Artikel Penjas Lari Gawang

8:10 AM Blackersz

Lari Gawang adalah salah satu olahraga yang termasuk dalam cabang atletik yaitu nomor lari. Lari gawang adalah lari cepat dengan melewati gawang sebagai rintangan. Untuk mengajarkan lari gawang kita harus mulai mengajarkan dari teknik-teknik dasarnya. Berikut penjelasan mengenai teknik lari gawang :

Teknik Lari Gawang dapat dibagi dalam 2 fase yaitu:

1. Gerak melewat gawang 2. Lari sprint antar gawang

Gerak melewat gawang dapat dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu :
   

Gerak bertolak di depan gawang Gerak melewati gawang Gerak di atas gawang Gerak mendarat setelah melewati gawang

Teknik gerak bertolak di depan gawang yaitu:
  

Dorong ke depan seluruh bagian badan sejalan dengan arah lari. Luruskan sendi panggul, lutut dan mata kaki pada gerak dorong ke depan. Ayunkan paha kaki depan dengan cepat ke posisi horisontal.

Teknik gerak di atas gawang yaitu :     Tariklah kaki belkang di samping badan. paha kaki belakang kira-kira paralel dengan tanah. sudut antara paha dan tungkai bawah kira-kira 90 derajat. Kontak dengan tanah dengan singkat terus berlari dengan cepat. Sedang membuat gerak melampaui gawang. Jari-jari kaki belakang tidak menunjuk tanah. badan dibungkukkan seperlunya. . Badan tidak dicondongkan kebelakang pada saat mendarat. Mendarat dengan telapak kaki depan. Teknik gerak mendarat setelah melewati gawang yaitu :     Tariklah kaki belakang dengan cepat dan aktif ke depan.Teknik gerak melewati gawang yaitu:   Luruskan bagian bawah kaki depan dengan aktif ke depan. Dengan cepat agar menginjakkan kaki di tanah. Bungkukkan badan dalam-dalam untuk gawang tinggi dan untuk gawang lebih rendah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful