PENJERNIHAN AIR

Sekilas tentang air dan peranannya Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyekobyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Secara kimia, Air merupakan senyawa yang paling melimpah di muka bumi memiliki rumus kimia H2O. Sebuah molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar yaitu 1 atm dan 0 °C. Air merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Air merupakan molekul yang spesifik, untuk molekul yang sejenis atau atom disekitar atom oksigen, seperti nitrogen, flor, dan Posfor, sulfur dan klor, jika berikatan dengan hidrogen membentuk senyawa dalam bentuk gas. Hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk air dalam fasa cair, karena oksigen lebih bersifat elektronegatif daripada elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor).

Artinya air bisa menjadi penyeimbang kehidupan. Charles Darwin ilmuwan yang mengeluarkan teori evolusi pada tahun 1857 pernah bertanya mengapa mandi air dingin bisa menyembuhkan dirinya dari gangguan rasa sakit. Dalam urusan terapi kebugaran tubuh. apalagi mandi di pagi hari sebelum beraktivitas setelah kita melakukan olahraga harian. Sebab air merupakan sarana kehidupan sehari-hari sampai urusan terapi kesehatan pun juga memakai air. Ia penasaran tidak mendapatkan jawaban akan manfaat air yang menyembuhkan penyakitnya. Dengan rutin mandi air dingin kesuburan dan kegairahan asmara mereka bisa meningkat. Barulah sebuah lembaga riset trombosis di London menemukan jawabannya.. Beliau mengolah tanah sawah. Peneliti juga menemukan mandi air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam badan dan dengan sendirinya meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. begitulah kiranya pertanyaan yang diajukan kepada sehat dengan reiki dan teman-teman saat berkunjung ke Songbanyu Gunung Kidul beberapa waktu lalu? Pertanyaan spontan dari petani kepada tamu nya orang Jakarta ini mengingatkan kita semua akan arti pentingnya air dalam hidup ini.bapak petani di daerah Gunung Kidul memperlakukan air sebagai teman bekerja. Dengan sabar pula beliau merawat tanaman padi agar dalam masa tumbuhnya selalu kecukupan air. Lantas hubungan air dengan tubuh manusia? Tubuh manusia sendiri terdiri 70 persen air. kuku lebih sehat dan kuat.Peranan Air dalam Kehidupan "Untuk hari ini saja apakah Anda sudah menggunakan air dengan baik?". Saat lahir lalu tumbuh berkembang dari bayi hingga dewasa bahkan tatkala ajal telah tiba jasad ini akan selalu bersentuhan dengan air. rambut pun tumbuh lebat. Dengan air pula kita membersihkan diri. Contohnya ya itu tadi. apalagi bila mandi dilakukan sebelum beduk subuh bergema membangunkan kita dari tidur malam yang lelap. Lebih hot dari biasanya. Dengan mandi air dingin di pagi hari jaringan tubuh membaik. . peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh menjadi segar dan bugar. minum dan bergaul. mencangkul lalu menanam bibit padi di hamparan tanah sawah yang telah diairi. Khabar baiknya mandi air dingin pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron kaum pria serta hormon estrogen pada wanita.. Peranan air begitu penting dalam hidup ini. jika orang selalu mandi dengan air dingin. Menurut riset penelitian ini. nyeri dan rasa mual yang dideritanya.

pingsan atau denyut jantung lebih cepat. Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari. kardiolog dari Sekolah Medis Massachusetts Amerika Serikat.. James M. Orang jaman sekarang lebih senang minum kopi. terapi air dan tentu saja untuk pengairan di sawah dan ladang. Oleh karena itu sikap waspada akan kekurangan air dalam tubuh perlu menjadi perhatian kita semua. Dengan segala manfaatnya air bisa menjadi obat. Bila dibiarkan berlarut-larut ujung-ujungnya bisa gawat. Kehilangan 1 . pakar makanan terkemuka di AS sangat prihatin karena banyak orang ingin hidup sehat tapi melupakan air putih. begitu saran Dr. Rippe. Tapi ingat bila penguapan kebablasan akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Apalagi jika suhu tubuh tinggi dan sedang stress maka rasa haus akan semakin terasa. Termasuk di sini sari buah-buahan yang penuh vitamin sekalipun. alangkah baiknya setidaknya kita minum air putih 1 liter lebih banyak dari yang dibutuhkan ketika rasa haus tiba. sebaiknya mandilah dengan air dingin. Terapi pengobatan dengan air dingin juga membantu menyembuhkan penyakit asma. tentu saja kebutuhan air minum semakin meningkat.2 % cairan tubuh saja dampaknya bisa menurunkan konsentrasi. Jim Jones.. meredakan stres dan mengatasi insomsia. minuman. Itu yang tidak kita harapkan. Cairan dalam tubuh kita juga berperan sebagai pengatur panas dengan cara penguapan dan evaporasi. teh atau air kola. Perhitungannya setiap penguapan 1 gram air dapat menurunkan panas tubuh sebanyak 6 kalori. Air hujan sebagai rahmat dari Yang Maha Kuasa sebentar lagi akan tercurah dari langit saat musim hujan telah tiba. karena itu semoga kita semakin peduli .siapa lagi kalau bukan air putih. Tetapi kalau kebanyakan turun akan menjadi bencana banjir. Tubuh manusia stabil pada suhu 37 derajat celcius juga karena air. Meski manfaat minum air saat haus untuk menghilangkan dahaga. Untuk mengisi ulang cairan tubuh harus menggunakan cairan yang tepat. Bagi kita yang tinggal di daerah tropis. soal hilangnya cairan tubuh harus lebih diperhatikan. Ini yang tidak boleh terjadi. Akibatnya siap-siap saja kita kena serangan sengatan panas ( heat stroke ) yang mengakibatkan kram. Manfaat kesehatan yang diberikan air putih tidak dapat digantikan oleh minuman apa pun di pasaran.Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot. Memang nutrisi sari buah sangat penting tapi tidak bisa membersihkan tubuh kita. Adanya dehidrasi dalam tubuh yang kebablasan mengakibatkan kontrol suhu tubuh kehilangan kontrol. Seiring meningkatnya aktivitas fisik seperti berolahraga di udara terbuka atau kegiatan petani bekerja di sawah. Tapi harus diingat kadar air mandi haruslah sekitar 15 derajat celcius.

5 – 9. Mengutip Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai Air Bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak. Tidak berwarna apapun c. Tidak berasa apapun d. Syarat kimiawi. Air bersih disini kita kategorikan hanya untuk yang layak dikonsumsi. Suhu antara 10-25 C (sejuk) f. tipus. Tidak berbau apaun e. yang biasa kita minum. air tanah atau air yang bersumber dari lelehan bongkahan es di daerah bersalju. Syarat fisik. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan c. Air harus bersih dan tidak keruh b.2 3. Sehingga semakin jelek kualitas air semakin berat beban masyarakat untuk membayar harga jual air bersih. b. semuanya membawa manfaat. . antara lain: Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri. Seperti kita ketahui jika standar mutu air sudah diatas standar atau sesuai dengan standar tersebut maka yang terjadi adalah akan menentukan besar kecilnya investasi dalam pengadaan air bersih tersebut. antara lain: a. Cukup yodium d. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun b. antara lain: a. Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air tersebut baik secara fisik. penyediaan air harus memenuhi kuantitas dan kualitas. Syarat mikrobiologi. Tersedia dalam jumlah yang cukup.Kes/Per/VII/1977. apakah sudah bener-benar sehat dan juga layak untuk kita konsumsi? Dari mana kita tahu air tersebut memang bersih. Baik dan layak minum. Karena standar air yang digunakan untuk konsumsi jelas lebih tinggi dari pada untuk keperluan selain dikonsumsi. 173/Men. dan bakteri patogen penyebab penyakit.akan keberadaan air dalam kehidupan ini. SYARAT-SYARAT AIR BERSIH YANG DAPAT DI KONSUMSI Air jernih yang kita lihat sehari-hari. 1. pH air antara 6. Aman dan higienis. bukan layak untuk digunakan sebagai penunjang aktifitas seperti untuk MCK. c. kolera. yaitu: a. Tidak meninggalkan endapan 2. Apakah itu air hujan. kimia dan juga mikrobiologi. baik instalasi penjernihan air dan biaya operasi serta pemeliharaannya. Dalam penyediaan air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat banyak mengutip Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.

Protista 5. Temperatur Parameter Air Bersih secara Kimia 1. Anorganik. Warna 3. dll. Binatang 3. protein. klorida. kimia. Gas-gas. Parameter air yang penting ialah parameter fisik. karena itu jadilah manusia yang selektif demi kesehatan dan juga keberlangsungan kita. Bakteri 2. metan. Parameter Air Bersih secara Biologi 1. Tumbuh-tumbuhan 4. Konduktivitas atau daya hantar 2. Harganya relatif murah atau terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Parameter yang ada digunakan untuk metode dalam proses perlakuan. Endapan 5. pH. biologis dan radiologis yaitu sebagai berikut: Parameter Air Bersih secara Fisika 1. Rasa & bau 4. fosfor. . Pesistivitas 3. Semoga bermanfaat. 2. antara lain: hidrogen sulfida. minyak/ lemak/gemuk. fenol. logam berat.belerang. deterjen. Organik. Kekeruhan 2. pestisida.d. 3. Virus Parameter Air Bersih secara Radiologi 1. oksigen. nitrogen. PTT atau TDS (Kemampuan air bersih untuk menghantarkan arus listrik) Dengan standar tersebut maka air konsumsi yang kita gunakan akan aman bagi kesehatan kita. bahanbahan beracun. antara lain: karbohidrat. operasi dan biaya. antara lain: kesadahan.

Isi dengan ijuk. Setelah bak pengendapan penuh air. tawas. Agar air yang keluar tetap jernih. Buat bak penyaringan dari drum bekas. pasir. ijuk tebal. dan batu-batu dengan garis tengah 2-3 cm (lihat Gambar).Cara penjernihan air baik secara alami maupun kimiawi akan diuraikan dalam bab ini. biji kelor dan lain-lain. tanah liat. :r URAIAN SINGKAT Cara penjernihan air ini sama dengan cara penyaringan I. lubang untuk mengalirkan air dibuka ke bak penyaringanA Kemudian kran yang terletak di bawah bak dibuka. pasir halus. selanjutnya beberapa menit kemudian air akan ke luar. baru kerikil. kapur. Bahan-bahannya anatara lain batu. Beri kran pada ketinggian 5 cm dari dasar bak. Perbedaanya terletak pada penyusunan drum atau bak pengendapan dan bak penyaringan. kaporit. serta susunan lapisan bahan penyaring. arang tempurung kelapa. kran harus dibuka dengan aliran yang kecil. pasir. kerikil.TEKHNIK PENJERNIHAN AIR PENJERNIHAN AIR Penyaringan untuk Menjernihkan Air PENDAHULUANKebutuhan akan air bersih di daerah pedesaan dan pinggiran kota untuk air minum. Mula-mula air agak keruh. mencuci dan sebagiannya harus diperhatikan. Cara penjernihan air perlu diketahui karena semakin banyak sumber air yang tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri. PENGGUNAAN Air sungai atau telaga dialirkan ke dalam bak penampungan. . BAHAN 10 (sepuluh) kg arang 10 (sepuluh) kg ijuk pasir beton halus batu kerikil 2 (dua) buah kran 1 inci batu dengan garis tengah 2-3 cm PERALATAN 1 (satu) buah bak penampungan 1 (satu) buah drum bekas PEMBUATAN Sediakan sebuah bak atau kolam dengan kedalaman 1 meter sebagai bak penampungan. memasak . arang tempurung kelapa. tetapi setelah beberapa waktu berselang air akan jernih. yang sebelumnya pada pintu masuk air diberi kawat kasa untuk menyaring kotoran. ijuk. arang sekam padi. Cara-cara yang disajikan dapat digunakan di desa karena bahan dan alatnya mudah didapat.

kemudian dijemur sampai kering. Batu kerikil diperoleh dari sisa ayakan pasir halus. Bahan penyaring harus sering diganti. KEUNTUNGAN Air keruh yang digunakan bisa berasal dari mana saja misalnya : sungai. karena air dalam jumlah tertentu harus diendapkan dulu dan disaring melalui bak penyaringan. rawa. KERUGIAN Air tidak bisa dialirkan secara teratur. Cara ini berguna untuk desa yang jauh dari kota dan tempatnya terpencil. diaduk sehingga kotoran dapat dikeluarkan. Air harus dimasak lebih dahulu sebelum diminum . kemudian dicuci bersih dan dijemur sampai kering.PEMELIHARAAN Ijuk dicuci bersih kemudian dipanaskan di matahari sampai kering Pasir halus dicuci dengan air bersih di dalam ember. kemudian dijemur. telaga. sawah dan sumur. Batu yang dibersihkan sampai bersih betul dari kotoran atau tanah yang melekat.

Saringan Kapas Teknik saringan air ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dari teknik sebelumnya. Saringan Kain Katun. Air hasil saringan tergantung pada ketebalan dan kerapatan kain yang digunakan.ADAPUN TEKHNIK PENJRNIHAN YANG LAINNYA 1. penyaringan dengan kapas juga dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh. 2. Air keruh disaring dengan menggunakan kain katun yang bersih. Aerasi Aerasi merupakan proses penjernihan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Hasil saringan juga tergantung pada ketebalan dan kerapatan kapas yang digunakan. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu partikel mineral . Pembuatan saringan air dengan menggunakan kain katun merupakan teknik penyaringan yang paling sederhana / mudah. Seperti halnya penyaringan dengan kain katun. 3. Saringan ini dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh.

4.yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat akan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangkan melalui proses sedimentasi atau filtrasi. Saringan Pasir Lambat (SPL) Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku .

Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan kerikil terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan pasir. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Cepat (SPC). .melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil. Tetapi arah penyaringan air terbalik bila dibandingkan dengan Saringan Pasir Lambat. Saringan Pasir Cepat (SPC) Saringan pasir cepat seperti halnya saringan pasir lambat. 5. yakni dari bawah ke atas (up flow). terdiri atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Lambat (SPL).

Saringan Arang Saringan arang dapat dikatakan sebagai saringan pasir arang dengan tambahan satu buah lapisan arang.6. Untuk hasil yang lebih baik dapat digunakan arang aktif. Lapisan arang ini sangat efektif dalam menghilangkan bau dan rasa yang ada pada air baku. Untuk lebih jelasnya dapat lihat bentuk saringan arang yang direkomendasikan UNICEF . Arang yang digunakan dapat berupa arang kayu atau arang batok kelapa.

9. Beberapa filter kramik menggunakan campuran perak yang berfungsi sebagai disinfektan dan membunuh bakteri. Sehingga untuk mencegah penyumbatan yang terlalu sering maka air baku yang dimasukkan jangan terlalu keruh atau kotor. 8. Saringan Cadas / Jempeng / Lumpang Batu Saringan cadas atau jempeng ini mirip dengan saringan keramik. Saringan Keramik Saringan keramik dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat dipersiapkan dan digunakan untuk keadaan darurat. kerikil. Saringan air sederhana / tradisional Saringan air sederhana/tradisional merupakan modifikasi dari saringan pasir arang dan saringan pasir lambat. Bali. Ketika proses penyaringan. Pada saringan tradisional ini selain menggunakan pasir. .7. Air bersih didapatkan dengan jalan penyaringan melalui elemen filter keramik. Untuk perawatan saringn keramik ini dapat dilakukan dengan cara menyikat filter keramik tersebut pada air yang mengalir. Air disaring dengan menggunakan pori-pori dari batu cadas. batu dan arang juga ditambah satu buah lapisan injuk / ijuk yang berasal dari sabut kelapa. kotoran yang ada dalam air baku akan tertahan dan lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat permukaan filter. Saringan ini umum digunakan oleh masyarakat desa Kerobokan. Untuk bahasan lebih jauh dapat dilihat pada artikel saringan air sederhana.

atau proses pemberian cairan yang mengandung klorin untuk membunuh bateri dan kuman yang ada di dalam air bersih. Merebus: Air bersih direbus sampai matang (mendidih) dan biarkan mendidih (tetap jerang air di atas kompor yang menyala. Kendi atau belanga dari tanah liat yang dibakar terlebih dahulu dibentuk khusus pada bagian bawahnya agar air bersih dapat keluar dari pori-pori pada bagian dasarnya. Air bersih dimasukkan ke dalam botol bening kemudian diletakkan di atas genteng rumah selama 4-6 jam saat cuaca panas atau 6-8 jam saat cuaca berawan. 3. jangan matikan kompor) selama 3-5 menit untuk memastikan kuman-kuman yang ada di air tersebut telah mati. 2. kecepatan air hasil saringan dari jempeng relatif rendah bila dibandingkan dengan SPL terlebih lagi SPC. Salah satunya yang tersedia adalah “Air Rahmat” yang siap untuk dipakai pada tingkat rumah tangga. Seperti halnya saringan keramik. Sodis (Solar Disinfection) atau pemanasan air dengan menggunakan tenaga matahari. CARA MENDAPATKAN AIR BERSIH 1. Lihat saringan keramik. Saringan Tanah Liat.Saringan tersebut digunakan untuk menyaring air yang berasal dari sumur gali ataupun dari saluran irigasi sawah. 10. . Klorinasi. Panas matahari dan sinar ultra violet akan membunuh kuman-kuman yang ada di air sehingga air menjadi layak minum.

.02.

.20907707880.9.3 47/..389.9..9./.25:.3-. 4.39.907  3..31.39..7  !0889.:%$ 02.44  .7.20907707880.7.2..  '7:8 !.7.  .9         .38:3..7438:28.39.3/74038:1/.9./. 1034 574903 /090703 /   347..39. -072.8 .3-07.7:8897  03.3/..3/.0-07.790780-:92.:/.8.3 4803  !.3.3  %:2-: 9:2-:.380091/02080.8 ..3.3. $024.9:.7..7./44  43/:9.39.02: 50898/.3:.:3   .7-078:39:203.8  !%%.3 -.3..39.9..7.39.2. 209.:3.9.308.703.#.7.9 397403 5 148147 -007.080.3  !74989..3 -.3:8.2-07.9..3 ..

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

8.-078/.3/:: /.3-07:3. 7.3.3/.  #& 79/.9/0:.3503./.7320..:39:/08.-078-09:/.:9.7./:803.8:3.7./.25.3/2.749.9 02:/.73./.7/.8.503.87.. 8.5.25..0-/.3/:3.:/..9:.-07802:/.73.3.35.3  .::80-0:2/23:2               ..4947.:8/.3 8:2:7  ..9079039:.9:07/50740/.380.72.907503.-07.:..3  02:/.39  7.788.:././03.25.9.3/02:78.:.28.7:88073/. 073  ..!# :/..3.3200..-8.3.8.:8 02:/.3/.7:8/03/.78.3/8.202-07 /.93.907...39025.073  .38.9:7 .9..7:8/2. 90.3-8.74947.:-...073 !.3.8.25.3/02:78.87.3/5.5.7-078//..7.2:2.3 /02:7  &%& 707:.3/-078.7.3.703.3.

3 80/07.9:3207:5.9:3  !02-:..73.3903503.3203:3..3.73.3.3.73.9.3 5.3..!&%!#  $.7/03.3.3.38.3.

3..3.9.307.5.090-.48030/.3.3 07.3.9202-078.39:35.5.5.348030/.3.7/..73/.3 $0.3.8079.3/03.7/.790 2307./.73.8.72.347.30--.3:..7-43/48/.2.9.3           $.3/03.:/.:/.3.39:5.8207:5.8.73.7 03.7.3 907..707: 7.74947.3.9:3 503.3 3/.3 /8./.39:35.3/:3.73/03./.5./.3   07..3.73./74038:1/.73.2038.7.3-.88.3/..3.8 07..3.3 /.3 209.3-078 $. 707:/8.9:3.9/:7.7 4947.73.790380-0:23.2.33.7:7.3.38200.2:/.8:.3203:3. .907.88.3/.73. ..3..3.73..5.707: ../.3 /./.3.38200.9.. $05079 .5.3./.3.5.5.9202-07.3/03.7/..090-.3202503.2. 503./.8 %038.9 .9 202-078.3.3..347.3.5.8./.3/:3.9805079./..2.3574808503073.

/.3203:3. -.7:9/.73.9.73.3.3.7 -.87...8/.05.9.3907.38.3.7805079-08/.58.5.303/.5.9/03.9/..3/-:.-.3.:197.32.7./.3.../.5.9.35.3075.390748/.3.9207:5.7.3 202-039: .35.8.2-.2.: .87 5.320.9.9 $!  $.8               $..2-..:57480880/2039..3.3203.58.3.8/..3/03.87.3!...3-.33.393.73.380.. 7-078//.73.

87.3 $..200.87 .73.8705.5.::-.879070-/.58.790$.87.3.35..3. %09..9 907/7.9 $!  $.7:02:/.35.87.3203./.-.2-.05.-.8 :514 7-078//.790$.35.8.3-.3 0- .3 0- .3:9/.9805079..3 075.8/.9.7.3/03.5.35.9./..9.3/03.3!./-.9 $!   .3!..9902:.58.3.35..9 .9 $!    $.58.3079070-/.8.73.5.3200.9.73.9902:.7907-.35.3.3!.: 200.2-.73.9.-.3:9/.8705.0.5./.3200.58.::-.73.87 &39:0907.3.73.7-.73.3/3.73.7 -.503.9.3!./.35.307 &39:0907.875.58.9.3 .2-.7:02:/.3/.9.

73.37.3 $.39.35.3.7.3-.    $.9/..8.7.:  7.3.3.58.58.3 /704203/.7.3.73.83.901091/..338.7.9..940.9:-:.3.:.9-039:8.3-.3./../..30--.7..38.9.3 .3.5.73..5.3.2203.7-.5.5.2-..8./.3.3&    .9 /:3.7.:/.37.:.8.9.87.3 /:3./.5.5.91 &39:0-0.380-.3/.3. &39:.73.7.9-07:5.8.7.3/03.3.3/..3  ..

780/07. $.3..73.3.

3. $.3.97.780/07./843.73.

97.7..87 07 -.73.73.87.207:5.324/1.7.35.38.9 !. /9.33:.3203:3.2-..35.380.9:/..87 .58.3 5./843.78. 8.73.2-.3:./.8/.397.3/.9:-:./843.3.8.

9.5..3.3507./..2203:3..3 /:3.3 .3/.7./.:07:. &39:-.9 /.5..3..78./..9.39079.3:39:0.9:.3907.7-.307.2 0-07.2/.9.5.307.5.: 002031907 07.-:90.5.803.73.    $..2 $..5.7:7.3.7-.3-07.2. /83109.2.3 203././. .5.:.3/.73...203.3.3..8.3503./.3.95072:.2.2.3.3/2..73.3907.3/03.3.320.0..574808503.23/.290780-:95./.9/..9/5078.:80732.8.7.3203:25:/..3.7    $.3/03.19077..95.2.:/.:.3/.9/825.3.73. 0.9.31907 $03.3 8.3203:2-.780/07.:4947 &39: 507.:39:203.9 7-078//.3.. 503:2-.5.3 /./.:..907 09..8.73.30-.7908.3 4947.3.3-071:3880-.3..8:..25:7.:.3.73.3 /.73307.9190707.3 202-:3:-.

02503.

8..2 7/8.73.:025033275/03.:25.074-4.8..3 547 547/.33:2:2/:3.3.9:.9/08.3 .9: $.73.307./.7./..38.73.3402.3..9.  .73/03.3 203:3..7-.8 $.

7 8.-.3/. /-.3:39:203.7.7/.73.::/-039::8:85.73.2   .3$!9070-.3 7./.:7.7547 5475.8.73.3.79070-/.73..3%...9.98.70250370..73.. ..91703/.9.05.3.79. .-.73.307.9  03/.7-078/.$!    $.7.390780-:9/:3.3.3/03.:-0.9.$.:5:3/.  $05079.3-07.3/.-...8 8.3.3 -.88.3/3..8.7.73.3./.307.2 0.90:./.78:2:7.9.8.3./..3/-.5.

25..3.2-494-03302:/.3-.89.....:.:574808502-07.2. 7#.82.3.907 /.3903.507.9.943 .-07.3/09.2.8.2.32..:502.28.7:97.3203.9  $4/8 $4.3.:.3.3.8:.3.93.3 202-:3::2..97:2.8 .. 2039:39:202.9 .3 8.7.3 :2.383.5:39:/5.7/...3..9.9.3203:3./..30/./.3203// 909.3 .: . ..390780/./.   ...3.3203.3.9.9.../.2.9:3...5./.790780-:990.7803.3.8.28.3..2.2.5.8.842547.9.3:2.7203./.3 :2.9.7/03.3 :2.8039037:2.9.9.7-078 $..80.//.2.23:2  473.9.3.342547 80.3.9.  .-9@-   070-:87-078/70-:88./.409.3 !.7./.3/..7 7 -078/2...7/.9.3.78310.3 203// /...3/:3473:39:202-:3:-.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful