PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI GENERASI KE GENERASI

NAMA No. STB KELAS

: MUH. ADISATYA H. : 112333 :J

KATA PENGANTAR

1

DAFTAR ISI 2 . Makalah ini berisikan tentang Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama hingga Generasi Sekarang. Akhir kata. saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan membantu saya dalam pembuatan makalah ini. Semoga mampu memberikan nilai yang memuaskan.Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesai makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. atau.

............................................13 BAB III PENUTUP Penutup...... Perkembangan komputer.....4 BAB II PEMBAHASAN A....................... Latar Belakang.........................5 B............................................................................................................................................................................................................................10 C....................................1 Kata Pengantar.2 Daftar Isi.......................................Lembar Judul.................................. 3 BAB I PENDAHULUAN A......................................................................................... Perangkat keras.......... Gambar.........................................................................................................15 BAB I 3 .......................................

Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. pemindahan informasi antar media. BAB II 4 . Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.LATAR BELAKANG Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan. adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. penggunaan sebagai alat bantu. Oleh karena itu. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. pengelolaan. atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT). Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. manipulasi. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. manipulasi. dan pengelolaan informasi.

Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. PERKEMBANGAN KOMPUTER Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Mouse dan Printer (sbg pelengkap). tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data. Keyboard. Secara luas." 5 . tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika. CPU. dengan atau tanpa alat bantu. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule. sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor. Asal mulanya. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi.A.

Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU). komputer sudah semakin canggih. Contoh komputer generasi pertama atau generasi dinosaurus komputer ini adalah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Dalam sejarah komputer. dan 5 juta titik solder. John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. ada 5 generasi dalam sejarah komputer.000 resistor.Saat ini. Tetapi. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. 1.000 tabung vakum. Pada pertengahan 1940-an. sekeren dan seringan sekarang. komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. secanggih. Terdiri dari 18. Komputer Generasi Pertama Mungkin dapat kita katakan pada masa ini adalah masa komputer dinosaurus. Pada masa ini komputer berukuran sebesar ruangan dengan kemampuan komputasi yang sangat lambat. yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk 6 . 70. sebelumnya komputer tidak sekecil. Sedangkan yang dapat mengoperasikan komputer jenis ini adalah orang-orang yang sudah terlatih.

hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. di universitas. memory. UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). sistem operasi. Setidaknya masih seukuran dengan almari pakaian kita sekarang ini. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Pada tahun 1965. Komputer Generasi Kedua Pada awal 1960-an.dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. 2. 7 . tapi komputer pada generasi ke dua ini masih berukuran raksasa. mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis. Komputerkomputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. dan di pemerintahan. penyimpanan dalam disket. Tahun 1951. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Walaupun ukurannya berkurang drastis. dan program.

Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.Dengan konsep ini. yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. 3. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini. komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. seorang insinyur di Texas Instrument. dan ahli sistem komputer). komputer menjadi semakin kecil karena komponen. dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar.komponen dapat dipadatkan dalam chip. Komputer Generasi Ketiga Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata. analyst. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. 8 . Jack Kilby. kalimat. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Hasilnya. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.

Komputer Generasi Keempat Kalau pada masa generasi ke empat ini komputer sudah nggak aneh lagi kita bayangkan. 4. II. Dual Core. Untuk intel mulai dari intel i386 sampai dengan intel Pentium I. yang akan 9 . III.Pada masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. Komputer pada masa ini adalah komputer yang kita lihat sekarang dengan berbagai keunikan dan kecanggihan. Komputer generasi ke empat ini menggunakan microprocessor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat.1. Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia. Kesemuanya ini berkembang sesuai irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi. IV. atau komputer kantor dan rumahan. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3. Komputer Generasi Kelima Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil. dan Quad Core. Core 2 Duo. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel. yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos. 5.

Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal. menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. PERANGKAT KERAS 1. Komputer Generasi Pertama P ada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand. yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. B. Setiap komputer 10 . Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Tahun 1951. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.menggantikan model non Neumann. yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU).

IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. Komputer Generasi Keempat IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Jack Kilby. sementara saingannya masih menggunakan 11 . mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip 4. penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. radio. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. dan komputer. seorang insinyur di Texas Instrument. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Komputer Generasi Ketiga Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum. namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Akibatnya.memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hasilnya. Transistor menggantikan tube vakum di televisi. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya. 2. Komputer Generasi Kedua Pada tahun 1948. 3. yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.

yang akan menggantikan model non Neumann. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Pentium. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel. Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6. Pentium II. yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi 12 . Pentium III. Komputer Generasi Kelima Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.komputer yang berbasis teks. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. 5. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun. Pada masa sekarang. kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486. dsb. Athlon.

C. GAMBAR 1. Komputr generasi Pertama 2. Komputer Generasi Kedua 13 .

3. Komputer Generasi Kelima 14 . Komputer Generasi Keempat 5. Komputer Generasi Ketiga 4.

BAB III PENUTUP Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya referensi yang saya ada hubungannya dengan judul makalah ini. banyak berharap pembaca memberikan kritik dan saran yang berikutnya. membangun kepada saya demi sempurnanya makalah ini di kesempatan – kesempatan pembaca yang budiman pada umumnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para 15 .

Tabloit PC Linux Edisi 120 – 130.DAFTAR PUSTAKA Sudirman. Perkembangan Komputer. Artikel untuk IlmuKomputer. Ivan.com. 16 . 2003. Wahono Romi Satria.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful