TUGAS BLOK ESTETIKA

“Terapi Menghilangkan Bau Badan”

Oleh :

1. Ayu Budhi Trisna Dewi RS 2. Yuyun Mawaddatur R

082010101026 082010101034

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER 2011

DEFINISI BAU BADAN Bau badan atau bromhidrosis (juga disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia) adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat, tetapi keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Bau badan sering berhubungan dengan rambut, kaki, anus, kulit, ketiak, alat kelamin dan mulut. PENYEBAB BAU BADAN 1. Kondisi medis (penyakit ginjal dan hati, infeksi jamur, gula darah rendah, diabetes) 2. Konsumsi alkohol 3. Penggunaan tembakau (merokok dan mengunyah tembakau) 4. Masalah gigi 5. Kekurangan vitamin dan mineral 6. Masalah kebersihan 7. Melakukan kegiatan fisik dan olahraga yang berat 8. Racun (di rumah, diet, atau lingkungan) 9. Stres 10. Hormon (khususnya selama menopause) 11. Obat-obatan tertentu. PATOFISIOLOGI BAU BADAN Keringat kita dihasilkan oleh dua kelenjar, yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apocrine. Kelenjar accrine memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi. Sedangkan kelenjar apocrine terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak, kemaluan, dan di dalam hidung. Kelenjar apocrine bersifat aktif setelah masa pubertas.

Kelenjar accrine mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.

Sedangkan kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine hanya berbau lemak. Namun, karena di setiap helai rambut terdapat satu apocrine dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbulah bau badan yang tak sedap. Terkadang ada orang yang mempunyai kelenjar apocrine lebih besar, sehingga produksi keringatnya lebih besar dan pembusukan bakterinya juga lebih banyak. Bau badan tak sedap juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, hal itu tidak menjamin 100%. Yang terpenting adalah bagaimana caranya selalu menjaga kebersihan badan. Kebersihan badan berawal dari pakaian yang kita kenakan, secara teratur membersihkan badan atau mandi 2 kali sehari, serta menjaga makanan yang kita konsumsi. Rambut ketiak juga berperan memunculkan bau badan. Secara medis, rambut ketiak berfungsi memperluas permukaan untuk mengatur penguapan keringat. Di pangkal rambut, terdapat banyak pori-pori yang menjadi muara kelenjar keringat untuk mengalirkan keringat ke ketiak. Bulu di sekitar kemaluan juga bisa membuat bau badan menjadi tak sedap, namun karena letaknya jauh dari indera penciuman, bau yang muncul pun tak terlalu dirasakan. Selama kita selalu menjaga kebersihan tubuh, maka bau badan tidak akan muncul. Pasalnya, jika keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine dihilangkan, bakteri pun tidak akan melakukan proses pembusukan. Kondisi jiwa seseorang, seperti stres atau emosi, sebenarnya juga mempengaruhi kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif, sehingga memperparah bau badan. Faktor lain pemicu bau badan adalah kegemukan. Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit. Jika kelenjar apocrine mengeluarkan keringat sedikit tapi kita tidak membersihkannya dan kemudian tercampur bakteri, bau badan pun akan muncul di tubuh kita. Apalagi jika kita sering menyantap makanan protein tinggi, seperti daging kambing (karena dapat melebarkan pembuluh darah), durian, bawang goreng, merokok, minuman keras, dan obat antibiotika.

MENGHILANGKAN BAU BADAN SECARA ALAMI 1. Minum segelas air putih di pagi hari pada waktu perut masih kosong 2. Gunakan baking soda pada ketiak dan kaki untuk mengurangi keringat 3. Untuk mengurangi pH kulit dan menghilangkan bau ketiak, gunakan sari cuka apel bukan deodoran. Masukkan ke dalam segelas air dan gunakan untuk membilas ketiak saat mandi. 4. Saat musim panas, setidaknya mandi tiga kali sehari untuk menghilangkan keringat yang cenderung lebih banyak. 5. Hindari makanan olahan seperti minyak terhidrogenasi dan makanan olahan lainnya. Makan makanan sehat yang mengandung banyak serat seperti biji-bijian, gandum, produk kedelai dan sayuran berdaun hijau. Juga kurangi daging dan produk susu. 6. Hindari juga makanan yang memicu keringat berlebih seperti makanan pedas dan panas. 7. Kurangi makanan yang dapat menyebabkan bau seperti bawang dan kari. Sering konsumsi makanan yang mengandung bawang putih (lehsun), kari dan jintan (jeera) dapat menyebabkan beberapa bau sangat kuat yang berasal dari pori-pori hingga 24 jam setelah dikonsumsi. 8. Gunakan pakaian berbahan katun yang dapat lebih banyak menyerap keringat sehingga tidak segera bercampur dengan bakteri yang menyebabkan bau. Sering ganti baju bila sedang banyak berkeringat. OPERASI MENGHILANGKAN BAU BADAN Bau badan yang sangat menganggu kini bisa dihilangkan secara permanen yaitu dengan tindakan medis mengangkat kelenjar keringat yang menjadi biangnya. Bau badan timbul sejak masa pubertas, karena pada saat itu kelenjar aprokin atau kelenjar keringat yang berada di ketiak sudah berfungsi normal. Daerah itulah yang biasanya menjadi media tumbuhnya bakteri yang memicu bau badan. Bau badan bisa dihilangkan secara permanen dengan operasi kecil yang disebut brom hidrosis yaitu proses mengambil kelenjar keringat. Operasi brom

hidrosis sangat sederhana dan berlangsung sekitar 1/2 jam. Pasien hanya dibius lokal di daerah ketiak sehingga tetap sadar selama operasi. Operasi dimulai dengan melakukan sayatan kecil sekitar 4 milimeter, kemudian menyuntikan obat bius lokal. Selanjutnya, dilakukan pengambilan kelenjar keringat aprokin di ketiak dengan menggunakan alat suntik. Setelah kelenjar itu diambil, luka kecil bekas sayatan bisa tertutup alami tanpa jahitan dan pasienpun bisa segera pulang tanpa perlu dirawat inap. Efek samping yang timbul pasca operasi bisa terjadi memar yang ringan disekitar ketiak yang akan hilang setelah beberapa hari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful