BAB I PENDAHULUAN

a.

Latar Belakang Pendidikan merupakan jawaban untuk meningkatkan dan perkembangan suatu bangsa oleh sebab itu semua elemen dalam suatu negara mutu mempunyai tanggung jawab untuk tujuan peningkatan pendidikan pendidikan. Untuk tercapainya

secara Nasional

ditentukan oleh banyak faktor

pendukung terutama sekolah sebagai sarana formal yang didalamnya terdapat guru, kelengakapan sarana dan prasarana dan lain-lain, melalui proposal ini juga kami coba memohon bantuan kepada Bapak sudi kiranya memberikan Program BLOCK GRAND BOMM dalam meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Aceh sangat diperlukan yang sekarang ini oleh SMA Darussa`adah tersalurkan. Swasta Sekolah Pangou, Menengah sehingga Atas proses (SMAS) belajar Swasta mengajar dan mengembangkan minat serta bakat siswa dapat Darussa`adah Pangou, Kabupaten Aceh Timur merupakan suatu sekolah hasil bantuan Masyarakat Sekitar, dan masih banyak harus berbenah dalam hal sarana dan prasarana pendukung khususnya manajemen mutu untuk keperluan proses belajar mengajar. SMA Darussa`adah Swasta Pangou adalah sekolah baru yang diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tinur dan resmi menerima siswa baru pada tahun ajaran 2010/ 2011. Keadaan saat ini jumlah siswa 257 orang yang terdiri dari 9 rombongan belajar dengan perincian sebagai berikut :
N O 1. 2. 3. Kelas X (Umum) Jumlah Jumlah Seluruhnya Jumlah Siswa Umum IPA 23 Orang 23 Orang 23 Orang IPS Jumlah Kelas IPA IPS 1 -

1 Rombel

1

Sekarang ini sudah memasuki era globalisasi, dengan perkembangan informasi dan teknologi yang begitu pesat, maka sangat diharapkan siswa bisa memperoleh ilmu pendidikan yang siap bersaing didunia pekerjaan. Dengan harapan siswa tidak ketinggalan dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Idi Tunong merupakan sekolah baru hasil bantuan Masyarakat Sekitar yang masih banyak kekurangan sarana dan prasarana, dengan proposal diberikan melengkapi ini kami sarana sangat mengaharapkan bantuan BLOCK GRAND BOMM dan meningkatkan yang untuk mutu oleh Program

prasarana

pendidikan dalam proses pembelajaran. b. Tujuan Adapun yang menjadi tujuan SMA Darussa`adah Swasta Pangou adalah : Dengan 1. 2. 3. dijadikannya sekolah SMA Darussa`adah Swasta dalam Pangou sebagai penerima bantuan diharapkan : Siswa dapat mengembangkan bakat dan minat proses pembelajaran yang diajarkan oleh para pendidik. Melengkapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar. Menciptakan suasana belajar yang nyaman, aman dan lebih tertarik, sehingga para peserta didik lebih senang untuk materi yang diberikan oleh para pendidik. 4. 5. Untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya SMA Darussa`adah Swasta Pangou . Untuk menambah sarana dan prasaran yang tidak dapat dberikan oleh bantuan Masyarakat Sekitar c. Sasaran Program Sasaran utama dari proposal yang kami ajukan adalah meningkatkan sarana prasarana dan meningkatkan

2

manajemen mutu sekolah serta Peningkatan Mutu Pendidikan. Meningkatkan kesadaran siswa dalam sikap dan bertingkah laku sesuai dengan ajaran agama islam. dan mengembangkan bakat minat siswa. Hasil yang diharapkan Dengan pada SMA bantuan ini yang Swasta diberikan Pangou kepada akan SMA Darussa`adah Swasta Pangou. Memberikan motivasi kepada siswa agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. bertaqwa. bersikap dan bertingkah laku yang bernuansa islami”. dengan adanya Program BLOCK GRAND BOMM bermakna dalam mempelajari materi serta dengan dapat harapan para peserta didik lebih memahami. b. diharapkan Mutu Pendidikan Darussa`adah semakin meningkat. 3 . d. Melaksanakan bimbingan dalam proses pendidikan melalui pembelajaran yang berkualitas. Hal ini sesuai dengan Visi dan Misi SMA Darussa`adah Swasta Pangou sebagai berikut : Visi Sekolah : “ Mewujudkan prestasi gemilang dengan disiplin. menarik. c. Misi Sekolah : a.

maka kami sangat mengharapkan Program BLOCK GRAND BOMM sebagai bantuan untuk meningkatkan manajemen mutu pendidikan dan meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam proses pembelajaran. a.BAB II POTENSI SEKOLAH Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai serta kondisi sekolah saat ini. Untuk kelancaran proses administrasi perkantoran sekolah dengan jumlah 1 4 . Potensi Internal Semua unsur yang terkait sangat menyambut baik dengan adanya bantuan yang diberikan oleh Program BLOCK GRAND BOMM dalam proses belajar mengajar. dengan harapaan mutu pendidikan SMA Darussa`adah Swasta Pangou bisa bersaing di dunia usaha dan dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta.

Oleh karena itu kami sangat mengharapkan bantuan dapat diberikan demi untuk kecerdasan anak Bangsa sebagai pemimpin di kemudian hari.rombongan belajar dan jumlah siswa 23 orang. yang serba kekurangan. dengan 1 rombongan belajar hasil bantuan Masyarakat Sekitar. Potensi Eksternal Sekolah SMA Darussa`adah Swasta Pangou adalah sekolah yang terletak di Pinggiran Kecamatan Idi Rayeuk yang merupakan Pusat Kota Kabupaten Aceh Timur. bertaqwa. Visi “ Mewujudkan prestasi gemilang dengan disiplin. b. dengan adanya bantuan tersebut siswa dapat belajar dengan serius dalam meningkatkan kemampuan dirinya dalam menerima ilmu pengetahuan yang di ajarkan oleh para pendidik. bersikap dan bertingkah laku yang bernuansa islam. BAB III PROGRAM KERJA SMA DARUSSA`ADAH SWASTA PANGOU TAHUN 2010/ 2011 Penyusunan Program SMA Darussa`adah Swasta Pangou Tahun Pelajaran 2010/ 2011 mengacu pada A.” 5 .

Unggul dalam pembinaan budaya daerah 4. Meningkatkan kesadaran siswa dalam bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan ajaran agama islam. kreativitas. Memanfaatkan potensi dan sumberdaya sesuai kebutuhan 2. Melaksanakan serap. 4. Menjaga dan merawat sarana fisik sekolah sebagai tempat penyelenggarakan pendidikan secara terus menerus. Melibatkan sebuah komponen sekolah mulai dari Kepala Sekolah. Strategi 1. Unggul dalam disiplin. Mengembangkan manajemen sekolah yang berorientasi pada School development staf management. Unggul dalam prestasidan aktivitas lingkungan hidup 3. Dewan Guru. Tujuan Sekolah 1. Siswa. Mengembangkan infra struktur dan lingkungan sekolah sehingga memiliki daya dukung terhadap keberhasilan 6 . 2. C. sehingga mampu mendukung kemndirian. Staf/ Karyawan. serta Komite Sekolah untuk menjaga fasilitas sekolah pada saat kegiatan sekolah berlangsung maupun kegiatan sekolah tidak berlangsung. aktualisasi. Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik 5. Memberikan motifasi kepada siswa agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. 3. Lingkungan sekolah berdaya guna dalam mendukung proses belajar yang menyenangkan dan dalam pembinaan kepribadian. dan kesejahteraan seluruh personal sekolah. 2.Indikator Visi 1. 3. Melaksanakan bimbingan dalam proses pendidikan melalui pembelajaran yang berkualitas. proses belajar mengajar serta proses pendidikan untuk tercapainya kurikulum dan target daya D. Misi 1. B. aktivitas dan prestasi keagamaan 2.

Pembinaan OSIS dan penyelenggaraan Eskul dapat berfungsi sebagai wadah pembinaan kepribadian. 3. 5. serta terhadap seluruh aktivitas sekolah. Siswa dan seluruh warga sekolah terbiasa hidup bersih. 6. terutama yang berkaitan dengan Kepribadian. dapat berjalan dengan baik. 4. Pembinaan English Club serta pengkondisian sekolah melalui pelaksanaan English Day. 2. 3. Sasaran 1. 7. 4. minimal untuk budaya Aceh. baik struktur ataupun program kerja. 7 . Siswa memiliki kompetensi keagamaan yang memiliki nilainilai praktis dan terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. E. diselaraskan dengan sesuai yang program dengan terjadi pengembangan sekolah. pelatihan dan aktualisasi siswa. melalui upaya pengkondisian. kreativitas dan aktualisasi siswa. Terselenggara pembelajaran TOEIC. Mengoptimalkan peran serta siswa dalam setiap program sekolah melalui penataan OSIS. Pembinaan budaya daerah dapat terselenggara secara optimal. TOEFL. Mengarahkan tuntutan pengembangan dan sekolah perubahan kebutuhan dimasyarakat dan antisipasi Era Global. Presentasi siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri mencapai 40 % dari jumlah pendaftar. media kreativitas dan aktualisasi diri siswa serta menunjang keberhasilan kegiatan belajar siswa. sehat dan mencintai lingkungan hidupnya.pembelaaran. Implementasi Kurikulum KTSP dapat berlangsung sesuai dengan tuntutan dengan ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang handal serta sarana dan prasarana yang memadai. Penguasaan Implentasi ICT serta Penguasaan terhadap Bahasa Inggris.

Standar sarana dan prasarana 5. komite. Fungsi Pendukung PBM KETENAGAAN Faktor Internal 1. Standar isi dan standar kompetensi lulusan 2. Standar pendidik dan tenaga kependidikan 4. FUNGSI PBM Faktor Internal 1. Positif Menyambut dan KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K √ - √ - √ - √ √ √ - Penyusunan perangkat penilaian √ - Positif √ - B. Analisis Kesiapan Fungsi (ANALISA SWOT) Sasaran 1 : Kesiapan Warga Sekolah Melaksanakan Kurikulum KTSP FUNGSI DAN FAKTORNYA A. Keterlibatan personal sekolah 2. Standar penilaian Faktor Eksternal 1. Standar Ppengelolaan 6. Seluruh proses pendidikan terdukung oleh sarana prasarana yang memadai. F. Apresiasi komite & masyarakat terhadap pelaksanaan program SKM Penyusunan dan penyempurnaan dokumen kurikulum Penyusunan RPP pengembangan bahan ajar Tenaga pendidik sebagian honorer Kura ng Penyusunan program pengelolaan Tersedia dana Masih kurang pelatihan penyelenggara sekolah tentang KTSP Sebagian besar guru telah menyiapkan perangkat pembelajaran ini 45 % tenaga pendidik. Kualifikasi guru untuk kelas X Setiap personal terlibat dengan tugas yang jelas Masih Kurang Minimal S-1 Masih terpusat pada guru mata pelajaran Perlu Penambahan Sebagian S-1 √ √ √ - 8 .8. dan Block Grant. Standar proses penyusunan perangkat pembelajaran 3. Perlu tambahan segera Telah disusun program pengelolaan Adaya bantuan dana dari APBD. Standar pembiayaan 7. Telah tersedia perangkat penilaian. Jumlah guru 3.

Prestasi siswa dalam lomba mata pelajaran Mendukung Banyak Animo siswa tinggi Terbanyak diantara eskul yang ada Mendukung Banyak √ √ √ √ - FUNGSI DAN FAKTORNYA 4. Kesiapan siswa mengikuti kredi semester Dukungan tinggi Anggota DKM banyak 2. Media pembelajaran 6. Sarana IT Faktor Eksternal 1. Kesempatan aktifitas keagamaan diluar sekolah KRITERIA KESIAPAN Tercermin dalam kehidupan sehari-hari Ada KONDISI NYATA Belum seluruh siswa Ada TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K - √ - √ Banyak Ada - √ SARANA DAN PRASARANA Faktor Internal 1. Keterlibatan tenaga ahli dari luar dalam pelaksanaan SKM Banyak Ada √ - Ada Ada √ - KESISWAAN Faktor Internal 1. Media kreativitas siswa 7. Laboratorium IPA 2. Tempat wudhu/ WC 5. Bantuan pengadaan sarana dari luar Tidak Ada Tidak Ada Tidak Ada Mencukupi Tidak Ada Ada Kurang Ada Belum memiliki Belum memiliki Belum memiliki Masih perlu penambahan Belum memiliki Belum memiliki Belum memiliki Ada √ √ √ - - √ - √ √ √ √ 9 . Jumlah guru yang memiliki kompetensi baik Faktor Eksternal 1.4. Kapasitas Lab 3. Penyelenggara kegiatan yang mengikutsertak an peserta dari luar Faktor Eksternal 1. Perpustakaan 4. Aktivitas siswa dalam bidang akademik 3. Implementasi kompetensi bidang studi 5.

TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K FUNGSI DAN FAKTORNYA A. Prestasi dalam pembelajaran PAI √ Positif Positif √ - Ada Ada √ - FUNGSI DAN FAKTORNYA Faktor Eksternal 1. Keterlibatan personal Setiap personal terlibat dengan tugas yang Masih terpusat pada guru agama √ - - √ 10 . Fungsi Pendukung PBM KETENAGAAN Faktor Internal 1. Pelaksanaan pembinaan IMTAQ Tidak hanya tatap muka dikelas memiliki data base siswa dalam pembinaan IMTAQ Ada Penekanan masih terlalu berorientasi pada pengembangan kognitif Penekanan masih terlalu berorientasi pada pengembangan kognitif Banyak dilaksanakan diluar jam pelajaran. Belum memiliki Ada - √ - √ √ - - √ - 4. FUNGSI PBM Faktor Internal 1. Pelaksanaan evaluasi Uji kompetensi 3. Prestasi dalam pembelajaran PAI Faktor Eksternal 1.Sasaran 2 : Siswa memiliki kompetensi keagamaan yang memiliki nilai-nilai praktik dan terimplentasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apresiasi masyarakat terhadap pelaksanaan program IMTAQ 2. Apresiasi masyarakat terhadap pelaksanaan program IMTAQ KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K Positif Positif √ - B. Pembelajaran PAI KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA Membagun kompetensi siswa 2.

Prestasi siswa dalam banyak lomba keagamaan 9. Penyelenggara kegiatan keagamaan yang mengikut sertakan peserta dari luar. Kualifikasi guru agama dalam bidang keagamaan 3. Pemberdayaan siswa Eskul keagamaan Anggota DKM Banyak Minimal S-2 DKM Terbanyak diantara eskul yang ada Seluruhnya S-1 √ √ √ - 2.sekolah 2. Jumlah guru yang memiliki kompetensi keagamaan (diluar guru agama) 8. Kesempatan aktifitas keagamaan diluar sekolah Banyak Ada - √ Ada Ada √ - Tercermin dalam kehidupan sehari-hari Ada Belum siswa Ada seluruh - √ - √ Banyak Ada - √ SARANA DAN PRASARANA Faktor Internal 1. Jumlah guru agama 3. Perpustakaan Masjid Ada Ada Ada Belum ada Belum ada Belum ada √ √ √ - 11 . Implementasi kompetensi keagamaan 10. Mesjid 2. Faktor Eksternal 2. Kapasitas Mesjid 3. Jumlah guru yang memiliki kompetensi keagamaan (diluar guru agama) Faktor Eksternal 1. Keterlibatan tenaga ahli dari luar dalam pelaksanaan program IMTAQ jelas. Kualifikasi guru agama 4. Mencukupi Minimal S-2 Banyak Mencukupi Sebagian S-1 Ada √ √ - - √ Ada Ada √ - KESISWAAN Faktor Internal 2.

Petugas inventaris barang 2. Tenaga ahli dari luar. Ruang belajar KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA 2. Alat olah raga Kondisi baik Jumlahnya mencukupi Tidak ada Tidak Ada Tidak Ada Ada Ada - Tidak Baik Belum Belum memiliki Belum ada Belum ada Masih perlu pengembangan Belum ada sangat perlu √ - - √ √ √ √ √ √ √ - B.FUNGSI DAN FAKTORNYA 4. Tempat wudhu/ WC 5. Laboratorium 3. Bantuan pengadaan sarana dari luar KRITERIA KESIAPAN Mencukupi Mencukupi Ada KONDISI NYATA Masih perlu penambahan Masih perlu penambahan Nasyid. Alat praktikum 5. TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K FUNGSI DAN FAKTORNYA A. Lapangan olah raga 7. Fungsi Pendukung PBM KETENAGAAN Faktor Internal 1. Media pembelajaran PAI 6. Media kreativitas siswa Faktor Eksternal 1. Media pembelajaran 6. FUNGSI PBM Faktor Internal 1. Petugas pemeliharaan Faktor Eksternal 1. untuk perbaikan Ada Banyak Ada Ada Banyak Ada √ √ √ - KESISWAAN Faktor Internal 12 . Perpustakaan 4. Mading DKM Ada TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K - √ √ - √ √ Ada - Sasaran 3 : Seluruh Proses Pendidikan terdukung oleh Sarana dan Prasarana yang memadai.

Kantin Kejujuran 4. Ruang Waka sekolah 6. Unit informasi sekolah √ √ - √ √ √ √ Setelah mengevaluasi pelaksanaan program kerja SMA Darussa`adah Swasta Pangou tahun pelajaran 2010/ 2011.1. program kerja tersebut akan dilaksanakan sesuai yang telah ditentukan di tahun pelajaran 2010/ 2011. Ruang OSIS Memadai Ada Ada Tidak Ada Tidak Ada Memadai Belum Belum Belum Belum ada ada ada ada √ √ √ - - √ √ √ - KESISWAAN Faktor Internal 1. Hal ini tidak terlepas dari berbagai pertimbangan kendala serta situasi yang sering sulit diatasi. WC siswa 3. Secara garis besar pelaksanaan program kerja SMA Darussa`adah Swasta Pangou tahun pelajaran 2010/ 2011 dapat diklasifikasi sebagai berikut : a. Kantin siswa 4. Sanggar eskul 3. Namun demikian ada pula beberapa program yang belum dilaksanakan. Ruang kesenian 5. Ruang kesenian 5. Program harapan : yang dapat dilaksanakan sesuai dengan 13 . Sarana ibadah 2. Sanggar eskul 3. bahkan yang ada sama sekali belum/ tidak dilaksanakan. Ruang OSIS KRITERIA KESIAPAN Tidak Lengkap Tidak Lengkap Tidak Ada Tidak Ada Lengkap Mencukupi Representatif Ada Tidak Ada Tidak Ada Ada KONDISI NYATA Belum Ada Masih perlu pengembangan Belum ada Belum ada Belum ada Perlu penambahan Belum/ kumuh Belum ada Belum ada Belum ada Belum ada TINGKAT KESIAPAN SIA TIDA P K - √ √ √ √ √ - SARANA UMUM 1. Alat kesenian 4. Kumputer untuk administrasi 5. Sarana kreativitas siswa Memadai Memadai FUNGSI DAN FAKTORNYA 2. Sarana kreativitas siswa 2. Alat kesenian 4.

Materi yang dikemukan menjelang akhir cawu/ tahun pelajaran: a. Materi yang dikemukakan antara lain : 5. a. Persiapan pelaksanaan penyelesaian Ujian Akhir Nasional (UAN). Masalah ketetiban siswa dan guru. Penyusunan administrasi kepala sekolah. Administrasi guru dan wali kelas. Kegiatan Kurikulum 14 .1. 7. Persiapan pelaksanaan dan penyelesaian tes/ ulangan umum/ semester. 8. b. 1. Evaluasi KBM. 6. 9. tatalaksana/ karyawan dilaksanakan secara kontinu terutama dalam administrasi Guru. c. Karyawan. Persiapan penilaian dan ketuntasan belajar. Kegiatan Umum. b. Pengisian papan data sekolah. Wali kelas. Pembagian tugas guru/BK. Rapat dinas dengan guru-guru yang diselenggarakan setiap bulan dapat dilaksanakan dengan baik secara efektif dalam melaksanakan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah serta memperlancar komunikasi antar guruguru. Pembagian STTB & STK dan acara perpisahan. Rapat kelulusan / keberhasilan dan kenaikan kelas. c. Persiapan pembagian rapor. d. 2. kepala sekolah dan tata laksana.Kedisiplinan Tata Tertib. 4. Lain-lain. Persiapan pengisian rapor. 3. Materi yang dikemukakan menjelang akhir tahun pelajaran a. Penyususnan program kerja sekolah tahun pelajaran 2010/ 2011.

15 7. Penyusunan program Penyusunan panitia. Penataan administrasi Kepala Sekolah. c. Organigram kelas. 2. Pemeriksaan satpel. Agenda harian dan kelas. 5. c. b. 8. Buku nilai. Format daftar 5K. 10. Kegiatan Kesiswaan 1. Ikrar hidup bersih. b. 9. Penjabaran kalender pendidikan.1. Pengayaan dan perbaikan. g. Penbagian tugas bagi Guru. Gambar presiden dan wakil presiden. a. d. b. Pembagian rapor STTB. Penyusunan jadwal pelajaran. Administrasi ULUM semester. UAN dan administrasi BK. Pelaksanaan kegiatan Masa Orientasi Studi bagi siswa baru tahun pelajaran 2010/2011. Format tabel ketuntasan belajar: Daya serap siswa. i. Format daftar pengajaran. 4. Persiapan pelaksanaan dan penyelesaian ULUM terdiri dari : a. b. 3. Pelaksanaan ULUM dan UAN. Absensi siswa. e. dan tes kesegaran jasmani. a. Lambang garuda pancasila. h. f. Satuan pelajaran. Administrasi wali kelas: Legger. Format daftar piket. . b. Tata Usaha. 6. Penyediaan persiapan KBM terdiri dari : a. c. Analisis soal tes.

Siswa memilih secara langsung pengurus OSIS dari hasil perolehan banyak suara. Kepengurusan OSIS Pergantian pengurus OSIS a. c. Mengadakan pencalonan pengurus OSIS periode tahun 2010/2011. 2.a. d. b. Seleksi penerimaan siswa SMA Darussa`adah Swasta Pangou. c. 16 . Menyusun Garis Besar Program Kerja (GBPK) OSIS. Menyusun jadwal kegiatan OSIS. b. Pelantikan pengurus OSIS baru. 3. g. Melaksanakan dan membantu pelaksana Masa Orientasi Studi (MOS) dan tes kesegaran jasmani. Membenahi dan mempersiapkan program kerja setiap unit seksi. d. d. 4. e. 2. Membuat laporan hasil pelaksanaan. Menyeleksi calon pengurus OSIS dari hasil kampayenya. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa. Keorganisasian a. Laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS. e. Mengadakan media komunikasi OSIS (majalah sekolah/ dinding). 3. a. e. Mengatur jadwal piket secretariat. Membuat laporan kepada Kepala Sekolah mengenai calon pengurus OSIS. Memantapkan OSIS dan mengembangkan program . Pembinaan berorganisasi 1. c. f. Pembenahan administrasi OSIS. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan. Menyusun struktur organisasi OSIS. Kesekretariatan Administrasi. 4. Mengadakan forum diskusi ilmiah. b. Menyusun panitia pelaksana.

Mengadakan PORDIKESAK 2. 9. 7. 6. Ekskul paduan suara. Ekskul bola basket.5. Ekskul teater. 4. Mengikutsertakan lomba-lomba ekstrakurikuler lainnya. b. Ekskul PMR. 8. Mengadakan kegiatan-kegiatan peringatan hari-hari besar nasional dan hari-hari besar keagamaan. Kunjungan antar sekolah (School Meeting). Melaksanakan upacara bendera setiap hari senin. Mengadakan LAK (lomba aktifitas dan kreatifitas siswa). 4. Psikotest. 3. e. 7. d. Mengadakan rapat rutin intern dan antara pengurus dengan para ketua kelas secara periodik c. Kegiatan rapat suatu pementasan. pameran dan 1. Kegiatan temporer 1. Mengadakan kegiatan acara penglepasan lulusan kelas XII dan apresiasi seni 17 . 6. Ekskul kerokhanian/DKM. 2. 2. 5. Silahturahmi OSIS di hari Raya Idul Fitri 1431 H. Kegiatan Khusus 1. Melaksanakan seleksi bea siswa bagi siswa yang dikategorikan prasejahtera dan sejahtera I. Mengorganisasi bazaar. Ekskul sepak bola. ekskul kesenian daerah/ modern. Kegiatan ekstrakurikuler 1. 5. Ekskul bola volley. 3. Ekskul paskibra. 8.

penggunaan ruangan dan meubeler. c. 5. Perbaikan alat kantor lainnya Perawatan computer. Penambahan 2 (dua) Ruang kelas Penambahan 1 (satu) unit Laptop. Fungsionalisasi ruang. Perbaikan mesin cetak soal. c. Kontrol lingkungan. 12. b. f. Kegiatan Sarana/ Prasarana 1. 11. Pemeriksaan kebersihan lingkungan. c. 3. dan pengadaan alat-alat a. ilmiah. Pembuatan / pembelian meubel baru bagi siswa. c. Pelaksanaan 5 K a. bangunan dan meubeler Pengaturan. d. Seleksi calon/ siswa teladan. 10. a. Perbaikan meja dan kursi siswa.9. d. b. Mengadakan kegiatan acara maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H. penataan. e. Evaluasi pelaksanaan kebersihan lingkungan. b. Perbaikan saluran yang rusak. Perbaikan mesin tulis kantor. Perbaikan instalasi listrik perbaikan instalasi. Pengadaan meja dan kursi guru. Menata keindahan lingkungan sekolah. Mengikutsertakan kegiatan lomba yang bersifat Penerapan disiplin/ Wiyata mandala. 2. Pengadaan dan perbaikan meubeler a. Pergantian alat yang rusak. Pemeliharaan dan inventarisasi a. b. b. Pembelian alat-alat instalasi listrik 18 . c. Perawatan Laptop 4.

Perbaikan kaca jendela. Perbaikan papan tulis. Perbaikan Lab. Perbaikan ruang kantor. Pelaburan dinding dan pilar. b. g. 13. Pemasanagan Instalasi internet 6. 11. Perbaikan pintu bagian luar. c. 7. Pengecatan pintu. a. Pengadaan ATK untuk proses pembelajaran dan kantor 19 . d. b. a. kusen dan jendela. IPA Pengkramitan lantai kelas. c. Perawatan istalasi air ledeng dan sarana air pompa. b. Perawatan bangunan sekolah a. Perbaikan pipa saluran. Perbaikan kran air. c. Pengadaan dan perbaikan pagar halaman serta pengadaan pagartanaman bagian dalam sekolah 9.d. 10. Pengecatan pagar. Perbaikan plafon bangunan kelas dan kantor. Pemeliharaan dan perbaikan pagar halaman serta pengadaan tanaman a. 8. Perbaikan ruang perpustakaan. 12. Perbaikan kantin sekolah. f. Perbaikan pintu. Perbaikan atap/ genteng bocor. d. e. i. Perbaikan bak penampungan air. Perawatan prasarana kelas dan ruang lainnya Pengadaan alat-alat kebersihan Rehabilitasi fasilitas bangunan Perbaikan ruang kelas. h. b.

Pengadaan lemari guru. b. 20 . Pengadaan Lab. f. Perbaikan mesin kantor lain. Pengadaan alat pembelajaran lainnya. Penunjang kegiatan praktek kesenian. IPA. b. j. c. b. Perbaikan alat praktikum. g. Pengadaan/ perbaikan alat/ bahan praktikum Lab. Alat tulis KBM. Menyebarkan surat undangan.a. komputer dan risograf a. Perbaikan komputer. Alat tulis kantor. Perbaikan dan pengadaan mesin kantor. e. d. Penunjang kegiatan olahraga Referensi buku pengangan guru. Pembelian bahan praktikum. 1. c. Pengadaan mesin kantor lain 15. Kegiatan hubungan masa Penyelenggaraan rapat Rrapat rutin Rapat incidental Rapat temporer a) b) c) d) Menentukan waktu pelaksanaan Membuat surat undangan. i. Pembelian alat praktikum. g. 14. h. d. k. Perbaikan laptop. Bahasa. Pengadaan fasilitas dan sarana pembelajaran a. Perbaikan mesin cetak soal. Pengadaan sarana upacara dan acara lainnya. e. Pelaksanaan rapat dinas.

Hari Kemerdekaan RI.2. Kegiatan lain yang diperlukan. Hari KORPRI. 21 . Berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara bendera. Hari Sumpah Pemuda. Menghubungkan tamu dengan yang dituju. Pelayanan terhadap tamu Dinas dan tamu Sekolah Menerima tamu. Hari Pendidikan Nasional. Hari PGRI. Merekapitulasi kehadiran guru KBM/ BP-BK Rapat dinas. Hari Guru. a) b) c) Upacara Bendera Upacara hari besar Nasional Upacara • • • • • Menentukan pelaksanaan upacara Pelaksanaan upacara Membuat daftar hadir peserta Upacara khusus Menentukan Pembina upacara. Kegiatan keagamaan. 5. Upacara bendera. Menjalin hubungan baik antara sekolah dengan pengurus komite sekolah Menyelenggarakan rapat pengurus komite sekolah. upacara hari besar Nasional Hari Kartini. Hari Kesaktian Pancasila. 4. Mencatat tamu pada buku tamu. 3.

Kelurahan dan Kecamatan). 7. Pelaksanaan. RW. rapat pembinaan pengurus Mengajukan RAPBS kepada Dinas Pendidikan. Menyampaikan Pendidikan Menginvestarisasi siswa yang wajib bayar. Mengajukan pertanggungjawaban pengelolaan dana pendidikan. Menginvestarisasi siswa yang tidak wajib bayar/ bebas bayar. Kerja sama dengan Orangtua siswa dan para pemerhati pendidikan Menginformasikan prestasi siswa. 6. Membuat notulen rapat. 8. Konsultasi keadaan siswa. Koordinasi dengan pemerintah setempat (RT. Mengadakan rapat paripurna dengan orang tua siswa kelas X. Kerja sama dengan instansi lain Koordinasi dengan Dinas Pendidikan kota dan propinsi Koordinasi dengan aparat keamanan (POLRI. hasil rapat kepada Dinas 22 . Penelusuran bakat dan minat siswa. Menyusun RAPBS. TNI). Koordinasi dengan instansi lain (Pemerintah dan non-pemerintah). Persiapan hari besar Nasional Persiapan. Mengimformasikan hasil rapat kepada orangtua siswa.Menyelenggarakan komite sekolah.

Mengajukan usulan guru dan TU kepada sekolah/ komite sekolah. 9. Kunjungan kepada warga SMA Darussa`adah Swasta Pangou yang tertipa musibah. mendukung pelaksanaan. 11. Berusaha meningkatkan kesejahteraan personal sekolah melalui koordinasi dengan sekolah dan komite sekolah.Pelaporan. seperti : • • • Idul Adha Tahun baru Hijriah Maulid Nabi Muhammad SAW 23 . Perpisahan dengan anggota keluarga SMA Darussa`adah Swasta Pangou. Kegiatan kekeluargaan Mengelola Arisan untuk keluarga besar SMA Darussa`adah Swasta Pangou. Meningkatkan kesejahteraan personal SMA Darussa`adah Swasta Pangou. Menanggapi usulan Guru dan TU. Darussa`adah Pangou untuk memperingati setiap hari besar keagamaan. Peringati hari besar keagamaan Mengkoordinasikan Mengimbau warga personal SMA sekolah untuk Swasta Berpartisipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan. Menghadiri undangan dari keluarga besar SMA Darussa`adah Swasta Pangou. 10. • • • • • Pindah tempat bertugas Selesai masa tugas (pension) Buka puasa bersama Halal bi halal keluarga besar Anjang Sono.

Refresing di luar Sekolah SMA Darussa`adah Swasta Pangou. Rekreasi setiap semester. Daerah tujuan wisata yang direncanakan seperti: • • • Bukit Tinggi Sumatra Barat Brastagi Sumatra Utara Laut Tawar Aceh Tengah NAD. Karya wisata keluarga besar SMA Darussa`adah Swasta Pangou Rekreasi besar tahunan. khususnya mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Timur. 24 . BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan Adapun kesimpulan yang kami harapkan dari proposal ini untuk mendapatkan Program BLOCK GRAND BOMM yang sangat kami perlukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Aceh. serta mengisi lapangan pekerjaan yang sangat dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dan handal dalam membangun dan memimpin Negara yang kita banggakan.• • Isra’Mi’raj Muhammad SAW Idul Fitri 12. dengan harapan proses belajar mengajar yang maksimal dapat kami lakukan sebagai bekal ilmu serta mengembangkan bakat dan minat bagi para peserta didik untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta.

25 . berlipat ganda Amin ……Ya Rabbal pendidikan di Mengetahui. 09 Mei 2011 Kepala BAHTIAR RAMLI Lc Pembina/ Nip. Saran-saran Dalam membuat proposal ini masih banyak kekurangan yang diharapkan. oleh sebab itu kami mengharapkan Program BLOCK GRAND BOMM dapat dikabulkan untuk SMA Darussa`adah Swasta Pangou.B. Atas bantuan Bapak berikan. kami doa’kan mudah-mudahan Allah SWT akan membalas-Nya dengan Alamin. demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Aceh Timur khususnya dan mutu Provinsi Aceh pada umumnya. Demikian proposal ini kami ajukan dengan penuh harapan mendapat tanggapan dari Bapak demi meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Timur. Ketua Komite Idi Rayeuk.

Keude Geurebak – Jambo Reuhat Desa Seuneubok Pangou Dusun Rukun. Sekolah ) S. Adnan Ali ( OSIS ) : 1.Pos 24454 PANITIA PELAKSANA KEGIATAN DANA BLOCK GRAND ( BOMM ) Ketua Ketua I II : Ramli Lc ( Kepala Sekolah ) : Idris Amanaf ( Ketua Komite) : : Zakia ( Ka.SI ( Waka Urusan Penanggung Jawab Program : Bakhtiar (Waka. 26 . Rosina. Muzakir ( Waka Urusan Humas ) 2. 09 Mei 2009 Kepala SMA Darussa’dah Idris Amanaf Ramli Lc Pembina/ Nip.PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TIMUR DINAS PENDIDIKAN SMA DARUSSA`ADAH SWASTA PANGOU Jln. Mengetahui. Nana suharyati (Anggota Komite ) 4. Ketua Komite Pangou Idi Rayeuk. TU ) Zakia ( Bend. Humas) Sekretaris Bendahara Anggota Kesiswaan) 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times