MAKALAH FILSAFAT ILMU

AKSIOLOGI
Disusun Oleh Nama NIM Jurusan BKU : Yuniarsih Manggarsari : 20112506056 : Pendidikan Bahasa : Pendidikan Bahasa Inggris

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2011

Pada dasarnya ilmu yang kita pelajari bersifat netral karena ilmu tidak mngenal sifat baik maupun buruk dalam ilmu itu sendiri tetapi tergantung pada orang yang memiliki ilmu tersebut.2 Rumusan Masalah 1. Sebutkan dan jelaskan macam-macam katagori dasar aksiologi? . I.1 Latar Belakang Kita adalah makhluk tuhan yang mempunyai kelebihan dari makhlukmakhluk ciptaan yang lain karena kita diberikan akal untuk berfikir dan hati untuk mengatur emosi kita. Sehingga ilmu yang kita dapat setelah melalui tahapan pedidikan menjadi alat untuk memperbarui hidup. Apa yang dimaksud dengan Aksiologi? 2. Apa saja kegunaan aksiologi ilmu? 4. Pada saat kita tumbuh berkembang dari anak-anak sampai tahapan dewasa. kodrat dan martabat manusia. Suriasumantri (1990) ilmu merupakan pengetahuan yang kita gumuli sejak bangku sekolah dasar sampai pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi. bagaimana dia memanfaatkan ilmu yang telah didapatnya dan bergunakah ilmu yang telah dipelajarinya untuk kehidupan sosialnya. mencapai suatu keinginan dan membawa ke tujuan hidup yaitu kebahagiaan. Usaha untuk mendapatkan pendidikan yang baik inilah yang menjadi usaha untuk membekali hidup kita dan menjadi salah satu usaha untuk mendapatkan ilmu. Apa yang dimaksud dengan ilmu dan moral? 3. Karena pada hakikatnya ilmu harus digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia sebagai sarana atau alat dalam meningkatkan taraf hidup manusia dengan memperhatikan nilai atau etika. Menurut Jujun S. Dalam hal ini ilmu yang berkaitan dengan nilai kegunaannya akan dibahas dalam kajian filsafat yang ketiga yaitu aksiologi.BAB I PENDAHULUAN I. kita mencari tempat yang baik untuk mendapatkan pendidikan. baik untuk dirinya maupun anak-anaknya baik pendidikan formal dari SD sampai tingkat lanjutan atas dan perguruan tinggi maupun pendidikan nonformal.

3. Untuk mengetahui dan memahami kegunaan aksiologi ilmu. 3.I.3 Tujuan 1. Dapat memahami maksud dan arti ilmu dan moral. Untuk memahami arti dan maksud dari aksiologi. Untuk menyebutkan dan menjelaskan macam-macam katagori dasar aksiologi. I.4 Manfaat 1. 4. 2. Dapat menyebutkan dan menjelaskan macam-macam katagori dasar aksiologi. Dapat mengetahui dan memahami kegunaan aksiologi ilmu. . Dapat memahami arti dan maksud dari aksiologi. 2. Untuk memahami maksud dan arti ilmu dan moral. 4.

org/wiki/aksiologi). sifat dan jenis pengetahuan. Kata aksiologi berasal dari bahasa Yunani. . Aksiologi berasal dari kata axios yang artinya nilai. Jika dalam kajian ontologi mempertanyakan tentang objek apa yang akan ditelaah dan pada kajian epistomologi berkaitan dengan bagaimana asal. Suriasumantri).1 Pengertian Aksiologi Aksiologi merupakan bagian ke tiga dari kajian filsafat setelah ontologi dan epistomologi. II. Ilmu bukan sekedar pengetahuan tetapi merangkum sekumpuan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang tertentu. (http://id. Aksiologi juga sering disebut dengan theory of value. Dalam kajian aksiologi ini pertanyaan yang sering digunakan untuk membedakan antara aksiologi dan kajian filsafat yang lainnya yaitu: (1) Untuk apa pengetahuan itu digunakan?. Aksiologi adalah ilmu yang membicarakan tentang tujuan-tujuan ilmu pengetahuan dan merupakan ilmu yang mempelajari hakikat dan manfaat yang sebenarnya dari pengetahuan.BAB II TINJAUAN PUSTAKA II. (2) Bagaimana kaitan antara cara penggunaannya dengan kaidah-kaidah moral? (3) Bagaimana penentuan obyek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral?. ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu dibidang pengetahuan itu. Aksiologi adalah teori yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh (Jujun S. dan logos artinya ilmu atau teori. dan ilmu pengetahuan itu sendiri akan sangat bermanfaat jika bisa memanfaatkannya dengan baik.wikipedia.2 Pengertian Ilmu dan Moral Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. sedangkan aksiologi merupakan cabang filsafat yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan dan memanfaatkan ilmunya?.

tindakan. Ethos mempunyai banyak arti yaitu tempat tinggal yang biasa. Dalam tahap ini ilmu tidak hanya menjelaskan gejala alam untuk tujuan pengertian atau pemahaman namun lebih jauh lagi memanipulasi faktor-faktor yang terkait dalam gejala tersebut untuk mengontrol dan mengarahkan proses yang terjadi. prilaku. perasaan. kelakuan yang dilakukan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman. Disinilah masalah moral muncul kembali namun dalam kaitannya dengan faktor lain. Ilmu merupakan unsur dari pengetahuan manusia karena dengan ilmu manusia dapat memenuhi kebutuhannya secara praktis sehingga ilmu merupakan alat atau sarana untuk menolong hidup manusia dalam mencapai tujuan hidupnya. watak. Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Asal-usul yang melatar belakangi filsafat moral adalah istilah etika yang dipakai oleh Aristoteles. Teknologi dapat diatikan sebagai penerapan konsep ilmiah dalam memecahkan masalah praktis baik yang berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). akhlak. Setiap ilmu pengetahuan akan menghasilkan teknologi yang kemudian akan diterapkan pada mayarakat. cara berpikir. Moral berasal dari bahasa latin yaitu moralitas adalah istilah manusia menyebut manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang mempunyai nilai positive. kalau dalam tahap kontempolasi moral berkaitan dengan metafisika maka dalam tahap manipulasi ini masalah moral berkaitan dengan cara penggunaan ilmu pengetahuan atau secara filsafati dalam tahap penerapan konsep terdapat masalah moral ditinjau dari segi aksiologi keilmuwan (Suriasumantri. Bentuk tunggal dari etika yaitu ethos sedangkan jamaknya ta etha. 1990: 234) .Sedangkan kata moral berasal dari bahasa latin yaitu ”mos” yang berarti kebiasaan. Sedangkan arti dari ta etha yaitu adat kebiasaan. Sedangkan manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bemoral dan tidak memiliki nilai positif dimata manusia lainnya sehingga moral adalah mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. sikap. Moral juga dapat diartikan sebagai sikap. kebiasaan atau adat.

Salah satu nilai kegunaan ilmu yaitu dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia. bidang ini menjelaskan tentang nilai keindahan. (3) Socio-political life. Nilai atau value dapat bersifat objective dan kadang-kadang bersifat subjective. bagaimana dia menggunakannya. Ilmu bersifat netral karena ilmu tidak bersifat baik ataupun buruk tergantung pada sesorang yang memiliki ilmu itu sendiri. Dari dua katagori dasar aksiologi ini maka terdapat empat pendekatan etika. Subjectivism Dalam objectivism penilaian terhadap sesuatu yang dilakukan apa adanya sesuai keadaan objek yang dinilai. yaitu kehidupan social politik yang akan menggambarkan suatu filsafat social politik. aksiologi dibagi menjadi tiga bagian yaitu: (1) Moral Conduct. bidang ini melahirkan disiplin khusus yaitu etika. Dikatakan objective jika nilai nilai tersebut tidak bergantung pada subjek atau kesadaran yang menilai. II. (2) Estetic expression. yaitu tindakan moral. dan bermanfaatkah ilmunya bagi manusia. Sedangkan subjectivism penilaian terhadap sesuatu dimana dalam proses penilaian terdapat unsur intuisi (perasaan). Suriasumantri yaitu bahwa “pengetahuan adalah kekuasaan” apakah kekuasaan itu berkat atau justru mendatangkan malapetaka bagi manusia. Dalam hal ini juga terdapat dua katagori dasar aksiologi yaitu: 1.II. Menurut Francis Bacon yang tertera pada Jujun.4 Macam-Macam Katagori Dasar Aksiologi Menurut Bramel yang tertera pada Amsal. tingkah laku atau yang lainnya. Jika mendatangkan malapetaka maka terdapat kesalahan dalam menggunakan atau memanfaatkan ilmu itu sendiri karena ilmu merupakan alat bagi manusia untuk mencapai keinginannya dan hidup bahagia dikehidupannya. yaitu ekspresi keindahan.3 Kegunaan Aksiologi Ilmu Teori tentang nilai dalam filsafat membahas tentang etika dan estetika dimana makna etika mempunyai dua arti yaitu merupakan suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan manusia dan suatu predikat yang dipakai untuk membedakan perbuatan. Objectivism 2.2009:163. S. yaitu: (1) teori .

Fakta bahwa seseorang melakukan sesuatu yang benar ketika ia tahu dengan nalarnya bahwa itu benar. Nilai secara umum hakikatnya bersifat subjective tergantung pada kondisi manusia. diuji oleh individu dan masyarakat untuk melayani tujuan membimbing prilaku manusia.nilai intuitif dan (2) teori nilai rasional yang berdasarkan atau beraliran objectivis. Nilai adalah produk biososial. 2. 3. . 1. artefak manusia yang diciptakan. sedangkan (3) teori nilai alamiah dan (4) teori nilai emotif beraliran atau berdasarkan subjectivis. Nilai tidak lebih dari suatu opini yang tidak bisa di perbarui sekalipun diakui bahwa penelitian menjadi bagian penting dari tindakan manusia. Seseorang akan menemukan dan mengakui nilai tersebut melalui proses intuisi karena ia mengatur prilaku idividu atau sosialnya selaras dengan preskripsi moralnya. Teori Nilai Inuitif Dalam teori ini nilai ditemukan melalui intuisi karena ada aturan moral yang bersifat baku. maka teori ini memandang bahwa konsep moral dan etika bukanlah keputusan faktual tetapi hanya ekspresi emosi dan tingkah laku. 4. Teori Nilai Rasional Nilai rasional dikemukakan sebagai hasil dari penalaran manusia. Teori Nilai Alamiah Nilai dimiliki manusia bersama dengan kebutuhan dan hasrat yang dialaminya. dipakai. Teori Nilai Emotif Jika tiga aliran sebelumnya menentukan konsep nilai dengan status kognitifnya.

dan ilmu pengetahuan itu sendiri akan sangat bermanfaat jika bisa memanfaatkannya dengan baik. Dimana aksiologi adalah ilmu yang membicarakan tentang tujuantujuan ilmu pengetahuan dan merupakan ilmu yang mempelajari hakikat dan manfaat yang sebenarnya dari pengetahuan. kodrat dan martabat manusia. Maka dari itu kegunaan dan manfaat dari ilmu itu sendiri dikaji dalam aksiologi. menggunakannya untuk kepentingan bersama karena ilmu merupakan alat untuk meningkatkan taraf hidup dan dapat bermanfaat bagi setiap orang apabila ilmu yang kita dapat digunakan berdasarkan nilai atau etika.BAB III PENUTUP Dari manfaatnya pembahasan disalah diatas dapat Dalam disimpulkan menggunakan bahwa ilmu ilmu kita dapat harus mendatangkan malapetaka bagi hidup orang banyak jika kegunaan dan gunakan. .

shvoong. 1990.wikipedia. .DAFTAR PUSTAKA Amsal. http://id. Jakarta: Rineka Cipta. Jujun.yousaytoo. Suriasumanteri. Fauziarti. Tahu dan Pengetahuan. S. Poedjawijatna.com/social-sciences/education/2124658-dimensiaksiologi-dalam-filsafat-pendidikan/ pada tanggal 22 Oktober 2011.2009. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. 2004. http://id. Jakarta : Rajawali pers.com/dasar-dasar-etika-sebuah-pengantar-sangatringkas/356972 pada tanggal 22 Oktober 2011 . Benni Farida. Bakhtiar. Diambil dari internet. Dimensi aksiologi dalam filsafat. Jakarta: Pustaka sinar Harapan.org/wiki/Aksiologi pada tanggal 22 Oktober 2011 http://www. Filsafat Ilmu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful