RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)
Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Alokasi Waktu A. Standart Kompetensi : 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. B. Kompetensi Dasar : 3.2. Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. C. Indikator : 1. Membandingkan sifat rangkaian listrik seri dan rangkaian paralel. 2. Menjelaskan hidup matinya lampu bila salah satu lampu dipasang seri atau paralel. 3. Menerapkan konsep rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari. 4. Menerapkan konsep rangkaian paralel dalam kehidupan sehari-hari. D. Tujuan Pembelajaran : 1. Setelah melakukan eksperimen siswa dapat membandingkan sifat rangkaian seri dan rangkaian paralel. 2. Setelah melakukan eksperimen dan diskusi siswa dapat menjelaskan hidup atau matinya lampu bila salah satu lampu pada rangkaian seri dan rangkaian paralel dilepas. 3. Setelah melakukan diskusi siswa dapat menerapkan konsep rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari. 4. Setelah melakukan diskusi siswa dapat menerapkan konsep rangkaian paralel dalam kehidupan sehari-hari. E. Materi Pembelajaran : F. Metode Pembelajaran : : SMP Negeri 4 Kepanjen : IX / I ( Ganjil ) : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) : 2 X 40‘

1

Disediakan set alat dan setiap anak diberi LKS. ceramah. eksperimen. Langkah-langkah Pembelajaran Sintaks Pelibatan Kegiatan Guru .Mengemukakan pendapatnya tentang rangkian listrik dan cara menyalakan lampu listrik dirumah.Membimbing siswa melakukan percobaan: a. .Melakukan penggalian pengetahuan awal siswa tentang rangkaian listrik: Bagaimana menyalakan lampu listrik di rumah? Mengapa ketika salah satu lampu di rumah dimatikan lampu yang lain tetap menyala? Mengarahkan siswa untuk menguji jawabannya melalui percobaan. Waktu 2 . . Membuat rangkaian listrik seri tiga buah lampu dengan susunan dua buah bateray. Mengukur tegangan listrik Melakukan percobaan dengan set alat yang disediakan. . G. .Mengemukakan tujuan Eksplorasi pembelajaran.Membagi siswa dalam kelompok dengan anggota 4-5 orang. diskusi. Kegiatan Siswa .Model Pembelajaran Metode Pembelajaran : model siklus belajar : presentasi animasi komputer. tanya jawab.

Mengukur tegangan listrik rangakian. Jika lampu L1 L2 dan L1 karena dimatikan (dilepas). 3 . Megukur kuat arus listrik yang mengalir Eksplanasi pada rangkaian. 2. b. . Membuat rangkaian listrik paralel tiga buah lampu dengan dua buah bateray. Memberi permasalahan: L1 Jawaban yang diharapkan: 1. Lampu yang mati 1.rangakian. .Meminta siswa berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada pada LKS berdasarkan hasi percobaan. lampu kedua lampu tidak Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS dan mempresentasikan jawabannya. Lampu yang menyala L2 dan L3 L3 L2 sebab kedua lampu masih memperoleh aliran arus listrik atau kabelnya masih terhubung. Megukur kuat arus listrik yang mengalir pada rangkaian.Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi dan jawaban Elaborasi pertanyaa.

Kepala Sekolah …………. Sumber belajar : Budi Prasojo dkk. Jika lampu L3 manakah yang mati? Mengapa? Evaluasi . Physics for yunior high school 2. - 1. Unjuk Kerja Kemampuan Psikomotorik Indikator Skor Pada Siswa Ke Mengetahui . Alat : Kit Optika I. Teknik Tes Tulis Tes Unjuk kerja 1. Contoh instrument a. Teknik penilaian dan bentuk instrument. Penilaian : 1.Tes tulis PG Bentuk Instrumen Pilihan ganda Uji kerja praktik b.manakah yang menyala? Mengapa? 2. 2009. Jakarta: Yudhistira 2. lampu terbuka. Sumber/media Belajar mendapatkan aliran arus listrik atau merupakan rangkaian dimatikan (dilepas).…………… Guru Mata Pelajaran 4 .Rangkaian listrik di rumah kita merupakan rangkaian seri atau paralel? Mengapa? H.

Nip. Nip. 5 .…………………………. …………………………….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful