You are on page 1of 7

No.1 yang pertanyaannya seabreg. Hahaha Bagaimana struktur organisasi RS tipe B?

(gw lampirin file yang gambarnya struktur RS Jaya Pura ya deff) Bagaimana struktur instalasi gizi di RS tipe B? (Gw ga nemu gambarnya. Hehehe) Apa yang dimaksud dengan instalasi gizi? Instalasi gizi merupakan unit penunjang di sebuah rumah sakit yang menjalankan fungsi untuk meningkatkan derajat kesehatan. Kegiatan yang berada pada instalasi gizi mendukung proses penyembuhan pasien dengan menyediakan makanan yang berkualitas sehingga proses penyembuhan pasien lebih cepat terjadi. Kegiatan yang berlangsung adalah penyelenggaraan makanan untuk pasien rawat inap. Selain itu terdapat konsultasi dan penyuluhan serta penelitian gizi. Siapa saja yang ada di instalasi gizi dan jelaskan job description mereka! Apakah ada perbedaan dalam hal pembagian tugas untuk S2, S1, D3, SMK/SMA/SMEA dll? Jenis kelompok tenaga kerja yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan makanan, baik komersial maupun nonkomersial, pada umumnya dapat dibagi menjadi tiga kelompok tenaga kerja, yaitu:
1. Kelompok Tenaga Pengelola

Tenaga-tenaga

pengelola

bertanggung

jawab

atas

perencanaan,

pengawasan

dan

pengendalian. Kelompok tenaga ini bertanggung jawab dalam penyusunan menu, standarisasi kualitas dan cita rasa makanan yang dihasilkan serta efisiensi penggunaan dana dan sumber daya yang tersedia sehingga biaya penyelenggaraan makanan dapat ditekan serendah mungkin tanpa mengurangi mutu dan cita rasa makanan. Ahli gizi (sarjana dan sarjana muda) biasanya menjadi tenaga pengelola kegiatan penyelenggaraan makanan di suatu rumah sakit. Untuk RS tipe A dan B dengan kapasitas diatas 500 TT, instalasi gizi dipimpin oleh ahli gizi tingkat sarjana dengan dibantu oleh sejumlah ahli gizi tingkat sarjana muda atau diploma gizi III. Instalasi gizi RS tipe C dan D biasanya dipimpin oleh seorang ahli gizi tingkat sarjana muda.
2. Kelompok Tenaga Pelaksana

Kelompok tenaga pelaksana dalam penyelenggaraan makanan adalah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan produksi makanan dan distribusi makanan kepada konsumen. Jenis

Kelompok Tenaga Pembantu Pelaksana Kelompok tenaga pembantu pelaksana penyelenggaraan makanan adalah mereka yang terlibat dalam kegiatan penyelenggaraan makanan. tenaga kerja yang berada di Instalasi gizi adalah sebagai berikut: 1. SMU atau sederajat. cuti karyawan Persiapan laporan kerja Persiapan khusus SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) Mengatur hal-hal yang berkaitan dengan kepegawaian Membuat laporan kerusakan/maintenance alat-alat Mencatat administrasi dan inventaris Alat Perlengkapan Dapur (APD) dan Bahan Bakar Gas (LPG) 2. Berdasarkan contoh yang diambil dari salah satu RS pemerintah tipe B di Jakarta. Kualifikasi tenaga sesuai tipe RS untuk tenaga pembantu pelaksana yaitu RS tipe A dan B adalah SMK tataboga atau SMU yang telah mengikuti kursus masak. Petugas Tata Usaha Gizi - .tenaga dalam kelompok ini adalah mereka yang mempunyai keahlian dalam kegiatan memasak (boga). Untuk pelaksana gudang atau perbekalan yang bertugas di gudang penyimpanan. memiliki tugas sebagai berikut: - Menyusun perencanaan pelayanan di instalasi gizi Menyusun rencana evaluasi pelayanan di instalasi gizi Melakukan pengawasan dan pengendalian Melaksanakan pengkajian data kasus Melaksanakan penelitian dan pengembangan di instalasi gizi. Kepala Instalasi Gizi. sedangkan RS tipe C pendidikan untuk tenaga pelaksana adalah SMU/SMP yang telah mngikuti kursus masak (Depkes RI 2006). sedangkan untuk tipe C dan D SMU/SMP ditambah kursus masak. untuk RS tipe C D1 gizi. Umumnya mereka hanya membantu tenaga pelaksana untuk menyelesaikan tugasnya dalam perisapan bahan makanan atau membantu pekerjaan memasaka lainnya termasuk membersihkan peralatan. tetapi tidak mempunyai tanggung jawab khusus. D1 Gizi atau SMU. Untuk RS tipe A dan B tenaga pelaksana tingkat pendidikan yang dinilai SMK tata boga atau SMA yang telah mengikuti kursus masak. Pencatatan absensi. 3. pendidikannya juga ditentukan yaitu untuk RS tipe A dan B adalah D3 gizi.

susunan/siklus menu. Ahli Gizi/Dietisien - 4. Mengkaji status gizi pasien berdasarkan atas rujukan Melakukan anamnesis riwayat diet pasien Melakukan kerjasama dengan perawat dalam pengukuran antropometri untuk menentukan dan evaluasi status giz pasien Menterjemahkan rencana diet kedalam bentuk makanan yang disesuaikan dengan kebiasaan makan serta keperluan terapi Bersama perawat ruangan memantau masalah yang berkaitan dengan asuhan gizi kepada pasien Melakukan penyuluhan motivasi dan konseling gizi pada pasien dan keluarga Melakukan visite baik sendiri maupun bersama Tim Asuhan Gizi Berpastisipasi aktif dalam pertemuan atau diskusi dengan dokter. jumlah pegawai khusus. harga bahan makanan. peraturan pemberian makanan RS. Penanggung Jawab Logistik Mengumpulkan data tentang kapasitas tempat tidur. perawat anggota Tim Asuhan Gizi lain Bersama-sama dengan kepala instalasi gizi dan penanggung jawab menyusun atau merubah menu pasien dan karyawan 3.- Membuat jadwal kebutuhan ruangan Mencatat dan menyiapkan permintaan makan rapat-rapat Membuat daftar absensi karyawan absensi Entri pembelian bahan makanan basah setiap hari Entri pembelian bahan makanan kering. jumlah dan macam orang yang makan. Menghitung taksiran kebutuhan bahan makanan harian dan bulanan . APD dan LPG sebulan sekali. BOR. standar makanan. hari libur dan hari besar. laju inflasi. jumlah hari pelayanan. penyusutan bahan makanan. rumus penyusunan daftar usulan kegiatan Menghitung anggaran belanja makanan Menyusun DPASKPD (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah) Mengumpulkan data tentang peraturan pemberian makanan RS.

Juru Masak Mengecek menu. kelas ruang perawatan Mencatat di buku laporan: semua pengeluaran bahan makanan (kartu barang). Poli Paru. - - 7. diet yang memerlukan perhatian. Petugas Gudang 6. dan makanan ekstra Radiologi Loundry. dan permintaan lain-lain atau keadaan lain-lain. Menyiapkan kebutuhan bahan makanan siang meliputi jumlah dan menu dan diserahkan ke petugas pengolahan Membagi makanan dalam tray sesuai etiket Menerima laporan ruangan tentang pasien baru dan perubahan diet Merekap jumlah pasien menurut bentuk makanan. CSSD. jumlah porsi bahan makanan dan bumbu yang akan dimasak untuk makanan pasien dan karyawan . jumlah pasien. kerapihan lingkungan kerja dan alat-alat yang dipakai.- Menginventaris peralatan dan perlengkapan Mengumpulkan informasi tentang jenis dan harga peralatan Menentukan prioritas peralatan atau perlengkapan yang harus diganti atau diperbaiki Menginventaris semua kegiatan yang perlu dicatat dalam pelaksanaan. Penanggung jawab Shift - Melihat menu di buku laporan untuk pasien dan karyawan Mengecek stok harian bahan makanan basah (BMB) Mengecek dan menyiapkan bahan makanan kering (BMK) dan BMB sore dan pagi besok Menyiapkan: snack makan malam dan perawat jaga. Serah terima dengan penanggung jawab berikutnya Bertanggung jawab terhadap kebersihan. Bertugas pada unit atau penyimpanan bahan makanan kering Menjamin ketersediaan dan kesiapan bahan makanan Menjamin kondisi fisik bahan makanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan Bertugas merekapitulasi bahan makanan masuk dan keluar setiap hari Bertanggung jawab atas stock bahan makanan sesuai dengan jumlah presentasi/pemakaian 5.

III.- Mengecek peralatan masak dan alat hidangan Persiapan bahan makanan yang akan dimasak Persiapan bumbu-bumbu Memasak dan mengolah lauk-pauk Memasak permintaan makanan dari OK Cito Menyerahkan makanan kepada penanggung jawab shift Membersihkan peralatan masak serta menyimpan kembali serta mengecek kelengkapan alat masak Membersihkan ruang kerja Memasak makanan sesuai menu yang ditentukan Membantu juru masak dalam hal mengolah makanan Perisapan bahan makanan dan bumbu Membantu proses masak Membuat makanan saring Mendistribusikan makanan ke dalam tray Membersihkan peralatan masak serta menyimpan kembali Membersihkan ruang kerja Membuat snack sore dan membagi ke dalam tray Bertanggung jawab terhadap inventaris dan kebersihan alat-alat snack Membaca laporan dinas malam. Petugas Ruangan - - - . VIP Menyiapkan atau menata dalam gelas atau tray snack pagi yang telah dibuat dinas malam untuk kebutuhan masing-masing kelas dan diet Membersihkan sayuran Mendistribusikan snack Mencuci peralatan bekas makan pasien VIP sebelumnya dan menyiapkan peralatan untuk makan selanjutnya Membagi makanan ke dalam tray sesuai etiket 8. Asisten Juru Masak - 9. Petugas Snack dan Makanan Cair 10.00 untuk kelas II. jumlah pasien dan jenis diet Melihat menu snack pukul 10.

Distribusi Makanan 10. Penerimaan Bahan Makanan 6. Pada out sourching penyelenggaraan makanan lebih bertugas untuk mengawasi kualitas dan kuantitas makanan yang dipesan sesuai dengan spesifikasi sumber hidangan yang telah ditetapkan dalam kontrak kerja. Mekanisme penyelenggaraan makanan di instalasi gizi rumah sakit meliputi beberapa kegiatan: 1. pelaporan dan evaluasi. Pemesanan dan Pengadaan Bahan Makanan 5. Perencanaan Anggaran Belanja Bahan Makanan 2. Tujuan dari penyelenggaraan makanan di rumah sakit yaitu untuk menyediakan makanan yang berkualitas baik dan jumlah yang sesuai kebutuhan suatu pelayanan yang layak dan memadai bagi pasien yang membutuhkannya. Persiapan Bahan Makanan 8. Pengolahan Bahan Makanan 9. Perhitungan Kebutuhan Bahan Makanan 4. ruang lingkup. Bentuk penyelenggaraan makanan di rumah sakit bisa secara swakelola atau out sourching. pelaksanaan dan evaluasi. sedangkan pada out sourching penyelenggaraan dilakukan dengan memanfaatkan perusahaan jasa boga.- Mendistribusikan makanan ke ruangan Membersihkan troly. dalam rangka pencapaian status kesehatan yang optimal melalui pemberian diet yang tepat. - 14. Penyimpanan Bahan Makanan dan Makanan Masak 7. mulai dari perencanaan. Apa yang dimaksud dengan penyelenggaraan makanan di institusi? Sebutkan tujuannya. Dalam swakelola instalasi gizi bertanggung jawab penuh untuk melaksanakan semua kegiatan penyelenggaraan makanan. serbet sesuai jadwal yang ditetapkan. Dalam hal ini termasuk kegiatan pencatatan. Penyajian Makanan Jadi . alat-alat distribusi dan kerapihan tempat kerja secara berkala sesuai jadwal yang ditetapkan Pembersihan kulkas. Perencanaan Menu 3. kalisifikasi dan jenisnya? Jawab: Penyelenggaraan makanan di rumah sakit adalah suatu rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan menu sampai penyajian makanan kepada pasien.

.Sumber: www. .digital/125852-S-5820-Gambaran%20kine..ui..ac.id/file?..lontar.