You are on page 1of 8

Lingkungan Eksternal Dan Global Serta Sumber Daya Manusia

Modul 2 1. Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan:
Menggambarkan komponen eksternal perusahaan dan lingkungan global 2. Menjelaskan bagaimana perusahaan lingkungan dan komponennya. 3. Menggambarkan bagaimana lingkungan mempengaruhi perusahaan, langsung maupun tidak langsung. 4. Menggambarkan keragaman posisi dasar sebuah perusahaan dapat mengembangkannya ketika menghadapi faktor linkungan. 5. Memahami bahwa kini lingkungan dipertahankan secara global dalam kaitannya dengan unsur-unsur yang berpengaruh dari pejuru dunia . Lingkungan di dalam perusahaan yg sedang beroperasi, memiliki pengaruh yang besar thd keberhasilan perusahaan. Akibat perubahan lingkungan yang semakin mengglobal, perusahaan menghadapi banyak tantangan. Kemampuan perusahaan untuk menerapkan atau mengubah strategi untuk mengkompensasi atau mengambil manfaat dari perubahan perubahan akan menciptakan keberhasilan (dan kelangsungan) hidupnya. Sebuah perusahaan membuat keputusan strategis sehubungan dengan lingkungannya. Keputusan tsb untuk menyiapkan terjadinya keterkaitan dengan lingkungannya. Dan mengembangkan arah dasar perusahaan. Keterkaitan Keputusan Strategik Perusahaan dengan Lingkungan Lingkungan Eksternal Kesempatan dan Ancaman Perusahaan dapat mengembangkan beberapa sikap strategis dengan lingkubgan, yaitu :  Keputusan Strategik  Maksud, Misi, Arah Dasar, dan Tujuan Perusahaan dalam hubungannya mengetahui atau belajar tentang

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Darman, SE.,MM.

MANAJ. SUMBER DAYA MANUSIA

1

  Perusahaan dapat menerapkan sikap analisis. Tekanan sosiobudaya dan demografi b. tetapi memiliki kesulitan menghadapi perubahan yang cepat Peneerapan strategi tsb diatas akan mempengaruhi SDM. Perusahaan dapat menjadi pereaksi. Lingkungan kemasyarkatan. tetapi memiliki pengaruh PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman. terdiri dari : a.Analisis memilii kepribadian yang terbagi bagi. Ada dua bentuk lingkungan perusahaan. Tekanan ekonomi Lingkungan kemasyarakatan meliputi kecenderungan beragam dan tekanan-tekanan umum yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan. Pereaksi melihat perubahan perubahan dilingkungan mereka. Tekanan hukum dan pilitik c. pemerintah. Mereka mimilih satu prioduk dipasar yang stabil dan berubah. SE. Para penyelidik menginginkan jenis orang yang memiliki jiwa wirausaha yangv siap mengambil risiko untuk mengembangkan produk dan pasar yang baru. Para statu quo menginginkan secara agresif spesialis terlatih didalam industri untuk memproduksi dan memasarkannya pada kondisi terbatas.MM.  Perusahaan dapat menjadi penyelidik. Perusahaan dapat menerapkan strategi bertahan Para status quo berfokus pada garis yang terbatas dari produk dan secara kuatmempertahankan posisinya dipasar untuk ”melawan” pesaingnya.. MANAJ. Lingkungan tsb memiliki banyak unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan. yaitu : 1. dsbnya. sedangkan penganalisis menilai stabilitas dan inovasi dikalangan karyawan. Sementara para pereaksi menginginkan karyawan-karyawan yangkurang resisten terhadap perubahan dan sanggup membantu perusahan dalam proses perubahan. Para penyidik selalu mencari kesempatan pasar yang baru dan secara agresig mencari upaya untuk mengembangkan produk dan pasar baru. Komponen Lingkungan Eksternal Lingkungan eksternal bersifat multifaset dan kompleks. Tekanan teknologi d. SUMBER DAYA MANUSIA 2 .

pasar pelanggan atau klien. 2. Kepada perusahaan. pengguna lain. Tekanan ini dengan teratur mengakibatkan terjadinya pertukaran sumber daya. Teknologi dapat dipandang sebagai seni dan ilmu dari produksi dan distribusi. misalnya pasar kerja. MANAJ. Lingkungan Kemasyarakatan 1. SE. persaingan. tekanan politik dan hukum dan tekanan sosial budaya dan demografi.secara tidak langsung.MM. Contoh kemajuan teknologi antara lain komputer (disebut intelijen artifisial) yang pengaruhnya terhadap kinerja karyawan (efektivitas dan efisiensi). Tekanan Politik dan Hukum PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman. Tekanan Ekonomi Tekanan ekonomi dapat diperkirakan sebagai sebuah mekanisme yang menentukan sikap pelaku bisnis. Tekanan tsb secara tidak langsing mempengharuhi keberhasilan sebuah perusahaan melalui efek pada lingkungan tugas sepanjang waktu. tekanan teknologi. pengguna lain dan persaingan. SUMBER DAYA MANUSIA 3 . Pasar eklanggan atau klien c. tekanan ekonomi. dan pasar pelanggan atau klien. Meliputi kecenderungan yang berpengaruh langsung terhadap perusahaan. 2 Tekanan Teknologi Tekanan teknologi memiliki pengaruh utama pada formulasi keseluruhan strategi SDM. Oersaingan d. a. Pasar kerja b. Misalnya pasar kerja. Tekanan tsb secara tidak langsung mempengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan melalui efek pada lingkungan tugas sepanjang waktu. Pengguna lain . Kecenderungan implikasi ekonomi sukar ditentukan. Teknologi juga memiliki pengaruh substansial pada rancangan pekerjaan.. sosial budaya dan demografi. 3. • Lingkungan tugas. Didalam lingkungan kemasyarakatan merujuk pada empat tekanan yang sifatnya umum yaitu. Teknologi tinggi dapat direfleksikan dalam produksi itu sendiri.

Begitu juga dengan tekanan politik  menyebabkan roda perekonomian tidak stabil. Pasar kerja merupakan konfigurasi individu pekerja atau ketersediaan pekerjaan dalam sebuah wilayah geografis (negara. Contohnya. tingkat pendidikan. pengasuh bayi Lingkungan Tugas  berpengaruh langsung thd perusahaan. terjadi peningkatan permintaan untuk pekerja rumah tangga. mulai dari rekrutmen. penempatan. daerah atau lokal). Michael Portes membuat model strategi berkompetisi untuk menentukan arena persaingan yang perlu dihadapi perusahaan.Misalnya peraturan upah minimum  jalan perusahaan labil. MANAJ. maka perusahaan harus menentukan sikap agar dapat mempertahankan para pekerja yang produktif.  3. Pasar kerja Pasar kerja merupakan faktor amat penting dalam menentukan strategi MSDM. Jika pesaing membayar gaji atau upah lebih tinggi untuk pekerjaan yang sama. misalnya 1. SE. Faktor persaingan Strategi dan pelaksanaan para pesaing berpengaruh langsung pada perumusan strategi.MM. pasar menghadirkan sekumpulan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman. yaitu :     Perusahaan baru yang potensial masuk pasar Pelanggan perusahaan Kegiatan para pemasok Ketersediaan produk pengganti dari perusahaan bersangkutan. 4. SUMBER DAYA MANUSIA 4 . Jika upah minimum regional tidak terpenuhi  terjadi demonstrasi dan pemogokan karyawan. pelatihan dan pengembangan sampai kompensasi. 2. faktor-faktor tsb berpengaruh terhadap perumusan MSDM. seperti tingkat pengangguran. Tekanan Sosio-Budaya dan Demografi Contohnya. usia dan jenis kelamin. Faktor lingkungan ini sangat dekat hubungannya dengan unsur kompetensi karena tekanan persaingan didalam pasar spesifik. Secara esensial.. Pasar pelanggan atau klien Karakteristik pasar dan industri banyak menentukan startegi perusahaan. semakin terbuka kesempatan kerja bagi angkatan kerja perempuan. Dalam menganalisis sifat pasar kerja. tingkat kedudukan pekerjaan.

Peranan SDM Dalam Mengamati Lingkungan Unit SDM adalah posisi dari tiap unit perusahan untuk mengamati lingkungan dan masalah pasar kerja. organisasi pemerintah dan organisasi perdagangan dapat sebagai faktor pendorong bagaimana perusahaan seharus beroperasi. serikat pekerja. seperti nasabah. kelompok kepentingan khusus mungkin memprotes organisasi pekerja yang menggunakan atau menyewa pekerja. misalnya :   Siapakah pelanggan yang pasti ? Apakah perusahaan memiliki beberapa kelompok pelanggan yang berbeda ?      4.tantangan bagi perusahaan dan perusahaan harus mengetahui jawaban pertanyaanpertanyaan. organisasi lokal. Nit SDM juga memiliki tanggung jawab untuk memperoleh informasi keorganisasian internal untuk dipertimbangkan oleh pengambil keputusan strategik  Lingkungan luar Bagaimana perusahaan akan mendefinisikan pasar ? Karakteristik industri dan pasar apa yang harus diketahui ? Bagaimana pasar dan pelanggan mengalami sukses ? Apa yang harus dilakukan di pasar agar sukses ? Apakah pola upah dan pekerjaan terdapat di pasar ? PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman.. MANAJ. Sementara itu pemerintah dapat menjalankan peraturan untuk meyakinkan organisasi tsb akan memenuhi harapan pemerintah yang terkait dengan kontribusi perusahaan kepada masyarakat luas.MM. unit SDM dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi dan menyampaikannya kepada pengambil keputusan kunci. Pengguna lain Para pengguna . Sebagai contoh. Dalam kenyataannya. SE. Pada diagram. SUMBER DAYA MANUSIA 5 . Para anggota masyarakat dapat diharapkan terlibat dalam organisasi lokal yang bersifay sosial untuk penduduk. unit SDM memainkan peranan pokok dalam membuat keputusan. khususnya yang tekait dengan pasar. Kelompok pengguna selalu sejalan dengan tekanan masyarakat dan dapat mengikuti tekanan pada perusahaan untuk memperoleh sesuatu yang diharapkan mereka.

• • • • Perusahaan baru yang potensial masuk pasar Pelanggan perusahaan Kegiatan para pemasok Ketersediaan produk pengganti Pasar Pelanggan atau Klien • • • • • Siapakah pelanggan yang pasti Apakah perusahaan memiliki beberapa kelompok pelanggan yang berbeda ? Bagaimana perusahaan akan mendefinisikan pasar ? Karakteristik industri dan pasar seperti apa yang harus secara sadar diketahui ? Bagaimana pasar dan pelanggan mengalami perubahan ? PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman. SE.. SUMBER DAYA MANUSIA 6 . Empat hal kunci dalam menganalisis sifat pasar kerja : • • • • Tingkat pengangguran Tingkat pendidikan Tingkat kedudukan pekerjaan Usia dan jenis kelamin. Faktor Persaingan Secara esensial. Michael Portes dalam Anthony et al (1996) membuat model strategi kompetensi untuk menentukan arena persaingan yang dihadapi perusahaan.Organisasi Domain mengamati Konsensus dan Dikembangkan pengaruh (Lingkungan luar) ke lingkungan ini lingkungan) Lingkungan tugas  Domain  membatasi  Mendefinisikan Mengembangkan (cara mengetahui Membuat dan  Lingkungan luar Pasar Kerja Pasar kerja merupakan sebuah factor yang amat penting dalam menentukan strategi SDM.MM. MANAJ.

Pilihan-pilihan perusahaan untuk membuat strategi dasar memiliki pengaruh besar terhadap resultante strategi MSDM 7. Peranan SDM Dalam Mengamati Lingkungan Unit SDM dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi dan menyampaikannya kpd kpd PK kunci. Lingkungan eksternal dan global sangat penting untuk sebuah perusahaan dan harus dipantau 2. Unit SDm juga memiliki tanggung jawab untuk memperoleh informasi keorganisasian internal untuk dipertimbangkan oleh PK strategi Ringkasan 1. Mengantisipasi kecenderungan lingkungan membutuhkan pendekatan pengelolaan proaktif dalam merumuskan strategi 8. Masalah-masalah pokok hrs diselesaikan segera. SUMBER DAYA MANUSIA 7 . Tekanan masyarakat mempengaruhi unsyur lingkungan tugas yang pada gilirannya mempengaruhi strategi dan operasi perusahaan 4. Perusahaan memantau dan mengamati lingkungan melalui sebuah proses pembuatan pengumuman dan pelingkupan agar informasi yang tersedia dapat dikelola 3. unit SDM memaikan peranan pokok dalam membuat keputusan. dengan pertimbangan fakta dimana perusahaan beroperasi dalam lingkuingan glibal.MM. dimana angkatan kerja berubah PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman. Kenyataannya. MANAJ. SE.. Tidak sulit untuk memahami perkembangan kelompok dimana dengan agenda harapan yang saling berbeda akan memberikan tekanan yang meningkat pada organisasi pada masalah yang dihadapi.• • Apa yang harus dilakukan di pasar agar sukses ? Apakah pola upah dan pekerjaan terdapat di pasar ? Penguna Lain Banyak para ahli beranggapan kita berada dalam masyarakat terfragmentasi yang semakin meningkat dengan kelompopk-kelompok individu tertentu. Perusahaan memiliki beberapa pilihan dalam merancang sifat pokok dengan pertimbangan lingkungan dari prospektor ke pereaksi 6. Perusahaan memanfaatkan informasi lingkungan untuk merumuskan keseluruhan dan strategi SDM pokok 5.

tidak mungkin mampu mewujudkan usaha ekonomi produktif yang kondusif. serta derajat perubahan teknologi berubah dengan cepat. utamanya mengahdapi persaingan pasar kerja dari luar negeri ? Jelaskan alasan Anda ! PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Darman. Liberalisasi pada gilirannya cenderung mendorong persaingan global dan regulasi mensyaratkan mutu atau kompetensi produksi pada tingkat internasional. SUMBER DAYA MANUSIA 8 . SE. Liberalisasi maupun regulasi menuntut kompetensi dan tingkat mutu produk serta manajemen tinggi. Disinilah tampak sdm yang bercirikan kompetensi global memiliki posisi sentral yang didukung oleh pimpinan yang memiliki sensitivitas global Pertanyaan 1. Artinya tidak ada lagi perlindungan pemerintah. Apakah tekanan ekonomi akan mempengaruhi sector agribisnis. Peningkatan investasi asing dapat menggusur usaha domestik. memiliki 3 implikasi penting : a. b. Peningkatan mutu produk dan manajemen tdk bias ditawar lagi. Tiga implikasi pokok tsb. teknologi dan akses pasar. Sudah siapkah sector agribisnis kecil-menengah dalam menerapkan ratifkasi tsb.MM. Semua usaha komoditi harus terbuka untuk investasi asing. baik koperasi mapun UKM tanpa dukungan kemauan politik yang antisipatif serta sdm yang tanggunh. MANAJ.. Apa konsekuensi dari penerapan ratifikasi GATT/WTO terhadap penerapan model MSDM strategic yang harus dilakukan sector bisnis ? Mengapa ? 3. Indonesia hrs terbuka dari barang import. tidak ada lagi subsidi pemerintah. modal. Setiap usaha bisnis hrs mampu bertahan dalam persaingan. khususnya usaha kecil yang lemah SDM. UKM ( terutama yang bergerak di sektor agribinis) akan terimbas. kita harus menghadapi perdagangan bebas. KASUS Kesepakatan GATT/WTO yang sudah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia.secara konstan dan beragam. c. khususnya dalam SDM 2.