Makalah

FILSAFAT YUNANI

DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 : MOH TAUFIK WAHYU NURFA RAHMI ANDRI

JURUSAN DAKWAH (KPI) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI(STAIN) DATOKARAMA PALU 2009

tak ada manusia yang tak luput dari kesalahan. Palu. Begitu pula dengan makalah ini. Terima kasih pula saya ucapkan kepada pihak-pihak yang membantu kelompok kami dalam menyelesaikan makalah ini.Kata pengantar Puji syukur senantiasa kammpi panjatkan kepada Allah swt atas rahmatnyalah sehingga kelompok dapat menyelesaikan makalah ini .oleh karena itu.12 nopember.2009 2 . Tak ada gading yang tak retak.kritik dan saran tetep kami harapkan demi penyempurnaan makalah kami selanjutnya.

Saran DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………… 8 …………………………………………………………… 7 3 . Kesimpulan ……………………………………………………………………… 8 b. Latar belakang ………………………………………………………………… 4 b. Rumusan masalah ………………………………………………………………… 5 Bab II pembahasan a. Mencari kebijaksanaan …………………………………………………………… 6 b. Peritiwa ajaib Bab III penutup a.DAFTAR ISI Kata pengantar Daftar isi Bab I pendahuluan ………………………………………………………………………… 2 ………………………………………………………………………… 3 a.

periode perkembangan filsafat yunani merupakan entripoin untuk memasuki peradaban baru umat manusia.BAB I PENDAHULUAN A.dan agama.suatu bidang yang berhubungan erat dengan bidang-bidang pokok pengalaman manusia filsafat berusaha untukmenyatukan hasil-hasil ilmu dan pemahaman tentang moral. Disebabkan oleh karena itu fisafat merupakan pendekatan yang menyeluruh terhadap kehidupan dan dunia. 4 .filsafat berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa yang merupakan tujuan hidupnya.karena itu.perubahan pola pikir tersebut kelihatannya sederhana tapi implikasinya tidak sederhana karena selama ini alam ditakuti dan dijauhi kemudian didekati bahkan dieksploitasi.pola pikir mitosintesis adalah pola pikir masyarakat yang sangat mengandalkan mitos untuk menjelaskan fenomena alam.estetik.fenomena alam tersebut tidak lagi dianggap sebagai aktivitas alam yang terjadi secara kousalitas. Namun ketika filsafat di perkenalkan.gempa bumi tidak dianggap fenomena alam biasa. Periode filsafat yunani merupakan periode sangat penting dalam sejarah peradapan manusia karena pada waktu itu terjadi perubahan pola pikir manusia dari mitosentesis menjadi logosintesis.seperti gempa bumi dan pelangi . latar belakang Filsafat adalah usaha untuk memahami atau mengerti dunia dalam hal makna dan nilainilainya.tetapi dewa bumi yang sedang menggoyangkan kepalanya. Bidang filsafat sangat luas dan mengcakup secara keseluruhan sejauh dapat di jangkau oleh pikiran.

dan perkembangan fisafat yunani itu sendiri.B.padahal bidang filsafat yunani begitu meluas dan mengcakup secara keseluruhan.sebab perkara ini harus di jelaskan secara lengkap mengingat hari ini orang memahami filsafat yunani dari sudut pandang tertentu saja. 5 . Rumusan masalah Adapun permasalahan yang akan kami bahas dalam makalah ini adalah mengenai filsafat yunani .bagaimana sejarahnya .

tanah yunani adalah tempat persemaiyan dimana pemikiran ilmiah mulai bertumbuh. Tapi kesksian tentang kehidupan dan aktivitas pytagoras demikian tercampur dengan legenda-legenda sehingga sering kali kebenaran tdak dapat di bedakan dari rekaan-rekaan saja.m). Mencari kebijaksanaan Suatu pandangan dunia dan umumnya suatu pandangan teoritis tidak pernah melayanglayang di udara. demikian halnya dengan hikayat yang mengiahkann bahwa nama filsof di temukan oleh phitagras .ada trdisi kuno menyatakan bahwa nama “filsof “ (philsophos) untuk pertama kalinya dalam sejarah di pergunakan oleh phitagoras (abab ke-6 s.maka dari itu manusia harus menghormati batas-batas yang berlaku bagi status 6 .nama “filsafat”dan “filsof”berasal dari kata-kata yunani philosophia dan phil-sophos adalah seorang pcinta kebijaksanaan .menurut pandanganyunani seorang mempuyai kebijaksanaan sebagi milik filsafat dafinif.memilki kebijaksanaan berarti mencapai suatu status adimanusiawi.m ) Dalam dialog plato yang berjudul phaidros misalnya kita membaca”nama-nama orang bijaksana”terlalu luhur untuk memanggil seorang manusia dan lebih cocok untuk seorang Allah swt. Itu sama saja dgn hybris rasa sombong yang selalu ditakuti dan dihindari oranng yunani.BAB II PEBAHASAN A.perkataan plato tadi serentak juga menunjukan suatu aspek penting dari istilah philosopia.sudah melampui kemampuan insani.yang pasti ialah bahwa dalam kalangan sokrates dan plato (abad ke-5 s.

yang khusus pada bangsa yunani ialah bahwa mereka mengadakan beberapa usaha untuk menyusun mite-mite yang di ceritakan oleh seluruh rakyat menjad suatu keseluruhan. Sebagaimana akan di terangkan lagi di bawah ini.ia harus puas dgn mengasihi kebijaksanaan tdk akan pernah menjadi miliknya secara komplit dan definitive. Pada bangsa. Bukan demi keuntungan yang letaknya di luar ilmu pengetahuan itu. Ada beberapa factor yang sudah mendahului dan seakan akan mempersiapkan lahirnya filsafat di yunani. Di negeri yunani ilmu pasti astronomi dan ilmu pengetahuan pada umumnya mulai di praktekkan demi ilmu pengetahuan itu sendiri. peristiwa ajaib Bukan hanya nama dari kata yunani.bangsa timur kuno ilmu pengetahuan di praktekan dalam istana.insaminya. 7 . B. Karena dia manusia dan bukan seorang Allah swt.melainkan juga isi konsep yang di tujukan dengan nama ini merupakan suatu penemuan yunani Yang khas. Dalam abad ke enam sebelum masehi telah terjadi apa yang sudah pernah dinamakan sebagai peristiwa ajaib yunani “ the greek miracle” timbulnya filsafat di tempat itu dan saat itu memang dapat di sebut suatu peristiwa ajaib namun demikian. Istana atas perintah dan di bawah perintah pengawasan raja-raja. yang sistematis Dalam hal ini kita tidak boleh melupakan bahwa orang yunani hidup dalam kemasyarakatan yang sama sekali berbeda dengan lingkungannya sosial dimana orang timur kuno hidup. Tetapi orang yunani pada abad ke enam hidup dalam polis pelaku orang merdeka.

menurut para medines adalah semu. Saran Dalam penulisan makalah ini penulis menyadari masih banyak kekurangan. Dia menentang pendapat Herak Litos yang mengatakan alam selalu bergerak. sejatinya alam itu diam akibt dari pandangan ini kemudian meuncul prinsip panteisme dalam memandang realitas. Gerak alam yang telihat. Politikus dan lain sebagainya tidak mudah diterjemahkan kedalam bahasa-bahasa modern. untuk itu kami berharap agar mendapatkan kritikan yang bersifat membangun dari para pembaca terutama dari dosen pembimbing agar supaya dalam penulisan makalah selanjutnya mendapatkan hasil yang lebih baik 8 .bentuk ekosistem pernyataan itu adalah bahwa ukuran kebenaran adalah akal manusia. yaitu ada dan yang ada itu satu. tetapi diam karena alam itu satu. Orang yunani berlainan dengan bangsa asing.BAB III PENUTUP A. Karena dia hidup dalam polis. B. Kata polis itu yang merupakan asal-usul bentuk kata-kata Indonesia seperti “politik”. Kesimpulan Jadi benar tidaknya sesuatu pendapat di ukur dengan logika. Dari pandangan ini dia mengatakan bahwa alam tidak bergerak. Filsafat yunani yang rasional itu boleh dikatakan berakhir setelah aristoteles menuangkan pikirannya akan tetapi sifat rasional itu masih digunakan berabad-abad sesudahnya sampai sebelum filsafat benar-benar memasuki dan tenggelam pada abad pengetahuan disamping itu perbedaan orang yunani dengan orang asing dapat dirumuskan juga dengan cara positif.

1999 9 . cet IX Yogyakarta : Kanisius.DAFTAR PUSTAKA Sejarah filsafat yunani.

untuk itu kami berharap agar mendapatkan kritikan yang bersifat membangun dari para pembaca terutama dari dosen pembimbing agar supaya dalam penulisan makalah selanjutnya mendapatkan hasil yang lebih baik DAFTAR PUSTAKA Sejarah filsafat yunani. Saran Dalam penulisan makalah ini penulis menyadari masih banyak kekurangan. 1999 10 .B. cet IX Yogyakarta : Kanisius.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful