Teknologi Informasi Bidang Kesehatan Peranan Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan Teknologi Informasi di bidang kesehatan atau kedokteran

komputer juga telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia, dan riset di bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Teknologi informasi berupa Sistem Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur bagian otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) yang dapat digunakan untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Bentuk lain adalahPosition Emission Tomography (PET) juga merupakan sistem komputer yang dapat menampilkan gambar yang menggunakan isotop radioaktif. Selain itu Nuclear Magnetic Resonancemerupakan teknik mendiagnosis dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hidrogen. Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta timnya dari institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer DNA ultrakecil yang mempu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Oleh karena itu trilyunan mesin biomolekul yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99,8% itu, dapat dikemas dalam setetes larutan. Komputer DNA menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai larutan data dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematik.

atau meningkatkan ketahanan terhadap kelembapan). Demikian seperti diulas di situs web www. enzim. dan risiko kontaminasi. tembakau. Pertama. Pada dasarnya terdapat beberapa cara memproduksi protein. Sebelumnya. serta tanaman. bakteri. dan sebagainya.org. atau protein lainnya yang dihasilkan dari tanaman. skala hasil produksi. produksi protein dengan memanfaatkan bakteri dan sel mamalia merupakan metode yang sangat mahal dan terbatas pada kapasitas ruangan. rheumatoid arthritis. atau ragi. teknologi yang diperlukan sebenarnya tidak terlalu sulit dicari yakni serupa seperti ketika memperlakukan bakteri. yakni dengan memanfaatkan mamalia. atau kacang tidak dikonsumsi secara langsung. waktu produksi.bio. cedera sumsum tulang belakang. kualitas produk. Kedua. Generasi pertama bioteknologi hanya meningkatkan efisiensi produksi tanaman (mengurangi kebutuhan pestisida. Plant made pharmaceutical (PMP) merupakan suatu protein terapeutik yang dapat digunakan dalam keperluan medis seperti antibodi monoklonal. tetapi pada dasarnya kedua generasi bioteknologi tersebut masih memfungsikan tanaman untuk dimakan. . kultur sel mikroba. Protein terapeutik yang dihasilkan dapat berguna untuk penyakit seperti alzheimer. cystic fibrosis. metode PMP lebih baik daripada metode lain seperti menggunakan mamalia. biaya produksi akan menurun secara signifikan karena metode ini dikembangkan dalam sumber daya alami dan terbarui. melainkan dimanfaatkan sebagai pabrik penghasil protein untuk keperluan pengobatan. . Teknologi kultur sel konvensional memerlukan sejumlah besar waktu dan dana. Ketiga. Dilihat dari aspek-aspek terkait seperti biaya produksi. tetapi bedanya dibutuhkan ladang. multiple sclerosis. Produk bioteknologi generasi ketiga menjadikan tanaman sebagai pabrik untuk menghasilkan protein obat atau plmit made pharmaceutical. diabetes. risiko terpapar patogen manusia atau kontaminasi mamalia lain relatif lebih kecil dibandingkan dengan metode lain. Pemilihan tanaman sebagai sarana produksi memiliki beberapa keuntungan. COPD (chronic obstructive pulmonary disease). Diperkirakan fasilitas pembuatan kultur sel membutuhkan dana sekitar 250 juta dolar sampai 450 juta dolar. Selain itu. lalu generasi kedua bioteknologi mulai meningkatkan nilai produk pangan dengan tambahan nutrisi (misalnya beras dengan peningkatan kandungan vitamin A). kanker.Flora Teknologi Kesehatan BIDANG bioteknologi kini telah memasuki generasi ketiga di mana tanaman seperti jagung. padi. penerapan pada skala produksi relatif lebih mudah sehingga sesuai untuk memenuhi permintaan protein terapeutik yang terus meningkat dan bervariasi. yakni tanaman.

Dalam perkembangannya di Amerika. Sebagai negara penghasil rotan. suatu perkembangan menarik dari dunia medis patut diapresiasi oleh bangsa ini.Seperti disampaikan oleh Rural Advancement Foundation Intemational-USA. wortel. Pada awalnya. Lima tahap fase transformasi tersebut disiapkan untuk mendapatkan mineral penyusun tulang hydroxyapatite (HA) dari kayu rotan. Hasilnya menunjukkan bahwa . bayam.com. unsur-unsur dalam kayu rotan berubah menjadi serupa dengan materi tulang. suatu perusahaan bioteknologi di Amerika. Setelah 10 hari. Selain itu. PMP sempat menuai sejurnlah kontroversi dan kekhawatiran. dan sosial dari penerapan teknologi ini. Konversi kimiawi dari kayu alami menjadi hydroxvapatite (mineral penyusun tulang) secara keseluruhan dilakukan melalui lima tahap. yakni 1) pirolisis (penguraian dengan panas) 2) carburization (suatu proses pemanasan yang membebaskan karbon pada saat terurai) 3) oksidasi 4) karbonasi (proses hidrotermal pada tekanan CO2 untuk konversi lanjut menjadi kalsium karbonat) 5) fosfatisasi (penambahan bahan kimia fosfat). Kelak penderita patah tulang akan memiliki altematif material pengganti tulang selain dari yang saat ini tersedia seperti logam atau keramik. David Duncan. Bukankah lebih baik memanfaatkan ladang-ladang tembakau Indonesia untuk memproduksi obat daripada menggunakannya dalam produksi rokok? Rotan pengganti tulang Potensi tanaman Indonesia dalam teknologi kesehatan bukan hanya itu. penelitian ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan dan sekitar 20-an universitas di seluruh dunia. memilih tembakau karena selain dapat dipanen sampai 5 kali pada satu masa tanam. Demikian seperti disampaikannya di www. komponen regulasi komprehensif yang mengatur tentang teknologi ini pun belum tersedia secara memadai.Penelitian tentang plant made pharmaceuticals ini baru berkembang dalam 10 tahun terakhir. mereka yang menolak belum sepenuhnya yakin akan dampak ekonomi.Tim yang dipimpin oleh Dr. tebu. FDA dan USDA (Badan POM dan Departemen Agrikultur Amerika) merupakan pihak-pihak yang sangat gencar melakukan penelitian ini. pisang. CEO dari Chlorogen. Sejumlah tim peneliti Italia di laboratorium bio-keramik Istek di Faenza tengah mencoba penanaman impian tulang buatan dari rotan pada domba percobaan. lingkungan. antara lain risiko kontaminasi pada tanaman yang digunakan untuk produk pangan. tembakau.dddmag. tembakau juga bersifat self-pollination sehingga meminimalkan risiko kontaminasi silang terhadap tanaman lain. Anna Tampieri ini sebelumnya melakukan uji coba pada berbagai jenis kayu sebagai pengganti tulang. Tanaman yang berpotensi untuk dikembangkan dengan metode ini adalah jagung. dan beberapa tanaman lain.

dan materi lain dapat melaluinya. Pengawasan dilakukan untuk terus memantau perkembangan domba-domba yang telah ditanami tulang dari rotan dalam tubuhnya.. Sulawesi. Maurillo Marcacci sedang meneliti metode baru penggantian tulang ini di rumah sakit dekat Bologna University. Sifat rotan yang dapat berfungsi sebagai tali pengikat yang ulet dan kokoh telah sering dimanfaatkan. di masa depan impian tulang dapat dilakukan dengan biaya murah dan dengan efektivitas tinggi. serabut saraf. Baik itu untuk dijadikan pabrik protein bioteknologi atau sebagai bahan pengganti jaringan tubuh. material pembentuk tulang ini cukup kuat sehingga dipastikan dapat menyangga tubuh dan juga memiliki daya tahan yang sangat baik Saat ini para dokter seperti ahli bedah ortopedi. Menurut data Kementerian Kehutanan.kayu rotan adalah material yang terbaik karena struktur kayu rotan memiliki rongga di bagian dalam sehingga darah. alumnus Farmasi Universitas Padjadjaran .co. Demikian seperti dilansir di news. Tampieri. Sejauh ini belum ditemukan tanda-tanda reaksi penolakan atau infeksi pada domba percobaan. tulang dari rotan ini merupakan timan paling mendekati tulang asli karena dapat menyatu dengan tulang ash sedemikian rupa hingga nyaris tak dapat terlihat sambungannya. atau enzim dari ladang-ladang palawija Indonesia.Rotan bukanlah tanaman yang asing di Indonesia. Adalah suatu potensi menjanjikan jika bangsa Indonesia mampu membuat vaksin.bbc. Indonesia menyumbang 80 persen dari keseluruhan kebutuhan rotan dunia. Para ahli memperkirakan bahwa penanaman impian tulang rotan terhadap manusia dapat dilakukan pada lima tahun mendatang. Dari jumlah tersebut. Namun pemanfaatannya masih terbatas karena tingkat pengetahuan serta kreativitas masyarakat yang belum berkembang.***Fajar Ramadhitya P. dan sekitar 10 persen dihasilkan dari budidaya rotan. pemanfaatan rotan dapat menjadi lebih luas daripada sebagai bahan baku tali atau mebel. Jika semua berjalan lancar. Selain itu. 90 persen rotan dihasilkan dari hutan alam yang terdapat di Sumatra.Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dengan potensi besar dalam penelitian dan pengembangan teknologi kesehatan. hormon. Kalimantan.uk. Dengan adanya penelitian pemanfaatan rotan sebagai bahan pengganti tulang. Menurut Dr.

Kita sudah dapat menghubungkan chip komputer sel manusia seperti saraf untuk membantu mereka yang lumpuh. . pendengaran. dengan risiko dituntut untuk salah urus jika mereka tidak. Smart obat-obatan untuk orang desainer Sebuah generasi baru obat cerdas akan mengubah masyarakat pada tahun 2015. industri farmasi Dr Patrick Dixon ceramah kepada investor modal ventura biotek di masa depan obat dan perawatan kesehatan.TEKNOLOGI KEDOKTERAN MASA DEPAN Masa depan bioteknologi. Dr Dixon adalah seorang dokter dan tren analis. genetika. Pada saat yang sama akan ada Penolakan terhadap membuat “tidak wajar” anak-anak dan orang dewasa. kecerdasan dan memperlambat proses penuaan. Dalam waktu 14 minggu. membantu penderita diabetes. sekering jaringan saraf yang hidup dengan permukaan chip. dengan karakteristik ditingkatkan. dan industri farmasi. terapi gen. untuk memulihkan penglihatan. Selain itu. Perusahaan obat terbangun ke pasar baru yang luas untuk kinerja-enhancer. meningkatkan kehidupan seks. Diagnostik ini robot akan menggunakan penelitian global untuk memberikan pendapat ahli. dan menyediakan “high-touch” dukungan emosional. biochips akan ditanamkan secara langsung ke permukaan otak. Robot akan digunakan untuk mengobati sakit Dokter akan dipaksa untuk berkonsultasi komputer untuk saran sebelum membuat keputusan penting tentang pengobatan. beberapa dokter yang akan berani untuk diabaikan. perawatan kesehatan. Komputer dan genetika adalah dua teknologi besar untuk dekade pertama abad berikutnya. Akan ada pergeseran penekanan oleh para peneliti dari mengobati penyakit atau mencegah hal itu. untuk mendapatkan data yang akurat yang robot bisa membuat keputusan. Komputer mengubah cara kita hidup. bioteknologi. sebagian besar digunakan semata-mata untuk alasan rekreasi. Kedua teknologi ini akan digunakan untuk membuat desainer orang. untuk meningkatkan kehidupan normal. Anti-impotensi pil Viagra adalah obat cerdas pola dasar. tetapi gen dapat mengubah apa yang kita. dan komputer untuk mengaktifkan sel-sel otak secara langsung. Langkah berikutnya akan menanamkan biochips yang mengendalikan kadar gula darah. Pekerjaan awal telah selesai pada hewan. sebagai orang-orang berjuang untuk yang paling dalam kesempurnaan fisik dan kesenangan pribadi. Pelatihan medis akan beralih dari apa yang orang tahu. memungkinkan untuk mengaktifkan saraf impluses jalur komputer. dan merupakan kedepan-pelari ratusan orang lain. dua juta orang di Amerika sendiri telah mengambil Viagra. gerakan atau meningkatkan memori dan kecerdasan.

dg menggunakan teknologi resonansi nano bagian terkecil dr atom) BIODISC ditemukan oleh dr. kwalitas dari makanan dan minuman Membantu memperbaiki tidur .Teknologi Kesehatan Baru Dari Jerman Saat ini telah ditemukan teknologi kesehatan baru dr jerman. batu ginjal. dgn menggunakan air putih yg sdh biasa kita minum sehari2 di treatment oleh BIODISC sbg media utk menyehatkan badan. dengan menggunakan beberapa metode fusi panas tinggi. Anda pasti akan merasakan perbedaan dalam diri anda dan terisi dengan kebugaran Dengan meletakkan Bio Disc dalam kulkas. BIODISC mengeluarkan racun/penyakit negatif yg ada pada tubuh anda dg hanya meminum air yg sdh di treatment oleh BIODISC krn air ber-energi yg membentuk struktur kristal yg bagus adalah salah satu therapy kesehatan yg paling baik (baca: the true power of water oleh prof. dg penelitian yg dilakukan selema 25 tahun belum memproduksi BIODISC. 2.ian lyons. dr. mereka bertindak sangat berbeda dengan atom aslinya. darah tinggi. dll pembuatan biodisc: Mineral-mineral alami yang telah direkayasa teknis telah diikat terstruktur dalam gelas. makanan dan minuman anda juga akan terasa lebih baik Keuntungan-keuntungan produk: 1. ian sdh mencobakan alat ini ke anaknya yg terkena leukimia (kanker darah) dan kondisinya sembuh dg treatment dlm waktu 13 bulan BIODISC dpt mengeluarkan energi2 negatif pada tubuh anda. pada tingkat molekular. Meningkatkan rasa. masaro emoto) sdh byk sekali kesaksian2 dr pengguna biodsic & air treatment nya (beberapa kesaksian bahkan menyebutkan air yg sdh di treatment oleh biodisc efeknya lbh bagus drpada air hexagonal yg marak ada di pasaran) bahkan efeknya akan sangat lsg dirasakan utk yg sakit asam urat. energi yg dihasilkan dpt memperbaharui struktur molekul yg terdapat dlm semua cairan Bagaimana membuat air berenergi menggunakan biodisc? utk efek energi yg instant alirkan air mengenai langsung ke biodisc ini. gula. Letakkan segelas air di atas Bio Disc selama setengah jam atau lebih dan minumlah.(mechanic quantum) Kombinasi dari teknik-teknik ini menyebabkan sebuah konversi energi katalis yang menimbulkan resonansi Nano spesifik yang tahan lama Menyalurkan “Frekuensi Energisasi Nano” ke dalam atau melalui cairan mempengaruhi nano-nano di dalam cairan. stroke. Saat nano-nano mineral berinteraksi dengan frequensi tertentu. maag.

6. 9. Memiliki efek penenangan dari resonansi yang meningkatkan kestabilan mental DETOKSIFIKASI penyakit yg ada dlm tubuh anda. 8. Memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan “ying dan yang” dan menciptakan tenaga prana atau “energy CHI” 4. 5. semua sel-sel tubuh akan dibersihan dan dihidrasi Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mengurangi tingkat stress Meningkatkan penyerapan nutrisi Meningkatkan kandungan oksigen dalam darah 10.3. mengeluarkan zat2 beracun dr dalam tubuh jika konsisten meminum airnya dlm wktu tertentu dpt: Memperbaharui sel-sel kulit mati (utk kecantikan) memperbaharui jaringan sel yg mati dlm tubuh. Membuat air berenergi dengan meletakkannya diatas Bio Disc. . 7. Dengan minum air berenergi tadi.

Kegiatan yang dilakukan antara lain. Material ini dapat mendorong pertumbuhan tulang baru. Selain itu dari uji biokompatibilitas. Selain HA untuk bone filler menurut Dwi. kata Dwi. maka obat dapat mengalir langsung ke tulang yang berpenyakit sehingga hasilnya akan lebih cepat terasa―. Jadi dengan memasukan bone fillertersebut ke dalam tulang. PMMA yang dihasilkan BPPT memiliki sifat-sifat tidak jauh dari produk komersil yang sudah ada. Dari uji toksisitas yang dilakukan. serta mempercepat proses penyatuan tulang. demikian dikatakan Dwi Gustiono Chief Engineer Biomaterial. yakni meneliti komposisi bone cement komersil yang dipasarkan di luar negeri. sifat kimia dan fisikanya . sejak tahun 2007 PTM BPPT juga mengembangkan Polymethylmethacrylate(PMMA)/bone cement polimer untuk mengisi celah-celah persendian buatan dalam proses implantasi sendi putar. dapat diketahui juga bahwa HA ini mampu berinteraksi dengan jaringan tubuh makhluk hidup dengan baik―. membuat PTM BPPT berinisiatif untuk mengembangkan bahan dasar HA dari bahan baku lokal yaitu gamping. Lebih jauh Dwi menjelaskan. “PTM juga mengembangkan bone filler yang mempunyai kandungan obat didalamnya. HA. serta melakukan desain proses pembuatan semen tulang Polymethylmethacrylate (PMMA) untuk tujuan bone cement (semen tulang)―. merupakan suatu kalsium fosfat yang banyak digunakan sebagai material pengganti tulang karena kemiripannya dengan struktur kimia tulang dan jaringan keras pada mamalia. Pusat Teknologi Material (PTM) BPPT telah melakukan pengembangan biomaterial untuk aplikasi kesehatan. ditemukan bahwa HA yang dihasilkan tidak menimbulkan racun sehingga aman untuk digunakan. Diantaranya yaitu elastisitas. Pusat Teknologi Material BPPT saat wawancara di ruang kerjanya.PENGEMBANGAN BIO MATERIAL UNTUK KEMAJUAN TEKNOLOGI KESEHATAN NASIONAL Sejak tahun 2003. melakukan desain dan pembuatan komponen pelat implan berbasis stainless steel sebagai bone substitute (pengganti tulang). Jumat (5/2). untuk kemudian dilakukan studi literaturnya yang hasilnya kita gunakan untuk mengembangkan PMMA ini―. tambahnya. melakukan uji toksisitas dan biokompatibilitas hidroksiapatit (HA) berbahan dasar mineral alam (batu gamping dan koral) untuk bone filler (pengisi tulang). “Kami menggunakan teknologi reverse engineering. “Mahalnya bahan dasar bone filler impor yang berupa serbuk kalsium dan fosfat.

“Pada industri tersebut. Sebenarnya di luar negeri pun sudah ada produk komersial implant skrup yang berbahan baku titanium. saat ini di Indonesia belum ada industri alat kesehatan maupun industri farmasi yang memproduksi bone filler danbone cement. juga melakukan kegiatan pengembangan bone substitute berbahan dasar baja stainless tipe SS316L. sekaligus juga kita berkontribusi dalam memajukan teknologi alat kesehatan nasional―. Tipe ini dipilih karena ketahanannya yang tinggi terhadap karat. “Ke depan. Melihat potensi pasar yang ada. BPPT juga memberikan solusi teknologi alternatif dalam membuat produk alat kesehatan yakni dengan teknik pengecoran. kata Dwi. ujar Dwi di akhir wawancara . Untuk itu kami di PTM.serta kemampuan dalam pengeringan. Sedangkan untuk bone substitute. juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan pasta gigi untuk memperbaiki email gigi yang rusak. sudah ada industri di Surabaya yang memproduksinya. selain memberikan problem solving mengenai bahan baku baja stainless yang selama ini masih harus impor. Kelebihan dari teknik pengecoran dibanding teknik machining yang selama ini mereka terapkan adalah tidak menimbulkan limbah dalam jumlah besar―. namun Dwi mengharapkan ke depan dapat mengembangkan PMMA berbahan baku lokal. bahan anti-aging dalam kosmetik dan bahan pemurnian air―. “Jika ditilik lebih jauh. Menurut Dwi. BPPT telah mensosialisasikan bone filler dan bone cement pada industri dan pihak-pihak yang terkait di Indonesia. lanjut Dwi. hanya saja harganya sangat mahal. Saat ini bahan yang digunakan masih impor. kami akan mengembangkan implant skrup berbahan baku polimer yang mempunyai kelebihan dapat langsung ditanam ke dalam tubuh tanpa harus diambil kembali. HA selain dapat digunakan sebagai bahan dasar bone filler. Jika kita mengembangkan sendiri implant skrup ini. Hal ini disebabkan pihak industri menganggap market untuk kedua produk kesehatan ini kecil. tentunya harganya akan menjadi lebih terjangkau. Pengembangan lainnya “Indonesia memiliki sumberdaya pasir besi yang sangat berlimpah. Pengembangannya saat ini sudah sampai pada tahap uji toksisitas dan uji inflamasi interaksi jaringan―.

9 //.907.3. 9. 2032-:..7 .9 .39:.3 .9  202-:.:3 803.8.8.9:.253  .8:2 1481.3 -.5.5.3 /. 4-.3 80-.3  2.9:.9.:3   !% !!% :.9: .3-430 107. 2.3/.3 8:.. 20302-.9 203.3 9:-:2..  .3 -07:5.: 4.3/.7  /.3-.:.8.9203/47435079:2-:.7 -.9 /.8 ..0275.703.73.3 -. -.3 202.8.3 -./.3 /.8:2 /.3 07..9 /09.3!4209209. 20302-.7: 8079.38:3 0 9:. 9.3 :39: /:3.83.: :.7..3 7.8:.3  :39:-430 107203:7:9   80.  .807-: .5.3 . .8  /.9 !% !!% -0738.9 907.  .3 /.05.3 0- .7-4301072547 .91 :39: 20302-..3 4-.  $0. ..3 1481..3 -07503.3  .  .90 ! .33. .202507.9-9..2 9:..  !% :... /:3.3-.3 .907.2.3 /. 2.7 : -4425.39 9:.8 5.05.9574808503. /03.25: -073907.3 9: /.3.3897:9:7 2.8 /03.3 9:. .9: .3. 503..:/:5/03.3  $0.2. -..3.3/:3.73.3 -.9 803../ /03. .3 2025:3.3.3 9/.3.    207:5.3  /902:.  3 2.3.3-430 10790780-:9 0 /.23.2-.7 : 94889..

0..3. 507803/.: /.8./.39.38:/.0780 0330073  .3 89:/ 907.3 -:.3!3  0- .3 / :.2 203:3.8.3 .-430 .9.7  .7. .92.3 /5.8803/ 5:9.3  9034470.9 81.7 3007  :39: 02:/.3 /..0203954207 :39: 2038 .0203942078 .3 /.:  2030.. .9:73.8 81./.3:39:20302-.9:0. . 9.3 /.3  ! .0.8989.9 9/.8.:.3.. . :3. .3 20309 425488-430 .83.7574/:42078.7.39.318..3 !!% 202 81.2 574808 25.3.

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

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful