TAHUN AJARAN 2011 - 2012 TUGAS IPS

“ Pergaulan Bebas "
Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

disusun oleh: Kelas IX

B
(20) (22) (30) (38)

Handi Haryanto Jordy Alexi Yohans Risha Indah Tresyani Vadhilah Savetri

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 44 JALAN CIMANUK NOMOR 1 BANDUNG http://smp44bdg.webnode.com/

1

Padahal kalau dilihat di lapangan. dalam kondisi semacam ini manusia dituntut untuk lebih berhati-hati dalam bertindak. Karena itu. Kalau kita lacak secara fenominal bahwa pergaulan masa sekarang di berbagai tempat. Sangat tragis. baik di perkotaan maupun di pedesaan. 2 . kalau tidak bergaul dengan selain jenis maka di nilai ketinggalan zaman.PENDAHULUAN Semakin tingginya frekuensi arus globalisasi di era industrialisasi yang sudah mengglobal serta arus modernisasi dan sekularisasi sangat berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas dengan lain jenis (kumpul kebo). pergaulan ini sangat meresahkan masyarakat. Kondisi semacam ini juga sangat mempengaruhi terhadap ideologi masyarakat. ternyata pergaulan bebas itu tidak hanya sebatas bergaul melainkan terkadang mendorong untuk melakukan hal yang lebih tidak disukai oleh agama. berciuman dan bahkan terjebak dalam perzinahan. sehingga ada sebagian mereka beranggapan. Inilah salah satu dampak arus globalisasi. seakan-akan sudah menjadi bagian kultur yang diakui keberadaannya dan tidak bisa dihindari lagi. khususnya perkotaan. bahkan dianggap hal yang biasa-bisa oleh kalangan remaja. bahkan kalau kalangan remaja terus di biasakan hal semacam ini tanpa ada kesadaran dan pendidikan yang berorientasikan pada moral maka bagaimana dengan bangsa yang akan datang. seperti: bercumbu rayu.

tanpa ada sekat-sekat pembatasan antara wanita dan laki-laki yang bukan muhrim maka dampak dan bahayanya seperti itu.Oleh karena itu. pergaulan bebas sangatlah dominan bahkan homo dan lesbian sudah menjadi bagian kultur mereka. 3 . Ini tidak asing lagi di mata mereka. tapi ini sangat meresahkan masyarakat di sana sebab kasus aborsi di sana makin hari makin meningkat. Sekarang ini di Barat. Semoga Tuhan selalu melindungi kita. Disadari atau tidak kita harus menjaga jarak dalam pergaulan terutama pergaulan dengan lain jenis. Ini adalah gambaran dari pengaruh dan bahaya pergaulan bebas. Secara mendasar ternyata hal semacam ini karena kebebasan diartikan bebas secara mutlak tanpa ada butir-butir aturan yang menjaga jarak antara mereka. khususnya Eropa.

.................................... 7 .......................................................... 2 .................................................. 7 .......... 1 ...................................................................... 11 4 ..................................................................................................DAFTAR ISI Sampul PENDAHULUAN DAFTAR ISI ......................................................................................................................................................................... 8 Pengertian Pergaulan Bebas Faktor Penyebab Pergaulan Bebas Akibat Pergaulan Bebas Cara Mencegah Pergaulan Bebas DAFTAR PUSTAKA ..................................... 5 .................................................................................................... 4 .......................

Bangsa kita. sekitar umur 12 tahun. Berbeda dengan budaya timur yang menganggap semua itu adalah hal tabu sehingga sering kali kita mendengar ungkapan “jauhi pergaulan bebas”. Sebenarnya makna pergaulan bebas tidak sebatas itu. Pada waktu itu saya baru mengenal bahasa inggris. Kebetulan di restoran itu ada satu keluarga ekspatriat yang juga ingin bermakan malam bersama. Pengertian Pergaulan Bebas Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Pada suatu malam kami sekeluarga makan diluar. Pergaulan bebas merupakan salah satu perbuatan yang termasuk diluar adat ketimuran ini. moralitas dan spiritualitas dijunjung tinggi. Pengertian tersebut bisa dibenarkan. Saya jadi ingat sewaktu masih kecil. dan lainlain.1. Pergaulan bebas sering dikonotasikan dengan sesuatu yang negatif seperti seks bebas. Saya mendengar dengan cermat percakapan yang sedang berlangsung di meja 5 . Indonesia adalah bangsa yang terkenal dengan adat ketimurannya dimana norma. melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Memang istilah ini diadaptasi dari budaya barat dimana orang bebas untuk melakukan hal-hal diatas tanpa takut menyalahi norma-norma yang ada dalam masyarakat. narkoba. kehidupan malam. Mungkin kita bisa menganggap pergaulan bebas ini merupakan salah satu pengadopsian dari kebudayaan barat yang bertolak belakang dengan budaya asli yang kita miliki.

para ekspatriat tersebut. Seperti pada film “Pay It Forward”. Jadi. Simonet (Kevin Spacey). Saya langsung menanyakan hal ini kepada ayah saya. tetapi tetap mematuhi norma hukum. bukankah you itu artinya kau atau kamu atau anda. menyebut lawan bicara kalau tidak pake “you” ya pake nama. serta norma bermsayarakat. norma budaya. Tapi di luar jam sekolah dia memanggilnya Eugene. kalau secara medis kalau pergaulan bebas namun teratur atau terbatasi aturan-aturan dan norma-norma hidup manusia tentunya tidak akan menimbulkan ekses-ekses seperti saat ini. atau “paman” untuk menyesuaikan dengan budaya kita. norma agama. Pergaulan antar manusia harusnya bebas. 6 . begitu pikir saya saat itu. Salah satu dari mereka masih seumuran saya dan dia memanggil ayahnya dengan kata “you“. Tanpa adanya batasan usia sehingga yang muda tidak sungkan dengan yang lebih tua dan yang tua tidak perlu jaim dengan yang muda. Trevor (Haley Joel Osment) memanggil gurunya Mr. Kasus diatas merupakan salah satu bentuk dari pergaulan bebas dimana usia bukanlah menjadi pembatas. Dan katanya orang bule memang begitu. “Loh. Menurut saya ini adalah sesuatu yang positif untuk membangun hubungan yang akrab dan baik. Kok sangat tidak sopan betul anak ini?”. Setelah beranjak dewasa dan sering menonton film-film barat. saya juga sering memperhatikan di film-film itu ada percakapan antara anak-anak dan orang dewasa dengan kasus yang sama. Kadang-kadang stasiun televisi sampai mengganti kata “you” dengan kata “ayah” misalnya.

Pemahaman dan penerapan nilai kerohanian yang belum mumpuni b. 3. tetangga. Kenakalan remaja. serta mabuk-mabukan b.2. Kehidupan malam. Akibat Pergaulan Bebas a. diantaranya: seks bebas yang dapat berujung hamil di luar nikah. Mengesampikan nilai moral dan kebudayaan d. seperti tawuran. penyalahgunaan narkoba. teman. dan media. juga berkelompok (geng ──geng motor) 7 . merokok. Pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang berlebihan. yang tidak berperan dengan semestinya c. Faktor lingkungan seperti orangtua. seperti pengadopsian budaya-budaya barat yang berlebihan serta penyalahgunaan teknologi e. Faktor Penyebab Pergaulan Bebas Bebera faktor yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas dikalangan remaja yaitu: a. Perubahan zaman.

Memberi dampak buruk. khususnya terkait psikis sang pelaku. Terupdate-nya video-video mesum di internet e.c. sebab diperlukan pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini. Meningkatnya penderita penyakit HIV/ AIDS d. Cara Mencegah Pergaulan Bebas 1) Tingkatkan keimanan dan nilai spiritualitas dalam diri. seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya 2) Terus memperluas wawasan (pemikiran dan pengetahuan) 3) Orang tua harus memberikan bimbingan dan perhatian yang lebih terhadap anak-anaknya: 8 . 4.

contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya. yang gaya hidupnya sudah pasti berbeda. Jangan pernah kita mencegah hobinya maupun kesempatan dia mengembangkan bakat yang dia sukai selama bersifat Positif. sehingga anda dapat membimbing dia ketika ia sedang menghadapi masalah 4) Dekatkan hubungan dengan orangtua untuk berbagi 5) Memilih lingkungan pergaulan yang positif 6) Menggunakan teknologi secara bijak 7) Membatasi diri keluar malam. Karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan teman main yang sangat tidak sebaya dengannya. dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya. terutama untuk pergi ke tempat hiburan 8) Jangan mudah terbawa dengan lingkungan sekitar 9 . Karena dengan melarangnya dapat menggangu kepribadian dan kepercayaan dirinya  Orang tua harus menjadi tempat curhat yang nyaman untuk anak anda. Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun  Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. kita sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut  Biarkanlah dia bergaul dengan teman yang sebaya. maka dia pun bisa terbawa gaya hidup yang mungkin seharusnya belum perlu dia jalani  Orang tua perlu mendukung hobi yang anak inginkan selama itu masih positif untuk dia. yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun baik lebih tua darinya.

radio. serta awasi penggunaanya agar tetap santun 14) Tinjau ulang sistem negara dalam menyikapi hal-hal terkait 15) Adanya sosialisasi/ konseling bagi masyarakat dari pemerintah dan instansi yang berhubungan.9) Tetap fokus dengan pekerjaan. 10 .kegiatan positif misalnya olahraga. membaca koran atau surat kabar untuk menambah pengetahuan 11) Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah. internet. karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah 12) Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv. dll 13) Menyaring penyerapan budaya dan bahasa asing. hal ini bisa menghindari anda untuk berbuat negatif 10) Menyibukkan diri dengan kegiatan . mendengarkan musik. handphone.

com/2010/04/kenakalan-remaja-dan-pergaulan-bebas.wordpress.com/pemikiran/pergaulan/1538-strategi-mencegah-pergaulan-bebas.umm.com/mencegah_p_ergaulan_bebas.html http://fiama.com/akibat-terjadinya-pergaulan-bebas/ 11 .html http://www.com/bahaya-pergaulan-bebas/ http://dakwahkampus.dhaniels.blogspot.student.comxa.html http://ninahamzah.html http://karodalnet.ac.com/2010/10/pergaulan-bebas.id/bahaya-pergaulan-bebas/ http://gejolakremaja.DAFTAR PUSTAKA http://anank.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful