BAB I NAMA, WILAYAH, MAKSUD DAN TUJUAN Pasal 1 NAMA 1.

Berdasarkan rapat Kepala Sekolah SD Negeri 002 Kandiskota dengan Majelis Guru dan Tokoh Masyarakat Kandiskota, pada hari Selasa, tanggal 14 Juni 2011, telah terbentuk Nama Koperasi yaitu Koperasi .................... disingkat .............. berikut dengan Susunan Pengurus Koperasi. 2. Koperasi ini berbentuk Koperasi Simpan-Pinjam.

Pasal 2 WILAYAH 1. Wilayah koperasi adalah lingkungan RT. 14/RW. 17, Perumahan Puri Bojong Lestari II, Desa Pabuaran, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pasal 3 MAKSUD DAN TUJUAN 1. Menciptakan kekeluargaan, kebersamaan dan kegotongroyongan serta

memberikan kesejahteraan bagi para anggotanya terutama diperuntukkan bagi warga yang berdomisli di wilayah RT. 14/RW. 17, Perumahan Puri Bojong Lestari II, Desa Pabuaran, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BAB II KEANGGOTAAN Pasal 4 Yang dapat diterima menjadi anggota koperasi ini ialah setiap Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi beberapa syarat sebagai berikut : 1. Mempunyai kemampuan penuh untuk melakukan tindakan hukum (dewasa dan tidak berada dibawah perwalian dan sebagainya 2. Berdomosili di……… 3. Telah menyetujui isi Anggaran Dasar dan ketentuan-ketentuan Koperasi yang berlaku. Pasal 5 1. Keanggotaan Koperasi mulai berlaku dan hanya dibuktikan dengan catatan dalam buku daftar anggota dan Kartu Anggota 2. Berakhirnya keanggotaan mulai berlaku dan hanya dapat dibuktikan dengan catatan dalam buku daftar anggota. 3. Setiap orang yang masuk menjadi anggota harus mengajukan permohonan secara tertulis kepada Pengurus. 4. Dalam waktu yang telah ditentukan, Pengurus harus memberi jawaban apakah permohonan itu diterima atau ditolak. 5. Permintaan berhenti menjadi anggota harus mengajukan permohonan secara tertulis kepada Pengurus. Pasal 6 Keanggotaan berakhir, bilamana anggota : 1. Meninggal dunia; 2. Minta berhenti atas kehendak sendiri; 3. Diberhentikan oleh Pengurus karena tidak memenuhi lagi syarat keanggotaan; 4. Diberhentikan oleh Pengurus karena tidak memenuhi kewajiban sebagai anggota atau karena berbeuat sesuatu yang merugikan Koperasi. 5.

5. Dalam hal anggota meninggal dunia. Menghadiri. 6. Mematuhi Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta keputusan yang telah disepakati dalam Rapat Anggota. Pasal 9 1. dan memberikan suara dalam Rapat Anggota. keanggotaanya dapat diteruskan oleh ahli waris yang memenuhi syarat keanggotaan sebagaimana diatur dalam pasal 7. Berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh Koperasi. 3. Mengembangkan dan memelihara kebersamaan berdasar atas azas kekeluargaan. Keanggotaan Koperasi tidak dapat dipindahtangankan. Mendapat keterangan dari Pengurus mengenai perkembangan Koperasi menurut ketentuan dalam Anggaran Dasar. Memilih dan/atau dipilih menjadi anggota Pengurus atau Pengawas. Pasal 8 Setiap anggota mempunyai hak : 1. 2. 4. 3.Pasal 7 Setiap anggota mempunyai kewajiban : 1. Meminta diadakan Rapat Anggota menurut ketentuan dalam Anggaran Dasar. Memanfaatkan koperasi dan mendapat pelayanan yang sama antara sesama anggota. 2. 2. menyatakan pendapat. Mengemukakan pendapat atau saran kepada Pengurus diluar Rapat Anggota baik diminta maupun tidak diminta. .

BAB III PENGELOLAAN Bagian Pertama Pengurus Pasal 10 1. famili. Pengurus merupakan pemegang kuasa Rapat Anggota. b. yang dibuktikan dengan Berita Acara dan berakhir pada tanggal penyerahan tugas dan jabatan sebagai Pengurus kepada Pengurus yang terpilih yang dibuktikan dengan Berita Acara. Masa jabatan pengurus 3 (tiga) tahun. c. anggota sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7. 6. f. teliti serta mampu dan cakap mengambil keputusan yang cepat dan tepat. 4. 5. 3. 2. mempunyai sifat kejujuran dan keterampilan kerja. terhitung sejak tanggal menerima tugas dan jabatan sebagai Pengurus. teman dan lain-lain). Pengurus koperasi tidak boleh merangkap sebagai Pengurus Koperasi lain yang sejenis. Setiap anggota Pengurus tidak diperbolehkan merangkap sebagai Pengawas. setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Tabah. Pasal 11 1. mempunyai kemauan dan kemampuan untuk memimpin Koperasi. Persyaratan untuk dapat dipilih dan diangkat menjadi anggota Pengurus adalah sebagai berikut : a. Pengurus Koperasi dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota. Susunan Pengurus sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya 7 (tujuh) orang. 3. . e. sabar. Susunan dan nama anggota Pengurus dicatat dalam buku daftar pengurus. politik. Anggota Pengurus yang telah habis masa jabatannya dapat dipilih kembali maksimal 2 (dua) periode berturut-turut. d. 2. bersifat adil dan objektif (tidak dapat dipengaruhi oleh karena perbedaan agama.

j. Pengurus yang berhenti dari jabatannya wajib menyiapkan berita acara serah terima jabatan. mewakili Koperasi didalam dan diluar pengadilan. Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara tertib. sehat jasmani dan rohani. Pengurus bertugas untuk : a. f.g. Pengurus wajib untuk : a. b. k. 2. Bilamana seseorang Anggota Pengurus berhenti sebelum masa jabatannya habis. 3. d. l. dan dapat menjadi suri tauladan dalam masyarakat. Mengajukan rancangan rencana kerja dan rancangan anggaran pendapatan dan belanja Koperasi. Memelihara buku daftar anggota. Pengurus sebelum memangku jabatannya lebih dahulu mengucapkan sumpah/janji dihadapan Rapat Anggota. Belum pernah melakukan perbuatan tercela. buku daftar pengawas dan buku daftar karyawan. h. 2. i. Tata cara serah terima jabatan Pengurus diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. Telah menjadi anggota sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun. c. Bukan Pengawas atau Karyawan Koperasi. Menyelenggarakan Rapat Anggota. Berwibawa. Diutamakan bagi mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan atau pengalaman mengenai organisasi. buku daftar pengurus. Menyusun laporan tahunan yang memuat sekurang-kurangnya laporan keuangan beserta penjelasannya dan keadaan Koperasi e. 4. maka Pengurus lainnya dapat mengangkat gantinya akan tetapi pengangkatan itu harus disahkan oleh Rapat Anggota berikutnya. . disegani. Mengelola Koperasi dan usaha. Telah mendapat pendidikan Perkoperasian. serta hasil usaha yang dicapai yang merupakan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas. Pasal 13 1. Pasal 12 1.

4. Pengurus berwenang untuk memutuskan penerimaan dan atau penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota. Pengelola dapat sebagai manajer atau direksi. Apabila rencana pengangkatan Pengelola mendapat persetujuan Rapat Anggota. 6. Laporan tahunan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf d pasal ini ditanda tangani oleh semua anggota Pengurus. anggota yang bersangkutan menjelaskan alasannya secara tertulis. Rencana pengangkatan Pengelola harus mendapat persetujuan Rapat Anggota. 5. 4. 7. 3. 8. . 2. Pengelolaan usaha oleh Pengelola tidak mengurangi tanggungjawab Pengurus sebagaimana ditentukan dalam pasal 29. melakukan tindakan dan upaya bagi kepentingan dan kemanfaatan Koperasi sesuai dengan tanggungjawabnya. 6. Pasal 15 1. Sesuai dengan kepentingan Koperasi. dan Pengurus telah melimpahkan wewenang dan kuasa yang dimilikinya.b. Pengurus dapat mengangkat Pengelola yang diberi wewenang dan kuasa untuk mengelola usaha. sebelum melaksanakan tugas Pengelola harus menandatangani kontrak kerja yang telah disiapkan oleh Pengurus. Besarnya wewenang dan kuasa yang dilimpahkan ditentukan sesuai dengan kepentingan Koperasi yang diatur dalam Peraturan Khusus. Pasal 14 Pengurus bertanggung jawab mengenai segala kegiatan pengelolaan Koperasi dan usahanya kepada Rapat Anggota atau Rapat Anggota Luar Biasa. Pengelola bertanggung jawab kepada Pengurus. maka tugas Pengurus beralih menjadi mengawasi pelaksanaan wewenang dan kuasa yang dilakukan pengelola. 9. 3. Isi perjanjian kerja/kontrak kerja diatur dalam Peraturan Khusus. Apabila salah seorang Anggota Pengurus tidak menandatangani laporan tahunan tersebut. 5. Dalam hal Koperasi mengangkat Pengelola.

8.Pasal 16 1. 2. pengelola wajib mengadakan kontrak kerja dengan Pengurus. Memiliki akhlak dan moral yang baik. 4. Dalam hal Pengelola dilakukan oleh lebih dari 1 (satu) orang. Pengelolaan Unit Simpan Pinjam dilakukan oleh Pengelola yang diangkat oleh Pengurus. 3. Dalam melaksanakan pengelolaan Unit Simpan Pinjam. wajib memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut : a. Memiliki kemampuan keuangan yang memadai. c. Pengelolaa Unit Simpan Pinjam dapat berupa perorangan atau badan usaha. b. wajib memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut : a. Memiliki tenaga managerial yang berkualitas baik. Dalam hal Pengelola adalah perseorangan. Pengelola Unit Simpan Pinjam dilakukan secara terpisah dari unit usaha lainnya. 6. Tidak pernah melakukan tindakan tercela dibidang keuangan dan atau di hukum terbukti melakukan tindak pidana dibidang keuangan. Dalam hal Pengelola adalah badan usaha. termasuk yang berbentuk badan hokum. a. Diantara Pengelola tidak boleh mempunyai hubungan keluarga sampai derajat kesatu menurut garis lurus kebawah maupun kesamping. Mempunyai keahlian dibidang keuangan atau pernah mengikuti pelatihan Simpan Pinjam atau magang dala usaha Simpan Pinjam. Pengelola Unit Simpan Pinjam bertanggung jawab kepada Pengurus. b. maka : . Pasal 17 Tugas tiap Anggota Pengurus ditetapkan dalam AnggaranRUmah Tangga dan Peraturan Khusus 7. 5. b. Sekurang-kurangnya 50% (lima puluh perseratus) dari jumlah Pengelola wajib mempunyai keahlian di bidang keuangan atau pernah mengikuti pelatihan di bidang simpan pinjam atau magang dalam usaha simpan pinjam.

3. Pengurus harus segera mengadakan catatan pada waktunya dalam Buku Daftar Anggota tentang masuk dan berhentinya anggota. Pengurus diwajibkan agar tiap kejadian dicatat sebagaimana mestinya didalam buku yang telah ditentukan. Pasal 20 1. Peraturan Khusus. 2. 4. 2. Setiap Anggota Pengurus harus memberi bantuan kepada Pengawas untuk melakukan tugasnya dan ia diwajibkan untuk memberi keterangan yang diperlukan dan diperlihatkan segala buku. Anggaran Rumah Tangga. Pengurus harus segera mengadakan catatan pada waktunya dalam Buku Daftar Pengurus tentang dimulai dan berhentinya jabatan Pengurus. Pengurus wajib berusaha agar segala laporan pemeriksaan Koperasi dapat diketahui oleh setiap anggota. . Pengurus harus berusaha agar anggota mengetahui akibat pencatatan dalam Buku Daftar Angota. persediaan barang. 3. Pengurus wajib supaya ketentuan dalam Anggaran Dasar. Tiap Anggota Pengurus harus berusaha agar pemeriksaan sebagai tersebut dalam ayat (4) tidak diperhambat baik sengaja atau tidak oleh anggota Pengurus atau Pengelola. 5. Pengurus wajib untuk memelihara kerukunan diantara anggota dan mencegah segala hal yang menyebabkan timbulnya perselisihan paham. dan keputusan Rapat Anggota diketahui dan dimengerti oleh segenap anggota. 2. 4. Pengurus wajib memberi laporan kepada anggota tentang keadaan serta perkembangan organisasi dan usaha-usahanya sekurang-kurangnya 1 (satu) kali setahun.Pasal 18 1. Pasal 19 1. alat-alat perlengkapan dan uang Koperasi yang ada padanya. warkat. Pengurus wajib memberitahukan kepada anggota tiap kejadian yang mempengaruhi jalannya Koperasi.

Peraturan Khusus dan keputusan-keputusan Rapat Anggota terutama pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan. Pengurus harus melaksanakan segala ketentuan dalam Anggaran Dasar. 2. menanggung kerugian yang diderita Koperasi. Pengurus baik bersama-sama. Perselisihan yang timbul karena hanya kepentingan khusus Koperasi atau dalam hubungan sebagai anggota harus diselesaikan oleh Pengurus dengan jalan damai tanpa memihak salah satu pihak. setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. c. apabila tindakan itu dilakukan dengan kesengajaan. Peraturan . 3. Pengawas bertanggung jawab kepada Rapat Anggota. Yang dapat dipilih menjadi Pengawas ialah mereka yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : a. Pasal 21 1. b. maupun sendiri-sendiri. tidak menutup kemungkinan bagi penuntut umum untuk melakukan penuntutan. termasuk Koperasi Sekundernya. anggota sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7.5. mempunyai kemauan dan kemampuan untuk pengewasan/pemeriksaan. Bagian Kedua P e n g a w a s Pasal 23 1. 2. karena tindakan yang dilakukan dengan kesengajaan atau kelalaiannya. Anggota Pengurus Koperasi ini boleh menjadi Anggota Pengurus Koperasi lain atas kesepakatan Rapat Anggota. . Anggaran Rumah Tangga. Disamping penggantian kerugian tersebut. Pengawas dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam Rapat Anggota. 6. Anggota Pengurus Harian dari Koperasi ini tidak boleh merangkap sebagai Anggota Pengurus Koperasi lain. Pasal 22 1. 2.

bersifat adil dan objektif (tidak dapat dipengaruhi oleh karena perbedaan agama. Pengawas bertugas untuk : a. Masa jabatan Pengawas 3 (tiga) tahun. teman dan lain-lain). sehat jasmani dan rohani. a. dan dapat menjadi suri tauladan dalam masyarakat. politik. berwibawa. j. Pengawas sumpah/janji dihadapan Rapat Anggota. sebelum memangku jabatannya lebih dahulu mengucapkan 2. diutamakan bagi mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan atau pengalaman mengenai pembukuan. f. Bilamana seseorang Anggota Pengawas berhenti sebelum masa jabatannya habis. i. b. Pengawas sekurang-kurangnya 2 (dua) orang dan sebanyak-banyaknya 5 (lima) orang. 6. mendapatkan segala keterangan yang diperlukan. disegani. h. k. Anggota Pengawas tidak diperbolehkan merangkap sebagai Pengurus atau Pengelola Koperasi ini. 4. akan tetapi pengangkatan itu harus disahkan oleh Rapat Anggota berikutnya. b. . telah mendapat pendidikan Perkoperasian.d. sabar. telah menjadi anggota sekurang-kurangnya 1(satu) tahun. e. Pasal 24 1. membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya. maka Pengawas lainnya dapat mengangkat gantinya. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan Koperasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) bulan sekali. Pasal 25 1. meneliti catatan yang ada pada Koperasi. tabah. diutamakan yang memiliki kita kewira Koperasian. Pengawas harus merahasiakan hasil pengawasannya terhadap pihak ketiga. teliti serta mampu dan cakap mengambil keputusan. famili. g. Pengawas berwenang untuk : 3. 5. bukan Pengurus atau Karyawan Koperasi. 4.

Yang dimaksud dengan jasa audit adalah audit terhadap laporan keuangan dan audit lainnya sesuai keperluan Koperasi. Koperasi wajib membentuk penyisihan dana audit setiap tahun yang besarnya ditetapkan Rapat Anggota. 3. 2. Untuk a. Dalam rangka meningkatkan efisiensi pengelolaan yang bersifat terbuka. Pengawas yang berhenti dari jabatannya wajib menyiapkan berita acara serah terima jabatan. Pengawas yang diadakan pada waktu diperlukan melakukan pengawasan sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Rapat Anggota. 3. Apabila audit dalam 1 (satu) tahun buku tidak dapat dilaksanakan karena belum mampu membayar biaya audit. Selain jasa audit Koperasi dapat meminta jasa lainnya dari Akuntan Publik antara lain konsultasi dan pelatihan. dan melindungi pihak yang berkepentingan Koperasi dapat meminta jasa audit kepada Akuntan Publik. Permintaan audit oleh Akuntan Public dilakukan oleh Pengurus atau Pengawas. . rencana anggaran biaya audit dalam 1 (satu) tahun buku. terlaksananya audit sebagaimana mestinya.2. Rapat Anggota dapat menetapkan : frekuensi audit oleh Akuntan Publik dalam 1 (satu) tahun buku yang harus dilaksanakan. Pengawas dapat diadakan secara tetap atau diadakan pada waktu diperlukan sesuai dengan keputusan Rapat Anggota. 7. 4. 6. Tata cara serah terima jabatan Pengawas diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. Pasal 26 1. Penyisihan dana audit harus disimpan di bank atas nama Koperasi. 2. Pasal 27 1. Dalam hal Koperasi megnangkat Pengelola. 5. b.

Hibah. Simpanan pokok. Dana cadangan. BAB V MODAL KOPERASI Pasal 29 1. Rapat konsolidasi Anggota Koperasi diadakan 3 bulan sekali. Rapat Khusus diadakan sesuai dengan kebutuhan yang dianggap penting. Koperasi lainnya dan atau anggotanya. . Modal sendiri dapat berasal dari : a. Koperasi mempunyai modal sendiri dan modal pinjaman. b. e. Rapat Anggota Tahunan (RAT) diadakan sekali setahun. Simpanan wajib. d. a. sumber lain yang sah. 2. Bank dan lembaga keuangan lainnya. 3. Anggota. Selain modal sebagai dimaksud dalam ayat (2) pasal ini. d. Koperasi dapat pula melakukan pemupukan modal yang berasal dari modal penyertaan. Modal pinjaman dapat berasal dari : 4. 2. 3.BAB IV RAPAT-RAPAT Pasal 28 1. b. Penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya. c. c.

2. Uang simpanan lainnya dapat diminta kembali dan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga / Peraturan Khusus. Pasal 31 1. 3. Setiap anggota digiatkan untuk mengadakan simpanan lainnya atas namanya pada Koperasi sebagaimana ditetapkan dalam Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Khusus. Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib tidak diberi bunga tetapi diberi bagian Sisa Hasil Usaha yang besarnya ditetapkan dalam Rapat Anggota.Pasal 30 1. 2. Uang simpanan wajib tidak dapat diminta kembali selama anggota belum berhenti sebagai anggota. 3. 3. Pasal 32 1. Ketentuan mengenai pemupukan modal yang berasal dari modal penyertaan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga. Uang simpanan pokok tidak dapat diminta kembali selama anggota belum berhenti sebagai anggota. 2. Pemilik modal penyertaan dapat diikutsertakan dalam pengelolaan dan pengawasaan usaha investasi yang didukung oleh modal penyertaan sesuai dengan perjanjian. Modal penyertaan dapat berasal dari pemerintah. 4. Setiap anggota diwajibkan untuk membayar simpanan wajib atas namanya pada Koperasi sebagaimana ditetapkan dalam Anggaran Rumah Tangga. Simpanan lainnya diberi bunga yang besarnya ditetapkan dalam Peraturan Khusus. 4. 5. . Pemilik modal penyertaan tidak mempunyai hak suara dalam Rapat Anggota dan dalam menentukan kebikjasanaan Koperasi secara keseluruhan. maupun masyarakat dalam rangka memperkuat kegiatan usaha Koperasi terutama yang berbentuk investasi. Modal penyertaan ikut menanggung resiko.

20 % untuk dana sosial. penyusutan. 4. Pasal 34 1. c. 20 % untuk dana Pembangunan Daerah Kerja. b. 25 % untuk keperluan lain. 3. 5. Yang dimaksud dengan jasa usaha sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf b pasal ini ialah transaksi usaha dan partisipasi modal. d. Uang cadangan adalah kekayaan Koperasi yang disediakan untuk menutup kerugian Koperasi. diatur lebih lanjut dalam anggaran Rumah Tangga. yaitu pendapatan Koperasi yang diperoleh dari satu tahun buku dikurangi dengan biaya. jenis dan besarnya ditetapkan sebagai berikut : a. 40 % untuk anggota sebanding dengan jasa usaha yang dilakukan masingmasing anggota dengan Koperasi. Sisa Hasil Usaha Koperasi dibagi sebagai berikut : a.BAB VI SISA HASIL USAHA Pasal 33 1. . c. Bagian Sisa Hasil Usaha untuk keperluan lain sebesar 25% dari bagian Sisa Hasil Usaha. Rapat Anggota dapat memutuskan untuk mempergunakan paling tinggi 75 % dari jumlah seluruh cadangan untuk perluasan perusahaan Koperasi. 2. Sisa Hasil Usaha Koperasi. 60 % untuk dana Pengurus dan Pengawas. 30 % untuk dana cadangan. Sekurang-kurangnya 25 % dari uang cadangan disimpan di bank dalam bentuk deposito. Kerugian Koperasi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) pasal ini. Bagian Sisa Hasil Usaha untuk anggota dapat diberikan secara langsung atau dimasukkan dalam simpanan anggota yang bersangkutan sesuai dengan Keputusan Rapat Anggota. 2. 3. dan biaya lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. 4. b. 5 % untuk dana pendidikan perkoperasian.

6. yang ketentuannya diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga. apabila jumlah cadangan telah mencapai lebih dari ½ (satu per dua) bagian atau 50 % bagian dari jumlah seleuruh simpanan pokok.5. . Bagian dari cadangan Koperasi dapat dibagikan kepada anggota dalam bentuk simpanan khusus. Anggota Koperasi yang berhenti dari kenggotaan Koperasi secara sah dapat memperoleh bagian atas cadangan koperasi berdasarkan prosentase jumlah simpanan pokok dan simpanan wajib yang dimilikinya pada Koperasi. BAB VII LAIN-LAIN Pasal 19 Hal-hal lain yang belum di atur dalam Anggaran Dasar ini akan di atur dalam Anggaran Rumah Tangga. simpanan wajib dan simpaanan khusus anggota.

. Ketiga Simpanan tersebut di atas hanya Simpanan Sukarela yang bisa diambil setiap tahun. Minimal 3 (tiga) bulan setelah masuk Anggota 3.. 6.. 5. Jumlah Simpanan Pokok dan/atau Jumlah Simpanan Wajib dapat ditingkatkan nilainya sesuai dengan tingkat kebutuhan dan diperuntukkan untuk pengembangan koperasi persetujuannya dilakukan melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT).. Simpanan Sukarela jumlah yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan Anggota. 200.. Simpanan Pokok sebesar Rp.( Dua Ratus Ribu Rupiah ) 2. Mengisi permohonan pendaftar sebagai Anggota. Sudah melunasi peminjaman sebelumnya. Pasal 3 SYARAT-SYARAT PENGAJUAN PINJAMAN 1. Mengisi formulir permohonan peminjaman 2. . Sudah melunasi Simpanan Pokok 4.(sepuluh ribu rupiah) setiap bulan.000.(satu juta rupiah) seiring dengan meningkatnya jumlah dana simpanan koperasi.000.. 10. 5. Simpanan Wajib Rp.000.. Uang Simpanan Pokok dibayar sekaligus atau Dicicil selama.ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 1 SYARAT-SYARAT KEANGGOTAAN 1. Domisili sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar Pasal 4 ayat (1) dan (2)(3) Memiliki penghasilan/pekerjaan.... 4. Mengisi formulir perjanjian tertulis kepada anggota yang mengajukan permohonan pinjaman di atas Rp.000. 2. 3. Pasal 2 JUMLAH SIMPANAN 1.... 1.

....(sepuluh ribu rupiah)........ 10...(... .000..... ......... Apabila Anggota yang menunggak dan atau/tidak dapat membayar uang pinjaman dalam tempo paling lambat 2 (dua) bulan akan diberikan teguran secara tertulis dan apabila dalam 3 (tiga) bulan tidak ada tanggapan maka pengurus akan mengambil tindakan sesuai dengan perjanjian tertulis yang telah disepakati sebagaimana tercantum dalam Pasal 3 Ayat (4) peraturan ini..) dan apabila dari anggota yang meminjam lebih dari ketentuan di atas maka akan dipertimbangkan lebih lanjut oleh para Pengurus.. Pasal 7 SANGSI-SANGSI 1.. 2.....Pasal 4 BUNGA PINJAMAN Bunga pinjaman adalah sebesar ... % perbulan dikalikan pinjaman pokok.... Pasal 6 SALDO KAS Saldo minimal kas sebesar 15% dari total simpanan akhir tahun.... Bagi Anggota yang tidak menyetorkan Simpanan Wajib selama 6 (enam) bulan berturut-turut akan diberhentikan dari kenggotaan Koperasi dan Simpanannya akan dikembalikan setelah dipotong biaya administrasi sebesar Rp........ Pasal 5 JANGKA WAKTU PINJAMAN Jangka waktu pinjaman adalah maksimal 10 (sepuluh) bulan untuk pinjaman Rp.....

Tanggal. Jumlah suara yang setuju dan tidak setuju terhadap pembubaran itu. Pembubaran koperasi dapat dilakukan berdasarkan : a. atau Keputusan pemerintah. Keputusan Rapat Anggota. . 3. Yang dimaksud dengan kuasa Rapat Anggota dalam ayat (1) pasal ini adalah mereka yang ditunjuk dan diberi kuasa serta tanggungjawab oleh Rapat Anggota untuk melaksanakan tugas yang diberkaitan dengan pembubaran Koperasi. Keputusan Rapat Anggota tidak dapat diberlakukan apabila ada sebagaian anggota sekurang-kurangnya 20 orang yang masih menghendaki Koperasi tetap berdiri. 2. dan masih ada sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang yang masih sanggup/bersedia menjadi Pengurus dan sekurang-kurangnya 1 (satu) orang yang masih sanggup/bersedia menjadi Pengawas Koperasi.Pasal 9 PEMBUBARAN DAN PENYELESAIAN 1. c. Keputusan pembubaran koperasi oleh Rapat Anggota diberitahukan secara tertulis oleh Kuasa Rapat Anggota kepada : a. e. tempat diadakan Rapat Anggota untuk pembubaran Koperasi tersebut. Acara rapat. b. Pasal 11 1. Pemberitahuan tersebut dalam ayat (1) pasal ini harus disertai dengan berita acara yang antara lain memuat : a. b. Jumlah angggota dan jumlah anggota yang hadir. d. Pemerintah. Alasan pembubaran Koperasi. b. 2. Semua kreditor.

3. Pasal 15 1. b. Untuk penyelesaian berdasarkan keputusan Pemerintah. Pasal 13 Untuk kepentingan kreditor oleh dan para anggota Koperasi. Pasal 14 1. baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama. 2. melakukan segala perbuatan hukum untuk dan atas nama Koperasi serta mewakilinya didepan dan diluar pengadilan. Kegiatan kesusilaan. Penyelesaian dilakukan oleh penyelesai pembubaran yang selanjutnya disebut penyelesai. terdapat bukti bahwa Koperasi yang bersangkutan tidak memenuhi ketentuan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Koperasi bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau . Penyelesai ditunjuk oleh Pemerintah. memanggil Pengurus. mengumpulkan segala keterangan-keterangan yang diperlukan. anggota dan bekas anggota tertentu yang diperlukan. 4. Penyelesai mempunyai hak. wewenang dan kewajiban sebagai berikut : a.Pasal 12 Keputusan pembubaran oleh Pemerintah dilakukan apabila : a. c. terhadap pembubaran Koperasi dilakukan penyelesaian pembubaran yang selanjutnya disebut penyelesaian. Penyelesai bertanggung jawab kepada Kuasa Rapat Anggota dalam hal Penyelesai ditunjuk oleh Rapat Anggota dan kepada Pemerintah dalam hal Penyelesai ditunjuk oleh Pemerintah. Penyelesai ditunjuk oleh Rapat Anggota. c. Untuk menyelesaikan berdasarkan keputusan Rapat Anggota. Kelangsungan hidupnya tidak dapat lagi diharapkan. b.

Sekretaris : Monu Pradhi Anto . anggota hanya menanggung kerugian sebatas simpanan pokok. memeriksa dan menggunakan segala catatan dan arsip Koperasi. h. Pasal 16 1. 3. membuat berita acara penyelesaian. simpanan wajib dan modal penyertaan yang dimilikinya. g. 2. Modal pinjaman Koperasi dari anggota tidak termasuk dalam ketentuan ayat 1 Pasal ini. Tanggal : 2 Januari 2009 Ketua : Asep Sutisna. Besarnya tanggungan anggota diperhitungkan dari besarnya kerugian yang diderita Koperasi pada saat pembubaran. Yang dimaksud dengan bekas anggota tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 huruf c Pasal ini ialah mereka yang keluar dari keanggotaan selama tahun buku yang belum dipertanggungjawabkan sampai dengan adanya pembubaran. e. memperolah. membagi sisa penyelesaian kepada anggota. Ditetapkan : di Pabuaran. Dalam hal ini terjadi pembubaran Koperasi. f. menetapkan dan melaksanakan segala kewajiban pembayaran yang didahulukan dari pembayaran hutang lainnya. mempergunakan sisa kekayaan Koperasi untuk menyelesaikan sisa kewajiban Koperasi.d. 2. Pasal 17 LAIN-LAIN Apabila dikemudian hari sesuai kebutuhan diperlukan perubahan-perubahan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dilakukan melalui persetujuan Rapat Anggota Tahunan.

9 -07...3.8.7..7..8.3. 503079.7./.5.3    !02 24/..2203039:.9.089.324/.3:8.3 /.080:7:. 503079.8.    4/.2 50304.503079.!07.3:8.3 /. /.089.5.9:7.502:5:.8. 8:.23.2 7..  2.2.3 /. /.    09039:...503079.3808:.2 #.3../03. 503079..8    4/.:5:3 2.34507..3-07-039:3.9 349.%.90.7.3#:2.3:37084    !02 24/.8.3:9203.8907:9.3 503.9:7 0-.7 5020739. /.3 /.3 9/.880..3:8:8   !.3.3-07.3 /. 2025:3.3//::34024/.320303.9 /..30-.9 /:98079.503079....3      .3 507.3.... .5.4507.724/.3/.8.8..202507:..3:9/..

038/.3.9 202:9:8..3..3.3 .503//.8:/ /.7 :..8  :39:/..349.3.3.3 4507.3.!03:7:8/..   /.9 /-07.3 /.3 .2. :8.3 $8./.349.9349. 0.34507.5.8.83.2 .8  ./. .8:/ /..3 .2825.  /  :39:/.3 /50740 /.9: 9.2 -039: /054894  .3:9.5.8./03.5...  -  .8 80-.. 80-.3 93   /.7. .8.3 4507.3 /80/.29.3-08.!02-..9 349.8..9.3 -.3 2.3:9. 9072.8.9.3 .    &..8:. /.' $$$&$  !.3.3. /...3    $8...9:7 0- .305:9:8../..3    .7 :2./.33.80-.8:8..8.3/2.    $8.3.3808:..7.4507./909.33.2.3:9/. :39: .80:7:..3:39:507:..07.3. .3!03.3 .3...7  /.848....  503:8:9.9   :7:1- 5..38:3 .07.8 &8.3 80-08.3 $8..8&8. /2. 80-. . ..3.3-078.3  /.9: 503/.2 . .3 :39: 203:9:5 07:.  -   :39:/.7985..824/.3.. 3  /.3 80.8 .8 .3 :39: 202507:3.5.-07:9 .3/3 /03./.    .5.349.%.8/-.3 #.3 5.3 -.83 2../.:3 -:: /:7. .5.3 /.35074507.8.2.    .8.8: 5.7 8..8:/ /03.3507:8.  :39:/.349.: /2.3 $8.8    07:..3:3../03.3 :7.8 &8..73.8    $0:7.3 / -.7 -.9   5.3.:.34507.3.-07:9 .38.3 /03.8 &8.    #.8 .. /2.3..3/.3 /825.8 &8.35.3.3 ..380-.:3-::..3 :39:0507:.3-078..3./.   !.3#:2. 4507. :39: 0507:..3 4507.97. :8.34507.3    :39: .   :39:/.

3. 825.3 ...9:7 /.390./.3 4507. .73 .8. 4507.2 3.9:507 /:.-.8..3.3.3:8:8 .%./.3 -07039 /.3 5748039.    349. 800:7: 825. /..9.8.3.8 /.3 /. .3 /23.7  8.-/.7..3.3:9/.9 20250740 -.5..349.3/ .3.3.3 4507.80 :2.9:70-. 8.5./.3 4507..:     -..23.5.  -.3 825.7 .7 0349.9:7 /. .3 ..3.7.3 #:2.8 .203.7.3./.3 544 /.9 /-.33.8 -07/. 4507. 5.9. /.8 .3 -0:2 / ..2 -039: 825.3 ..8 80./.%.- .   '   !.8  .5..349.3 09039:.3#:2..7 :2.7..3:8:8.                        .7.  ..3.2 3.3 .3825.3 ../.0-/..3 544  825.3 /.:2.3. ..3 .3 05.

.39:2/..7.8.8...##&%  !.9  /.8.2.780-.8.23.7!.3.349.19.3503/.3..3.. $#% $#% %    0385072443.    42880-.907.3    02503.

25:..#.3.3.9:8#-:#:5.3.3!4480-08. $25. .3   !.3.3!44/-.302.:..3.:3    :2.3.2- 809..3 90780-:9 / .59..5-:.3808:. &$!    $25. /.3    $25.-#5   805::7-:7:5.. $25.7#5   :.8 .70./03.7.    09.3 $:. 809.5007.9.    &.3.:2.3349.3 -8.70.3$25.3 !44 /.780.3.3$:.3/-.2.8. $25.:8.9.80.    $25.3.3.

8      .3:39:50302-.93.3   32.3. $#% $#%!&!    0381472:75072443. $25./.: :2.3/507:39:.3 2033.3!44   $:/.808:.3.2.2.34507. 9.. :2.38090.825./.9. -:.8$25.- /.3.3/ .3.90-:9:.3 #%   !.8:349.20:3.5.35023.:. 7:5.380-0:23.3/.:.9.3 3.3..35072443.%.39079:805..3 4507.9: :9.349.8./03.    0381472:7507.9 /93.2.20:3.320.8 #5    8.  8073 /03.85023.3.:3.2.393.3203.5.3.:#.9349.33.3 53.   $:/.8507809::./.9.3 .

9. . 2.3:9405..5./.3....8./.349./.353.3 4507. ..9. %&!   .8.2 0-/.709039:..3 $25.2..3.82...3203:3.- 80.   805::  -:.3.-.3 .32023.3 .:.53./. $$ $$    .-.8 /.3 8090.2./23897..!03:7:8   !.8 80-08.3.3544  #5   /.3 9/.3 $25.3 :39: 53. ...    5.3/.3 :3.3 /.9: 53.3.2.7.3/.7. .3.!.30-.3.7 507-:. &!    !.. $ $     !.  03.82.8.2.2  -:. 349.3 /02-.7 0349. 2030947.2.3 -079:7:9 9:7:9 .33.349. /54943 -.8.7 #5    805::7-:7:5.80-08.3/50792-.3 /-07039.

 -:.3 9079:8 .9  /:.3 9/.2-.9:7.39:2/. 503:7:8 ...-...7:.../.79.3.. .880-08.9079:8 /.3.353.7/.825.9/.7949.3 90.8.907.9 80-.2- 93/.3 808:.3.9  507.2.5. /..3 .3 .2 90254 5.3.3 2./4232.3 507.2  9. /03.3 /.5..  -:.2!.9202-...3 90:7. 9.5.7.3.3 /-07..3 80.:3  .2./..33        $.. /805.3 203.3.

9.  -  05:9:8.3 2.3.3.3 .  47.3 :7.9349.3 2./..5.8 . !&#!$    !02-:-.3 2./.9349.3 .5.349.33.3#. 80:7.9/.35020739.3:5.9/-07.80-.8.8/.-.34507.9/..8.3 :7.   47.:. 4507.!.3 .    05:9:8.8 909.3#..5. .5.: 05:9:8. 80:7.7.7./.33.5.8 8.8 20303/.:.5 -07/7  /.  9.3-07/.

3:5. 203.33.3 80:7.3 :7.  8./ !03:7:8 /.-0780/.

9 .9 .5./.9:  47.9 349.5.8:.8   !.:.380.7.3202:.5502-:-.7:8 /8079./.34507.05. .3/03. 8079.39/.3 :.8.3809::/.7.3502-:-.-0780/.7.34507.3 ..3 #. 3 .3502-:-..5.3 4507. :39: 502-:-..3.#./.  /  0         :2....9 /./7 .9.5.3 /-07 :.3 90780-:9 /.. #.7.9   5.3:3.  -  $02:.7..9349.3 -079.8 :2.9349.  9025..2 . :39:20.70/947 !020739.  %./!03.9   5.-40#.3.7. ./.39:.7.3 /2.84507.8 90780-:9 -  . 3 .7.349.3:2. 9. /..5.8.8.3/-07. 2070.3502-:-.840#.8.:.9 349.. .9079:8 40:.8:/ /03..34507.349.7./.  8.8.8    !02-079.2 ...39.3/9:3: /.9349.39:  .8.7./-079..7.3.3 2.8..3..809::907.    05:9:8.8.5.. /03.203.8.8   ..

7.3.-.3 !07:3/.340!020739.20203:09039:.3 :2:2 /.:.8.3-07.8.3./. -  0.9-:9-.  05:9:8..!.4507.8 -079039.3 :3/.3 09079-.:/3/4308.3-078.3.39/.3:9.5.3.3.  907/.3 /03.9.5. .3 4507.3502-:-.

3.//05.:.!03008..380.5.3 /507:.3.3 ::2 :39: /.3:3.3#.7. /9:3: 40#.3:93./.3  -.8.9 349. /80-:9 503008.3/.8. /.9 349./9:3:40 !020739.3   !.  203:25:.5.2 .38:3..  20.380-.    !03008.#.3 .9349.3-07/.9/.:./.5.803/7 803/72.3 80.3 /.2.3 .3 5. 4507. 9079039: .8  907. 20.7./. /80-:9503008.5.2.7..   !./..8 8079.5.3 05:9:8.7.8. 507-:.7. .8 /.9.7.-.8.3 -0.3 503008.3 !020739. 8.3/:.-079.349. !020739.-07:9 .7503.349.3 0907.3.    !03008.9.9.8.3/. !03008.8 3.-05..2.3/507:.3 ..9./.3 4507.3 202.3.3 05:9:8.349.:.9349.3 70/947 40 /.5 502-:-. 003.3 -07/. . 502-:-.3 ..3   !.: 08:8..:.  &39: 050393./. !03008. /9:3:40!020739.2025:3..3 502-:-.2.. /.3/:53.30.3 80.3 !03:7:8  ..  0.8 .0907.    !03008. /.3 05.3 80.3 40 503008.7.3:93..8. 4507.:5:3-078.    &39:503008. /9:3: 40 #.    &39: 203008.5..  !03008.3 -  ../.

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

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful