PERAN PEMERINTAH DALAM KEGIATAN EKONOMI

Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi memang sangat penting, salah satunya sebagai pengatur kegiatan ekonomi. Berikut ini merupakan penjelasan peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian.
1. PERAN PEMERINTAH SEBAGAI PENGATUR KEGIATAN EKONOMI

Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah bertugas untuk mengarahkan, mengatur, dan mengendalikan kegiatan ekonomi melalui berbagai kebijakan, peraturan perundangundangan dan tindakan langsung di lapangan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesempatan kerja, mengendalikan harga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menstabilkan neraca pembayaran luar negeri. Semua kegiatan ekonomi itu dilakukan untuk menciptakan suatu masyarakat yang adil dan makmur serta demi tercapainya tujuan nasional.

alat tulis. Barang dan jasa tersebut dibeli oleh pemerintah dari perusahaan atau masyarakat luar negeri. seperti membeli barang-barang untuk administrasi pemerintahan. PERAN PEMERINTAH SEBAGAI KONSUMEN Peran pemerintah sebagai konsumen dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan dalam tugas penyelenggaraan negara. seragam pejabat.2. Contoh-contoh mengenai kegiatan konsumsi yang dilakukan pemerintah masih banyak. kertas. dan jasa perbankan. pemerintah membutuhkan barang dan jasa. misalnya mobil operasional. Oleh karena itu. dan sebagainya. menggaji pegawai-pegawai pemerintah. .

3. . Barang dan jasa yang dihasilkan pemerintah merupakan hasil produksi yang menguasai hajat hidup masyarakat luas dan merupakan kegiatan ekonomi yang mungkin kurang menguntungkan tetapi hasil produksinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. PERAN PEMERINTAH SEBAGAI PRODUSEN Pemerintah sebagai produsen berarti berperan dalam menghasilkan barang dan jasa. pemerintah juga membutuhkan faktor-faktor produksi dari rumah tangga maupun dari masyarakat luar negeri. Sebagai produsen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful