You are on page 1of 30

PENGELOLAAN ALAT BERAT

mrk.teknik.untan.ac.id
Modul # 5 ALAT BERAT

JENIS ALAT BERAT

Motor Grader
Definisi : Alat berat yang digunakan untuk mengupas, memotong, meratakan suatu pekerjaan tanah. Kegunaan Motor Grader : Grading (perataan permukaan tanah) Shaping (pemotongan untuk mendapatkan bentuk /profil tanah) Bank shoping (pemotongan dalam pembuatan talud) Scarifiying (penggarukan untuk pembuatan saluran) Ditching (pemotongan untuk pembuatan saluran) Mixing and Spreading (mencampur dan menghampar material dilapangan)

Motor Grader
Dalam pengoperasian Motor Grader diperlengkapi peralatan tambahan (additional part ) agar dapat bekerja serba guna, antara lain : Scarifier teeth (ripper dalam bentuk kecil sebagai penggaruk) dipasang didepan blade dan dapat dikendalikan secara tersendiri Pavement widener (alat untuk mengatur penghamparan) Elevating grader unit (alat pengatur grading). Pada umumnya Motor Grader digunakan pada suatu proyek dan perawatan jalan. Dari kemampuannya bergerak Motor Grader ini juga sering digunakan dalam proyek lapangan terbang.

Wheel Loader
Definisi : Alat berat yang berfungsi sebagai pemuat beroda karet (ban) Medan kerja : hanya mampu beroperasi didaerah yanq keras dan rata, kering tidak licin karena traksi di daerah basah akan rendah. Karakteristik : Tidak mampu mengambil tanah sendiri atau tanpa dibantu lebih dulu oleh bulldozer. Mirip dozer shovel.

Wheel Loader
Metode pemuatan Pada alat pemuat/loader baik track shovel maupun wheel loader ada 4 macam : a. I shape/cross loading b. V shape loading c. Pass loading d. Load and carry jarang digunakan

Wheel Loader
Kelebihan : Mobilitasnya tinggi. Manuver daerah pemuatan loading point lebih sempit dibanding dengan track shovel Kerusakan permukaan loading point lebih kecil karena menggunakan ban karet. Dalam menempatkan muatan kedalam dump truck, kurang bisa merata, sehingga kadangkadang bisa miring, faktor ini sangat dipengaruhi oleh skill operator.

Excavator
Definisi : alat yang berfungsi sebagai penggali dan pemuat material tanpa harus banyak berpindah tempat dengan menggunakan tenaga power take off dari mesin yang dimilikinya.

Excavator
Bagian-bagian utama : Bagian atas yang dapat berputar (Revolving unit) Bagian bawah untuk berpindah tempat (Travelling unit) Bagian-bagian tambahan (attachment) yang dapat diganti sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dikerjakan. Bagian bawah Excavator : Roda rantai (Crawler truck) Roda ban (wheel truck) Dipasang di atas truck (mounted truck)

Excavator
Bagian-bagian tambahan : Crane Shovel Back Hoe Dragline Clam shell. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan excavator adalah : Kapasitas bucketnya Kondisi kerja (bisa menggali pada daerah yang lunak sampai keras, tetapi bukan tanah asli berupa batuan keras).
9

Crane
Definisi : alat pengangkat dan pemindah material yang bekerja dengan prinsip kerja tali. Fungsi : digunakan untuk angkat muatan secara vertikal dan gerak kearah horisontal bergerak secara bersama dan menurunkan muatan ke tempat yang dituju dengan mekanisme pergerakan crane secara dua derajat kebebasan.

10

Crane
Jenis Crane : Crane gelegar Crane kolom putar Crane putar Crane portal Crane menara Crane kabel Mobil crane

Crane gelegar

Crane menara

Crane kabel Crane putar

Crane kolom putar

Crane portal
Crane mobil

11

Dozer Shovel
Definisi : Alat berat yang berfungsi sebagai pemuat beroda rantai (track loader).

Kegunaan : Untuk memuat material / tanah atau batu kedalam alat pengangkut (dump truck atau hopper pada belt conveyor) Untuk memindahkan material ke tempat lain dengan jarak angkut sangat terbatas (load and carry).
12

Dozer Shovel
Medan kerja : Hanya bisa beroperasi didaerah yang keras dan agak keras. Pada landasan yang kurang rata sekalipun, daya cengkeram lebih kuat. Karakteristik : Mampu mengambil sendiri tanah yang agak lunak. Memerlukan daerah pemuatan (loading point) sedikit agak lebar. Perpindahan daerah operasi kurang cepat (kurang mobile). Attachment-nya adalah bucket dan log clamp (penjepit kayu bulat/kepiting).
13

Back Hoe
Definisi : Excavator yang memasang hoe bucket yang khusus dibuat untuk menggali material yang letaknya di bawah tempat kedudukan alat itu. Fungsi Back Hoe : Untuk penggalian saluran Untuk membuat terowongan Untuk menempatkan pondasi bangunan/basement Jenis Back Hoe : Wheel Back Hoe Crawler Back Hoe

14

Dragline
Definisi : Alat penggali tanah dengan sistem pengeduk tarik (terdapat tali baja penarik bucketnya) dan dapat sekaligus memuatkan pada alat-alat angkut misalnya truck, traktor penarik gerobak, serta meletakkan tanah ke tempat-tempat penimbunan yang dekat dengan lokasi galian

15

Dragline
Fungsi Dragline : Pengerukan tepi sungai. Penggalian parit-parit. Penggalian sungai yang memiliki tebing yang curam sehingga kendaraan untuk mengangkut hasil galian tak perlu masuk ke lokasi galian. Kerugian penggunaan Dragline : Produktivitasnya sangat rendah, jika dibandingkan dengan Shovel yang punya kapasitas yang sama hasilnya hanya sekitar 70 sampai 80% kapasitas Shovel.

16

Clam Shell
Definisi : Excavator dengan fungsi sebagai pengeduk jepit. Bucket : Yang membedakan dengan Dragline dan Back Hoe adalah pada bucketnya, bentuk bucket pada Clam Shell seperti penjepit seperti capit kepiting.

17

Clam Shell
Clam Shell lebih cocok jika digunakan pada bahan-bahan yang berbutiran lepas seperti pasir, pasir, batu pecah, batu bara dan sebagainya. Clam Shell bekerja dengan mengisi bucket, mengangkat ke arah vertikal ke atas kemudian dengan gerakan memutar, mengangkut ke tempat yang dikehendaki disekelilingnya, dan kemudian ditumpahkan ke dalam truck atau alat angkut lainnya, atau hanya menumpuk material yang digali ke tempat-tempat yang ada disekelilingnya.

18

Skidder
Definisi : Excavator dengan fungsi sebagai pengeduk jepit tunggal. Bucket : Bucketnya yang lebih tipis dibandingkan clam shell. Fungsinya : Mengangkat log, material yang bervolume.

19

Dump truck
Definisi : Alat berat yang digunakan untuk memindahkan material konstruksi pada jarak jauh (>500m). Muatannya diisikan oleh alat pemuat, sedangkan untuk membongkarnya muatannya, alat ini dapat bekerja sendiri.

Medan Kerja : Bekerja secara efektif pada kondisi jalan yang relatif rata dan keras, tetapi jika kondisi jalan yang khusus, dump truck juga mampu bekerja.

20

Dump truck
Jenis Dump truck : Side dump truck (penumpahan ke samping) Rear dump truck (penumpahan ke belakang) Rear and side dump truck (penumpahan ke belakang dan kesamping)

Besar muatannya : On High Way Dump Truck muatannya < 20 m3 Off High Way Dump Truck muatannya > 20 m3.
21

Dump truck
Pemilihan Truck Kapasitas truck yang dipilih harus berimbang dengan alat pemuatnya (loader). Jika perbandingan ini kurang proporsional, maka ada kemungkinan loader ini banyak menunggu atau sebaliknya. Perbandingan yang dimaksudkan yaitu antara kapasitas truck dan kapasitas loader adalah 4 - 5 : 1 atau dengan perkataan lain kapasitas truck 4 - 5 kali kapasitas loader. Perbandingan ini juga akan berpengaruh terhadap waktu pemuatan (loading time).

22

Dump Wagon
Definisi : Alat berat yang digunakan untuk mengangkut material khusus dalam jumlah yang besar. Jenisnya : Rear dump (pembuangan ke belakang) Side dump (pembuangan ke samping) Bottom dump (pembuangan ke bawah)

23

Trailler
Definisi : Alat khusus yang digunakan mengangkut alat-alat berat ke/dari lokasi kerja. Juga bisa digunakan untuk mengangkut barang-barang dalam jumlah besar. Jenis Trailler: Semi trailler Full trailler

24

Ban Berjalan (belt converyor)


Definisi : Suatu ban yang dapat berjalan secara tak terputus-putus diatas roda-roda besi berputar sehingga beban/muatan diatasnya dapat diantarkan ke tempat tujuan.

25

Alat Pemadatan Tanah


Jenis-jenis alat pemadat mekanis :
a. Smooth Steel Roller (alat penggilas roda besi dengan permukaan halus) Jenis ini dibedakan menjadi 2 macam menurut jumlah rodanya Three Wheel Rollers (mesin gilas roda tiga) Tandem Rollers (mesin gilas roda dua atau tandem). b. Vibratory Rollers (mesin gilas dengan roda getar). c. Mesh grid Rollers (mesin gilas dengan roda anyaman). d. Segmented Rollers (mesin gilas dengan roda yang terdiri dari lempengan). e. Pneumatic Tire Rollers (mesin gilas roda ban karet bertekanan angin). f. Sheep Foot Tire Rollers (mesin gilas roda besi dengan permukaan kaki kambing.
26

Tandem Roller

3 wheel Roller

Tandem Vibratory Roller

Mesh grid Roller

Segment Roller

Sheep foot Roller

Pneumatic Tire Roller

27

Alat Pemadatan Tanah


Mesin-mesin gilas difungsikan sesuai dengan kondisi material tanah yang akan dipadatkan, seperti : Tanah plastis dan tanah kohesif digunakan alat pemadat sheep foot rollers atau pneumatic rollers. Material tanah pasir atau kerikil digunakan mesin gilas vibrating rollers atau pneumatic rollers. Tanah lempung berpasir atau tanah liat digunakan mesin gilas segmented rollers

28

Pengolah Aspal

Asphalt Mixing Plant Asphalt Concrete Paver

Asphalt Sprayer

Asphalt Finisher

Asphalt Distribution

Asphalt Patch

29

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil (mario teguh)

30