BAB 1 PENDAHULUAN Kehamilan dibagi menjadi 3 trimester, masing-masing 3 bulan.

Trimester pertama disebut sebagai periode pembentukan karena pada akhir periode ini semua system organ jnin sudah terbentuk dan berfungsi. Untuk ibu hamil, trimester pertama adalah waktu untuk melakukan penyesuaian fisik dan emosional terhadap kehamilan. Pada trimester pertama, usia bayi yang belum lahir sesudah pembuahan digunakan sebagai tonggak ilmiah pad minggu-minggu awal kehamilan.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Kehamilan trimester pertama adalah usia kehamilan dari minngu pertama sampai minggu ke 13, yang ditandai oleh beberapa hal seperti, mual muntah yang terjadi karena perubahan dalam tubuh yang terjadi selama hamil, nyeri pada payudara biasanya disebabkan oleh membesarnya payudara ibu karena berkembangnya kelenjar susu dn pasokan darah meningkat, flek yang terlihat seperti menstruasi karena darah yang dilepas saat telur dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim. 2.2 Faktor penyebab Faktor penyebab kehamilan trimester pertama adalah sel sperma yang berhasil membuahi sel telur sehingga menjadi zigot, morula, blastosit, embrio, dan janin. 2.3 Manifestasi klinis Mual ini bisa terjadi karena perubahan-perubahan dalam tubuh selama hamil. Termasuk perubahan hormon, dan indera penciuman yang lebih sensitif. Kondisi emosional Ibu juga bisa memperparah kondisi ini Nyeri pada payudara biasanya disebabkan oleh perubahan hormon. Untungnya, setelah tubuh Ibu terbiasa dengan perubahan hormon selama kehamilan, nyeri payudara pun akan berangsur hilang. Flek saat hamil terlihat mirip menstruasi. Ini sering terjadi pada awal kehamilan karena darah yang dilepas saat telur dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim 2.4 Penatalaksanaan Proses pengkajian terjadi sepanjang periode prenatal.proses dimulai saat wanita bertemu dengan tenaga kesehatan karena ia menduga dirinya hamil. Teknik

Kelenjar tiroid Kelenjar tiroid adalah kelenjar endokrin yang pling besar.bulan-bulan awal sering dipenuhi dengan gejolak emosional naik-turun. dan status kardiovaskular merupakan hal yang penting . Tingkat metabolic dan ritme. 3. Meskipun keadaan ini biasa disebut mual pagi hari. memberi sumber makanan yang kaya.anda mudah menangis.ibu hamil juga akan mengalami rasa mual dan muntah selama bulan-bulan awal kehamilan. Oleh karena itu. termasuk keteraturan menstrtuasi pada usia subur. keadaan tersebut dapat muncul kapanpun.Calon ibu Selama periode ini. mata.pengkajian meliputi wawancara. pemeriksaan fisik dan tes laboratorium. mulai memanjang kedalam lapisan rahim. menjadi plasent primitive.gejola perasan tanpaknya lebih menonjol dan sulit bagi anda maupun pasangan untuk menghamilinya. kulit. lapisan rahim ( endometrium) menjadi tebal dan pasokan darahnya meningkat. Darah janin.membuat anda kurang nyaman. rambut.1 Pengkajian umum .kadang-kadang sangat membingungkan bagaimana anda dapat merasa bahagia dengan kehamilan and.Emosi Sejalan dengan perubahan fisik. .2 Pengkajian fisik . observasi tingkah laku. diatur oleh kelenjar tiroid.Plasenta dan rahim Selama minggu-minggu awal kehamilan. yang normalnya tidak tercampur. Lapisan jaringan yang tipis memisahkan kedua system peredaran darah ini. Efek aktifitas tiroid sangat luas. satu-satunya kelenjar yang bias langsung diperiksa pada pemeriksaan fisik.tetapi juga merasa murung. sehingga harus dilakukan tes dan pengkajian lebih lanjut BAB 3 ASKEP 3.bayangan akan menjadi ibukadang-kadang membuat anda senang. beredar melalui pembentukan struktur seperti akar ini sementara darah anda bersirkulasi kedalam celah sekitar vili.tetapi pada saat lain. Setiap penyimpangan dari temuan normal dapat mengindikasikan suatu komplikasi. . anda akan merasakan keletihan yang tidak biasa dan membutuhkan tidur lebih banyak karena adanya tuntutan baru terhadap pasokan energi anda dan karena terjadinya pergeseran pada kecepatan metabolisme tubuh. Pada akhir bulan pertama tonjolan yang terbentuk dua minggu sebelumnya. penampilan.

akan tetapi.peran diri sendiri pada penatalaksanaan kesehatan dan kehamilan 4.dan adanya hernia juga harus dicatat. Tidak semua wanita akan mengalami semua masalah yang dibahas di bab ini. perubahan proses keluarga yang berhubungan dengan .Payudara Pemeriksaan ginekologi dilakukan dengan mula-mula meriksa payudarah untuk menetapkan data dasar tentang keadaan normal. Perawat ini harus memilih aspek-aspek perawatan yang relevan untuk kebutuhan klien dan keluarganya berdasarkan hasil akhir yang diharapkan .rasa takut bahwa bersenggama akan mencederai janin 3.konstur.stria. harus disusun sebuah rencanaperawatan yang ada hubungannya dengan masalah keperawatan dan klinis wanita tersebut.turgor.bunyi usus diauskultasi.lesi.rasa kurang nyaman pada awal kehamilan .3 Diagnosa keperawatan Setiap wanita dan keluarganya memiliki suatu rangkaian respon unik terhadap kehamilan. .ruam.morning sickness 5.pengkajian kulit dilakukan untuk memperoleh gambaran keadaan umum.rasa tidak nyaman pada awal kehamilan 2. 3.kekhawatiran terhadap diri sendiri .warna.dan distribusi rambut. Untuk setiap wanita. Untuk meresponsnya. perubahan nutrisi . ansietas yang berhubungan dengan . perubahan pola seksual yang berhubungan dengan . deficit pengetahuan yang berhubungan dengan . Pengkajian ini bersifat umum.4 Intervensi Hasil akhir yang diharapkan Rencana perawatan pasien selama trimester pertama didasarkan pada pengkajian biopsikososial pada wanita itu dan keluarganya.tekstur.dilatasi vena.Abdomen Periksaan abdomen dengan hati-hati dan systematis.tinggi fundus dicatat jika pemeriksaan pertama dilakukan pada tahap lanjut kehamilan.respons keluarga terhadap diagnosis kehamilan 3. perawat menyusun diagnosa keperawatan yang sesuai dari daftar berikut 1.jaringan parut..perubahan fisik selama hamil .kesimetrisan. kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan .pemeriksa harus waspada terhadap kemungkinan keganasan.

Menjadi orang tua adakah suatu krisis maturasi dalam kehidupan sekaligus merupakan masa perkembangan tanggung jawab dan perhatian terhadap orang lain. aktivitas sehari-hari. 3. 2.berikut. merupakan kesempatan untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan bayinya. kriteria ini dipakai sebagai dasar untuk memilih tindakan keperawatan yang sesuai dan mengevluasi keefektifannya. wanita akan mengalami gejala-gejala yang menunjukkan deviasi dari kehamilan normal dan melaporkan hal-hal tersebut. Temuan klinis yang menunjukan respon normal disajikan sebagai hasil yng diharapkan/rencana dalam rencana keperawatan untuk setiap pasien. . Kunjungan prenatal regular. rasa tidak nyaman akibat hamil. yang secar ideal dimulai segera setelah ibu pertama kali terlambat menstruasi. 3. wanita dan keluarganya akan berpartisipasi aktif dalam perawatannya selama trimester pertama kehamilan. 4. wanita akan akanmenggunakan pengetahuan tentang pengetahuan nutrisi. Hasil akhir ini berkaitan dengan perawatan psikologis dan psikososial.5 Evaluasi Keadaan janin dan ibu secara kontinu di evaluasi menurut criteria yang ditetapkan dan dapat diukur. dan perawatan diri. kebutuhan seksual. Kunjungan prenatal direncanakan untuk mengikuti pertumbuhan dan perkembangan janin dan untuk mengidentifikasi kelainan yang dapat mengganggu persalinan normal. BAB 4 KESIMPULAN Periode prenatal adalah periode persiapan baik secara fisik maupun psikologis. wanita akan menunjukkan pengetahuan yang benar tentang adaptasi yang dialami tubuh seorang ibu hamil terhadap perkembangan janin sebagai dasar untuk memahami rasional dan pentingnya perawatan. 1.

http://www.bobak. jensen.DAFTAR PUSTAKA .google.2004. lowdermik. Jakarta:EGC .com/ . Buku ajar keperawatan maternitas edisi 4.kehamilan kelahiran dan bayi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful