EXCAVATOR

DEFINISI Excavator, backhoe atau shovel adalah suatu alat berat yang diperuntukkan memindahkan suatu material, sehingga dapat meringankan pekerjaan yang berat apabila dilakukan dengan tenaga manusia.Dan juga untuk mempercepat waktu pengerjaan sehingga dapat menghemat waktu. Excavator sering digunakan untuk :

     

Menggali parit, lubang, pondasi Penghancuran gedung Perataan permukaan tanah Mengangkat dan memindahkan material Mengeruk sungai Pertambangan

Beberapa bidang industri yang sering menggunakan Excavator antara lain Konstruksi, Pertambangan, dan Infrastruktur. JENIS Karena perbedaan kebutuhan dalam pemakaian Excavator dalam suatu bidang industri, sehingga Excavator dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis bucketnya, antara lain :

Standart Bucket : adalah jenis bucket yang sering digunakan karena flexible untuk beberapa kondisi pekerjaan.Bucket ini mempunyai penetrasi cukup dalam. 2. . 3. Trapezoid bucket : Digunakan untuk membangun kanal atau irigasi. Ripper Bucket : Bucket jenis ini cocok untuk menggali lapisan bebatuan dan tanah liat yang keras.1.

5. dll. Slope finishing bucket : digunakan untuk meratakan permukaan tanah karena memiliki bucket yang datar dan lebar. menghancurkan dan mengangkat pondasi beton. Three shank ripper : alat yang efisien untuk untuk menggali batuan pada lereng.Bucket ini mempunyai beberapa lubang yang berfungsi sebagai tempat keluarnya air. dan juga untuk mencabut akar batang pohon.4.Biasa untuk meratakan jalan. Ditch cleaning bucket : Berfungsi untuk membersihkan sungai atau mengeruk lumpur di dasar sungai. kanal. Single shank ripper : digunakan untuk mempersiapkan lahan yang akan digali terutama untuk lahan bebatuan dan juga untuk mencabut akar batang pohon. 6. 7. sisi lereng. . sisi sungai.

Grapple : digunakan untuk mengangkat batang kayu. Magnet fork excavator : didasarkan pada lifting magnet dan fork yang memberikan performa pengoperasian dalam penanganan potongan-potongan material. . lereng bendungan. 13. 11.Memiliki 4 buah cakar yang dapat membuka dan menutup dengan silinder dan hidrolik masing-masing. Produktivitas Backhoe Jenis material berpengaruh dalam perhitungan produktivitas backhoe. S adalah faktor koreksi untuk kedalaman dan sudut putar dan BFF adalah Faktor koreksi untuk alat gali. Rumus yang dipakai untuk menghitung produktivitas backhoe adalah : Produktivitas = V * 60/CT * S * BFF * efisiensi Produktivitas dihitung dalam m3/jam.CT adalah waktu siklus. Lifting magnet : digunakan untuk mengangkat barang-barang yang terbuat dari logam Scrap grapple : untuk mengangkat dan memindahkan material dengan bentuk yang tidak beraturan. yaitu mengkombinasikan kekuatan magnet dan fork. Clamshell bucket : digunakan untuk memindahkan material Spike hammer :cocok untuk struktur beton. 10.8. 9. dll. Penentuan waktu siklus backhoe didasarkan pada pemilihan kapasitas bucket. 12.

dan juga untuk mencabut akar batang pohon.6. Three shank ripper : alat yang efisien untuk untuk menggali batuan pada lereng. Single shank ripper : digunakan untuk mempersiapkan lahan yang akan digali terutama untuk lahan bebatuan dan juga untuk mencabut akar batang pohon. 7. menghancurkan dan mengangkat pondasi beton. .

lereng bendungan. . Rumus yang dipakai untuk menghitung produktivitas backhoe adalah : Produktivitas = V * 60/CT * S * BFF * efisiensi Produktivitas dihitung dalam m3/jam.Memiliki 4 buah cakar yang dapat membuka dan menutup dengan silinder dan hidrolik masingmasing. Scrap grapple : untuk mengangkat dan memindahkan material dengan bentuk yang tidak beraturan.8. Produktivitas Backhoe Jenis material berpengaruh dalam perhitungan produktivitas backhoe. 13. Clamshell bucket : digunakan untuk memindahkan material 9. Penentuan waktu siklus backhoe didasarkan pada pemilihan kapasitas bucket. yaitu mengkombinasikan kekuatan magnet dan fork.CT adalah waktu siklus. S adalah faktor koreksi untuk kedalaman dan sudut putar dan BFF adalah Faktor koreksi untuk alat gali. 10. dll. Spike hammer :cocok untuk struktur beton. Lifting magnet : digunakan untuk mengangkat barang-barang yang terbuat dari logam 12. 11. Magnet fork excavator : didasarkan pada lifting magnet dan fork yang memberikan performa pengoperasian dalam penanganan potongan-potongan material. Grapple : digunakan untuk mengangkat batang kayu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful