You are on page 1of 5

Pengukuran Besaran Panjang Dengan Mikrometer Sekrup

Posted by Endar Suhendar On 18:32 4 comments Mikrometer Skrup merupakan alat ukur panjang yang memiliki ketelitian 0,01 mm. Mikrometer terdiri atas tiga jenis yaitu: 1. Mikrometer luar (Outside micrometer /aka micrometer caliper) digunakan untuk mengukur diameter kawat, tebal plat, dan tebal batang.

2. Mikrometer dalam (Inside micrometer) digunakan untuk mengukur diamter dari suatu lubang.

3. Mikrometer kedalaman (Depth micrometer) digunakan untuk mengukur kedalaman dari suatu lubang.

Thimble Tempat skala nonius berada 7.Pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah mikrometer luar karena memang sering digunakan dan pada prinsipnya cara menggunakan mikrometer dalam dan mikrometer kedalaman pun sama. Cara menggunakan mikrometer skrup: 1. Jangan sampai terlalu kuat. 4. . Spindle (gelendong) Spindle ini merupakan silinder yang dapat digerakan menuju landasan. 3. cukup sampai benda tidak jatuh saja. 3. Pengunci (lock) Pengunci ini berfungsi sebagai penahan spindle agar tidak bergerak ketika mengukur benda.Bingkai (Frame) Bingkai ini berbentuk huruf C terbuat dari bahan logam yang tahan panas serta dibuat agak tebal dan kuat. Sebelum menggunakan. 5. Geserkan spindle ke arah benda dengan cara memutar ratchet knob sampai terdengar bunyi klik. 1. Kunci mikrometer skrup agar spindle tidak bergerak.Membuka pengunci mikrometer skrup kemudian membuka celah antara spindle dan anvil sedikit lebih besar dari benda yang akan diukur dengan cara memutar Ratchet Knob 2. 5. 2. Masukan benda yang akan diukur diantara spindle dan anvil. Landasan (Anvil) Landasan ini berfungsi sebagai penahan ketika benda diletakan dan diantara anvil dan spindle. Keluarkan benda dari mikrometer skrup dan baca skalanya. 6. bingkai dilapisi plastik untuk meminimalkan transfer panas dari tangan ketika pengukuran karena jika Anda memegang bingkai agak lama sehingga bingkai memanas sampai 10 derajat celcius. Sleeve Tempat skala utama. kita harus mengenal terlebih dahulu bagian . maka setiap 10 cm baja akan memanjang sebesar 1/100 mm. 4. Ratchet Knob Untuk memajukan atau memundurkan spindel agar sisi benda yang akan diukur tepat berada diantara spindle dan anvil. Tujuannya adalah untuk meminimalkan peregangan dan pengerutan yang mengganggu pengukuran. Selain itu.bagian dari mikrometer skrup.

46 mm. Pada gambar di atas.22 mm = 0.46 mm sehingga hasil pengukuran yang diperoleh adalah 3 mm + 0. Sedangan garis skala bagian bawah menunjukan bilangan 0.5 mm + 0. skala utama menunjukan angka 3 mm dan skala nonius menunjukan 0. Bacalah skala utama pada mikrometer skrup. Posisikan mikrometer skrup tegak lurus terhadap arah pandangan.5 mm. Jumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius. 3.5. Setiap satu garis pada skala nonius menunjukan 0. Garis bagian atas menunjukan angka bulat dalam mm contohnya 1 mm.01 mm. 3 mm.Cara membaca mikrometer skrup: 1. Sehingga dari gambar diatas diperoleh hasil pengukuran 7. 4.46 mm = 3.22 mm. 2.01 mm sehingga skala noniusnya menunjukan 0. Untuk lebih memahami perhatikan contoh pembacaan skala beriut ini! Dari gambar tersebut.72 mm. Bacalah skala nonius yaitu garis yang tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama.5 mm maka skala utama pada mikrometer skrup tersebut menunjukan angka 7. 2 mm. dst. Perhatikan gambar berikut! Dari gambar tersebut. garis skala atas menunjukan angka 7 mm dan garis skala bagian bawahnya menunjukan 0. skala nonius menunjukan angka 22 dikalikan dengan 0. .

Pada gambar tersebut.wikipedia.com/2011/01/pengukuran-besaran-panjangdengan.5 mm dan skala nonius menunjukan angka 0.5 x 0.01 = 0.06 mm = 3.ehow.06 mm sehingga hasil pengukuran yang diperoleh adalah 3. Ketidakpastian dari pengukuran dengan mikrometer skrup adalah setengahnya dari skala terkecil mikrometer skrup tersebut.html http://www.org/wiki/Micrometer http://www.complore.5 mm + 0. skala utama menunjukan angka 3.blogspot.html#ixzz1akkw6vjh Under Creative Commons License: Attribution ungsi Jangka Sorong . yaitu 0.005 sehingga hasil pengukuran dapat dituliskan sebagai berikut Masih bingung mengenai cara penggunaan mikrometer skrup? Untuk memperjelasnya perhatikan video berikut ini! sumber: http://en.com/how_4870042_measure-using-micrometer-screw-gauge.com/using-vernier-calipers-and-micrometer-screw-gauge-0 Read Full story Read more: http://fisikasma-online.56 mm.

. . . untuk mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa. maupun lainnya) dengan cara diulur. . . . . .01 untuk yang diatas 30cm. Bagian pengukur tidak terlihat pada gambar karena berada di sisi pemegang. . . bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Itulah Kegunaan dari jangka sorong dan fungsinya . . Pada versi analog. .05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0.Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seratus milimeter . untuk mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara "menancapkan/menusukkan" bagian pengukur. . umumnya tingkat ketelitian adalah 0. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. . Terdiri dari dua bagian. Kegunaan jangka sorong adalah:    untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit.