RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Alokasi waktu : SD No 5 Br Anyar : IV / 1 : Ilmu Pengetahuan Alam

: 1 x pertemuan ( 2 x 35 menit )

I.

Standar Kompetensi : 3. Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

II.

Kompetensi Dasar

:

3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
III.

Indikator :
III.2.1 Mengidentifikasi

makanan

hewan

yang

dikenal

dilingkungannya
III.2.2 Menggolongkan hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis

makanannya
III.2.3 Menguraikan ciri – ciri hewan karnivora

III.2.4 Menguraikan ciri – ciri hewan herbivora III.2.5 Menguraikan ciri – ciri hewan omnivora III.2.6 Menyebutkan perbedaan hewan karnivora, herbivora, dan omnivora IV. Tujuan Pembelajaran : 1. Melalui media gambar, siswa dapat mengidentifikasi makanan hewan yang dikenal dilingkungannya

Melalui diskusi kelompok. Pernahkah kamu melihat ulat? Mungkin ada diantara kamu yang jijik melihat ulat. Panda sangat menyukai batang bambu muda. dan kelinci. Dari negara manakah panda berasal? Coba sebutkan hewan lain yang juga memakan batang tumbuh-tumbuhan! c. karnivora. Melalui diskusi kelompok. kambing. kijang. ulat memakan daun-daun tumbuhan tempat dia berada. sampai akarnya pun bisa dijadikan sumber makanan. hewan tersebut juga bisa dijadikan penghasilan tambahan bagi para petani. zarafah. siswa dapat mengidentifikasi hewan berdasarkan makanannya 3. Selain ulat. Tumbuhan lain yang biasa dimakan batangnya adalah pohon bambu. a. buah. masih banyak hewan lain yang makanan utamanya adalah daun. banyak petani yang memelihara sapi atau kerbau. Apakah makanan sapi? Salah satu jenis makanan sapi adalah batang tumbuhan padi dan jagung.batang. Apakah makanan ulat? Ya. Ulat banyak terdapat di daundaun tumbuhan. Jenis – jenis makanan hewan 1. Dari daun. karnivora dan omnivora V. zebra. Batang Di desa. Hampir semua bagian tumbuhan dapat dimakan oleh hewan. siswa dapat menggolongkan hewan dilingkungan sekitar berdasarkan jenis makanannya 4. siswa dapat menguraikan ciri – ciri hewan herbivora. Selain bisa diambil tenaganya. dan omnivora 5. Buah . bunga. Materi Pelajaran : 1.2. Makanan Berupa Tumbuhan Tumbuhan merupakan sumber makanan yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Dapatkah kamu menyebutkan contoh yang lain? b. Melalui diskusi kelompok dengan bantuan guru. Daun Bagian tumbuhan yang paling umum dijadikan makanan hewan adalah daun. Misalnya. Melalui diskusi kelompok siswa mampu menyebutkan perbedaan hewan herbivora. biji.

Anjing memakan daging dan tulang. Omnivora Hewan pemakan tumbuhan maupun daging disebut omnivor. 3. dan hewan pemakan segala (omnivora). Jenis burung ada yang tergolong ke dalam herbivora. Contoh herbivora pemakan rumput dan dedaunan misalnya sapi. Ada pula burung pemakan buah-buahan seperti burung beo dan jalak. 1. banyak binatang yang makanan utamanya adalah buah. Namun. Di rumah kucing memangsa tikus. bebek. Mengapa ulat berada di dalam buah? Ya. Karnivora Hewan yang memakan hewan lain disebut karnivora. Mereka berburu untuk mendapatkan makanannya. ayam. . keduanya juga sering makan cacing atau serangga kecil lainnya. Harimau dan serigala merupakan hewan karnivora yang hidup di hutan belantara.Apakah kamu suka memakan buah-buahan? Buah apa yang paling kamu sukai? Selain kamu. Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berdasarkan jenis makanannya hewan dapat digolongkan menjadi: hewan pemakan tumbuhan (herbivora). biji dan juga umbi-umbian. batang. Contoh lainnya adalah beruang. Jenis ulat ini biasanya dianggap hama bagi para petani buah karena merugikan. memakan daging ayam dan ikan. Tikus seperti musang. Hewan karnivora yang hidup di sekitar kita seperti anjing dan kucing. Ayam dan bebek sangat suka terhadap biji-bijian. kuda dan kambing. hewan pemakan daging (karnivora). Kelinci sangat menyukai jenis umbi-umbian seperti wortel. Herbivora dapat memakan bagian tumbuhan berupa daun. dan tikus. Herbivora Hewan pemakan tumbuhan saja atau disebut herbivora. Binatang apa sajakah itu? Kamu mungkin pernah mengigit ulat yang terdapat di dalam buah yang sedang kamu makan. Biasanya burung tersebut memiliki bentuk paruh yang khas sesuai dengan jenis 2. Burung pemakan biji-bijian seperti merpati. Musang adalah salah satu contoh omnivor. ada beberapa jenis ulat yang makanan utamanya adalah buah. tekukur dan burung gereja. Beruang selain makan ikan juga memakan buah-buahan dan madu.

Burung apa sajakah yang suka makan daging atau hewan lain? Burung elang. Herbivor pemakan biji-bijian. Fungsi tembolok hampir sama dengan fungsi gigi geraham. tupai. di air. dan gigi taringnya untuk mengerat makanan. kenari. burung rajawali. rumput dan daun yang telah dimakan dapat masuk ke dalam lambung secara mudah. Bentuk paruh ini disesuaikan dengan kegunaannya. dan runcing. antara lain. burung hantu adalah contohcontoh burung pemakan daging. Misalnya. Pernahkah kamu . besar. yaitu agar mudah mencabik-cabik mangsa. ciri – ciri hewan omnivora Bentuk gigi omnivor merupakan gabungan dari bentuk gigi herbivor dan karnivor. Gigi geraham omnivor berguna untuk melumat. Karnivor dari jenis burung memiliki kuku dan paruh yang kuat dan tajam. Mangsanya terdapat di udara. burung alap-alap. dan di darat. Bagaimana dengan manusia? Termasuk kelompok pemakan apakah manusia itu? Bangsa burung juga ada yang termasuk hewan karnivor. Gigi seri berfungsi untuk menggigit dan memotong makanan. Gigi gerahamnya juga memiliki banyak hubungan (bagian puncak gigi). Gigi taringnya panjang. burung kutilang. yaitu kambing. Dengan begitu. Ciri – ciri hewan karnivora Karnivor berkaki empat memiliki gigi geraham khusus yang digunakan untuk mengunyah daging. Gigi serinya kecil-kecil dan tajam. dan burung cucakrawa. Herbivor pemakan buah adalah burung beo. dan merpati. Gigi geraham ini dapat mengerat dan menghancurkan makanan. Gigi taring berfungsi untuk mengoyak mangsanya.ikan dan buah-buahan merupakan makanan kesukaannya ciri – ciri hewan herbivora Herbivor memiliki gigi geraham dengan permukaan lebar dan bergerigi. Contoh hewan herbivor yang makan dedaunan. dan sapi. burung jalak. gajah. Ada juga herbivor yang tidak memiliki gigi melainkan memiliki tembolok. burung pipit. Mengapa demikian? Agar dapat digunakan untuk menggiling rumput dan daun-daun yang keras. gigi serinya untuk memotong. kuda.

mencari ciri – ciri dari hewan herbivora. Kegiatan awal • • • • Mengucapkan salam Mengadakan koordinasi kelas Mengecek kehadiran siswa Menyampaikan Tujuan pembelajaran . dan mencari perbedaan dari tiap – tiap jenis hewan tersebut VIII.melihatnya? Bagaimana bentuk paruh burung-burung tersebut? Bentuk paruhnya panjang. kecil. jenis hewan berdasarkan makanannya. Bentuk paruh seperti itu sangat sesuai untuk mengambil makanan berupa tumbuhan serta hewan-hewan kecil yang berada di daun ataupun di dalam batang pohon. Kegiatan Pembelajaran I. karnivora. Alokasi waktu : 1 x pertemuan ( 2 x 35 menit ) VII. Metode Pembelajaran o Diskusi Kelompok Diskusi kelomok digunakan ketika siswa menelaah tentang makanan hewan. Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) 2. dan omnivora. VI. Model dan Metode Pembelajaran : 1. dan runcing.

Kegiatan Inti EKSPLORASI 1.Guru mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa menuju topik yang akan dibahas. pertanyaan-peretanyaan tersebut adalah sebagai berikut. Mensosialisasikan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan tahapan-tahapan pembelajaran yang dialami II. Kalian tadi sudah menyebutkan beberapa hewan peliharaan kalian (pada apersepsi).• siswa.Guru membagikan beberapa gambar dan hewan kepada masing- masing kelompok.Sesuai dengan arahan guru siswa membagi diri atas kelompokkelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang. . ELABORASI . . Perencanaan . Pengelompokan . Apa makanan hewan peliharaan kalian tersebut? 2.Siswa dalam kelompoknya menentukan pembagian tugas-tugas penyelidikan. .Guru membantu perencanaan yang dilakukan oleh siswa dengan memfasilitasi siswa dengan LKS yang terdistribusi kepada setiap kelompok.

3.Kelompok yang lain mendengarkan dan memberikan tanggapan terhadap apa yang disajikan oleh wakil kelompok penyaji. Investigasi .Masing-masing kelompok menyiapkan salah satu anggotanya sebagai wakil untuk mempresentasikan hasil diskusinya. .Guru membantu dalam menentukan aturan presentasi agar presentasi berlangsung secara efektif. Organisasi . Kemudian siswa menjelaskan apa yang mereka tempelkan pada papan tersebut. satu gambar hewan pemakan daging.Siswa dalam kelompoknya mengidentifikasi gambar-gambar hewan yang diperoleh. . 4. . .Guru membimbing jalannya presentasi. KONFIRMASI 5.Siswa dalam kelompoknya saling berdiskusi untuk menggolongkan hewan-hewan pada gambar sesuai dengan jenis makananya. Presentasi . siswa menempelkan masing-masing satu gambar hewan pemakan tumbuhan. dan satu gambar hewan pemakan tumbuhan dan daging yang ditempel di papan. . . Dalam menyampaikan hasil diskusi tersebut.Wakil masing-masing kelompok maju ke depan kelas secara bergilir menyampaikan hasil diskusinya.Siswa dalam kelompok saling berdiskusi terkait LKS yang sudah dikerjakan. .Masing-masing anggota kelompok memberikan masukan dan berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan diskusi kelompok.

Tes pilihan ganda dan isian singkat .Setelah semua wakil kelompok menyampaikan hasil diskusinya.Guru menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil tes siswa.. herbivora. guru menjelaskan tentang hewan karnivora.Guru memberikan tes kepada siswa untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. herbivora. - Contoh Instrumen TERLAMPIR . 6. . Penilaian Proses dan Hasil Belajar a. . . Evaluasi . Teknik Penilaian : tes tulis dan non tes (observasi) Bentuk Instrumen : .Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompoknya.Guru bersama siswa memeriksa tes yang telah dikerjakan siswa.Guru memberitahukan materi pembelajaran yang akan dibahas minggu depan agar siswa dapat mempersiapkan atau mempelajari materi lebih awal. .Guru dan siswa bersama-sama menyampaikan salam penutup IX. III. Penutup . dan omnivora berdasarkan gambar-gambar yang sudah ditempelkan pada karet busa.Lembar observasi c. . dan omnivora. b.Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi tentang hewan karnivora.

Golongkanlah gambar-gambar hewan tersebut sesuai dengan makanannya! 4. Cermatilah gambar-gambar hewan yang telah dibagikan! 3. Buka amplop yang telah dibagikan! 2. Tulislah hasil penggolongan di atas pada tabel berikut! Hewan Pemakan Tumbuhan Hewan Pemakan Daging Hewan Pemakan Tumbuhan dan Daging .LEMBAR KERJA SISWA (LKS) Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/ Semester : IV/ I Materi : Hewan dan Makanannya Ikutilah langkah kerja berikut ini! 1.

2. 8. 6. 7. 8. 5. 7. 3. 3. 5. 4.1. 5. LEMBAR EVALUASI NO NAMA SISWA KOGNITIF 1 ASPEK PSIKOMOTOR 2 3 AFEKTIF 4 5 1 2 3 4 5 6 7 . 2. 2. 6. 4. 1. 4. 3. 8. 7. 6. 1.

omnivora No herbivora karnivora Omnivora TES AKHIR PEMBELAJARAN A.... Kuda disebut hewan herbivora karena memakan. Pilihlah salah satu jawaban yang menurut kamu paling benar! 1...karena memakan daging. 2. Keterampilan bertanya dan menyampaikan pendapat/ tanggapan.... Omnivora b... Ketertiban dalam mengikuti pembelajaran..... Kerjasama dalam kelompok.. 5. 4. 2... Keaktifan dalam berdiskusi.... Ciri – ciri hewan herbivora..8 9 10 11 Dst Keterangan 1... Ketepatan hasil diskusi.. a.. Tumbuhan d.. Ikan b...... a... Herbivora d. Daging c.. Buaya disebut hewan... Karnivora c.. Tumbuhan dan daging... Insektivora . karnivora.... 3........

.............. Yang termasuk hewan omnivora adalah .............................. Hewan pemakan tubuhan disebut dengan........................................... Singa c.. 5....... Ayam adalah salah satu hewan ........................ a.... Hewan karnivora adalah hewan pemakan...... Ayam b........... karena memakan daging dan tumbuhan. Tumbuhan d................ dan ular adalah hewan.. a.......... Hewan omnivora adalah hewan yang memakan .... Harimau b. Komodo B.3. Tikus disebut hewan . Ikan c.. Buaya d..... Kelinci 4.. Berikut ini adalah hewan karnivora kecuali... jawaban singkat Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan 1..... Singa... Tumbuhan dan daging 5................... Daging b... Ular c.. 4. a..... 3...... KUNCI JAWABAN ........ buaya............ Kambing d.... 2......

B 3. Omnivora Tabel Skor Penilaian Tes Jawaban Benar 5 4 Objektif 3 2 1 5 Isian singkat 4 3 Skor 5 4 3 2 1 5 4 3 Nilai . A B. D 4.A. Herbivora 3. Daging 5. Soal objektif 1. C 2. Soal isian singkat 1. Omnivora 4. Karnivora 2. D 5.

. Buku Sains Kelas IV Sulaeman. C.. Momon.... Beberapa gambar hewan.........2 1 Total 10 item 2 1 X..Saya Ingin Pintar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas IV Semester I Sekolah Dasar..... ... Sumber dan Media Belajar A... NIP.. Bandung: Grafindu Media Pratama... Gambar daging dan tumbuhan Mengetahui. B..2007. Kepala SD No 5 Br Anyar .2010 Guru Mata Pelajaran NIP..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful