KRITERIA KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN SISWA a. Criteria Kenaikan Kelas Norma Akademis 1.

dilaksanakan pada setiap akhir tahu pelajaran 2. siswa dinyatakan naik kelas apabila hanya ada maksimal 3 (tiga) mata pelajaran yang tidak tuntas 3. standart ketuntasan minimal untuk mata pelajaran no 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Mata pelajaran Pendidikan agama Pendidikan kwarganegaraan Bahasa dan sastra Bahasa inggris Matematika Kesenian Pendidikan jasmani Geografi Fisika Kimia Biologi Teknik informasi dan komunikasi Ekonomi Sejarah Sosiologi mandarin x 70 68 68 68 67 70 70 70 65 68 65 70 70 70 70 65 STANDART KETUNTASAN XI A XI S XII A XII S 70 70 70 70 68 68 70 70 68 68 70 70 68 68 68 68 65 65 65 65 70 70 70 70 70 70 70 70 70 70 70 70 65 65 66 65 70 70 70 70 70 70 70 65 70 70 70 65 70 65 70 70 70 65 Keterangan

4. penentuan kenaikan kelas mempertimbangkan nilai pada semester sebelumnya. a. nilai akhir diambil dari rata – rata nilai semester ganjil dan nilai semester genap, jika nilai semester ganjil > dari semester genap b. niali akhir diambil dari nilai semester genap, jika nilai pada semester ganjil < dari nilai semester genap 5. siswa yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang (mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat yang sama pada tahun pelajaran 2008 / 2009) Norma Non Akademis meliputi : kelakuan, kerajinan kerapian dan kebersihan mendapatkan nilai masing – masing minimal baik (B) dengan dasar penilaian sesuai dengan criteria nilai, non akademis yang ditetapkan sekolah Norma Pemilihan Program Pemilihan program dilaksanakan pada saat kenaikan kelas X ke kelas XI. Pada dasarnya pemilihan program disesuaikan dengan minat dan bakat siswa dengan criteria sebagai berikut : 1. program IPA tidak ada nilai yang tidak tuntas pada mata pelajaran FISIKA, KIMIA, BIOLOGI dan matematika dan nilai rata – rata untuk mata pelajaran tersebut minimal 75 (tujuh puluh lima) 2. program IPS tidak ada nilai yang tidak tuntas pada mata pelajaran Ekonomi Akuntansi, Sosiologi, Sejarah, Geografi dan nilai rata – rata untuk mata pelajaran tersebut minimal 75 (Tujuh Puluh Lima)

Memiliki nilai seluruh mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan sekolah baik tulis maupun praktek. Siswa yang dinyatakan lulus melalui rapat dewan guru dan berhak mendapatkan ijasah. apabila: a. siswa yang dinyatakan tidak lulus. dengan rata – rata seluruh mata pelajaran minimal 60 d. kearajinan. dan kerapian minimal B ( Baik ). dan raport 3. Siswa Kelas XII (Dua Belas) dinyatakan lulus. Tidak terdapat nilai < 60 (kurang dari 60 ) untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan baik tulis maupun praktek. Nilai kepribadian (kelakuan.B. Kriteria Kelulusan Siswa 1. SKHUN. c. 2. diberikan raport sampai dengan semester akhir kelas XII (dua belas) . Memiliki nilai raport seluruh mata pelajaran mulai dari kelas X ( sepuluh ) sampai dengan semester 2 (dua) kelas XII (Dua Belas) b.

patuh dan sopan terhadap kepala sekolah. olah raga dan lain – lain ) Aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran Patuh terhadap tugas dan kewenangan berdasarkan diskripsi tugas yang diterima. KELAKUAN no 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Uraian Hormat. KERAJINAN no 1 2 3 Uraian NILAI 1 2 3 4 Masuk sekolah tepat waktu Mengikuti dengan seksama semua proses pembelajaran Mempunyai buku pegangan sert abuku catatan untuk setiap mata pelajaran 4 Mengerjaka tugas yang diberikan untuk setiap mata pelajaran 5 Melaksanakan tugas piket sekolah 6 Mengikuti upacar bendera 7 Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler sesuai dengan jadwal yang di tatapkan 8 Aktif membaca di perpustakaan 9 Aktif dalam kegiatan osisi sesuai dengan tugas dan kewenangnnya 10 Aktif dalam memperingati hari – hari besar nasional 11 Aktif falam memperingati hari – hari besar agama . buku perpustakaan. Menjunjung tinggi norma dan esopanan dengan sesama siswa Bersikap memperhatikan bila mendapat teguran / peringatan dari pihak sekolah Tidak meningglkan sekolah / kelas padajam pelajaran tanpa ijin dari guru piket Tidak melompat pagar / tembok sekolah Tidak keluar masuk kelas saat pergantian jam pelajaran Tidak membuat kegaduhan / keonaran dikelas / disekolah Tidak terlibat perkelahian antar pelajar dalam sekolah maupun antar sekolah Tidak membawa / menghisap rokok di sekolah. bangku. Sopan terhadap sesama taman. alat – alat laboraturium. Tidak terlibat narkoba baik dikelas maupun di luar sekolah Tidak membawa / mengedarkan VCD/ buku porno serta peralatan yang bukan keperluaan sekolah.ibat pencurian baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah Tidak melakukan pemerasan terhadap sesama siswa di sekolah / diluar sekolah Tidak memalsukan tanda tangan atupun maupun dokumen lainnya Menjaga fasilitas sekolah dengan baik (tidak mencoret / merusak tembok. dinding. kuri. guru. serta karyawan sekolah.CRITERIA PENILAIAN KEPRIBADIAN SISWA TAHU PELAJARAN 2007 / 2008 a. idak melakukan pelecehan seksual / tindakan susila Tidak membawa senjata tajam maupun senjata api Tidak ter. Tidak melanggar dan membangkang tata tertib sekolah yang lain NILAI 1 2 3 4 b.

00 = Kurang = Cukup = baik = sangan baik (K) (C) (B) (SB) .5 2. Dengan criteria : Rata nilai antara Rata nilai antara Rata nilai antara Rata nilai antara 1 1. KERAPIAN NILAI 1 2 3 4 no 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Uraian Memakai seragam sekolah yang bersih dan rapi dengan kelengkapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku Tidak memakai perhiasan yang berlebihan Tidak mengecat rambut dan memanjangkan kuku Rambut dipotong rapi khususnya laki – laki rambut harus pendek Tidak bertato Memakai pakaian olahraga sesai dengan ketemtuan yang berlaku Buku catatan – buku pegangan dan buk u paket disampul dan tersususn rapi didalam tas Memiliki kelengkapan alat tulis menulis yang di perlukan disekolah Membuang sampah pada tempatnya.5 S/d S/d S/d S/d 1.c.5 3.49 2.49 4.49 3.

siswa berhak untuk menggunakan fasilitas yang ada di sekolah (perpustakaan. pelajaran dimulai pukul 06. ujian sekolah / ujian nasional. 6. siswa berhak mengkuti pelajaran selama tidak melanggar tatatertib yang telah ditetapkan 2. 11. ikut bertanggug jawab atas terpeliharanya gedung / kelas / lingkungan sekolah. bagi siswa yang membawa kendaraan sepeda / sepede motor agar memarkirnya di tempat yang telah disediakan dalam keadaan terkunci dan tunduk pada aturan perparkiran. siswa berhak untuk memilih.30 b. gurudan siswa pada umumnya. bersedia mendatangkan orang tua / wali sewaktu – waktu apabila sekolah memerlukan (mengambil raport / penggilan konsultasi masalah putra / putrinya) 12. siswa yang terlambat atau dating setelah tanda masuk di bunyikan tidak di perkenankan langsung masuk ke kelas tapi harus melaporpada bapak / ibu guru piket dan di catat sebagai siswa terlambat (mendapat point) d. melengkapi alat – alat keperluan sekolah bagi dirinya sendiri 9. mengikuti minimal 1 jenis kegiatan ekstra kurikuler yang telah ditetapkan sekolah 3. 8. mentaati semua peratiran sekolah. semua siawa harus hadir di sekolah selambat – lambatnya 5 (lima) menit sebelum pelajaran dimulai c. ikut menjaga nama baik sekolah. 5. laboraturium. siswa berhak mengikuti ulangan harian. mengikuti . 2. menghormati kepalas sekolah. Dengan catatan telah mendapat ijin penggunaan dari wakasek sarana dan prasarana dan bersedia menjaga kebersihan dan keamanan dan sarana prasarana sekolah. kebersihan dan ketertiban kelas / sekolah pada umumnya 4.Criteria pelangggaran dan sanksi siswa tahun pelajaran 2007 / 2008 1. guru. dll) yang dapat membantu kelancaran kegiatan siswa.selambat – lambatnya tanggal 10 setiap bulan. KEWAJIBAN SISWA 1. baik di dalam maupun diluar sekolah. staff karyawan maupun sesama taman 7. berpakaian seragam sekolah lengkap sesuia dengan ketentuan yang berlaku 10. taat kepada guru dan staf / kepala sekolah 2. membantu kelancaran pelajaran baik di kelas maupun di sekolah pada umumnya. siswa dapat meminjam buku dari perpustakaan sekolah tanpa dipungut biaya dengan mentaati peraturan perpustakaan yang berlaku 3. aula. MASUK SEKOLAH a. ikut bertanggung jawab atas keamanan . UKS. siswa yang tidak masuk hanya di benarkan bila sungguh – sungguh sakit atau keperluan lain yang sangat penting dan harus ada surat keterangan dokter atau seurat keterangan dari orang tua (wali). bila tidak menyerahkan dianggap tidak masuk tanpa ijin. sesuai jadwal yang telah ditetapkan dengan catatan siswa talah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan panitia / sekolah . ulangan umum. 6. melaksanakan ekstra kurikuler sesuai dengan jenis ekstra kurikuler yang telah ditetapkan sekolah (minimum 1 maks 2 ) 5. siswa berhak mendapat perlakuan yang sama dalam menerima layanan pendidikan dan pengajaran dari seluruh bidang studi yang telah di tetapkan dari kurikulum yang berlaku 4. membayar uang administrasi sekolah sesuai ketetapan. HAK –HAK SISWA 1. semua perbot / peralatan sekolah 3.

HAL SIKAP DAN PRILAKU Siswa dilarang : a. Menyerang guru atua pegawai sekolah c. jumat : seragam batik (baju batik. l. Berkelahi di lingkungan sekolah d. j. Membawa / membunyikan petasan.ajaran. upacara bendera : seragam putih abu – abu lengkap lengkap dengan atributnya dan memakai topi OSIS SMA Negeri 4 Surabaya d. Membawa senjata tajam. sepatu hitam polos kaos kaki putih polos b. sikap acuh. Menyalahgunakan uang iuran incidental o. i. Terlibat tawuran antar sekolah e. p. siswa – siswi : rambut tidak boleh si semprot cat warna – warni 3.d kamis : sergam putih abu – abu bege lokasi bedge osis lengkap. t. Mencuri barang orang lain atau sekolah . Memalsukan surat keterangan dari orang tua / wali. bersih. sepatu hitam polos. Membawa / mengedarkan / memakai : miras. k. perhiasan tidak berlebihan : • puteri : hanya diperbolehkan memakai giwang / anting – anting dan jam tanggan dan tidak diperbolehkan ber make up berlebihan • Putera : hanya di perbolehkan memakai jam tangan dan tidak diperkenankan memakai perhiasan / asesoris lainnya serta topi selain topi sekolah 2. HAL RAMBUT a. Melakukan tindak asusila f. SERAGAM SEKOLAH setiap hari siswa diwajibkan berpakaian seragam sekolah yang rapid an sopan serta sesuai dengan ketentuan seragam sekolah : a. m. Tidak mengerjakan tugas r. sepatu hitam polos kaos kaki hitam polos c. siswa putera rambut tidak gondrong dengan ukuran : • ke depan di alis • kesamping diatas telinga • ke belakang diatas krah baju c. bicara saat guru menjelaskan / memberikan pel. Mencoret didnding . sopan den terpelihara b. Tidur. kaos kaki hitam polos ) sabtu : seragam pramuka lengkap dengan atribut. Bertindak tidak span terhadap guru atau personil sekolah b. Membawa dan atau merokok dilingkungan sekolah. Membuang sampah disembarang tempat. rambut dipotong rapi. VCD porno h. q. Meninggalkan kelas tanpa ijin atau berada dikantin pada saar jam pelajaran s.4. senin s. Merusak sarana dan prasarana sekolah. kursi dan pagar. KETENTUAN SERAGAM SEKOLAH 1. Menerima tamu tanpa sepengetahuan pengelola sekolah. selana / rok coklat pramuka. Melakukan pemerasan terhadap orang lain g. pada saat jam pelajaran berlangsung tanpa seijin piket. obat terlarang. dll n.

Kegiatan siswa di sekolah melebihi jam 17. UKS dll) dihalaman sekolah • Tidak hadir disekolah (tanpa surat ijijn orang tua) • Meninggalkan sekolah tanpa ijin (nongkrong di halte. Berpakaian seragam tidak sesuai aturan w. z.u. dll) dihalaman sekolah • Berpakaian seragam sekolah.30 WIB): • Kurang dari 10 menit • Lebih dari 10 menit (ditambah sanksi dan masuk jam ke 2) • Lebih dari 15 menit (harus diantar orang tua. tidak masuk dan berada diluar kota Melakukan tindak sekolah : • menarik resleting • Berkata – kata kotor • Dan lain lain • Bermesraan disekolah • Menarik kebawah celana olah raga • Melakukan penganiayaan di lingkungan sekolah • Berciuman Memalsukan • Memalsukan data pribadi • Memalsukan tanda tangan orang tua / wali • Memalsu tanda tangan guru piket • Memalsu tanda tangan kepala sekolah • Menyalahgunakan uang iuran komite incidental • Menyalahgunakan uang pembayaran administrasi sekolah Tidak tertib dalam upacara Mencoret – coret sarana dan prasarana sekolah Tidak mengerjaklan tugas Membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya) Merusak sarana dan prasarana sekolah Menerima / menggunakan HP saat pelajaran berlangsung Tidur. JENIS DAN POIN PELANGGARAN TATATERTIB SISWA SMA NEGERI 4 no A 1 Jenis pelanggaran Komponen sikap dan prilaku Terlambat hadir di sekolah (masuk sekolah pukul 06. x. masuk kelas pada jam ke 3 ) Membolos : • Meninggalkan kelas tanpa seijin (nongkrong di kantin. tidak masuk dan dilingkungan Surabaya • Berpakaian seragam sekolah. acuh tak acuh berbicar diluar kaitan pelajaran dan tidak tertib saat KBM Tidak terdaftar dalam kegiatan ekstra kurikuler Tidak mengikuti kegiatan yang diwajibkan sekolah Tidak mengikuti upacara tanpa ijin Berbohong dan melindungi taman yang bersalah Mengajak dan membawa teman dari sekolah lain tanpa seijin sekolah Melakukan kegiatan sekolah melebihi pukul 17.00WIB tanpa seijin sekolah Bertindak tidak sopan terhadap guru atau personil sekolah . Masuk dan keluar sekolah lewat jalan yang tidak semestinya atau melompat pagar.00 WIB tanpa seijin sekolah 5. sesama teman Membawa atau merokok di lingkungan sekolah Membawa dan ataumembunyikan petasan diluar sekolah Membawa senjata tajam di lingkungan sekolah Berkelahi didalam lingkungan sekolah sebagai pendukung Tidak bertanggung jawab apabila meminjam barang orang lain Poin 3 5 10 5 5 10 30 40 10 10 10 15 15 20 20 10 15 20 50 50 50 5 5 5 5 10 10 10 10 15 20 20 20 20 25 30 30 30 30 30 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 . Menyebarkan selebaran yang dapat memngganggu kestabilan sekolah. Menggunakan HP pada saat KBM v. Manjadi anggota perkumpulan geng terlarang y.

24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 Merkok diluar / sekitar lingkungan sekolah. masih memakai seragam sekolah Membawa minuman kearas / obat terlarang / gambar / buku VCD porno di lingkungan sekolah Berkelahi didalam lingkungan sekolah sebagai pelaku Berkelahi di luar lingkunagn sekolah pendukung Membawa senjata tajam Berkelahi di dalam lingkungan sekolah sebagai pemrakarsa Melakukan tindak pidana dalam proses kepolisian Menjadi tersangka dalam kasus criminal Berkelahi di luar lingkungan sekolah sebagai pelaku Menyerang / mengancam guru atau pegawai sekolah Berjudi dilingkungan sekolah Mencuri barang orang lain Meyebarkan selebaran yang dapat mengganggu kestabilan sekolah Berkelahi di luar linkungan sekolah sebagai pemrakarsa Melakukan minum – minuman sekolah Membawa (pembawa) narkotika di lingkungan sekolah Memakai (pemakai) narkotika di lingkungan sekolah Mengedarkan (pengedar) narkotika di lingkungan sekolah 35 40 40 40 40 50 50 50 50 50 50 50 50 60 75 75 75 100 NO B JENIS PELANGGARAN KOMPONEN KERAPIAN Seragam : • Seragam / atribut tidak lengkap • Tidak memakai sepatu hitam sesuai aturan seragam • Tidak memakai seragam sesuai aturan yang sudah ditentukan sekolah (menyimpang : ketat. dll) Bersolek : • Rambut gondrong • Rambut di gel (model punk rock. terbuka. dan modifikasinya ) • Bermake-up panggung saat sekolah • Memaklai tato • Memakai anting – anting / kalung dan gelang bagi siswa putra (asesoris) POIN 5 5 5 5 5 5 5 5 Akumulasi sanksi (dikaitkan dengan pelaporan dalam raport) point 13 10 20 30 40 50 60 75 100 Sanksi Teguran lisan Peraturan siswa Penggilan orang tua I Penggilan orang tua II Penggilan orang tua III Penggilan orang tua IV Penggilan orang tua V Penggilan orang tua VI Penggilan orang tua VII Keterangan Pernyataan tanpa materai Pernyataan dengan materai + skorsing (3 hari ) + tugas dan mengganti barang yang dihilangkan Pernyataan dengan materai + skorsing (6 hari ) + tugas Pernyataan dengan materai + skorsing (6 hari ) + tugas Pernyataan dengan materai + skorsing (6 hari ) + tugas Pernyataan dengan materai + skorsing (6 hari ) + tugas keluar Raport B B B B C C C K K .

6. JENIS PENGHARGAAN SIKAP DAN PRILAKU Juara I tingkat nasional Juara II tingkat nasional Juara III tingkat nasional Juara I tingkat propinsi Juara II tingkat propinsi Juara III tingkat propinsi Catatan : Jumlah poin seratus mendapat beasiswa sat bulan SPP Bentuk penghargaan Bebas SPP 24 bulan Bebas SPP 20 bulan Bebas SPP 16 bulan Bebas SPP 12 bulan Bebas SPP 10 bulan Bebas SPP 8 bulan POIN 3 3 4 5 5 5 5 2 . kreatif dan pro aktif untuk kebaikan sekolah Memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kegiatan – kegiatan sekolah Memiliki kesetiawanan social Catatan : Jumlah poin seratus mendapat beasiswa sat bulan SPP No A 1. penghargaan siswa berprestasi No A 1 2 3 4 5 6 7 JENIS PENGHARGAAN SIKAP DAN PRILAKU Berpenampilan sesuai dengan citra pelajar Peduli terhadap kebersihan dan keindahan sekolah Peduli terhadap keamanan dan kenyamanan sekolah Selalu memathi tata tertib sekolah Mempunyai inisiatif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful