MENUNTUT ILMU

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Bismillahirrohmanirrohiim

‫الحمد لله رب العالمين و به نستعين على أمور الدنيا و الدين. أشهد‬ : ‫أن ل إله إل الله و أشهد أن محمدا رسول الله، أما بعد‬
Yang saya hormati Dewan Juri ! Yang saya hormati Rekan-rekan peserta lomba ! Serta hadirin dan hadirat yang berbahagia ! Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang menuntut ilmu. Menuntut ilmu adalah wajib bagi umat islam. Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

‫طلب العلم فريضة على كل مسلم و مسلمة‬

Artinya :” Mencari ilmu itu wajib atas setiap orang islam, laki-laki atau perempuan.” Sejak kapan kita menuntut ilmu ? Dalam ajaran Islam, seseorang dituntut untuk mencari ilmu sejak dalam buaian hingga masuk liang lahad. Nabi Muhammad SAW bersabda :

‫اطلب العلم من المهد إلى اللحد‬
Artinya :” Tuntutlah ilmu itu sejak dalam buaian, hingga masuk liang lahad.” Ajaran islam dalam menuntut ilmu sesuai dengan program yang dikembangkan sekarang tentang kewajiban belajar, yaitu ‘long life education’ maksudnya menuntut ilmu seumur hidup. Tetapi dalam islam, seseorang disamping menuntut ilmu dan teknologi ( iptek ) harus diiringi dengan iman dan taqwa ( imtaq ). Sebab dengan hanya ilmu pengetahuan saja, seseorang dapat menjadi bebas hingga membuat dia sesat, namun ilmu pengetahuan yang diiringi dengan iman dan taqwa, insya Allah akan bermanfaat baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat. Mengapa kita harus menuntut ilmu ? Apa gunanya menuntut ilmu ? Pertama : Kita menuntut ilmu agar pandai, agar tak bisa ditipu orang, agar dapat memimpin bangsa dan negara ini dengan baik. Ilmu adalah kekuatan, yang dengan kekuatan itu kita dapat menguasai dunia. Lihatlah negara-negara yang telah memiliki teknologi tinggi, seperti : Amerika, Jepang, Jerman, dan lain-lain. Dengan sebab mereka menguasai ilmu dan teknologi, mereka dapat menguasai dunia. Hal ini seperti kata orang Barat, “ Knowledge is a power “, artinya “ Ilmu pengetahuan adalah kekuatan.”

mesin foto copi. kita akan dapat hidup di dunia ini dengan selamat. semua saya serahkan kepada Allah.” Demikian pidato saya tentang menuntut ilmu.Sejarah telah memberi pelajaran yang berharga kepada kita. yang benar datangnya hanya dari Allah SWT serta yang salah dari diri pribadi saya yang dho’if. Karena ilmu itu adalah cahaya yang akan menunjuki dan menerangi jalan kita. Seperti kata pepatah Arab : ‫العلم نور والجهل ظلم‬ Artinya : “ Ilmu itu cahaya dan bodoh itu kegelapan . yaitu sebab kebodohan kita. wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh ! . jikalau mati. semoga bermanfaat bagi saya khususnya. Keempat : Menuntut ilmu merupakan ibadah. kita telah dijajah oleh Belanda selama 3 ½ abad dan oleh Jepang 3 ½ tahun. dan lain-lain dapat membantu kita membuat surat. Rosulullah bersabda : ‫من خرج في طلب العلم فهو في سبيل الله حتى يرجع‬ Artinya : Siapa yang keluar menuntut ilmu.” Kelima : orang yang menuntut ilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. dan bagi kita semua pada umumnya. berarti ia berjuang di jalan Allah SWT sampai dia pulang ke rumahnya. maka matinya syahid. Orang yang menuntut ilmu mendapat pahala dari Allah SWT dan perbuatannya termasuk berjuang di jalan Allah. Mohon maap jikalau ada kesalahan baik sengaja atau tidak. Seperti dengan ditemukannya komputer. Wabillahit taufiq wal hidayah. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surat Al Mujadalah ayat 11 : ‫يرفع الله الذين آمنوا منكم و الذين أوتوا العلم درجات‬ Artinya : “ Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.” Ketiga : Dengan perkembangan ilmu dan teknologi dapat membantu pekerjaan kita. Kedua : Dengan ilmu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful