PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR

Pengertian Motivasi Belajar yang paling sederhana adalah sesuatu yang menggerakkan orang baik secara fisik atau mental untuk belajar. Sesuai dengan asal katanya yaitu MOTIF yang berarti sesuatu yang memberikan dorongan atau tenaga untuk melakukan sesuatu. Karena kita bicara tentang belajar maka ya sesuatu yang mendorong kita untuk belajar untuk mendapatkan sesuatu, mungkin sekedar pengetahuan atau efek beruntun dari pengetahuan tersebut misalnya ketrampilan, efek lanjutannya mungkin kebahagiaan, kepuasan, kekayaan, kebebasan, dan tentu saja UANG ya kalo dihubungkan dengan belajar internet marketing misalnya. Right? Dari beberapa website yang di baca, misalnya website ANNE AHIRA (yang punya ASIAN BRAIN) menemukan beberapa pengertian motivasi belajar menurut beberapa para ahli. Hanya saja yang di baca tersebut adalah pengertian motivasi secara umum, tidak khusus tentang motivasi belajar. Misalnya, pengertian motivasi menurut Wexly dan Yulk adalah: pemberian atau penimbulan motif. Sedangkan menurut Mitchell motivasi mewakili proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela yang diarahkan ke tujuan tertentu. Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri sebab pengembangan diri adalah belajar. Belajar adalah pengembangan diri jika kita ingin lebih sukses di banding pencapaian kita. Saat ini kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar. Hanya dengan belajarlah kita akan berkembang dan menjadi lebih baik. Jadi untuk mengukur sejauh mana kita bias berkembang ialah dengan mengukur sejauh mana motivasi belajar kita.

mungkin esok hari tidak lagi memotivasi kita. namun seringkali motivasi dari dalam in tumbuh setelah diawali dari motivasi dari luar. merangsang atau menggerakan seseorang untuk belajar sesuatu atau atau melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. 2. Fokuskan apa motivasi dari luar (misalkan nilai) agar kita dapat mulai tertarik untuk belajar. Harus dipahami bahwa motivasi mengalir dan dapat mengalami pasang – surut. Motivasi Eksternal (dari luar) adalah motivasi yang berasal dari luar diri kita. Gunakan Motivasi Internal Dan Eksternal Motivasi Internal (dari dalam) adalah jenis motivasi yang sifatnya lebih permanen dari motivasi eksternal. Sebagai contoh. Begitu kita termotivasi untuk belajar.Jadi pengertian motivasi belajar itu: Motivasi belajar merupakan suatu keadaan atau kondisi yang mendorong. Jika kita memiliki sebuah motivasi yang tinggi untuk dapat menjadi yang terbaik atau untuk bisa membanggakan Orang Tua maka jalan untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi akan terasa mudah dan singkat. Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Motivasi adalah salah satu faktor yang bisa membantu kita sukses di perguruan tinggi. kita mengikuti mata kuliah yang dirasakan tidak menarik. salah satu kunci keberhasilan adalah menjaga kita tetap termotivasi. Untuk tetap menjaga agar kita tetap termotivasi ikuti beberapa tips berikut ini : 1. Sesuatu yang menimbulkan motivasi hari ini. Munculnya ketertarikan menandakan kita telah memiliki motivasi dari dalam. karena itu asalnya dari keinginan kita sendiri untuk berubah dan menjadi lebih baik lagi. Dalam belajar tentunya motivasi dari dalam ini lebih diinginkan karena akan menyebabkan proses pembelajaran yang lebih dalam. Bentuklah Kelompok Belajar . misal : karena faktor finansial atau nilai yang bisa memotivasi kita untuk lebih baik lagi Namun untuk mencapai sasaran belajar. kita memerlukan keduanya.

3. Teman yang rajin akan membuat kita merasa belajar serius adalah biasa. Selain itu. Dengan ini kita akan mendapati bahwa motivasi dapat kembali diraih. coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. misalnya mengerjakan soal latihan. Sebagian orang memerlukan jeda setelah belajar 30 menit. Sebaliknya. 4. Tapi karena belajar 30 menit tidak terlalu lama. Rencanakan apa yang akan dilakukan pada saat belajar bersama. Bergaulah dengan ornang-orang yang senang belajar Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi. Strategi yang baik yang perlu kita terapkan adalah setiap belajar 50 menit ambil jeda 10 menit. Setelah suatu waktu belajar yang panjang (misalnya 4 jam diselingi jeda). Adanya jeda ini akan mencegah kejenuhan yang dapat menurunkan motivasi. maka istirahatnya tidak lebih dari 5 menit. upayakan dengan keras agar kita dapat tetap berpegang pada rencana waktu.Belajar bersama dapat menimbulkan motivasi yang besar sehingga membantu kita mencapai sasaran. Paling tidak untuk menyelesaikan tugas sesuai rencana. Bila kita merasakan motivasi mulai surut (biasanya pada pertengahan semester). memperkirakan soal ujian dan mencari jawabannya. kita akan malas bahkan malu untuk belajar di antara teman – teman yang sedang bermain sambil tertawa – tawa. akan membuat kita pun gemar belajar. 6. Ambil Jeda Pada Saat Belajar kita tidak mungkin belajar terus menerus selama tiga jam. Belajar apapun . 5. Berpeganglah Pada Rencana Waktu Adanya rencana waktu sebagai pegangan dapat membantu meningkatkan motivasi kita. kita dapat mengambil jeda 1 atau 2 jam dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler.

Kita bisa belajar tentang berbagai jenis keterampilan seperti merakit komputer. kita bisa masuk/mencari ke milis Free-EnglishCourse@yahoogroups.pikiran.jika ingin termotivasi untuk belajar bahasa inggris.membuat film. .Pengertian belajar disini dipahami secara luas. Belajar dari Internet Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. 7. dan lain-lainnya.dan memotivasi diri.belajar berwirausaha. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat. baik formal maupun nonformal. Sebagai contoh.com.belajar menulis.

MAIVIDAR DIPADIA YUNITA ARLIYANI PUTY ANDHINI AFIFAH AULIA BILQIS KELAS: VII-6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful