You are on page 1of 5

KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas ramat

dan anugerahNya kami dapat menyelesaikan makalah Bahasa Indonesia ini. Walaupun kami sadar makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.. Selain daripada itu, kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesaar-besarnya pada orangorang yang membantu kami dalam menyelesaikan tugas ini. Dan terima kasih juga kepada Ibu Lili Kartika yang telah mengajarkan kepada kami bagaimana caranya membuat makalah yang baik dan benar. Dengan tugas ini, tentunya semakin memperluas wawasan serta pengetahuan kami dalam bidang Bahasa Indonesia.

RUMUSAN MASALAH Adapun masalah-masalah yang akan dibahas dalam hal ini. 1.1. Apa yang akan dilakukan pemerintah kota Palembang dalam hal promosi? 3. 1991. TUJUAN PENELITIAN Penulisan makalah ini memiliki beberapa tujuan. antara lain : 1. langsung mencatatkan diri sebagai juara umum. Palembang masih kuarang persiapan untuk mmenyambut kedatangan para atlet SEA Games. 1. SEA Games 2011 yang akan dilaksanakan November mendatang adalah yang keempat dihelat Indonesia. Gelar prestis tersebut digenggam terus secara oleh Indonesia selama SEA Games digelar (1977. 1987. I PENDAHULUAN 1.PROMOSI SERTA PERSIAPAN YANG MASIH BELUM MAKSIMAL DI KOTA PALEMBANG JELANG SEA GAMES 2011 BAB. Peraturan pertandingan di SEA Games dibawah naungan Federasi Olahraga Asia Tenggara (Inggris: Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA). 1981. LATAR BELAKANG Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara (Inggris: Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Berapa jumlah biaya untuk persiapan dan pelaksanaan SEA Games? 4. Pertama kali Indonesia ikut dalam perhelatan olah raga ini pada tahun 1977. 1979. sudah 9 kali negara kita tampil sebagai juara umum. antara lain sebagai berikut. Apakah Indonesia benar-benar sudah siap menjadi tuan rumah SEA Games 2011? 2. 1989. Sumatra Selatan. Ironisnya. Dalam sejarah 16 kali keikutsertaan Indonesia dalam ajang olah raga SEA Games . Hal ini yang masih menjadi kendala bagi kota BARI. Tahun ini. Thailand pada tahun 1959.2. Apa DKI Jakarta juga sudah siap menyambut gelaran ini? . dan 1993).3. Meninjau dan mengetahui seberapa matangnya persiapan Indonesia sebagai tuan rumah SEA Games 2011 3. SEA Games pertama kali diselenggarakan di Bangkok. Mengetahui awal mula SEA Games dilaksanakan 2. Menjadi “Tuan Rumah” SEA Games sebenarnya bukan hal yang baru bagi Indonesia. SEA Games akan diselenggarakan di Indonesia kembali tepatnya di Palembang. kota Palembang ini. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang penyelenggaraan SEA Games yang ke-26 ini 1.

2. misalnya. Padahal. Panitia Lokal (Panlok) Palembang hanya melakukan promosi dengan memasang baliho dan bendera para peserta negara di beberapa bangunan besar dna titik kota. kinerja Inasoc ( Indonesia SEA Games Organization Comitte) juga dimaksimalkan. Dana sebanyak itu antara lain.” kata politikus itu. Itu baru masalah promosi. Namun. Nyaris tidak ada baliho yang terlihat di sudut-sudut kota. tenis in-door. Dia terangterangan menyentil dua panlok tersebut yang terkesan asal-asalan. renovasi Stadion Gelora Jakabaring (Rp34 miliar). Namun jumlahnya tidak banyak. Indonesia sebenarnya sudah berpengalaman menggelar SEA Games. VENUE 7 CABANG OLAHRAGA BELUM DIBANGUN . Berdasarkan pantauan. Mereka mengatkan siap menyukseskan hajatan akbar tersebut. yakni siang dan malam. itu hanya tampak di sekitar kantor Kemenpora dan KONI/KOI. promosi yang masih kurang geregetnya. hal itu menimbulkan kecaman banyak pihak. Dana APBD yang baru turun sebesar Rp 374 Miliar. Beberapa venue cabang olahraga (cabor) yang belum selesai itu antara lain. Di Palembang.kritik-kritik itu ditanggapi dingin oleh Panlok Palembang. Salah satu di antaranya.BAB. digunakan untuk membangun wisma atlet (Rp200 miliar). kolam renang. bukannya belajar. Banyaknya kendala yang masih dihadapi itu tentu saja membuat banyak pihak mengelus dada. atletik. Tidak ayal. II PEMBAHASAN 1. datang dari anggota Komisi X DPR Dedy Gumelar. Kendala lainnya adalah belum selsesainya pembangunan venue-venue di Palembang. Para pekerja bekerja dalam dua shift. Salah satu di antaranya. Namun. Kalaupun ada. para pekerja masih terus bekerja siang dan mealam untuk menyelsaikan venue tersebut sesuai dengan target. yakni Juli mendatang. dana yang dikeruk APBN sebesar Rp 15 miliar. PROMOSI MASIH KURANG “WAH” DIBANDING SEA GAMES TAHUN 1997 Sebagai tuan rumah. Promosi di Jakarta malah lebih mengkhawatirkan. “Keduanya belum terlihat gereget karena belum ada gebrakan promosi. dan kolam renang (Rp75 miliar). Dana yang sudah diperoleh dari APBN mencapai Rp 7 miliar. Indonesia malah terlihat kurang gereget menyambut gelaran tersebut. Sebab. Tersendatnya kucuran dana dari pemerintah itulah yang ditengarai membuat ketir-ketir Panlok Palembang. Banyak sisi lemah yang ditunjukkan Indonesia dalam menyambut multievent olahraga tertinggi di Asia Tenggara tersebut. dan lapangan tembak. Venue-venue itu mayoritas dibangun dengan kocek APBD dan pihak ketiga. Menurut pantauan di sana. promosi yang digeber terlihat masih kuarang banyak.

Hal yang sama sebenarnya terjadi di Jakarta. Jika itu terjadi. baseball. Di antara jumlah itu. Artinya. Apalagi membangun wall yang berkualitas tak cukup hanya 3 bulan. Kondisi tersebut tentu dapat menimbulkan kekhawatiran penggelembungan dana yang diperlukan. venue-venue tersebut dibangun pada Mei mendatang dan dijadwalkan rampung awal Agustus tahun ini.Keseriusan pmerintah menyiapkan venue untuk SEA Games 2011 di Palembang patut dipertanyakan. Misalnya. softball. PEMENUHAN BIAYA PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN SEA GAMES 2011 SEA Games bakal menyedot uang dalam jumlah yang tidak sedikit. sebenarnya rencana pembiayaan yang dilakukan oleh panlok termasuk gila-gilaan. Dedy Gumelar. PB FTPI ( Pengurus Besar Federasi Panjat Tebing Indonesia).Sepertinya. Hal itu terbukti dengan pengajuan tambahan dana Rp250 miliar dari Panitia Lokal di Palembang. Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa dana yang dibutuhkan untuk multieven olahraga tertinggi di Asia Tenggara tersebut mencapai Rp3. baru Rp1. Namun. Menurut rencana. mereka berjanji menyelesaikan semua venue pada Juli tahun ini. Apalagi. Jumlah tersebut termasuk jomplan jika dibandingkan dengan alokasi untuk pertandingan yang hanya mencapai Rp93.143 triliun. Hingga kini masih ada tujuh venue cabang olahraga (cabor) yang belum dibangun di Palembang. Beliau mengatakan bahwa permintaan daerah tidak sesuai dengan rencana. Sumsel misalnya. Di antara jumlah itu. Jawa Barat. 3. dan sepatu roda. ada hal-hal di luar rencana. Mereka menyatakan khawatir terhadap peluang untuk merebut banyak emas di SEA Games nanti seiring belum juga dibangunnya venue panjat tebing. DAFTAR PUSAKA . Bahkan hal itu bisa memengaruhi konsentrasi para pengurus serta atlet menjelang multieven olahraga dua tahunan tersebut. Di antaranya. peluang untuk terus menggelembung masih terbuka lebar. Terus berubahnya dana yang diajukan oleh panlok daerah juga mengundang kecaman dari berbagai pihak. Mereka mengajukan biaya untuk persiapan dan pelaksanaan SEA Games Rp738 miliar.8 miliar. tentu janji yang pernah ditetapkan panitia lokal Palembang dilanggar. Para pengurus cabor pun mengeluhkan lambatnya kinerja panlok tersebut.104 triliun yang sudah cair dari kas APBN. Panlok DKI Jakarta belum menyelesaikan pembangunan venue untuk cabor kano. jumlah kebutuhan tersebut masih tentatif. rowing. Sebelumnya. Salah satunya datang dari Komisi X DPR. panjat tebing. Rp357 miliar digunakan untuk sekretariat. serta perahu naga di Situ Cipule. jadinya selalu berubah-ubah.

13 April 2011 Google. edisi Rabu.com .Bahasa Indonesia Sumatera Ekspres.