Memahami bidang-bidang karir : Pemberian tes graffish : Ruang kelas : 1 x 45 menit / Semester : II Guru pembimbing Menjelaskan pengertian dan contoh bidang karir. Bidang bimbingan C. Uraian kegiatan dan materi layanan : A. Fungsi layanan E. 2.Psi M. Sasaran layanan 1.

Kegiatan pendukung : : Himpunan data Mengetahui.P. Sekolah Kelas / Semester Tahun : SMA Negeri 2 Temanggung : X1 / II : 2008 – 2009 A. Fungsi layanan E. Topik permasalahan / bahasan : Memahami kecakapan diri untuk rencana masa depan B. Jenis layanan D. Tujuan layanan : Bimbingan pribadi : Informasi : Pengentasan : Membantu siswa memahami kecakapan diri . S. Bidang bimbingan C.Psi SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KEGIATAN III Memiliki kemantapan keyakinan bahwa bekerja dan pengembangan karir dapat meningkatkan kehidupan beragama. Catatan khusus Q. Kepala SMK Ganesa Satria 4 Kedu Drs Edi Supriyanto Konselor RINA KHIKMAWATI.

Psi .Hal yang ingin dicapai : Dengan layanan ini diharapkan siswa bisa memahami kecakapan diri sebagai modal awal untuk rencana masa depan. Pihak yang disertakan / peran : M. Metode I. S. Semester Siswa Guru pembimbing : Siswa Kelas X G. Alat dan perlengkapan yang digunakan O. S. F. L. Rencana tidak lanjut Q. SURYANTO RINA KHIKMAWATI.Alat-alat tulis . Kepala SMAN 2 Temanggung Calon Pembimbing Drs. H.Laijapen P. Uraian kegiatan dan materi layanan : Memberikan pengertian kecakapan dan pengelompokan Memberikan angket kecakapan diri untuk diisi oleh siswa. Memahami apa pengertian kecakapan Memahami fungsi kecakapan untuk rencana masa depan : Pengisian angket : Ruang kelas : 1 x 45 menit / 7 Januari 2009 : II kecakapan diri.Mengamati antusias siswa dalam mengikuti layanan ini.Soal angket : . Rencana penilaian : . Catatan khusus R. Tempat penyelenggara J. Mengetahui. 2. Kegiatan pendukung : Memantau siswa layanan konseling perorangan :: Pengisian angket. Waktu dan tanggal K. Penyelenggaraan Pelayanan: Rina Khikmawati.Psi N. Sasaran layanan 1. .

BA NIP. 132 045 819 Guru Pamong PUJI HARTATI. 130 805 087 .NIP.

Fungsi layanan : Cara belajar yang efektif : Bimbingan belajar : Informasi / pembelajaran : Pemahaman . Bidang bimbingan C. Entry behavior 3. Tujuan 2. Materi Pembelajaran 7. Instruksional obyektif (tujuan) 2. Jenis layanan D. Proses Pembelajaran SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KEGIATAN I Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar. Tujuan VAN GELDER 1. Performent Assisment (evaluasi) 5. Umpan balik 2. Topik permasalahan / bahasan B. Istruksional prosedurs (langkah-langkah pembelajaran) 4. Entry behavior 3. Entry behavior 3. Proses belajar 5. A. Pengelompokan Siswa 8. Materi 4. Peralatan yang digunakan 7. Evaluasi 1.Nama No Kelas : RINA KHIKMAWATI : 082 IV 602 :D TUGAS I BELAJAR PEMBELAJARAN II GLESER D CARTE 1. Langkah-langkah/ Metode Pembelajaran 5. Media pembelajaran 9. Prosedur Dedaktik 6. Evaluasi 4. Kegiatan Belajar 6.

Waktu dan tanggal K. Carte bahwa ada tujuan dari satuan layanan bimbingan konseling ini.E. Penyelenggaraan Pelayanan: Rina Khikmawati. . Alat dan perlengkapan yang digunakan O. Pihak yang disertakan / peran : M. H. : Kelas X7 SMA Negeri 2 Temanggung G.Laiseg . Memahami apa belajar itu Memahami apa saja pendorong untuk bisa belajar dengan efektif Bisa belajar secara benar dan efektif : Ceramah : Ruang kelas : 1 x 45 menit / 3 Januari 2009 : II mempengaruhi L. Uraian kegiatan dan materi layanan : Menjelaskan tentang pengertian belajar dan faktor-faktor yang Memberi penjelasan bagaimana cara belajar yang efektif. bagaimana proses belajarnya. Tujuan layanan Hal yang ingin dicapai F. S. 2. Catatan khusus : .Alat-alat tulis : . Rencana tidak lanjut Q.Sumber buku yang relevan . Semester Siswa Guru pembimbing : Penyesuaian diri pada siswa terhadap pola kegiatan belajar dan kegiatan lain : Agar siswa bisa memahami bagaimana cara-cara belajar yang benar dan efektif. sangat sesuai dengan desain instruksional dari D.Laijapen : Memberi konseling individu / kelompok :- Dari satuan layanan tadi. Sasaran layanan 1. Tempat penyelenggara J. Rencana penilaian P. Metode I. Kemudian ada Entry behavior.Psi N. prosedurnya seperti apa dan materi pembelajaran yang disampaikan kesiswa sampai media pembelajaran dan yang terakhir evaluasi seberapa jauh dari prestasi siswa yang bisa dicapai.